Agama Islam

Pengertian Agama: Agama: 
 Bhs Indonesia: dari kata gam (bhs sansekerta) yang artinya pergi, Indonesia: agama berarti jalan. Bhs Arab: dari kata ³din´ yang artinya: Arab:

1. 2. 3. 4. 

Keberhutangan Kepatuhan Kekuasaan bijaksana Kecenderungan alami atau tendensi
Bhs Inggris: the biliefe in the existence of supranatural ruling power, Inggris: the creator and the controller of the universe

Unsur-unsur Agama: UnsurAgama:
1. 2. 3. Keyakinan (credial) Peribadatan (ritual) Sistem nilai

Dari segi misi penyebarannya: a. Agama Non Wahyu (bumi/ardhi) 2. Agama Missionari b.Jenis Agama: 1. Agama Wahyu (langit/samawi) b. Dari segi sumbernya: a. Agama Non Missionari .

Perbedaan antara agama wahyu dan agama non wahyu Agama wahyu  Bersumber pada firman Tuhan  Bersifat monoteis  Penamaan agama tersebut berasal dari wahyu  Berlaku universal untuk seluruh umat manusia Agama Non Wahyu  Bersumber pada pemikiran seseorang  Bersifat politeis  Penamaan agama tersebut dikaitkan dengan pendiri atau tempat asal agama tersebut  Berlaku lokal hanya untuk suatu masyarakat tertentu .

Nabiyakni Nabi Muhammad ibn Abdullah.Pengertian Agama Islam Kata ³Islam´ berasal dari aslama-yuslimu-islaman yang secara aslama-yuslimuetimologis (bahasa) berarti:  Bersih dan selamat dari segala bentuk kekurangan atau cacat lahir batin. baik spiritual maupun material . suatu kaidah hidup yang memuat tuntunan yang jelas dan lengkap mengenai aspek hidup manusia. Islam mengandung makna perdamaian dan keselamatan. Sedangkan secara terminologis (istilah): Islam adalah kaidah hidup yang diturunkan kepada manusia sejak manusia digelarkan ke muka bumi dan terbina dalam bentuknya yang terakhir dan sempurna dalam al-Qur¶an yang alsuci yang diwahyukan Tuhan kepada Nabi-Nya yang terakhir. tunduk dan taat.  Perdamaian dan keamanan.  Menyerahkan diri.

Kedudukan Agama Islam:    Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw adalah wahyu Allah Swt yang terakhir untuk manusia. Agama Islam yang diturunkan kepada nabi-nabi nabisebelumnya tidak selengkap wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Ruang Lingkup Ajaran Islam:    Aspek keyakinan yang disebut aqidah Aspek norma atau hukum yang disebut syariah Aspek perilaku yang disebut akhlak. Agama ini sudah sempurna dan senantiasa sesuai dengan tingkat perkembangan manusia sejak diturunkannya. .

2.Kesalahpahaman terhadap Islam 1. obyektif dan rasional. . subyektif dan irrasional dan ilmu pengetahuan dipandang sebagai dinamis. Keduanya seringkali ditempatkan pada titik yang berseberangan. Di satu sisi agama dipandang sebagai hal yang statis. Kesalahpahaman terhadap ajaran Islam: Islam Islam: sering dipandang secara sempit sebagai agama yang berisi ibadah ritual saja. Kesalahpahaman tentang Islam dan Ilmu Pengetahuan: Pengetahuan: Agama dan ilmu pengetahuan merupakan dua hal yang sering disalahpahami.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful