P. 1
WACANA

WACANA

|Views: 571|Likes:
Published by 15081991mybirthday

More info:

Published by: 15081991mybirthday on Feb 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2013

pdf

text

original

WACANA wacana adalah rentetan kalimat yang berkaitan yang menghubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang

lain dan membentuk satu kesatuan. Atau : satuan bahasa yang terlengkap yang mempunyai kohesi dan koherensi dan berkaitan dengan konteks tertentu, yang dapat disampaikan secara lisan (wacana lisan) dan tertulis (wacana tulis). Contoh : Kekerapan pemakaian sebuah kata hampir tidak dapat diramalkan karena hal itu amat bergantung pada perkembangan kebutuhan dan cita rasa masyarakat pemakainya. Bisa jadi sebuah kata yang dulu amat kerap digunakan, kini hampir tak terdengar lagi dan pada masa yang akan datang mungkin kata itu akan hilang dari pemakaian”. Unsur wacana : kalimat,frase,moerfem, fonem, situasi ruaang, dan waktu pemakaian Macam-macam wacana: Berdasarkan fungsi bahasa a. Wacana ekspresif, apabila wacana itu bersumber pada gagasan penutur atau penulis sebagai sarana ekspresi, seperti wacana pidato; b. Wacana fatis, apabila wacana itu bersumber pada saluran untuk memperlancar komunikasi, seperti wacana perkenalan pada pesta; c. Wacana informasional, apabila wacana itu bersumber pada pesan atau informasi, seperti wacana berita dalam media massa; d. Wacana estetik, apabila wacana itu bersumber pada pesan dengan tekanan keindahan pesan, seperti wacana puisi dan lagu; e. Wacana direktif, apabila wacana itu diarahkan pada tindakan atau reaksi dari mitra tutur atau pembaca, seperti wacana khotbah. (2) Berdasarkan saluran komunikasinya, wacana dapat dibedakan atas; wacana lisan dan wacana tulis. Wacana lisan memiliki ciri adanya

Sedangkan wacana tulis ditandai oleh adanya penulis dan pembaca. merasakan. Semilir angin yang membawa keharuman humus membelai-belai rambut dan kulit kami sehinggaenyahlah kepenatan kami. Dalam karya fiksi seperti cerpen dan novel. dan alih tutur yang menandai giliran bicara. Contoh wacana deskripsi banyak terdapat dalam karangan fiksi seperti cerpen. Dalam wacana ini unsur pancaindria yang dilibatkan.45. kejadian-kejadian atau peristiwa. Narasi= cerita. mencicipi. Tiba di sekolah pukul 7. dalam wacana ini pengarang mengekspresikan idenya dengan cara menceritakan sesuatu kejadiaan yang dialami tokoh. berita. Contoh wacana narasi banyak dijumpai dalam karya fiksi dan nonfiksi. atau novel walaupun keberadaannya tidak dominan. dan autobiografi. bahasa yang dituliskan dan penerapan sistem ejaan. dalam wacana ini pengarang mengekspresikan idenya dengan cara melukiskan sesuatu sehingga pembaca merasa melihat. Nyaman sekali kami duduk-duduk di sana ketika matahari terik bulan Mei menerpa.bahasa yang dituturkan. (3) Wacana dapat pula dibedakan berdasarkan cara pemaparannya. waktu kejadian menjadi ciri yang terpenting. tempat kejadian. Dalam wacana ini unsur tokoh atau pelaku peristiwa. Dan ketika masuk ke ruang Bahasa Inggris saya dilarang masuk karena waktu toleransi untuk yang . yaitu: 1) 2) Deskripsi = lukisan. sehingga saya ditegur oleh guru piket. Misalnya : Kami duduk di bangku yang berada di bawah pohon beringin rimbun menghijau yang akar-akarnya sudah menjuntai ke tanah menandakan usianya sudah tua. atau mencium sesuatu yang pengarang sampaikan. biografi.penutur dan mitra tutur. Misalnya : Saya datang terlambat ke sekolah hari ini karena bangun kesiangan. dalam karya nonfiksi seperti sejarah. mendengar.

tesis. skripsi. dan kejadian-kejadiannya adalah datang terlambat ke sekolah. bumi. ditegur guru piket.45. seperti artikel. penelitian penulis sendiri ataupun orang lain. makalah. "Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka.29: 61)." (QS Al-Ankabut. wawancara.' Maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar). tidak boleh masuk ke ruang Bahasa Inggris. yaitu rumah. dan disertasi. Keyakinan terhadap keesaan Allah bukan sekadar mengakui Allah sebagai pencipta langit. penulis menyertakan alasan dan bukti yang dapat berupa data. Sumber : Republika: Jumat. 16 November 2007. Tergambar dalam firman-Nya. Hikmah oleh Yusuf Burhanudin KALIMAT MAJEMUK . ada waktu yaitu hari ini. fakta. kajian. Berdasarkan contoh di atas kita melihat ada pelaku peristiwa yaitu saya. 'Allah. 'Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?' Tentu mereka akan menjawab. bangun kesiangan. pukul 7. Contoh wacana ini banyak dijumpai pada karya ilmiah. Misalnya : Maraknya aliran sesat hendaknya membuat kita waspada untuk membentengi diri dengan pemahaman akidah tauhid yang benar. Inti tauhid tidak terlepas dari dua dimensi keimanan: meyakini tiada tuhan selain Allah Swt dan mengikrarkan diri bahwa Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. dan seisinya. ada tempat kejadian. Pendapat penulis ini pada umumnya berasal dari hasil pengamatan. atau hasil analisisnya dengan cara melampirkannya dalam tulisan tersebut. Argumentasi = pendapat. Agar pendapat tersebut diterima oleh pembaca.3) kesiangan sudah habis. dan sekolah. yaitu jenis karangan yang di dalamnya terdapat pernyataan-pernyataan atau pendapat penulis.

Kalimat majemuk rapatan predikat.Kalimat majemuk adalah struktur kalimat yang didalamnya terdiri dari dua kalimat tunggal atau lebih. Pembentukan kalimat majemuk ada yang memerlukan kata penghubung ada pula yang tidak. ? Hal tersebut terjadi karena kata-kata yang dirapatkan pada bagianbagian kaliamat itu memiliki fungsi yang sama. 2. Contoh : . Kalimat Majemuk Rapatan ? Kalimat majemuk rapatan adalah kalimat majemuk setara yang bagian-bagiannya dirapatkan. ? Perapatan dilakukan dengan menghilangkan salah satu fungsi kalimat yang sama. Kalimat majemuk pemilihan ditandai dengan kata sambung atau. Kalimat majemuk penjumlahan ditandai dengan kata sambung lalu. Kalimat majemuk rapatan subjek Contoh : Pak Adi guru mengaji. dan. kemudian menulis surat. Kalimat Majemuk Setara Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk dimana hubungan antar unsur-unsurnya sederajat. lagi. Contoh : Kakak membaca buku. 2. Pak Adi guru mengaji dan ketua RT. 1. Kalimat majemuk setara terdiri dari : 1. kemudian. melainkan. Contoh : Ibu membeli ikan atau ayam. Contoh : Ayah tidak pergi ke kantor melainkan ke rumah sakit. Kalimat majemuk dapat dibentuk dari paduan beberapa buah kalimat tunggal. Kalimat majemuk pertentangan ditandai dengan kata penghubung tetapi. Pak Adi ketua RT. 3.

Contoh : Sore hari kakak menyiram bunga. 2. Galih pandai bermain bola. bagaikan. oleh karena Contoh : Amir tidak masuk sekolah karena sakit. Kalimat majemuk hubungan penjelasan. ditandai dengan kata sambung sehingga. ditandai dengan kata penghubung jika. Kalimat majemuk hubungan penyebabab. ditandai dengan kata sambung bahwa. sampai-sampai. ? Unsur lainnya sebagai anak kalimat. . Sore hari kakak menyiram bunga dan adik menyapu halaman. Jenis-jenis kalimat mejemuk bertingkat : 1. Kalimat majemuk rapatan keterangan. 6. Kalimat majemuk hubungan akibat. daripada. Contoh : Jika tidak hujan. Kalimat majemuk hubungan pengandaian. maka. ditandai dengan kata sambung ibarat. yaitu. Contoh : Sari dapat mempertahankan prestasinya dengan cara berlatih dengan giat. 5. Kalimat majemuk hubungan perbandingan. ditandai dengan kata sambung dengan. andaikan. 3. seandainya. Kalimat majemuk hubungan cara. ditandai dengan kata sambung sebab. seperti. ? Salah satu unsurnya sebagai induk kalimat.Kiki pandai bermain bola. Kiki dan Galih pandai bermain bola. Contoh : Ia bekerja terlalu keras sehingga jatuh sakit. Kalimat Majemuk Bertingkat ? Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang hubungan antar unsur-unsurnya tidak sederajat. karena. laksana. Sore hari adik menyapu halaman. 3. 4. saya akan datang ke rumahmu. Contoh : Doni lebih senang bermain sepakbola daripada bermain basket.

7.Contoh : Pak Madi telah menggemburkan tanah. semasa. ? Kalimat majemuk campuran dibentuk sekurang-kurangnya oleh tiga kalimat tunggal. ditandai dengan kata sambung ketika. yaitu dengan mencangkul tanah itu sampai kedalaman 10 centimeter. ? Contoh : Adik selesai mengerjakan PR ketika ayah datang dari kantor dan ibu selesai memasak. Contoh : Ibu selesai memasak ketika saya pulang sekolah. KALIMAT MAJEMUK CAMPURAN ? Kalimat majemuk campuran merupakan gabungan dari kelimat majemuk setara dengan kalimat majemuk bertingkat. Inti atau ide pokok paragraf merupakan gagasan yang secara struktural maknawi membawahkan gagasan yang lain . sewaktu. Kalimat majemuk hubungan waktu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->