resensi: HARRY POTTER 7

Judul : Harry Potter and the Deathly Hallows Pengarang J. K. Rowling Judul asli Harry Potter and the Deathly Hallows (Belum ada versi bahasa Indonesia) Ilustrasi • Mary GrandPré (AS) • Jason Cockcroft (UK) • Versi Indonesia biasanya mengikuti versi AS Negara Inggris Raya Bahasa Inggris Seri Harry Potter Tipe Fiksi, Fantasi Penerbit • Bloomsbury Publishing PLC (Inggris), • Scholastic Press (AS) Tanggal terbit Tanggal untuk versi Indonesia belum diketahui Terbitan bahasa Inggris 21 Juli 2007 Alur waktu Sekitar Juli 1997 – ? Dipersembahkan kepada belum diketahui Jumlah halaman belum diketahui Didahului oleh Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran Dilanjutkan oleh tidak ada Harry Potter and the Deathly Hallows direncanakan sebagai bagian terakhir dari seri novel Harry Potter oleh J. K. Rowling. Judul buku ini diumumkan pada 21 Desember 2006 melalui situs web Rowling, dan dikonfirmasikan tak lama kemudian oleh penerbitnya.[1] Rowling menyatakan bahwa seri terakhir ini berkaitan erat dengan buku sebelumnya, Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, yang menurutnya "hampir seperti dua bagian dari satu novel".[2] Buku ini akan menceritakan mengenai pertualangan Harry Potter untuk mengakhiri musuh bebuyutannya, Lord Voldemort. Pada 1 Februari 2007, diumumkan secara resmi bahwa Buku Ketujuh akan diluncurkan di negara-negara berbahasa Inggris di seluruh dunia pada 21 Juli 2007 pukul 00:01 waktu Inggris. Pengecualian untuk Amerika Serikat, yang akan merilis pada pukul 00:01 waktu setempat.[3] Di Indonesia, buku versi bahasa Inggris buku terbitan Bloomsbury juga akan diluncurkan bersamaan pada tanggal 21 Juli 2007, dan buku ini mulai dapat dipesan sejak 24 Maret 2007[4]. Rowling meninggalkan sebuah pernyataan yang ditandatangani, tertulis di sebuah patung dada pualam di Hotel Balmoral, Edinburgh, yang menyatakan; "JK Rowling telah selesai menulis Harry Potter and the Deathly Hallows di ruangan ini (652) pada 11 Januari 2007".[5] Dalam situsnya pada 6 Februari

para penggemar buku ini terdiri dari mereka yang ingin mengetahui bagaimana bagian-bagian yang belum diketahui dan pertualangan dalam buku ini berakhir. dan bahwa plot itu tidak berubah. Setiap jilid terdiri dari masalah-masalah dan tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh para karakter utamanya. Ringkasan cerita di sampul buku Sampul depan versi Britania Raya Edisi Britania Raya Bloomsbury telah merilis gambar-gambar dari sampul bukunya. RowlingSerial Harry Potter pada mulanya diterbitkan sebagai buku cerita anak-anak oleh penerbit Inggris Bloomsbury. Rowling telah menyatakan bahwa. Namun demikian.[7] Latar belakang serial Judul buku yang diungkapkan di situs web J. Perbedaan dari plot serial Potter mungkin adalah tingkat kedewasaan yang semakin meningkat di setiap bukunya diikuti kerumitan dan lingkup cerita dibanding buku sebelumnya. Setiap buku mengisahkan satu tahun di sekolah untuk karakter-karakter utamanya dan plot ini mengikuti tradisi lama mengenai buku anak-anak tentang kehidupan di sekolah. berbeda dari buku-buku sebelumnya. Dengan demikian. serta informasi-informasi tertentu yang menjadi penting di buku selanjutnya (dikenal sebagai foreshadowing). yang dikombinasikan dengan pendekatan novel detektif dalam penceritaannya. Ia juga menyatakan tidak memiliki rencana untuk melanjutkan novel mengenai Harry Potter. ia juga menyatakan bahwa plot ini mengalami revisi-revisi juga. mengikuti bertambahnya umur dari karakter-karakter utamanya (buku-buku yang kemudian bahkan memiliki gaya yang semakin gelap ketimbang buku-buku awalnya). serial ini kemudian mencatat sukses yang fenomenal baik di kalangan anak-anak maupun dewasa.K. dan semakin tebal di sepanjang seri tersebut (1200 halaman Orde Phoenix edisi Indonesia). Walaupun Rowling menyatakan bahwa ia telah membuat plot yang luas untuk seluruh seri sebelum buku pertama diterbitkan. Rowling menyatakan "Walaupun saya menyukai setiap buku Potter sebelumnya.2007. Seri ini diawali dengan buku yang relatif tidak terlalu tebal (328 halaman Batu Bertuah edisi Indonesia). disertai dengan ringkasan cerita di bagian dalam dan belakang sampul luarnya : . dan penerbit Amerika Scholastic Press. dan ini adalah sebuah cara yang sangat menyenangkan untuk menyelesaikan serial ini. buku terakhir ini akan melanjutkan kisah yang belum selesai di akhir buku keenam."[6] Buku ini mendapat predikat best-seller di Amazon dan Barnes and Noble hanya beberapa jam setelah tanggal peluncurannya diumumkan. 'Deathly Hallows' adalah favorit saya. Buku-buku ini memberikan porsi yang sangat besar bagi fantasi dan sihir. memberikan informasi mengenai dunia sihir secara umum.

Rowling dengan cara yang spektakuler membuka selubung atas jawaban dari berbagai pertanyaan yang telah sangat ditunggu-tunggu. dan persahabatan di The Burrow dan pergi tanpa takut atau keraguan menjalani garis yang tidak ditawar lagi. menggambarkan sampul ini sebagai[9] [10]: Edisi Amerika Serikat Bangunan di sekeliling Harry menggambarkan dengan jelas kehancuran dan berbayang-bayang di belakangnya. berbahaya. Di sampul belakang.Di bagian dalam sampul: Harry dibebani dengan tugas yang gelap. memandang dari balik kerudungnya. Dalam seri ketujuh. J. Tidak pernah Harry merasa sangat kesepian. dianyam dengan lompatan. atau menghadapi masa depan yang sangat suram. yang bukunya akan dibaca. keamanan. Tapi apa yang akan dilakukan Harry selanjutnya? Bagaimana ia bisa memenuhi tugas penting dan tampak mustahil yang ditinggalkan Profesor Dumbledore baginya? Edisi Amerika Serikat Scholastic telah juga merilis sampul buku untuk versi Amerika Serikat (AS). tangan seperti jaring laba-laba terulur ke arah Harry. dibaca lagi. . direktur seni di Scholastic. tikungan. dan tampak mustahil: mencari dan menghancurkan Horcrux-Horcrux Voldemort yang tersisa. dan terus-menerus dibaca.jika mereka bisa. Kisah yang memikat. Ia harus meninggalkan kehangatan. David Saylor.K. dan putaran yang mendebarkan hati. Di sampul belakang: Harry menunggu di Privet Drive. dengan matanya yang merah memancar. kita dapat melihat ada orang-orang lainnya. menegaskan bahwa penulis adalah seorang ratu cerita. dari serial Harry Potter. terakhir. Orde Phoenix datang untuk mengawalnya pergi tanpa tercium oleh Voldemort dan para pendukungnya . Jika kita membuka buku ini kita akan menemukan sebuah gambar yang mantap dari DiaYang-Tak-Boleh-Disebutkan-Namanya. Namun Harry harus menemukan kekuatan di dalam dirinya sendiri untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya.

sebagaimana dalam Orde Phoenix (warna biru) dan Pangeran Berdarah-Campuran (hijau).[15] Detail plot yang telah diketahui Bagian plot yang belum selesai dari buku sebelumnya Harry akan kembali ke rumah keluarga Muggle (non-sihir) Dursley. Rowling menjawab. perancang sampul dan ilustrator buku versi AS ini. Jadi. Ia juga menolak membeberkan dua judul lainnya yang direncanakan selain Deathly Hallows. yang berarti "menyucikan. ketimbang sekedar relik atau tempatnya saja.[12] Namun demikian. Melihat keenam seri Harry Potter sebelumnya. yakni rumah dari kakak ibunya. tidak lagi menggunakan warna monokrom. atau tempat di mana relik diletakkan[13][14] Karena para santo atau dewa-dewa ini seringkali dianggap hadir di tempat mereka diletakkan dan pada relik mereka. Sebuah contoh kisah di mana "hallows" atau "benda suci" memiliki peran penting adalah legenda Arthur. Hallows dapat merujuk kepada benda-benda suci. "penjelasan mengenai arti 'Hallows' akan membuka terlalu banyak akan kisahnya. menahbiskan. setidaknya hingga setelah peluncurannya. Bill Weasley dan Fleur Delacour berencana untuk menikah pada bulan Agustus. atau memuliakan"."[11]. dan lembing. yang terdiri dari Cawan Suci. versi Indonesia kemungkinan akan mempergunakan sampul yang sama dengan versi Amerika Serikat. relik dewa-dewa. dalam Harry Potter and the Deathly Hallows. dalam judul dan semuanya. para santo. Perlindungan sihir Albus Dumbledore akan memproteksi Harry selama tinggal bersama mereka. "hallows" dapat merujuk kepada para santo atau dewa-dewa itu sendiri. di mana Raja Fisher adalah penjaga dari keempat benda suci. kata ini digunakan sebagai kata benda dalam "All Hallows' Day" atau "All Saints' Day".Mary GrandPré. Ron Weasley dan Hermione Granger berencana menemaninya dalam perjalanan ini. yang merupakan hari sesudah Halloween atau "All Hallows' Eve". Hallow biasanya digunakan sebagai kata kerja. kata hallows berperan sebagai kata benda. relik para santo. saya tidak akan menjawab itu. . Dalam bahasa Inggris modern. Ia kembali menggunakan warna-warni seperti pada keempat buku pertama. selama liburan sekolah. pedang atau pisau belati. Pengertian "Hallows" Ketika ditanyakan apa artinya Deathly Hallows. peralatan makan. dan perlindungan ini akan hilang pada waktu Harry berumur tepat 17 tahun pada tanggal 31 Juli. Harry berencana mengunjungi bekas rumah orang tuanya di Godric's Hollow.

Pettigrew berhutang nyawa secara sihir kepada Harry. Dalam buku ini akan lebih dijelaskan mengenai orang tua Harry dan mengenai uang yang diwariskan kepada Harry di Bank Gringott. Hutang nyawa ini belum terbayarkan hingga buku keenam. Ron Weasley dan Hermione Granger. pada saat ini adalah "scar" ("cacat"). Karena Harry meminta Remus Lupin dan Sirius Black untuk mengampuni nyawa Peter Pettigrew dalam buku ketiga. dan banyak temanteman sekelasnya telah berumur 17 pada tingkat keenam. Harry akan menjadi dewasa (untuk penyihir) pada usia 17 tahun. Rowling juga . menggantikannya dengan Horcrux palsu yang kemudian ditemukan oleh Harry dan Dumbledore." yang masih misterius.B. Harry akan menghadapi pertempuran terakhir dengan Lord Voldemort di akhir buku ini. Seluruh Horcrux harus dihancurkan sebelum Voldemort dapat dikalahkan. tetapi Harry telah mengatakan bahwa ia akan meninggalkan sekolah untuk melanjutkan pertempurannya melawan Voldemort. Bab terakhir akan berisikan apa yang akan terjadi selanjutnya terhadap tokoh-tokoh yang bertahan: Rowling menyatakan bahwa tidak akan ada pertandingan Quidditch di Deathly Hallows. yang dikatakan Rowling sebagai "tebakan yang baik" dalam sebuah wawancara. Jika sekolah kembali dibuka. Rowling menyatakan pada tahun 2001 bahwa Harry mungkin akan mendapatkan hewan peliharaan baru. dan Neville Longbottom akan berusia 17 pada 30 Juli.Beberapa karakter utama telah diundang. Belum jelas mengenai apa yang akan terjadi dengan Hogwarts setelah serangan kepada sekolah itu di akhir buku keenam. dan karenanya boleh melakukan sihir di luar sekolah dan mendapatkan lisensi untuk melakukan "Apparate".[19] Walaupun Buckbeak mungkin sudah memenuhi pernyataan ini (Harry mewarisi Hippogriff itu setelah kematian Sirius Black. seorang guru baru diperlukan untuk mata pelajaran "Pertahanan terhadap Ilmu Hitam" (menggantikan Severus Snape) dan kemungkinan untuk "Transfigurasi" jika Minerva McGonagall menjadi Kepala Sekolah. menurut Rowling.[16] Tidak ada penjelasan pada akhir Pangeran Berdarah Campuran mengenai identitas sesungguhnya dari "R.[17] tapi ia juga berkata bahwa ini masih mungkin berubah. walaupun diberikan di bawah pemeliharaan Hagrid). K. yang mengklaim telah mencuri salah satu Horcurx Voldemort dan hendak menghancurkannya. [sunting] Informasi dari Rowling Kata terakhir dari buku ketujuh. Kemungkinan yang terdekat adalah Regulus Black.A. Sahabatnya. Pertualangan untuk mencari dan menghancurkan sisa Horcrux Voldermort lainnya akan berlanjut. sehari sebelum Harry.[18] J.

Diperkirakan. tapi sayangnya tidak bisa karena akan merusak. kalian akan mendapati hal yang sangat penting mengenainya dalam buku kelima. although that is a very good guess.there is a little bit more to Aunt Petunia than meets the eye. Juga di Edinburgh.. maka hal ini masih tersisa untuk buku ketujuh. Rowling: Dia.. mungkin akan memiliki peranan yang lain.[27] Rowling menyatakan bahwa akan ada tokoh non-sihir yang akan melakukan sihir belakangan karena berada di dalam keadaan yang putus asa.. dan Anda akan menemukan mengapa saya sangat tertarik jika Anda telah membaca buku ketujuh..[18] Dalam sebuah festival buku di Edinburgh. dan keluarga mereka masing-masing. sebagai salah satu tokoh utama yang bertahan. I am being shockingly indiscreet..[25] ".kalian akan mendapatainya dalam dua bagian.hal yang sungguh-sungguh sangat penting . Hanya itu yang dapat saya katakan. Saya janjikan. Rowling menyatakan bahwa akan ada lagi yang diungkapkan mengenai Petunia Dursley.[22] Severus Snape telah menjadi tokoh yang penting dan membingungkan dalam seluruh seri. "Akan sangat menyenangkan untuk menyiksa dia sedikit lagi sebelum saya menyelesaikan buku ini"[18] Rowling mengatakan bahwa Ginny Weasley memiliki kekuatan sihir yang cukup .memberikan isyarat bahwa Fawkes.[21] Rowling telah menyatakan bahwa kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai Peter Pettigrew dan Dumbledore. um. Rowling[21] Rowling telah lama menyatakan fakta bahwa mata Harry mewarisi warna mata ibunya adalah hal yang penting. dan kalian akan menemukan yang jauh lebih penting lagi dalam buku ketjuh. mengenai Rita Skeeter dinyatakan: "Orang ini memang memuakkan. hal penting mengenai ibu Harry . I am giving a lot away here. Akan ada lagi mengenai Rita"[25] Mengenai Dolores Umbridge.. siapapun yang akan menanyakan pertanyaan itu. tapi saya tidak dapat tidak." – J. mengagumi ketabahannya. bukan Petunia yang akan melakukannya (lihat di atas).[20] Kita akan mengetahui hal yang penting mengenai Lily Potter: Sekarang.She is not a squib.. saya hanya dapat menjawab bahwa saya sedikit tertarik bahwa Anda telah menanyakan itu." Rowling mengulangi komentar ini dalam bacaan amal di Radio City pada Agustus 2006.[23][24] Penanya: Ada semacam pola penyelamatan bagi Snape. ada sangat banyak hal yang saya harap dapat saya katakan pada Anda. dikarenakan loyalitasnya yang sesungguhnya masih belum jelas. Phoenix milik Dumbledore. K.[26] Ia mengklarifikasi dengan menyatakan bahwa Petunia tidak akan melakukan sihir. Yang pertama. Oh.[28] Namun demikian. Karena dalam buku keenam hal ini belum diungkapkan. loyalitasnya baru diketahui pada pertarungan terakhir dalam buku ini.

dan bukan "yang kalian pikir".[32] Seseorang dari kelas Harry.hebat.[29] Kreacher... Kita berurusan dengan kejahatan itu sendiri. Rowling memberitahu pembuat film Order of the Phoenix untuk memasukkan tokoh ini dalam film.Mereka berusaha membunuh tokohtokoh utama. Rowling mengatakan bahwa "Saya dapat mengerti sepenuhnya pemikiran pengarang yang berpikir. Bulu kuduk saya berdiri ketika melihat hal-hal itu."[34] . bukan Harry atau Ron. dan motor terbang Sirius akan kembali tampil. peri rumah Keluarga Black yang diwarisi oleh Harry setelah kematian Sirius Black akan muncul kembali. Rowling telah menyatakan dalam salah satu FAQ-nya bahwa cermin ini "akan membantu lebih dari yang kalian dapat pikirkan"."[34] Ketika dipertanyakan lebih lanjut pada Juni 2006 mengenai penulis-penulis yang membunuh tokoh-tokoh utama mereka. Rowling menyatakan bahwa sutradara Alfonso Cuarón "telah meletakkan di film..[29] Faktanya.. walaupun mungkin tidak sebelum peristiwa utama dalam Deathly Hallows telah terjadi.. Ini mengindikasikan bahwa Hogwarts akan kembali dibuka.Harga yang harus dibayar. dan kita akan melihatnya lebih lagi. yah. saya akan membunuh mereka jika itu artinya menghalangi sekuel yang bisa dikarang lagi oleh non-penulisnya. saya lakukan. yang akan memberi pertanda apa yang akan terjadi dalam kedua buku terakhir. tanpa menyadarinya.[32] Dalam buku Piala Api dikatakan bahwa sekilas tampak pada mata Dumbledore "sorot kemenangan" ketika mengetahui bahwa Voldemort telah mengembalikan tubuhnya dengan menggunakan darah Harry. dan saya pikir orang-orang akan menonton kembali film itu dan berpikir bahwa hal itu diletakkan di film sebagai petunjuk.[31] Rowling menolak berkomentar ketika ditanya apakah pintu terkunci di Departemen Misteri di Kementerian Sihir akan dimunculkan di buku terakhir. tapi ia juga menyatakan bahwa ada alasannya mengapa ia harus mati. padahal tadinya tidak saya rencanakan. akan menjadi guru Hogwarts.[30] Cermin Dua Arah yang diberikan Sirius kepada Harry. karena Kreacher "sangatlah penting". Dalam sebuah wawancara di bulan Juni 2006."[33] Ada kemungkinan bahwa setidaknya dua lagi tokoh utama yang akan meninggal. yang telah muncul di buku sebelumnya. Rowling menolak untuk berkomentar bahwa Sirius sendiri entahbagaimana akan muncul. tapi saya harus mengatakan bahwa dua tokoh akan tewas. Rowling menyatakan bahwa: "Satu tokoh batal saya matikan.. Yah.[21] Dalam sebuah wawancara setelah selesainya film Prisoner of Azkaban. Rowling menyatakan bahwa hal ini "sangatlah penting". [18] Viktor Krum akan kembali muncul.

pertanyaan apa yang seharusnya ditanyakan kepadanya. dan Ron. Mendapat pertanyaan.. dan menolak untuk menjelaskan lebih lanjut. di situs webnya.Rowling mengklarifikasi bahwa "Dumbledore betul-betul tewas". dalam situs webnya ia mengatakan bahwa ketika ia ditanyakan pertanyaan itu. Rowling berkomentar: "Saya harap. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2000 yang diadakan Scholastic. "Bukankan ia telah tewas?" oleh Daniel Radcliffe. Rowling menjawab pertanyaan yang sama tiga kali. Namun demikian. pikirannya menjadi kosong. Akan berita ini. Anda yang memilih Voldemort di "Big Bad Read" akan menikmati membaca tentang dia di buku ketujuh. yeah. ia menuliskan: "Mengapa Dumbledore memiliki Jubah Gaib James setelah James meninggal. [35]. pada bagian Rumours Section. tapi kemudian ragu-ragu sebelum memilih kedua tokoh terakhir."[36] Ketika ditanyakan. Rowling menyatakan bahwa tidak ada universitas setelah Hogwarts. tapi ada yang lebih rumit lagi. padahal Dumbledore sendiri dapat tidak terlihat tanpa Jubah Gaib?" Pada 29 September 2006.. siapa lima tokoh yang akan ia undang untuk makan malam. "Begini. ketika ia pada akhirnya dapat berjalan lagi di atas kakinya sendiri setelah selama bertahun-tahun berada dalam pengasingan. Hermione. Pada saat ini saya hanya merencanakan untuk menulis tujuh buku Harry Potter. Karena ia tidak dapat memperbaikinya.." Ketika ditanya. pada set pembuatan film Order of the Phoenix. ia mengungkapkan bahwa Severus Snape tidak sedang berada di bawah Jubah Gaib pada waktu kematian keluarga Potter. tidak ada Universitas Sihir. Rowling telah menulis kisah Harry Potter selama 17 tahun. tidak yakin apakah ia dapat mengundang mereka yang sudah 'meninggal'. NAQ section. Rowling mengakui bahwa "buku terakhir berisikan hal-hal yang saya kira tidak akan kalian duga".[26] Pada 13 September 2006.[26] Lord Voldemort terpilih sebagai penjahat terbesar di polling Big Bad Read. Rowling memilih Harry. ketika ditanya pada acara di Radio City Music Hall di New York. Saya tidak akan mengatakan "tidak . ia membuat sebuah halaman khusus di situs webnya. ia mengatakan: "Dumbledure menjadikan saya serba sulit. Saya tidak tahu siapa yang sebetulnya akan meninggal". ia menjelaskan "Well. untuk menghargai gadis yang menanyakan pertanyaan itu. Dalam NAQ section ini. dan setiap kali dengan penekanan yang semakin meningkat."[37] [sunting] Setelah Deathly Hallows Pada tahun 2007. dan bahwa ia tidak merencanakan untuk melanjutkan seri Harry Potter[38] T: Apakah Anda memikirkan untuk menulis mengenai Harry setelah ia lulus dari Hogwarts? Apakah ada Universitas Sihir? J: Tidak.

Ia juga menyebutkan akan menulis buku dengan gaya ensiklopedia yang berisikan informasi yang tidak ada di buku. bahkan kelak setelah Deathly Hallows ada di tangan Anda.K.pada saat saya mengeluh.. yang merencanakan untuk membunuh harry potter . Sinopsis buku ketujuh diawali dengan voldemort dan para pelahap mautnya di rumah lucius malfoy. tetapi mengucapkan selamat tinggal lebih sulit daripada yang saya bayangkan. tidak pernah bermimpi bahwa saya bisa merasakan perasaan sedih dan senang muncul secara bersama-sama. Bahkan -walaupun. akan muncul lebih banyak lagi perdebatan dan spekulasi mengenai Harry Potter.. ia ditanya mengenai masa depan Harry oleh Jeremy Paxman:[39] Jeremy Paxman (JP): Jadi Anda sudah mengetahui apa yang akan terjadi dengan tokoh-tokoh utama sepanjang kisah ini ditulis? J. lebih dari apa yang dapat saya katakan. Beberapa dari Anda telah mengungkapkan (tapi sebagian besar lainnya tanpa kata-kata) betapa kebahagiaan dan kesedihan dapat bercampur menjadi satu saat buku terakhir ini akan diterbitkan. begitu banyak perasaan dan emosi yang bercampur aduk. Rowling membagikan pernyataan berikut mengenai penyelesaian buku terakhir di situs webnya:[6] Saya selalu tahu bahwa kisah Harry akan berakhir pada buku ketujuh.yeah. Saya sangat tidak mempercayai kalau akhirnya saya sudah tiba pada akhir kisah yang sudah saya rencanakan selama bertahun-tahun. Saya tidak pernah merasakan sebelumnya seumur hidup saya. dalam sebuah wawancara dengan BBC. Ketika ditanya mengenai buku lainnya semacam Quidditch dari Masa ke Masa dan Hewan-hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan. Di akhir buku ketujuh? JKR: Itu akan menjadi satu cara yang bagus untuk menghentikan penjualan barang-barang merchandise Harry Potter.[34] Tak lama sebelum rilis buku kelima. Dan saya kira. perasaan saya begitu luar biasa saat memikirkan apa yang sudah saya capai selama ini. juga untuk tujuan amal. Rowling mengatakan bahwa ia akan mempertimbangkan untuk menulis buku-buku semacam itu dan hasilnya akan disumbangkan untuk amal. Apa yang Anda ungkapkan ini sungguhsungguh berarti bagi saya.akan". JKR: Bagaimana Anda tahu bahwa ia akan masih hidup? JP: Oh. JP: Mengapa berhenti ketika mereka beranjank dewasa? Mungkin akan menarik untuk mengetahui apa yang terjadi dengan Harry sebagai seorang dewasa. Rowling (JKR): Yeah. tetapi saya tidak memiliki rencana untuk menuliskan buku kedelapan.

belakangan. pedang tersebut ditahan. harry telah siap untuk melakukan perjalanannya dan membaca obituari albus dumbledore. namun demikian. harry. profesor charity burbage.b. tongkat sihirnya telah bereaksi dengan tongkat sihir pinjaman voldemort. ia memerintahkan kreacher untuk kembali ke gua dan menukar liontin dengan yang palsu.sebelum ia dapat bersembunyi kembali. dan terungkaplah bahwa ayah dumbledore. guru telaah muggle di hogwarts. harry mendapatkan penglihatan mengenai pelariannya. dan untuk harry. meminjam tongkat sihir lucius. bersama-sama dengan anggota orde phoenix. beberapa hari kemudian. harry kemudian meyakinkan keluarga dursley bahwa mereka harus segera meninggalkan rumah mereka untuk menghindarkan diri dari para pelahap maut. terbunuh oleh kutukan pembunuh. menteri sihir tiba di kediaman weasley dan memberikan warisan dumbledore untuk mereka: delumintaor untuk ron (alat seperti korek api yang dapat memadamkan cahaya). adalah seorang pembenci non-penyihir dan telah membunuh banyak muggle. keluarga dursley kemudian pergi menyembunyikan diri dengan dikawal sepasang penyihir setelah sebelumnya dudley melontarkan pengakuan bahwa ia peduli akan harry. mad-eye moody dibunuh oleh voldemort sendiri. pada akhirnya. ketika regulus merasa kecewa dengan dumbledore. mereka mulai mencari horcrux yang dicuri regulus di rumah keluarga black itu. dan hermione kemudian bersembunyi di grimmauld place nomor 12. ron. menghancurkannya. dan meninggal di penjara azkaban atas kejahatannya. mereka mengetahui bahwa ia telah membantu regulus untuk mendampingi voldemort menempatkan horcrux berbentuk liontin itu di gua. percival. harry kemudian pergi dari rumah dursley ke the burrow. burung hantu harry.a. regulus terbunuh dalam proses itu. adik sirius. voldemort membunuh tawanannya. ketiganya kemudian menyadari bahwa inisial r. atas alasan telah mengajarkan subyek tersebut dan telah menganjurkan agar paradigma kemurnian darah penyihir diakhiri. sehari kemudian adalah hari pernikahan fleur delacour dan bill weasley. george weasley kehilangan sebelah telinganya. dalam perjalanan itu. ketiganya berusaha mencari tahu apa dibalik ketiga benda yang diberikan kepada mereka itu. setelah diberitakan bahwa voldemort telah berhasil mengambil alih kementerian sihir. mengenai mengapa hal itu dapat terjadi. rumah yang diwariskan sirius black kepada harry. buku mengenai kisah anak-anak untuk hermione. hedwig. dari kreacher. karena menurut kementerian pedang tersebut bukanlah milik dumbledore. pedang godric gryffindor dan snitch pertama yang ditangkap harry. pada liontin yang didapatkan dumbledore dan harry dalam buku keenam adalah regulus arcturus black. mereka bertiga menyadari . dan ia juga kemudian mendapatkan penglihatan ketika voldemort menanyai ollivander si pembuat tongkat sihir.

harry dan hermione kemudian pergi ke godric's hollow untuk mencari tahu apakah dumbledore telah meninggalkan pedang itu di sana. dan ada yang melakukan sesuatu terhadap pedang aslinya. harry akhirnya menemukan bahwa pedang godric gryffindor tersembunyi di sebuah kolam beku di tengah sebuah hutan. keduanya mengunjungi tempat pemakaman keluarga di mana keluarga potter dan dumbledore dikuburkan. sanak bagshot. tempat persembunyian mereka diketahui dan terpaksa melarikan diri ke daerah terpencil. dan tidak dapat lama tinggal di suatu tempat.bahwa mundungus fletcher telah mencuri liontin tersebut dan memberikannya kepada dolores umbridge. setelah selama satu bulan memata-matai kementerian sihir. mereka juga menemui bathilda bagshot.tongkat sihir yang tak terkalahkan (elder wand�tongkat sihir tetua). ketiganya kemudian berbicara kepada xenophilius lovegood. nagini. di godric's holow. di rumah bagshot mereka menemukan gambar penyihir hitam grindelwald. dan jubah gaib (jubah tembus pandang) yang tidak lekang oleh waktu. karena "bagshot" itu merupakan penjelmaan ular voldemort. namun demikian. di godric's hollow. ketiganya berhasil mengambil horcrux dari umbridge. ternyata mereka terperangkap. dan pergi meninggalkan harry dan hermione. putrinya. dari phineas black. dalam waktu beberapa bulan berpindah-pindah. berpindah dari satu tempat ke tempat lain. cincin gaunt. ron kemudian berselisih paham dengan harry. ayah luna lovegood. dan masing-masing mendapatkan benda sihir sebagai hasilnya . mereka mendengar bahwa pedang godric gryffindor sebenarnya adalah palsu. ia menyelam ke dalamnya dan mendapati pedang dan kalung liontin horcrux voldemort. dan hermione mendapatkan kisah penyihir kuno mengenai tiga bersaudara yang mengalahkan kematian. dan segera menemukan bahwa lovegood telah berkhianat dan menyerahkan mereka ke kementerian. dalam prosesnya. harry menyadari bahwa jubah yang dimilikinya adalah adalah jubah gaib. harry mendapatkan bahwa pedang itu terakhir kali digunakan dumbledore untuk menghancurkan salah satu horcrux. harry. telah ditawan dan xenophilius berpikir untuk menyerahkan harry potter sebagai ganti . kalung itu mencoba mencekik harry dan hampir menenggelamkannya hingga mati kalau tidak ditolong oleh ron yang kembali. ron. dalam pelarian mereka. batu sihir yang dapat menghidupkan kembali yang telah mati (resurrection stone�batu kebangkitan). luna. dan menanyakan kepada mereka mengenai lambang grindelwald yang telah berkali-kali muncul selama perjalanan mereka. di rumah lovegood. seorang kawan lama dumbledore yang mengarang buku sejarah sihir. yang pada masa lalu adalah kawan masa kecil albus dumbledore. tetapi tongkat sihir harry hancur dalam kejadian itu. keduanya menghancurkan horcrux dengan pedang itu. mereka berhasil melarikan diri dari voldemort.

mereka disudutkan oleh para pelahap maut dan diselamatkan oleh aberforth dumbledore. ia berusaha untuk mencegah voldemort mengambilnya dari makam dumbledore. hermione menyamar sebagai bellatrix lestrange dan bersama-sama harry dan ron memasuki lemari besi bellatrix di bank gingrott's. karena ia berpikir bahwa mereka telah mencurinya dari lemari besinya di gringotts. pembuat tongkat sihir ollivander. ketiganya segera pergi ke hogsmeade untuk mencari jalan masuk ke sekolah hogwarts. dalam usaha meloloskan diri. di sana mereka menemukan satu lagi horcrux. piala hufflepuff. tetapi voldemort menyadari bahwa mereka mencari horcrux-horcruxnya. mereka mendapati voldemort membunuh severus snape dengan tujuan untuk mentransfer kekuatan elder wand kepada dirinya sendiri. aberforth membuka jalan terowongan ke hogwarts di mana mereka disambut oleh neville longbottom. harry dan kedua sahabatnya kemudian berusaha mencari rencana baru. di shrieking shack. goblin griphook. secara ceroboh. di hogsmeade. yang tewas dibunuh oleh bellatrix. harry berusaha mencari pertolongan dan dobby muncul untuk menyelamatkannya.tawanan. dalam sekaratnya. ia dapat melihat melalui mata voldemort dan mengetahui pikirannya. dan luna lovegood. dan hermione kemudian tertangkap dan dibawa ke rumah malfoy. voldemort telah mendatangi tempat-tempat horcurxnya disembunyikan dan mengetahui bahwa mereka telah lenyap dan hancur. ketiganya meloloskan diri dan berpikir untuk mengumpulkan ketiga benda sihir deathly hallows. setelah menyelamatkan jiwa draco malfoy. ron. harry. untuk mengalahkan voldemort. griphook kemudian mengkhianati mereka dan melarikan diri dan mencuri pedang godric gryffindor. dari memori itu terungkap bahwa snape berada di sisi dumbledore. harry menemukan mahkota ravenclaw tersembunyi di kamar kebutuhan dan benda itu dihancurkan. mereka dihadang wormtail yang kemudian terbunuh karena tercekik oleh tangan perak wormtail yang dibuat voldemort tanpa berhasil ditolong oleh ron dan harry. ron. dibantu griphook. di bawah tanah. ia menanyai ollivander mengenai elder wand dan mendapati bahwa pemilik terakhirnya adalah dumbledore. harry mendapatkan penglihatan segera setelah pelarian mereka. hermione disiksa dan diinterogasi oleh bellatrix lestrange untuk mengetahui bagaimana mereka memperoleh pedang godric gryffindor. karena bagaimanapun juga hidupnya tidak akan . dan hermione berhasil melarikan diri. harry dan ron dipenjarakan bersama-sama dengan dean thomas. harry. snape telah diminta dumbledore untuk membunuh dirinya jika situasinya mengharuskan demikian. didorong dengan cinta seumur hidupnya kepada lily potter. mereka berdua kemudian menolong hermione dengan bantuan dobby. voldemort mengungkapkan bahwa horcrux terakhir berada di hogwarts. snape memberikan memorinya kepada harry. di sana.

setelah nagini dibunuh oleh neville. ron dan hermione telah memiliki dua anak bernama rose dan hugo. Contoh Resensi Novel . dan ia harus mati juga sebelum voldemort dapat dibunuh. dalam kisah di akhir buku. albus severus.lama lagi akibat kutukan yang terdapat di horcrux cincin gaunt. harry dan ginny weasley telah memiliki tiga anak bernama james. untuk mengantar anak-anak mereka bersekolah ke hogwarts. draco malfoy memiliki anak bernama scorpius. neville longbottom telah menjadi guru herbologi di hogwarts. pada tahun 2017. terungkap pula bahwa harry adalah horcrux terakhir voldemort. mereka seluruhnya bertemu di stasius kereta api king's cross. voldemort kemudian terbunuh setelah mencoba menggunakan kutukan pembunuh avada kadavra terhadap harry. pasrah akan nasibnya. 19 tahun setelah pertempuran di hogwarts. harry mengorbankan diri dan voldemort melancarkan kutukan untuk membunuhnya. dan lily. pada akhirnya. tapi alih-alih membunuh harry. kutukan itu malah menghancurkan bagian dari jiwa voldemort yang terdapat di tubuhnya. selanjutnya. di sana diungkapkan bahwa bekas luka harry tidak pernah sakit lagi setelah kekalahan pangeran kegelapan. kutukan itu berbalik menyerang voldemort sendiri oleh elder wand.

Oleh: Rizki Eka L XI A 6 / 31 SMAN 3 Semarang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful