P. 1
Pengertian sistem tata surya

Pengertian sistem tata surya

|Views: 1,349|Likes:
Published by Yudi Widiawan

More info:

Published by: Yudi Widiawan on Feb 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2013

pdf

text

original

fisika

Sistem tata surya

Yudi Widiawan 9-9 SMP NEGERI 11 BANDUNG

bintang yang satu meledak menjadi keping ² kepingan dank arena pengaruh gaya gravitasi. Peredaran benda langit mengelilingi matahari disebut revolusi. bendabenda langit tersebut mempunyai lintasan edar tertentu yang berbentuk elips dengan matahari terletak pada salah satu fokusnya. Teori kabut atau teori nebula Oleh Immanuel Kant & Simon de Leplace menyatakan bahwa Matahari.SISTEM TATA SURYA SISTEM TATA SURYA Pengertian sistem tata surya T ata surya merupakan suatu sistem yang terdiri alas matahari dan benda-benda langit yang beredar mengelilinginya. planet ² planet.C. anggota tata surya pada suatu saat berada pada jarak yang paling dekat dengan matahari (periheIium) dan pada saat yang lain berada pada jarak yang paling jauh dari matahari (aphelium). Kuiper yang menyatakan bahwa tata surya terbentuk dari gumpalan awas gas dan debu.R. Adapun bidang edar yang terbentuk oleh bumi disebut ekliptika. Teori Proto Planet oleh Carl von Weizsalker dan P. Teori Asal Usul Tata Surya : 1. matahari dikatakan sebagai pusat tata surya. Moulton menyatakan bahwa teori tata surya terjadi karena tumbukan dan tarikan gravitasi bintang yang melewati matahari dan terhambur menjadi planetesimal 3. Teori Bintang Kembar oleh Jens dan Jeffry menyatakan bahwa Matahari merupakan bintang kembar. pecahan itu menjadi planet ² planet 4. Dalam revolusinya. 2. Karena diedari oleh benda-benda langit di sekelilingnya. Dalam peredarannya. Anggota TATA surya 1 . Chamberlein dan F. Teori Planetesimal oleh T. dan benda angkasa lainnya berasal dari sebuah kabut pijar.

E = energi dalam satuan Joule E = m x c2 m = massa yang hilang (KG) c = cepat rambat cahaya (m/s) c = 3 x 108 m/s Konstanta matahari = 1. Inti matahari Inti matahari di hasilkan oleh reaksi fusi inti atom hydrogen menjadi inti atom helium sehingga memiliki suhu ± 15. yang merupakan gumpalan gas berpijar yang aktif.000.95 kalori/menit cm2 . yang juga memiliki suhu ± 6. Fotosfera Fotosfera adalah lapisan kedua dari matahari yang di sebut lapisan cahaya.Energi Matahari Menurut para ilmuwan.SISTEM TATA SURYA 1.000 K di bagian dalam dan +. . Kromosfer Kromosfer disebut sebagai atmosfer dari matahari 1 . yang memiliki tebal +320 KM 3. Matahari Matahari adalah sebuah bintang. massa yang hilang atau ´mµ berubah energi ´Eµ berdasar pada persamaan.000 K (1.5 x 107K) 2.Susunan lapisan mahotari 1. Menurut Einstein. mereka setuju bahwa energi matahari di bentuk berdasarkan suatu proses yang terjadi di dalam inti matahari.300 di bagian luar.4. Berdiameter 100 kali dari bumi. dan matahari merupakan pusat dari tata surya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->