P. 1
KHULAFAUR RASYIDIN

KHULAFAUR RASYIDIN

|Views: 363|Likes:
Published by yuanita_5962

More info:

Published by: yuanita_5962 on Feb 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

DISUSUN OLEH: IKA YUNITA NOFITA RINI :NPM 20080720207 :NPM 20080720213

Š

Š

Nabi Muhammad wafat pada tanggal 12 Rabiul awal tahun 11 H.Dua kelompok yang merasa paling berhak untuk untuk dicalonkan sebagai pengganti Nabi Muhammad adalah kaum Muhajirin dan kaum Ansar. kaum Muhajirin mengemukakan alasan bahwa kaum Muhajirin adalah orang-orang pertama yang menerima islam dan berjuag bersama nabi Muhammad saw.Mereka mengusulkan abu Bakar as-sidiq sebagai pengganti nabi Muhammad

Kaum Ansar:

Mengemukakan alasan bahwa Islam dapat berkembang dan mengalami masa kejayaan setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah dan mendapat pertolongan kaum ansar.mereka mengusulkan Sa¶ad bin Ubadah. Perbedaan dapat diselesaikan oleh Umar bin Khattab dengan meunjuk Abu Bakar as-Sidiq sebagai Khalifah dan diikuti oleh Sa¶ad bin Ubadah.

Berasal dri kata khulafa(khalifah)=pengganti dan ar rasyidin=medapat petunjuk.Khulafaur Rasyidin=para pengganti yang mendapat petunjuk.terdiri dari empat sahabat nabi Muhammad saw yaitu Abu bakar as-Sidiq,Umar bin Khattab,Usman bin affan dan Ali bin Ali thalib. Beberapa prestasi yangdicapai olejh Khulafaur Rasyidin diuraikan pada materi berikut ini: 1.Masa Khalifah Abu Bakar as-sidiq Usaha dan prestasi yang dilakukan abu bakar as-sidiq:

Beberapa suku Arab yang berasal dari Hijas dan Nejed menyatakan Murtad diantaranya menolak untuk membayar zakat dan yang lain kembali memeluk agama dan tradisi lamanya yaitu menyembah keadaan tersebut Khalifah Abu Bakar as-Sidiq bersikap tegas.Sebagian kaum murtad ada yang mau diajak berdamai sebagian lagi ada yang memilih jalan untuk berperang.Mereka dipiimpin oleh nabi palsu yang berusaha menghancurkan islam diantaranya Aswad al ansi,Tulaihah bin Khuwailid al as-Asadi,Malik bin Nuwairah dan Musailamah alKazab. -

Tulaihah bin Khuwalaid al-Asadi:pengikutnya berasal dari Bani asad,Bani gatafan,dan Bani amir.Khalifah Abu Bakar as-Sidiq mengirimkan pasukan dipimpin oleh khalid bin walid.pertempuran terjadi di dekat sumur bashakah dan muslim berhasil mengalahkan mereka. -Malik bin Nuwairah:Pemimpin Bani yarbu dan Bani tamim.Dalam pertempuran Malik bin Nuwairah terbunuh dan pengikutnya tercerai berai.

Ia mengawini Sajah yang mengaku nabi dari kalangan Kristen.Mereka berhasil menyusun pasukan besar yang berkekuatan 40.000 orang.Khalifah Abu bakar as-Sidiq mengirim Ikrimah bin abu jahal dan Syuhrabil bin Hasanah.Pasukan Musailamah al kasab berhasil dikalahkan tidak kurang dari 1000 orang kaum murtad terbunuh.Sementara itu ribuan kaum muslimin gugur dalam perang ini termasuk para penghafal al-Qur·an.Perang ini disebut perang Yamamah.Kemudian kaum muslimin bergerak menunju Bahrain,Oman,dan Yaman.Di tempattempat tersebut kaum muratd berhasil dikalahkan dan disebut Peranng Riddah.

Hasil karya masa khalifah Abu Bakar as-Sidiq yang masih dapat kita rasakan hinggan sekarang adanya mushaf Al-Qur·an.Khalifah Abu bakar as-Sidiq bersedia mewujudkan pengumpulan ayat-ayat alQur·an .Beliau menunjuk Zaiid bin Sabit adalah sekretaris Rasullulah saw.setelah usaha pengumpulan ayat-ayat Al-Qur·an selesai mushaf disimpan khalifah Abu Bakar as-Sidiq.Mushaf itulah yang menjadi pedoman pembelajaran Al-Qur·an kepada kaum muslimin pada saat itu.setelah beliau meninggal dunia,mushaf tersebut disimpan oleh Hafsah Binti Umar,putri Umar bin Khattab.

Setelah situasi sosial politik masyarakat Islam dirasa stabil,Khalifah Abu Bakar as-Sidiq mulai menyebarkan ajaran Islam ke wilayah lebih luas lagi. 3 hal yang menjadi pegangan utama para da·I atau tentara Islam saat memasuki daerah baru adalah: 1.dianjurkan masuk Islam,maka jiwa serta hartanya akan dilindungi 2.boleh tidak masuk Islam,tetapi membayar jizyah(pajak perlindunganyang sangat ringan)maka jiwa dan hartanya dilindungi;

Beberapa wilayah yang menjadi penyebaran Islam adalah wilayah yang dikuasai Kekaisaran Persia dan Bizantium.Persia menguasai wilayah yang luas meliputi Irak,bagian barat suriah (syam)dan bagian utara jazirah arab. Abu Bakar as Shidiq mengirimkan beberapa pasukan ,yaitu; a. Pasukan yasid bin abu sofyan ke Damaskus; b. pasukan Amru bin as ke palestina; c. Pasukan Syuranbil bin hasanah ke Yordania; d. Pasukan abu Hubaidah bin jarah ke Hims.

Š

Khalifah Abu bakar As Shidiq segera memerintahkan Khalid bin Walid berangkat menuju syam selama 18 hari lamanya melewati dua padang sahara yang belum pernah dilewatinya. Pertempuran akhirnya pecah dipinggir sungai yarmuk,perang ini disebut perang Yarmuk.pada saat tengah perang mendengar kabar bahwa Khalifah Abu Bakar as Shidiq meninggal.beliau digantikan oleh Umar bin Khattab.Khalid bin walid kemudian digantikan oleh Abu Ubaidah bin Jarrah.

Š

Umar bin Khattab tidak termasuk pemeluk Islam pada masa periode Mekah,beliau merupakan musuh utama umat islam.Ada dua nama yang Umar dikalangan pembesar Quraisy yang sangat ditakuti umat Islam,yaitu Umar bin Khattab dan Umar bin Hisyam lebih dikenal dengan Abu Jahal. Rasullulah saw memohon kepada Allah agar mengislamkan salah satu umar dan akhirnya masuklah Umar bin khattab.Sejak saat itu kaum muslimin tidak perlu beribadah dan berdakwah secara sembunyi-sembunyi lagi.

Umar bin Khattab adalah orang yang cerdas,beliau adalah satu-satunya sahabat Nabi Muhammad saw.Umar bin Khattab juga sangat tegas membedakan ebenaran dan kebatilan.Karena ketegasannya tersebut,Rasullulah saw menyematkan gelar al-faruq yang artinya pemisah atau pembeda.Kepiawaian Umar bin Khattab di bidang politik diawali ketika beliau berhasil menyatukan dalam kaum Muhajirin dan kaum Ansar.Beliau diangkat sebagai penasehat utama.Menjelang kematiannnya Abu bakar as-sidiq menunjuk Umar bin Khattab sebagai penggantinya.

saat mejabat sebagai khalifah: a.)Perluasan Wilayah Perluasan Islam terjadi secara besar-besaran dan dikenal sebagai periode Futuhat al-islamiyah.secara berturut-turut islam berhasil menguasai Suriah,Persia dan Mesir.Wilayah Suriah memiliki beverapa kota yang menjadi pusat kekuatan Romawi Timur(Bizantium)yang beragama kristen.Beberapa kota tersebut adalah Damaskus,Yordania,Yerusalem,Hims dan Antiokia.Pengepugan damaskus telah dimulai sejak jaman Khalifah Abu bakar As-Sidiq.
Š

Mereka sangat mengharapkan bantuan Heraklius dan Hims. Selama kekhalifahan Abu Bakar As-Sidiq telah terjadi peperangan antara kaum muslimin dan tentara Persia.Ketika itu,Kekaisaran Persia merupakan kekuatan besar di dunia selain Kekaisaran Bizantium.Mereka juga dikenal sebagai dinasti sasania.Kekaisaran ini memiliki beberapa kerajaan bawahan diantaranya adalah Kerajaan gasan dan Kerajaan Hijrah di wilayah Irak.Pada masa Khalifah Abu Bakar As-sidiq terjadi perang Hafir yang menyebabkan Kerajaan Gasan dan Hijrah jatuh ke tangan Muslim.

Kepemimpinan di Irak kemudian dipegang oleh Mussana bin Harisah. Perluasan wilayah ke Mesir dilakukan kaum muslimin dibawah pimpinan Amru bin As.berangkatlah 4000 pasukan Islam ke mesir.Amru bin as mencapai perbatasan Mesir pada bulan Desember 639 M.Setelah bertempur beberapa lamanya,kaum Muslimin berhasil menguasai wilayah-wilayah di Mesir. Kemenangan umat islam menjadikan wilayah islam pada masa khalifah Umar bin Khattab meluas hingga Afrika utara,Armenia dan sebagian wilayah Eropa Timur.

Pada masa pemerintahannya,Khalifah Umar bin Khatab membentuk Baitul Mal dan Dewan Perang.Baitul Mal bertugas mengurusi keuangan negara.Keluar masuknya keuangan baik di pusat maupun di provinsi-provinsi. Khalifah Umar bin Khattab adalah khalifah yang pertama kali memperkenalkan sistem penggajian bagi pegawai pemerintah.

Sebelum sistem kalender Hijriah menggunakan sistem kalender Masehi.Sistem ini banyak digunakan oleh kaum nasrani. Khalifah Umar bin Khattab menetapkan permulaan tahun Islam adalah pada saat Nabi Muhammad saw hijrah dari Mekah ke Madinah.Periode dakwah sebelum Nabi Muhammad saw hijrah disebut periode Mekah,sedangkan periode dakwah setelah beliau hijrah dikenal sebagai periode Madiah.demikian pula pembagian surahsurah AlQur·an yang turun sebelum hijrah disebut suratsurat Makiyah,sedangkan surah-surah Al-Qur·an yang turun setelah hijriyah disebut surat Madaniyah.

Khalifah Umar bin khattab meninggal akibat ditikam oleh Abu Lu·luah saat menjadi imam sholat subuh. Abu Lu·luah adalah seorang bangsa Persia yang tidak rela dikalahkan oleh Islam. Menjelang wafatnya,umar bin khattab membentuk dewan yang akan mencari penggantinya.Dengan enam anggota diantaranya:Usman bin Affan,Ali bin Abi Thalib,Talhah binUbaidilah,Zubair bin Awwam,Abdurahman bin Auf,dan Sa·ad bin Abi Waqqas.Dewan tersebut diberi tugas memilih salah seorang dari mereka untuk menjadi khalifah.

Ketua dewann dipegang oleh Abdurrahman bin Auf,Abdullah bin Umar sebagai hakimnya. Akhirnya mayoritas suara memilih Usman bin Affan sebagai khalifah pengganti Umar bin Khattab.usianya sudah 70 tahun dan menjadi khalifah selama 12 tahun.Beberapa prestasi yang berhasil diraih adalah: a.Kodifikasi Mushaf Al-Qur·an Usaha kodifikasi(pembukuan)Al-Qur·an sudah dimulai sejak masa khalifah abu Bakar As-Sidiq.ayat-ayat alQur·an yang sudah terkumpul disimpan oleh Hafsah binti Umar,salah satu istri Rasullulah saw.

Pada masa pemerintahan khalifah Usman bin Affan,wilayah islam sudah sangat luas.hal itu menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya perbedaan pembelajaran Al-qur·an di beberapa wilayah.Perbedaan itu meliputi susunan surahsurahnya atau lafal (dialek). Perselisihan tersebut kemudian dilaporkan oleh Huzaifah bin Yaman kepada Khalifah Ustman bin Affan.Selanjutnya,Khalifah Usman bin affan membentuk sebuah panitia penyusun Al_qur·an.Panitia ini diketuai oleh Zaid bin Sabbit.

Anggotanya adalah Abdullah bin zubair dan Abdurahman bin Haris.Tugasnya menyalin ulang ayat-ayat Al-Qur·an dalam sebuah buku yang disebut mushaf.Apabila terdapat perbedaan dalam pembacaan,yang ditulis adalah yang berdialek Quraisy. Salinan kumpulan al-Quran itu disebut Al-Mushaf,dan diperbanyak sejumlah 4 buah.Sebuah tetap di Madinah,sedangkan 4 lainnya di kirim ke Mekah,Suriah,Basra dan Kufah.Naskah yang di tinggal di Madinah disebut mushaf al-Iman atau mushaf Usmani.

Masjid Nabani yang mulai dibangun pada masa khalifa Umar bin Khattb diperluas dan bentuk juga coraknya juga diperindah oleh Khalifah Usman bin Affan.

Pada masa khalifah Usman binAffan,wilayah Islam sudah mencapai Afrika,Siprus,hingga Konstatinopel yang banyak diliputi wilayah lautan.Dalam perkembangannya,angkatan laut yang membawa misi dakwah Islam hingga ke daratan Eropa bahkan sampai ke Indonesia.

Wilayah Azerbaijan berhasil ditaklukkan pasukan muslim di bawah pimpinan said bin As dan Husaifah bin Yaman.Wilayah Armenia ditaklukkan oleh Salam bin Rabi ah al-bahiy.

Pada akhir masa kepemimpinan Khalifah usman bin affan terjadi fitnah besar di kalangan muslim di beberapa daerah,terutama di basrah,mesir,dan Kufah yang sengaja disebarkan oleh kaum munafik yang dipimpin oleh Abdullah bin Saba.Fitnah tersebut berhasil menhhasut beberapa pihak untuk menuntut dan memberontak Khalifah Usman bin Affan. Suatu ketika para pemberontak berhasil menyerbu rumah Khalifah Usman bin Affan dan membunuhnya.saat itu beliau sedang menjalani puasa sunah dan membaca Al-Qur·an.

Sepeninggal khalifah Usman bin Affan dan dalam kondisi yang masih kacau,kaum muslimin meminta Ali bin abi Thalib untuk menjadi khalifah.Tetapi ada beberapa tokoh yang menolak usulan tersebut diantaranya Muawiyah bin Abu sufyan.Mereka uang menolak Ali bin abi Thalib pada umumnya adalah gubernur atau pejabat yang berasal dari khalifah usman bin affan.Sebaliknya,pihak ali bin Abi Thalib berpendapat bahwa masalah kepemimpinan sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu.Perbedaan tersebut mejadi awal pecahnya persatuan kaum muslim saat itu.

Akhirnya,Ali bin Abi Talib diangkat menjadi khalifah,meski ada beberapa kalangan yang tidak mau mengakuinya. Khalifah Ali bin Abi Thalib melaksanakan langkahlangkah yang dapat dianggap sebagai prestasi yang telah dicapai. a.Mengganti Pejabat yang kurang Cakap Khalifah ali bin Abi Talib menginginkan sebuah pemerintahan yang efektif dan efisie.Sehingga beliau mengganti

tetapi pejabat-pejabt tersebut ternyata banyak berasal dari khalifah usman bin affan(bani umayah).Akibatnya makin banyak kalangan Bani Umayah yang tidak menyukai Khalifah Ali Bin Abi Talib. b.Membenahi keuangan negara(Baitul Mal) Setelah mengganti pejabat yang kurang cakap,Khalifah Ali bin Abi Talib menyita harta para pejabat tersebut yang didapat secara tidak benar.Harta tersebut disimpan di Baitul Mal dan digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

Pada saat itu,penulisan huruf hijiah belum dilengkapi dengan tanda baca,seperti kasrah,fathah,dammah dan syadah.Hal itu banyak meyebabkan kesalahan bacaan teks Al-Qur·an dan Hadits di daerah-daerah yang jauh dari Jasirah Arab. Untuk menghindari kesalahan fatal dalam bacaan Al-Qur·an dan Hadits khalifah Ali bin Abi Thalib memerintahkan Abu Aswad ad-Duali untyk mengembangkan pokok-pokok ilmu nahwu,yaitu ilmu yang mempelajari tata bahasa arab.

Salah satu perhatian Khalifah Ali bin Abi Talib adalah pembangunan kota Kufah.Awalnya,kota Kufah disiapkan sebagai pusat pertahanan oleh Mu·awiyah bin Abu Sofyan,akan tetapi kota Kufah kemudian berkembang menjadi pusat ilmu tafsir,ilmu hadits,ilmu nahwu dan ilmu pengetahuan lainnya. Pada waktu itu perselisihan antara khalifah ali bin Abi talib dan Mu·awiyah Abu Sufyan semakin membesar dan menjadi awal berakhirnya pemerintahan islam dibawah Khulafaur Rasyidin.

Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin adalh meneladani prestasi-prestasi yang dicapai.Khalifah abu Bakar as-Sidiq merupakan salah satu sosok pemimpin yang tegas dan teguh dalam memegang kebenaran. Khalifah Umar bin Khattab merupakan salah satu pemimpin yang meletakkan dasar-dasar demokrasi dalam islam.

Khalifah Usman bin Affan merupakan salah satu pemimpin yang lemah lembut dan sangat memerhatikan kepentingan rakyat. Khalifah Ali bin Abi Talib adalah seorang pemimpin yang disiplin,tegas dan keras dalam membela kebenaran.

Khulafau Rasyidin yang terdiri dari empat sahabat Nabi Muhammad saw memiliki karakteristik yang berbeda-beda.Sementara itu orang-orang yang bersikap merongrong dihadapi secara tegas oleh Khalifah Abu Bakar as-Sidiq. Pada masa Khalifah Umar bin Khattab,situasi negara lebih aman.Dalam kondisi itu,perlu pemimpin yang mempunyai karakter seperti Umar bin Khattab,yaitu cerdas,tegas dan mengutamakan kepentingan rakyat.

Situasi negara pada masa khalifah Usman bin Affan benar-banar sudah aman.Dengan karakter seperti Khalifah Usman bin Affan tersebut,kemakmuran rakyat dapat dicapai,baik jasmani maupun rohani. Khalifah Ali bin Abi Thallib mempunyai karakter yang tepat.Ketegasan beliau dalam membela kebenaran mirip dengan Khalifah Umar bin Khattab.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->