BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang
Sejak zaman dahulu hingga sekarang, manusia selalu dihadapkan dengan berbagai kebutuhan. Sejalan dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia pun semakin beragam jenisnya. Kebutuhan yang semakin beragam tersebut dihadapkan dengan jumlah alat pemuas kebutuhan yang semakin terbatas. Hubungan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan inilah yang kemudian memunculkan adanya masalah ekonomi. Sampai hari ini, ilmu ekonomi tetap bertahan dengan sifat khasnya: memproduksi kontroversi yang tidak ada habisnya. Puluhan aliran pemikiran (school of thought) telah dilahirkan dengan pandangan yang bukan saja berbeda, tetapi juga saling menegasikan. Akibat dari relitas tersebut, sering kali tidak tersedia satu argument tunggal yang bias dipakai untuk menerangkankisah keberhasilan atau kegagalan suatu kebijakan. Lebih serius lagi, para pemikir ekonomi yang paling kredibel sekalipun bias bersebrangan dalam memformilasikan kebijakan ekonomi yang sangat sederhana, misalnya subsidi. Oleh karena itu, apabila untuk soal-soal lain yang lebih rumit terdapat silang pendapat yang tidak bisa dipadukan diantara para ekonom, semacam menyusun prioritas pembangunan atau mendesain skema nilai tukar mata uang, maka tentu hal itu mudah untuk difahami. Intinya perbedaan itu harus diberikan eksplanansi dalam sebuah naskah akademi yang bisa ditelusuri kerang teoritisnya.

1

1.2 rumusan masalah
Dari pemaparan diatas timbullah berbagai macam pertanyaan, diantaranya: 1. 3. Tujuan 1.Mengetahui definisi ekonomi menurut para ahli 2.Mengetahui permasalahan pokok ekonomi dalam era modern 3.Mengetahui system ekonomi Definisi ilmu ekonomi System ekonomi 2. Masalah pokok ekonomi

2

kesehatan. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti "keluarga. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter. dan 3 . seperti misalnya penelitian perilaku kriminal. subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif. dan pemerintah. rumah tangga" dan (nomos).1 DEFINISI ILMU EKONOMI Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. kriminal. dan lainnya. hukum. atau "peraturan. perang. misalnya bidang pendidikan. aturan. yang paling terkenal adalah mikroekonomi vs makroekonomi. kesehatan. Selain itu. hukum." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. pendidikan. kematian. bisnis. Fokus analisa ekonomi adalah "pembuatan keputusan" dalam berbagai bidang dimana orang dihadapi pada pilihan-pilihan. Ada sebuah peningkatan trend untuk mengaplikasikan ide dan metode ekonomi dalam konteks yang lebih luas. penelitian ilmiah. Hal ini dimungkinkan karena pada dasarnya ekonomi seperti yang telah disebutkan di atas adalah ilmu yang mempelajari pilihan manusia. politik.BAB II PEMBAHASAN 2. pernikahan. Secara umum." dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga. keluarga dan lainnya. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Ingg:scarcity). mainstream vs heterodox. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga.

dan oleh karenanya peran pemerintah menjadi sangat dibatasi karena akan mengganggu proses ini. Sejarah perkembangan ilmu ekonomi Adam Smith sering disebut sebagai yang pertama mengembangkan ilmu ekonomi pada abad 18 sebagai satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Banyak ahli ekonomi mainstream merasa bahwa kombinasi antara teori dengan data yang ada sudah cukup untuk membuat kita mengerti fenomena yang ada di dunia. Pendapatnya ini terkadang digambarkan sebagai ekonomi imperialis oleh beberapa kritikus. Secara garis besar. Dalam artikel-artikelnya ia menerangkan bahwa ekonomi seharusnya tidak ditegaskan melalui pokok persoalannya. tetapi sebaiknya ditegaskan sebagai pendekatan untuk menerangkan perilaku manusia. Melalui karya besarnya Wealth of Nations. Gary Becker dari University of Chicago adalah seorang perintis trend ini. On the other hand. Keynes. some economic theorists have formed the view that a consistent economic theory may be useful even if at present no real world economy bears out its prediction. konsep. Perkembangan sejarah pemikiran ekonomi kemudian berlanjut dengan menghasilkan tokoh-tokoh seperti Alfred Marshall. Ilmu ekonomi akan mengalami perubahan besar dalam ide. Smith tidak melupakan akar moralitasnya terutama yang tertuang dalam The Theory of Moral Sentiments. has insisted on the powerfulness of price theory as the tool of analysis.agama. kadang-kadang perubahan tersebut malah merusak konsep yang benar sehingga tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. with its emphasis on economics being an empirical science aimed at explaining real-world phenomena. Sebagai seorang ekonom. Aliran yang terutama dipelopori oleh Adam Smith ini menekankan adanya invisible hand dalam mengatur pembagian sumber daya. 4 . Edmund Phelps. dan metodenya. perkembangan aliran pemikiran dalam ilmu ekonomi diawali oleh apa yang disebut sebagai aliran klasik. Hal ini menimbulkan pertanyaan "apa seharusnya dilakukan para ahli ekonomi? ” The traditional Chicago School. Smith mencoba mencari tahu sejarah perkembangan negara-negara di Eropa. Karl Marx.M. J. walaupun menurut pendapat kritikus. hingga peraih hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 2006.

North. Metodologi Sering disebut sebagai The queen of social sciences. statistik. Keynes mengajukan teori dalam bukunya General Theory of Employment. new keynesian. metode kualitatif juga sama berkembangnya terutama didorong oleh keterbatasan metode kuantitatif dalam menjelaskan perilaku agen yang berubahubah. Kubu lain dari metode kuantitatif dalam ilmu ekonomi adalah model General equilibrium (keseimbangan umum). Namun perkembangan dalam pemikiran ini juga berkembang ke arah lain. monetarist. seperti teori pertentangan kelas dari Karl Marx dan Friedrich Engels. ilmu ekonomi telah mengembangkan serangkaian metode kuantitatif untuk menganalisis fenomena ekonomi. dari satu agen ekonomi ke agen yang lain. Interest. Aliran klasik mengalami kegagalannya setelah terjadi Depresi Besar tahun 1930-an yang menunjukkan bahwa pasar tidak mampu bereaksi terhadap gejolak di pasar saham. dan karena itu intervensi pemerintah harus dilakukan agar distribusi sumber daya mencapai sasarannya. and Money yang menyatakan bahwa pasar tidak selalu mampu menciptakan keseimbangan. yang menggunakan konsep aliran uang dalam masyarakat. neo klasik. serta aliran institusional yang pertama dikembangkan oleh Thorstein Veblen dkk dan kemudian oleh peraih nobel Douglass C. Di lain pihak. Sebagai penanding aliran klasik. dan lain sebagainya. 5 . Dua metode kuantitatif ini kemudian berkembang pesat hingga hampir semua makalah ekonomi sekarang menggunakan salah satu dari keduanya dalam analisisnya. Dua aliran ini kemudian saling "bertarung" dalam dunia ilmu ekonomi dan menghasilkan banyak varian dari keduanya seperti: new classical. dan teori ekonomi. Jan Tinbergen pada masa setelah Perang Dunia II merupakan salah satu pelopor utama ilmu ekonometri.Konsep invisble hand ini kemudian direpresentasikan sebagai mekanisme pasar melalui harga sebagai instrumen utamanya. yang mengkombinasikan matematika.

. definisi ilmu tersebut selalu dihubungkan kepada keadaan ketidakseimbangan di antara: i) Kemampuan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Ciri-ciri utama suatu teori ekonomi dan kegunaan teori ekonomi. Namun demikian ini tidaklah berarti bahwa suatu definisi yang secara ringkas menerangkan bidang studi ilmu ekonomi sama sekali tidak dapat dilakukan.Empat aspek yang erat hubungannya dengan metodologi dalam analisis ekonomi. ii) Keinginan masyarakat untuk mendapatkan barang dan jasa. Oleh karena itu sangatlah sukar untuk membuat definisi yang akan memberikan gambaran yang tepat mengenai analisis-analisis yang diliputi oleh ilmu ekonomi. perusahaan-perusahaan dan masyarakat secara keseluruhannya akan selalu menghadapi persoalan-persoalan yang bersifat ekonomi.. Bentuk-bentuk alat analisis yang digunakan pakar ekonomi dalam menerangkan teori ekonomi dan menganalisis berbagai peristiwa yang terjadi dalam perekonomian. Aspek-aspek tersebut adalah: Masalah pokok ekonomi yang di hadapi setiap masyarakat.Jenis-jenis analisis ekonomi. Dalam usaha untuk memberi gambaran ringkas mengenai bidang studi ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas liputannya. yaitu masalah kelangkaan atau kekurangan.”Apakah yang diartikan dengan kegiatan ekonomi?” Kegiatan ekonomi dapat didefinisikan sebagai kegiatan seseorang atau suatu perusahaan ataupun suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi (menggunakan) barang dan jasa tersebut. Berdasarkan uraian mengenai masalah ekonomi pokok tersebut akan dirumuskan definisi ilmu ekonomi. Masalah Ekonomi dan Kebutuhan untuk Membuat Pilihan Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu. 6 .

Dalam bagian yang terdahulu telah ditunjukkan bahwa faktor-faktor produksi tidak mampu untuk memenuhi semua kebutuhan yang wujud dalam perekonomian.tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi. perusahaan atau masyarakat/negara harus selalu membuat pilihan-pilihan. dengan atau tanpa penggunaan uang. salah seorang ahli ekonomi yang terkemuka di dunia . dan tidak jarang pula perbedaan satu sama lain terutama dari segi pandanganya. sekarang dan di masa akan datang. kepada berbagai individu dan golongan masyarakat. Berbagai ahli ekonomi selalu mendefinisikan ilmu ekonomi berdasarkan kepada kenyataan tersebut.A. 7 .yang menerima hadiah Nobel untuk ilmu ekonomi pada tahun 1970 memberikan definisi ilmu ekonomi sebagai berikut : Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan. Samuelson. Oleh sebab itu setiap individu. Dalam berbagai literature para ahli ekonomi telah banyak memberikan bermacam definisi Ilmu Ekonomi. dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas . Sebagai contoh. Dengan demikian persoalan pokok yang diterangkan dalam analisis ekonomi pada hakikatnya bertujuan untuk menjawab pertanyaan berikut : Bagaimana caranya menggunakan sumber-sumber daya atau pendapatan tertentu agar penggunaan tersebut dapat memberikan kepuasan dan kemakmuran yang maksimum kepada individu dan masyarakat. Profesor P.

• • Frank Knight Studi mengenai Ilmu Ekonomi adalah studi R. • • Adam smith.J. Banyak lagi. mendefinisikan Ilmu Ekonomi sebagai suatu tindakan Hennipman menyatakan bahwa "Bagian terbesar dari teori apa yang dapat dilakukan oleh pelaku atau ahli Ekonomi. Ruffin menyatakan bahwa Ilmu Ekonomi adalah Ilmu yang mengenai cara bertindak ekonomis. Bila diperhatikan semua definisi diatas dapat dikatakan bahwa tidak ada satu definisipun yang lengkap mencakup arti Ilmu Ekonomi. • • Jacob Viner. dalam bukunya Leerboek der bedrijfs economie mendefinisikan Ilmu Ekonomi sebagai Ilmu Pengetahuan yang mempelajari usaha manusia kearah kemakmuran. merupakan Ilmu Pengetahuan yang mempelajari tingkahlaku manusia sebagai suatu hubungan antara keinginan dan kelangkaan alat kebutuhan yang alternative dalam pemakaianya. definisi lain yang dapat ditemui. terutama teori nilai. ada yang menyatakan Ilmu Ekonomi adalah studi mengenai kekayaan materil atau Ilmu yang mempelajari penilaian serta pilihan manusia. bertugas untuk menganalisa manusia dan reaksinya dalam kehidupan ekonomi. ekonomi.Diantaranya seperti yang dikemukakan oleh : • Albert L Meyers dalam bukunya '' Grondslagen van de moderne economie'' mengemukakan bahwa : '' Ilmu Ekonomi adalah Ilmu Pengetahuan yang memoersoalkan kebutuhan dan pemuas kebutuhan manusia. karena setiap definisi 8 . mempelajari bagaimana sumber produksi yang langka dialokasikan diantara kebutuhan.L.'' • J. mendefinisikan Ilmu Ekonomi sebagai suatu Ilmu Lionel Robbins dan Boulding menyatakan bahwa Ilmu Ekonomi yang menyelidiki tentang sifst-sifat dan sebab musabab kemakmuran. Mey Jr.

menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.dengan mengadakan pemilihan di antara berbagai alternatife pemakaian atas alat-alat pemuas kebutuhan yang tersedianya relative terbatas/langka(scarcity). bagaimana. • • • Produksi. Distribusi.hanya menekankan satu atau beberapa segi saja daripada bidang luas yang dicakup oleh ilmu ekonomi. Masalah ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/jasa yang perlu diproduksi agar sesuai kebutuhan masyarakat: apakah bahan makanan yang 9 .2 Masalah Pokok Ekonomi Pokok masalah ekonomi ada tiga. menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen Pokok masalah tadi selanjutnya diperluas oleh aliran ekonomi modern. 2. Apa dan Berapa (What). yaitu apa dan berapa.sehingga membuat masalah bagi manusia. Dari pengertian umum diatas dapat dinyatakan bahwa perilaku ekonomi yang timbul sebagai tanggapan terhadap dorongan keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya berhadapan dengan alat-alat pemuas kebutuhan yang terbatas baik jumlah maupun macamnya. menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda. konsumsi dan distribusi. dan untuk siapa barang diproduksi. Secara garis besar dapat dinyatakan bahwa "Ilmu Ekonomi adalah satu Ilmu Pengetahuan yang mempelajari bagaimana tingkah laku manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. yaitu: produksi. Konsumsi.

persoalan yang harus dipecahkan adalah: bagaimana barang tersebut diproduksi? .siapa yang memproduksi? . sedangkan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. apakah mereka sebagai perseorangan. Masalah ekonomi dihadapi oleh umat manusia. Kenyataan inilah yang menjadi inti masalah ekonomi. Namun demikian. manusia melakukan kegiatan ekonomi dan membentuk sistem ekonomi yang berbeda-beda yang dapat Anda pelajari pada akhir kegiatan ini. Macam-macam Kebutuhan Kebutuhan manusia banyak dan beraneka ragam. tentu akan datang lagi kebutuhan yang lainnya. Satu kebutuhan telah Anda penuhi.siapa yang harus menikmati? Kebutuhan hidup manusia itu banyak sekali dan beraneka ragam dan tidak terbatas. Pokok persoalannya adalah: bagaimanakah dengan sumber-sumber yang terbatas. perusahaan.serta berapa banyak barang tersebut diproduksi? Bagaimana (How) Setelah jenis dan jumlah produksi dipilih.dipilih? . bahkan tidak hanya beraneka ragam tetapi bertambah terus tidak ada habisnya sejalan dengan perkembangan peradaban dan kemajuan ilmu dan teknologi. kita dapat menggolongkan kebutuhan-kebutuhan sebagaimana bagan berikut ini: 10 . tempat tinggal atau jasa lain? .teknologi apa yang digunakan? Untuk siapa.sumber daya apa yang digunakan? . atau negara. keluarga.apakah pakaian. Untuk mengatasi pokok persoalan ekonomi itu. Setelah pemecahan persoalan bagaimana memproduksi lebih lanjut adalah: untuk siapa ( for whom) barang yang akan diproduksi? . manusia dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam.

seperti kebutuhan akan makanan. telepon. Dewasa ini banyak barang yang semula dipandang mewah. 11 . . olah raga. seperti: pesawat TV.a. Kebutuhan Sekunder : kebutuhan ini disebut juga kebutuhan kultural. dan komputer. b. sekarang telah digolongkan menjadi kebutuhan sekunder. tempat tinggal. pakaian.Kebutuhan jasmani. contohnya: makanan. rumah mewah. Kebutuhan Primer : kebutuhan ini mutlak harus dipenuhi agar kita tetap hidup. dsb. tempat tinggal. dsb. tamasya. pakaian. ibadah. seperti kebutuhan akan perhiasan. mobil mewah. dan kebutuhan tertier. dll. Kebutuhan menurut intensitasnya Kebutuhan ini dipandang dari urgensinya. contohnya: musik. kebutuhan sekunder. dsb. Kebutuhan Tertier : kebutuhan ini ditujukan untuk kesenangan manusia. Kebutuhan ini dikelompokkan menjadi tiga: kebutuhan primer. mengingat kebutuhan ini sangat mendesak dan penting bagi kehidupan manusia. atau mendesak tidaknya suatu kebutuhan. . Kebutuhan menurut sifatnya Kebutuhan ini dibedakan menurut dampak atau pengaruhnya terhadap jasmani dan rohani. kebutuhan ini timbul bersamaan meningkatnya peradaban manusia seperti: pendidikan.dsb. Demikian juga untuk pendidikan dan kesehatan telah digolongkan menjadi kebutuhan primer.Kebutuhan rohani. menonton bola.

Kebutuhan menurut waktu Kebutuhan ini dibedakan menurut waktu sekarang dan waktu masa yang akan datang. asuransi kesehatan. radio. 12 . disebut juga kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama. Kebutuhan ini meliputi: kebutuhan individu. Misalnya: buku. Kebutuhan menurut subyek Kebutuhan ini dibedakan menurut pihak-pihak yang membutuhkan. misalnya: tabungan hari tua. Tampaknya keadaan alam mendorong manusia membutuhkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan.c. misalnya: kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seorang guru. Kebutuhan sekarang. yaitu kebutuhan yang dapat dilihat dari segi orang yang membutuhkan. Kebutuhan masyarakat. yaitu alat pemuas kebutuhan yang digunakan bersama. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kebutuhan Keadaan alam Mengakibatkan perbedaan kebutuhan. Orang yang tinggal di daerah kutub yang luar biasa dingin membutuhkan pakaian tebal untuk menahan hawa dingin yang serasa menggigit tulang. misalnya: telepon umum. rasa aman. Sedangkan kita yang tinggal di daerah tropis cukup memakai pakaian tipis. d. e. Kebutuhan masa depan. yaitu kebutuhan berupa barangbarang yang dapat diraba dan dilihat. dsb. sepeda. WC umum. adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga. jalan umum. atau obat-obatan pada saat sakit. seperti: makan di saat lapar. yaitu pemenuhan kebutuhan yang dapat ditunda untuk waktu yang akan datang. dsb. dsb. Kebutuhan menurut wujud Kebutuhan ini meliputi kebutuhan material.

Cobalah bandingkan. Barang-barang ini untuk 13 . mereka hanya tinggal memungut dari hutan atau sekitar tempat tinggalnya. Misalnya tradisi upacara perkawinan. Bagaimana dengan Anda? Apa saja yang Anda perlukan? Cobalah dihitung! Alat-alat pemuas kebutuhan seperti perlatan rumah tangga. Adat istiadat Dan tradisi masyarakat berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat. yang Anda butuhkan itu dalam ilmu ekonomi disebut barang. Dalam kehidupan sehari-hari barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas. Barang yang demikian ini disebut barang ekonomi. biaya atau tenaga). Untuk makanan misalnya. sehingga untuk memperolehnya kita harus mengeluarkan pengorbanan (waktu. tradisi mudik lebaran. sedangkan pelayanan listrik. makin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan. dan bandingkan dengan kondisi masyarakat kita yang sudah mengenal peradaban yang lebih tinggi. Selain itu ada barang yang jumlahnya melimpah seperti sinar matahari di daerah tropis. udara bersih di daerah pegunungan. Kebutuhan masyarakat primitif lebih menekankan kebutuhan primer. Tentunya Anda pernah belajar sejarah! Coba Anda amati kebutuhan pada masa primitif. Untuk kegiatan itu tentunya juga akan berpengaruh terhadap aneka ragam kebutuhan. dsb. sepeda. kebutuhan orang yang tinggal di daerah pegunungan dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerah pantai! Peradaban baru Juga berpengaruh terhadap kebutuhan. Makin tinggi peradaban. guru juga dapat memuaskan kebutuhan Anda sehingga disebut barang juga. telepon. tetapi lebih lazim disebut jasa. sepatu. Alat Pemuas Kebutuhan Setelah kita amati ternyata kebutuhan manusia itu banyak dan beraneka ragam. pakaian. kebutuhan itu pun dipenuhi secara sederhana.

14 . Barang ekonomi diperoleh dengan pengorbanan. dsb. pakaian. dsb. benda produksi. Barangbarang bebas tidak dipersoalkan dalam ilmu ekonomi. sehingga disebut barang bebas. misalnya jagung dapat menggantikan beras. termasuk benda produksi ini adalah peralatan. dan mesin-mesin. marilah kita kelompokkan barang/jasa tersebut menurut kegunaan. b. hubungannya dengan benda lain dan prosesnya. Barang bebas diperoleh tanpa pengorbanan. c. atau disebut juga barang modal. Coba Anda pikirkan. yaitu benda yang dapat langsung digunakan memenuhi kebutuhan. benda ini dalam penggunaannya dapat saling menggantikan. contoh untuk ini adalah makanan. Benda ini dapat digunakan untuk memproduksi benda lain. Kegunaan Benda Untuk lebih memahami bagaimana barang dan jasa dapat memenuhi kebutuhan manusia. bensin dengan kendaraan. jasa bus dapat menggantikan kereta api. buah-buahan. Menurut kegunaannya. Benda dibedakan sebagai benda konsumsi. Benda substitusi.memperolehnya tanpa pengorbanan. Benda menurut proses pembuatannya. benda apa itu? Misalnya: minyak dan kompor. Benda menurut hubungannya dengan benda lain meliputi : Benda komplementer adalah benda yang dalam penggunaannya harus bersama-sama dengan benda lain. margarine dengan mentega.

Hanya saja benda yang disediakan harus diolah lebih dahulu sehingga siap memenuhi kebutuhan manusia. Gejala ini mengisyaratkan kepada kita akan perlunya peningkatan kegunaan benda. kopra untuk minyak goreng. Contohnya: minyak bumi. Minyak bumi dan apa yang terdapat di muka bumi dan terkandung di dalam bumi semuanya masih memerlukan pengelolaan agar lebih berguna. Sebagai barang setengah jadi. seperti: meja. kemeja. hasil pertanian.Selain pembagian guna benda tadi. bijih besi. dsb. kulit untuk sepatu. kursi. Dan barang jadi. 15 . dapat juga kegunaan benda dilihat dari proses pembuatannya. atau barang tambang. Untuk ini benda dapat dilihat sebagai bahan baku seperti: hasil hutan. misalnya: barang untuk industri kecil. dsb. Bagan: Proses Produksi briket batu bara Mengapa benda itu berguna? Benda itu berguna karena benda itu bermanfaat dapat memenuhi kebutuhan manusia. karet. sepeda.

kegunaan benda ini terjadi karena adanya waktu. payung pada waktu hujan. misalnya: .Padi pada saat panen kurang berguna. Guna waktu (Time Utility). Guna bentuk (Form Utility). kegunaan benda yang terjadi karena adanya perubahan bentuk pada benda tersebut. 16 . dan akan lebih berguna pada saat paceklik. adalah kegunaan benda karena benda itu merupakan bahan untuk membuat benda lain. b. kegunaan benda ini terjadi setelah seseorang memiliki benda tersebut. .Marilah kita amati macam-macam kegunaan benda tersebut. Guna milik (Possesion Utility). Guna tempat (Place Utility). kegunaan benda terjadi karena benda tersebut dipindahkan ke tempat yang lebih membutuhkan. c. e.Obat-obatan pada waktu sakit. Guna dasar (Elementary Utility). a. misalnya: Sepatu yang ada di toko kurang berguna tetapi setelah sepatu tersebut dibeli dan dimiliki dapat digunakan untuk ke sekolah atau berolah raga. Batu di gunung setelah diproduksi berguna sebagai dekorasi dinding rumah d. . Untuk kegiatan ini peranan transportasi sangat penting.Tabungan untuk hari tua.

Kenyataan ini terbukti dari sulitnya manusia memperoleh sumber alam. jumlahnya sedikit atau mereka tidak mampu mengeluarkan pengorbanan yang disyaratkan. Sumber alam : adalah benda dan kekuatan yang tersedia di alam semesta. air. Kelangkaan benda pemuas kebutuhan itu terjadi karena beberapa sebab: a. hingga menjadi benda yang lebih berguna. apakah karena memang sudah habis. Sumber daya modal : adalah barang-barang (sarana) yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang lain. bahan mentah. tenaga kerja. Terbatasnya persediaan sumber alam. mesin. sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas. misalnya: tanah. perkakas. dsb. Keadaan benda pemuas yang terbatas inilah yang disebut dengan kelangkaan. Wira usaha : adalah sumber daya manusia yang menyatukan ketiga sumber daya (alam. pikiran. modal maupun wira usaha. Sumber daya manusia : sumber daya manusia ini meliputi tenaga jasmani dan rohani yang diperlukan untuk mengambil dan mengolah sumber alam. sinar matahari. yang secara langsung atau tidak langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. peralatan. uang dan keahlian yang kesemuanya disebut sumber daya produksi. barang-barang galian. 17 . Sumber daya produksi tadi sifatnya terbatas. dan modal) dan bertanggung jawab atas kelancaran usaha produksi. tenaga kerja. Seseorang baru dapat memperoleh sumber daya tadi setelah seseorang tersebut mengeluarkan berbagai pengorbanan. waktu.Kelangkaan Alat Pemuas Kebutuhan Penciptaan dan pengolahan benda hingga menjadi lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia memerlukan usaha atau produksi. misalnya: uang. dsb. Namun demikian ternyata masih ada juga yang tidak mampu memperolehnya. dengan mencurahkan bahanbahan dasar. tenaga.

kita mengenal empat sistem ekonomi yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan situasi kondisi dan ideologi negara yang bersangkutan. sistem ekonomi terpusat. Keempat sistem ekonomi tersebut adalah sistem ekonomi tradisional.b. dan menjaga ketertiban 18 . Benar! Pokok masalah ekonomi itu adalah: Bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dan terus bertambah dihadapkan dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Meskipun situasi dan kondisinya berbeda-beda. Sistem Ekonomi Tradisional Sistem ekonomi ini merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untuk kepentingan bersama (demokratis). tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan. setiap bangsa dan oleh setiap negara. sesuai dengan tata cara yang biasa ditempuh oleh nenek moyang sebelumnya. d. sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi campuran.3 Sistem Ekonomi Secara garis besar. Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia untuk menghasilkan atau belum ditemukannya sumber-sumber baru. misalnya: penebangan hutan liar. c. atau menjadi cepat rusaknya benda. Keserakahan manusia dengan akibat berkurangnya benda pemuas kebutuhan. Kelangkaan itu dialami setiap orang. Dalam sistem ini segala barang dan jasa yang diperlukan. Tentunya Anda akan bertanya apa tugas pemerintah dalam sistem ekonomi tradisional ini? Dalam sistem ekonomi tradisional. namun pokok masalahnya sama. dipenuhi sendiri oleh masyarakat itu sendiri. Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam. 2.

sehingga mendorong masyarakat untuk bekerja lebih giat dan efisien. Namun karena kurang sesuai dengan aspirasi rakyat. dan mulai ditinggalkan. bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi. Dengan demikian. 19 . pada akhirnya produsen akan menyesuaikan dengan keinginan dan daya beli konsumen. masalah apa dan berapa. Sistem Ekonomi Pasar Pada sistem ekonomi pasar. Jika barang atau jasa dapat dipasarkan. Pelaksanaan dilakukan oleh daerah-daerah di bawah satu komando dari pusat.umum. akhir-akhir ini sudah ditinggalkan. bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi semuanya diatur oleh masyarakat. pemerintah bertindak sangat aktif. semuanya diatur oleh pemerintah secara terpusat. Dengan demikian bagi produsen memungkinkan memperoleh laba sebesar-besarnya. Dengan kata lain kegiatan ekonomi yaitu masalah apa dan berapa. Kebebasan untuk melakukan kegiatan ekonomi dibatasi sehingga inisiatif perorangan tidak dapat berkembang. Sistem Ekonomi Terpusat Pada sistem ekonomi ini. segala kebutuhan hidup termasuk keamanan dan pertahanan direncanakan oleh pemerintah secara terpusat. Siapa saja bebas memproduksi barang dan jasa. Pada umumnya sistem ekonomi terpusat ini diterapkan pada negara-negara yang menganut paham komunis. Pada umumnya. sistem perekonomian ini berlaku pada negara-negara yang belum maju. kehidupan ekonomi diharapkan dapat berjalan bebas sesuai dengan mekanisme pasar.

Dalam sistem ini sektor swasta dan pemerintah sama-sama diakui.Salah satu ciri sistem ekonomi pasar adalah berlakunya persaingan secara bebas. terdapat pula badan perencana negara yang merencanakan arah dan perkembangan ekonomi. Akibatnya yang kuat bertambah kuat. Sistem ekonomi campuran ini dasarnya merupakan perpaduan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar. sehingga terbentuk sistem ekonomi pasar yang terkendali. bukan ekonomi bebas lagi. Untuk mengatasi keadaan itu pemerintah ikut campur tangan melalui peraturan perundang-undangan yang dianggap perlu. Sistem Ekonomi Campuran Sistem ekonomi campuran pada umumnya ditetapkan pada negara-negara berkembang. sedang yang lemah semakin terdesak tidak berdaya. Hal ini berarti di samping sektor swasta. 20 .

system ekonomi dibedakan menjadi tiga bentuk: ekonomi pasar. Ciri-ciri utama suatu teori ekonomi dan kegunaan teori ekonomi. ekonomi campuan. Ekonomi pasar. adalah perekonomian yang kegiatannya dikendalikan sepenuhnya oleh interaksi antar penjual dan pembeli dipasar. Ekonomi campuran adalah system ekonomi pasar yang disertai campur tangan pemeritah Baik dalam penentuan harga. Secara garis besar.1 Kesimpulan Empat aspek yang erat hubungannya dengan metodologi dalam analisis ekonomi. Sedangkan untuk ekonomi perencanaan terpusat adalah system ekonomi yang kegiatannya diatur sepenuhnya oleh pemerintah. perusahaan-perusahaan dan masyarakat secara keseluruhannya akan selalu menghadapi persoalan-persoalan yang bersifat ekonomi. Berdasarkan uraian mengenai masalah ekonomi pokok tersebut akan dirumuskan definisi ilmu ekonomi. yaitu masalah kelangkaan atau kekurangan. 21 ..BAB III PENUTUP 3.”Apakah yang diartikan dengan kegiatan ekonomi?” Kegiatan ekonomi dapat didefinisikan sebagai kegiatan seseorang atau suatu perusahaan ataupun suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi (menggunakan) barang dan jasa tersebut.. dan ekonomi perencanaan terpusat. Masalah Ekonomi dan Kebutuhan untuk Membuat Pilihan Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu. Aspek-aspek tersebut adalah: Masalah pokok ekonomi yang di hadapi setiap masyarakat. maupun kebijakannya. Bentuk-bentuk alat analisis yang digunakan pakar ekonomi dalam menerangkan teori ekonomi dan menganalisis berbagai peristiwa yang terjadi dalam perekonomian.Jenis-jenis analisis ekonomi.

org/pengertian_jenis_macam_kegiatan_ekonomi_arti_definisi_pr oduksi_distribusi_dan_konsumsi_ilmu_pendidikan_ekonomi_dasar . Sukwiaty. Ekonomi SMA. Jakarta. Jakarta.2002.DAFTAR PUSTAKA Sukirno..wordpress. Bandung. Erlangga Dra..indoskripsi. 22 .com/2009/01/22/definisi-ekonomi-dalamislam-menurut-para-ahli/ http://organisasi.. dkk. Ekonomi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/ekonomi/definisi-ilmuekonomihttp://putracenter. dkk. Hj. Alam S. Yudhistira Drs. Pelajaran Ekonomi. sadono. dkk..jakarta:rajawali pers Ritonga.pengantar teori mikro ekonomi. Erlangga http://one.

23 .