KULKAS

Sejarah Lemari Es yang Perangkat yang ditemukan di rumah lebih dari alat lain.

Digambarkan di atas, sebuah lemari es tahun 1950-an Proses untuk menyimpan makanan dingin dengan menggunakan sistem pendingin menguapkan kembali waktu yang lama. Bangsa Romawi digunakan pot terakota dalam air mengipasi oleh budak untuk mendinginkan makanan mereka, tetapi tidak sampai abad ke-19 yang cairan lain yang akan menguap lebih cepat jika di bawah kompresi ditemukan. Pada tahun 1834 seorang penemu Amerika bernama Jacob Perkins memperoleh hak paten pertama untuk mesin pendingin, itu digunakan eter dalam siklus kompresi uap. mesin-Nya tidak pernah tertarik karena ada sudah menjadi industri es mapan alami. Perkins kemudian mendirikan sebuah pabrik di Inggris berdasarkan penemuan sebelumnya ia telah untuk catatan bank pencetakan. Industri es alami bisnis besar di Amerika Serikat dan Eropa es dipotong dari danau di musim dingin dan disimpan selama musim panas, pada tahun 1890 AS mengekspor 25 juta ton es, tapi di Australia itu tidak cukup dingin untuk es panen dicara ini sehingga sangat mahal tetap tenang makanan. Pada 1837 seorang wartawan bernama James Harrison pindah ke Geelong Australia dari Glasco dan mulai merancang mesin sendiri. mesin pertamanya tidak berhasil sehingga ia membawanya ke Inggris dan dengan bantuan seorang Seabe Dokter ia bekerja. Harrison kembali ke Australia pada tahun 1856 dengan mesin bekerja, ia ditugaskan oleh bir untuk membangun sebuah mesin untuk mendinginkan bir dan ini adalah penggunaan praktis pertama dari mesin pendingin. Mesin penyerapan pertama dikembangkan oleh Edmond Carre pada tahun 1850, menggunakan air dan asam sulfat. Kakaknya, Ferdinand Carre mengembangkan

Tetapi pada umunya kerja pendingin yang biasa digunakan Beberapa kulkas sekarang dibagi menjadi empat ruang untuk penyimpanan jenis makanan yang berbeda: y -18 °C (0 °F) (pembeku) y y y 0 °C (32 °F) (daging) 4 °C (40 °F) (pendingin) 10 °C (50 °F) (sayuran). pada bagian lain kulkas juga menimbulkan hawa panas sebagai akibat dari hawa dingin tersebut. Biasanya isi pembeku adalah 100 liter dan pendingin 140 liter (namun dapat sangat bervariasi). sehingga mengurangi biaya.amonia pertama / air pendingin mesin pada tahun 1859. kompresor sama dengan jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh begitu juga dengan kompresor. Bagian-Bagian Kulkas Bagian-bagian kulkas terdiri dari beberapa bagian yaitu : 1. setelah dihisap gas bertekanan rendah dikompresi atau ditekan agar suhu dari gas naik kembali. Perkins atau saudaranya Edmond Carre. . 1. Kompresor berfungsi memompa dan menghisap bahan pendingin (refrigerant) keseluruh bagian kulkas Fungsi yang lebih detail adalah menghisap gas bertekanan rendah dari evaporator. jadi bisa juga dikatakan fungsi Kompressor adalah untuk merubah gas bertekanan rendah menjadi gas bertekanan tinggi. Kapasitas sebuah kulkas diukur dalam liter. Proses pendinginan bekerja dengan menghilangkan panas dari suatu benda dan memindahkan panas tersebut kepada benda yang lain dan udara sekitar. tetapi unit rumah pertama tidak datang sampai 1927 ketika GEtertutup bagian-bagian dalam lemari kecil. banyak sumber menunjukkan bahwa mesin ini adalah Ferdinand Kulkas pertama dengan tidak menyebutkan Harrison. Sebenarnya kulkas tidak hanya bisa difungsikan sebagai pendingin karena selain ada bagian yang menimbulkan hawa dingin. Dengan stylist 1950-an mendisain lemari pendingin dan di 60-an pintu latching besar dijatuhkan ketika magnet ditempatkan di segel. Apabila di analogikan dengan tubuh manusia. untuk menaruh berbagai jenis makanan. Bagian-Bagian Kulkas 1. Proses Pendinginan Kulkas Kulkas atau yang sering disebut lemari es adalah suatu mesin lisrik yang berkerja berdasarkan prinsip kesetimbangan tekanan menggunakan bahan refrigerant yang berfungsi untuk mendinginkan atau sebagai penurun suhu. Kompresor Kompresor merupakan bagian terpenting di dalam kulkas . Dalam beberapa tahun pabrik es muncul di seluruh dunia untuk bersaing dengan industri es alam.

gas tekanan tinggi pada kondensor kemudian didinginkan sampai menjadi gas cair menuju kran ekpansi atau pipa kapiler.032 inchi. Kondensor hanya merubah wujud bahan pendingin menjadi cair. Sesuai dengan namanya. Melalui saluran hisap kompresor akan menghisap uap bahan pendingin dari saluran keluaran evaporator emudian ditekan sehingga saat keluar kompresor. Saluran hisap diameternya lebih besar dari pipa saluran tekan. dan hawa panas ini juga dapat dimanfaatkan. komponen ini biasanya dibuat dari pipa tembaga atau pipa alumunium. Kondensor dipasang setelah saluran keluar (discharge) kompresor. Pada proses ini gas bertekanan tinggi dari buangan pipa tekan kompresor ditampung. sehingga panas yang dibuang lebih optimal. yaitu strainer kosong danstrainer yang berisi silica gel. lalu dengan bantuan sebuah fan motor gas panas atau gas bertekanan tinggi tersebut dihisap dan dibuang keluar dari sistem pendingin menuju lingkungan luar. Dalam sistem pendinginan kran ekspansi terletak diujung liquid line atau sebelum evaporator.. suhu kondensasi harus lebih tinggi dibandingkan dengan udara tersebut yaitu diantara 12 derajat celcius sampai -1 derajat celcius. Jenisnya ada dua. Di sisi pipanya diberi sirip yang terbuat dari besi kecil atau plat alumunium tipis. kondensor. Sirip-sirip tersebut berguna untuk memperluas permukaan perpindahan panas. Saluran hisap harus dihubungkan dengan pipa keluaran evaporator. Strainer (Filter Dryer/Saringan/ Kran ekspansi) Strainer biasanya dibuat dari bahan tembaga. Pada sistem pendingin lemari es berfungsi melepaskan kalor/panas dari produk makanan yang didinginkan. sedangkan saluran tekan dihubungkan dengan masukan pipa kondensor.Kompresor memiliki dua saluran utama. komponen ini bertugas mengkondensasikan bahan pendingin (refrigerant) yaitu dengan merubah wujud uap bahan pendingin bertekanan tinggi menjadi bahan pendingin berwujud cair dengan melepas panas/kalor ke udara sekitar. Kompresor merupakan bagian yang tersambung dengan sumber daya listrik dan sensor pemutus. Kondensor. Untuk membedakan saluran hisap dan saluran tekan bisa dilihat dari kondisi fisiknya. melalui saluran buang (discharge). Saat panas mengalir dari kondensor ke udara. sedangkan tekanannya masih tetap tinggi. yaitu saluran hisap (suction line) dan saluran buang/keluar (discharge line). Komponen ini berfungsi untuk menyaring cairan bahan pendingin (refrigerant) yang keluar dari kondensor agar bebas dari kotoran. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. saat cairan tekanan tinggi memasuki kran ekspansi yang datang dari . Saat lemari es bekerja kondensor akan terasa hangat bila dipegang. Kondensor 1. Hal ini sengaja dilakukan mengingat cairan bahan pendingin (refrigerant) akan dialirkan masuk ke lubang yang benar-benar kecil dengan diameter lubang dalam kurang dari 0. 1. 1.

kran ekpansi kemudian mengurangi tekanan dari refrigerant saat melewati lubang yang terletak dibawah kran expansi. komponen ini akan segera menyerapnya. kemudian tekanan rendah ini didorong masuk kedalam evaporator dalam bentuk kabut. 1. dengan panjang dan diameter yang sama. Dengan adanya pengurangan tekanan. Evaporator Sebagaimana komponen kondensor. Jika terjadi mampet karena benda keras. Pipa Kapiler Komponen ini berfungsi untuk menurunkan tekanan cairan bahan pendingin sebelum masuk ke evaporator. Untuk jenis strainer yang berisi silica gel. evaporator juga merupakan komponen penukar kalor.kondensor. sedangkan evaporator menyerap kalor/panas dari produk makanan yang disimpan dalam lemari es. Tujuan melilitkan pipa kapiler. disamping menyaring kotoran. Pipa Kapiler 1. Selain itu .. Filter (saringan) juga berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin yang keluar setelah melakukan sirkulasi agar tidak masuk kedalam kompresor dan pipa kapiler. Selain itu. Pipa kapiler dipasang setelah komponen filter dyer (strainer). Perbedaanya adalah kondensor melepaskankalor/panas. 1. Evaporator untuk lemari es tipe lama terbuat dari pipa tembaga yang diberi sirip alumunium 1. Komponen evaporator ada di bagian atas lemari es (di freezer). yang telah dijelaskan di atas. komponen ini biasanya terbuat dari lempengan alumunium tipis dan di dalamnya dibuat alur (rongga) sebagai tempat mengalirnya bahan pendingin (refrigerant). agar terjadi perpindahan panas antara isi pipa kapiler berupa cairan bahan pendingin dan uap di dalam pipa yang menuju ke kompresor. bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal. Dalam sistem pemipaan sistem pendingin dipasang setelah pipa kapiler. maka pipa kapiler ini harus diganti dengan yang baru. Strainer (Fiter Dryer) 1. Dengan adanya alat ini akan memudahkan pengaturan stock dari total refrigerant yang selanjutnya akan dihisap oleh kompresor . komponen ini juga dapat menyerap uap air.dengan dililitkan. suhu refrigerant menjadi turun ke tingkat bawah udara sekitar. Akumulator Merupakan alat yang berguna untuk mengumpulkan cairan refrigerant yang berasal dari evaporator dan mencegah refrigerant berfasa cair masuk ke kompresor. Evaporator 1. Apabila bahan pendingin cair masuk ke kompresor dapat mengakibatkan kompresor rusak. Untuk lemari es. agar pipa kapiler yang panjang jadi pendek dan lebih simpel. Apabila ada uap air yang terjebak dalam sistem.

kompresor g. Pada saat pintu ditutup sakelarnya akan tertekan oleh pintu. Sakelar pintu yang digunakan untuk lampu. sehingga kontaknya akan menutup dan kipas akan beroperasi . Skema Rangkaian Kelistrikan Kulkas 1. sakelar pintu yang digunakan untuk kipas. Akumulator 1. Bahan Pendingin (Refrigerant) Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair. ataupun sebaliknya. posisi awal kontaknya NC (kontaknya terhubung). relay kompresor f. Steker Bagian ini yang berhubungan langsung dengan listrik PLN. thermostat (penyetel suhu) e. sehingga pada saat pintu ditutup maka ujung sakelar akan tertekan.1. kondisi awal kontaknya NO (kontaknya membuka). sakelar pintu d. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda. Dan juga berfungsi sebagai penerangan pada bagian dalam kulkas 1. Tabung Refrigerant 1. Jenis bahan pendingin sangat beragam. sehingga pada saat pintu dibuka kipas tidak beroperasi. overload 1. lampu c. steker b. Sakelar pintu Berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik yang mengalir ke lampu atau kipas. sedangkan pada saat pintu ditutup (saklar tertekan pintu) lampu dalam lemari es akan padam karena kontaknya jadi NO (kontaknyamembuka). Sehingga pada saat kondisi lemari terbuka (sakelar tidak tertekan) lampu akan menyala. dengan mncolokkan pada stop kontak. 1. Selain itu. Biasanya bahan yang digunakan adalah freon jenis yang biasa digunakan : 1. Lampu Lampu disini sebagai tanda apakah arus listrik sudah mengalir ke sistem atau tidak. Kelistrikan Keterangan: a. Komponen initerpasang dekat dengan pintu.

pada kulkas ada dua jenis fan 1. thermostat adalah saklar otomatis berdasarkan pengaturan suhu. Apapun sebutannya. Fan motor evaporator . Relay kompresor Merupakan komponen yang dipasang pada terminal kompresor sebagai sakelar otomatis. 1. bimetal dalam overload akan memutuskan aliran listrik. Thermostat 1. Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evapurator . Pada start relay terdapat kumparan dan inti besi yang akan bekerja secara otomatis pada saat ada arus mengalir kekumparan relay. Sehingga kompresor akan mati. Jenis-Jenis Sakelar Pintu 1. thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan kumparan/lilitan utama dan lilitan pembantu sesaat setelah kompresor mulai bekerja. Fan motor Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin . Bisa dikatakan. secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik ke kompresor. Overload 1. Heater Hampir keseluruan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas ( heater ). o Fan motor evaporator Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak ( rak es . sayur . 1. Jika suhau evaperator sesuai dengan pengatur suhu thermostat. Pada saat panas atau arus terlalu tinggi. Heater 1. 1. Relay 1. Komponen ini dipasang pada salah satu terminal dari kompresor yaitu. Overload Overload berfungsi sebagai pelindung penggerak (motor) kompresor dari panas atau arus yang terlalu tinggi. di terminal C (common) dan kaki lainnya dipasang ke saluran netral dari PLN. Thermostat (penyetel suhu) Thermostat memiliki banyak sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. 1.dan buah ).1. selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es. 1.

bahan pendingin itu akan berusaha mengalir sambil melawan gesekan. refrigerant cair akan menguap dan wujudnya kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat rendah.1.031 inch dan panjangnya 30 inchi). Kondensor digunakan untuk melepaskan panas ke udara sehingga refrigerant bisa terkondensasi dengan baik. Saat berada di dalam evaporator. Jadi bisa anda bayangkan. Sistem Kerja Kulkas. gas tersebut akan mengembun dan kembali menjadi wujud cair. Dengan wujud fasa uap. selain itu berfungsi mendinginkan kompresor. Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Fan motor kondensor 1. Bahan pendingin akan membawa panas yang ada disekitarnya ( makanan. yaitu dari fase uap ke fase . Pada titik kondensasi. Pada kondisi yang berulang memungkinkan udara tersebut membeku menjadi butiran-butiran es. Perpindahan panas yang terjadi pada kulkas termasuk perpindahan secara konveksi. 1. Kondensor merupakan wahan pembuang panas. sayuran. Kemudian refrigerant akan mengalir ke evaporator akibat tekanan kapilaritas yang dimiliki oleh pipa kapiler. akibatnya temperaturnya juga menjadi rendah. memungkinkan refrigerant mengalir menuju kondensor. Perpindahan Panas Pada Kulkas Pada kulkas yang dimanfaatkan adalah bagian yang dingin. buah-buahan dll) menuju akumulator. 1. udara yang terjebak di antara evaporator menjadi bersuhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi wujud cair. Alat penukar kalor pada kulkas berupa kondensor dan evaporator. akibatnya energi panas yang dimilikinya akan habis Maka tekanan bahan pendingin itu akan menjadi rendah karena melewati lubang sempit yang cukup panjang. Pada saat dialiri listrik. yaitu antara fluida bergerak berupa refrigerant dengan lingkungan. o Fan motor kondensor kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil yang berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor . motor kompresor akan berputar dan memberikan tekanan pada bahan pendingin. Disini akumulator akan mengumpulkan bahan pendingin yang akan dihisap oleh kompresor untuk melanjutkan siklus dari awal. yang berdiameter kecil dan panjang (sebagai gambaran diameter lubangnya sekitar 0. Akibatnya. Sistem kerja lemari es dimulai dari bagian kompresor sebagai jantung kulkas yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. 1. Uap refrigerant yang mempunyai temperatur dan tekanan tinggi bisa masuk ke kondensor melalui sisi discharge yang dikondensasikan ke dalam kondensor sehingga refrigerant yang keluar kondensor berubah fase. Siklus sistem pendingin lemari es Setelah itu bahan pendingin akan dialirkan masuk ke dalam pipa kapiler.

maka terjadi persilangan antar kedua fluida. Pada evaporator digunkan untuk menyerap panas dari lingkungan dalam (bagian dalam kulkas). Maka anda pun akan merasa dingin yang menyegarkan. Model Proses Siklus kompresi uap sederhana Proses yang terjadi pada siklus kompresi uap standar : Proses 1 ± 2 Kompresi isentropis dari kondisi uap jenuh menuju uap superheat. perpindahan panas pada kulkas termasuk dalam kategori cross flow atau aliran bersilangan. tiba-tiba anda mendapatkan tetes-tetes air dari selang yang disemprotkan teman anda ke arah udara. Proses 3 ± 4 Ekspansi pada entalpi konstan dan perubahan fasa dari cair jenuh menjadi campuran Proses 4 ± 1 Penyerapan kalor reversible pada tekanan konstan yang menyebabkan terjadinya penguapan dengan mengambil kalor sekelilingnya Prinsip Pada Kulkas Coba kita perhatikan kasus lain: Di siang hari anda berada di tengah lapang di bawah terik matahari. sehingga terjadi proses penguapan. walaupun suhu di sekitar anda tetap tinggi. 1. Berdasarkan pola aliran fluida yang terjadi. Sehingga refrigerant yang berfasa cair dari Kondensor berubah ke fasa uap kembali. Perubahan fase refrigerant tersebut disebabkan karena refrigerant menyerap panas . Proses 2 ± 3 Pelepasan kalor reversible pada tekanan konstan yang menyebabkan penurunan panas lanjut (desuperheat) dan terjadi kondensasi di kondensor.cair. Sekali lagi menguapnya air-air tersebut di kulit anda akan mengambil panas di kulit anda yang pada akhirnya menghasilkan sensasi dingin di kulit anda. Sistem Refrigerasi Uap Sederhana 1. Perubahan fase refrigerant tersebut disebabkan karena adanya pelepasan kalor refrigerant ke lingkungan sekitar sehingga refrigerant mengalami proses pengembunan. Hal tersebut diakibatkan oleh menguapnya tetes-tetes air tersebut yang sempat mengenai kulit Anda. Yaitu ketika bahan refrigerant mengalir pada pipa kemudian udara disekitar dihisap oleh fan (kipas). Jika hal tersebut dilakukan terus menerus dalam waktu .

Lemari es bekerja dengan cara mensirkulasikan refrigerant. titik uap refrigerant jauh lebih rendah. sedangkan evaporator terletak di dalam yang akan berfungsi untuk mendinginkan isi kulkas. Prinsip di atas menjadi dasar cara kerja kulkas. tetapi sekedar menaikkan suhu refrigerant.evaporator dan refrigerant. sehingga kalor yang diambil tidak digunakan untuk mengubahnya menjadi uap. kondensor. Sebelum mempelajari cara kerja lemari es ini lebih baik kita kenali bagian-bagian nya y y y y Insulation (isolator) merupakan alat untuk menahan panas agar tidak masuk ke dalam kulkas dan menjaga hawa dingin didalam kulkas tidak keluar Temperature control berfungsi untuk mengatur berapa derajat kedinginan yang kita mau Evaporator fan yaitu kipas yang diletakan di dekat evaporator bertujuan untuk mensirkulasikan udara dingin Evaporator coils terletak didalam kulkas. Cara Kerja Kulkas/ AC Lemari es atau yang lebih dikenal dengan Kulkas adalah alat rumah tangga yang umum digunakan. Komponen utama dari lemari es adalah kompresor. katup ekpansi. yaitu alat yang digunakan untuk merubah freon cair menjadi uap dengan cara menyerap panas disekelilingnya (mendinginkan kulkas) . tapi suhu tubuh anda akan turun dan anda dapat sakit. yaitu sekitar -27 F. Anda tidak lagi sekedarmerasa dingin.satu jam lebih. Lemari es ini berfungsi untuk mendinginkan atau menjaga kondisi makanan dan minuman agar lebih tahan lama. Namun berbeda dengan alcohol atau tetes-tetes air. Biasanya kondensor terletak dibelakan kulkas dan bersentuhan dengan udara luar. Uap cairan tertentu yang disebut refrigerant disemprotkan terus menerus ke dalam ruangan kulkas yang akan mengambil kalor dari makanan-makanan di kulkas.

Uap bertekanan ini masuk ke kondensor dan mengkondensasi uap mencadi cairan. Dalam kompresor freon di tekan sehingga keluar sudah berbentuk uap super panas (vapour super heated) dan bertekanan tinggi. Freon masuk kompresor dalam bentuk uap bertekanan dan temperatur rendah.y y y y Compressor alat yang digunakan untuk memompakan freon Condensor coils berfungsi untuk merubah uap menjadi cairan dengan cara membuang panas. Siklus ini terus berulang. Dari evaporator keluar dalam bentuk uap dan masuk lagi kekompresor. . Leveling feet berguna untuk menyetel kedataran kulkas Cara kerja lemari es dapat dilihat dari diagram siklus termodinamika (gambar2) berikut ini. Refrigerant. keluar dalam bentuk uap bertekanan dan temperatur tinggi kemudian masuk ke kondensor. Dari kondensor dalam bentuk cairan (temperatur dan tekanan tinggi) ke katup ekspansi tekanan turun (bentuk uap dan cairan) masuk ke evaporator. Untuk merubah nya menjadi uap evaporator menyerap panas disekelilingnya. bagian ini terletak diluar kulkas Defrost heater berfungsi untuk menghancurkan salju yang ada dalam kulkas. Untuk garis besar nya berikut urutan kerjanya. Cairan freon yang bertekanan tinggi ini masuk ke katup ekpansi sehingga tekanan turun dengan drastis sehingga terjadi flash evaporation seterusnya masuk ke evaporator untuk dirubah lagi menjadi uap. karena evaporator diletakan didalam kulkas maka kulkas pun menjadi dingin. alat ini memanfaatkan kondensor koil. misalnya freon masuk ke kompresor melalui pipa tembaga dalam bentuk uap.

Cara kerja kulkas .

silinder luar yang terbuat dari berbagai bahan padat (misalnya kayuatau plastik) dengan lubang dibor di samping. wol. 2. 4. 3. atau tanah. yang dapat direndam dengan air. sebagai bahan diadakan dinding silinder dalam. kulkas ini terdiri dari dua silinder-satu dalam lainnya dan tidak dihubungkan kesumber listrik. dalam cuaca panas sinar matahari memanaskan material basah dan air menguap off. perendaman bahan dengan air segar akan menjaga 'kulkas' kerja . silinder dalam terbuat dari logam dan tidak memiliki lubang untuk memastikan isi tetap kering. panas dipindahkan dari ruang dalammel alui proses penguapan. kesenjangan antara silinder dalam dan luar diisi dengan material seperti pasir. menyimpannya pada suhu suatu 6c keren.KETERANGAN : 1. 5.

Mesin Pendingin (kulkas) Artikel Disusun untuk memenuhi .