B.

Kitab-Kitab Allah swt

Kata Taurat berasal dari bahasa Ibrani: Thora yang berarti syariat atau hukum. Kitab Taurat itu sendiri memang diturunkan dalam bahasa Ibrani. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a. yaitu Kitab Taurat. Isi pokok kitab ini adalah Sepuluh firman atau Perintah (Ten Commandements) Allah SWT yang diterima oleh Nabi Musa as. Kitab ini berlaku hanya bagi Nabi Musa as.s. 1. ketika berada di puncak gunung Thursina. dan Bani Israil. Kitab Zabur. Kitab Injil dan Kitab Al Qur an.Dalam Al Qur an disebutkan bahwa ada empat kitab Allah swt..  .  Kitab Taurat adalah kumpulan firman-firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Musa as.

Surat Al Isra ayat 2 Artinya: ´Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israelµ (QS. Al Isra·: 2) .

dan sejumlah Nabi sampai Yusuf as. Kitab Keluaran (Exodus) yang mengisahkan tentang keluarnya Bani Israil dari Mesir yang dipimpin Nabi Musa as. Kitab Kejadian (Genesis) yang mengisahkan kejadian alam semesta. dan turunnya Adam. terhadap Yahwe (Allah SWT). Semenanjung Sinai selama 40 tahun. yaitu : 1. akibat penindasan Fir aun. Konon Taurat yang tertuang dalam Perjanjian Lama tersebut berasal dari Nabi Musa as. sampai turunnya Sepuluh Perintah. Orang Kristen menyebut Taurat dengan Perjanjian Lama (Old Testament). 2. munajat Musa as. 3. . dan dibagi menjadi lima kitab. Kitab Imamat (Leviticus) yang berisi kumpulan hukum/syariat dalam agama Yahudi. kejadian Adam dan Hawa serta dikeluarkannya mereka dari surga. keberadaan Musa di Padang Tih.

Kitab Bilangan (numbers) yang berisi peristiwaperistiwa yang dialami oleh bangsa Yahudi ketika berada di padang pasir selama 38 tahun. Kelima buku pertama ini dianggap penting karena memuat peraturan-peraturan. kemudian pada segala hukum dan peraturan dari Tuhan. .4. Kitab Ulangan (Deuteronomy) yang berisi keluarnya bangsa Yahudi dari tanah Mesir dan himpunan syariat. 5. Kata ini diterapkan kepada Dosa Titah (Kesepuluh Hukum). Kata Taurat sendiri sebenarnya berarti pengajaran oleh Allah.

Kitab Zabur adalah kumpulan firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Dawud as. Firman Allah SWT. .s. dan dalam bahasa Ibrani disebut mizmor (nyanyian rohani yang dianggap suci). Al Isra : 55) Kata zabur berasal dari zabaraayazburu-zabr yang berarti menulis.2. Makna aslinya adalah kitab yang tertulis. Zabur dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan mazmuur. Artinya : Dan Kami berikan (kitab) Zabur kepada Dawud. (QS. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud a.

mulai dari mengenai kejatuhannya. sedangkan syari atnya hanya sedikit dan bersifat khusus. dosanya. sampai kemuliaan Mesias yang akan datang. pujian-pujian kepada al Haq. Kitab Zabur berisi kumpulan mazmur. diperintahkan oleh Allah SWT mengikuti peraturan yang dibawa oleh Nabi Musa as.  150 nyanyian yang terkumpul dalam kitab ini berkisah tentang seluruh peristiwa dan pengalaman hidup Nabi Daud as.  Kandungan kitab Zabur kebanyakan berisi nasehat-nasehat konstruktif. yakni nyanyian rohani yang dianggap suci yang berasal dari Nabi Dawud as. sukacita kemenangannya atas musuh Allah. karena Nabi Dawud as. kemuliaan Tuhan. Jadi kitab ini sama sekali tidak mengandung hukum-hukum atau syariat (peraturan agama). pengampunan dosanya oleh Allah. .