1.

SENI RUPA
a. Seni Gambar di Indonesia

Tingkat penjualan karya sering menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah pameran. Bisakah di Indonesia, pemikiran seni bertumbuh dan menjadi acuan pasar sehingga peluang go internasional terbuka lebar. Pintar siapa, seniman atau pembeli ?
b. Seni Lukis di Indonesia

Seni

lukis

modern Indonesia dimulai Indonesia.

dengan seni

masuknya rupa Eropa

penjajahan Belanda di

Kecenderungan

Barat pada zaman itu ke aliran romantisme membuat banyak pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliran ini.

seni patung memiliki peran dalam perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia. walaupun tak pernah benar-benar surut. khususnya di desa ini. . sandung. patung dayak. tidak giat dan terabaikan. Bentuk ukiran beragam. d. dan tidak sepopuler seni lukis. Seni Patung di Indonesia Semenjak kemunculan seni rupa modern Indonesia pada awal abad 20. misalnya perahu jukung. Ketika seni kontemporer semakin nyata perkembangannya dalam wacana seni rupa Indonesiapun. Kerajinan Tangan di Indonesia Ukiran getah nyatu merupakan kerajinan khas warga Dayak di Kalteng. Perannya pun tidak banyak dibicarakan dalam perkembangan seni rupa modern Indonesia.c. rumah betang. atau miniatur rumah tempat penyimpanan kerangka mayat dalam upacara tiwah. Padahal jika dilihat lebih jeli. seni patung terkesan tidak penting. kurang diperhatikan. posisi seni patung seperti jalan di tempat.

. Semua pelataran cawan melambangkan Yoni (lumbung). Seni Arsitektur Indonesia Monumen Nasional yang terletak di Lapangan Monas. Pembagunan tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945. Alu dan lumbung merupakan alat rumah tangga yang terdapat hampir di setiap rumah penduduk pribumi Indonesia. Tugu Peringatan Nasional dibangun di areal seluas 80 hektar. Tugu ini diarsiteki oleh Soedarsono dan Frederich Silaban. dibangun pada dekade1960an. Rooseno. Monas resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Jakarta Pusat. mulai dibangun Agustus 1959. dengan konsultan Ir.e. agar terbangkitnya inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang. dan diresmikan 17 Agustus 1961 oleh Presiden RI Soekarno. Tugu Monas yang menjulang tinggi dan melambangkan lingga (alu atau anatan) yang penuh dimensi khas budaya bangsa Indonesia.

Paduan karawitan ini sangat harmoni dengan kelompok tari yang diperankan. di Desa Barikin sebagai seni khas Hulu Sungai Tengah b.2. awalnya kerap ditampilkan di sebuah desa. Lalu dikembangkan di Kampung Mu’ui. Sehingga tarian ini terkesan hidup lantaran diselingi dengan dialog kelompok penari. Seni Tari Modern di Indonesia 3. Seni Tari Klasik di Indonesia Tarian tantayungan mempresentasikan kisah dalam tokoh pewayangan. Barabai. Kecamatan Haruyan oleh salah satu damang bernama Amat. Seni khas ini kemudian dikalim oleh pelaku seni HST. yakni Desa Ayuang. pp . gong. Sarbaini. dan kurung-kurung. Tarian ini sendiri diiringi dengan musik karawitan melalui instrument babun. sarunai. Desa Pangambau Hulu. SENI TARI a. Seni Tantayungan.

Dengan kemampuan individu mengubah tradisi yang sudah ada sebelumnya. Selain di Palembang sebagai ibukota Sriwijaya. yaitu Syailendra. Tak heran jika pada masa itu terjadi demam di berbagai kota di dunia.breakdance yan pernah muncul pada awal 1980-an. Slendro merupakan salah genre musik yang dipakai dan berkembang di zaman Kerajaan Sriwijaya. termasuk Indonesia PENAMAAN Slendro (di Jawa biasa disebut saléndro) sebagai salah satu genre musik secara etimologis merujuk pada nama salah satu dinasti keturunan leluhur Kerajaan Sriwijaya(Dapunta Hyang Sri Jayanasa). termasuk dan terutama di Pulau Jawa. musik slendro juga berkembang di semua kerajaan (wilayah atau daerah) lain taklukan Sriwijaya. . merupakan protes sosial anak-anak muda terhadap kemapanan gerak.

Instrumen yang wajib ada dalam bentuk grup sederhanannya antara lai. Drum. .Musik pop berkembang di Indonesia sekitar tahun 1960-an dan banyak digemari masyarakat khususnya kaum muda atau remaja. gitar melodi dan rhythm. dan bass gitar Salah satu ciri musik pop adalah penggunaan ritme yang terasa bebas Wayang orang disebut juga dengan istilah wayang wong (bahasa Jawa) adalah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut. Grup musik pop sering disebut dengan sebutan band yang menggunakan peralatan elektronik atau modern. piano.

Sesuai dengan nama sebutannya. terutama dalam hal pembawaan bahasa. akan tetapi menampilkan manusia-manusia sebagai pengganti boneka-boneka wayang tersebut. Teater rakyat adalah salah satu jenis teater yang pembawaannya disesuaikan dengan rakyat sebagai konsumen. wayang tersebut tidak lagi dipergelarkan dengan memainkan boneka-boneka wayang (wayang kulit yang biasanya terbuat dari bahan kulit kerbau ataupun yang lain). sering kali pemain wayang orang ini diubah/ dihias mukanya dengan tambahan gambar atau lukisan. Mereka memakai pakaian sama seperti hiasan-hiasan yang dipakai pada wayang kulit. . Supaya bentuk muka atau bangun muka mereka menyerupai wayang kulit (kalau dilihat dari samping). Salah satu ciri khas dari teater rakyat adalah harus dapat membebaskan rakyat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful