P. 1
perkembangan generasi komputer

perkembangan generasi komputer

|Views: 130|Likes:
Published by Rizky 'selluw'

More info:

Published by: Rizky 'selluw' on Feb 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2015

pdf

text

original

Komputer

:

Suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input,

memberikan inforsmasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Ada tiga istilah penting dari pengertian komputer:Input (data), pengolahan data, dan informasi (output). 1.Input (Data)
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbolsimbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.

2.Pengolahan Data
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi.

3.Informasi (Output)
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi.

Sejarah Komputer Generasi Pertama
Awal mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang dunia kedua, negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusaha

mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategis yang dimiliki oleh komputer. Hal ini mempengaruhi peningkatan pendanaan

pengembangan komputer juga ikut serta mempercepat pertumbuhan kemajuan teknik

1

komputer. Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Di tempat lain ada Pihak sekutu juga yang juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kemampuan komputer. Pada tahun 1943, pihak Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang diberi namakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh negara Jerman. Efek dari pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi perkembangan industri komputer, hal itu bisa terjadi karena ada dua alasan yaitu ; yang pertama, colossus adalah bukan komputer serbaguna dalam bahasa inggrisnya ´general purpose computerµ, ia dibuat hanya agar bisa memecahkan kode rahasia. Yang kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang selesai. Sedangkan usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu adalah menghasilkan suatu kemajuan lain jika dibandingkan dengan sekutu. Seorang insinyur Harvard yang bernama Howard H. Aiken (1900-1973) bekerja sama dengan IBM, berhasil menghasilkan kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator itu berukuran sangat besar, yaitu dengan panjang setengah lapangan sepak bola dan juga memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil (besar sekali bukan). Komputer itu adalah ; The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mark I menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mark I beropreasi dengan lambat, ia memerlukan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel yaitu urutan kalkulasinya tidak dapat diubah. Mark I tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer

singkatannya adalah ENIAC, yang diciptakan berkat kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan

2

University of Pennsylvania. Komputer ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer ENIAC merupakan komputer yang sangat besar ia membutuhkan daya sebesar 175 KW yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer Mark I. John Presper Eckert [1919-1995] dan John W. Mauchly [1907-1980] Awal komputer ENIAC, ENIAC merupakan komputer serbaguna [general purpose computer].Dr. John W. Mauchly bekerja sama dengan Mr. J. Presper Eckert untuk mengembangkan sebuah mesin yang bisa menghitung lintasan peluru (trajectory) untuk Angkatan Darat Amerika. Hasilnya, sebuah komputer elektronik skala besar yang rampung dan bernama ENIAC. Karena ribuan kali lebih cepat dari mesin pendahulunya, ENIAC merupakan sebuah terobosan besar-besaran dalam teknologi komputer. Beratnya 30 ton, menempati ruangan seluas 1500 kaki kuadrat, dan memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa udara (vacuum tube). Legenda menyatakan bahwa ENIAC yang dibuat di Universitas Pennsylvania telah mengurangi ¶pasokan· cahaya untuk Philadelphia bila diaktifkan. John von Neumann [1903-1957] Dan University of Pennsylvania dalam usaha menciptakan konsep disain komputer yang sampai 40 tahun yang akan datang masih dapat digunakan dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer [EDVAC]

Pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Cara ini memungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya lagi. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemprosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

3

Pada tahun 1951 UNIVAC I atau kepanjangannya adalah Universal Automatic Computer I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann itu.

Pada Tahun 1952 Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC adalah untuk memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden.

Sejarah Komputer Generasi Kedua
Tahun 1948, Penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap

perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih bisa diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulu sebelumnya. Mesin pertama yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah data yang besar, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin komputer LARC itu sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga kepopulerannya menjadi terbatas.

4

ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan ; yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya ada di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada tahun 1960-an, Mulailah bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Pada tahun 1965, Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja komputer dengan harga yang pantas bagi penggunaan komputer untuk bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. kemudian muncullah Berbagai macam karir baru di bidang komputer seperti programmer, analyst,

5

teknisi komputer dan lain-lain. Industri perangkat lunak pun juga mulai bermunculan dan berkembang pada generasi kedua komputer ini.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga
Meskipun transistor dalam banyak hal memiliki kemampuan yang melebihi tube vakum, tapi transistor terlalu besar dalam menghasilkan panas, yang berpotensi bisa merusak bagian-bagian dalam komputer. kemudian ditemukanlah Batu kuarsa atau quartz rock yang dapat menghilangkan masalah ini.

Pada tahun 1958. Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit). IC dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon yang kecil terbuat dari pasir kuarsa. kemudian para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang dinamakan semikonduktor. sehingga menghasilkan sebuah komputer yang semakin kecil karena komponen yang ada di dalamnya dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga yang lain adalah penggunaan sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya operating system, yaitu suatu sistem yang memungkinkan mesin dapat menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengawasi atau memonitor dan mengkoordinasi memori mesin komputer.

Komputer Generasi Keempat
Beberapa vendor mengumumkan ´komputer generasi keempatµ dan beberapa yang mengumumkan ´komputer generasi kelimaµ. Ini hanyalah strategi pasar saja. Tiga generasi sebelumya dibedakan dengan terobosan teknologi elektronik penting ² lampu tabung hampa udara,

6

kemudian transistor dan integrated circuit. Generasi keempat muncul dengan perkembangan yang tidak begitu mencolok, hanya dalam bentuk komputer dan software yang agak maju saja, dan mungkin komputer generasi ini tidak akan seberuntung generasi sebelumnya dalam hal ¶merajai· pasar dunia sebelum terobosan teknologi baru berikutnya. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang sering menyebut generasi ini sebagai generasi 3½. Pada tahun 1971. Salah satu dari banyaknya pemunculan komputer generasi berikutnya adalah microprocessor. Microprocessor terkandung dalam sebuah chip silikon tunggal. Mikroprocessor pertama kali didemonstrasikan oleh Texas Instruments yaitu intel 4004 untuk kalkulator yang terbuat 2.300 transistor dapat melakukan hitungan 60.000/second dan terus bertambah jumlah transistor dua kali lipat setiap 24 bulan teori ini disebut hukum Moore

Pada Tahun 1981 IBM meluncurkan Personal omputer (PC). Tipe suatu PC ditentukan oleh prosesor-nya (otak/pusat pemrosesan). Prosesor pertama yang digunakan pada PC adalah 8086 dari INTEL yang dipakai pada komputer jenis XT (eXtended Technology) yang disusul dengan processor 8088. Selanjutnya muncul processor 80286 yang digunakan pada PC jenis AT (Advanced Technology). Kinerja AT 10 ² 15 kali lebih cepat dari XT, dan kecepatan turbonya. ² 9 kali kecepatan turbo XT. Selanjutnya muncul processor

80386SX, 80386DX, 80486SX, 80486DX, Bedanya Pentium dengan Pentium Pro hanya sebatas kecepatan akses-nya saja. Sedangkan pada Pentium MMX, Pentium II dan Pentium III merupakan penambahan beberapa instruksi baru yang berguna dalam hal multimedia (MMX/ISSE). Pentium Celeron sebenarnya Pentium II juga, hanya saja pada Celeron jumlah cache memory-nya dihilangkan/dikurangi. Hal ini dilakukan karena harga Pentium II sangat mahal dan

7

pengurangan cache memory ini bisa menekan harga sampai setengahnya tanpa mengorbankan kinerja. Pada Tahun 1982 Compaq, Inc. berdiri dan membuat komputer IBM PC compatible, artinya menggunakan standarisasi hardware dan software IBM. Sistem kompatibel ini mungkinkan perusahaan diluar IBM membuat PC dengan standar yang sama, sehingga harganya menjadi murah.

Pada Tahun 1984 IBM memperkenalkan generasi penerus XT yaitu PC AT (Advanced Technology) yang menggunakan processor Intel 80286. Ia memiliki floppy disk drive berkapasitas 1,2MB. RAMnya meningkat menjadi 256 dan 512KB. Juga Apple memperkenalkan Macintosh, komputer pertama yang menggunakan tampilan grafis (Graphical User Interface Mouse sebagai pengendali kursor dan layar. Macintosh dari Apple ini menggunakan konfigurasi yang berbeda dari IBM PC, baik hardware maupun softwarenya. Apple memproduksi sendiri hardware dan software untuk komputernya dan tidak ada kompatibelnya, sehingga harganya lebih mahal dibanding PC.

Pada Tahun1987 Komputer yang menggunakan processor Intel 80386 diperkenalkan. Ia mampu mengolah data yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh mainframe. Tidak hanya IBM yang memproduksi PC dengan processor seperti ini tetapi juga perusahaanperusahaan lain yang menggunakan kompatibilitas IBM. Pada Tahun 1989 - sekarang Pada 1989 Intel mengeluarkan processor 80486 yang kecepatan prosesnya empat kali processor turut 386.

Perkembangan

teknologi

processor

memacu

perkembangan PC itu sendiri. Processor-processor terbaru

8

dengan konfigurasi yang lebih modern seperti Pentium 4 dan Athlon menjadikan kemampuan PC semakin meningkat. Berbagai perusahaan mengembangkan dan menjual komputer berstandar IBM dengan berbagai variasi dan teknologi. Bentuk komputer personal tidak lagi harus berada diatas meja (desktop), melainkan bisa dilipat dan dimasukkan kedalam tas (Laptop atau Notebook PC), atau digenggam dan tergabung dengan telepon selular (Palmtop atau PDA - Personal Digital Assistance), misalnya 3Com Palm, Motorola Accompli dan Nokia Communicator. Baik PDA maupun telepon selular dapat dihubungkan ke komputer melalui kabel atau sinar infra merah dan dapat tukarmenukar data dari/ke komputer. Hingga kini semua komputer buatan Apple populer dengan sebutan Mac, sedangkan komputer buatan IBM dan kompatibelnya dipanggil dengan sebutan PC.

Pada Tahun 2002 Sebuah PC dengan mesin pendingin didalamnya telah dibuat dan diklaim oleh pembuatnya sebagai yang tercepat didunia saat ini. Sebelumnya, menjalankan komputer melebihi batas

kemampuannya akan membuatnya overheat. Sejauh ini setting PC dilakukan dengan berbagai cara untuk mempertinggi kecepatan proses dan

mempertahankan mesin tetap dingin. Tetapi pembuat Vapochill PC, demikian namanya, dengan sebuah prosesor Intel 3 GHz, mengatakan bahwa PC mereka adalah produk komersial pertama yang mampu melakukannya dalam keadaan normal.

Prosesor Tercepat

PC Vapochill menggunakan prosesor Intel Pentium 4 2.2 GHz dan memecahkan rekor sebagai PC tercepat saat ini. PC biasa yang sudah di ´overclockµ biasanya berjalan tidak stabil karena seluruh sistem, termasuk RAM dan perangkat interfacenya bekerja melebihi batas kemampuannya. Tetapi Vapochill memiliki kelebihan dimana hanya prosesor yang ditingkatkan kecepatannya dan bukan seluruh sirkuit, sehingga

9

keseluruhan sistem tidak berubah dan tidak terganggu kerjanya. PC tercepat 3 GHz berharga sekitar 6000 Euro ( 3700) atau sekitar 48 juta rupiah, dan dipamerkan di pekan teknologi CeBIT 2002 di Hanover, Jerman.

Perkembangan laptop
Benda ini merupakan portable kecil yang bisa dibawa kemana-mana tanpa harus menggunakan listrik. Laptop menggunakan tenaga baterai untuk menjalankan prosesnya, dan baterai tersebut bisa di cash. Benda ini mempunyai berat antar 1-6 kG. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan

menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.

Perangkat keras
Hardware komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu
1. Perangkat keras: Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor 2. Perangkat keras: Memori ROM dan RAM 3. Perangkat keras: Input/Output

1.Central Processing Unit / Processor

10

CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Adapun mikroprosesor CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.
y

Unit control : Yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU.

y

Register diproses.

: Digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang

y

ALU

:Unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi

logika berdasar instruksi yang ditentukan. Cara Kerja CPU Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processingdevices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Inputstorage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operandregister). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke

11

Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Fungsi CPU Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register Dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasioperasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung

12

program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai. Pada Tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU. Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.

2. Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
y y

Tercepat: Chace Memory dan Main Memory Terlambat: Sekunder Memory Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari

memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi. Memori terbagi dua 1. RAM Berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat program dijalankan Satuan ukuran kemampuan sebuah memori menyimpan informasi disebut BYTE. Saat ini kemampuan memori untuk menyimpan informasi yang paling penting mencapai 3 Gyga Byte 2. ROM

13

Berfungsi menyimpan perintah data secara tetap komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang ada di ROM.komputer tidak dapat merubah data di ROM. Misal saat komputer pertama kali dihidupkan

3. Perangkat Input/Output A. Input
Perangkat komputer untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer.  Keyboard Seperangkat tombol-tombol berfungsi sebagai media masukan bagi komputer.setiap tombol mempunyai fungsi yang berbeda masing-masingnya.Keyboard didesain dengan sebaiknya agar memudahkan pengguna dalam memakainya.  Mouse Mengoperasikan mouse mekanik. 1. Bola akan berputar saat tetikus digerakkan. 2. Penggulung X dan Y mencengkeram bola tersebut dan memindahkan gerakan. 3. Cakram menerjemahkan gerakan menjadi kode optikal lewat lubang cahaya. 4. LED inframerah memancar lewat cakram. 5. Sensor mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y. Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

14

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.  Scanner Berfungsi untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak hasilnya berupa file gambar selain meminndai foto scanner juga memindai teks dengan bantuan Ommi Pages bisa megubah file gambar menjadi file dokumen dan juga dapat mengeditnya.

B.Output Perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan kepada pengguna merupakan hasil pemprosesan yang dilakukan komputer. 
Monitor Monitor adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an. Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion.

15

Monitor thread menyelesaikan tugasnya dengan shared resource yang berada di ruang kontrol (owning). Jika tugas thread tersebut belum selesai tetapi alokasi waktu untuknya sudah habis atau thread tersebut menunggu pekerjaan thread lain selesai, thread melepaskan kendali atas monitor (release) dan dipindahkan ke ruang-tunggudalam (waiting queue). Ketika gilirannya tiba kembali, thread memasuki ruang kontrol lagi (acquire). Jika tugasnya selesai, ia keluar dari monitor (release and exit). Monitor dikembangkan karena penggunaan semafor yang kurang praktis. Hal itu disebabkan kesalahan pada penggunaan semafor tidak dapat dideteksi oleh compiler. Keuntungan memakai monitor: 1. Kompilator pada bahasa pemrograman yang telah mengimplementasikan monitor akan memastikan bahwa resource yang dapat diakses oleh beberapa thread dilindungi oleh monitor, sehingga prinsip mutual exclusion tetap terjaga. 2. Kompilator bisa memeriksa kemungkinan adanya deadlock.  Printer Berfungsi untuk menghasilkan cetakan dari komputer dalam bentuk kertas berupa dokumen dan berupa gambar. Printer dihubungkan dengan USB printer juga harus dihubungkan dengan listrik sebelumnya kita harus mengenali prosesnya.Banyak jenis printer saat ini dari Dot-Matrix , Inkjet , Dan Sinar Laser ketajaman printer dihitung dari Dot Per Inch ( DPI ) , Sedangkan kecepatannya dihitung dari Pag Per Minutes ( PPM ). 

Speaker Berfungsi menghasilkan suara sehingga kita dapat mendengarkan lagu yang diputar komputer. Jenis lain dari speaker adalah handshet atau earphone

16

Perkembangan Software Komputer
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer di gunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika. Dari operasi dasar ini di susun program atau perangkat lunak. Tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom. Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit). Nama lain dari Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat

17

secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.

Perangkat Lunak Komputer (software)
Software (perangkat lunak atau program) adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang diatur sedemikian sehingga komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara tertentu. Bentuk terkecil dari software adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini di susun software / perangkat lunak.

A. Perkembangan software
Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu : 1. Periode Pioner 2. Periode Stabil 3. Periode Mikro 4. Periode Modern

a. Periode Pioner (1950 ² 1963)
y

Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabelke antar bagian dalam komputer

y

Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu

y

Penggunaan

komputer

dilakukan

secara

langsung

dan

hasil

yang

selesaidikerjakan komputer berupa print out.
y

Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan

18

b. Periode Stabil (1963 ² 1980)
y

Pada era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di berbagai kalangan

y y

Perusahaan perangkat lunak bermunculan Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara serempak (multi tasking)

y

Satu perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time)

y

Mulai diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses)

c. Periode Mikro (1980 ² 1990)
y

Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu

y

Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

d. Periode Modern (1990 ²Sekarang)
y y

Perangkat lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik Semua perangkat yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi)

19

y

Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.

y

Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar

Perangkat Lunak Aplikasi
y y

Pengolah Kata Contoh : Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll Spread Sheet Contoh : Lotus, Excel, SPSS, dll DBMS Contoh : Dbase, Access, FoxPro, dll Multimedia Contoh : Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll Aplikasi Games Contoh : Mini Games, Heavy Games, dll

y y

y y

y y

y y

20 

Komputer Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan ´bahasa mesinµ dalam bahasa inggrisnya adalah ´machine languageµ. Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data.  Komputer Generasi Kedua Bagi kebanyakan orang, penemuan transistor berarti semakin praktis. Untuk itu dalam bisnis pemrosesan data, menandakan dimulainya komputer generasi kedua. Transistor berarti semakin berkinerja, lebih diandalkan, dan komputer lebih murah yang menempati sedikit ruang dan menghasilkan sedikit panas. Biaya seharusnya bisa ditekan. Harga komputer selama generasi pertama, kedua dan sebagian generasi ketiga merupakan bagian penting dari anggaran sebuah perusahaan. Inovasi di pacu dengan persaingan yang menghasilkan penambahan kinerja dan penurunan harga komputer secara besar-besaran.  Komputer Generasi Ketiga Beberapa ahli sejarah menganggap peristiwa terpenting dari sejarah komputer terjadi ketika IBM meluncurkan komputer System 360 pada tanggal 7 April 1964. System 360 termasuk ke dalam komputer generasi ketiga. Integrated circuits merupakan teknologi baru Masalah-masalah kompatibilitas pada komputer generasi kedua hampir hilang pada komputer generasi ketiga ini. Bagaimanapun juga, komputer generasi ketiga sama sekali berbeda dengan generasi kedua. Perubahannya merupakan ¶revolusioner·, bukan ¶evolusioner·, dan menyebabkan konversi yang besar-besaran untuk ribuan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga bekerja sangat cepat (pada masanya) sehingga bisa menjalankan satu program secara bersamaan (multiprogramming).

21

22

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->