P. 1
Cara Membuat Page Presentasi Dengan Flash

Cara Membuat Page Presentasi Dengan Flash

|Views: 980|Likes:
Published by A Ropei Ropei

More info:

Published by: A Ropei Ropei on Feb 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

CARA MEMBUAT PAGE PRESENTASI DENGAN FLASH

Sudah?. Ok kalau sudah sekarang anda buka file yang sudah anda download tadi, sehingga akan terlihat seperti pada gambar diatas. Nah, bagian yang akan kita edit adalah pada bagian yang di tandai dengan kotak warna merah. silakan lihat gambar.

Begitu juga dengan Layer pada frame, yang akan di edit adalah layer name "slides". (lihat gambar)

Sudah cukup jelas bagian-bagian yang akan di edit?. Ok sekarang kita akan memunculkan jedela Library, caranya Klik Window > Library, kemudian setelah jendela Library muncul silakan cari movie

dengan nama "Content Slides" setelah ketemu kemudian double klik, sehingga scene akan berpindah pada scene "Content Slides" dimana pada frame diatas akan terlihat Layer: Title, Paragraph, Layer 5. Nah, sekarang klik pada Layer Title dimana untuk layer Title ini adalah untuk judul setiap halaman layout presentasi. Silakan anda ganti, caranya double klik pada tulisan "Judul Presentasi disini (slide 1)". (lihat gambar)

Sudah?. Ok sekarang kita akan edit paragraf. Caranya klik Layer "paragraph" kemudian double klik paragrap yang ada di layout tadi, caranya sama seperti pada saat mengedit judul presentasi/title. (lihat gambar).

Sudah?. Ok, tadi kita sudah meng-edit judul dan paragrap, nah itu adalah untuk halaman 1. Disini saya membuat 5 halaman untuk anda edit, cara peng-editan-nya sama seperti pada langkah sebelumnya diatas. Namun apabila anda ingin menambahkan beberapa halaman lagi, silakan tambahkan framenya (lihat gambar) dengan menekan F6 pada keyboard pada frame "Title" dan "Paragraph". F5 pada frame "Layer 5". Sampai disini pengeditan selesai.

Cara Membuat Tombol Navigasi dengan Flash 8

Pada tutorial kali ini kita akan membuat tombol navigasi dengan flash, caranya sangat sederhana kamu tinggal mengganti Url/link nya saja. Sebelumnya kamu download open source filenya dulu. Klik Disini untuk mendownload. Langsung saja ya..

Buka file yang sudah kamu download tadi, setelah terbuka kemudian

double klik pada tombol pertama.

Kemudian klik Window > Behaviors, setelah jendela Behaviors muncul kemudian klik tanda (+) pilih Web> Go to Web Page.

Setelah muncul jendela Go to URL, ganti url yang ada dengan url/link yang akan di tuju atau di tampilkan. Kemudian klik Ok. Lakukan langkah yang sama pada tombol kedua dan ketiga. Ganti nama tombol seperti Home, Artikel dan Tip & Trik dengan nama yang sesuai dengan blog kamu. Caranya double klik nama tombol (Home, Artikel dan Tip & Trik) sesuai dengan yang

kamu inginkan. Untuk melihat hasil editan tadi, klik Control >Test Movie. Untuk mempublish menjadi file .swf , klik File > Publish. Selamat mencoba !!

Tutorial Membuat Header Blog Animasi

Pada tutorial kali ini gambar yang di animasikan adalah Header Blog ini hasil editan dengan menggunakan Photoshop dengan ukuran 525 x 120 pixel silakan kamu copy gambar diatas yang nantinya akan di gunakan pada tutorial ini. Untuk selanjutnya apabila sudah paham cara membuat header animasi silakan kamu masukan gambar header blog kamu dengan ukuran sesuai dengan yang kamu inginkan.

Langkah pertama jalankan program macromedia flash 8. Kemudian klik File>New.

Kemudian klik File>Save As, pilih Folder di komputer kamu kemudian masukan nama pada kolom file name dengan nama “Header” lalu klik tombol Save.

Langkah selanjutnya adalah meng-Import gambar hasil editan kamu ke flas, Klik import>Import to stage.

import,

lalu

Kemudian pilih gambar yang akan di klik Ok

Gambar untuk Header berhasil di import

Langkah selanjutnya memasukan gambar kedalam Library, klikanan pada gambar kemudian pilihConvert to Symbol

Kemudian akan muncul jendela seperti ini. Isikan Name dengan “gambar 1, Type pilih Movie Clip, kemudian Klik OK.

Klik icon New Layer. Icon ini berfungsi untuk membuat layer baru pada frame.

Klik Window>Library, untuk memunculkan library.

Library berhasil di tampilkan, klik pada huruf library untuk memunculkan symbol yang tadi telah kita masukan.

Klik Frame/layer kemudian pindahkan symbol kedalam stage dengan cara klik kemudian tahan lalu geser ke stage

Frame masih dalam keadaan terpilih, kemudian geser gambar dengan menekan tanda panah pada keyboard kebawah, kesamping , dan keatas supaya gambar bertumpuk.

Gambar berhasil digeser, tetapi gambar bagian atas terlihat lebih menjorok kebawah di bandingkan gambar bagian bawah (tidak presisi dengan gambar yang di bawah)

Langkah selanjutnya adalah merubah ukuran layout/stage, klik size kemudain akan muncul jendela seperti gambar diatas, isi dimensions dengan width 525 dan height 120. Klik Ok

Kemudian Block kedua gambar, lalu geser dengan menekan tanda panah pada keyboard sampai pas dengan layout.

Gambar berhasil digeser.

Klik

icon

new

layer/frame.

Sekarang kita akan membuat sebuah kotak yang nantinya di jadikan sebagai mask. Klik Rectangle tool

Buat sebuah kotak vertical disamping gambar dengan cara klik pada mouse keudian tahan lalu geser kesamping dan kebawah. Ingat frame/layer yang terpilih harus layer 3

Seperti terlihat pada gambar, kotak berhasil kita buat. Langkah selanjutnya adalah memasukan kotak tadi kedalam library, caranya sama seperti pada langkah sebelumnya : Klik kanan pada kotak, kemudian akan muncul jendela seperti terlihat pada gambar. Kemudian isi kolom Name dengan 1, Type pilih Movie Clip, lalu klik Ok.

Selanjutnya kita akan menggerakkan/menganimasikan kotak tadi ke sebalah kanan. Caranya klik pada frame ke 100 pada layer 3 kemudian tekan shift pada keyboard dan tahan kemudian klik lagi layer 2, dan layer 1. Setelah itu kemudian tekan F5 pada keyboard.

Klik layer 3 kemudian pada frame layer 3 klik kanan pilih Create motion tween. Motion ini berfungsi agar animasi tadi bergerak halus.

Klik pada frame 40 kemudian tekan F6 pada keyboard.

Selanjutnya klik pada frame 100 kemudian tekan F6 pada keyboard, kemudian geser kotak kesebelah kanan.

berhasil

di

Seperti terliahat pada gambar kotak tadi geser kesebelah kanan.

Selanjutnya sekarang kita akan menjadikan kotak tadi menjadi mask. Caranya klik kanan pada layer 3 kemudian pilih

Mask.

Terlihat pada layer muncul icon gembok, artinya kotak tadi sudah menjadi mask, munculkan lagi kotak tadi dengan mengklik icon gembok pada layer.

Selanjutnya sekarang kita akan melihat animasi yang telah kamu buat tadi. Caranya klik Control>Test Movie.

Animasi dimunculkan.

yang

anda

buat

berhasil

Selanjutnya sekarang kita akan mempublish animasi tadi menjadi file .swf, caranya klik File>publish settings

Setelah muncul jendela seperti pada gambar, kemudian pilih flash, pada JPEG quality geser slide ke angka 100, dan klik OK. Sekarang Header animasi yang kamu buat sudah di publish menjadi .swf,untuk melihatnya kamu periksa folder tempat file ini kamu simpan, kemudian klik file Header.swf

Menambahkan Musik Kedalam Layout Presentasi
Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda bagaimana caranya menambahkan musik kedalam layout presentasi yang telah anda buat dengan menggunakan software Flash 8. Caranya sangat mudah sekali, yuk kita mulai saja belajar flash 8-nya. Seperti biasa, sebelumnya anda download dulu file.fla-nya disini

Buka file .fla yang telah anda download tadi dengan menggunakan software flash 8, sehingga akan terlihat seperti pada gambar diatas. Kemudian klik dua kali pada tombol play (lihat gambar).

Maka akan terlihat seperti pada gambar diatas. Selanjutnya klik pada Layer musik (lihat gambar).

Kemudian setelah Layer musik di klik, dilanjutkan dengan meng-klik Frame 1 (lihat gambar). Nah, di frame satu inilah nantinya file musik anda akan di tempatkan. Caranya Klik File > Import > Import to stage... Maka akan muncul jendela Import. Pada Files of type, pilih All formats. Kemudian pilih file musik/mp3 yang akan di import lalu tekan Open. Sehingga hasilnya setelah di Publish akan seperti ini: Ini hanya sebagai contoh saja... selanjutnya silakan masukkan mp3 yang anda suka. Taktiku *Demi kenyamanan, sebaiknya stop dulu musiknya.*

Setelah widget musik tadi selesai di buat, langkah selanjutnya adalah memasukkan widget tersebut kedalam layout presentasi flash anda. Caranya copy widget musik yang sudah di buat tadi, kemudian paste pada frame layout presentasi anda. sebagai contoh lihat gambar dibawah:

Membuat Tulisan Bergerak

Tulisan bergrak biasanya banyak digunakan pada header sebuah blog, layout presentasi, website flash dan lain-lain. Mungkin diantara Anda sudah pernah melihatnya, namun yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana sih cara membuat tulisan bergerak dengan menggunakan software flash??. Ok, jika Anda belum tahu cara membuatnya, pada tutorial flash kali ini saya akan coba membongkar rahasianya :D Yuk langsung saja kita mulai belajar flashnya.

Langkah pertama silakan Anda buka/jalankan software flash Anda, kemudian buat sebuah tulisan dengan menggunakan Text Tool. Sebagai contoh pada tutorial ini saya buat tulisan "Selamat Datang" (lihat gambar).

Langkah selanjutnya, setelah Anda membuat tulisan tadi. Kemudian pada Layer, buat sebuah frame pada frame ke 100, kemudian tekan F5 pada keyboard atau klik kanan pada mouse > Insert Frame.

Nah, setelah Anda membuat frame, kemudian anda geser slide yang berwarna merah ke frame 1 (lihat gambar). Kemudian tulisan "Selamat Datang" yang sudah dibuat tadi, Anda geser ke atas dengan cara menekan tanda panah pada keyboard. (lihat gambar).

Sudah?. Kalau sudah, sekarang klik kanan lagi pada frame tadi kemudian pilih Create Motion Tween. (lihat gambar). Dimana tujuan dari Motion Tween ini adalah untuk memperhalus gerakan tulisan "Selamat Datang" tadi.

Nah ini yang paling penting. Sebelumnya posisikan dulu slide yang berwarna merah tadi pada posisi frame 1. Kemudian geser pada frame 15 kemudian tekan F6 pada keyboard lalu geser juga tulisan "Selamat Dtang" ke arah bawah. Geser lagi slide yang berwarna merah tadi ke frame 35 kemudian tekan F6, lalu geser lagi tulisan "Selamat Datang" ke atas, tapi jangan terlalu atas, secukupnya saja. Terakhir, geser lagi slide berwarna merah ke frame 55 kemudian tekan F6. geser lagi juga tulisan "Selamat Datang" ke arah bawah, pada posisi seperti pada frame 15. Kemudian supaya animasi tulisan "Selamat Datang" tadi temponya lebih cepat, isikan angka 30 pada kotak Frame rate.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->