P. 1
tips merawat pakaian

tips merawat pakaian

|Views: 47|Likes:
Published by monique_cha

More info:

Published by: monique_cha on Feb 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/18/2011

pdf

text

original

Tips Merawat Pakaian

Tips-1 : Agar Baju Tetap Cemerlang
Baju atau kemeja berwarna putih, lama kelamaan akan jadi kekuning-kuningan. Tentu saja hal ini sering membuat kita kesal. Untuk mengatasinya, cobalah tips berikut: Sediakan air secukupnya, masukkan deterjen kira-kira satu sendok, lalu aduk rata. Setelah itu tuangkan pembersih porselen cair kira-kira sepertiga gelas dan rendamlah baju atau kemeja beberapa menit, lalu bilaslah sampai bersih. Nah, lihatlah baju atau kemeja putih anda, kembali cemerlang. Selamat mencoba.

Tips-2 : Pakaian Agar Tidak Kusut

Saat melakukan perjalanan, apakah anda sering repot karena pakaian yang sudah ditata rapi dalam koper menjadi kusut ketika ingin dipakai? Nah, untuk mengatasi hal itu, cobalah tip dari mertua saya. Caranya, setelah pakaian disetrika, selipkan 1-2 helai Koran di dalamnya, lalu lipat dan susun rapi dalam koper. Anda pasti terkejut melihat kemeja, blus, rok atau pantaloon anda tetap licin. Tak repot untuk setrika ulang, kan. Silahkan mencoba.

Tips-3 : Agar Pakaian Dalam Tetap Bersih

Bila anda sedang datang bulan atau mengalami keputihan, tak perlu cemas mengenai kebersihannya. Ikutilah tip berikut ini: cucilah celana dalam anda hingga noda haid bersih. Setelah itu ambilah sabn mandi, gosokkan di celana sampai berbusa. Selanjutnya, sediakan tempat untuk merendam celana kotor tersebut. Kemudian, panaskan air setengah mendidih kira-kira 1-1,5 liter dan siramkan ke celana itu satu hari satu malam, tanpa dikucek dan langsung dibilas. Niscaya pakaian anda akan tetap bersih dan harum, tanpa meninggalkan bau amis.

Tips-4 : Menghilangkan Luntur di Pakaian

Jika pakaian anda kelunturan warna pakaian yang lain, jangan khawatir. Rendamlah pakaian tersebut selama sekitar 30 menit dalam larutan asam cuka yang telah dicampur dengan deterjen. Dengan cara itu, niscaya pakaian anda yang kelunturan akan bersih kembali. Selamat mencoba.

Tips-5 : Membersihkan Noda Tinta dengan Sabun Colek

Sabun colek bukan sekedar pembersih perabotan dapur dan pakaian, tapi bisa menghilangkan noda tinta di baju atau celana. Caranya, rendam pakaian yang terkena noda tinta selama 15 menit dengan air biasa. Setelah itu, ambil sabun colek dan oleskan pada pakaian yang terkena noda tinta, lalu dikucek sampai noda tinta hilang. Nah, pakaian anda akan bersih seperti semula tanpa menimbulkan bekas atau kerusakan. Mudah kan? Selamat mencoba.

Tips-6 : Menghilangkan Noda Minyak pada Pakaian

Noda minyak pada pakaian terkadang sulit dihilangkan. Jika anda mengalami hal serupa, jangan khawatir, ikuti resep berikut ini: Taburkan bedak pada pakaian yang terkena noda, kucek-kucek seperti mengucek pakaian saat mencuci, setelah itu cuci seperti biasa menggunakan sabun. Niscaya noda minyak pada pakaian anda akan hilang. Selamat mencoba.

Lakukanlah dengan teratur maka warna pakaian anda tidak akan cepat pudar. Tips-9 : Sabun untuk Mencuci Sutera Agar warna-warna bahan yang terbuat dari sutera tidak cepat memudar. Tuangkan shampoo secukupnya dengan air dan kocok hingga berbusa. jangan khawatir. Cuci dan bilaslah seperti biasa. Niscaya bahan dari sutera tersebut warnanya tidak cepat memudar. Rendam pakaian berwarna anda kurang lebih 30 menit. Sedangkan untuk mencuci ambal agar bersih dan tidak amis. setelah matang masukkan larutan tersebut dalam satu ember air. Selamat mencoba. jemur di tempat yang agak teduh. Jika pakaian anda terkena noda getah. biasanya ketika mencuci digunakan daun waru atau klerek. masak dengan tiga gelas air. aduk hingga rata. pada bagian ternoda olesi sabun detergen. Caranya sebagai berikut: Rendamlah bahan sutera pada 3 liter air yang sudah diberi shampoo. Akan tetapi jika anda kesulitan mendapatkan kedua bahan tersebut bisa diganti dengan shampoo. atasi dengan cara berikut ini: Pada bagian yang ternoda tetesi dua atau tiga tetes minyak tanah. lakukan seperti berikut ini: Ambil satu sendok tepung kanji . niscaya sprei anda tidak akan kusut lagi ketika dipasang. Untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian bisa dilihat dari baru atau tidaknya noda tersebut: . Tips-11 : Mencuci Gorden dan Ambal Ingin mencuci bersih gorden (tirai) anda? Ada tip jitu berikut: rendam satu gorden dalam ember berisi air dengan ditaburi 3 sendok makan cuka. tambahkan garam dan cuka makan pada ember untuk mencuci ambal juga untuk air bilasan ditambahkan cuka makan. Jika getah sudah hilang. Selamat mencoba. Jika ini terjadi. Dengan cara seperti itu. rendam pakaian dalam air beberapa saat. jemur. masukkan sprei yang sebelumnya sudah dicuci dengan bersih. diamkan beberapa saat. kemudan jemur di terik matahari. Tips-12 : baju kena noda tinta Baju kena tinta. Selamat mencoba. atasi dengan resep berikut ini. Insya Allah. Tips-10 : Agar Sprei Tidak Kusut Sprei yang baru kita pasang terkadang terlihat kusut. Tips-8 : Memelihara Pakaian Berwarna dengan Shampo Anda mungkin pernah kesal ketika pakaian berwarna kesukaan anda warnanya cepat pudar. pasti bingung sekali apalgi bila baju kesayangan seperti yang dialami seorang mommies WRM. kucek perlahan. jangan gunakan deterjen atau pembersih lain. cucilah pakaian seperti biasa menggunakan sabun. gosok perlahan dengan sikat gigi. angkat pakaian.Tips-7 : Menghilangkan Noda Getah pada Pakaian Noda getah yang mengotori pakaian anda terkadang sangat sulit untuk dihilangkan. tetapi gunakanlah shampoo. gorden dan ambal anda akan menjadi bersih dan cerah kembali. kemudian bilas dengan air bersih. Ketika mencuci. Tak lama kemudian getah akan hilang. jangan khawatir. bila sudah kering disetrika. Untuk menghindari hal ini. Selamat mencoba. angkat sprei. Kemudian cuci dan bilas dengan air bersih.

3. Baru keesokan harinya baju tersebut dicuci. Anda hanya perlu ekstra kesabaran sebelum semua nodanya hilang. noda akan hilang. Zat laktosa di dalamnya dapat meluruhkan tinta sedikit demi sedikit.Usapkan berkali2 dibagian baju yang ternoda itu. 2. Rendam lebih lama bila noda belum juga hilang. Baju berwarna/bermotif Khusus untuk baju berwarna apabila terkena noda tinta bisa memnbersihkannya dengan air susu.sebelum akhirnya dicuci dengan air dingin. maka pihak laundry akan memberikan ganti rugi. Zat aerosol mungkin saja dapat menghilangkan tinta. Kemudian setelah itu rendam dalam cairan berdeterjen semalaman. Bila mereka dapat menghilangkan noda tersebut.Untuk noda tinta yang belum terlalu lama. Hanya saja kelemahannya bisa meninggalkan residu yang lengket pada pakaian. Bisa juga gunakan citrun yang biasa digunakan untuk membuat es buah. Informasi lain dari seorang mommies adalah untuk membersihkan noda tinta adalah dengan Cuka atau Vinegar Caranya 1. Kemudian di gosok gosok sedikit.gosokkan pada tempat yang terkena noda. dan tidak meninggalkan noda sedikitpun. coba gunakan hairspray yang mengandung aerosol.Tuang cuka pada kapas. 2.Gunakan ramuan tersebut dengan menggosokkannya pada noda tinta. pertama coba dulu dibagian yang tidak kelihatan. Biasanya setelah melalui cara ini. kemudian gosok. Bentuk citrun ini seperti butiran putih mirip penyedap rasa. Cara praktisnya akan lebih baik bila diserahkan ke tempat laundry. Langkah ini bisa segera mengusir noda. Selain hal tsb di atas ada beberapa masukkan lain yang lebih khusus. Baju berwarna putih Bisa dihilangkan dengan perasan air jeruk lemon dan garam. Hal ini dilakukan agar bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti pudarnya warna. Caranya: 1.Baju yang terkena noda direndam dengan air citrun(tanpa detergen) kurang lebih 30 menit. Caranya: 1. 2. Kemudian dibagian yang ada . di mana dibedakan menurut warna baju. Bila sudah cukup lama. seperti di bagian keliman celana. 2. Caranya dengan menyemprotkannya pada lap kering.Peras air jeruk lemon dan campurkan sedikit garam. Rendamlah pada air susu selama beberapa menit. maka ingatkan agar dibuatkan perjanjian antarapihak laundry dan kita bahwa pihak laundry telah menyanggupidapat menghilangkan noda tanpa merusak warna aslinya. Atau bisa juga baju tersebut dapat langsung direndam di cairan pemutih selama 2-3 jam atau hingga nodanya hilang. pertolongan pertama adalah dengan menggosoknya dengan alkohol. Metode ini dapat juga digunakan untuk pakaian putih yang terlihat telah lusuh warnanya. Caranya : 1. Fruit acid bercampur dengan yodium bisa menjadi penghilang noda yang dahsyat. Kemudian angkat dan kuceklah sebentar. Masukkan lagi ke dalam larutan susu.

Mega Mal. Genie dapat dibeli di Ace Hardware Puri Indah Mal. Caranya: Biasanya dengan satu kali semprot. Atau bisa juga dengan menggunakan Genie. .nodanya itu. Dapat pula digunakan merk lain yang memiliki fungsi sama. maka bagianyang terkena noda akan segera hilang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->