Pada umumnya agama diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu agama wahyu dan agama non wahyu(revealed

religion) dan agama non wahyu (nonrevealed religion). Untuk lebih jelasnya diuraikan sebagai berikut : 1. Agama wahyu adalah agama yang diturunkan Allah dari langit melalui malaikat Jibril kepada para nabi dan rasul Allah untuk disampaikan kepada umatnya. Oleh karena itu, agama wahyu disebut juga dengan agama langit, agama samawi, agama profetis, din-as samawi, revealed religion. yang termasuk dalam kelompok agama wahyu adalah sebagai berikut : 1. Agama Islam dengan kitab sucinya Alquran yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, melalui malaikat Jibril, untuk seluruh manusia dan semesta alam. 2. Agama Kristen (nasrani) dengan kitab sucinya Injil diturunkan Allah kepada Isa AS, melalui malaikat Jibril kepada untuk Kaum Bani Israil. 3. Agama Yahudi, dengan kitab sucinya Taurat diturunkan kepada nabi Musa AS, melalui malaikat Jibril untuk kaum Bani Israil. 2. Agama Non wahyu, adalah agama yang lahir berdasarkan pemikiran atau kebudayaan manusia. Pada awalnya menurut historis, agama non wahyu diciptakan oleh filosuf-filosuf masyarakat sebagai ahli pikir, atau oleh pemimpin-pemimpin dari masyarakat atau oleh penganjur dan penyiar masyarakat itu. Agama non wahyu mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan perkembangan pemikiran atau budaya masyarakat itu (animism, dinamisme, politeisme, monoteisme). Oleh karena itu agama non wahyu dinamakan juga agama budaya, agama bumi, agama filsafat, natural religion, nonrevealed religion. Yang termasuk agama non wahyu yaitu Zoroasterianisme, Konfusionisme, Thaoisme, Shintoisme, Budhisme. http://id.shvoong.com/humanities/religion-studies/2069571-klasifikasi-agama/ from : andai Yani Ditinjau dari sumbernya, agama dibagi 2 yaitu: 1. Agama wahyu (revealed religion) disebut juga dengan agama langit yang artinya agama yang diterima oleh manusia dari Allah Sang Pencipta melalui malaikat jibril dan disampaikan serta disebarkan oleh Rasul-Nya kepada umat manusia. Ciri-cirinya adalah: a. Secara pasti dapat ditentukan lahirnya, dan bukan tumbuh dari masyarakat, melainkan diturunkan kepada masyarakat. b. Disampaikan oleh manusia yang dipilih Allah sebagai utusan-Nya c. Memiliki kitab suci yang bersih dari campur tangan manusia d. Ajarannya serba tetap, walaupun tafsirnya dapat berubah sesuai dengan kecerdasan dan kepekaan man usia e. Konsep ketuhanannya monotheisme mutlak (tauhid)

animisme. Perbedaan ke2 agama ini dikemukakan Al Masdoosi dalam Living Religious of the World sebagai berikut: 1. dan paling tinggi adalah onotheisme nisbi f. Kebenarannya adalah universal yaitu berlaku bagi setiap manusia. . sedangkan agama budaya kabur dan elastis. Semua agama wahyu lahir di Timur Tengah. Ajarannya dapat berubah-ubah. Agama wahyu lahir di daerah-daerah yang berada di bawah pengaruh ras simetik 6. Konsep ketuhanannya: dinamisme. yaitu tidak berlaku bagi setiap manusia. Kebenaran ajarannya tidak universal. masa dan keadaan. Agama wahyu berpokok pada konsep keesaan Tuhan.f. Ciri-cirinya adalah: a. sedangkan agama budaya tidak dem ikian 2. sedangkan agama budaya lebih menitik beratkan aspek spiritual saja. sesuai dengan perubahan akal pikiran penganutnya e. 7. Agama wahyu beriman kepada Nabi. Umumnya tidak memiliki kitab suci d. 2. Tidak disampaikan oleh utusan Tuhan (Rasul) c. sedangkan agama budaya lahir di luar itu 5. Agama wahyu memberikan arah yang jelas dan lengkap baik spiritual maupun material. Agama budaya (cultural religion) disebut juga dengan agama bumi yang artinya bersandar semata-mata kepada ajaran seorang manusia yang dianggap memiliki pengetahuan tentang kehidupan dalam berbagai aspeknya secara mendalam. Tumbuh secara komulatif dalam masyarakat penganutnya b. politheisme. Ajaran agama wahyu jelas dan tegas. sedangkan agama budaya kitab suci tidak penting 4. masa dan keadaan. sedangkan agama budaya tidak 3. Agama wahyu sumber utamanya adalah kitab suci yang diwahyukan.

Brahmanisme dan Zoroasterianisme. kepada para Rasul-Nya dan kepada kitab-kitab-Nya serta pesannya untuk disebarkan kepada segenap umat manusia. that the six great religions of the world may be devided into missionary and non-missionary". Thomas W. Revealed and Non-Revealed Religious a) Adapun yang dimaksud dengan "Revealed religious" (agam wahyu) ialah agama yang bersumber a dari Allah. (3) Geoghraphical-Racial and Universal 1. on the day of intercession for mission. 2.Anold dalam bukunya The Preaching of Islam antara lain menulis: "Ever since professor Max Muller deliverd his lecture in Westmenster Abbey. Sedangkan yang termasuk Agama Non Missionaris adalah: Yudaisme. Klasifikasi Rasial Geografical Ditinjau dari segi rasial dan geografical agama-agama di dunia ini dapat di bagi atas: . bukanlah tergolong agama missionaris.Ada berbagai klasifikasi yang dibuat para ahli tentang agama. (2) Missionary and Non-Missionary. Misionary Religious dan Non-Religion. Dalam ajarannya tidak memandang esensial penyerahan manusia kepada tata aturan Tuhan. Dalam ajarannya menghendaki iman kepada Tuhan. it has been a literary common place. in December 1873. menurut Ahmad Abdulah Al -Masdoodi di dalam bukunya Lifing Religious of the World menulis: Religious can also be classified on the following ground: (1) Reveled and Non-Revealed. Menurut Max Muller yang termasuk dalam Agama Missionaris adalah: Buddhisme. Menurut persrpsi ajaran Islam. b) Sedangkan "Non revealed religious" (agama bukan wahyu) yaitu agama yang bersumber dari perenungan manusia. 3. Hanya agama Islam saja yang ajarannya yang asli merupakan agama missionaris. ditinjau dari egi ajarannya yang ahli. Kristen dan Islam. Namun dalam perkembangan ternyata kemudian bahwa baik agama Nasrani maupun Buddhisme menjadi agama missionaris. baik agama Nasrani maupun Buddisme.

Semitik. Brahmanisme.a. yang termasuk Arya yaitu: agama Zoroaster. . Taoisme. (Persia). Buddhisme. yang termasuk dalam Mongolian adalah agama-agama yang secara geografis berasal dari wilayah Mongolia: Confusianisme. Monggolian. Majusi. b. Agama Nasrani dan Agama Islam. c. dan Shintoisme. Arya. yang termauk semitik yaitu: Agama Yahudi.