P. 1
pembentukan muka bumi

pembentukan muka bumi

|Views: 866|Likes:
Published by efi adriyani

More info:

Published by: efi adriyani on Feb 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2013

pdf

text

original

TUGAS GEOGRAFI

´Sejarah terbentuknya bumi & perkembangannyaµ perkembangannyaµ

KELOMPOK 3;
Efi

AdrIyani M. Iqbal F Putra Rocky Septiadi Gusti Hermawan S.P Monalisa Sianipar Riowati

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan rahmattugas geografi ini dengan baik. baik. Kami mohon maaf atas kekurangan-kekurangan yang kekuranganada dalam tugas kami. kami. Dalam tugas ini kami membahas tentang proses terbentuknya bumi dan perkembangannya. perkembangannya. Akhir kata, semoga tugas ini dapat berkenan dan kata, bermanfaat bagi yang membacanya. membacanya. Batam, 28 Agustus 2009 penulis

A. PROSES TERJADINYA BUMI
Bumi tempat kita tinggal merupakan suatu planet yang terdapat dalam tata surya yang telah berjuta-juta tahun yang lalu (4,6 milyar). berjutamilyar). Berikut ini merupakan beberapa hipotesis terjadinya bumi dan tata surya : 1. Hipotesa Kabut (oleh kant dan laplace) laplace) Hipotesis yang sering dinamakan solar nebula ini merupakan hipotesis yang paling tua dan paling terkenal. Baik Immanuel Kant (1724-1804) maupun terkenal. (1724Pierre Laplace (1748-1827) mempunyai hipotesis yang hampir sama tentang (1748terbentuknya tata surya dan alam semesta. semesta. Hipotesis tersebut mengatakan bahwa matahari, planet-planet beserta satelitmatahari, planetsatelitsatelitnya terbentuk dari zat-zat yang pada mulanya berupa gumpalan awan zatgas yang mengembun atau kabut (nebula) dalam keadaan berputar (rotasi) rotasi) berbentuk seperti cakram, akibat gaya tarik sesama partikel-partikel, maka cakram, partikel-partikel, pusat nebula mengalami kondensasi yang kelamaan menjadi matahari dan bagian kabut dan sekitarnya menjadi planet-planet dan satelitnya. planetsatelitnya. 2. Hipotesis Planetisimal (Oleh Chamberlain dan Moulton) Hipotesa ini dikemukakan oleh TC. Chambelain dan FR. Moulton berasal dari Amerika. Amerika. Teori tersebut mengatakan bahwa matahari dan bintang lainnya pada suatu saat melintas sangat dekat satu dengan lainnya. Akibatnya terjadilah lainnya.

semacam pasang dan gas yang besar ditarik oleh matahari. Karena adanya matahari. pasang surut itu, maka gas-gas tersebut berputar mengelilingi matahari, lalu itu, gasmatahari, mulai mengalamai penurunan suhu dan memadat dan membentuk partikelpartikelpartikel keras dalam ukuran yang berbeda yang disebut planetisimal. planetisimal. 3.Hipotesa pasang surut gas (oleh James dan Jeffries) (oleh Menurut hipotesis ini pada suatu saat sebuat bintang yang hampir sama besarnya dengan matahari melintas didekat matahari. Hal ini menimbulkan matahari. pasang pada matahari, pasang itu berbentuk seperti cerutu yang sangat besar. matahari, besar. Kemudian bergerak mengelilingi matahari dan mengalami perpecahan menjadi sejumlah butir-butir kecil. butirkecil. 4.Hipotesis peledakan bintang (oleh Fred Hoyle) Teori ini dikemukakan oleh ahli astronomi inggris Fred Hoyle pada tahun 1956. kemungkinan matahari memiliki sebuah bintang (matahari juga bintang) bintang) dan pada mulanya berevolusi satu sama lain. Ada juga diantaranya yang memadat dan mungkin terjerat ke dalam orbit keliling matahari. matahari. Banyak bintang meledak akan bebas di ruang angkasa. Teori ini didukung angkasa. banyak ahli astronomi, karena banyak bintang kembar memang ternyata ada. astronomi, ada. Keberatan terhadap teori ini adalah kebanyakan bintang di dalam 25thn cahaya matahari, agak serupa dengan matahari dan sangat stabil. matahari, stabil. 5.Hipotesis kuiper (awan debu/proto planet) debu/proto Astronom bernama Gerald P.Kuiper (1905-1973) mengemukakan bahwa alam (1905semesta terdiri dari formasi bintang-bintang. Menurutnya, 2 pusat yang bintang-bintang. Menurutnya, memadat berkembang dalam suatu awan antar bintang dari gas hidrogen. hidrogen.

Pusat yang satu lebih besar dari pada pusat yang lainnya dan kemudian memadat menjadi bintang tunggal yaitu matahari. Peristiwa berikutnya, kabut menyelimuti pusat yang labih kecil yang disebabkan oleh adanya gaya tarik dari massa yang lebih besar. Gaya ini menyebabkan awan yang lebih kacil terpecah pecah menjadi awan-awan yang lebih kecil lagi disebut awanPROTOPLANET. Setelah suatu periode waktu yang lama, protoplanet tersebut menjadi planet-planet seperti yang kita lihat skg ini. Jika ke-2 planetkeawan itu mempunyai ukuran yang sama, maka akan terbentuk bintang ganda. Formasi bintang ganda sangat sering terjadi di alam semesta.

B.SEJARAH PERKEMBANGAN MUKA BUMI
Menurut para ahli geologi, sebenarnya peleburan alur-alur dasar geologi, alursamudra, gerakansamudra, gerakan-gerakan benua, pola seismik dunia, dan pola benua, dunia, kegiatan vulkanik merupakan bagian dari 1 desakan energi dari perut bumi. Permukaan planet bumi terdiri dari 6 bumi. bentangan besar lempeng benua yang bersifat keras, tetapi keras, sebenarnya tipis bila di banding dengan ukuran bola bumi. bumi. Ukuran yang paling tebal tidak mencapai 150km. LempenganLempenganlempengan bumi ini juga disebabkan oleh desakan hebat dari energi yang dikeluarkan dari perut bumi

BERIKUT INI TEORI TENTANG GERAKAN BENUA YANG DISAMPAIKAN OLEH BEBERAPA AHLI.
1.Teori kontraksi (oleh descartes) descartes) Menurut Rene Descartes (1596-1650), bumi kita makin susut & (1596mengkerut karena pendinginan. Karena itu, terjadilah gunungpendinginan. itu, gununggunung & lembah-lembah. Teori ini tidak mendapat dukungan dari lembah-lembah. para ahli geologi. geologi. 2.Teori kontraksi(oleh Edward Suess) kontraksi( Suess) Edward suess (1831-1914) melanjutkan teori descartes. Akan tetapi, (1831descartes. tetapi, suess menyatakan bahwa persamaan geologi yang terdapat di Amerika Selatan, India, Australia, dan Antartika disebabkan oleh bersatunya daratandaratan-daratan itu pada awal mulanya yang merupakan 1 benua disb benua Gondwana yang sekarang tinggal sisa-sisanya saja karena sisatenggekam di bawah permukaan laut. Ia tidak setuju dgn pendapat laut. yang mengatakan bumi telah berkembang melalui serangkaian bencana alam, kecuali daerah seismik dimana gempa bumi sering alam, terjadi. terjadi.

3.Teori apungan dan pergeseran benua (oleh Alfred Lothar Wegener) A.L Wegener (1880-1930) menurutnya, benua-benua yang sekarang (1880menurutnya, benuaini, ini, dahulunya (sekitar 250jt tahun yang lalu) adalah 1 benua yang lalu) disebut benua Pangea, yang berarti ´seluruh daratanµ. Benua tunggal Pangea, daratanµ. itu mulai memecah karena gerakan benua besar di selatan baik ke arah barat maupun ke utara menuju khatulistiwa. Kira-kira 135jt tahun khatulistiwa. Kirayang lalu pangea terbelah menjadi 2 daratan utama, yakni laurasia di utama, utara dan gondwana di selatan. Ke-2nya secara perlahan terpisah selatan. Kesampai 65jt tahun bentuk benua yang kita kenal skg mulai terbentuk. terbentuk. BenuaBenua-benua tersebut terus bergerak hingga posisinya sampai sekarang 4.Teori konveksi Teori ini mengemukakan bahwa terjadi aliran konveksi ke arah vertikal didalam lapisan astenosfer yang agak kental. Merambat kedalam kental. kerak bumi yang di atasnya sehingga menyebabkan batuan kerak bumi menjadi lunak. Gerak aliran dari dalam mengakibatkan lunak. permukaan bumi menjadi tidak rata.

5.Teori pergeseran dasar laut Dikemukakan oleh Robert diesz . Penyelidikan umur sedimen dasar laut mendukung teori tersebut, yaitu makin jauh dari punggung dasar tersebut, laut umurnya makin tua. Hal itu berarti ada gerakan yang arahnya tua. dari punggung dasar laut. Beberapa contoh punggung dasar laut laut. adalah East Pasific Rice, Mid Atlantic Ridge, dan Pasific Atlantic Ridge. 6.Teori lempeng tektonik Teori ini merupakan teori yang meyempurnakan teori_teori sebelumnya. sebelumnya. Kerak bumi terbagi menjadi lempengan-lempengan. Lempeng adalah lempengan-lempengan. lembaranlembaran-lembaran raksasa yang berwujud kerak benua dan kerak samudra yang bergerak mengapung di permukaan bumi. Tektonik bumi. lempenglempeng adalah sebuah teori yang meninjau bagaimana lempenglempeng tersebut terpisah, bergerak dan bertumpukan sehingga terpisah, membentuk rupa muka bumi seperti sekarang. Teori tektonik ini sekarang. menunjukan bahwa kerak bumi itu terpecah-pecah seperti kulit telur terpecahyang retak. retak.

C. KARAKTERISTIK PELAPISAN BUMI
Bumi memiliki beberapa lapisan , mulai dari lapisan batuan terluar (litosfer) tempat kita tinggal hingga litosfer) lapisan inti besi pada bagian terdalamnya. Secara terdalamnya. struktur lapisan bumi dibagi menjadi 3, lapisan utama, utama, yaitu kerak bumi(crush), selimut(mantle), bumi(crush), selimut(mantle), dan inti(core). Struktur lapisan bumi seperti itu inti(core). mirip dengan telur, yaitu cangkangnya ibarat kerak, telur, kerak, putih telur sebagai selimut, dan kuning telur sebagai selimut, inti. inti.

1.Kerak Bumi Litosfer merupakan lapisan kulit bumi yang paling luar, dengan ketebalan rata-rata sekitar 1200km. Lapisan ini terdiri atas lapisan ratasial dan sima a.Lapisan sial Lapisan ini merupakan lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium dalambentuk SiO2 dan AL2O3. dalam lapisan ini antara lain terdapat batuan sedimen ,granit,andesit,metamorf,dll. Lapisan sial disebut juga lapisan kerak yang bersifat padat dan kaku. b.Lapisan sima Merupakan lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam-logam logamsilisium dan magnesium dalam bentuk SiO2 dan MgO. Lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium.

2.Selimut Atau Selubung Merupakan lapisan yang letaknya dibawah lapisan kerak bumi. Tebal bumi. selimut bumi mencapai 2.900km dan merupakan lapisan batuan padat. padat. Suhu dibagian bawah selimut mencapai 3.000·c, tetapi tekanannya belum mempengaruhi kepadatan batuan. Lapisan selubung atau mantel batuan. bersifat plastis dan pijar. Lapisan ini disebut juga mesosfera dengan pijar. ketebalan 1.700km, yaitu mulai dari kedalaman 1200km sampai 2900km.

3.Inti Bumi Merupakan lapisan paling dalam dari struktur bumi. Lapisan ini bumi. dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Inti luar dalam. tebalnya sekitar 200km yang terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2.200·c. inti dalam yang merupakan bagian paling dalam dari lapisan bumi adalah inti bumi (core) yang berbentuk bola dengan diameter sekitar 2.700km. Inti bumi sering disebut juga dengan nife karena terdiri atas nikel (Ni) dan besi (Fe) yang bersifat padat dengan suhu mencapai 4.500·c. inti bumi beserta lapisan inti luarnya dinamakan barisfera

D.HUBUNGAN TEORI LEMPENG TEKTONIK, PERSEBARAN GUNUNG API, DAN GEMPA BUMI
Lempeng adalah lembaran-lembaran raksasa yang berwujud kerak benua lembarandan kerak samudera yang bergerak mengapung di permukaan bumi. Tektonik lempeng adalah teori yang meninjau bagaimana lempenglempenglempeng tsb terpisah, bergerak, dan bertumbukan sehingga membentuk roman muka bumi. Batas antara ke2 lempeng dsb sesar. Ketika sesar menggelincir dan melepas tegangan, terjadilah gempa bumi. Gempa besar di dasar samudra kemungkinan besar memicu gelombang tsunami. Adanya tabrakan antar lempeng menyebabkan salah satu dari lempeng tsb longsor jauh kedalam bumi. Suhu yangsangat tinggi melelehkan lempengan sehingga menghasilkan magma. Di banyak tempat magma tsb kemudian muncul melalui retakan di permukaan bumi dan membentuk gunung api.

1.Sistem sunda (dimulai dari Arakan Yoma di Myanmar, sampai kePulau Banda di Maluku. Panjangnya kurang lebih 7000km). Meliputi; a. Busur Arakan Yoma, berpusat di Shan (Myanmar) b. Busur Andaman Nicobar, berpusat di Mergui c. Busur Sumatra-Jawa, berpusat di Anamba Sumatrad. Busur banda, berpusat di Banda e. Busur Kepulauan Nusa Tenggara, berpusat di Flores 2.Sistem Busur Tepi Asia(dimulai dari Kamsyatku melalui Asia(dimulai Jepang, Filipina, Kalimantan, dan Sulawesi). Di Filipina busur bercabang 3 terdiri atas; a. Cabang pertama, dari pulau Luzon melalui pulau Palawan ke Kalimantan Utara. b. Cabang kedua, dari pulau Luzon melalui pulau Samar ke Mindanau dan Kepulauan Sulu ke Kalimantan Utara. c. Cabang ketiga, Dari pulau Samar ke Mindanau, Sangihe, ke Sulawesi

3. Sistem Sirkum Australia (dimulai dari selandia baru melalui Kaledonia baru ke Irian.) bagian utara dari sistem ini bercabang Irian.) 2, yaitu; yaitu; a. Dari ekor pulau Irian melalui bagian tengah sampai pegunungan Charleslois di sebelah barat. barat. b. Dari kepulauan Bismarck melalui pegunungan tepi utara Irian sampai ke kepala burung menuju Halmahera. Indonesia adalah daerah pertemuan rangkaian pegunungan sirkum Mediterania dan rangkaian pegunungan sirkum Pasifik dengan proses pembentukan pegunungan yang masih berlangsung. berlangsung.

Pada peta gempa ada 3 macam garis berikut:

Homoseista, ialah garis yg menghubungkan tmpat^ yg dilalui gempa pd waktu yg sama. Isoseista, ialah garis yg menghubungkan tempat^ yg dilalui oleh gempa yg sama intensitasnya Pleistoseista, ialah garis yg mengelilingi daerah yg mendapat kerusakan terhebat dari gempa bumi.

Dilihat Dilihat dari intensitasnya, ada 2 macam gempa: 1.macroseisme(gempa 1.macroseisme(gempa yang intensitasnya besar dan dapat diketahuitanpa alat) alat) 2.microseisme(gempa 2.microseisme(gempa yang intensitasnya kecil sekali dan hanya dapat diket dengan menggunakan alat saja) saja) Menurut sebab terjadinya, gempa dibedakan menjadi 3 macam: 1.Gempa tektonik 2.Gempa vulkanis 3.Gempa tektonik

SELESAI
TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->