BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH Setiap manusia dalam hatinya memiliki suatu kesadaran tentang apa yang menjadi tanggungjawab dan kewajibannya. Tetapi kesadaran itu tidak selalu kita perhatikan . Namun dalam situasi yang konkret suara hati akan selalu menyatakan diri sebagai kesadaran tentang apa yang menjadi kewajibannya berhadapan dengan masalah konkret yang dihadapinya. Suara hati atau Hati Nurani seringkali juga disebut sebagai keputusan suara hati, atau dalam bahasa latin disebut Judicium Consientiae. Setiap individu atau makhluk hidup memiliki nurani yang berbeda-beda. Nurani tersebut muncul ketika makhluk itu sudah terbiasa melakukan segala sesuatu yang sama secara terus menerus. Seperti halnya makhluk hidup yang lain manusia juga memiliki nurani yang sering kita sebut dengan suara hati. Suara hati merupakan suara yang kita dengar dan dari dalam diri kita. Suara itu selalu kita anggap benar jika kita ingin melakukannya. Suara hati merupakan cermin dari kepribadian kita sesungguhnya. Ada orang yang mengatakan bahwa suara hati itu bersifat baik atau positif, namun ada yang mengatakan ia bersifat seperti yang dipercayai oleh orangnya (yang mendengar suara hati tersebut). Suara hati adalah kemampuan orang untuk membedakan mana yang baik dan benar atau sebaliknya, serta diarahkan untuk selalu mengambil keputusan yang paling baik dan benar. Suara hati dapat kita kita dengar atau rasakan apabila kita selalu dapat mengintropeksikan diri kita sendiri atas apa yang telah kita lakukan. Kita juga harus peka terhadap segala gejala yang menimpa diri kita dan tetap berpegang pada norma baik budaya, adat, sosial dan agama kita. Pada tahun 1963, dalam ensiliknya yang berjudul ³ Pacem in Terris ³ Paus Yohanes XXIII menegaskan bahwa ³ Sang Pencipta dunia telah mencamkan ke dalam hati sanubari manusia suatu tata moral, yang diwahyukan kepadanya, yang suara hatinya dengan tegas menyuruhnya untuk mentaatinya ´ (PT 5). Dalam kalimat diatas sebetulnya sudah dapat diketahui bahwa suara hati sudah dimiliki oleh setiap orang. Namun bagaimana caranya kita mendengar dan melakukan

1

Berkat hati nurani dikenalilah secara ajaib hukum « cinta kasih terhadap Allah dan sesama « Semakin besar pengaruh hati nurani yang cermat « semakin orang berusaha mematuhi norma ± norma moral yang obyektif. mematuhi norma-norma moral yang obyektif. berjudul ³ Veritatis Splendor ³ juga ditegaskan bahwa ³ Suara hati. Martabatnya ialah inti manusia yang paling rahasia. Namun dalam ensilik yang ditulis Paus Yohanes Paulus II. Tetapi tidak jaranglah terjadi bahwa hati nurani tersesat. Pada tahun 1965. para pemimpin gereja menegaskan bahwa: ³ Suara hati itu selalu menyerukan « untuk mencintai dan melaksanakan hal yang baik dan menghindari hal yang jahat. Dampak tersebut mungkin dapat menguntungkan atau merugikan kita tergantung apa yang kita pahami akan suara hati kita. Misalnya dengan suara hati kita dapat berbuat: cinta kasih. elakkanlah itu¶. memilah suatu masalah. Maka tindakan itu akan berdampak bagi kita baik diri sendiri atau orang lain. yang sapaan-Nya menggema dalam batinnya. dan kita juga dapat tersesat oleh sura hati bila salah memahaminya. Sikap kita terhadap suara hati dantara lain kita harus mentaatinya dan juga melakukannya.tindakan berdasarkan suara hati tersebut. perbuatan baik. Oleh sebab itu kita juga harus mempertimbangkan akan apa yang sanubari kita katakan. tidaklah luput dari kemungkinan untuk keliru ³ (VS 62). Dari kalimat tersebut kita tahu bahwa hati nurani berperan penting dalam diri kita. suara hati itu menggemakan dalam lubuk hatinya µlakukanlah ini. Caranya memang dapat mudah dan sulit. Sebab dalam hatinya manusia menemukan hukum yang ditulis oleh Allah. sebagai penilaian atas suatu perbuatan. dan karena kebiasaan berdosa ³ (GS 16). intropeksi diri dan berbuat sesuai dengan apa yang yakini itu benar baik menurut diri kita dan orang lain. disana berada bersama Allah. Bilamana perlu. « (atau karena) ketidak pedulian untuk mencari hal yang benar serta baik. peka terhadap kejadian sekitar. Caranya yaitu dengan selalu berbuat sesuai norma yang berlaku. tergantung bagaimana kita melakukannya dan niat kita untuk mendengarnya. Dampaknya antara lain: kita 2 . Dengan melakukan tindakan yang berdasarkan suara hati dengan benar dan baik. maka ketidaktahuan. sanggar sucinya. dalam dokumen Konsili Vatikan II yang berjudul ³ Gaudium et Spes ³.

RUMUSAN MASALAH 1. tidah gelisah setelah mengambil keputusan dan menjalankannya. Dan sebaliknya dengan pendidikan pula suara hati kita juga akan menjadi lebik tajam atau peka terhadap suatu keputusan dan keadaan. berhubung pembahasan kita dalam pendidikan yang didasari suara hati. penilaian suara hati mempunyai corak mewajibkan. Apa itu suara hati ? 2.dapat lebik berani dalam mengambil keputusan.Mengetahui syarat membentuk suara hati 4. disegani orang. suatu penilaian yang membuat orang mengetahuihal yang harus dilakukannya dan hal yang tidak boleh dilakukannya (VS 59). Bagaimana membentuk suara hati ? 3. B. dan masih banyak lagi. Namun. Akan tetapi secara garis besar dapat kita lihat pada ensilik Paus Yohanes Paulus II yang berjudul ³ Veritatis Splendor ³. suara hati sebagai penilaian atas suatu perbuatan.Bagaimanakah tanggung jawab atas keputusan suara hati ? 3 .TUJUAN 1.Mengetahui pengertian suara hati 2.Mengetahui tanggung jawab atas keputusan suara hatI C. Ajaran agama Katholik tentang suara hati. Apa itu suara hati yang sesat ? 5. dokumen ataupun ensilik-ensilik. maka manusia harus bertindak sesuai perintahnya (VS 60). tidak giyah terhadap ajakan yang menyesatkan.Mengetahui cara membentuk suara hati 3.Mengetahui suara hati sesat 5. tidaklah luput dari kemungkinan untuk keliru (VS 62). Disana ditegaskan bahwa : penilaian suara hati adalah suatu penilaian prkatis. kebenaran mengenai kebaikan dikenal secara praktis dan konkret melalui penilaian suara hati (VS 61). dapat kita lihat di berbagai kutipan kitab. karena tanpa suara hati kita tidak akan berkembang menjadi lebih baik dan maju. Apa syarat membentuk suara hati ? 4. Maka kita juga dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam pendidikan suara hati sangatlah diperlukan.

 Pengertian Suara Hati Konstitusi Pastoral Gaudium et Spes no. Arti luas : Dalam arti luas hati nurani berarti kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam hati manusia. Suara hati akan membawa kita kepada keselamatan dan kebahagiaan. asalkan kita dapat mendengarkannya dengan jelas dan meyakininya kemudian mempraktikkannya dalam kehidupan. sedang dilaksanakan atau sudah dilaksanakan bersifat baik atau buruk secara moral Buku Iman Katolik Suara hati adalah kemampuan manusia untuk menyadari tugas moral dan untuk mengambil keputusan moral Dr. 4 . 1778 Suara hati adalah keputusan akal budi dimana manusia mengerti apakah suatu perbuatan konkret yang dia rencanakan. Pengertian Suara Hati  Suara hati adalah suara halus dan murni datang langsung dari kesadaran sang Hidup yang ada di dalam diri kita paling dalam yang bersih dan jujur.  Dari berbagai pengertian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa suara hati dapat diartikan secara luas dan secara sempit. Franz Magnis Suseno Suara hati adalah kesadaran dalam batin manusia bahwa manusia berkewajiban mutlak untuk melakukan hal-hal yang benar sesuai dengan tanggungjawabnya dalam situasi yang konkret. tanpa pertimbangan dalam memberikan jawaban. 16 Suara hati adalah inti manusia yang paling rahasia dimana manusia seorang diri mendengar sapaan Allah di dalam batinnya (Sanggar Suci Allah) Katekismus Gereja Katolik no. Keinsafan akan adanya kewajiban.BAB II PEMBAHASAN 1.

Suara hati adalah kemampuan orang untuk membedakan mana yang baik dan benar atau sebaliknya. Setiap orang memiliki kesadaran moral tersebut. 5 . Dan akan terus bekerja dengangan mendorong perbuatan baik dan melarang perbuatan buruk. serta diarahkan untuk selalu mengambil keputusan yang paling baik dan benar. ia sudah mempunyai kesadaran atau pengetahuan umum bahwa da yang baik dan ada yang buruk. Jika perbuatan itu baik. suara hati akan mengatakan perbuatan itu baik atau buruk. Tempat dimana manusia sendirian bersama Allah.  Ajaran gereja mengajarkan bahwa suara hati merupakan Sanggar Suci Allah di dalam hati manusia.   Suara hati : suara dalam hati kita yang mengatakan kepada kita untuk melakukan sesuatu atau untuk tidak melakukan sesuatu. Suara hati yang menilai suatu tindakan manusia benar atau salah. namun suara hati dapat menjadi tumpul. bukan hanya orang Katolik atau orang beriman. 2. karena penuntun utama suara hati adalah AKAL BUDI manusia. walaupun kadar kesadarannya berbeda-beda. kata hati akan mendorong supaya perbuatan itu dilakukan. Suara hati merupakan suara yang kita dengar dan dari dalam diri kita. Suara hati merupakan cermin dari kepribadian kita sesungguhnya. Ada orang yang mengatakan bahwa suara hati itu bersifat baik atau positif. namun ada yang mengatakan ia bersifat seperti yang dipercayai oleh orangnya (yang mendengar suara hati tersebut). baik atau buruk.  Suara hati dimiliki oleh setiap orang. Pada saat suatu tindakan itu dilakukan. Hati nurani tampil sebagai hakim yang baik dan jujur . Cara Membentuk Suara Hati Dalam hati manusia. Dan jika perbuatan itu buruk. Suara itu selalu kita anggap benar jika kita ingin melakukannya. kata hati akan melarang perbuatan untuk dilakukan. sebelum bertindak atau berbuat sesuatu.Arti sempit : Hati nurani merupakan penerapan kesadaran moral di atas dalam situasi konkret.  Suara hati selalu benar. lalu menjadi buta jika kita tidak berusaha menjaga dan membina.

yang tidak diterimanya dari dirinya sendiri.Sesudah suatu tindakan atau perbuatan. Suara hati itu selalu menyerukan kepadanya untuk mencintai dan melaksanakan apa yang baik. dibantu oleh kesaksian ataupun nasihat orang lain dan juga oleh pengajaran Gereja. karena suara hati mencela perbuatan tersebut sehingga orang merasa gelisah. kata hati akan memberi tanda lewat perasaan positif dengan pujian yang membuat orang merasa senang. Nah sekarang yang dipertanyakan bagaimanakah seumpama kita dihadapkan pada dua persoalan yang bertolak belakang. harus mengenal hatinya sendiri dan rajin memeriksa batin. sehingga pendidikan hati nurani merupakan tugas seumur hidup. karena kehidupan sering kali mengalihkan perhatian kita dari setiap pertimbangan. 4. tetapi harus ditaatinya.dibentuk oleh pengetahuan yang kita dapat. yang harus kita terapkan dalam hidup kita dalam iman dan doa. Suara hati yang sesat Sesungguhnya manusia. Syarat membentuk suara hati Di lubuk hati nuraninya manusia menemukan hukum. Bilamana perlu. Upaya mencari kehidupan batin menjadi lebih penting lagi. Sabda Tuhan merupakan Terang yang membentuk suara hati. tenang dsb. bangga. kemudian sebagai iudex (hakim) dan sekaligus vindex (penghukum). suara itu menggemakan dalam lubuk hatinya. dapat dipastikan mempunyai dorongan untuk berbuat baik dikarenakan ada dorongan suara hatinya yang bersifat baik akan tetapi manusia sering mengabaikan disebabkan dipicu oleh keinginan atau hasrat yang bertentangan dengan suara hatinya. menyesal. Nmaun jika perbuatan itu buruk maka ia akan memberi tanda lewat perasaan yang muncul. Demikianlah kata hati muncul sebagai indeks (petunjuk). dari pemeriksaan diri atau dari introspeksi. apakah suara hati yang harus didahulukan atau keinginan? Maka jawabannya adalah suara hati yang harus didahulukan karena suara hati itu berasal dari tuhan yang selalu 6 . 3. maka kata hati muncul sebagai hakim yang memberi vonis. oleh bimbingan Roh Kudus. putus asa dsb. . Untuk perbutan yang baik. dan untuk menghindari apa yang jahat. malu.

lain dengan halnya manusia yang mempunyai pikiran atau dipergunakan untuk mengatasi segala macam permasalahan.memberikan umatnya petunjuk disaat mereka senang susah atau sedih dan disaat umatnya sedang dalam keadaan membingungkan apapun yang dihadapi setiap umatnya Sedangkan keinginan pada dasarnya hasrat nafsu yang sesaat. Manusia bukanlah seperti halnya binatang buas. Akan tetapi pikiran hewan tidak sama dengan pikiran manusia. dan pengaruhnya hanyalah kerusakan yang timbul dimuka bumi. jujur. melainkan manusia adalah makhluk ciptaan allah yang paling mempunyai pemikiran yang sempurna sehingga dapat mengatasi permasalahaannya dengan cara meningkatkan daya pikirnya. yang mempunyai daya pikir untuk mempertahankan hidupnya saja. akal atau pikiran hewan cuman digunakan untuk mengatasi hidupnya saja. hal tersebut membuktikan bahwa hewan mempunyai akal atau pikiran. dimana kita penasaran untuk mencoba atau memilikinya. sedangkan suara hati merupakan niat baik yang datang dari hasil pertimbangan baik dan buruk. tindakan tersebut dapat terjadi kepada siapa saja kalau mengabaikan suara hatinya. buktinya seekor kucing jika melihat tikus atau ikan dapat dipastikan kucing tersebut akan memakannya. dan sopan merupakan bersifat mutalak dan tidak bias ditawar lagi dan tidak mempermasalahkan untung dan rugi Manusia yang unik ini mempunyai pikiran dan disisi lain binatang juga mempunyai pikiran. didalam pikiran manusia sehingga seenaknya sendiri ia beertindak ²pada akhirnya tidak ada bedanya antara hewan dan manusia. Suara hati bisa muncul kapan saja. telah nampak sifat-sifat binatang. sehingga manusia berbuat sewenang wenang yang penting dirinya bisa mendapatkan yang ia inginkan. asalkan hati nurani dalam keadaan tidak kalut. dan kadang pula meskipun demikian. Kadang -kadang hal-hal yang tidak urgen kita butuhkan dengan pengaruh emosi dan nafsu bisa menjadi keinginan kita. jika hal tersebut terjadi yang keluar bukanlah suara hati melainkan emosi. 7 . Keinginan kita biasanya dipengaruhi oleh emosi dan nafsu yang disebabkan oleh gelapnya hati nurani. Bertindak sesuai dengan moral seprti halnya adil.

maka kita akan mempunyai potensi yang sangat tinggi. Ia kemudian mencari cara agar ia tetap mendapatkan nilai baik. Suara hati berfungsi sebagai: Pegangan.Sebenarnya Ketika kita akan melakukan perkara yang tercela atau dilarang oleh agama sebenarnya suara hati kita memberi nasehat pada d kita bahwa iri perbuatan tersebut jangan sampai dilakukan karena berdampak negative pada akhirnya. Sebenarnya didalam suara hati kita terdapat sumber kejujuran dan sumber kebenaran yang sangat luas. pedoman atau norma untuk menilai suatu tindakan apakah tindakan itu baik atau buruk. jadi manusia akan mempunyai sifat seperti binatang buas yang akan menghancurkan sesamanya mengabaikan suara hatinya. baik secara hubungan horisontal maupun vertical. karena dengan kejujuran dan kebenaran yang hakiki hidup kita akan bermakna dan lebih berharga. baik atau buruk . Pegangan atau peraturan-peraturan konkret di dalam kehidupan sehari-hari Menyadarkan manusia akan nilai dan harga dirinya Suara hati kita bisa juga menjadi suara hati yang keliru karena hal-hal di bawah ini Ketidaktahuan Seseorang melakukan tindakan tanpa didasari oleh kesadaran apakah yang ia lakukan benar atau salah karena ia tidak mengetahui apakah perbuatan itu benar atau salah. Contoh: Seorang anak yang sejak kecil hidup dalam lingkungan pencuri. akhirnya ia 8 . Ia tidak akan mengerti bahwa mencuri itu salah. maka ia tetap melakukan tindakan mencuri Kebiasaan Contoh : : kalau sering mengedepankan hasratnya dan Deni hari ini tidak belajar untuk ulangan Matematika yang akan dilaksanakan hari ini. Bila kita mampu menyelami suara hati kita secara mendalam. akan tetapi suara hati sering diabaikan dikarenakan dipicu oleh keinginan atau hasrat.

artinya masih ada keliru. karena ia mempunyai gambaran diri yang bodoh Rasionalisasi Alasan yang selalu dibuat seolah-olah benar akan mengacaukan suara hati kita sampai kita sulit untuk membuat keputusan karena segala yang baik dan benar yang harus kita lakukan dibutakan oleh rasionalisasi yang kita buat. Suara hati yang memberinya kesadaran tidak dihiraukannya Karena tidak ketahuan maka ia mengulang perbuatan itu berulangkali. yang semua harus sama dan rata. Maka ia sangat yakin dengan kehidupan bersama. sampai menjadi suatu kebiasaan. artinya. secara moral dapat dipastikan bahwa hati nurani tidak Hati nurani yang bimbang. Semua yang ia lakukan akan didasarkan pada keraguan. jika kata hati kita tidak sesuai dengan norma obyektif Hati nurani yang pasti.menyontek. dan ia tidak mempercayai bahwa Tuhan itu ada. tetapi keliru. Oleh karenanya keputusannya akan didasarkan pada paham/ideology yang diyakinminya benar. meskipun secara obyektif tidak bisa dibenarkan. Pedoman yang dapat dipegang Suara Hati Benar. maka: Perbuatan yang baik dapat dan harus dilakukan Perbuatan yang buruk harus dielakkan Suara hati yang pasti. maka: Perbuatan yang baik dapat dan harus dilakukan 9 . keraguan Hal-hal di bawah ini bisa menjadi pedoman : Suara hati yang benar dan pasti. Ideologi Contoh : Seseorang menganut paham komunisme. maka ia akan sellau ragu -ragu ketika harus membuat keputusan. sehingga ia tidak lagi peka apakah perbuatan itu benar atau salah. jika kata hati kita sesuai dengan norma obyektif Suara Hati Keliru. Pengalaman masa lalu Contoh : Seorang anak yang sejak kecil dikatakan bodoh.

maka ia harus menolak cara itu. hati nurani seseorang tidak merasa pasti apakah hari ini hari puasa atau tidak. Setiap orang mempunyai daya khusus. dan jika tidak kita laksanakan maka kita akan kecewa dan menyesal. ynag tidak diterimanya dari dirinya sendiri. seb menyangkut ab nyawa manusia. Konstitusi Pastoral Gaudium et Spes Santo Paulus mengatakan kepad kita bahwa dalam diri kita ada dua hokum. untuk mengenal yang baik dan buruk. manusia menemukan hukum yang 10 . Bilamana perlu. dan menghindari apa yang jahat. yaitu hokum Allah dan hokum dosa. suara itu menggemakan dalam lubuk hatinya: jalankan ini. melainkan harus ditaati. Misalnya. seorang siswa merasa pasti bahwa hari Senin adalah hari puasa. itu harus didahulukan. maka ia harus mengelakkannya walaupun keliru) Suara hati yang tidak pasti Seseorang dapat memilih yang paling menguntungkan. Misalnya. jika seseorang tidak merasa pasti bahwa suatu cara KB bersifat abortif atau tidak. Suara hati itu selalu menyerukan kepadanya untuk mencintai dan melaksanakan apa yang baik. manusia menemukan hukum.(Misalnya. maka ia boleh memilih yang menguntungkan dia Jika menyangkut nyawa manusia.16 demikian: ³Di lubuk hati nuraninya. elakkan itu sebab dalam hatinya. Dalam situasi yang konkret kita disadarkan oleh suara hati kita untuk melakukan hal yang baik yang akan membahagiakan diri kita. kita mempunyai pedoman bukan berasal dari luar diri kita. Hukum Allah menuju kebaikan sedangkan hukum dosa menuju kepada kejahatan. Konsili Vatikan II dengan sangat indah mengungkapkan dalam dokumen Gaudiumet Spes artikel. Santo Paulus menyadari bahwa selalu ada pergulatan antara yang baik dan yang jahat dalam hati manusia Dalam mengambil keputusan. Arti dan Peranan Suara Hati dalam Kitab Suci Membaca (Rm 7: 14-26). Kedua hokum itu saling bertentangan. seorang remaja merasa pasti bahwa mencium kekasihnya adalah dosa. maka ia harus berpuasa walaupun keliru) Perbuatan buruk harus dielakkan ( Misalnya. tetapi berasal dari dalam diri kita sendiri.

Allah meniupkan ruh ke dalam diri manusia. akal manusia dapat berpikir dan dengan qalbu (suara hati) sebagai mekanisme akal manusia dapat merasa. Jika kita mencermati surat As-Sajadah ayat 9. Dengan akal itu manusia mempunyai kesadaran akan wujud dirinya. maka anggupan itulah di termasukkan suara hati. 5. dimana pada akhirnya hanyalah kerusakanlah yang terjadi dikemudian hari . dikala itu pula tuhan telah membuat suatu perjanjian dengan manusia ´ bukankah aku tuhanmu´? manusia menjawab dengan wajah menganggup ´ ya aku bersaksi engkaulah tuhanku³. Martabatnya ialah mematuhi hukum itu dan menurut hukum itu pula ia akan diadili. yang masih bisa kita rasakan sampai sekarang. Tanggung jawab atas keputusan suara hati Seringkali suara hati ikut serta atau bertindak memberikan informasi pada diri kita didalam menentukan prioritas. disebabkan mengabaikan suara hati sendirinya. dimana Allah telah meniupkan ruh kepada manusia ketika berada di alam kandungan. otomatis ia mempunyai kekuatan ruhaniyah yaitu akal. akan tetapi kita sering mengabaikan suara hati kita sendiri hanya untuk mengikuti nafsu sesaat atau untuk kepentingan yang lain . sebaik-baik kejadian 11 . Karena manusia mempunyai ruh. yang tidak diberikanNya kepada makhluq bumi yang lain. melainkan emosilah yang muncul. ´ ahsani taqwiym´ (95:4). maka dari itu janganlah abaikan suara hati kita Kembangkanlah suara hati kita karena suara hati pada dasarnya suara hati bersifat universal ( mengambil kebijakan atau keputusan memandang dari semua sudut) dengan catatan manusia tersebut mencapai titik zero ( hatinya bersih ) karena hati kita sedang kalut suara hati tidak akan muncul.ditulis oleh Allah. Suara hati merupakan acuan atau fundasimental bagi kita semua karena kalau kita akan melakukan kesalahan atau perbuatan yang akan berdampak fatal suara hatilah yang menasehati pada diri kita bahwa perbuatan tersebut terlarang dan jika kita merasa putus asa akan sesuatu suara hatilah yang memberi semangat bagi diri kita. Dengan otak sebagai mekanisme. Allah menciptakan manusia dalam keadaan.

Dan paham Dructer dalam bukunya ³ management by Objective´ hanyalah menghasilkan sebuah kesuksesan dibidang ekonomi dan teknologi. ia perlu mendapatkan informasi dan pengalaman hidup. mereka menyakhiri hidupnya dengan cara merobek perutnya dengan pedang katana. Dan aliran taolisme yang mengagumkan keseimbagan batin. Ada juga dale carnagie yang sangat mendambakan penghargaan dimana hal tersebut yang mempengaruhi jutaan orang dibelaham dunia dalam bertingkah laku. dan Sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka Mengetahui. Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. yang begitu mengagumkan paham kspitalisme.Kabut) Ayat diatas telah memberikan ilustrasi pada kita semua bahwa persoalan apabila menghiraukan saura hati dan mengambil jalan yang lain maka yang terjadi hanyalah kehancuran.Kemampuan akal untuk berpikir dan merasa bertumbuh sesuai dengan pertumbuhan diri manusia. Jembatan golden gate difransisco adalah sebagai tempat bunuh diri yang sangat popular diamerika. Karena suara itu sebagai mana yang telah disebutkan diatas bahwa bahasannya suara hati merupakan sebuah tiupan atau petunjuk yang datang dari tuhan yang telah dipancarkan kedalam hati nuarani kita 12 . baik kegagalan batiniah maupun lahiriah. namun pada kenyataanya menghasilkan manusia dari tanggung jawab ekonominya. Agar manusia dapat mempergunakan akalnya untuk berpikir dan merasa. Seperti halnya sebuah tradisi yang telah berjalan di Negara jepang dimana disitu ada budaya hara-kiri. akan tetapi hatinya kering dan lalai. tatkala seseorang yang merasa berputus asa didalam berusaha atau bersalah. (An. akan menimbul hal-hal yang tidak sesuai dengan tatanan hidup dan akan berakhir dengan kegagalan. tidak mendapatkan ketentraman batin. seakan-akan dirinya merasa menjadi orang termulia dengan sebuah penghargaan tersbut. Sejarah telah mencatat bahwa bahasannya hidup tidak sejalan dengan suara hati atau mengabaikan suara hati akan berakhir dengan kehancuran dan kesengsaraan seperti halnya contoh diatas. Dan kisah romeo dan Juliet yang rela berkorban jiwanya hanya karena sebuah cinta. Jadi suara hati Hidup tanpa berpegang atau tidak sesuai dengan suara hati.

Saat sebuah perbuatan dilakukan. Suara hati memberikan pertimbangan antara yang baik dan yang buruk. sehingga manusia memiliki pilihan. 4. 13 . Suara hati memberikan ganjaran dan hukuman kepada perasaan manusia. 3. Sesudah sebuah perbuatan dilakukan. 2. Suara hati memberi vonis atas sebuah tindakan. Menjelang sebuah perbuatan dilakukan. 1.y Cara kerja suara hati: Sebelum sebuah perbuatan dilakukan. Suara hati mengingatkan sesaat sebelum sebuah perbuatan dilakukan.

Semakin dipatuhi maka suara hati akan semakin peka y Berusaha mencari pengetahuan tentang yang baik dan yang buruk melalui kegiatan rohani. y Suara hati dapat menjadi tumpul dan keliru jika:  Terlalu sering dilanggar  Kurangnya pendidikan nilai dalam keluarga  Kurang berusaha mencari pengetahuan tentang yang baik dan yang buruk  Pengaruh lingkungan atau tradisi.BAB III PENUTUP A. budaya. dan perasaan berdosa. gelisah. takut. atau orang-orang yang dianggap lebih bijaksana dari diri kita. KESIMPULAN y y Jadi. 14 . ilmu pengetahuan. Tanda yang seringkali muncul apabila kita melanggar suara hati adalah munculnya perasaan bersalah. suara hati bekerja setiap saat. SARAN Oleh karena itu suara hati perlu dibina agar tidak menjadi tumpul. y Menghindarkan pengaruh pergaulan yang buruk. buku. Caranya antara lain dengan: y Mematuhi suara hati. dan kebiasaan masyarakat. adat. B.

com 15 .com rokimgd.wordpress.wordpress.wordpress.DAFTAR PUSTAKA :kristiono.com radian91.

pengarahan. Teman-teman mahasiswa yang telah mendukung dan membantu kami sehingga makalah ini dapat diselesaikan Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bimbingan.KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena makalah yang membahas tentang Suara Hati ini dapat diselesaikan. 27 November 2010 Penulis 16 ii . Kami juga berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa khu susnya dan bagi pembaca umumnya. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas pada semester satu tahun ajaran 2010/2011 yang telah diberikan oleh pembimbing mata kuliah´Agama Katolik´. Bapak Paulus Oja selaku dosen pembimbing mata kuliah Agama Katolik 2.oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun sehingga dalam pembuatan makalah selanjutnya dapat menjadi lebih baik. Blitar. Oleh karena itu ucapan terima kasih kami sampaikan kepada 1. dukungan dan bantuan dari berbagai pihak.

ii Pendahuluan«««««««««««««««««««««««««1 Pembahasan«««««««««««««««««««««««««.4 Penutup«««««««««««««««««««««««««««14 Daftar Pustaka««««««««««««««««««««««««.15 17 iii .DAFTAR ISI Kata Pengantar««««««««««««««««««««««««i Daftar Isi««««««««««««««««««««««««««..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful