Lampiran 1.

RPP
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Oleh: IRIANINGSIH

Data Transaksi 3. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai proses pembelajaran. Mengidentifikasi transaksi 4. Metode Ceramah. 4. Kegiatan awal (10 menit) a. penugasan dan diskusi kelas.Data transaksi diidentifikasi . Materi Ajar 1. Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan jurnal 2. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan jurnal 2. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran menyiapkan pengelolaan buku jurnal : 4 x 45 Menit ( 2 x pertemuan ) .Pengelolaan buku jurnal siap dikerjakan Alokasi Waktu 1.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Identitas Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester : SMK KELOMPOK BISNIS & MANAJEMEN : Kompetensi Kejuruan Akuntansi (Produktif Akuntansi) : I/ Satu Standar Kompetensi : Mengelola Buku Jurnal Kompetensi Dasar : Menyiapkan Pengelolaan Buku Jurnal Indikator : .Data transaksi yang diperlukan tersedia .peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan jurnal tersedia . Langkah-langkah pembelajaran Pertemuan 1. Tanya jawab. Menyediakan transaksi yang diperlukan 3. siswa dapat : 1. Mengerjakan buku jurnal 2.

d.b. Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok h. . Kegiatan Inti (60 menit) a. f. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas bahan ajar c. Siswa menyimak penjelasan guru tentang jawaban-jawaban siswa e. Siswa berperan aktif dalam kegiatan Tanya jawab kelas yang difasilitasi guru g. Siswa membaca bahan ajar dan mempelajarinya baik bahan ajar yang diterima dari guru maupun yang diperoleh sendiri dari berbagai sumber. untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam modul/bahan ajar. e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengeloalaan jurnal. Siswa mencari bahan ajar dari berbagai sumber c. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang mempersiapkan pengelolaan buku jurnal secara teliti dan lengkap. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam modul/bahan ajar b. Siswa dengan difasilitasi guru. Siswa membagi diri dalam kelompok-kelompok sesuai yang diminta guru. mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku bahan ajar. d. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan OHP. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan – pertanyaan yang dikemukakan guru yang berkaitan dengan bahn ajar tersebut.

Siswa dengan difasilitasi guru mendiskusikan dan membahas modul/buku ajar. Siswa mencermati bagan atau gambar yang disajikan guru melalui OHP baik yang dibuat secara manual maupun copy dan menjawab pertanyaanpertanyaan dari guru.Kegiatan Akhir (20 menit) Siswa dengan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang mempersiapkan pengelolaan buku jurnal secara teliti dan lengkap serta peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan jurnal. Siswa mengerjakan tugas kelompok. Siswa menyimak penjelasan guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa. Siswa menerima buku bahan ajar/modul yang dibagika guru. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam modul/buku ajar. e. c. Siswa melakukan Tanya jawab yang difasilitasi oleh guru. c. e. Pertemuan 2 Kegiatan Awal (10 menit) a. d. b. identifikasi transaksi dan . Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok d. g. Siswa membagi diri dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam modul/buku bahan ajar. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang mengerjakan buku jurnal b. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai konsep inti yang berkaitan dengan identifikasi transaksi dan pengerjaan buku jurnal f. Kegiatan Inti (60 menit) a. Siswa mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada di buku ajar.

dan mengerjakan tugas-tugas. Apa yang dimaksud dengan perusahaan dagang ? identifikasi transaksi dan .Buku teks Pengantar Akuntansi . Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes uraian. aktifitas siswa saat diskusi. selama dan sesudah proses pembelajaran. Sumber Belajar . Sedangkan untuk pertemuan 1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan Tanya jawab dikelas.Sistem Akuntansi 6. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan OHP dengan transparansi yang dibuat secara manual atau copy. Penilaian Penilaian dilakukan sebelum. Media Pembelajaran : OHP Pembuatan dan penyajian media transparansi 9. Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70% 8. Siswa dinyatakan berhasil/tuntas apabila tingkat pencapaiannya minimal 70% b. 7. Penilaian Hasil Belajar Tes Formatif Bagian 1. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan kedua.Bagan Buku Jurnal .h. Tindak lanjut a. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1. Kegiatan Akhir (20 menit) Siswa membuat rangkuman materi tentang pengerjaan buku jurnal 5.

.n/30/ 3. Tugas Transaksi apa saja yang biasa dicatat dalam : a. Jurnal Pembelian? d. jelaskan manfaat pencatatan transaksi melalui jurnal khusus ! 5. Apa perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang dilihat dari kegiatan usahanya. Mengetahui Kepala sekolah Guru mata pelajaran …………………………. ………………………….. Jurnal Penerimaan Kas? c. Bagian 2 1. Jurnal Pengeluaran kas? 2. jurnal penjualan / b. Tes Ketrampilan mengerjakan soal pada halaman 28 modul. Apa arti syarat pembayaran 3/10. Sebutkan dan jelaskan secara singkat jenis-jenis jurnal yang digunakan dalam suatu perusahaan 4.2.

Materi Ajar 1.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Identitas Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Kompetensi Dasar Indikator : SMK KELOMPOK BISNIS & MANAJEMEN : Akuntansi : I/ Satu : Melakukan Pencatatan Transaksi dalam Jurnal : . jurnal khusus : 8 x 45 Menit (2 kali pertemuan) Standar Kompetensi : Mengelola Buku Jurnal . Menjelaskaan akun-akun yang akan didebet dan dikredit 2. Melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum dan jurnal khusus 2. Membuat buku jurnal yang diperlukan untuk pencatatan transaksi 4. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai proses pembelajaran. Menuliskan jumlah-jumlah rupiah yang didebet dan di kredit 3. siswa dapat : 1. Kode akun 2.Akun yang akan didebet dan yang akan dikredit teridentifikasi Jumlah rupiah akun-akun yang akan didebet Buku jurnal yang diperlukan untuk dan yang akan dikredit teridentifikasi keperluan pencatatan transaksi teridentifikasi Transaksi tercatat dalam buku jurnal yang tepat dan dalam jumlah yang benar Alokasi Waktu I. jurnal umum 3.

Siswa membagi diri dalam kelompok-kelompok sesuai yang diminta guru. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang pencatatan transaksi dalam jurnal dan prinsip teknik pengkodean akun d. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam modul/bahan ajar b. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas bahan ajar c. f. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan – pertanyaan yang dikemukakan guru yang berkaitan dengan bahn ajar tersebut. Kegiatan Inti (60 menit) a. Siswa berperan aktif dalam kegiatan Tanya jawab kelas yang difasilitasi guru . Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal. penugasan dan diskusi kelas. d. d. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran melakukan pencatatn transaksi dalam jurnal. Langkah-langkah pembelajaran Pertemuan 1. Siswa mencari bahan ajar dari berbagai sumber c. mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku bahan ajar. e. Siswa menyimak penjelasan guru tentang jawaban-jawaban siswa e.3. Metode Ceramah. Kegiatan awal (10 menit) c. Tanya jawab. Siswa membaca bahan ajar dan mempelajarinya baik bahan ajar yang diterima dari guru maupun yang diperoleh sendiri dari berbagai sumber. untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam modul/bahan ajar. Siswa dengan difasilitasi guru. 4.

Pertemuan 2 Kegiatan Awal (10 menit) a. d. e. b. b.g. Siswa dengan difasilitasi guru mendiskusikan dan membahas modul/buku ajar. Siswa menerima buku bahan ajar/modul yang dibagika guru. c. Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok h. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan OHP. Siswa menyimak penjelasan guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa. . Kegiatan Inti (60 menit) a. Siswa membagi diri dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam modul/buku bahan ajar. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang melakukan pencatatn transaksi dalam jurnal. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam modul/buku ajar. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok d. Siswa mencermati bagan atau gambar yang disajikan guru melalui OHP baik yang dibuat secara manual maupun copy dan menjawab pertanyaanpertanyaan dari guru. c. Siswa mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada di buku ajar. Kegiatan Akhir (20 menit) Siswa dengan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang pencatatan transaksi dalam jurnal dan prinsip teknik pengkodean akun.

Sistem Akuntansi 6. Tindak lanjut a. Penilaian Penilaian dilakukan sebelum. aktifitas siswa saat diskusi. 7. dan mengerjakan tugas-tugas. Sumber Belajar . Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70% 8. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan kedua. Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes uraian.Buku teks Pengantar Akuntansi .e. Kegiatan Akhir (20 menit) Siswa membuat rangkuman materi tentang jurnal umum dan jurnal Khusus serta pencatatan transaksi dalam jurnal. g. selama dan sesudah proses pembelajaran. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai konsep inti yang berkaitan dengan jurnal umum dan jurnal khusus serta pencatatan transaksi dalam jurnal.Bagan Persamaan Dasar Akuntansi . f. Sedangkan untuk pertemuan 1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan Tanya jawab dikelas. Media Pembelajaran : OHP Pembuatan dan penyajian media transparansi . Siswa mengerjakan tugas kelompok. Siswa dinyatakan berhasil/tuntas apabila tingkat pencapaiannya minimal 70% b. 5. Siswa melakukan Tanya jawab yang difasilitasi oleh guru. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan OHP dengan transparansi yang dibuat secara manual atau copy. h.

Jelaskan manfaat pencatatan transaksi melalui jurnal khusus ! kegiatan usahanya. Apa arti syarat pembayaran 3/10. 5. Jurnal Pengeluaran kas? 5. Apa perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang dilihat dari Mengetahui Kepala sekolah Guru mata pelajaran …………………….9. Tes Ketrampilan mengerjakan soal pada halaman 35 modul. Apa yang dimaksud dengan jurnal khusus ? 3. Bagian 2 Tugas Buatlah contoh transaksi yang biasa dicatat dalam : 1. ………………………… . Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1. jurnal penjualan / 2. Penilaian Hasil Belajar Tes Formatif Bagian 1. Jurnal Pembelian? 4. Jurnal Penerimaan Kas? 3. Apa yang dimaksud dengan jurnal umum ? 2.n/30/ 4.

Jumlah debet dan kredit pada buku jurnal tersajikan dalam jumlah angka yang sama.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Identitas Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Kompetensi Dasar Indikator : SMK KELOMPOK BISNIS & MANAJEMEN : Akuntansi : I/ Satu : Melakukan Rekapitulasi Jurnal : . Siswa mencari bahan ajar dari berbagai sumber : 2 x 45 Menit (1 kali pertemuan) Standar Kompetensi : Mengelola Buku Jurnal . . siswa dapat : 1. Menyajikan jurnal dengan jumlah debet dan kredit dalam jumlah angka yang sama. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai proses pembelajaran.Rekapitulasi untuk setiap akun tersajikan sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Kegiatan awal (10 menit) e. Menyajikan rekapitulasi untuk setiap akun dengan format yang telah ditetapkan. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran melakukan rekapitulasi jurnal f. Langkah-langkah pembelajaran Pertemuan 1. 2. 2. Alokasi Waktu I. Materi Ajar Rekapitulasi jurnal 3. Tanya jawab. penugasan dan diskusi kelas. 4. Metode Ceramah.

Siswa dengan difasilitasi guru.c. Kegiatan Akhir (20 menit) Siswa dengan Pertemuan 2 Kegiatan Awal (10 menit) difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang melakukan rekapitulasi jurnal. Siswa membaca bahan ajar dan mempelajarinya baik bahan ajar yang diterima dari guru maupun yang diperoleh sendiri dari berbagai sumber. e. Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok h. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan OHP. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang melakukan rekapitulasi jurnal d. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas bahan ajar c. untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam modul/bahan ajar. . Kegiatan Inti (60 menit) a. mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku bahan ajar. f. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam modul/bahan ajar b. Siswa membagi diri dalam kelompok-kelompok sesuai yang diminta guru. Siswa menyimak penjelasan guru tentang jawaban-jawaban siswa e. Siswa berperan aktif dalam kegiatan Tanya jawab kelas yang difasilitasi guru g. d. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan – pertanyaan yang dikemukakan guru yang berkaitan dengan bahn ajar tersebut. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan melakukan rekapitulasi jurnal.

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan OHP dengan transparansi yang dibuat secara manual atau copy. Siswa melakukan Tanya jawab yang difasilitasi oleh guru. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang melakukan rekapitulasi jurnal b. f. Siswa mengerjakan tugas kelompok. Sumber Belajar . h. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok d.a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai konsep inti yang berkaitan dengan melakukan rekapitulasi jurnal. Siswa mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada di buku ajar. b. e. Kegiatan Akhir (20 menit) Siswa membuat rangkuman materi tentang melakukan rekapitulasi jurnal 5. Siswa menyimak penjelasan guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa. c. e. Siswa mencermati bagan atau gambar yang disajikan guru melalui OHP baik yang dibuat secara manual maupun copy dan menjawab pertanyaanpertanyaan dari guru. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam modul/buku ajar.Buku teks Pengantar Akuntansi . d. c. Siswa membagi diri dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam modul/buku bahan ajar. Siswa menerima buku bahan ajar/modul yang dibagika guru. g. Kegiatan Inti (60 menit) a. Siswa dengan difasilitasi guru mendiskusikan dan membahas modul/buku ajar.

Siswa dinyatakan berhasil/tuntas apabila tingkat pencapaiannya minimal 70% b. selama dan sesudah proses pembelajaran. aktifitas siswa saat diskusi. Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70% 8. 7. Buatlah bagan bentuk akun yang biasa digunakan untuk mengerjakan akuntansi di perusahaan . dan mengerjakan tugas-tugas. 3.Sistem Akuntansi 6. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan kedua.Bagan Persamaan Dasar Akuntansi .. Tes Ketrampilan mengerjakan soal pada halaman 52 modul Mengetahui Kepala sekolah Guru mata pelajaran ……………………. . Sedangkan untuk pertemuan 1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan Tanya jawab dikelas. Penilaian Penilaian dilakukan sebelum. ………………………. Penilaian Hasil Belajar Tes Formatif 1. Media Pembelajaran : OHP Pembuatan dan penyajian media transparansi 9. Tindak lanjut a.. Jelaskan dengan contoh bagaimana melakukan rekapitulasi jurnal ? 2. Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes uraian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful