P. 1
Artikel Bahasa Indonesia ; Facebook dan Twitter Dapat Merusak Otak dan Kejiwaan Kita

Artikel Bahasa Indonesia ; Facebook dan Twitter Dapat Merusak Otak dan Kejiwaan Kita

|Views: 69|Likes:
Published by tanyalee95

More info:

Published by: tanyalee95 on Feb 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

Facebook dan Twitter Dapat Merusak Otak dan Kejiwaan Kita????

FACEBOOK Facebook adalah suatu situs internet yang dapat digunakan untuk memungkinkan kita bisa berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia. Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Facebook dapat digunakan oleh semua orang yang ¶mengaku· diri berumur 13 tahun atau lebih. Kata mengaku disini berarti bahwa orang yang ingin menjadi salah satu pengguna Facebook dapat mengaku mereka berumur berapa saja. Sebenarnya Facebook lebih diperuntukkan untuk anak muda daripada untuk orangtua. Facebook dapat digunakan untuk ¶menambahkan teman dan mengirimkan mereka pesan·. Pada awalnya Facebook hanya digunakan oleh semua mahasiswa/mahasiswi Universitas Harvard, USA. Kemudian merambat ke area Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Setelah itu beralih ke semua orang berusia 13 tahun atau lebih. Sekarang website itu sudah mempunyai lebih dari 400 juta pengguna. Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg dan teman sekamarnya di kamar mereka. Malam itu Zuckerberg sedang mem-blogging sesuatu tentang mantan pacarnya. Akhirnya dia memutuskan untuk mencari kesibukan untuk melupakannya mantan pacarnya. Ia memikirkan untuk mencocokan dua orang di internet. Facebook untuk ´High School Studentµ diluncurkan pada September 2005. Waktu itu semua murid Harvard dikirimkan pesan untuk menjadi pengguna Facebook. Pada September 2006 Facebook dibuka untuk

Statistik y y Pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia tahun 2008 adalah 645% menjadi 831. Australia. dan Vietnam. Pengguna Facebook Indonesia Meski Facebook telah lahir beberapa tahun sebelumnya namun penggunaan jejaring sosial di internet ini baru meningkat pesat di Indonesia pada tahun 2008 meninggalkan situs jejaring yang populer sebelumnya yaitu Friendster.semua orang berumur 13 tahun atau lebih dengan e-mail yang terbukti kebenaranya. Pada tahun 2009 ² 2010 Facebook menjadi situs pertemanan yang sangat terkenal di Singapura. Peningkatan pesat pengguna Facebook di Indonesia salah satunya dipicu mudahnya penggunaan akses Facebook menggunakan telepon selular.520. Philipine. Pada 2009 fitur Facebook bahkan menjadi nilai jual tersendiri bagi para produsen telepon selular yang menjual produknya di Indonesia. Terutama yang sudah meletakkan fitur Facebook sebagai fitur standar atau favorit dari beberapa merk telepon selular diantaranya peningkatan pesat penggunaan merk BlackBerry. Tampilan Facebook sudah berganti sekitar lima kali. Malaysia.23juta orang bergabung dalam 12 bulan terakhir . Indonesia. Hongkong.com.000 pengguna di akhir tahun.160 dengan pengguna baru 8. Pada perkembangannya para pengguna internet pemula mengakses Facebook lebih awal sebelum menggunakan fitur internet lainnya. New Zealand. Bahkan Mark Zuckerberg pun mendapat keuntungan yang sangat besar dari Facebook ini. menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan pengguna tertinggi di Asia September 2009 pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 8.

027.301.5 juta foto dimuat setiap harinya. pembunuhan. Hingga Juli 2007. dengan 8.100 pengguna dan tumbuh paling pesat se Asia dalam 1 bulan terakhir Desember 2009 pengguna Facebook di Indonesia masih paling tinggi mencapai 13.760 pengguna. Dari September 2006 hingga September 2007.120 pengguna.189. negara ketiga tercepat tumbuhnya di Asia setelah Filipina dan Taiwan dalam sebulan terakhir November 2009 pengguna Facebook di Indonesia tumbuh pesat kembali dalam 1 bulan terakhir menjadi 12. Banyak orang merasakan kerugian Facebook ini berada di Indonesia akan tetapi mereka beranggapan bahwa itu adalah murni salah si pengguna bukan Facebook . dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat.713. dan penipuan. Maret 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 19. mengungguli situs publik lain seperti Flickr. KEJAHATAN MELALUI FACEBOOK Banyak sekali kejahatan berawal dari berkenalan di Facebook seperti pemerkosaan. peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi. tetap tumbuh tinggi di dunia April 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 21.870.580 pengguna.y y y y y y Oktober 2009 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 9.094. tertinggi di Asia baik dalam jumlah maupun tingkat pertumbuhan Februari 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 17.660 tumbuh tertinggi kedua di Asia setelah Malaysia serta melampaui pengguna Facebook di Turki selama bulan Maret 2010.640 pengguna. facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 400 juta penggua aktif.

TWITTER Twitter adalah suatu situs internet yang memperbolehkan penggunanya untuk membaca pesan yang disebut dengan tweets.sesuatu yang ditulis di status Twitter @ . Evan Williams.topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan .penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga Trending Topics .menyimpan tweet tertentu yang diinginkan Hash Tags (#) . Twitter diciptakan oleh Jack Dorsey.penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut Reply . dan Biz Stone. Tweets adalah suatu pesan yang terdiri dari 140 karakter yang akan ditampilkan di profil orang yang akan kita kirimkan pesan.itu tersendiri akan tetapi saya berpikir bahwa situs ini mungkin akan membahayakan kehidupan kita sendiri. Beberapa istilah yang dipergunakan di Twitter: y y y y y y y y y y Tweet .pesan personal Favorites .pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima Follower . Twitter saat itu menjadi situs yang paling terkenal di dunia dan terkadang sering dikatakan sebagai ¶Internet SMS·.pengguna lain yang akan selalu menerima tweet ReTweet (RT) Direct Messages .balasan Following .

Di dalam situs ini kita tidak menjadi pengguna lain kita hanya bisa mengikuti mereka dalam kegiatan mereka. Taylor Swift.y y OverHeard (OH) . dan masih banyak lagi yang menggunakan Twitter. Banyak para artis luar negeri seperti David Archuleta. HT ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan di sana Tadinya Twitter hanya terkenal di luar negeri saja akan tetapi akhir ² akhir ini Twitter mulai terkenal di kalangan rakyat Indonesia.penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. OH ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan HeardTrough (HT) . . Demi Lovato. Setiap artis asli yang mempunyai akun Twitter akan diverifikasi oleh Twitter sendiri agar orang ² orang tidak terkecoh dengan pengguna lain yang berusaha menjadi mereka. Nick Jonas. Twitter sudah mulai merajela di Indonesia bagaikan penyakit yang menjalar di seluruh tubuh kita.penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam kehidupan nyata. Twitter dapat menjadi alat komunikasi semua orang di dunia ini agar dapat mengetahui satu sama lain dan berteman sehingga kita mempunyai tali pertemanan antar sesama penghuni dunia ini. Selena Gomez. Sekarang Facebook sudah mulai dikalahkan oleh Twitter di kalangan masyarakat Indonesia. Mungkin saja rakyat Indonesia sudah mulai tertular kebudayaan Barat yang mungkin positif atau negatif. Joe Jonas. Justin Bieber.

sulit berkonsentrasi. FACEBOOK DAN TWITTER DAPAT MENGGANGGU OTAK DAN KEJIWAAN KITA Baru ² baru ini diketahui bahwa Facebook dan Twitter dapat mengganggu kejiwaan kita. Bahkan mereka menghamburkan waktu kerja mereka hanya untuk Facebook dan Twitter sehingga banyak orang yang dipecat karena Facebook dan Twitter. lebih cepat marah. dan cenderung hanya dapat memikirkan Facebook atau Twitter saja. Apakah sepenting itu kedua situs ini? Banyak orang bilang bahwa jika kita tidak mempunyai akun Twitter atau Facebook kita bukanlah orang modern. Otak kita dapat berkurang daya ingatnya. benarkah itu?? Menurut saya orang dikatakan modern jika ia bisa melihat sesuatu dari kedua sisi . Memang perkembangan teknologi sekarang ini sedang mencapai puncaknya akan . Sementara itu Facebook dan Twitter dapat merusak otak itu menurut penelitian seorang ilmuwan bernama Susan. yaitu kita cenderung lebih egois . yaitu dari sisi negatif dan positif dan dapat mempergunakan teknologi tersebut dengan baik dan bijak. dan lebih cenderung ingin dipenuhi keinginannya sendiri. Bahkan sekarang beberapa Negara sudah memblokir situs tersebut karena alasan atas kerugian yang mereka timbulkan kepada kita sangat besar dan beresiko.KETERGANTUNGAN ORANG PADA FACEBOOK DAN TWITTER Banyak sekali orang di Indonesia yang memiliki ketergantungan tersendiri pada Twitter dan Facebook. Banyak orang yang rela menghamburkan pulsa dan waktu mereka hanya untuk membuka akun Facebook atau Twitter mereka.

Jadi kalian mau memilih yang mana : a. Facebook b. Terserah padamu mau memilih yang mana akan tetapi pikirkanlah keputusan itu secara matang ² matang atau pada akhirnya kamu akan menyesal. Otak dan Kejiwaan kita Tak ada paksaan di sini. .tetapi perkembangan teknologi ini tidak berarti bahwa ia akan merusak otak dan kejiwaan kita itu sama saja dengan membunuh kita secara pelan ² pelan apalagi jika kita terus tergantung dengan mereka. Facebook dan Twitter juga dapat mengubah kepribadian kita secara cepat dan membuat daya kerja otak menjadi kurang maksimal. Twitter c.

NAMA : TANYA LEE NATHALIA KELAS : 8 ( DELAPAN ) KD : ARTIKEL .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->