Organ mata, berada pada rongga kelopak mata, yang mana terlindung dari kecelakaan dan digerakkan oleh

otot mata. Yang bekerja sama dengan struktur asesoris, yaitu otot, kulit, alis mata, pelupuk mata, konjungtiva dan kelenjar air mata Mata sebagai alat optik, memiliki komponen sbb: 1. Kornea 2. Lensa 3. Iris 4. Pupil 5. Aqueous humor dan vitreous humor 6. Retina 7. Sklera

KORNEA DAN LENSA Sebagai pemfokus utama pd mata

mengecil pada cahaya terang dan melebar pada kondisi sebaliknya.33 1. yg dapat berkontraksi shg pupil mengecil atau relaksasi shg pupil melebar.mempertahankan tekanan internal bola mata pada sekitar 1.38 1. Indeks bias relatif Lensa memiliki daya akomodasi yaitu kemampuan mengubah daya fokus mata dengan mengubah kelengkungannya. Fungsinya: 1.Kornea memfokuskan bayangan dengan membiaskan/membelokkan berkas cahaya.6 kPa .memberi nutrisi bagi lensa dan kornea 2. Aqueous humor dan Vitreous humor Aqueous humor merupakan cairan yang mengisi ruang antara lensa dan kornea.41 1.34 IRIS dan PUPIL Pupil adalah lubang di tengah iris taempat cahaya masuk. Diameter pupil dikontrol oleh iris. Kelengkungan permukaan kornea 2. Diameter pupil tergantung pada kondisi cahaya. Besarnya pembiasan tergantung: 1. INDEKS BIAS Bagian Mata Kornea Aqueous humor Penutup lensa Bagian tengah lensa Vitreous humor Indeks Bias 1.34 1.

. mengubah bayangan cahaya menjadi impuls yang dikirim ke otak. Reseptor cahaya di retina: sel kerucut (cone) dan batang (rod).Vitreous humor (korpus vitreous) mengisi ruang antara lensa dan retina. yang berfungsi membantu mata mempertahankan bentuknya. Retina Bagian mata yang peka cahaya. Benda akan terlihat dengan jelas jika bayangan yang terbentuk tepat pada retina.