PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BIMBINGAN TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS

DI KELAS 1 SDN 04 KEDUNGWUNI DENGAN MENERAPKAN METODE SAS

Disusun Oleh : Nama : ROKHMIYATI NIP : 195208221975122002 GURU SDN 04 KEDUNGWUNI ___________________________________

A. JUDUL Bimbingan Terhadap Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis di Kelas 1 SDN 04 Kedungwuni Dengan Menerapkan Metode SAS. B. BIDANG KAJIAN Strategi pembelajaran. C. PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar memiliki arti penting bagi siswa, karena melalui pembelajaran bahasa, Indonesia inilah pertama kali diletakkan kemampuan dasar berbahasa indonesia. Keadaan ini menjadi bertambah penting karena sebagian anak dirik yang memasuki sekolah dasar hampir tidak memiliki latar belak ng. Berbahasa Indonesia khususnya anak-anak di desa atau di daerah terpencil. Salah satu aspek atau bidang dari pengajaran Bahasa Indonesia yang memegang peranan penting adalah pengajaran membaca dan menulis, tanpa memiliki kemampuan membaca dan menulis sejak dini, anak akan mengalami kesulitan belajar di kemudian hari atau di kelas tinggi. Kemampuan membaca dan menulis menjadi dasar utama dan pertama bagi siswa yang baru memasuki Sekolah Dasar, baik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sendiri untuk mata pelajaran yang lain. Mengingat pentingnya peranan membaca dan menulsi tersebut maka guru bisa mengajar dengan benar. Pembelajaran Bahasa Indonesia permulaan, akan mudah dipahami siswa dengan menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), karena metode ini dipandang sangat cocok dengan jiwa anak atau siswa kelas rendah. Metode SAS ini dipandang baik diterapkan karena metode ini menganut prinsip ilmu bahasa umum, bahwa bentuk bahasa terkecil adalah kalimat, metode ini memperhitungkan pengalaman berbahasa anak dan metode ini menganut prinsip menemukan sendiri. Dari paparan di atas, kemampuan membaca dan menulis sejak dini harus membutuhkan bimbingan, bimbingan yang digunakan dengan penerapan metode SAS.

D. PERUMUSAN MASALAH 1. Perumusan masalah secara umum Berdasarkan urian di atas maka dapat disimpulkan apakah bimbingan yang diberikan dengan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis di SDN 04 Kedungwuni. 2. Perumusan masalah secara khusus Bagaimana cara mengatasi masalah yang berhubungan dengan membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SDN 04 Kedungwuni. E. PEMECAHAN MASALAH Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu melakukan percobaan-percobaan yang tentang teknik-teknik membaca dan menulis: 1. 2. Penyiapan dengan menyusun rencana topik materi sesuai dengan Memperlihatkan kepada siswa masing-masing teknik dalam tingkat kesulitan membaca dan menulis. memperbaiki membaca dan menulis lengkap dengan penggunaan berbagai sarana pembelajaran dan peralatan peraga yang diperlukan. 3. 4. Melakukan diskusi tentang berbagai teknik membaca dan menulis. Mengumpulkan dan menganalisis data.

F. TUJUAN PENELITIAN Tujuan dari bimbingan dan penelitian tindakan kelas adalah : 1. Untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 SD, sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar pada mata pelajaran yang lain. 2. Untuk meningkatkan tingkat keberhasilan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan membaca dan menulis, terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia. G. MANFAAT PENELITIAN 1. Bagi siswa Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa dalam membaca dan menulis.

2. -

Bagi guru Guru dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya Guru dapat memahami dan menganalisa kemampuan siswa untuk membimbing siswa dalam hal membaca dan menulis permulaan. melalui penelitian dan dpat memajukan kemampuan mengajar dengan metode bervariasi.

3. -

Bagi sekolah Dengan adanya penelitian, tindakan kelas ini akan membawa kemajuan dalam pembelajaran sehingga dapat memberikan makna yang baik untuk sekolah.

H. KAJIAN PUSTAKA 1. Bimbingan Istilah bimbingan berasal dari kata “guidance” dalam bahasa Inggris, yang berarti “to direct, manage atau stcer” yang berarti mengarahkan, atau menuntun (Shertzer dan Stone, 1966). Menurut S. Soetioe, guidance itu berarti bantuan, akan tetapi tidak semua bantuan merupakan bimbingan. Bimbingan merupakan suatu proses usaha pemberian bantuan kepada individu yang menghadapi kesulitan agar yang bersangkutan sanggup memecahkan masalahnnya. Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 dan Nomor 29 tahun 1990 menyatakan bahwa : a. Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. b. Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing. W. S. Winkel (1991) menyatakan bahwa bimbingan di sekolah adalah sidang khusus yang memberikan pelayanan special yang dilakukan oleh seorang hali di bidang bimbingankepada seseorang atau beberapa individu dan sekaligus memberikan saluran-saluran bagi pelayanan tersebut. Mortensen dan Schumuller dalam buku Prayitno dan E. Amti (1994), bimbingan adalah bagian dari keseluruhan pendidikan yang membantu menyediakan kesempatan-kesempatan pribadi untuk menjadikan hidupnya lebih bermakna.

2. a. b. c.

Prinsip Bimbingan Memberikan pelayanan kepada semua siswa, khususnya kepada siswa yang bermasalah (W. S. Winkel, 1991). Pelayanan bersifat pada siswa sebagai individu, dan Pelayanan bersifat terus menerus dan terarah pada sebagai anggota masyarakat di lingkungannya. pencapaian perubahan tingkah laku atau hasil yang semkain baik dan benar. d. Mengembangkan kemapuan yang dimiliki siswa dan menemukan kemampuan baru untuk kepentingan kehidupan sendiri dan kepentingan masyarakat lingkunghannya. e. Bimbingan bersifat sukarela, tidak memaksa dan bertujuan agar yang dibimbing dapat dengan bebas menciptakan hidup yang lebih bermakna bagi diri, keluarga dan lingkungannya. f. Bimbingan merupakan sekelompok layanan khusus yang meliputi: layanan informasi, orientasi, pendataan diri, penetapan, tindak lanjut dan konseling.

3.

Kesulitan Belajar Kesulitan belajar adalah kondisi oleh gangguan syaraf yang

mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menyimpan, memproses atau memproduksi informasi. Gangguan ini menciptakan kesenjangan antara potensi intelektual seseorang dengan prestasinya. Menurut Shinto Adeller (1991), seorang psikolog Universitas Indonesia menyatakan bahwa kesulitan belajar tidak selalu dikarenakan oleh gangguan syaraf, bisa juga dikarenakan gangguan emosional. Karena dalam belajar, banyak faktor yang berpengaruh terhadap diri siswa, sehingga berpengaruh juga terhadap prestasi belajar siswa. 4. Ciri-Ciri Kesulitan Belajar Menurut Shinto Adeller (1991), kesulitan belajar siswa dapat kita ketahui dari ciri-ciri sebagai berikut : a. siswa yang lain. Prestasi belajar lebih rendah dibandingkan dengan

menilai prestasi . Antony (1993) menulis bahwa pendekatan adalah seperangkat asumsi korelatif-korealtif yang menangani hakekat bahasa. Teknik merupakan suatu muslihat. d. Berdasarkan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 1994. Metode dan Pengajaran Bahasa Indonesia Edwars M. Mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis serta Dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru. Fungsi dari pendekatan adalah sebagai landasan merancang. pengajaran bahasa. tipu daya dalam penyajian bahan. penyampaian informasi berupa ilmu dan pengetahuan umum. berhitung. Metode berfungsi sebagai jembatan penghubung antar teori dan praktik. maka dapat disusun rancangan peranan guru. Malas melakukan kegiatan di sekolah maupun di lebih lambat selesainya dibandingkan dengan siswa yang lain. tertib. dan pembelajaran bahasa dan bersifat aksiomatik. Perananan Guru 1) Informator : Sumber informasi. Teknik harus sejalan dengan metode dan serasi dengan pendekatan teknik bersifat implementasi (Tarigan. 1989). melaksanakan dan menilai proses belajar mengajar bahasa. tujuan. c. Bahan Pembelajaran : Penilaian kegiatan proses belajar mengajar. c. 5. Peranan Siswa Sebagai subyek pada proses belajar mengajar. Metode merupakan rencana keseluruhan penyajian bahasa secara rapi. yang tidak ada bagian-bagiannya yang kontradiktif. Pendekatan. antara pendekatan dan teknik. a. rumah. siswa. kegiatan pembelajaran dan pengajaran. bahan pembelajaran. 2) Fasilitator : Pemberi kemudahan belajar bagi siswa 3) Organisator : Pengelola kegiatan belajar mengajar 4) Katalisator : Pengantar kegiatan ke arah tujuan yang akan dicapai 5) Evaluator b.b.

antara lain: 1) Metode Abjad/Alfabet Adalah metode pengajaran yang memulai pengajarannya dengan memperkenalkan huruf yang harus dilafalkan dengan lafal yang sesuai dengan bunyinya dalam abjad. minat. ataupun kalimat serta paragrap. tema. Pengajaran bahasa Indonesia dapat diberikan kepada siswa kelas I dengan berbagai metode. Membaca adalah semacam latihan. Menurut Mary Leohardt (1999) anak yang gemar membaca akan mempunyai tingkat kebahasan yang tinggi. Misal : Huruf /b/ diucapkan [eb] atau [be] Huruf /d/ diucapkan [ed] atau [de] . dan materi pembelajaran. kata demi kata. Tujuan Tujuan pengajaran bahasa mengarah kepada ketrampilan berbahasa sebagai sarana telekomunikasi. e. kebutuhan dan lingkungan siswa. Untuk huruf konsonan dibantu dengan bunyi pepet didepan atau dibelakangnya. d. Kegiatan Pembelajaran dan Pengajaran Kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan dan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.Bahan pembelajaran yang akan diberikan kepada harus sesuai dengan tujuan. Tujuan dari pembelajaran bahasa Indonesia permulaan adalah agar siswa dapat membaca dan menulis kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. dan keprigelan yang dilakukan secara terus menerus. sesuai dengan bakat. konsisten dan memerlukan disiplin yang tinggi dalam mengeja huruf demi huruf. Misal : Huruf /b/ dilafalkan [be] Huruf /c/ dilafalkan [ce] Huruf /d/ dilafalkan [de] 2) Metode Bunyi Adalah suatu metode pengajaran yang menyajikan bahan pelajaran bahan yang menampilkan huruf-huruf.

artinya huruf-huruf yang telah terurai tersebut tidak dirangkaikan lagi menjadi suku kata Misal Ini ini Mimi Mimi i-ni mi-mi i-n-i M-i-m-i 5) Metode SAS . karena mula-mula yang disajikan kepada murid adlaah beberapa kalimat secara global.Metode ini disebut juga dengan metode eja. ambil sebuah kalimat untuk diuraikan menjadi kata c) Kata diuraikan menjadi suku kata d) Suku kata menjadi huruf Metode ini memiliki proses menganalisis. Suku kata dikupas menjadi huruf-huruf yang kemudian huruf-huruf tersebut dirangkai menjadi suku kata kembali. Caranya adalah sebagai berikut: a) Guru menyajikan beberapa kalimat b) Setelah siswa dapat membaca beberapa kalimat. 3) Metode Kata dan Suku Kata Adalah metode yang memulai pengajaran membaca dengan menyajikan dahulu beberapa suku kata dengan menggunakan huruf sambung. Misal : i-tu dibaca itu Bu-di dibaca budi Kemudian dirangkai menjadi itu budi 4) Metode Kalimat Metode ini juga disebut metode global.

Misalnya ini ini ini ini Ini ini mama mama mama mama mama mama Ini mama Beberapa kebaikan dari metode SAS ini adalah : Metode ini sejalan dengan prinsip linguistik (ilmu bahasa) yang memandang satuan bahasa terkecil yang bermakna dalam komunikasi adalah kalimat. Menggabungkan suku kata menjadi kata . Menguraikan kata menjadi suku kata g. Membaca beberapa kalimat d.Adalah suatu metode yang memulai pengajaran dengan menampilkan struktur kalimat secara utuh dahulu. yaitu anak mengenal dan memahami sesuatu berdasarkan hasil temuannya sendiri. Menguraikan suku kata menjadi huruf h. Menganalisis sebuah kalimat menjadi kata f. Membaca beberapa gambar c. Metode ini sesuai dengan prinsip inkuiri (menemukan sendiri). Membaca beberapa kalimat dengan gambar e. Metode ini memperhitungkan pengalaman berbahasa anak. Langkah-langkah pengajaran dari metode SAS adalah : a. lalu kalimat itu dianalisis dan dikembalikan pada bentuk semula. Guru bercerita atau bertanya jawab dengan siswa (disertai gambar) b. Mengganbungkan huruf menjadi suku kata i.

dalam penggunaan media pembelajaran. Populasi penelitian Dalam bimbingan ini. Bimbingan ini dilaksanakan sebelum pembelajaran kelas dimulai yaitu pada jam 08. c) Menentukan waktu dan tempat pelaksanaan. a. I.j. Terdiri dari 2 siswa putri dan 6 siswa putra dengan menggunakan metode SAS.30. populasi yang menjadi subjek penelitian adalah sebagian siswa kelas I A. Menggabungkan suku kata menjadi kalimat Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bimbingan ini adalah dengan menggunakan metode SAS. Lokal Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 04 Kedungwuni Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan yaitu pada sebagian siswa kelas I A yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis yang berjumlah 8 anak. Prosedur Penelitian Tahap perencanaan tindakan Perencanaan tindakan kelas ini dimulai . RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN 1.00 sampai 09. dan diijinkan oleh kepala sekolah dan orang tua murid yaitu ½ jam sebelum pelajaran kelas dimulai. Pendekatan bimbingan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan interaktif. 2. 1) a) dari tanggal b) Permohonan ijin kepada kepala sekolah dan mengkonsultasikan masalah yang dihadapi oleh sebagian siswa kelas I A SD SDN 04 Kedungwuni kepada kepala sekolah. karena metode ini dianggap paling baik dan merupakan gabungan dari metode-metode yang lain. yaitu siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. yaitu melalui kegiatan-kegiatan interaktif yang dilakukan diluar kegiatan belajar mengajar.

lembar kerja siswa dan lembar observasi untuk menilai pembimbingan dalam tindakan kelas tersebut. Menentukan alokasi waktu pembelajaran yaitu selama 90 menit. guru mengadakan evaluasi hasil belajar siswa. c) Observasi Jalannya bimbingan. Selanjutnya. Pada tahap akhir pembelajaran. f) g) selama proses.d) e) observer. Mengajak guru kelas I A sebagai Menyusun rencana pembelajaran dengan pokok bahasan membaca dan menulis. 1) a) Tahap rencana pelaksanaan tindakan kelas Bimbingan yang pertama Perencanaan tindakan Pada pertemuan pertama untuk mengawali bimbingan yang akan dilaksanakan. kemudian guru menggunakan jawaban atau cerita siswa sebagai bahan untuk pembelajaran. guru melakukan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media sederhana. yaitu tentang membaca dan menulis. Membuat soal dan lembar pengamatan b. Kemudian mempersiapkan lembar tes tertulis. diamati oleh guru kelas yang bertindak sebagai observer. b) Tindakan Bimbingan yang pertama diawali dengan memberikan tanya jawab kepada siswa. yaitu menilai berdasarkan poin-poin yang ada dalam lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Terlebih dahulu menyiapkan rencana pembelajaran dengan metode SAS dan media gambar serta kartu kata. .

sehingga mendapatkan kesimpulan dan hasil yang dapat digunakan dalam melaksanakan tindakan yang berikutnya. 3) a) Bimbingan yang ketiga Perencanaan tindakan . 2) a) Bimbingan yang kedua Perencanaan tindakan Perencaaan tindakan yang kedua adalah kelanjutan dari bimbingan yang pertama untuk kedua ini. yaitu guru kelas. Kemudian melakukan evaluasi hasil belajar siswa. c) Observasi Selama proses tindakan kelas ini dilaksanakan. pembimbing dipantau oleh seorang observer. lembar tes dan lembar kerja siswa srta materi untuk perbaikan dari langkah yang pertama. Dalam kegiatan ini tidak secara tematik. d) Refleksi hasil Hasil dari pengamatan maupun pembelajaran dianalisis hingga mendapatkan refleksi. lembar observasi kedua. akan tetapi terfokus pada pembelajaran membaca dan menulis. kemudian digunakan sebagai acuan untuk merencanakan langkah selanjutnya. Observer mengamati perubahan yang terdiri dari langkah bimbingan yang pertama dan langkah yang kedua ini.d) Refleksi hasil Hasil observasi dari guru kelas kemudian dianalisis. b) Tindakan Tindakan yang kedua adalah kelanjutan dari langkah bimbingan yang pertama. pembimbing menyiapkan rencana pembelajaran kedua dnegan metode SAS. Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yaitu dengan metode SAS yang telah dibuat.

lembar kerja siswa. maka tindakan diberhentikan. lembar tes. JADWAL PENELITIAN .Bimbingan yang ketiga merupakan bimbingan yang terakhir untuk siswa. disini pembimbing melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun dalam rencana pembelajaran. Kemudian mengevaluasi hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. c) Observasi Observer melakukan tugas sebagai pengamat selama proses pembelajaran. lembar observasi dan media pembelajaran yang sederhana. pelajaran kali ini merupakan bukti dari pelaksanaan bimbingan yang telah mencapai hasil yang maksimal atau masih tetap seperti sebelum mendapatkan bimbingan. kemudian disimpulkan apakah tindakan terakhir ini sudah mencapai target yang telah ditentukan atau belum. d) Refleksi hasil Hasil pengamatan dan pembelajaran dianalisa sampai menemukan refleksi. memberikan penilaian terhadap jalannya kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan poin-poin lembar pengamatan. b) Tindakan Tindakan yang ketiga merupakan perbaikan dari tindakan yang kedua. J. Jika sudah memenuhi target. Disini pembimbing mempersiapkan rencana pembelajaran tentang membaca dan menulis dengan metode SAS. Apabila hasil tindakan yang ketiga ini belum dapat memenuhi target yang ditentukan maka pembimbing harus melakukan langkah selanjutnya sampai dapat mencapai target yang telah ditentukan.

Kegiatan Persiapan penelitian Penyusunan instrumen Pelaksanaan tindakan Analisis data Penyusunan laporan Penyediaan media pembelajaran Bulan ke1 √ √ √ √ √ √ √ √ √ 2 3 4 5 6 K. 5.400. Biaya Operasional Penelitian Jumlah (Rp) 150. Penyediaan Media Pembelajaran Jumlah 3. 6. 3.250.150.150.000 5. Honorarium Peneliti Bulan 6 Jam/Minggu 9 Tarif/Jam 100.000.000 220.000.000.- No Keterangan 1 Penyusunan Instrumen Penelitian a.000 Total (Rp) 5.250.000.400. Penyusunan Evaluasi Pembelajaran f.000 50.000.000 10. Penyusunan Materi Pembelajaran e. No 1 2 3 4 Bahan Habis Pakai Keterangan Kartu Huruf Gambar Kertas HVS A4 80 gram Lain-Lain Jumlah Jumlah 10 buah 10 buah 7 rim - Jumlah Biaya (Rp) 10.1.000 150. 4.300.000 . Penyusunan Rencana Pembelajaran b. Penyusunan Instrumen Pengumpula Data c.000.000. Pembuatan Skenario Tindakan d.250. BIAYA PENELITIAN 1. 2.000 Keterangan Peneliti Jumlah 2.No 1.

250. Observasi 3 kali Refleksi dan Evaluasi 3 Rp 2.600. Universitas Terbuka : ROKHMIYATI : Perempuan : Pembina IV/a : Guru SDN 04 Kedungwuni : SDN 04 Kedungwuni : Jl.Tindakan Rp Rp 300.000.100.000. DAFTAR PUSTAKA Sumantri. Pangkat/Golongan 5. Tanggal Lahir : Pekalongan.- No Uraian 1 Perjalanan implementasi penelitian a.000. Tempat.600. Pelaksanaan Perencanaan 5.000. Alamat Rumah 9.000. Biaya Perjalanan Jumlah Rp Rp Pelaksanaan sebanyak 3 kali c. Alamat Kantor 8. Pendidikan Terakhir 10.000.Jumlah 5. No 1 2 3 4 kali Jumlah Justifikasi Anggaran Penelitian Kelas Uraian Honorarium Biaya Operasional Bahan Habis Pakai Biaya Perjalanan Jumlah Rp Rp Rp Rp Rp L. Jenis Kelamin 4. Jabatan 6. Penelitian Tindakan Kelas. AK.400. Perkembangan Peserta Didik. Tindakan b. Jakarta.000.2. 2004.600. Instansi 7.8. Universitas Terbuka.000.G. Bidang Keahlian M.1. Wardani I. Kletak Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan : Pekajangan Gang 30 : D2 : Mengajar 2.100. Nama Lengkap 3. d. 22-08-1952 .000.000.970.4. 2005.220. PERSONALIA PENELITIAN 1. Jakarta.

Jakarta. Kepala SD/MI Guru Kelas. 19520822 197512 2 002 .Suparno. 1958 1024 1979 111 002 ROKHMIYATI. Didaktik/Melodik Umum.Ma NIP. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2007. HAZAIRIN. Metodek Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD Tahun 1993. A. Kedungwuni. 1993.Pd NIP. …………………………. Djauzali Ahmad. Mengetahui. S. Universitas Terbuka. Jakarta. Bina Bahasa dan Sastra Indonesia. 1992. Syamsudin Yusuf. 2008. Djauzak Ahmad. Mohamad Yunus. Jakarta.. Ketrampilan Dasar Menulis. Erlangga.

1.2. manfaatnya dalam kehidupan sehari- . 2. Mendeskripsikan letak rumah 4. hari 4. percakapan sederhana dan dongeng Membaca 7. Menulis permulaan dengan huruf tegaj bersambung melalui dikte dan menyalin B. 1.2. perasaan dan informasi secara lisan dengan gambar. Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan membaca puisi anak Menulis 8. 2. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah. Mengungkapkan fikiran. Matematika angka dalam pemecahan masalah 5. Mengidentifikasi penyebab benda bergerak Bahasa Indonesia 4. 3. Mengenal berbagai bentuk energi. 2. Berbicara 6. 3. Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah 2. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua : Keluarga : I / 2 (dua) : 1 x pertemuan : Selasa / 23 Febuari 2010 Standar Kompetensi PKn IPS IPA 4. Mendeskripsikan lingkungan rumah 4.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Tema Kelas / Semester Alokasi Waktu Hari / Tanggal A. Kompetensi Dasar PKn IPS IPA 4.1.

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka 7. • keluarganya • pada sebuah keluarga • 2.4. Siswa dapat mengerjakan dengan menuliskan Bahasa Indonesia cara atau kalimat matematikanya Matematika Siswa dapat mengerjakan soal cerita dalam IPA Siswa dapat menyebutkan sumber energi gerak Siswa dapat menjelaskan adanya energi listrik IPS Siswa dapat menceritakan funsi larangan yang Siswa dapat menjelaskan fungsi ruangan pada ada dirumah masing-masing Siswa dapat menyebutkan akibat bila tidak menaati peraturan dirumah Siswa dapat menjelaskan aturan yang berlaku Tujuan Pembelajaran Pkn Siswa dapat menjelaskan kewajiban anggota .4.1 Membaca Membaca lancer beberapa kalimat sederhana dengan intonasi yang cepat 8. 1. 5. • bentuk penjumlahan • 5. • • dan panas 4. • • rumah 3.1 Menulis Menulis kalimat sederhana yang di dektekan guru dengan tulisan tegak bersambung C. Tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti 4. 6.1 Berbicara Matematika Bahasa Indonesia Menceritakan isi gambar.

4. Letak rumah 3.Berbicara • • bacaan Siswa dapat menceritakan isi gambar dengan Siswa dapat membaca dan menyebutkan isi kata menggunakan kata-kata sendiri Menulis • Siswa dapat menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat ke dalam tulisan tegak bersambung D. Diskusi Pemberian tugas Demonstrasi Mencongak Menulis : kalimat yang didiktekan guru Matermatika IPA Bahasa Indonesia Berbicara Membaca : : menceritakan gambar membaca lanar bacaaan “Membantu Bilangan : Penjumlahan bilangan dua angka dalam bentuk soal cerita Energi dan perubahannya Materi Pelajaran PKn IPS Hak dan kewajiban anak di rumah Metode dan Model Pembelajaran Metode : Ceramah . 2. 1. • • Ibu” • E. 2. 1.Tanya jawab Model pembelajaran : . 5.

Eksplorasi Guru menyajikan bacaan yang berjudul “Membantu Ibu” 2. Mengabsen siswa c. Guru mengadakan Tanya jawab tentang kata atau istilah yang belum dipahami siswa 3. bacaan 4. 1. Guru menugaskan siswa untuk menceritakan tugas apa di rumah yang dilakukan siswa B. Siswa Siswa dibagi beberapa kelompok secara kelompok mengamati teks kalimat yang dipasang Guru mengadakan tanya jawab tentang isi Waktu 60 menit Metode Diskusi . 2. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan a.F. Do’a bersama b. Elaborasi 1. No 1. Kegiatan Kegiatan Inti A. Guru menugaskan siswa untuk menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibaca 5. Apersepsi Waktu 10 menit Metode Ceramah bervariasi No 2.

Penilaian Refleksi : Pemajangan hasil karya .guru 3. C. Memberi tugas/PR untuk mengumpulkan sebuah data tentang kegiatan anak di rumah 4. ditetapkan Penutup 1. Siswa membaca yang merupakan wakil terbaik dari tiap kelompok No 2. Kegiatan Konfirmasi 1. 2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami 3. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indicator dan KKM yang Waktu 60 menit Metode Diskusi 3. Kelompok secara bergiliran membaca bersama dengan bimbingan guru 4. Guru memberi penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung oleh kelompok lain 2.

c. Tes uraian 3. a. Tes Uraian Jawablah pertanyaan ini! 1) Apa yang dikerjakan Amin dan Mina? 2) Mengapa mereka membantu ibu? 3) Bagaimana rumah mereka? Bentuk instrument Penilaian Teknik penilaian Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber Buku tematik Buku Bahasa Indonesia IB hal. 1. 2. 38 (penerbit Erlangga) Pengembangan guru Lingkungan keluarga Siswa Media Pembelajaran a. 1. Lembar kerja siswa H. a. Tes tertulis b. e. Soal/Tugas Bacalah dengan lancar Membantu Ibu Amin rajin membantu ibu Mina juga rajin membantu ibu Mereka membersihkan rumah Mereka menyapu lantai Meja dan kursi mereka atur rapi Rumah mereka rapi dan indah Mereka senang dan bahagia b. b.kelompok tempat tersedia G. a. b. d. Tes unjuk kerja 2. a. Tes tugas b. Gambar sesuai bacaan .

. HAZAIRIN.Ma . A. Kepala SD/MI Guru Kelas.Pd ROKHMIYATI. Mengetahui. S.4) Bagaimana perasaan Amin dan Mina? 5) Mengapa ayah dan ibu mereka senang? c. meringankan tugas ibu Rapi dan indah Senang dan bahagia Karena rumah mereka menjadi bersih Pedoman perskoran: Tiap jawaban dinilai maksimal 5. skor maksimal 25 Nilai Akhir = (skor perolehan/skor max) x 100 b) Tes uraian Pedoman penilaian hasil tugas Kelompok A B C D E F Kiteria Penilaian A = 86-100 B = 71-85 C = 51-70 D = 35-50 Aspek Penilaian Kesesuaian Ketepatan Kerjasama Kerapihan Rata-Rata Kedungwuni. Kunci a) Tes uraian 1) 2) 3) 4) 5) Membersihkan rumah Karena rumahnya supaya bersih. ………………………….

19520822 197512 2 002 .NIP. 1958 1024 1979 111 002 NIP.

4. pengenalan benda dan fingsi anggota tubuh dan deklamasi 3. • bilangan sampai 20. 1. • cara perawatannya 5. • • 3. perintah dan dongeng yang dilisankan Berbicara : Mengungkapkan fikiran. • • IPS Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa. • Bahasa Indonesia Membedakan bunyi bahasa Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun Matematika Membilang banyak benda PKn Menjelaskan perbedaan jenis kelamin. 1. agama dan suku Kompetensi Dasar IPA Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan PKn Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan : Diri Sendiri : I / 1 (Satu) : 1 x pertemuan : Kamis / Juli 2009 Standar Kompetensi . • 2.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Tema Kelas / Semester Alokasi Waktu Hari / Tanggal A. • IPS Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga B. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegus sapa. • bangsa 2.

PKn Materi Belajar Hidup rukun dalam perbedaan Bahasa Indonesia Matematika IPA IPS Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri Operasi hitung Bagian-bagian tubuh. 4. 5. 3. 2. 5. menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya kegunaannya perempuan 2. keluarga dan kekerabatan . keluarga dan kerabat Tujuan Pembelajaran PKn Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan Bahasa Indonesia • • Siswa dapat mencocokkan informasi gambar Siswa dapat menyimak cerita dan gambar seri Matematika • • Siswa dapat menyebutkan banyak benda Siswa dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan IPA • Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dan IPS • Siswa dapat memperkenalkan diri. 4. 5. • C. • IPS Mengidentifikasi identitas diri.4. • IPA Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. kegunaan dan cara perawatan Identitas diri. 1. 1. 3. D.

Mengabsen siswa c. manikmanik. 2. teman sebangku) 5. Guru mengadakan tanya jawab tentang benda yang ada di sekeliling siswa 3. tugas. Metode dan Model Pembelajaran Metode Model pembelajaran Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan a. No 1. Guru menyuruh siswa untuk mengamati benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1-5 4. Elaborasi 1. Guru menyanyikan lagi satu ditambah satu sama dengan dua. 60 menit Diskusi . diskusi Diskusi . Siswa dibagi Waktu 10 menit Metode Ceramah Ceramah. mencongak 2. F. Doa bersama b. keancing baju. Guru memperlihatkan benda seperti kancing baju. 1. Apersepsi Kegiatan Inti A. Guru menugaskan siswa untuk menghitung (jari teman.E. dua ditambah dua sama dengan empat B. Eksplorasi 1. pensil dll 2. demokrasi.

kelompok mencari benda yang jumlahnya 5. Mena nyakan pada siswa hal-hal yang sudah dipahami dan yang belum 3. Setiap kelompok membilang benda yang ada di sekeliling siswa No 2. Kegiatan Bergantian. Konfirmasi 1. tiap Waktu 60 menit Metode Diskusi 4.beberapa kelompok 2. Setiap kelompok untuk mencari benda yang jumlahnya 5 3. beri tugas/PR untuk mengumpulkan benda yang jumlahnya 5. Refleks i : pemajangan hasil karya kelompok pada tempat tersedia Penilaia 10 menit Ceramah Mem . menghitungnya Penutup 1. kemudian 3. n 2. kemudian memberi kartu bilangan C. Guru memberi penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat dan pujian 2.

a.... pensil... e.. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber Buku tematik Buku matematika (Erlangga) Pengembangan guru Benda yang ada di lingkungan sekitar Siswa 2. b. 1.... 3.. c.. Media pembelajaran Benda di sekitarnya Kartu bilangan Penilaian Teknik penilaian Tes tertulis Tes unjuk kerja Bentuk instrumen Tes isian Tes tugas Soal/instrumen Tes isian Misal: kancing baju. a. b...... … 2. H. d.. 2. a..G. a. b. 1.dari pada bola .. b... a. dll Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 1.... gambar apel disamping ada Kelereng ...

Tes uraian/lisan 1. 8 Pedoman perskoran Tiap jawaban dinilai 5.. Coba cari kelereng yang jumlahn ya 8 4. Pensil berwarna yang jumlahnya 7 5. skor max 25 NA = skor perolehan x 100 b. b. Batu yang jumlahnya 6 2. Manik-manik 9 3.3. 5 2. Lebih banyak 3. 5. Pedoman penilaian hasil tugas Kelompok A B C D E F Kriteria Penilaian A = 86-100 B = 71-85 C = 51-70 D = 35-50 Aspek Penilaian Kesesuaian Ketepatan Kerjasama Kerapihan Rata-Rata . Dua belas 5. Tes tugas Anak mengumpulkan benda yang jumlahnya lebih dari lima 1. Tujuh 4. Cari buah rambutan sebanyak 9 Kunci a. 4. Misal: 7 dibaca Tulis lambang bilangan 12 5 + 3 = …………….

S. A. 19520822 197512 2 002 .Kedungwuni. Kepala SD/MI Guru Kelas.Ma NIP. 1958 1024 1979 111 002 ROKHMIYATI. HAZAIRIN.Pd NIP.. …………………………. Mengetahui.

perasaan dan informasi secara lisan dengan gambar. IPA sehari-hari 5. PKn Bahasa Indonesia : Peristiwa : I / 2 (dua) : 1 x pertemuan 2 x 35 : Selasa / 23 Januari 2010 Standar Kompetensi 3. percakapan sederhana dan dongen Membaca 7.1. IPS 2. PKn Kompetensi Dasar 3. Bahasa Indonesia Berbicara 6.1. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak 3.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Tema Kelas / Semester Alokasi Waktu Hari / Tanggal A. Mendiskripsikan lingkungan rumah 4. 1. Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah Berbicara 6. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka B. 2. Menjelaskan hak anak untuk bermain belajar dengan gembira dan di dengar pendapatnya 2. Menjelaskan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti . 1. Matematika dalam pemecahan masalah 4. Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan 4. Mengungkapkan pikiran.

• 5. 1. dengan yang sulit yang pernah dialami .1. • • IPS Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang pernah dialami Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang menyenangkan IPA Siswa dapat membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak Matematika Siswa dapat membaca dan menulis lambang bilangan 21-50 Siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan dari yang Siswa dapat membac teks bacaan dengan lafal dan intonasi Berbicara Siswa dapat membuat kalimay berdasarkan gambar Bertanya jawab tentang gambar-gambar tersebut PKn Menjelaskan arti hak Menyebutkan hak anak di rumah dan di sekolah Bahasa Indonesia Tujuan Pembelajaran 2.1. IPS lingkungan keluarga C. • • terkecil 4. 4. • • 2.1. Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di 4. Membilang banyak benda 4.1. Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 3. Matematika IPA bergerak 5.Membaca 7. Membedakan gerak benda yang mudah bergerak. • • Membaca • yang tepat 3.

2. . 2. Meng Do’a Waktu 10 menit Metode Ceramah bervariasi 2. Matematika IPA IPS Bilangan : membaca dan menulis bilangan 21-50 Gerak benda Peristiwa yang pernah dialami E. PKn Materi Pelajaran Hak anak di rumah dan di sekolah Bahasa Indonesia Berbicara : dongeng/cerita pengalaman saat pulang sekolah Membaca : membaca dengan ucapan yang benar “Kehujanan” 3. F. Apers 60 menit Eksplor Guru Diskusi epsi Kegiatan Inti A. bersama b. 5. absen siswa c.D. 1. 4.Tanya jawab Model pembelajaran Diskusi Pemberian tugas Demonstrasi Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan a. No 1. 1. Metode dan Model Pembelajaran Metode : Ceramah . asi 1.

2.menyajikan materi tentang peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan No 2. Guru menugaskan kepada anak untuk memberi pendapat pada cerita temannya B. Kegiatan Guru mengadakan tanya jawab tentang peristiwa yang paling berkesan yang dialami oleh siswa Waktu 60 menit Metode Diskusi 3. si • kelompok • Elabora Siswa dibagi dalam beberapa Tiap kelompok melaporkan hasil kerja kelompok untuk mendapat tanggapan dari kelompok yang lain • Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan .

emberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang M M M G Konfir Waktu 60 menit Metode Diskusi . Kegiatan C.• Pada akhir kegiatan kelompok secara bergiliran hasil kerja masing-masing • Kelompok dengan bimbingan guru memberi tanggapan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya No 2. emberi tugas/PR untuk mengumpulkan cerita masa lalu 4. masi 1. uru memberi penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung oleh kelompok lain 2. enanyakan kepada siswa hal-hal yang telah dipahami dan yang belum dipahami dari materi pelajaran yang telah diikuti 3.

4. 2. Sumber 1. Gambar ulang tahun anak Gambar anak jatuh dari sepeda. Alat/Bahan/Sumber Belajar Buku tematik Buku pendamping IPS (penerbit Erlangga) Pengembangan guru Lingkungan Siswa Media Pembelajaran 1.3. . dll Penilaian Teknik penilaian Test tertulis Tes unjuk kerja Bentuk instrumen Tes tugas Tes uraian/isian Bentuk Soal/LKS IPS Nama Kelompok : Anggota Kelompok : 1. b. 4. 2. Gambar sesuai materi Misal : H. Refleksi : pemajangan hasil karya kelompok pada tempat tersedia G. 5. 3. Penilaian 2. 2. a. a. 3. b. ditetapkan Penutup 1. 1.

………………………. ………………………. 4. ………………………. ………………………. Naik kelas adalah contoh peristiwa …………. ………………………. kalian boleh bertanya pada siapa saja No Peristiwa Menyenangkan 1 ………………………. ………………………. Tes Tertulis Isilah titik-titik dibawah ini! 1. Jika mengingat peristiwa menyedihkan hati kita akan …………. 3. ………………………. Pedoman Perskoran Tiap jawaban dinilai 5 sehingga skor maksimal 25 Nilai akhir = (skor perolehan/skor maksimal) x 100 Pedoman penilaian hasil tugas Kelompok A B C D E F Aspek Penilaian Kesesuaian Ketepatan Kerjasama Kerapihan Rata-Rata . 2 3 4 5 ………………………. Peristiwa Tidak Menyenangkan ……………………….5. Ayo isi bersama-sama daftar dibawah ini. Sakit adalah contoh peristiwa yang …………. Peristiwa dalam hidup kita ada yang sedih dan ada yang …………… 2. 5. Aku ikut lomba menggambar aku senang apabila mendapat ……….

…………………………. S.Pd NIP. HAZAIRIN. Mengetahui.Ma NIP. 19520822 197512 2 002 .Kiteria Penilaian A = 86-100 B = 71-85 C = 51-70 D = 35-50 Kedungwuni.. 1958 1024 1979 111 002 ROKHMIYATI. A. Kepala SD/MI Guru Kelas.

perintah dan dongeng yang dilisankan Mengungkapkan pikiran. 2. melengkapi dan Memahami teks pendek 3. IPS : : Menggunakan pengukuran waktu dan Mengenal berbagai sifat benda benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dengan kemajemukan keluarga B. menebalkan. IPA 5. 1. perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : dengan membaca nyaring : menyalin Menulis permulaan dengan menjiplak. pengenalan. 1. Pkn • Kompetensi Dasar Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah .Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Temalik Tema Kelas / Semester Alokasi Waktu Hari / Tanggal A. Standar Kompetensi Pkn Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan Bahasa Indonesia Memahami bunyi bahasa. mencontoh. • • Mendengarkan : Berbicara : : Budi Pekerti : I / 1 (Satu) : I x Pertemuan : Rabu. Matematika : panjang 4.

2. B. • yang tidak sehat Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor IPS Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga (jenis kelamin. • • • 3. • 4. dan kebiasaan). suku bangsa. IPS • C. Menunjukkan sikap rukun dalam kemajemukan keluarga Tujuan Pembelajaran PKN Siswa dapat mnunjukkan sikap saling menghargai perbedaan Siswa tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah Bahasa Indonesia Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permulaan Siswa dapat membeda-bedakan perlakuan dirumah maupun di sekolah Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng dan memperagakan tokoh dongeng Matematika Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan dalam waktu yang lama atau sebentar IPA Siswa dapat mengemukaka cirri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan Mengidentifikasikan kegunaan benda dilingkungan sekitar Menentukan lama suatu kejadian berlangsung Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita Membaca nyaring suku kata dan kata lafal yang tepat Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah dan . agama. IPA • 5. Indonesia • petunjuk guru • • 3. • • 5. 1. • • 2. Matematika • 4.

Kegiatan inti : A. 1. PKn • perbedaan 2. Guru menjelaskan lingkungan sekolah yang Apersepsi 60 menit Eksplorasi Diskusi Doa Mengabsen Waktu 10 menit Metode Ceramah bervariasi Metode Ceramah Tanya jawab . Bahasa Indonesia • Hati“ 3. Matematika • 4. siswa 2 c. b. F. IPA • 5. 1. 1. 2. IPS • Materi Belajar Hidup rukun dalam Dongeng “Jalak Yang Baik Satuan pengukuran Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga E. Model Pembelajaran 1. No 1 Diskusi Pemberian Tugas Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan : a. 2.D.

Guru mengadakan tanya jawab tentang hasil diskusi No 2 Kegiatan Elaborasi 1. diskusi C. Guru mengemukakan ciriciri lingkungan sehat 3. 5. Guru mengajak siswa untuk berdiskusi manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat dan tidak sehat. Tiap kelompok mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat danyang tidak sehat 3. 1.sehat atau tidak sehat 2. Tiap kelompok mendiskusikan lingkungan sehat dan yang tidak sehat 4. kelompok 2. Guru mengemukakan ciriciri lingkungan yang tidak sehat 4. . Konfirmasi Guru Melakuka n tanya jawab tentang hasil Siswa dibagi dalam nenerapa Waktu 60 menit Metode Diskusi B.

Men anyakan kepada siswa halhal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi 3. 1. Me mberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mencapai tujuan 3 pembelajaran Penutup: 1. aian 2. mberi tugas/PR untuk mengumpulkan data tempat mana yang kotor dan yang bersih 4. 2. Refe ksi : pemajangan hasil karya G. Tes Isian kelompok pada tempat tersedia Alat dan Sumber Belajar Gambar rumah yang sehat dan tidak sehat : Buku IPA I (penerbit Erlangga) Buku Pendamping Penilaian Teknik Penilaian Tes lesan Tes tertulis : Isian Bentuk Instrumen Penil 10 menit Me Alat peraga: Sumber Belajar .memberi penghargaan pada kelompok terbaik 2. • • • H.

4. Tes Tugas Mengumpulkan data mencari tempat pada lingkungan sekolah mana tempat yang kotor dan mana yang bersih Kunci Tes Isian 1. Tes Tugas Soal Test IPA A. 2. Tempat yang kotor menjadi sarang ………. Aku membuang sampah di ………. 5. skor maksimal 25 Nilai Akhir : skor perolehan x 100 Pedoman Penilaian Hasil Tugas Kelompok A B C D E F Aspek Penilaian Kesesuaian Ketepatan Kerjasama Kerapihan Rata-Rata .3. 3. keranjang sampah Sampo Di kuras Nyamuk Mencuci tangan Pedoman Perskoran Tiap jawaban dinilai maksimal 5. Kamar mandi yang kotor harus di ………. Aku mencuci rambut dengan ………. Sebelum makan aku selalu ………. 3. Tempat sampah. 4. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. 2. 5. B.

. Kepala SD/MI Guru Kelas.Ma NIP. Mengetahui. …………………………. A. HAZAIRIN.Pd NIP. S. 1958 1024 1979 111 002 ROKHMIYATI. 19520822 197512 2 002 .Kriteria Penilaian A = 86-100 B = 71-85 C = 51-70 D = 35-50 Kedungwuni.

dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa. PKn • • • Membiasakan hidup di rumah dan disekolah Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa. Standar Kompetensi 1. Kompetensi Dasar 1.perasaan. menebalkan. Bahasa Indonesia Menggunakan pengukuran waktu dan panjang Mengenal berbagai sifat benda benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda 4. perintah dan dongeng yang dilisankan Berbicara : Mengungkapkan pikiran. IPS • Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dengan kemajemukan keluarga B. IPA 2. melengkapi dan menyalin 3. B. lingkaran dan bentuk huruf 2. Pkn • • • Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah Menjiplak berbagai bentuk gambar. pengenalan. lingkaran dan bentuk huruf Menebalkan berbagai bentuk gambar. mencontoh.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Temalik Tema Kelas/Semester Alokasi Waktu Hari/Tanggal A. Matematika • • 5. Indonesia : Kegemaran : I /1 (Satu) : I x Pertemuan : . benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi • • Membaca Menulis : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring : Menulis permulaan dengan menjiplak.

prisma. Matematika 4. Matematika 2. kalimat. PKn • • Ketertiban di rumah dan di sekolah Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar 2. IPA • 5. kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok.• • • Mencontoh huruf. ukuran. dari buku atau papan tulis dengan benar Siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan gambar Siswa dapat mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama 4. IPS • Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan Siswa dapat menjelaskan bentuk. warna. rasa. permukaan benda suatu objek 3. bau. IPS • Menunjukkan sikap rukun dalam kemajemukan keluarga Mengidentifikasikan kegunaan benda dilingkungan sekitar C. Tujuan Pembelajaran 1. bola dan kerucut) 3. tabung. Materi Belajar 1. Bahasa Indonesia . Bahasa Indonesia D. kata. IPA • 5. PKn • • • • • • Siswa dapat menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib Siswa dapat melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah Siswa dapat menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf.

Metode dan Model Pembelajaran 1. Langkah-Langkah Pembelajaran No 1 Kegiatan Pendahuluan : a) Doa b) Mengabsen siswa 2 c) Apersepsi Kegiatan inti : A. Guru mengajikan materi tentang Ketertiban 2. Metode : Ceramah. Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan ketertiban apa saja waktiu di sekolah B. Matematika 4. tanya jawab 2. Metode pembelajaran : Diskusi. IPA E. IPS • Pelafalan bunyi bahasa Pengukuran waktu dan panjang Sifat benda dan kegunaannya Hidup rukun dalam keluarga 3. Guru mengadakan Tanya jawab tentang Ketertiban baik di rumah dan di sekolah 3. 2. Guru menugaskan siswa untuk menceritakan jadwal waktu kegiatan di rumah 4. Eksplorasi 1. Siswa dibagi menjadi beberapa Siswa berdiskusi untuk membahas kelompok Waktu Metode . pemberian tugas F. Elaborasi 1.• • • 5.

c. 2. 2. H. Alat dan Sumber Belajar Alat Peraga 1. Memberi bimbingan khusus kepada siswa 3 yang belum mencapai KKM Penutup : 1) penilaian 2) Refeksi : pemajangan hasil karya kelompok pada tempat tersedia G. Konfirmasi 1. Guru memberi penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung 2. Teknik penilaian Tes tertulis Tes unjuk kerja Bentuk instrument a. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dari materi pembelajaran 3. Kelompok secara bergiliran menulis Kelompok melaporkan hasil diskusi dan menyebutkan contoh ketertiban yang merupakan wakil terbaik dari kelompok C.tentang ketertiban 3. Penilaian 1. 2. Tes uraian : Gambar anak yang tertib dirumah dan di sekolah Gambar anak yang tidak tertib di rumah dan di sekolah Buku Pkn I hal 69 (penerbit Erlangga) Buku paket Pkn Sumber Bahan : . 4. b. 1. Memberi tugas/PR untuk mengumpulkan sebuah tugas tentang ketertiban 4.

b. 3. 2. …………………………. 5. 1. Tertib √ Tidak tertib Kunci Tes Uraian : Merapikan tempat tidur Seragam sekolah Pukul 9 malam Guru Menasehati Pedoman persekoran Tiap jawaban dinilai maksimal 5. Isilah daftar dibawah ini kemudian beri tanda centang(√) No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 4. Nama Kegiatan Berdo’a ketika bangun Berpakaian kotor dan bau …………………………. Soal PKn (Uraian) Apa yang kamu lakukan sesudah bangun tidur ? Pakaian apa yang kamu kenakan ketika pergi sekolah? Pukul berapa kamu pergi tidur malam? Siapa yang membuat ketertiban di sekolah Apa yang akan kamu lakukan jika ada teman bercanda pada waktu upacara? b. Pedoman Penilaian Hasil Tugas . 2. 4. a. 1. 4. skor maksimal 25 NA = Skor perolehan/skor maksimal x 100 b. 5.. a. Tes tugas 3.. 3. Tes Tugas.

………………………….. Kepala SD/MI Guru Kelas. HAZAIRIN. 1958 1024 1979 111 002 ROKHMIYATI. A. S. 19520822 197512 2 002 .Kelompok A B C D E F Aspek Penilaian Kesesuaian Ketepatan Kerjasama Kerapihan Rata-Rata Kiteria Penilaian A = 86-100 B = 71-85 C = 51-70 D = 35-50 Kedungwuni. Mengetahui.Pd NIP.Ma NIP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful