P. 1
PASAR MONOPOLI

PASAR MONOPOLI

|Views: 382|Likes:
Published by Bagus Aditya

More info:

Published by: Bagus Aditya on Feb 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

PASAR MONOPOLI

Pengertian Pasar Monopoli Suatu bentuk pasar dimana hanya ada satu persaingan saja. Dan pasar ini menghasilkan barang pengganti yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat .

Karakteristik Pasar Monopoli • Pasar Monopoli adalah Industri Satu perusahaan • Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip • Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri • Dapat Mempengaruhi Penurunan Harga • Promosi Iklan Kurang Diperlukan .

Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Modal • Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki ole perusahaan lain. • Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang. . pemerintah member hak monopolu kepada perusahaan tersebut. • Perusahaan monopoli pada umumnya memiliki skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang tinggi.

Memiliki Sumber Daya Unik Pemilikan suatu sumber daya yang unik yang tidak dimiliki orang atau perusahaan lain. Yang memiliki kemampuan unik merekalah yang akan di bayar lebih mahal .

Keadaan seperti ini berarti suatu perusahaan hanya akan menikmati skala ekonomi yang maksimal apabila tingkat produksinya dalam sekala besar. .Dapat Menikmati Sekala Ekonomi Produksi yang efisien hanya dapat dilakukan apabila tingkat produksinya sangat besar dan meliputi hampir seluruh produksi yang ada dalam pasar.

Antara lain : • Peraturan Patent dan Hak Cipta (Copy Rights) • Hak Usaha Eksekulisif Kekuasaan Monopoli yang diperoleh Melalui Jalur Pemerintah .Didalam undang-undang pemerintah yang mengatur kegiatan perusahaanperusahaan terdapat beberapa peraturan yang akan memuwujudkan kekuasanaan monopoli.

Peraturan Patent dan Hak Cipta (Copy Rights) Hak cipta atau copy rights merupakan bentuk lain dari hak patent. . yaitu merupakan suatu jaminan hukum untuk menghindari penjiplakan.

. PLN dan angkutan kereta api.Hak Usaha Eksekulisif Memberikan hak monopoli pada perusahaan tertentu dalam suatu kegiatan tertentu dan menentukan harga/tariff yang rendah atas barang atau jasa yang diproduksikan apabila perusahaan tersebut mencapai tingkat produksi yang sangat tinggi Contoh : PAM.

PRODUKSI. makin sedikit jumlah yang diminta Sifat ini menyebabkan kurva permintaan keatas suatu barang adalah bersifat menurun dari kiri atas kekanan bawah. dan harga penjualan semakin rendah apabila produksinya semakin banyak. Berarti suatu monopoli akan memperoleh harga penjualann yang tinggi apabila produksinya sedikit. .HARGA DAN PENJUALAN Sifat umum permintaan barang : * makin tinggi harga suatu barang.

harga tidak berubah. .Permintaan bersifat elastis sempurna (kurva permintaan sejajar dengan sumbu datar) dan sebabnya adalah karena berapapun produksi yang dijual pemerintah. Sebaga akibatnya harga = hasil penjualan marjinalyaitu P =MR.

. harga akan selalu tinggi dari hasil penjualan marjinal. Sebagai akibatnya dalam monopoli.Permintaan yang dihadapi oleh monopoli adalah berbeda dengan yang dihadapi oleh suatu perusahaan dalam persaingan sempurna.

Prinsip penentuan pemaksimuman keuntungan berdasarkan pendekatan : • biaya total • biaya marjinal dan hasil penjualan marjinal Memaksimumkan Keuntungan Pasar Monopoli .

Harga dan Hasil Penjualan (ribu Rupiah) Produksi (1) Harga (2) Hasil Penjualan (3) Hasil Penjualan Marjinal (4) 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 20 18 16 14 12 10 8 6 4 2 0 0 18 32 42 48 50 48 42 32 18 0 18 14 10 6 2 -2 -6 -10 -14 -18 .TABEL Produksi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->