P. 1
MAKALAH PENGANTAR BISNIS

MAKALAH PENGANTAR BISNIS

|Views: 1,200|Likes:

More info:

Published by: Agus Charlie Lumban Tobing on Feb 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2014

pdf

text

original

Namun. siswa juga diharapkan belajar untuk menerapkan di dunia nyata. 4 Agustus 2010 Penulis . Untuk itu saran dan kritik yang membangun dari pembaca dan penyimak akan diterima dengan senang hati. Merencanakan bisnis yang digunakan dalam buku ini dimaksudkan agar siswa lebih memahami ilmu bisnis dan bukan hanya dari teori saja. Kiranya buku ini bisa memenuhi kebutuhan mahasiswa sebagai bahan ajar ilmu berbisnis.KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya penyusunan makalah bagi mahasiswa ini. Makalah ini disusun berdasarkan buku yang telah kami pelajari. Bengkulu.

4.2. 2....... Peran Manusia Dalam Bisnis«««««««««««««««««««««««««««.1..... Tujuan Bisnis«««««««««««««««««««««««««««««««««. 2.. 2. Memperkirakan Lingkungan Bisnis««««««««««««««««««««««......... 2... . Rencana Keuangan««««««««««««««««««««««««««««. BAB I BISNIS««««««««««««««««««««««««««««««««« Apa Itu Bisnis«««««««««««««««««««««««««««««««««..... BAB III BISNIS DAN SISWAM EKONOMI««««««««««««««««««««« DAFTAR PUSTAKA«««««««««««««««««««««««««««««.3. Identifikasi Peluang Bisnis««««««««««««««««««««««««««««..... Rencana Pemasaran««««««««««««««««««««««««««.DAFTAR ISI Kata Pengantar«««««««««««««««««««««««««««««««. Daftar Isi««««««««««««««««««««««««««««««««««. BAB II MERENCANAKAN BISNIS««««««««««««««««««««««««....... Rencana Manajemen««««««««««««««««««««««««....

BAB I BISNIS Sesungguhnya kelangsungan hidup suatu bisnis dipengaruhi banyak faktor diantaranya adalah keadaan ekonomi suatu Negara. kondisi social/budaya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup suatu usaha/bisnis. . bukan hanya karena faktor ekonomi saja. namun dipihak lain justru dapat dipakai sebagai peluang bagi munculnya usaha baru. Faktor persaingan usaha. teknologi dan lain sebagainya dapat juga mempengaruhi kelangsungan suatu bisnis. regulasi suatu Negara. Perubahan kondisi ekonomi tersebut di satu pihak dapat mengakibatkan matinya suatu bisnis yang telah lama. politik. tren.

peluang. tantangan. Apalagi dalam era globalisasi ini.. Hal ini mengakibatkan semakin banyak. kegairahan maupun kelesuan yang dapat menyebabkan naik turunnya suatu usaha.. sudah seharusnya seorang pengusaha jeli dalam melihat suatu peluang dan memanfaatkannya. variabel ²variabel yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis. Oleh karena itu. . karena dunia usaha yang penuh dengan tantangan dan kegairahan tersebut tidak selalu akan berakhir dengan membawa suatu kesuksesan.Dunia usaha berisi dengan persaingan. Persaingan tidak hanya terbatas secara lokal (daerah tertentu) dan nasional saja. namun sudah meningkat kearah regional dan global.

1. Sedangkan perusahaan bisnis adalah suatu organisasi yang terlibat dalam pertukaran barang. bisnis adalah pertukaran barang. Apa Itu Bisnis Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang/jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. ataupun masyarakat. Sedangkan menurut arti dasarnya. Menurut Skinner (1992). jasa atau uang Yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. .1. Kata bisnis dari bahasa Inggris adalah business dari kata dasar busy yang berarti sibuk dalam konteks individu. bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and services. jasa atau uang untuk menghasilkan keuntungan. komunitas. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

manajer. Manusia diperlukan dalam bisnis untuk memproduksi barang dan jasa serta menciptakan pekerjaan. Bisnis membutuhkan orang sebagai pemilik.1.2. wiraswastawan. pekerja dan konsumen. Namun elemen universal dalam semua aktivitas bisnis adalah manusia. manajer. Bisnis mungkin beroperasi secara berbeda dan tujuan bisnis mungkin berbeda. . pemasok dan atau konsumen. Peran Manusia Dalam Bisnis Elemen manusia merupakan inti dari bisnis. Berikut ini adalah beberapa peran yang dilakukan manusia dalam suatu bisnis yaitu sebagai pemilik. karyawan/pegawai.

dan 4. mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan 3. .Tujuan Bisnis Tujuan sangat diperlukan bagi setiap bisnis agar tetap beroperasi dan memiliki kelangsungan hidup. Mencari kentungan/profit 2. 1. diantaranya adalah (Skinner.3.1. Pertumbuhan perusahaan. Tanggung jawab social. 1992). Ada beberapa tujuan bisnis.

Fase untuk mengidentifikasi peluang bsins dalam kaitannya dengan gagasan tadi Ada empat tempat untuk memperoleh gagasan-gagasan peluang bisnis baru.1.4. yaitu : 1. Diri sendiri 2. Fase untuk menemukan gagasan 2. Identifikasi Peluang Bisnis Ada dua fase pendekatan untuk mengidentifikasi bisnis. Pasar 4. Produk yang gagal . Pelanggan 3. yaitu : 1.

Apabila investor tidak percaya kepada rencana bisnis. jenis pelanggan yang ingin ditarik. Rencana bisnis tidak hanya untuk wirausaha. Dalam hal ini. untuk membuat bisnis yang berhasil. Rencana bisnis harus jelas dan meyakinkan orang lain bahwa bisnis tersebut akan menguntungkan. Mereka harus menciptakan rencana bisnis. yaitu suatu deskripsi rinci dari bisnis yang diusulkan. termasuk suatu deskripsi dari bisnis.BAB II MERENCANAKAN BISNIS Saat wirausaha menciptakan suatu ide bisnis. mungkin mereka tidak berminat menanamkan modalnya. mereka tidak akan memberi pinjaman. tetapi untuk investor atau kreditor yang mungkin memberikan dukungan dana. . Bila kreditor tidak percaya kepada rencana kita. kondisi persaingan dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi. mereka juga harus memperhatikan bagaimana menerapkan fungsi-fungsi bisnis yang baru saja digambarkan. wirausaha harus mengandalkan seluruhnya kepada dana sendiri yang mungkin tidak mencukupi untuk meudukung bisnis.

Lingkungan global . dan lingkungan global (Thompson. lingkungan industri.1. a.2. Memperkirakan Lingkungan Bisnis Ada beberapa lingkungan yang mengelilingi bisnis yaitu lingkungan ekonomi. 2001). Lingkungan industri c. Lingkungan Ekonomi b.

a. b.2.2. Struktur Organisasi Produksi Sumber daya Manusia . c. Rencana Manajemen Rencana manajemen (termasuk rencana operasional) menitik beratkan pada usulan struktur organisasi produksi dan sumber daya manusia dalam perusahaan.

Mereka juga memberikan rencananya kepada kreditor (seperti bank umum) yang mungkin memberikan pinjaman bisnis. .2. Rencana Keuangan Rencana keuangan harus menjelaskan mengapa bisnis ini layak dan harus juga menunjukkan bagaimana bisnis ini akan didanai.4. yaitu berapa dana dari pemilik dan kreditor wirausaha bisanya memberikan rencananya kepada investor yang mungkin berminat sebagai pemilik sebagian dari bisnis.

System ekonomi kapitalis 2. System ekonomi sosialisme 4. Demokrasi ekonomi .BAB III BISNIS DAN SISWAM EKONOMI Sebelum seseorang memutuskan untuk terjun dalam bisnis. System ekonomi fasisme 5. system ekonomi suatu Negara mencerminkan tingkat kepemilikan dan campur tangan pemerintahnya. yaitu : 1. Hal ini penting sebab bisninva akan dipengaruhi oleh system ekonomi dimana bisnis tersebut dijalankan. System ekonomi komunisme 3. Selain itu juga. Ada beberapa system ekonomi. alangkah bijaksananya jika dia mempelajari dahulu system ekonomi dimana bisnis tersebut dijalankan.

com anoraga.gunadarma.Pandji. Jakarta : Rineka Cipta.Pengantar bisnis.//bisnis 2121.//wartawarga.ac.id http. 2007 .DAFTAR PUSTAKA http.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->