Membuat Drop Down List di Excel 2007

Posted on October 5, 2010 by mtnugraha 12

Hari ini saya nyoba ngoprak-ngoprek Excel buat nyari tau cara bagaimana bikin buat drop down list, seperti terlihat pada gambar di bawah ini (dan akhirnya ketemu ± dengan pertolongan help Excel).

Drop Down List di Excel Gambar 1. Contoh Drop Down List Penggunaan drop down list sangat berguna jika input datanya tidak terlalu banyak dan hanya sejenis (misal : jenjang pendidikan, range umur, range penghasilan, dll). Seperti contoh gambar diatas, terlihat penggunaannya cukup efisien, ketimbang harus menulis ulang jenjang pendidikan seseorang atau melakukan copy paste. Dengan fasilitas drop down list ini, seseorang akan dengan cepat memilih input data pendidikan seseorang dengan hanya melakukan klik di mouse. Bagaimana cara bikinnya, so cekibrot penerangannya di bawah ini. 1. Buatlah tabel seperti diatas (saya yakin itu mudah sekali dilakukan di Excel); 2. Tulislah nama-nama jenjang pendidikan lain di cell yang lain ± di luar area tabel, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Setelah membuat tabel tersebut. setelah itu pilih pilihan Data Validation Data Validation « . SLTP.Drop Down List di Excel Gambar 2. serta kolom E untuk Pendidikan. S1. SLTA. serta S3. diatas ditunjukkan bagaimana caranya membuat hubungan antar kolom untuk membuat drop down list. lalu kolom D untuk Nama. Langkah selanjutnya adalah bagaimana melakukan ( istilahnya) link atau hubungan antara data jenjang pendidikan pada kolom I dengan kolom Pendidikan yang terdapat pada kolom E. Penulisan jenjang pendidikan di luar area tabel Dari Gambar 2. di atas terlihat bahwa area tabel terdapat pada kolom C untuk No. kita buat daftar jenjang pendidikan yang nantinya bakal menjadi input data bagi kolom Pendidikan di kolom I.. Drop Down List di Excel Dari Gambar 3. S2. Setelah anda lakukan blocking semua baris yang terdapat pada kolom Pendidikan (lihat area yang dilingkari warna merah). TK. SD. yang terdiri dari PAUD. selanjutnya adalah klik tab Data (lihat pada area yang dilingkari warna hijau). 3.

Drop Down List di Excel Gambar 5. yang nantinya merupakan sumber data inputan pada kolom Pendidikan. diatas menunjukkan pengaturan Settings di Data Validation. Pemilihan Source Pada pengaturan Source.Drop Down List di Excel Gambar 4. Cara lain yang bisa digunakan adalah sebagai berikut : . lakukan blocking pada semua area pada kolom I. Pada pengaturan Validation criteria. Pengaturan di Data Validation Gambar 4.Allow: (pilih pilihan) List.

. Blocking semua input data pada kolom I (lihat area yang dilingkari warna merah).Drop Down List di Excel Cara lain yang dapat digunakan terlihat seperti pada Gambar 6. lalu pada area berwarna biru ganti tulisannya (misalnya) pendidikan. terlihat input Source dapat diisikan dengan nama pendidikan (jangan lupa pake = di depannya). Pengaturan di Data Validation Dari Gambar 7. Drop Down List di Excel Gambar 7.

Drop Down List di Excel Gambar 8. diatas. Input Message di Data Validation . Drop Down List di Excel Gambar 9. Tambahan lain yang dapat dilakukan pada pembuatan di drop down list ini adalah adanya Input Message. Pembuatan drop down list telah selesai. Hasil akhir Hasilnya dapat kita lihat pada Gambar 8.

kita juga dapat membatasi atau memberikan peringatan. Hal tersebut dapat kita lakukan pada tab Error Alert. Error Alert pada Data Validation . Input Message pada kolom Pendidikan Tulisan seperti yang dimasukkan pada Input Message akan terlihat jika kita arahkan pointer kita pada kolom isian di kolom Pendidikan.Drop Down List di Excel Gambar 10. jikalau data masukkan pada kolom Pendidikan tidak dapat pada pilihan drop down list. Drop Down List di Excel Gambar 11. Selain itu.

Misalnya kita tulis secara manual pada kolom isian di kolom Pendidikan yaitu S4.Settings . Contoh penggunaan Error Alert Gambar 12. merupakan contoh bagaimana jika kita melakukan input data tidak sesuai dengan apa yang ada pada drop down list yang telah kita buat sebelumnya.Drop Down List di Excel Gambar 12. blocking area yang kita ingin tiadakan drop down list-nya.Allow: (pilih pilihan) Any value . maka akan keluar tulisan dengan tanda peringatan (yang telah kita atur sebelumnya di tab Error Alert) seperti terlihat pada Gambar 12. kita tinggal ganti pengaturannya di Data Validation . Settings di Data Validation untuk menghilangkan drop down list Untuk menghilangkan drop down list-nya sendiri pada area yang telah kita buat sebelumnya. . Untuk menghilangkan drop down list-nya sendiri. Drop Down List di Excel Gambar 13. kita tinggal. lalu atur pengaturan di pilihan Data Validation.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful