1.

CPU

Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Bagian-bagian dari CPU : 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) Harddisk Floppy Disk Drive CD-ROM Drive Processor Memory Motherboard Casing Power Supply

1.1 Harddisk

masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar). 1. sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte. Beberapa tahun lalu. Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk.3 CD-ROM Drive . Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte. maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan.2 Floppy Disk Drive Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. 1. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1.2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB. ada yang 1. yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte.4 Megabyte.Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Besarnya bervariasi. Jika hardisk dibuka.

maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya.Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data. ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. bagian yang diputar adalah kepingan CD. Bedanya. Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin.4 Processor Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil. 1. Jika komputer dihidupkan. ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD.5 Memory . seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya. Namun saat ini. 1. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).4 GHz (Giga Hertz).

7 Casing . Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. Jika komputer di matikan. 1. maka data di RAM akan hilang. Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk. 1. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.6 Motherboard Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas.Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory).

Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard. . Selain fungsi primernya tersebut. casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah. Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. soundcard dan lain-lain. Karena biasanya. 1. Sebagai pelindung. seperti motherboard. sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak. casing juga dapat tampil dengan berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar. Juga terdapat fan atau kipas angin. casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. vga card. casing bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu.8 Power Supply Power supply berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.Selain sebagai pelindung CPU. sehingga dilarang keras menyentuhnya. Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya. terutama CPU. dari benturan dengan benda lain.

Tips Dan Trik Mengatasi Masalah Sering Terjadi Ketika Merakit Komputer Khususnya Merakit CPU Ada beberapa alasan kenapa bisa terjadi kesalahan saat perakitan diantaranya komponen yang rusak. Buruknya koneksi power supply ke soket power motherboard Solusi: Lepas dan periksa kembali apakah ada pin motherboard yang bengkok atau pin kabel konektor yang rusak. Slot memori yang ttidak mendukung Solusi: Ada beberapa jenis Motherboard memberi syarat khusus pada pemasangan memori. Lepas memori dan pasang kembali. kelalaian saat merakit. Adanya benda asing dalam CPUk yang membuat short circuit motherboard Solusi: Pastikan tidak ada baut yang jatuh atau benda asing lain dalam CPU. pasang kembali konektor konektor power sesuaikan dengan soketnya. Kelistrikan yang buruk Solusi: Bisa dicoba dengan menyalakan Sumber listrik yang lain . jika tidak. e. f. c. dan masih banyak lagi. Berikut masalah-masalah yang sering muncul saat perakitan : a. Pemasangan Power Switch yang salah Solusi: cek kembali konektor power switch dan pasang kembali pada tempatnya b. Short circuit antara motherboarddengan badan casing Solusi: gunakan spacer dan pastikan spacer berfungsi dengan baik sebagai pemberi jarak antara motherboard dengan cassing g. Pemasangan memori yang kurang baik Solusi: Lepas memori dan pasang dengan cara yang benar d.

Jenis socket y Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda. 2. c. Persiapkan alat-alat yang akan dipergunakan dalam perakitan computer diantaranya obeng yang akan membantu saat pemasangan peralatan. b. y Turunkan kembali tuas pengunci. umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik. hard disk.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Langkah-langkah dalam perakitan computer khususnya dalam perakitan CPU. CD Drive. dengan cara : 1. dan RAM dan perangkat lainnya. segitiga atau lekukan. Memasang Prosessor Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket. y y Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka. yaitu : a. motherboard. Perakitan Bisa dimulai. Memasang Heatsink Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink. siapkan perangkat keras (hardware) yang akan dirakit Seperti processor. .Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket.

Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut: y Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing.3. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard. Pasang ke empat buah sekerup pengunci. Cara pemasangannya sebagai berikut: y Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. 5. Memasang RAM Cocokkan RAM dengan slot RAM pada motherboard sehingga RAM dapat terpasang dengan benar. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. jika memakai fan untuk pendingin CPU. 6. y y y y 4. Memasang Floopy disk Prosedur memasang Floppy Disk Drive adalah sebagai berikut: . Jika pemasangan tidak tepat memasangnya. Hubungkan kabel daya untuk fan. y Hubungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Memasang Power Supply Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Memasang Motherboard pada Casing Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam. maka RAM tidak akan masuk ke slotnya. Kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik.

y Bila kabel IDE terhubung ke dua drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave. y Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive. y Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu) y Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive. 8. y Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan. . Pasang penutup casing dengan menggesernya dan kemudian pasang sekrup agar lebih kuat dan tidak mudah terlepas. 7. CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut: y Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing) y Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive. CD ROM. y Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard y Sambungkan kabel power dari satu daya ke masing-masing drive. Memasang Drive Prosedur memasang drive hardisk. floppy.y y y Pasangkan Floppy disk drive ke dalam casing unit Di baut agar tidak goyang Kemudian pasang kabel IDE ke Motherboad dan Floppy Disk Drive.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful