P. 1
FILSAFAT DAKWAH

FILSAFAT DAKWAH

|Views: 316|Likes:
Published by Muhiddin Bakry

More info:

Published by: Muhiddin Bakry on Feb 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2013

pdf

text

original

FILSAFAT DAKWAH

Dari perjuangan menjadi penguatan akan hal-hal yang sudah diketahui dan perlu dipertegas lagi pengetahuan umat akan ajaran-ajaran Islam. dengan memakai sudut pandang transenden ini. Orientasi Filsafat Dakwah 1. B. Dengan menekankan pada dua sifat. yang tiada lain sebagai jalan untuk memahami dan mengetahui luar jangkauan manusia. Pada mulanya. keadilan sehingga kita bisa bahagia. Bagaimana dakwah dalam menegakkan rasa kemanusiaan di antara sesama. Pendahuluan Jauh sebelum dakwah popular di kalangan umat Muslim sekarang ini. di era Rasulullah kegiatan dakwah dilakukan guna menyebarkan ajaran dan syiar Islam ke masyarakat Jahiliyah. bagaimana mendapatkan kesejahteraan. bahwa ada sesuatu zat adikodrati yang sumbernya berada di luar diri manusia. akan diuraikan sepintas tiap bagiannya.FILSAFAT DAKWAH A. mendapatkan kebebasan dalam hidup. menyebarkan persamaan di antara umat Muslim. Dari delapan cakupan di atas itulah yang menjadi kajian dalam ranah dakwah konteks kekinian. Karena boleh dibilang itulah core (inti) capaian akhir dari dakwah sekarang ini. sehingga dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. maka dalam paparan-paparan berikutnya dalam membahas filsafat dakwah. Mengingat pentingnya manusia dalam meraih yang delapan tadi. Oleh karenanya. materi dan kegiatan dakwah yang berlangsung sekarang ini. Meskipun setiap pernyataan isi al-Qur’an mengacu pada peristiwa aktual . orientasi dakwah secara perlahan mulai bergeser. banyak yang menuai dengan hal-hal seputar bagaimana caranya mendapatkan hubungan yang harmonis antara kita dengan Sang Khaliq. Transenden Kebanyakan orang memahami transenden ini sebagai bentuk pengakuan. yaitu bagaimana menegakkan hablum minanallah (hubungan vertikal). Begitu pun dengan hal-hal imanen (duniawi) lainnya. kita harus memahami al-Qur’an sebagai suatu sistem gagasan yang otonom dan sempurna. Kemudian pasca Nabi wafat. dan mengembangkan hablum minannas (hubungan horizontal). Maka. dakwah sering dilakukan dengan tujuan penyebaran dan perluasan kekuasaan agama Islam di muka bumi. menguatkan rasa persaudaraan.

sedangkan Tuhan ada sendiri. itu manusia seolah-olah tidak ada keraguan denganya. Namun tidak bisa dipungkiri. Humanisme diyakini sebagai suatu proses pemanusiaan atau memanusiakan manusia. yang tidak akan mampu manusia untuk menandinginya. Artinya derajat dan harkat manusia dimunculkan diperdengarkan pada orang lain. Humanisme Hal kedua yang menjadi fokus dakwah sekarang ini mengembangkan dan menjadikannya serba manusia. Sifat-sifat dunia kita terapkan pada Tuhan. . Filsafat Tingkah Laku-Etika. sifat-sifat itu sempurna pada Tuhan sedangkan pada kita tidak. dengan mempercayai hal-hal yang transenden. karena kita sendiri tidak sempurna. kita akan merasa dekat dan memahami-Nya serta mempercayai keberadaannya. yang salah satu jalannya seperti yang telah dikatakan Koentowijoyo. Maksudnya adalah menempatkan dan memperlakukan manusia dengan selayaknya sesuai dengan ketentuan yang ada. 25. 1998). Sehingga rasa kasih sayang dan kesadaran bersama menyatu dalam kehidupan. bahwa kesan utamanya bersifat transcendental. hal. Tuhan itulah yang dimaksud dengan transenden. 29. (Yogyakarta: Kanisius. Sementara di balik. yaitu dengan cara memahami isi dan maksud yang terkandung dalam al-Qur’an. hal. Dengan kata lain. sedangkan ‘ada’ pada Tuhan tidak diada-adakan. dalam rangka mengimani-Nya. kita bisa juga dengan mentafakuri semua isi alam ini sebagai hasil ciptaan-Nya. Poedjawiyatna. Jadi manusia dan alam adanya diadakan. Selain itu. Kita mengenal Tuhan melalui alam yang tidak sempurna itu. 2.sesuai dengan konteks sejarahnya. 1992). Kita sukar dalam mengartikan kata sempurna. (Bandung: Mizan. Paradigma Islam Intrepretasi untuk Aksi. Pengenalan kita terhadap sifat-sifat Tuhan pun tidak secara langsung dan tidak sempurna.2 Hematnya kita selaku manusia dan hamba yang lemah harus betul-betul mempercayai bahwa memang ada sesuatu zat transenden yang keberadaannya di luar diri manusia. dan langsung meyakininya.1 Seperti dalam menjelaskan kebesaran dan kehebatan Allah SWT. kita bisa menghindarkan diri dari sikap sombong terhadap sesama dan Tuhan. Inilah salah satu manfaat dan juga tujuan kita. Dan Tuhan mengatasi makhlukNya. Dalam mengartikan ‘ada’ dalam alam akan diada-adakan. 1 2 Koentowijoyo. Kita mengenal Tuhan tidak secara langsung. Karena dengan demikian.

Sebuah tugas yang maha berat. manusia digambarkan sebagai makhluk yang merdeka. liberation. Bagaimana mereka seharusnya memperlakukan sesamanya yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada? Oleh karena itu. 3 Kamus Besar Indonesia. sebetulnya Ia (Allah) pernah memperlakukan manusia secara humanis.3 Dalam bahasa Arab. Secara istilah liberasi berarti proses. Di dalam Islam. Begitu pentingnya posisi itu dapat dilihat dalam predikat yang diberikan Tuhan sebagai khalifahtullah (hamba atau wakil Allah) di muka bumi. Dengan demikian dapat dikatakan kalau humanisme Islam adalah humanisme teosentrik. Maka kehidupan kita akan berjalan secara dinamis dan harmonis. perbuatan. sekaligus mengajarkan kepada manusia. Dalam konsep al-Qur’an. Banyak sekali ayat al-Qur’an yang menyerukan agar manusia menemukan esensi dirinya. Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa. 3. artinya ia merupakan sebuah agama yang memusatkan dirinya pada Tuhan (keimanan). maka selayaknyalah kita mentaati peraturan yang telah dibuat-Nya. Kita sebagai manusia serta komunitas yang berada di bawah tataran hukum. yaitu sebuah agama yang sangat mementingkan manusia sebagai tujuan sentral. Predikat ini memberikan gambaran kepada manusia untuk mengatur dunia ini. kita yang diperlakukan oleh Allah secara humanis. Liberasi Liberasi secara leksikal berasal dari Bahasa Inggris. sehingga ada juga makhluk-makhluk lain enggan memikulnya. dan pendosa yang ajali. Berbeda dengan pandangan agama Kristen atau Barat. dungu. Islam itu sendiri adalah agama yang humanisme. cara membebaskan. . posisi dan kadar manusia itu sangat penting.Konsep Islam dalam hal kemanusiaan sangat memberikan kebebasan terhadap manusia untuk bersaudara dan bergaul dengan manusia yang lainnya. memikirkan kedudukannya dalam struktur realitas. dan karena hakikat kemerdekaannya itulah manusia menduduki tempat yang terhormat. Dengan demikian mampu menempatkan dirinya sesuai dengan proporsi dirinya. yang memandang manusia sebagai makhluk yang rendah. maka kita harus mentaati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Dengan adanya aturan-aturan Allah yang terkumpul di dalam nash al-Qur’an. yang kemudian mengarahkan perjuangannya untuk kemuliaan peradaan manusia. yang berarti pembebasan.

naluri untuk mempertahankan dirinya. pahala. Jelasnya. Sehingga ada sebuah partai internasional yang menamakan dirinya dengan Hizbut Tahrir. bertingkah laku. artinya partai pembebasan. No. surga. ekonomi.4 Dalam perspektif filsafat Barat. sehingga pasti ia akan masuk Islam dengan bukti yang 4 5 Dialog HT dengan kedubes Jerman. 35 Th. majalah al-wa’ie. Salah satu tujuan dari diturunkannya agama dan ajaran Islam oleh Allah. ibadah. Yang apabila potensipotensi itu tidak terpenuhi. berpendapat. namun kebebasan itu telah dibatasi oleh nilai-nilai yang berupa aturan dari Alalh SWT. yaitu kebebasan yang sering dijadikan stigma tata kehidupan yang demokratis. tiada lain dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Sebenarnya. III 2003. pendidikan dan budaya. Di antara potensi-potensi manusia adalah mempunyai akal untuk dikembangkannya. senantiasa terjadi kesalahpahaman yang akhirnya menyulut perbedaan yang membesar. naluri mencintai agama. akhirat. lebih dititikberatkan pada istilah lliberalisme. Di dalam ajaran Islam.Al-Baqarah ayat 226. sampai pada masalah sosial. pada kenyataannya setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia dengan nilai-nilai yang berada. maka manusia tersebut terkekang keberadaannya dan secara cepat membutuhkan pembebasan yang tiada lain untuk mempertahankan eksistensinya dalam kehidupan. sebab agama ini telah jelas semua ajaran dan buktinya. misalnya.S. Sebenarnya secara fitrah kebebasan ini memiliki potensi-potensi yang khas. agar manusia tidak menyimpang dari jalan yang telah ditetapkan-Nya.5 Dalam Ibnu Tafsir dijelaskan bahwa Allah berfirman: “Janganlah kamu memaksa seorang pun untuk masuk Islam. Seperti urusan dunia. serta kebebasan kepemilikan. Sebuah kehidupan dengan tata aturan yang menganut kebebasan. Salah satu contoh dalam hal memilih agama. Q. naluri untuk melestarikan keturunan dan kebutuhan jasmani. Sebaliknya. Ia bebas dalam mengekspresikan keinginannya. dibahas akidah dan syara’. berakidah. menusia telah mendapatkan kebebasan. Di antaranya. barangsiapa mendapat hidayah akan terbuka lapang dadanya dan terang hatinya. Akan tetapi tidak dipungkiri.pembebasan diartikan dengan kata tahrir. umat manusia mendapatkan kebebasan dari Allah. Potensi tersebut memuat kecenderungan dan menunut pemenuhan secara pasti. . setiap manusia melakukan perbuatan di dunia ini.

504. Kedua-duanya sama. Sikap yang praktik diskriminatif ini menyiratkan hubungan yang bersifat politis. 2002). Jender berasal dari Bahasa Inggris. 4. yang artinya “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. Banyak ayat al-Qur’an yang membicarakan tentang kesamaan dan kesetaraan pria dan wanita. maka ia bebas sebebas-bebasnya tanpa ada batasan apa pun. jender justeru melahirkan sikap dan praktik mendiskrinasikan wanita. Kemudian budaya manusialah yang mempertajam perbedaan ini. apabila manusia tidak ingin selamat. Apabila ia ingin selamat dunia akhirat. Namun yang terjadi sebaliknya. Dengan perbedaan biologis itulah kemudian lahir istilah jender. Persamaan Tuhan menciptakan pria kemudian perempuan. yaitu sebagai ciptaan Tuhan. Sebaliknya. (Jakarta: Bina Ilmu.” Esensi dari ayat ini bahwa tujuan Allah 6 Salim Bahreisy dan Said Bahreisy. Perbedaan jender sebenarnya tidak menjadi persoalan selama tidak menimbulkan ketidakadilan. Menurut Webster. Persamaan adalah tidak adanya perbedaan. dengan kata lain perempuan adalah bagian dari pria. hal. semuanya dikembalikan kepada masing-masing individiu. Perempuan dibentuk dari tulang rusuk pria. Terjemah Singkat Ibnu Katsir.” 6 Hematnya dalam hal liberasi. Keduanya adalah seperti dua sisi dari sebuah mata uang. yang artinya jenis kelamin. maka kebebasannya harus sejalan dengan norma-norma yang ada.kuat. maka tidak berguna baginya masuk agama dengan paksaan. serta pendengarannya yang tertutup. Pria dengan kepriaannya dan perempuan dengan keperempuannya. Yang membedakan antara pria dan perempuan hanyalah secara biologis saja. Pria tanpa perempuan atau perempuan tanpa pria itu tidak mungkin terjadi. tidak dapat dipisahkan dan membentuk satu kesatuan. . dan tidak membeda-bedakan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. yaitu hubungan pria dan wanita menjadi rengang dan ada batasan. Sedangkan orang yang buta mata hati dan penglihatannya. jender adalah sebagai perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dilihat dari segi nilai dan tingkah laku. antara lain surat al-Dzariyat. yaitu gender. makhluk yang berakal dan budi yang melebihi makhluk-makhluk lainnya. sehingga terdapat pembagian pekerjaan atas pria dan perempuan.

menciptakan manusia untuk menyembah kepada Allah SWT. besar artinya dan jauh wawasannya. Hamba ideal dalam alQur’an bisa diistilahkan dengan orang-orang yang bertaqwa (muttaqin). tidak ada perbedaan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. 5. seolah-olah tidak dirasakan oleh Muslim lainnya. Berbagai konflik dan penderitaan yang dirasakan oleh saudara-saudara seiman dengan kita diberbagai belahan dunia. akan melahirkan perubahan tatanan sosial yang sangat dalam pengaruhnya. dan hubungan batin yang disinari dengan sinar ilahi. Persaudaraan antara sesama umat manusia menjadi hal yang sangat penting. Karena manusia sebagai homo homini socius. Keakraban antara orang Muslim dengan saudaranya akan bertambah setiap adanya kesamaan dalam akhlak Islam. Dalam surat al-Hujurat ayat 10 dijelaskan. dan untuk derajat muttaqin ini tidak dikenal adanya perbedaan jenis kelamin. Dengan adanya rasa merupakan ciri-ciri dari keimanan itu sendiri. Ukhuwah didasarkan pada kesatuan hati nurani dan saling mencintai untuk mencapai keridhaan Allah dan dalam sabilillah. persaudaraan itu . Karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah. akan sulit sekali bagi manusia untuk bekerjasama dan menciptakan suasanya yang kondusif dan menyenangkan. Persaudaraan Persaudaraan atau ukhuwah adalah adanya rasa kasih mengasihi. karena tidak dapat ditandingi oleh ikatan-ikatan lain dalam bentuk apa pun. Keduanya mempunyai potensi dan peluang yang sama untuk menjadi hamba ideal. akan sangat membutuhkan bantuan dan kerjasama dengan orang lain. sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara. tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. dan sayang menyayangi serta sadar bahwa dirinya merupakan bagian dari orang lain atau adanya rasa saling memiliki antara sesama. Dalam kapasitas manusia. suku. Yang menjadi pengikat orang-orang Mukmin adalah keimanan. Baik itu pria ataupun perempuan sama saja. Persaudaraan menurut Islam merupakan persaudaraan yang sangat agung dan kuat. Hanya saja dalam bangsa ini konsep persaudaraan sedikit sekali diterapkan oleh umat Islam. Persaudaraan yang berdasarkan keimanan yang jujur yang telah meresap ke dalam jiwa. supaya kamu mendapat rahmat. bangsa ataupun kelompok etnis tertentu. Jika tidak ada persaudaraan.

keselamatan. Kemudian kesejahteraan hal atau keadaan sejahtera. 7. dan perintah-perintahnya mempunyai tujuan yang tegas. Islam memberi pilihan bagi umatnya untuk berkembang dalam hal proses pembelajaraan mengenai kesejahteraan yang dianut oleh Islam. 136. dalam hal ini menggunakan kriteria kesejahteraan. Keadilan Keadilan menurut al-Qur’an sebagaimana firman Allah dalam surat al-Maidah ayat 8. Dengan demikian. Menurut Abdullah Al-Maraghi melukiskan kesejahteraan sebagai perintah-perintah dalam Islam terbagi ke dalam dua kelompok. cinta. yaitu: (1) mengatur hubungan Allah dengan manusia seperti membahas iman dan ibadah secara jelas. Salah satu solusinya adalah kita harus benar-benar menumbuhkan rasa kasih sayang. serta rasa keselamatan baik dhair maupun bathin yang sejalan dengan norma-norma yang ada. kesukaran dan tercukupinya semua kebutuhan. kesenangan hidup dan kemakmuran. Kesejahteraan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. . Tetapi sebagian dari mereka ada yang saling berbeda pendapat. (Bogor: Pustaka Thoriqul Izzah. dan minimal simulasi dari diri umat Islam itu sendiri. persaudaraan di antara umat Islam umumnya umat manusia akan tetap harmonis. (2) mengatur hubungan antara manusia dengan manusia. keamanan. kemakmuran dan sentosa.Faktor yang menjadi penyebab tidak adanya persaudaraan yang harmonis di antaranya kurang pahamnya umat Islam terhadap konsep ukhuwah Islamiyah.7 Sebetulnya para ahli dalam Islam sepakat sepenuhnya dan sependapat dengan orientasi kesejahteraan dari perintah-perintah ini. terlepas dari segala macam gangguan. dan empati atas dasar Sang Khaliq. kata sejahtera adalah aman sentosa dan makmur. yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman hendaklah kalian teguh demi Allah sebagi 7 Lihat dalam Ismail Muhammad. 2004). Refresing Pemikiran Islam. ketentraman. 6. Intinya kesejahteraan adalah memberikan rasa aman. hal. dan sering kali persaudaraan diaplikasikan atas dasar materi atau kekayaan dan kecantikan atau atas dasar makhluk bukan atas dasar khaliq.

Di atas asas yang kokoh untuk menetapkan sarana tertentu agar mencapai tujuan. suami adil kepada isteri. Islam menegakkan keadilan sosial dalam berbagai bentuk yang sedemikian rupa yang di antaranya tercermin dalam bentuk hubungan antara khaliq dengan makhluknya. orang tua. Dan satu hal yang harus kita ingat. Q. Al-Maidah: 8. Allah menyeru hambanya agar berlaku adil. Tetapi juga kepada berbagai aspek kehidupan seperti memerintahkan kita untuk berperilaku adil kepada anak. adil dalam kata-kata. 11 Sayyid Qutbh. kafir dan dzalim oleh al-Qur’an sebagai perintah agama.S. kerabat.10 Keadilan adalah perintah Allah yang wajib ditegakkan. dalam berbagai aspek kehidupan. hukum karma di dunia dan disika di akhirat). Asas-asas di mana Islam menegakkan keadilan itu adalah kebebasan jiwa yang mutlak. tidak hanya memberikan aturan-aturan-Nya saja. An-Nissa: 135. dan sebagai perintah yang normatif. kaya miskin.saksi keadilan dan juga kebencian terhadap sesuatu kelompok sampai membuatmu tidak adil. 8. Keadilan Sosial dalam Islam.” 8 Keadilan adalah perintah dari Allah untuk ditegakkan (al-A’raf) tanpa pandang bulu. berperilaku adil kepada suami.11 Dengan adanya firman-firmn Allah yang menyuruh umat manusia berlaku adil dengan tidak pandang bulu. adil dalam pemerintahan. dan lain-lain. (Jakarta: Bulan Bintang. tidak hanya kepada masalah hukuman dari Sang Hakim kepada terdakwa saja. persamaan kemanusiaan yang sempurna. isteri. berupa hukuman tertentu yang ditetapkan oleh penguasa atau hakim berdasarkan keadilan. Maka pelaku ketidakadilan mempunyai sanksi ukhrawi (dosa. tetapi memberikan kemudahan kepada kita dengan memberikan sarana atau jalan untuk mencapai keadilan tersebut. dan jasmani sosial yang kuat.S. ia harus mendapat sangsi dunia. berlaku adillah maka itu leih dekat kepada taqwa. bahwa Allah SWT.9 terhadap kawan atau lawan. hal. Maka ia tidak membiarkan sedikitpun adanya aturan-aturan yang tidak diketahui arahnya ke mana. masyarakat yang tidak menegakkan keadilan dicap sebagai masyarakat fasiq. Al-Maidah:8.. Kebahagiaan 8 9 Q. 1992). 10 Q. orang-orang yang disukai atau dibenci.S. terhadap diri sendiri. dan ajaran-ajaran yang bersifat migmal atau global. . maka hendaknyalah kita melaksanakan dan merealisasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari. 30.

Kalau dipilah-pilah. harmonis dan dinamis berkesinambungan. C. di antaranya: transenden.Kebahagiaan adalah keinginan yang terpuaskan karena disadari memiliki sesuatu yang baik. persaudaraan. Kebahagiaan adalah tujuan utama setiap manuia di muka bumi. yang menyebabkan seseorang dalam dirinya ada kepuasaan keinginan dan menyadari dirinya meiliki sesuatu yang baik. Kedelapan unsur dari pelengkap dari kehidupan manusia sehari-hari yang senantiasa menjadi sumber dari malapetaka yang ujung-ujungnya bisa menyulut konflik horizontal sekaligus vertikal. Oleh karena itu. Kesimpulan Di awal disinggung. Kebahagiaan yang sempurna itu datang dan sepenuhnya memuaskan segala keinginan kita. bahwa filsafat dakwah adalah hakekat dari dakwah itu sendiri. Sedangkan kebahagiaan disebut tidak sempurna apabila tidak memuaskan semua keinginan kita. keadilan. persamaan. kesejahteraan. Demi mewujudkan sebuah tatanan kehidupan yang rapih. kebahagiaan bukanlah fasilitas dan non aktivitas. Kebahagiaan adalah keadaan yang subjektif. Kebahagiaan tidak sama dengan kegembiraan atau kesenangan. Jadi. Karena tidak mungkin sebuah kebahagiaan dapat diperoleh dengan keadaan pasif. setidaknya ada delapan unsur dalam filsafat dakwah. . humanisme. Kebahagiaan adalah suatu keadaan yang berlangsung dan bukanlah suatu perasaan atau emosi yang berlalu. liberasi. Sesuatu itu bisa bahagia dengan sempurna karena ia secara utuh memiliki hal yang baik dan sempurna. kebahagiaan adalah suatu kondisi yang harus dicapai dengan sebuah aktivitas dan kegiatan yang maksimal serta bernilai positif. kebahagiaan. maka perangkat-perangkat di dalam kehidupannya harus diluruskan terlebih dahulu. yaitu makhluk yang berakal budi. kebahagiaan adalah suatu action dalam taraf tertinggi. wajib bagi kita semua selaku umat Muslim untuk menjaga terus kedelapan unsur tersebut. Keadaan semacam itu hanya ada dalam sesuatu yang mampu merenungkan dirinya dan sadar akan dirinya.

Jakarta: Bulan Bintang. Bogor: Pustaka Thoriqul Izzah. Koentowijoyo. 1998. Kamus Besar Indonesia. III 2003. Yogyakarta: Kanisius. Dialog HT dengan Kedubes Jerman. . Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa. Jakarta: Bina Ilmu. Poedjawiyatna. 2002. Filsafat Tingkah Laku-Etika. Terjemah Singkat Ibnu Katsir. majalah Al-Wa’ie. Keadilan Sosial dalam Islam. Ismail Muhammad. 1992. 35 Th. No. Paradigma Islam Intrepretasi untuk Aksi. Sayyid Qutbh. 2004. Refresing Pemikiran Islam. Salim Bahreisy dan Said Bahreisy. 2002).Daftar Pustaka Departemen Agama RI. 1992. Bandung: Mizan. Al-Qur’an dan Terjemahannya. (Jakarta: Depag.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->