P. 1
Kehidupan Monyet Ekor Panjang Cibeureum

Kehidupan Monyet Ekor Panjang Cibeureum

|Views: 191|Likes:
Published by adam_firdaus_4
Cibeureum Monkeyland Forest, kuningan
West Java
Cibeureum Monkeyland Forest, kuningan
West Java

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: adam_firdaus_4 on Feb 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/13/2014

pdf

text

original

KEHIDUPAN MONYET EKOR PANJANG CIBEUREUM

Monyet ekor panjang yang biasa dikenal Macaca fascicularis karena atraksinya di pentas topeng monyet. Monyet ekor panjang merupakan satu-satunya primata yang menghuni hutan-hutan di Cibeureum. Monyet ekor panjang biasa hidup berkelompok terdiri dari beberapa jantan dan betina. Monyet ekor panjang seperti jenis primata pada umumnya memiliki pembagian tingkatan sosial di dalam kelompoknya. Pejantan alfa (dominan) biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan tegap dibandingkan dengan jantan lain di kelompoknya. Selain itu dia juga menguasai sumber daya makanan yang ada dan memiliki kebebasan untuk mengawini semua betina yang ada di dalam kelompoknya. Monyet ekor panjang hidup dengan mengkonsumsi pucuk-pucuk daun muda dan juga buahbuahan seperti pidada.Oleh karena itu mereka memiliki peranan yang penting karena membantu penyebaran biji-bijian tumbuhan hutan. Ketika mereka mengkonsumsi buah buahan hutan, biji buah yang tak dapat dicerna akan dikeluarkan kembali be rsama dengan fesesnya. Tidak hanya buah-buahan dan daun muda saja,monyet ekor panjang juga menyukai Ubi, singkong, kacang,pisang bahkan makanan yang di konsumsi oleh manusia, bahkan mereka ada yang suka minuman botol seperti teh botol,fanta ,dsb.

Namun usahakan jangan sekali-sekali memberi makan kepada monyet-monyet ini kecuali di tempat yang telah ditentukan areanya, karena mereka akan ketagihan dan ketika pengunjung lain datang mereka akan datang mendekat dan mungkin akan berani merampas makanan. Seperti yang sudah terjadi di Plangon, Bali dan daerah Pangandaran, Jawa Barat. Terlihat menyedihkan kehidupan monyet-monyet tersebut di Cibeureum, mereka mengais-ngais sampah demi mencari makan. Namun inilah realita kehidupan satwa liar, dimana mereka mencoba bertahan hidup. Jalan satu-satunya adalah dimana PDAU harus membuat program

untuk mengendalikan dan mengarahkan Monyet ekor panjang ini agar mereka bisa bertahan hidup di cibeureum dengan nyaman tanpa mengganggu area sekitar bahkan pengunjung yang datang. Solusinya adalah dibutuhkan orang khusus ³PAWANG´ yang mampu memelihara keberadaan monyet ekor panjang dan mengendalikan kehidupannya serta melestarikannya menjadi lebih baik. Monyet ekor panjang yang berada di Cibeureum ini telah terbagi menjadi tiga kelom pok, terakhir terlihat kelompok penghuni lapangan bola terlihat sekitar 60 ekor lebih dalam satu kelompok. Beberapa monyet ekor panjang mempunyai sifat buas ataupun galak,namun pula ada juga monyet tersebut mempunyai tabiat jinak. Selama monyet ekor panjang tersebut masih belum terlalu banyak populasinya maka kita masih bisa melakukan pengendalian dengan tenaga ahli serta penanganan yang diarahkan. Ada beberapa pantangan bagi pengunjung yang patut dihindari dalam berinteraksi langsung dengan monyet ekor panjang ini. Hal tersebut antara lain : jangan membawa jaring ikan, tambang, batu, tongkat pemukul,dsb. Hal itu akan memicu pergerakan monyet tersebut untuk mempertahankan diri, karena mengira kita merencanakan melakukan penyerangan pada monyet tersebut.

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) mempunyai panjang tubuh 38-76 cm, panjang ekor 61 cm dengan berat badan sampai 6 kg. Tubuhnya tampak kokoh yang tertutup mantel rambut berwarna coklat kemerah-merahan di bagian bawah nampak lebih muda dan muka menonjol dengan wama keputih-putihan. Wama mantel rambut kera ini yang hidup di pedalaman hutan lebih gelap dari pada yang hidup dipantai. Anak kera ekor panjang mantel rambut berwama hitam dengan rambut muka dan telinga nampak cemerlang, warna rambut inl akan berubah setelah berumur 1 tahun. Monyet ini memiliki alat kelamin menonjol, yang jantan kantong zakar besar. Masa kawin pada setiap siklus, kawinnya beramai-ramai, seekor pejantan kawin dengan beberapa ekor betina dan seekor betina kawin dengan beberapa ekor pejantan. Masa bunting selama 116 hari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->