P. 1
MAKALAH PENJAS

MAKALAH PENJAS

|Views: 2,754|Likes:
Published by lalan_dk

More info:

Published by: lalan_dk on Feb 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2013

pdf

text

original

UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN PRIBADI MELALUI POLA HIDUP BERSIH DAN ANTI NARKOBA

MAKALAH Untuk Memenuhi Tugas Penjasorkes

Oleh:

LALAN DWI KURNIAWAN
IX B / 14 NIS 11825

SMP NEGERI 3 PURWOREJO ©2011

1. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Kesehatan merupakan hal yang utama di kehidupan kita. Kesehatan harus didukung oleh kebersihan lingkungan. Tanpa kebersihan, kita tidak akan sehat. Tidak mungkin kita akan selalu sehat jika lingkungan di sekitar kita sangat kotor. Namun, pada saat ini kita melihat banyak orang membuang sampah sembarangan. Sampah berserakan di mana-mana. Kesadaran masyarakat sangatlah kurang. Mereka seolah bersikap acuh tak acuh. Mereka tidak menyadari akan akibat dari semua itu. Tingkat kesehatan lingkungan di Indonesia sangat rendah. Ini ditandai dengan munculnya banyak perkampungan kumuh di berbagai daerah. Banyak masyarakat Indonesia yang menderita penyakit yan disebabkan oleh lingkungan yang kotor, seperti: diare, demam berdarah, cacingan dll. Beralih dari masalah kebersihan, kesehatan masyarakat Indonesia juga terganggu oleh penyalahgunaan narkoba. Banyak masyarakat yang menggunakan narkoba untuk kepentingan yang salah. Sebagian besar dari mereka adalah dari kalangan muda. Mereka menggunakan narkoba untuk berfoya-foya dan mencuci pikiran. Bahkan, tak jarang dari mereka yang menggunakan narkoba hingga over dosis. Narkoba membuat mereka kecanduan. Mereka juga harus merogoh kocek yang dalam untuk membeli narkoba karena harga narkoba sangat mahal. Pecandu narkoba juga akan menderita gangguan kesehatan fisik dan psikis yang sulit disembuhkan. –lalan dk B. Tujuan Pembahasan Penulisan makalah ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui cara-cara meningkatkan kesehatan 2. Mengetahui hubungan antara kebersihan dan kesehatan 3. Mengajak untuk menghindari narkoba 4. Memenuhi tugas Penjasorkes C. Ruang Lingkup Pembahasan Pembahasan dalam makalah ini mencangkup: a. Apa arti penting kesehatan? b. Bagaimana meningkatkan kesehatan pribadi? c. Bagaimana cara menjaga kebersihan? d. Bagaimana cara menghindari narkoba?

lalan dwi kurniawan – smp n 3 purworejo

1

2. KAJIAN TEORI DAN PEMBAHASAN 2.1. Pengertian Kesehatan Kesehatan pribadi adalah badan diri seseorang yang bersih dari segala penyakit, baik dari dalam, maupun dari luar tubuh tersebut. Kesehatan pribadi juga dapat diartikan sebagai ilmu dan usaha mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan, melindungi, dan memelihara kesehatan diri sendiri. Kesehatan sangatlah penting, karena jika tanpa kesehatan, kita akan hidup menderita. Kita harus selalu menjaga kesehatan. Jika tidak, kita akan sakit dan sulit beraktivitas. Peningkatan kesehatan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dan menghindari narkoba. -lalan dk 2.1.1 Cara Peningkatan kesehatan Selain dengan menjaga kebersihan dan menghindari narkoba, kita dapat meningkatkan kesehatan diri kita antara lain dengan cara: a. Makan dan minum 4 sehat 5 sempurna 1. Makanan pokok antara lain : nasi, jagung, roti, gandum dan lain-lain 2. Lauk pauk antara lain daging yang berprotein tinggi, tahu, tempe, dsb. 3. Sayuran, dan 4. Buah-buahan Ditambah 5 sempurna 5. Susu b. Berolahraga Dan memeriksakan Kesehatan Ke Dokter Secara Berkala Berolah raga secara teratur dapat memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah menjadi lebih baik. Biasakan berolah raga setiap hari dengan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki, senam, fitnes, joging, bersepeda, atau melakukan olah raga penuh seperti main badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, bola basket, dan lain sebagainya. c. Memeriksakan Kesehatan Ke Dokter Secara Berkala Selain olah raga ada lagi yang tidak kalah pentingnya dengan olahraga yaitu periksa kesehatan berkala secara teratur ke dokter. Guna pemeriksaan kesehatan terprogram adalah agar penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan lebih cepat sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu dan tenaga. Tips-tips di atas hanyalah sebagian. Anda bisa melakukan yang lainnya.

lalan dwi kurniawan – smp n 3 purworejo

2

2.2 Kebersihan Kebersihan sangatlah penting. Bersih pangkal sehat. Bersih, berarti tidak kotor. Tidak ada kotoran di daerah itu. Itu mengandung arti bahwa di daerah itu tidak ada kuman penyakit. Tidak ada kuman dan bibit penyakit berarti tidak sakit. Tidak sakit berarti sehat. Itulah hubungan kebersihan dan kesehatan. Selain itu, kebersihan juga sebagian dari iman. Jika kita bersih, menandakan iman kita kuat. –lalan dk 2.2.1 Cara Menjaga Kebersihan Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah: 1. Menyapu halaman dan lantai rumah secara rutin 2. Membuang sampah pada tempatnya 3. Membersihkan debu-debu di setiap sudut ruangan 4. Mandi 2 kali sehari atau lebih juga diperbolehkan 5. Mencuci barang-barang yang kotor 6. dll. 2.3 Narkoba Narkoba juga merupakan sumber masalah bagi kesehatan. Narkoba adalah singkatan dari ‘Narkotika dan Bahan Obat Berbahaya’. Menurut WHO (1982): Narkoba adalah semua zat padat, cair maupun gas yang dimasukan kedalam tubuh yang dapat merubah fungsi dan struktur tubuh secara fisik maupun psikis tidak termasuk makanan, air dan oksigen dimana dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi tubuh normal. Narkoba membuat penggunanya kecanduan. Narkoba dapat mengubah perilaku penggunanya. Mereka sering berkelakuan buruk. –lalan dk 2.3.1 Cara menghindari Narkoba Upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. Adapun cara-cara yang dapat dilakuakan untuk menghindari narkoba: 1. Pendidikan moral dan keagamaan
2. Kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang

bahaya narkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin. 3. Pendampingan dan kasih aying dari orang tua

4. Pengawasan yang ketat oleh guru terhadap anak didiknya. Itu semua hanyalah sebagian. Mungkin yang lain anda bisa cari tahu sendiri.

lalan dwi kurniawan – smp n 3 purworejo

3

3. KESIMPULAN Dari pemaparan makalah di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa: 1) Kesehatan sangat penting bagi kita. Kita dapat menjaga kesehatan pribadi kita dengan cara menjaga kebersihan dan menghindari narkoba. 2) Kebersihan adalah hal yang utama dalam kesehatan. Kita tidak dapat sehat jika diri kita kotor. 3) Narkoba adalah obat-obatan yang sangat berbahaya. Dapat menimbulkan dampak negatif yang dapat mempengaruhi fisik maupun psikologis. 4) Kesehatan diri kita bergantung pada diri kita sendiri.

*** lalan dk

lalan dwi kurniawan – smp n 3 purworejo

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->