P. 1
Pakaian pengantin tradisional Betawi

Pakaian pengantin tradisional Betawi

|Views: 915|Likes:
Published by Rizka Kharisma

More info:

Published by: Rizka Kharisma on Feb 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2011

pdf

text

original

Pakaian pengantin tradisional Betawi Pakaian pengantin untuk pria.

Pengantin pria berpakaian pengantin dandanan care haji. Dikatakan demikian karena pakaian tersebut dipengaruhi oleh pakaian haji atau pakaian muslim. Sesuai dengan fungsinya sebagai pakaian kebesaran pengantin, pakaian ini dihias dengan benang emas dan manic-manik yang gemerlapan. Ragam hias tersebut disulam pada bagian depan jubah memanjang pada bagian pinggir dasar jubah sampai bagian pundak. Pakaian dandanan care haji terdiri atas: y y y y y Jubah Gamis Selempang Alpie Sepatu pantofel

Pakaian pengantin untuk perempuan. Pakaian si wanita disebut Rias Besar Dandanan Care Haji None Pengantin Cine. Ragam hias pada pakaian atau pada beberapa kelengkapan terdapat unsure pengaruh Cina. Pakaian perempuaan terdiri atas: y y y Tuaki Kun Terate delime.

Kadang, upacara adat pengantin betawi tak banyak lagi ditemui, mungkin karena penyelenggaraanya yang ribet. Tapi dibalik itu semua, kekayaan budaya kita tertanam dan sangat berharga untuk dilestarikan. Oleh karena itu, jika anda hendaak menikah dan anda berasal dari Betawi, cobalah dengan adat Betawi, niscaya anda akan merasakan sensasi yang berbeda. Selamat mencoba!

ada peninggalan Portugis yang sampai sekarang terkenal adalah Keroncong Tugu. seruling kayu. Indonesia. Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang memasuki wilayah Nusantara. Nina Bobo. biola. Anno 1661. gaya hidup. Keroncong ini dibentuk pada tahun 1661 oleh sekelompokorang portugis yang pada masa itu dikucilkan pemerintah Hindia Belanda. Unik kan? Betapa kayanya bumi Betawi ini. Lagu khas keroncong tugu yang sering dinyanyikan. Tepatnya di Kelurahan Tugu. budaya. Lagu-lagu Prtugis adalah Kaparinyo. Pota-pota-pota(ketuk-ketuk pintu). Keroncong tugu diambil dari nama suatu daerah di wilayah Jakarta Utara. antara lain Keroncong Moresco. Nama aslinya adalah Orkes Poesaka Keroncong Moresco Toegoe. Akan tetapi tujuan semula itu berubah dan berkembang menjadi penjajahan. sedangkan pemai wanita mengenakan kebaya. dan Bannyo. dan Baladiti. Khusus di Jakrta. Seperti parasit benalu yang menyedot sari2 tanaman inangnya. Alatmusik keroncong tugu yang sering dipergunakan ketika mengadakan pertunjukan adalah selo. ukulele. yaitu jika mereka mengadakan pertunjukan setiap pemain music selalu mengenakan syal yang dililitkan ke leher masingmasing. Tak ada salahnya jika berkunjung ke Jakarta Utara berkunjunglah ke tempat dimana keroncong tugu dilahirkan dan ikut melestarikan kesenian yang satu ini. mandolin.Keroncong Tugu Menurut sejarah. Pengaruh itu melalui agama. Lagu-lagu Belandanya yang sering dimainkan adalah Lieve dan Gordel van Smaragd.Stambul Jampang. gitar.Stambul Betawi tempo Dulu. dan lain-lain. Kotya Madya Jakarta Utara. . dan Sinyo Betawi. Kedatangan Portugis membawa pengaruh terhadap bangsa kita. Semula mereka bertujuan untuk berdagang mencari rempah-rempah yang mereka butuhkan. Kecamatan Cilincing. Yan Kalageti. Ada satu hal yang menjadi cirri khas yang dimiliki oleh grup keroncong tugu ini.

karena upacara ini tidak bersifat wajib. dan sebagainya. yaitu berharap agar anak itu mempunyai awal yang baik atau langkah yang baik ketika mulai menginjak tanah. Biasanya apabila seorang bayi telah mencapai umur delapan bulan diadakan satu upacara khusus yang disebut turun tanah. pisang. selain melestarikan kebudayaan hitung-hitung bisa sedekah ke tetangga. Upacara adat turun tanah atau nginjek tanah merupakan adat kebiasaan orang Betawi pada zaman dahulu. Adapun maksud dari upacara ini adalah : y y y y Sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME. Upacara adat ini adalah upacara tradisional Betawi. hanya nama dan tata pelaksanaanya yang agak berbeda. Masing-masing daerah mempunyai upacara seperti ini. roti.Upacara Adat Turun Tanah Jangan berfikir jika upacara ini menurunkan sejumlah tanah dari tempat tinggi ke yang lebih rendah. Upacara turun tanah merupakan bukti kasih sayang kedua orang tua kepada anak tersebut. dengan membuat sedekah berupa nasi dengan lauk pauknya serta kue-kue. . yang telah memberi kesehatan yang cukup kepada si bayi. Pada kesempatan ini biasanya diadakan selamatan apa adanya. Banyak sedikit lauk-pauknya tergantung kemampuan orang yang menyelenggarakan. tidak semua orang Betawi menyelenggarakan upacara ini. Tak aka nada salahnya jika kita melasanakan upacara seperti ini. Sungguhpun demikian. Orang tua si bayi tersebut mempunyai maksud tersendiri.

Pemain lawak ini disebut bodor. Babak ini disebut juga bodoran lawakan. Dalam acara ini pemain topeng akan mendapat imbalan dari orang yang mengundangnya itu. Setelah bodor selesai menari. Ada juga yang memungut bayaran langsung dari penonton disebut juga ngamen. Topeng Betawi termasuk dalam kelompok seni sandiwara. lalu penari wanita muncul keluar. gendang besar. oleh karena itu pertunjukan topeng ini disebut topeng babakan. kulantar. yaitu seni musik. dan sebagainya. keromong berpecon tiga. Setelah talu. kecrek. Alat music yang digunakan antara lain. Penyajian lagu seperti ini disebut Talu. Setelah beberapa lama ronggeng topeng menari. Gerakan bodor ketika menari biasanya diiringi dengan lagu-lagu Ailu. Bodor menarikanya dengan lucu. Lipet Gandes. boning. Bedanya kalau pertunjukan ngamen hanya satu babak saja. bodor menyatakan keinginanya untuk belajar menari. Topeng Betawi sebenarnya merupakan gabungan beberapa cabang seni. Pertunjukan Topeng Betawi biasanya menyaajikan sebuah cerita. dan Enjot-enjotan. dan gong. para pemain menyelipkan lawakan-lawakan dna tarian-tarian tertentu. dan teater. rebab. Disela-sela jalanya cerita. Percakapan itu berisi perkenalan antara bodor dan penari. tari.Pertunjukan Topeng Betawi Topeng Betawi merupakan salah satu kesenian rakyat Betawi. Babak ini berisi sandiwara dan inti dari pertunjukan ini. Talu merupakan pertanda bahwa acara sudah dimulai. kempul. Penari ini disebut ronggeng topeng. ronggeng topeng pun kebelakang arena. . Lagu tersebut dimainkan secara instrumental saja. seorang pemain lawak menyusul keluar. Tarian itu diiringi dengan musik. Contoh lakonanya yaitu Musridin dari Pondok Pinang dan Saimun buang anak Pertunjukan Topeng biasanya dimainkan pada perayaan khitanan atau perkawinan. Bodor kemudian bercakap-cakap dengan penari. Setelah selesai melawak. dan bodor mulai melawak. Setelah berkenalan. Tetopengan. pertunjukan dilanjutkan dengan babak lakon. Pertunjukan Topeng biasa diimulai dengan memainkan lagu seperti Arang-arangan. Ada pula dimainkan dalam acara kaulan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->