TUGAS KIMIA HASIL PERTANIAN

VITAMIN-VITAMIN YANG LARUT DALAM AIR

Disusun oleh: Debby martha dira 0906114637 THP

VITAMIN-VITAMIN YANG LARUT DALAM AIR ADALAH:
Vitamin C (asam L-askorbat) Vitamin B1 (thiamin) Vitamin B2 (riboflavin) Vitamin B6 (pyroxidin) Vitamin B12 (cyanokobalamin) Niasin Asam folat Asam pantotenat biotin

VITAMIN C
Manfaatnya: 1. Sebagia antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas akibat pancaran sinar ultraviolet, polusi dsb. 2. Sebagi anti-aging (penuaan dini) 3. Memberi efek langsung dalam stimulasi pembentukan kolagen pada kulit, 4. Mengurangi vlek-vlek akibat penuaan dini pada kulit 5. Mampu mencegah timbulnya memar di kulit 6. Antioksidan Terbaik 7. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung 8. Menyembuhkan Flu Lebih Cepat 9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 10. Penyembuhan Luka 11. Ampuh Melawan Alergi

VITAMIN C BANYAK TERKANDUNG DI: Kismis hitam Kol bruser Bayam Jeruk Kentang susu .

hipersensitif. tidak tahan terhadap panas atau dingin atau perubahan-perubahan dalam tekanan udara. depresi. .BILA KEKURANGAN VITAMIN C DAPAT MENGAKIBATKAN: mudah letih.

VITAMIN B1 Manfaatnya: Membantu dalam memproses energi dari glukosa dan protein. Penting untuk fungsi syaraf .

kacang hijau. ragi. susu. telur.VITAMIN B1 BANYAK TERKANDUNG DI: gandum. daging. Makaroni Daging tak berlemak . beras.

BILA KEKURANGAN VITAMIN B1 DAPAT MENGAKIBATKAN: Keletihan. cepat marah. kekacauan mental. lemah daya ingat. . penyimpangan perilaku.

membantu menyediakan energi untuk otak.VITAMIN B2 (RIBOFLAVIN) Manfaatnya: menjaga keutuhan myelin(substansi yang menyelubungi urat syaraf dan menyampaikan informasi). .

kuning telur. kacang kedelai.VITAMIN B2 BANYAK TERKANDUNG DI: sayur-sayuran segar. Susu Hati sapi Hati ayam Ragi kering .

BILA KEKURANGAN VITAMIN B2 DAPAT MENGAKIBATKAN: menghambat perkembangan otak pada anakanak menyebabkan masalah prilaku. .

VITAMIN B6 (PYROXIDIN) Manfaatnya: membantu otak memproduksi zat-zat kimia penting. . berperan dalam pembuatan protein.

daging . ikan. beras. beras tumbuk. ragi. jagung.VITAMIN B6 BANYAK TERKANDUNG DI: kacang-kacangan. hati.

kebiasaan tidur yang buruk. . dan lemah daya ingat.BILA KEKURANGAN VITAMIN B6 DAPAT MENGAKIBATKAN: Cepat marah. mudah letih. daya konsentrasi lemah.

VITAMIN B12 (CYANOKOBALAMIN) Manfaatnya: 1. sehingga oksigen terjamin kelancarannya ke target sel di seluruh tubuh. berenergi dan tidak mudah lelah. akhirnya kita akan merasa selalu fresh. Membantu menjaga kesehatan susunan sistem saraf . Mencegah terjadinya Anemia karena membantu produksi sel darah merah. 2.

hati. daging. kerang .VITAMIN B12 BANYAK TERKANDUNG DI: telur.

penyakit pada kulit .BILA KEKURANGAN VITAMIN B12 DAPAT MENGAKIBATKAN: kurang darah atau anemia. gampang capek/lelah/lesu/lemes/lemas.

NIACIN Manfaatnya: Berperan membantu otak dalam memproduksi zat-zat kimia penting dan membantu pembuatan protein .

ginjal. daging unggas .NIACIN BANYAK TERKANDUNG DI: Buah-buahan. kentang manis. ikan. ragi. hati. gandum.

BILA KEKURANGAN NIACIN DAPAT MENGAKIBATKAN: cepat marah. . mudah letih. perasaan tak menentu dan sulit tidur. daya konsentrasi lemah.

meningkatkan replikasi sel. menurunkan kadar homosistin darah. 3.ASAM FOLAT Manfaatnya: 1. Biasanya sangat dibutuhkan bagi calon ibu. asam folat membantu mengurangi resiko bayi terlahir cacat neural tube defect (NTD). koenzim untuk produksi DNA dan RNA. . mencegah kelainan seperti otak tidak berkembang (anensefali). 2.

dan kacang almond. bayam. jus jeruk.ASAM FOLAT BANYAK TERKANDUNG DI: Selada Susu hati sapi. gandum. brokoli. pisang. . kuning telur ayam.

BILA KEKURANGAN ASAM FOLAT DAPAT MENGAKIBATKAN: Meningkatkan resiko bayi terlahir cacat .

ASAM PANTOTENAT Manfaatnya: dibutuhkan untuk metabolisme energi .

ASAM PANTOTENAT BANYAK TERKANDUNG DI: Daging sapi Gandum Polong-polongan Hati sapi Telur Brokoli Susu Walnut kentang .

.ASAM PANTOTENAT TERDAPAT DALAM SEMUA SEL DAN JARINGAN MAHLIUK HIDUP. TIDAK ADA DOSIS HARIAN YANG DIANJURKAN UNTUK VITAMIN INI.

BIOTIN Manfaatnya: Biotin adalah vitamin B yang diperlukan untuk metabolisme lemak dan karbohidrat .

BIOTIN BANYAK TERKANDUNG DI: Hati sapi Susu Kacang tanah Keju Gandum Jamur Jeruk Selada bayam .

.BILA KEKURANGAN BIOTIN DAPAT MENGAKIBATKAN: Kekurangan vitamin ini sangat tidak mungkin terjadi pada orang-orang yang asupan makanannya seimbang. Kekurangan vitamin ini dapat terjadi pada orang-orang yang menerima pemberian makanan secara intravena (infus) dalam waktu yang lama tanpa biotin tambahan. Tetapi mengkonsumsi telur mentah selama beberapa minggu dapat menyebabkan kekurangan biotin karena telur mentah mengandung suatu bahan yang mengikat biotin dalam tubuh sehingga mencegah penyerapannya.

TERIMAKASIH WASSALAM .