Polimer

1. Cara mengidentifikasikan polimer dalam polimer sintetis • Polimer Alamai adalah polimer yang terdapat di dalam dan berasal dai mahluk hidup. • Polimer Sintetis adalah polimer yang tidak terdapat di dalam dan harus dibuat olih manusia.

2. *Contoh-contoh Polimer alami dan sintetis.

*Contoh-contoh polimer alam Polimer Alam Alumunium Seluosa Protein Asam nukleat Karet Alam Monomer Glukosa Glukosa Asam amino Nukleotida Isoprena Polimerisasi Kondensasi Kondensasi Kondensasi Kondensasi Adisi Terdapat pada Biji-bijian,akar umbi Sayuran,kayu,kapas Susu,daging,telur Molekul DNa dan RNA Getah pohon karet

*Contoh-contoh polimer sintetis : - Pembentukan serat untuk benang kain - PRoduksi ban yang elastic tehadap jalan aya - Pipa PVC - Teflon

3. Perbedaan Sifat fisik Polimer alam dan pilomer sintetis

Polimer alami kadang-kadang cepat rusak sedangkan polimer sintetis tidak cepat usak atau lebih tahan lama Polimer alam tidak elastic sedangkan pilomer sintetis lebih elastic Polimer alam besifat berombak sedangkan polimer sintetis lebih halus dan teratur.

4.

Sifat kimia polimer alam dan polimer sintetis - Polimer alam lebih sulit menentukan tinggi rendahnya titik lebur, sedangkan polimer sintetis dapat ditentukan tinggi rendahnya titik lebur

Contoh pembentukan polimer Kondensasi adalah : .. sedangkan polimer sintetis lebih tahan dari zat kimia 5. Pembentukan polimer secara adisi .Polimer alam tidak tahan tehadap zat kimia.Polimer alam agak sulit mencari kelenturannya/ membetuk menjadi teratur. Dalam polimerasi tersebut.Kondensasi merupakan reaksi penggabungan gugus-gugus fungsi antara kedua monomer.e.bentuk kelenturan sesuai yang diinginkan . stirena dan haloalkana. Pembentukan Polimer dengan cara reaksi kondensasi : . Jadi pembentukan polimerisasi adisi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang berikatan rangkap(ikatan tak jenuh).Polimer alam lebih sulit menentukan kekerasannya sedangkan polimer sintetis dapat kita bentuk sesuai dengan yang kita inginkan . Jadi artinya Polimerasi kondensasi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomermonomer yang nempunyai dua gugus fungsi.Reaksi adisiadalah reaksi pemecahan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal sehingga ada yang bertambah di dalam senyawa yang terbentuk. Reaksi nya : O O HO-C-CH2(CH2)3CH2-NH2 + HO-C-CH2(CH2)3CH2-NH2 + … . *Contoh pembentukan: CH2 = CH2 (etena) O2 − (CH2− CH2)n − (polietena) (tegangan tinggi) 6.Pada raksi tersebut monomer-monomer ikatan rangkapnya kemudian berikatan dengan monomer lain sehingga menghasikan polimer yang berikatan tunggal ( ikatan jenuh). gugus karboksil dari monomer berikatan dengan gugus amino dari monomer tersebut. sedangkan polimer sintetis dapat . Artinya monomer pembentuk polimer adisi adalah senyawa-senyawa yang ikatan karbon berikatan rangkap seperti alkena.Pembentukan Nillon Polimer nilon di bentuk dari monomer asam 6-aminoheksanoat (HOOCCH2(CH2)3CH2NH2).

. . Kegunaan-kegunaan polimer a. gelas plastic. Perbedaan plastic termoplast dan plastic termoset jika keduanya dipanaskan : . d. Polimer ini jika dipanaskan todak meleleh (sukar melunak) dan sukar untuk didaur ulang. tali. Plastic termoplas : . isolasi plastic. Contoh-contoh plastic termoplas dan plastic termoseting a. pembungkus makanan dan ember. Teflon (Politetra Fluoro Etena) : diganakan untuk pembuatan pelapis wajan (panic anti lengket). Poliestar (dakron) : digunakan untuk pembuatan lembaran film tipis yang dalam perdagangan disebut Mylar dan untuk pembuatan gelembung balon yang dimanfaatkan dalam penelitian cuaca diatmosfer.(asam 6-aminoheksanoat) O O (asam 6-aminoheksanoat) …-C-CH2(CH2)3CH2-NH-C-CH2(CH2)3CH2-NH-… + H2O (Nilon) 7. Styrofoam. pelapis tangki minyak di pabrik kimia. e. kulit sintetis.Polimer termoplast adalah polimer yang tidak tahan panas. karung. Polietena(polietilena) : digunakan untuk pembuatan kantong plastic . b. 8. kabel listrik (insulator) dan karpet plastic. Polistrirena : digunakan untuk pembuatan pernis kayu. f.Polimer termoseting adalah polimer yang tahan panas. Polipropena (polipropilena) : digunakan untuk pembuatan botol plastic. Polimer ini jika dipanaskan akan meleleh dan dapat dilebutr untuk dicetak kembali (daur ulang).kantung plastic polietena -botol plastic poliptopilena b.melamin dan bakelit 9. bak air plastic. PVC (Polivinil klorida) : digunakan untuk pembuatan pipa plastic. pipa paralon. plastic termoset : . pipa kabel listrik. pipa anti patah dan kabel listrik. ubin plastic dan genteng plastic. meainan dan bahan pengepakan. Nillon 66 : digunakan untuk pembuatan serat kain. g. c.

• Oleh karena itu jika kita membuang sampah plastic sebaiknya sampah-sampah plastic itu dikumpulkan dan diberikan pada yang bertanggung jawab untuk didaur ulang dan dicetak kembali menjadi bahan yang berguna.dampak negative dari plastic itu merupakan polimer yang sulit diuraikan mikroba sehingga sampah plastic yang menumpuk baik di permukaan tanah maupun di dalam tanah dapat mencemari lingkungan. Polibutadiena : digunakan untuk pembuatan ban motor. Polimer itu merupakan plastic dan terkenal karena banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari . • Jangan membakar polimer dalam hal ini plastic atau karet karena asap yang ditimbulkan dapat mencemari udara dan menggangu pernafasan. sepeda atau mobil. 10. 11. Fleksiglass : digunakan untuk pembuatan jendela pesawat terbang dan lampu mobil. Lengkapilah table berikut dengan kata yang tepat! No Polimer Pengelompokan polimer Asalnya Pembuatannya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Bakelit Polietena Polyester Protein Dakron Buatan Buatan Buatan Alam Buatan Kondensasi Adisi Kondensasi Kondensasi Adisi Adisi Adisi Adisi Kondensasi Jenis Monomernya Kopolimer Homopolimer Kopolimer Kopolimer Kopolimer Homopolimer Homopolimer Kopolimer Kopolimer Sifat Panas Termoseting Termoplas Termoseting Termoseting Termoplas Termoplas Termoplas Termoplas Termoplas Polibutadiena Buatan PVC Fleksiglas Nilon 66 Buatan Buatan Buatan .h. • Mempersedikit penggunaan barang-barang yang mempergunakan plastic dan jangan membuang sampah plastic dengan sembarangan agar lingkungan lebih bersih dan selokan air tidak terhambat. i.

serat pada pakaian Tali. Mendiskripsikan struktur. tenda. No 1 Rumus Kimia CH2 = CH − Cl Polimer Polivinilklorida Produk Pipa plastic. pipa paralon. serat kain Jendela pesawat terbang 4 …-CO− CH2(CH2)3CH2− NH− CO− CH2(CH2)3CH2− NH-… CH2 = C(CH3)(CO2CH3) Nilon 5 Fleksiglas (polimetil metakrilat) KATA PENGANTAR “OM SWASTYASTU” . parasut.10 Teflon Buatan Adisi Homopolimer Termoseting 12. sifat. dan kegunaan polimer. genteng plastik Panci anti lengket 2 -(CF – CF)n- Teflon 3 -CH2−CH2−O−CO− −CO−O- Dakron Mylar (lebaran film tipis). penggolongan. tata nama.

Januari 2011 Penulis KATA PENUTUP . Untuk itu kami mohan maaf yang sebesarbesarnya atas segala kekeliruan yang terdapat di dalamnya dan semoga laporan ini dapat bermanfaat sesuai dengan apa yang menjadi tujuan LKS non experiment serta pembahasannya. Tentunya pembuatan LKS non experiment serta pembahasannya ini masih sangat banyak kekurangannya dan hal-hal yang perlu diperbaiki. terutamanya kepada semua pihak yang telah membantu terselesainya kegiatan ini. Adapun tujuan dari pembuatan LKS non experiment serta pembahasannya adalah sebagai media pembelajaran bagi kami dan untuk menunjukan bagaimana pembahasannya sehingga lebih mudah untuk dipahami. kami dapat menyelesaikan pembuatan LKS non experiment serta pembahasannya. Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Gianyar.Puji syujur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat beliau.

ingin meminta maaf sebesar-besarnya bila hasil ini tidak mengesankan bagi guru pengajar.Sebagai mana manusia tidak luput dari kesalahan. Dan akhir kata kami ucapkan “ TERIMA KASIH “ atas bantuan yang telah diberikan oleh guru pengajar.Pada hasil LKS non experiment atau data kali ini mungkin bukanlah hasil yang diinginkan karena hasil LKS non experiment yang kami buat selaku anggota kelompok . pada saat menganalisisnya dan pada saat penyampaian/pembuatan laporan. Semoga pada LKS non experiment kedepannya kami selaku anggota kelompok dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi. tetapi kesalahan itu tidak boleh terulangi lagi dan harus mengakuinya. mungkin memiliki banyak kesalahan-kesalahan walaupun telah dibantu oleh guru pengajar baik pada saat pemahamannya.Oleh sebab itu kami selaku anggota kelompok. “ OM CANTIH CANTIH CANTIH OM ” .

I Gusti Ngurah Danan Wahyudi 3.OLEH: 1. Wahyuni Dwi Pratiwi . Putu Anik Prabawati 4. I Made Hariyuda Wahyu Lodiarsa (12) (13) (14) (31) (33) 2. I Gusti Ngurah Agung Dedy Aristiawan 5.

XII IA 2 2010/2011 .