Landasan Pemikiran dan Sifat Dasar

Komunikasi Bisnis

atau dalam satu atau beberapa bidang untuk mempengaruhi perilaku organisasi   Komunikasi bisnis merupakan suatu ajakan yang alami dan menggambarkan upaya untuk mempengaruhi perilaku dalam organisasi. produk dsb yang ditujukan kepada berbagai kelompok yang memiliki kekuatan untuk merekomendasi atau melakukan keputusankeputusan pembelian . manusiawi.1976) Kemampuan berkomunikasi menunjukkan keberhasilan seseorang dalam mengirim pesan-pesan secara jelas.Pengertian dan Cakupan Komunikasi    Communication is defined as the process of sending and receiving messages (Baird & Stull. diantara sekelompok kecil masyarakat. dan efisien. Presentasi bisnis adalah presentasi lisan yang dilakukan oleh orang-orang yang tertarik dengan penjualan gagasan. Bidang komunikasi bisnis meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan dalam suatu organisasi di antara dua orang. proses-proses program.

bawahan dan penyelia (supervisor). . mengurangi permusuhan. Tujuan lain komunikasi adalah mengevaluasi perilaku secara efektif. Lebih jauh lagi. Komunikasi berguna untuk merangsang minat.DASAR PEMIKIRAN KOMUNIKASI     Salah satu tujuan komunikasi adalah memberikan informasi kepada para klien. komunikasi bertujuan untuk mempengaruhi orang lain. kolega. Sedang tujuan lainnya adalah diberi informasi. Komunikasi dalam organisasi ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. dan menggerakkan karyawan untuk melakukan suatu tugas atau mendidik perilaku. serta kepada atasan.

dan konteks. Konteks Gangguan Umpan depan Pesan Sumber Encoding Saluran Decoding Penerima Umpan balik Gambar Proses Komunikasi . penguraian sandi. penyandian.KOMPONEN-KOMPONEN KOMUNIKASI :sumber. penerima. pesan. umpan balik. gangguan. saluran umpan depan.

seperti InggrisAmerika dan mengirimkan simbol melalui saluran-saluran (seperti gelombang suara dan rangsangan visual) yang akan dipahami oleh penerima. Sumber (komunikator) adalah pemrakarsa suatu pesan. . Penyadian atau penulisan sandi adalah suatu proses atau tindak penyeleksian simbol-simbol yang mewakili pikiran seseorang. Sebuah sumber memilih sandi verbal atau non verbal.

Penerima adalah orang yang menerima simbol-simbol Umpan balik adalah setiap pesan verbal atau non verbal yang dikirimkan kembali kepada sumber yang berhubungan dengan pesan sumber. . Gangguan adalah setiap faktor yang mengubah atau mencampuri penerimaan yang jelas. Konteks meliputi kondisi fisik dan kondisi lain yang melingkupi tidakan komunikasi.  Umpan depan adalah informasi pengantar mengenai komunikasi masa mendatang yang meliputi pesan-pesan verbal. Penguraian sandi adalah suatu proses pemberian arti terhadap simbol-simbol yang diterima.

PRINSIP DASAR KOMUNIKASI          Komunikasi tidak mungkin dihindari Sebagian besar komunikasi adalah nonverbal Konteks mempengaruhi komunikasi Arti pesan terdapat pada orang-orang. bukan dalam kata-kata Komunikasi tidak dapat diubah Gangguan mempengaruhi komunikasi Komunikasi adalah sirkuler Pentingnya menciptakan dasar permufakatan Komunikasi memiliki efek .