P. 1
TANGGAPAN TERHADAP BUKU KASUS BESAR YG KELIRU KONTROVERSI YESUS KRISTUS

TANGGAPAN TERHADAP BUKU KASUS BESAR YG KELIRU KONTROVERSI YESUS KRISTUS

|Views: 336|Likes:
Published by salomodepy

More info:

Published by: salomodepy on Feb 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

PENDAHULUAN

Doktrin Allah Tritunggal atau Trinitas merupakan doktrin yang sukar dan membingungkan kita. Kadang-kadang orang Kristen dituduh mengajarkan pemikiran yang tidak masuk akal (logika), yaitu 1+1+1=1. ini merupakan pernyataan yang salah. Mengapa tidak memakai formula 1x1x1=1 atau 1:1:1=1? Istilah Trinitas bukan menjelaskan relasi dari Tiga Allah (ini yang sering dikatakan oleh sekte Unitarian kepada Orang Kristen). Tritunggal bukan berarti triteisme, yaitu di mana ada tiga keberadaan yang tiga-tiganya adalah Allah. Kata Trinitas dipergunakan sebagai usaha untuk menjelaskan kepenuhan dari Allah, baik dalam hal keesaan-Nya maupun dalam hal keragaman-Nya. Formulasi Trinitas yang telah dikemukakan dalam sejarah adalah Allah itu satu esensi dan tiga Pribadi. Formula ini memang merupakan suatu hal yang misteri dan paradoks tetapi tidak kontradiksi. Keesaan dari Allah dinyatakan sebagai esensi-Nya atau keberadaan-Nya, sedangkan keragaman-Nya diekspresikan dalam Tiga Pribadi. Istilah Trinitas sendiri tidak terdapat dalam Alkitab, namun konsepnya dengan jelas diajarkan oleh Alkitab. Di satu sisi, Alkitab dengan tegas menyatakan keesaan Allah (Ulangan 6:4). Di sisi lain, Alkitab dengan tegas menyatakan keilahian tiga pribadi dari Allah: Bapa, Anak dan Roh Kudus. Gereja telah menolak ajaran-ajaran bidat modalisme dan triteisme. Modalisme adalah ajaran yang menyangkali perbedaan Pribadi-Pribadi yang ada di dalam keesaan Allah, dan menyatakan bahwa Bapa, Anak dan Roh Kudus hanyalah merupakan tiga cara Allah di dalam mengkspresikan diriNya. Di pihak lain, Triteisme mengungkapkan pernyataan yang salah, yaitu ada tiga keberadaan yang menjadi Allah. Istilah Pribadi sama sekali tidak berarti adanya perbedaan di dalam esensi, tetapi perbedaan di dalam subtansi dari Allah. Substansi-substansi pada diri Allah memiliki perbedaan yang nyata satu dengan yang laintetapi tidak berbeda secara 1

esensi, dalam arti suatu keberadaan yang berbeda satu dengan yang lain.setiap Pribadi berada ‖di bawah‖ esensi Allah yang murni. Perbedaan substansi ini berada dalam wilayah keberadaan, bukan suatu merupakan suatu keberadaan atau esensi yang terpisah. Semua pribadi pada diri Allah memiliki atribut ilahi. Setiap Pribadi di dalam Trinitas memiliki peran yang berbeda. Karya keselamatan dalam pengertian tertentu merupakan pekerjaan dari ketiga Pribadi Allah Tritunggal. Namun, di dalam pelaksanaannya ada peran yang berbeda yang dikerjakan oleh Bapa, Anak dan Roh Kudus. Bapa memprakarsai penciptaan dan penebusan; Anak menebus ciptaan; dan Roh Kudus melahirbarukan dan menguduskan, dalam rangka mengaplikasikan penebusan kepada orang-orang percaya. Doktrin tritunggal tidak menunjukkan bagian-bagian atau peran-peran dari Allah. Analogi manusia yang menjelaskan sesorang yang adalah seorang ayah, seorang anak, dan seorang suami tidak dapat mewakili misteri dari natur Allah. Doktrin Tritunggal tidak secara lengkap menjelaskan tentang karakter Allah yang bersifat misteri. Sebaliknya, doktrin ini memberikan perbatasan yang tidak boleh kita langkahi. Doktrin ini menjelaskan batas pemikirna kita yang terbatas. Doktrin Tritunggal menuntut kita untuk setia pada wahyu ilahi yang menyatakan bahwa dalam satu pengertian Allah adalah esa dan dalam pengertian lain Dia dalah tiga.

1. Doktrin Tritunggal meneguhkan kesatuan Allah di dalam tiga pribadi 2. Doktrin Tritunggal bukan merupakan suatu kontradiksi; Allah memiliki satu esensi dan tiga pribadi. 3. Alkitab meneguhkan baik keesaan Allah dan keilahian dari bapa, Anak dan Roh Kudus. 4. Ketiga pribadi di dalam Tritunggal dibedakan melalui karya yang dilakukan oleh Bapa, Anak dan Roh Kudus.

2

5. Doktrin Tritunggal memberikan batasan kepada spekulasi manusia tentang natur Allah.

1 Petrus 3:15 Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat.

TANGGAPAN TERHADAP BUKU “KASUS BESAR YANG KELIRU KONTROVERSI YESUS KRISTUS (ISA ALMASIH)” KASUS 1 TRINITAS SALAH SATU KASUS BESAR YANG KELIRU (Menurut Frans Donald)
Adalah lebih tepat untuk menyebut bahwa TRINITAS adalah salah satu misteri Allah yang melampaui Logika manusia.

1. YOHANES 1:1 Pada mulanya ada Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (TB edisi 2) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (TB edisi 1). En archeé eén ho Lógos kaí ho Lógos eén prós tón Theón kaí theós eén ho Lógos (Copyright (c)1966, 1968, 1975, 1983 by the United Bible Societies) 3

. Catatan: Karena preposisi yang dipakai untuk ungkapan bersama-sama dengan yaitu preposisi pros mempunyai arti dasar ‖kepada‖. yang jelas tidak mengandung arti keakraban yang istimewa. hal 116) tafsiran tersebut ‖keterlaluan‖. adalah Allah. Pada mulanya adalah Firman. Yang dia katakan adalah bahwa Dia (Yesus). Sebagai bukti. atau salah satu allah. yang sudah berada dengan Allah Bapa sejak semula. Firman itu adalah Allah. 1. Bukan kata ‖ilahi‖ yang dipakai. tetapi kata Allah. Dia juga tidak mengatakan bahwa Firman merupakan salah satu sebutan untuk Allah. dia menyebut Markus 6:3 (‖Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?‖) dan Filemon 13 (‖Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan karena Injil.‖) yang juga memakai preposisi pros. 3. Yohanes tidak mengatakan bahwa Firman itu adalah seorang allah. Lagipula dia tidak berkata bahwa Firman itu ilahi. Firman itu bersama-sama dengan Allah Ini berarti bahwa Firman memiliki kepribadian yang lain dari Allah Bapa. yaitu bahwa Dia selalu menghadap atau mendekat kepada Allah Bapa.. Susunan kata dalam bahasa sumber menegaskan hal ini. tetapi Firman dan Allah Bapa bersekutu bersama-sama. Carson 4 . maka ada penafsir yang berkata bahwa anak kalimat ini menceritakan keakraban yang istimewa. Yohanes tidak mengatakan bahwa Allah adalah Firman itu.Perhatikan dalam ayat pertama ada tiga hal yang dikatakan mengenai Firman. Namun demikian. Menurut Carson (The Gospel According to John. 2.

Kata ‖ilahi‖ (theios) dipakai dalam Kisah Para Rasul 17:29. dan tisak sesuai dengan pernyataan Yohanes bahwa Firman itu bersama-sama dengan Allah atau ajaran ketritunggalan Allah. Ayat 2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. p 12-21). Pengajar dari agama-agama tertentu berkata bahwa ketidakadaan kata sandang memberi arti ‖seorang allah‖ tetapi ternyata pemahaman mereka dalam hal tata bahasa Yunani lemah. Dengan demikian sudah ada petunjuk bahwa Firman adalah seorang pribadi. Hoútos eén en archeé prós tón Theón 5 . Gal 4:25. dan bukan hanya sekadar suatu prinsip. LII. kemudian Allah Bapa bekerja sebagai Penebus dikayu salib. maka Yohanes memegang ajaran Sabellianisme. yaitu bahwa Allah Bapa bekerja sebagai Pencipta. 2 Petrus 1:3 dan 4. walaupun tidak memakai kata sandang: Yoh 1:49. dan predikat yang ada di dalamnya jelas tidak ‖indefinite‖. tetapi tidak dipakai dalam Injil Yohanes. 1933. Kalau seandainya kata Allah ditulis dengan kata sandang dalam kalimat ini. Kata Allah dalam kalimat ini tidak memakai kata sandang. 8:39 . dan konteks ini tidak memaksakan arti itu (E.C. Journal of Biblical Literature. Ajaran ini juga disebut Monarkhianisme Modalis. Colwell. Ayatayat yang berikut ini mengandung tata bahasa yang sama. dan Why 1:20.17:17. Rm 14:17. Predikat yang mendahului kata kerja hanya menjadi ‖indefinite‖ jika konteks memaksa arti itu. Ternyata ketidakadaan kata sandang di depan kata Allah tidak berarti bahwa predikat (Allah) yang mendahului kata kerja menjadi ‖indefinite‖ (yaitu ‖seorang allah‖). lalu Allah Bapa bekerja sebagai Penyuci.menjelaskan bahwa preposisi pros hanya dapat berarti ‖dengan‖ jika dua pribadi dimaksudkan.

nas atau ayat ini menentang ajaran mereka. Yohanes membahas peranan Firman dalam ciptaan. Allah menyatakan diri-Nya. seorang roh yang kurang pintar dari Allah. yaitu Segala sesuatu dijadikan melalui Dia. Ibr 1:2. yang Allah adanya. Pengulangan ini menekankan pernyataan bagian pertama. tetapi semesta alam tidak baik (Leon Morris. Ayat ini dapat dibagi dua. yaitu tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. tetapi seandainya sudah ada ajaran Gnostik mengenai ciptaan. Menurut ajaran Gnostik. Apa yang dikatakan dalam bagian pertama. diulangi dalam bentuk negatif dalam bagian kedua. karena Allah baik.atau sebelum semula—Firman itu. The Gospel According to John. *Dalam bahasa sumber. karena justru dalam menciptakan. Pernyataan ini sering muncul dalam PB. menciptakan semesta alam. Pánta di autoú egéneto kaí choorís autoú egéneto oudé hén hó gégonen Setelah membahas hubungan antara Firman dan Allah Bapa. Pengulangan seperti ini sering terdapat dalam Injil Yohanes. bersekutu dengan Allah Bapa. (*Injil Yohanes ditulis sebelum muncul ajaran Gnostik dan menjadi ajaran yang utuh. seperti dalam 6 . kata di dari preposisi dia. dan bukan Allah sendiri. Istilah ini lebih baik diterjemahkan melalui. Dalam kasus ini Yohanes menekankan bahwa segala sesuatu diciptakan melalui Firman*. Ayat 3 Segala sesuatu dijadikan oleh* Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Lihatlah misalnya: Kol 1:16-17. Ini sangat wajar. dan Why 3:14). dipakai di sini dengan kasus Genitif. daripada ‖oleh‖.Dalam ayat ini apa yang sudah dikatakan oleh Yohanes diulangi untuk menekankan bahwa sejak semula-. hal 81).

yaitu Yesus Kristus. Ayat di atas lebih lanjut dipertegas dalam ayat-ayat : "Barangsiapa telah melihat Aku. (Dalam kutipan 1 Kor 8:6 di atas. yang melalui-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup‖) Allah Bapa dan Anak Allah masing-masing mempunyai peranan khusus dan menciptakan segala yang ada. yaitu Bapa. dan hidup. Seperti apa yang diuraikan dalam 1 Kor 8:6 (‖namun bagi kita hanya ada satu Allah saja. ia telah melihat Bapa" (Yohanes 14:9). YOHANES 10:30. kata ‖oleh‖ dalam TB diganti menjadi ‖melalui‖ dalam TB edisi 2. dan "Akulah jalan dan kebenaran." (Yohanes 14:6) 7 . Di sini tercatat Yesus berkata ‖ Aku dan Bapa adalah satu‖ John 10:30 Egoó kaí ho Pateér hén esmen pernyataan "AKU DAN BAPA ADALAH1 SATU2 " dalam Yohanes 10:30 mengandung arti demikian : Kata satu di atas menunjukkan Yesus adalah Allah.Terjemahan Baru (TB LAI). sesuai dengan arti kata dia) Tentang Ayat Yohanes pasal 1 ini baca selengkapnya buku Tafsiran Injil YOHANES Dari Bahasa Yunani. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku. Pemakaian preposisi/kata depan dia dalam kedua nas atau ayat ini menjaga peranan masing-masing tersebut. Dave Hagelberg. Ayat di atas sudah sering dibahas dalam diskusi tentang TRINITAS. yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup. dan satu Tuhan saja. Muatan ayat tersebut tidak akan diterima/masuk dalam logika/pengertian umat non-Kristen. 2. 1999. Andi Offset. Tetapi inilah perbedaan utama Kekristenan dengan kepercayaan lain.

Anak dan Bapa bukan merupakan satu pribadi (Carson. istilah ―esmen‖ (dari kata dasar eimi) adalah kata adalah dalam bentuk jamak. Tuhan Yesus tidak hanya berkata bahwa Dia dan Allah Bapa mempunyai kesatuan dalam hal tujuan. istilah hen adalah kata satu dalam bentuk netral tunggal. suatu kesatuan yang unik. Agustinus mengamati bahwa tata bahasa kalimat ini memakai bentuk tunggal dan bentuk jamak sebagai salah satu bukti ketritunggalan Allah (Morris. dosa-dosa kita telah dihapuskan dalam darah Allah. Tuhan Yesus tidak memakai kata heis (bentuk maskulin). tetapi dalam konteks Injil Yohanes (misalnya pasal 1:1. p 523). hanya oleh darah Allah yang sempurnalah dosa-dosa kita dapat terhapuskan untuk memenuhi keinginan Allah yang suci dan benar. yang dikemukakan dalam pasal 1:1b. Flp 2:6) Keterangan: 1. p 394) Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama. yaitu melindungi domba-domba-Nya. sehingga perbedaan antara Anak dan Bapa. 20:28. Di sini Tuhan dengan jelas menyatakan keilahian-Nya bahwa Dia sendiri adalah Allah (ay 33. Mereka memiliki kesatuan dalam tujuan dan pekerjaan. 5:18. 1 Yoh 5:20. Dia berkata bahwa mereka (Yesus dan Bapa) memiliki kesatuan dalam hakikat. karena dengan kata tersebut kalimat ini berarti Anak dan Bapa adalah sama. 8:58. 2. 1:1.Oleh karena Yesus Kristus adalah Allah. dan 20:28) kesatuan yang dimiliki Anak dan Bapa pasti lebih mendasar daripada kesatuan antara orang-orang percaya. Dasar dari keselamatan kita adalah karya Yesus Kristus. Maka utamanya iman Kristen adalah berpegang pada satu jalan keselamatan yaitu melalui Kristus seperti tertulis pada Yohanes 14:6. 18. Memang menurut pasal 17:22 orang percaya dapat memiliki kesatuan yang mirip. hilang. Tanggapan orang-orang Yahudi dalam ayat berikut mendukung pengertian ini: 8 . 12:41.

10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku. ke tempat Yohanes membaptis dahulu. lalu Ia tinggal di situ.‖ 9 . 10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan. 10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata: "Yohanes memang tidak membuat satu tanda pun. sekalipun hanya seorang manusia saja.sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan --. melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau. kepada siapa firman itu disampaikan. percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu." 10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia. tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar. supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti. disebut allah -. 10:32 Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu. 10:36 masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah? 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku. menyamakan diri-Mu dengan Allah." 10:42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya." 10:34 Kata Yesus kepada mereka: "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: Kamu adalah allah? 10:35 Jikalau mereka. pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?" 10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau.―10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa. janganlah percaya kepada-Ku. tetapi Ia luput dari tangan mereka.

‖ 3. Demikian juga. Dalam ketiga peristiwa itu mereka hendak membunuh Dia karena Dia mengklaim kesatuan dengan Allah. haruslah dihukum mati. Hal ini jelas-jelas dinyatakan dengan kata hyparchon yang bentuknya present participle menunjukkan keberadaan Kristus masih berlaku terus (khususnya bila dipertentangkan dengan bentuk aoris yang mengikutinya). kenyataan yang sempurna akan ke-Allahan-Nya adalah titik persoalan dari ‖rupa Allah‖ dalam ayat 6. dan dalam pasal 8:59 mereka ―mengambil batu untuk melempari Dia‖ Dalam ayat 10:31 ini. mereka mengambil batu-batu untuk merajam Yesus. Akan tetapi kenyataan yang sejati akan keberadaan-Nya sebagai Hamba justru menjadi titik persoalannya. Karena klaim Yesus menyatakan dirinya sebagai Allah dan menyamakan dirinya dengan Allah inilah.Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia. 10 . Filipi 2:6: ‖(Yesus) yang walaupun dalam rupa Allah. Baik orang asing maupun orang Israel asli. yaitu rupa hakiki. jadi menekankan keberadaan-Nya yang tak terbatas ada dalam morphe Allah. maka rupa dari seorang hamba dalam Flp 2:7 tentu akan berarti bahwa di atas bumi ini Kristus adalah seorang yang tidak lebih dari seorang hamba.‖ Nas ini berarti Keberadaan Kristus yang Kekal. termasuk seluruh hakikat dan sifat dasar ke-Allahan. maka mereka (orang-orang Yahudi) mau menuruti Imamat 24:16 yang berkata ‖ 24:16 Siapa yang menghujat nama TUHAN. bila ia menghujat nama TUHAN. Jika ‖rupa Allah‖ berarti apa saja yang kurang dari Allah yang sempurna. Dalam pilihan kata ini (bandingkan dengan kata eimi) terdapat suatu indikasi yang menyatakan sudah ada (seperti dalam Kisah 7:55). tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu.

Untuk mengambil rupa sebagai seorang hamba.‖ ‖Serupa‖ menandakan dua hal: pertama. bahwa Ia sesungguhnya seperti manusia. Tak ada jalan lain Ia dapat menjadi manusia dan tetap tinggal dalam keberadaan pra-inkarnasi-Nya. namun demikian. namun tanpa mengecilkan pribadi-Nya. Ia didapatkan dalam wujud (skhema) seorang manusia. Ia harus mengosongkan Diri dari posisi pra-inkarnasi-Nya. Kemudian Paulus menekankan kembali ke-Allahan Kristus dengan menegaskan bahwa kesetaraan dengan Allah bukanlah sesuatu untuk dipahami. Ia seorang manusia. dan kedua. Ia harus menjadi manusia. kata ‖seperti‖ kebal terhadap penyimpulan bahwa Ia identik dengan manusia. yaitu dalam perilaku.Setelah penyelidikan terinci tentang kata morphe dalam filsafat Yunani. Ia dibuat ‖menjadi serupa dengan manusia. bahwa untuk mati. Maka Ia merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati di kayu salib. hanya karena Ia selalu memilikinya. dandanan. bahwa Ia berbeda dari manusia. Ia berbeda KARENA IA TANPA DOSA (lihat Roma 8:3). Lebih lanjut. Jelaslah. Ia harus menjadi manusia. Nas itu mulai dengan kemuliaan pra-inkarnasi Kristus dan berlanjut sampai kematian-Nya yang hina di kayu Salib. Untuk itu. lambang kenistaan. Lightfoot tiba pada kesimpulan bahwa kata itu mengandung arti sesuatu yang intrinsik dan esensial tentang hal tersebut. Karena itu di sini artinya bahwa Tuhan kita dalam keadaan pra-inkarnasi-Nya memiliki Keallahan yang hakiki. dan semua yang kelihatan. karena hal itu miliknya selama-lamanya. Ia malah mengosongkan diri-Nya sendiri dengan rela (Kenosis berarti Kristus meninggalkan posisi pra-inkarnasi-Nya dan mengambil rupa seorang manusia-hamba). Ia tidak menginginkannya dan tak memerlukannya. Ia tidak juga mempergunakannya. sesuatu yang dijabarkan oleh dua frase dalam Flp 2:7-8. Tetapi Ia dapat dan memang menjadi 11 . Kemanusiaan-Nya membatasi-Nya pada ujian-ujian dan keterbatasan-keterbatasan. J. sopan-santun. Kata ini menunjuk pada apa yang tampak di luar.B. dalam ajaran Philo dan dalam Perjanjian Baru.

maka Raja surgawi mengutus murid-murid-Nya untuk menjadikan semua bangsa murid-murid Yesus. Matius 28:19 tertulis: Karena itu. Injil Matius dan Injil Yohanes adalah dua kitab yang di dalamnya Trinitas Ilahi diwahyukan lebih sempurna daripada dalam semua kitab lain dalam Alkitab. sama dengan persona-Nya. tapi bukan kadar dari Pribadi Allah itu. Yesaya 53:12 menuliskannya demikian: ‖Ia telah menyerahkan nyawa-Nya ke dalam maut. Untuk pengalaman kita atas hayat.‖ Jadi dalam Kenosis. nama Trinitas Ilahi adalah tunggal. Ada perubahan rupa.manusia. Ia tidak menyerahkan keAllahan atau penggunaan gelar-gelar tersebut. Mereka pergi dengan kuasa-Nya. pergilah. Dan sementara itu. sebagai Anak Manusia dan Raja dari Kerajaan surgawi. Namun. 4. agar umat pilihan Allah dapat mengambil bagian dalam Dia dan menikmati Dia. Nama ini adalah sebutan total Sang Ilahi itu. Adalah baik juga diperhatikan ayat sebelumnya yaitu: Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Yohanes 12 . Ia juga tetap memiliki gelar-gelar Pribadi pra-inkarnasiNya yaitu tentang ke-Allahan yang sempurna. dalam keilahian-Nya. Ayat 19.‖ Pada ayat 18 ini. Tuhan Yesus memiliki wewenang atas segala sesuatu. Dan ini dengan maksud agar dapat mati. Di sini (*). jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama* Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Ia menambahkan kemanusiaan. dalam kemanusiaan-Nya. karena semua kuasa telah diberikan kepadaNya (ay 18). kuasa di surga dan di bumi diberikan kepada-Nya setelah Dia bangkit. Kristus mengosongkan dirinya dari mempertahankan dan menggunakan status dalam ke-Allahan dan menjadi manusia agar dapat mati. Pengosongan diri mengizinkan tambahan kemanusiaan dan sama sekali tak terlibat dalam pengurangan ke-Allahan atau penggunaan gelar-gelar ke-Allahan. sebagai Anak Tunggal Allah.

"Takhta-Mu. Matius menyajikan suatu pemandangan yang di dalamnya Anak berdiri dalam air baptisan. Matius mengungkapkan realitas Trinitas Ilahi dengan memberi satu nama untuk ketiganya. 19:5). Ayat ini masih dipakai dalam Alkitab versi DRA (Douay-Reims American edition 1899). ya Allah. Ibrani 1:8 tertulis: Tetapi tentang Anak Ia berkata. dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran. PNT (Bishop‟s New Testament 1595). Living Bible. mengusir setan dengan Roh untuk mendatangkan Kerajaan Allah Bapa (12:28). yaitu nadi kerajaan (16:16-19). dalam persona manusia. Roh seperti burung merpati turun ke atas Anak. dan Bapa berkata-kata dari langit kepada Anak (3:16-17).menyingkapkan rahasia ke-Allahan dalam Bapa. Dalam pasal 12. di bawah langit yang terbuka. Membaptis orang ke dalam nama Bapa. dan ketiganya adalah satu. Bapa mewahyukan Anak kepada muridmurid untuk membangun gereja. I Yohanes 5:7-8 berbunyi: Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam surga: Bapa. Dia adalah perwujudan Allah Tritunggal. Anak masuk ke dalam Transfigurasi (17:2) dan dipertegas dengan perkataan pujian Bapa (17:5). tetap untuk seterusnya dan selamanya. Anak. sedangkan untuk mendirikan Kerajaan. khususnya dalam pasal 14-16. Roh Kudus (1:18). Firman dan Roh Kudus. Dalam pasal 17. Kristus (Anak--1:18). Anak dan Roh Kudus adalah membaptis mereka ke dalam nama Kristus (Kis 8:16. 5. KJG (King James with Strong and Geneva Notes). Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]: Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu. 6. NKJV. Anak dan Roh Kudus. yang sebagai Yehova Juruselamat dan Allah beserta kita. Dalam pasal 16. TNT (Tyndale‟s New 13 . dan Allah (Bapa— 1:23) hadir di tempat untuk menghasilkan manusia Yesus (1:21). KJV. Dalam pasal pembuka dari Matius. Dalam pasal 3.

Slavonian. that if those included in brackets. Sahidic. so that the six witnesses are thereby reduced to five. Firman dan Roh Kudus. and if it be said that Father. there is no want of connection. and as to the sense. karena ada salinan-salinan Naskah Alkitab yang memuat ayat ini ―[di dalam surga: Bapa. and indeed more clear and better preserved. Ayat ini diabaikan dan tidak ada dalam naskah salinan Syria. without it. Armenian. Koptik. dll.‖ Memang pada Alkitab KJV ada catatan bahwa secara umum disepakati bahwa ayat 7 tidak punya otoritas nyata dan telah dimasukkan (disisipkan). Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]. Besides. MSS. SCR (Scrivener 1894). is quite taken away. indeed much more so than with them.Testament 1534). with Dr. then there are five witnesses on earth. both as a witness in heaven and on earth. semua naskah Arab. on examining the words. for the sense is complete. Dodd. I shall conclude this part of the note by observing. YLT (Young‟s Literal Translation 1862/1898). dan ketiganya adalah satu. and Spirit are witnesses on earth. and the quality of number. and none in heaven. Dublin. not to say that there is a little difficulty in interpreting how the Word or the Son can be a witness to himself. dalam semua versi salinan Awal kecuali versi Vulgate. Ayat 7 ini ditemukan dalam Codex Montfortii yang tersimpan di Trinity College. Son." 14 . WEB (The Webster Bible 1833). it is complete and perfect without them. or antithesis between the witnesses in heaven and on earth. which are wanting in the MSS. "that there are some internal and accidental marks which may render the passage suspected. Any man may see. and. Meski ayat ini diragukan keasliannya. Ethiopia. and versions. Besides. namun tidak berarti ayat ini harus dibuang. MGK (Modern Greek Bible). what need of witnesses in heaven? No one there doubts that Jesus is the Messiah. be omitted. the Spirit is mentioned.

the Worde. both in Englyshe and Laten." has. and the Holy Goost. If we receyve. etc. and put them in brackets.It may be necessary to inquire how this verse stood in our earliest English Bibles. and these thre are one. water. the Woorde. 15 .CCCCC. the Father. and the same words included in brackets as above. one printed in English and Latin. and blode. and which being excluded make the text the same as in the MSS.XLIX. and though he admitted the words into the text of the first edition of his New Testament printed in 1526. 4 to.CCCCC. which stand in 1 John 5:8." TYNDALE was as critical as he was conscientious. If we receyve. etc. for it bears no date. quarto.XLVII. printed about 1535. because the Spirite is truth (for there are thre whiche beare recorde in heaven. the text in the same order. with the following title: "The Newe Testament. the Father. the Spirite." In this edition the text stands thus: "And it is the Spirite that beareth wytnes. yet he distinguished them by a different letter. and bloude and these thre are one. And the fyrste yere of the kynges (Edw.) For there are thre whiche beare recorde (in earth). the seventh verse is put in parentheses thus: "And it is the Sprete that beareth wytnes.. Two editions of this version are now before me.) moste gracious reygne. without proper authority. etc.) And there are thre which beare recorde in earth: the Sprete. (For there are thre which beare recorde in heaven. and also the words in earth. without the Latin of Erasmus in M. as Cloverdale has done. In Coverdale's Bible. of Mayster Erasmus translationand imprinted by William Powell-the yere of our Lorde M. water. and these thre are one. with a small variety of spelling. VI. and these thre are one. the thyrde yere of the reigne of our moost dreade Soverayne Lorde Kynge Edwarde the Syxte." The other printed in London "by William Tylle. for the Sprete is the trueth. and the Holy Ghost.

and. I cannot help doubting the authenticity of the text in question. with the book of Common Prayer. A Scholium quoted in Matthaei shows that the words did not arise from 16 . copied from the modern Latin Vulgate. and the Holy Spirit. of the fifteenth century. with the words added in the margin by a recent hand. and these three are one: and there are three that bear witness in earth. Though a conscientious believer in the doctrine of the ever blessed. and even new. and water. all such distinctions have been generally disregarded. 99. but in the following singular manner: "And it is the Spyryte that beareth witnesse. the Woorde. of the eighth century. because the Spyryte is truthe. is that called The Bishops' Bible. and bloode. the Father. exhibits the text faithfully. "in heaven. in any form. the Greek of which is a translation of the accompanying Latin. and these three are one. The oldest manuscripts of the Vulgate omit them. which support the words.The English Bible." are the Montfortianus of Dublin. (from Adam Clarke's Commentary. arguments in the course of this work. 1566." The first English Bible which I have seen. the earliest Vulgate manuscript which has them being Wizanburgensis. (for there are three which beare recorde in heaven. for further particulars. 1568. the Revianus. fol. Electronic Database. Ottobonianus. printed by Jugge. and these Three are One) And three which beare recorde (in earth) the Spirite. Copyright (c) 1996 by Biblesoft) The only Greek manuscripts. and in the proper and essential Divinity of our Lord Jesus Christ. holy. the Father. and undivided Trinity. 298. the Word. Since that time. and the Holy Spirit. printed by Richard Cardmarden. at Rouen in Normandy. All the old versions omit the words. copied from the Complutensian Polyglot. a manuscript at Naples. refer to the observations at the end of this chapter. fol. which doctrines I have defended by many. where these distinctions were omitted.

at least. There must be some mystical truth implied in "three" [hoi (NT:3588) treis (NT:5140)] twice in the masculine. water.' It was therefore first written as a marginal comment to complete the sense. The marginal comment that inserted "in heaven" was inappropriate. The testimony. Copyright (c) 1997 by Biblesoft) Memang dalam salinan awal Perjanjian Baru Yunani. Electronic Database. Fausset. "the witness of God. Luecke notices as internal evidence against the words. "And these three are one" ' (a unity). though the antecedents. could only be borne on earth to men. The term `Trinity' occurs first in the third century in Tertullian. have "three. as early. That THE TRINITY was meant is a natural inference: the triad specified pointing to a still higher Trinity. like other New Testament writers." and always refers "the Word" to `God' as its correlate. It is on earth that the context requires the witness of the three-the Spirit. it is written. and the Son. not "the Father. the Spirit.' 3. and the blood) are SYMBOLS OF THE TRINITY. but. `Spirit. as the eighth century. the water. Jadi ayat ini tidak perlu terlalu ditonjolkan atau dipertentangkan meski ada beberapa salinan yang memuat ayat ini. `adversus Praxean. Son. first quotes the disputed words as in the text. the water." referring to the Trinity. as is plain also from 1 John 5:9. for all Greek manuscripts ("there are three that bear record"). 196.' are neuter." Vigilius. and Holy Spirit. ayat ini tidak ada. and the blood-to be borne: mystically setting forth the divine triune witnesses-the Father. and Brown Commentary. To this Cyprian.fraud. refers: `Of the Father. because the three things (the Spirit. associated `the Son' with "the Father. 17 . and blood. however. (from Jamieson. was introduced into the text of the Latin Vulgate. alluded to in `the Spirit. and blood. at the end of the fifth century. water. the Scholiast notices." masculine. not in heaven. John never uses "the Father" and "the Word" as correlates. then.

Bukan seorang duta atau utusan. Jika ditilik ayat ini merujuk pada Ibrani 1:4 ―(Yesus) jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat." maka Ia menjadi Juruselamat mereka dalam segala kesesakan mereka. sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih 18 . merekalah umat-Ku.Mengenai ayat ini. tampaknya yang terbaik ialah menghilangkan ayat ini dari catatan yang memberikan penegasan mengenai Trinitas. ADONI AND ELOHAI "Ya Tuhanku dan Allahku". dan Yesus Kristus menerima pengakuan itu (Yohanes 20:28-29). Karena itu. Bagian selebihnya dari ayat 7 muncul dalam naskah-naskah Latin Lama sedini abad kelima. Alkitab bahasa Inggris versi KJV menulisnya dengan the angel of his presence. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala. Yohanes 20:28 berbunyi: Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Dalam bagian akhir Injil Yohanes. sama seperti Charles C Ryrie. melainkan Ia [Allah] sendirilah yang menyelamatkan mereka. Thomas mengaku Yesus Kristus sebagai ho kurios mou kai ho theos mou. satu-satunya bagian ayat ini yang muncul dalam naskah Yunani manapun sebelum abad kelima belas hanyalah klausa yang pertama: ―Sebab ada tiga yang memberi kesaksian‖ kemudian diikuti oleh ayat: ―Roh dan air dan darah dan ketiganya selalu sependapat‖ (harfiah: ―adalah satu‖). tetapi tidak muncul dalam naskah Yunani sampai di akhir 635 dalam naskah yang ditulis dalam aksara yang kecil-kecil pada catatan pinggir. 8. 7. Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Nubuat Yesaya 63:8-9 tertulis: Bukankah Ia berfirman: "Sungguh. kendatipun itu tampaknya mengandung pemikiran teologi yang sangat bagus. anak-anak yang tidak akan berlaku curang.

" is rendered "messenger" in 2 Cor 8:23. tidaklah tepat jika Frans Donald menuduh LAI telah melakukan kebohongan dan dosa besar dengan berani mengubah penyalinan ayat tersebut. and Mal 3:1 margin. See MALACHI. The Greek Grk: apostolos. Menurut saya.‖ Menurut saya. Ingatlah bahwa kata kata ”Angel” (malakkata aslinya) dapat berarti ”messenger. Job 33:23 changes the King James Version to "angel" (margin "messenger"). In Hag 1:13 the prophet is called God's messenger.indah dari pada nama mereka.” Perlu juga diingat bahwa Yohanes pembaptis di Perjanjian Baru pernah disebut dengan kata ”angelos dalam bahasa Yunani=malak dalam Ibrani” yang dalam bahasa Inggris memakai kata ”messenger” dan diartikan ”utusan Allah atau duta Allah." Mal 2:7 and Mal 3:1 (twice) have caused a great deal of comment. Jadi tentu tidak salah jika LAI TB menerjemahkan dengan ”seorang duta atau utusan. 1 Sam 4:17 translations literally. from Hebrew Heb: basar. The context must decide the right translation. an angel. "to tell good news. suggests "angel" instead of "messenger. Messenger <mes'-en-jer>: The regular Hebrew word for "messenger" is Heb: mal'akh. tidak salah jika Frans Donald mau menerjemahkan dengan Malaikat Hadirat-Nya (seperti LAI Terjemahan Lama). Mengapa LAI TB menerjemahkan dengan seorang duta atau utusan? Tentu ada pertimbangan tersendiri. Phil 2:25. This may be a human messenger or a messenger of God. Sebab Yesus bukan malaikat Mikhael dan malaikat Mikhael bukan Yesus.” Bahkan Yesus pun juga disebut Utusan Allah." Gen 50:16 reads "message" instead of "messenger. "apostle." 19 . Dan sesuai Bab IX. Yesus Kristus adalah Malaikat Perjanjian atau Malaikat Hadirat-Nya dan bukan malaikat Mikhael seperti yang dimaksud Frans Donald. the Greek Grk: aggelos. representative” atau diterjemahkan utusan atau duta atau representasi/wakil." "he that brought the tidings.

Namun Frans Donald masih memakai dan pasti punya Alkitab LAI yang dia gunakan dalam ibadah dan PA serta banyak mengutip LAI dalam membuat bukunya ini. angel. ~ykalm with God in theophanies. a prophet. priest. the herald of the advent.m. wise. mulai dari naskah salinan yang menjadi acuan. ~y[ir' 'm messengers of evil. chasing his enemies. 20 . charged with the care of the pious. the theophanic angel ~yhla (h) 'm : wynp 'm (referring to the ancient $alm). praising him. historis. seenaknya dan lain-lain namun pastilah mempertimbangkan banyak hal. destroying by judgment of Yahweh. Frans Donald perlu membuat sendiri Terjemahan Alkitab dalam bahasa Indonesia. Jadi alangkah baiknya jika Frans Donald lebih berhati-hati dalam memberi statement atau pernyataan yang mendiskreditkan para ahli bahasa LAI. n. 2. excellent. one sent with a message. dan lain-lain. elsewhere sg. b. a. namun tentu perlu kita ketahui bahwa para ahli bahasa di LAI dalam menerjemahkan kata-kata tentulah tidak sembarangan. messengers of peace.1. twm 'm messengers of death. as messenger of God. Jika Frans Donald begitu berani menyebut LAI telah melakukan kebohongan dan dosa besar. 3. fig.m. maka menurut hemat saya. powerful. in his sight not without error. Memang ada beberapa kelemahan dalam penerjemahan LAI di sana sini. messenger -. sent to a prophet. messenger. linguistik. e. tyrbh 'm (referring to the advent of 'y for judgment). konteks.%a'l. a messenger from God acting as an interpreter and declaring what is right. d. ~wlv ykalm. encamping about the faithful. c.

9. Nubuat Yesaya dalam Yesaya 9:5-6 tertulis: ‖Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.‖

Bagian ini merupakan salah satu dari nubuat besar tentang Mesias dalam Perjanjian Lama, yang menggambarkan Kristus berada dalam lambang-lambang Allah. Ia akan menjadi ―Bapa yang kekal‖ (ayat 5), bukan dalam arti menjadi Allah Bapa, Pribadi pertama dalam Tritunggal, tetapi dalam pengertian bahwa Ia akan menjadi seperti seorang Bapa dalam pemerintahan-Nya atas Israel dalam Kerajaan Seribu Tahun. Damai Sejahtera dalam masa itu ditandai dengan sebutan ―Raja Damai‖ (ayat 5). Seperti yang dijanjikan Allah kepada Daud, kerajaannya akan kekal untuk selama-lamanya. Allah akan tetap memerintah atas ciptaan-Nya sampai kekal. Nubuat itu mengatakan bahwa takhta-Nya adalah takhta Daud (ayat 6). Dalam penggenapan Perjanjian Daud; dan ini menyatakan bahwa takhta itu, seperti halnya dalam Kerajaan Daud, akan berada di dunia, bukan di surga. Kerajaan ini ditandai dengan keadilan dan kebenaran (bandingkan dengan Yesaya 11:3-5). Kerajaan itu akan didirikan dengan kuasa Allah--― Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini‖ (Yes 9:6)

21

KASUS IV

PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG TIDAK BISA DIJAWAB SECARA ALKITABIAH OLEH PARA TEOLOG YANG NGOTOT BERKATA BAHWA YESUS ADALAH ALLAH SEJATI

Pada bagian ini, Frans Donald mengajukan daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh Orang Kristen yang mengimani TRINITAS atau TRITUNGGAL (yang mengimani Yesus sebagai Allah Sejati). Ada 22 pertanyaan.

1. SIAPAKAH Bapa yang mengutus Yesus di Yohanes 5:36-37?

5:36 Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku. 5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat,

Allah Bapa, Pribadi pertama dalam Allah Tritunggal yang menjadi Saksi tentang Yesus (harus ada dua saksi untuk membuktikan sebuah kebenaran dalam Hukum Taurat Yahudi).

2. Siapakah Bapa yang LEBIH BESAR dari pada Yesus di Yohanes 14:28?

22

14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." 14:8 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. 14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. 14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

23

Di sini. secara hirarki. Bapa=Allah Bapa. Seperti diperjelas Yesaya 52:13-53:12. Jadi status Yesus adalah utusan. Tetapi kamu mengenal Dia. melainkan dalam hakikat kemanusiaan-Nya sebagai Anak Manusia. Adalah Wajar. maka mustahil Dia akan mewakili atau menggantikan keturunan Adam sebagai Yang Menanggung Dosa di atas kayu Salib. bukan sebagai Allah yang tidak mungkin melakukan hal itu. Pengutus lebih besar atau lebih tinggi dari Utusan. Bapa sebagai pengutus. Anak Manusia. Hanya sebagai Anak Manusia. dll). dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain. Dia dapat melayani (berfungsi) sebagai Mesias atau Kristus (Yang Diurapi). Yesus Kristus bukan sedang berbicara dalam hakikat keilahian-Nya sebagai Allah Anak. Mesias. yaitu manusiaAllah. Nah. Karena itu. seorang hamba tidak mungkin sebesar (atau lebih besar daripada) tuannya. Kristus datang untuk menderita dan mati. Kecuali Dia tidak dapat mengenakan sifat kemanusiaan yang sesungguhnya dan yang sejati pada diri-Nya sendiri. supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. lahir dari Maria.14:16 Aku akan minta kepada Bapa. 14:17 yaitu Roh Kebenaran. hanya sebagai Penebus yang mengalahkan maut. 24 . sebagai Anak Manusia. sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Berdasarkan definisi saja. Dunia tidak dapat menerima Dia. sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. maka Yesus masuk ke hadapan hadirat Bapa yang tentu saja mempunyai martabat serta kedudukan yang lebih besar daripada Anak Manusia. melainkan sebagai Adam Kedua. mengutus Yesus (Allah Anak di kitab Yohanes lebih sering disebut dengan Anak Domba Allah. jelas Dia menduduki tempat yang lebih rendah daripada Allah Bapa. bahwa untuk bisa menjadi Juruselamat kita maka Dia harus menjadi Hamba dan TUHAN.

14:9. 18. wajar Yesus menyebut Allah-Ku. Hal ini sangat diperjelas oleh ayat-ayat berikut: Yohanes 1:1.Namun mengenai Allah Anak. kepada Allah-Ku dan Allahmu. Siapakah Allahnya Yesus (the God of our Lord Jesus Christ) menurut Paulus di Efesus 1:17? 1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus. Roma 9:5 (‖Mesias. Siapakah Allahnya Yesus di Yoh 20:17? 20:17 Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku. 17:5. yang ada di atas segala sesuatu‖). Status Yesus dengan kenosisnya." Allah Bapa. yaitu Bapa yang mulia itu. sebab Aku belum pergi kepada Bapa. 4. bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu. terpisah dari Inkarnasi. yaitu Bapa yang mulia (Allah Bapa) 25 . Titus 2:13. tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka. menempatkan atau membuat Diri-Nya lebih rendah dari Bapa. I Yohanes 5:20. supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Sudah di jawab sendiri oleh ayat ini. 10:30. Kolose 2:2.. 8:58. sebagai Allah yang berinkarnasi jadi manusia.. Ibrani 1:8. Alkitab tidak pernah mengesankan adanya perbedaan kemuliaan antara Bapa dan Anak. bandingkan juga Yesaya 9:6 (yang menegaskan bahwa Imanuel yang terlahir dari Perawan ini juga adalah Allah Perkasa-El Gibbor) 3.

yaitu Yerusalem baru. Saat Yesus sudah di Surga (Yesus sudah bukan manusia). dan nama-Ku yang baru. yang turun dari sorga dari Allah-Ku. dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku. Rev 3:2 Gínou greegoroón kaí steérison tá loipá há émellon apothaneín ou gár heúreeká sou tá érga pepleerooména enoópion toú Theoú mou 3:12 Barangsiapa menang. yang penuh dengan Roh Kudus. Rev 3:12 Ho nikoón poieésoo autón stúlon en toó naoó toú Theoú mou kaí éxoo ou-meé exélthee éti kaí grápsoo ep autón tó ónoma toú Theoú mou kaí tó ónoma teés póleoos toú Theoú mou teés kaineés Ierousaleém hee katabaínousa ek toú ouranoú apó toú Theoú mou kaí tó ónomá mou tó kainón 6. siapakah Dia yang di Wahyu 3:2 dan 3:12 dipanggil oleh Yesus sebagai “Allah-ku” itu? 3:2 Bangunlah.5. dan ia tidak akan keluar lagi dari situ. sebab tidak satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku. dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati. 26 . lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. nama kota Allah-Ku. siapakah Dia yang di lihat Stefanus di SEBELAH Yesus di Sorga di Kisah Para Rasul 7:55-56 itu? 7:55 Tetapi Stefanus. menatap ke langit. ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku. Kalau Yesus di surga sebagai Allah.

Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku. menjadi Tuhan dan Kristus. 2:35 Duduklah di sebelah kanan-Ku. Mat 22:44.7:56 Lalu katanya: "Sungguh." 27 . sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu." Allah Bapa 7." 22:44 Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku. sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. Mrk 12:36. 20:42 Sebab Daud sendiri berkata dalam kitab Mazmur: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku. sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. 12:36 Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku. bahwa Allah telah membuat Yesus. 20:43 sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. 2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti. aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah. Kalau Yesus itu Allah sejati. Luk 20:42. sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Kis 2:35 dan Ibr 1:13) 110:1 Mazmur Daud. siapakah Yang Mahatinggi yang DUDUK DI SEBELAHNYA? (Mazmur 110:1. yang kamu salibkan itu.

sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?" 1:1 Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi." 1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api. dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran. Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia. di tempat yang tinggi. Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar. ya Allah. 1:4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat.1:13 Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku. yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. 1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya. melebihi temanteman sekutu-Mu." 1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu. tetap untuk seterusnya dan selamanya. Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan. 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. 1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "AnakKu Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi BapaNya. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa." 28 . Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. 1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan. sebab itu Allah. sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka. dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia.

Ibrani 1:1-4 merupakan satu kesatuan pernyataan yang menyatakan : "Anak Allah. 1:12 seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka. dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian. 1:11 Semuanya itu akan binasa. Engkau telah meletakkan dasar bumi. karena kalau kita memiliki pernyataan Allah yang disalurkan melalui Anak-Nya sendiri. ya Tuhan." 1:13 Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku. sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?" 1:14 Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani. yang akan memiliki segala sesuatu yang menyatakan diri Allah. Pernyataan ini sangat praktis sebagai dasar untuk penyembahan dan penginjilan. Dalam bahasa aslinya. dan menebus dosa manusia. dan langit adalah buatan tangan-Mu. yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan? Ibrani pasal 1 : Yesus Kristus Lebih Tinggi Pendahuluan Pendahuluan surat Ibrani ini sangat indah dalam pemilihan kalimatnya. Istilah-istilah yang dipakai sangat tinggi dan halus. Yunani. tetapi Engkau tetap sama. Pada pendahuluan ini para pembaca langsung diperhadapkan kepada pokok tentang kemuliaan Tuhan Yesus. tetapi Engkau tetap ada. dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan. mana mungkin ada pernyataan lain yang bisa menggantikannya? Dengan berkata bahwa Allah "telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya". yang lebih tinggi daripada para nabi dan Malaikat".1:10 Dan: "Pada mulanya. 29 . Dalam diri Tuhan Yesus Kristus adalah pernyataan utama. dan seperti persalinan mereka akan diubah.

πολςμεπυρ και πολςηποπυρ παλαι ο θεορ λαληζαρ ηοιρ παηπαζιν εν ηοιρ πποθηηαιρ επ εζσαηυν ηυν ημεπυν ηοςηυν ελαληζεν ημιν εν ςιυ Translit. cara/ jenis cara} palai {pada dahulu} ho theos {Allah} lalêsas {telah berbicara} tois patrasin {kepada nenek-moyang} en {melalui} tois prophêtais {nabi-nabi} ep {pada} eschatôn {terakhir} tôn hêmerôn {hari-hari} toutôn {ini} elalêsen {berbicara} hêmin {kepada kita} en {melalui} huiô {Anak} 1:2 LAI TB maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya. KJV.maka jelaslah bahwa ajaran lain yang mengatakan hendak "menyempurnakan" ajaran Kristen dengan penyataan mereka. yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. by whom also he made the worlds. polumerôs {dengan banyak. KJV. tetapi justru "bertentangan". whom he hath appointed heir of all things. Dengan mambaca bagian ini. who at sundry times and in divers manners spake in time past unto the fathers by the prophets. kita akan mengerti bahwa tidak ada tempat bagi istilah "penyataan yang terakhir dan terlengkap" di luar pernyataan yang dibahas dalam ayat-ayat ini. TR. interlinear. Ibrani 1 :1-4 Penyataan dengan Perantaraan Anak-Nya 1:1 LAI TB Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi. cara/ kali/dalam banyak bagian} kai {dan} polutropôs {dengan banyak. TR. ον εθηκεν κληπονομον πανηυν δι ος και ηοςρ αιυναρ εποιηζεν 30 . tidak dapat dikatakan "menyempurnakan". God. Hath in these last days spoken unto us by his Son. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

31 . KJV. hos {yang} ôn {adalah} apaugasma {cahaya/ pantulan} tês doxês {dari kemuliaan} kai {dan} charaktêr {gambar yang persis} tês hupostaseôs {dari hakikat} autou {Nya} pherôn {menopang} te {dan} ta panta {segala} tô rêmati {dengan sabda} tês dunameôs {yang penuh kuasa} autou {Nya} di {oleh} eautou {diriNya sendiri} katharismon {penghapusan} poiêsamenos {setelah mengadakan} tôn hamartiôn {dosa-dosa} hêmôn {kita} ekathisen {duduk} en {di} dexia {kanan} tês megalôsunês {yang Mahabesar} en {di} hupsêlois {(Surga) yang tinggi} 1:4 LAI TB jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat. sat down on the right hand of the Majesty on high: TR. ορ υν απαςγαζμα ηηρ δοξηρ και σαπακηηπ ηηρ ςποζηαζευρ αςηος θεπυν ηε ηα πανηα ηυ πημαηι ηηρ δςναμευρ αςηος δι εαςηος καθαπιζμον ποιηζαμενορ ηυν αμαπηιυν ημυν εκαθιζεν εν δεξια ηηρ μεγαλυζςνηρ εν ςτηλοιρ Translit. Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar. KJV. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa. hon {yang} ethêken {Ia menetapkan} klêronomon {(sebagai) yang berhak menerima} pantôn {segala (sesuatu)} di {melalui} hou {-Nya} kai {dan} tous aiônas {dunia} epoiêsen {Ia telah mencipta} 1:3 LAI TB Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Who being the brightness of his glory. interlinear. sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka. Being made so much better than the angels. as he hath by inheritance obtained a more excellent name than they. di tempat yang tinggi. and the express image of his person.Translit. when he had by himself purged our sins. and upholding all things by the word of his power. interlinear.

Allah telah berbicara kepada kita melalui Seorang yang memiliki hubungan sebagai Anak sehingga Ia memiliki wewenang penuh sebagai Jurubicara. Fakta ini diterapkan kepada kita mulai dari ayat ke 2 dan selanjutnya.TR. tetapi pada zaman akhir ini Ia berbicara kepada umatNya dengan perantaraan Anak-Nya sendiri. dimana Ia adalah Sang pencipta yang menciptakan segala sesuatu yang ada. Sang Anak ini juga Pelaku penciptaan alam –semesta. LAI menerjemahkan istilah ini dengan kata 'sebagai yang menerima'. Didalam hubungan ini Kristus bersifat unit dan disini dijelaskan bahwa posisi Anak adalah Ahli Waris (Yunani. Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar. "klêronomos"). dalam pelbagai cara " polutropôs". Kristus sebagai Anak adalah Pewaris. Allah telah berbicara kepada umatNya dengan perantaraan para nabi. ηοζοςηυ κπειηηυν γενομενορ ηυν αγγελυν οζυ διαθοπυηεπον παπ αςηοςρ κεκληπονομηκεν ονομα Translit. interlinear. di tempat yang tinggi. Ayat 2. Ayat 3. aspek yang kedua ini menunjuk kepada peranan Tuhan Yesus dimasa lalu (masa kepra-adaan Tuhan Yesus sebagai manusia). oleh Dia telah dijadikan alamsemesta. Dituliskan pada ayat 1 Pada zaman Perjanjian Lama Allah berulang kali "polumerôs" atau bagian demi bagian. tosoutô {dengan begitu (jauh)} kreittôn {lebih tinggi} genomenos {menjadi} tôn aggelôn {daripada malaikat-malaikat} hosô {sama seperti} diaphorôteron {yang lebih unggul} par autous {daripada mereka} keklêronomêken {Ia telah menerima} onoma {nama} Ayat 1. Kristus lebih tinggi daripada para nabi. 32 .

Kristus memiliki tempat terhormat di sebelah kanan Allah. dipakai untuk menunjuk kepada kenyataan yang sama. Kristus merupakan stempel atau cetakan ("charaktêr") Allah. dan kata kerja ini menyatakan kuasaNya yang tidak tertandingi. Hakikat Allah ("hupostasis").Ayat ini menunjuk kepada peranan Tuhan Yesus Kristus pada masa sekarang. Seluruh kekuatan dari 2 anak kalimat pada ayat ini menekankan konsep yang satu ini. Dia adalah Tuhan (Penguasa. Dia menduduki tempat ini (di sebelah kanan) melalui tindakan Allah Bapa. ini bukan tempat untuk beristirahat. Dengan demikian kita mengerti penulis surat ini setuju bahwa manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya dengan perbuatan baik. karyaNya sudah selesai.Kurios) atas semuanya. Sebagai "Cahaya kemulyaan Allah dan gambar wujud Allah". Karena itulah. Selaku Imam Bsar pemikul dosa. tetapi tempat kegiatan Sang Imam Besar dan Sang Juru Syafaat. Kristus jauh lebih tinggi daripada malaikat-malaikat 33 . Ia berkuasa atas ciptaan Allah. Dia dapat memberikan penebusan yang sempurna. Kuasa dan kewenangan sebagai Pencipta (Sang Khalik) dan Pemikul dosa ini. Selaku penggenapan dari Mazmur 110:1. Tetapi manusia dapat diselamatkan oleh Tuhan Yesus Kristus dengan menerima sebagai Juruselamatnya. (Lihat Artikel : Yesus Disebelah Kanan Allah) Ayat 4. Ia menyelamatkan manusia. baik sebagai Firman yang mencipta (ayat 2) maupun sebagai penopang (ayat 3). Kata Yunani "charaktêr" (gambar yang persis). seperti dalam matius 22:20 dimana kata ini mengacu kepada gambar uang logam Romawi. Dia juga merupakan pencipta "yang menopang segala yang ada dengan firmanNya". Sebagai yang "mengadakan penyucian dosa". "Duduk" adalah kata kerja utama dalam kalimat ini.

hanya namaNya-lah yang dapat menyelamatkan orang yang terhilang (Kisah 4:12). Kata Yunani "kreittôn" (lebih tinggi/ unggul) menunjukkan suatu kontras antara Kristus dengan para malaikat. Oleh nama itu reputasiNya ditetapkan. Jadi Perjanjian Lama adalah penyataan yang disampaikan melalui malaikat. NIV.Kalau pada ayat 1. και οςκ εζηιν εν αλλυ οςδενι η ζυηηπια οςηε γαπ ονομα εζηιν εηεπον ςπο ηον οςπανον ηο δεδομενον εν ανθπυποιρ εν υ δει ζυθηναι ημαρ 34 . Pada Galatia 3:19 menyatakan "hukum Taurat… disampaikan dengan perantaraan malaikatmalaikat di dalam tangan seorang pengantara". Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia. Neither is there salvation in any other : for there is none other name under heaven given among men. whereby we must be saved. Mengenai namaNya. Sebab namaNya adalah nama yang perkasa: Kisah 4:12 LAI TB. sedangkan kita sudah membaca dalam Ibrani 1:2 bahwa sekarang dengan perantaraan AnakNya sendiri. KJV. maka dalam ayat ini Tuhan Yesus dibandingkan dengan para malaikat. for there is no other name under heaven given to men by which we must be saved. Salvation is found in no-one else . sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. dan pada ayat 4 ini pelayananNya dikontraskan dengan para malaikat. Allah sudah berbicara kepada kita. Tuhan Yesus dibandingkan dengan para nabi. TR. Pada pendahuluan (ayat 1) pelayanan Tuhan Yesus Kristus dikontraskan dengan para nabi. dan namanya adalah nama dari segala nama (Filipi 2:10). Tugas malaikat adalah menyampaikan amanat Allah kepada manusia.

Interlinear. Ibrani 1:5-14 Keunggulan Kristus daripada malaikat-malaikat Pokok pikiran yang telah diperkenalkan pada ayat 4 sebelumnya. interlinear. TR. hina {supaya} en {karena} tô onomati {nama} iêsou {Yesus} pan {setiap} gonu {lutut} kampsê {bertekuk (menyembah)} epouraniôn {(makhluk-makhluk) di langit} kai {dan} epigeiôn {(makhluk-makhluk) di bumi} kai {dan} katachthoniôn {(makhluk-makhluk) dibawah bumi/ kuasa-kuasa} Maka inti dari Ibrani 1:1-4 ini adalah bahwa Anak Allah memiliki segala sesuatu. KJV. ινα εν ηυ ονομαηι ιηζος παν γονς καμτη εποςπανιυν και επιγειυν και καηασθονιυν Translit. of things in heaven. malaikat menmpati tempat yang penting sekali sebagai pengantara 35 . PernyataanNya ini adalah saluran utama dan pernyataan utama yang lebih tinggi daripada para nabi dan malaikat.Translit. Dia-lah yang telah menyatakan Diri Allah. dan yang menebus dosa-dosa manusia. That at the name of Jesus every knee should bow. Dalam pemikiran Yahudi/Yudaisme. kai {tetapi} ouk {tidak} estin {ada} en {didalam} allô {yang lain} oudeni {siapapun} hê sôtêria {keselamatan} oute {juga tidak} gar {sebab} onoma {nama} estin {ada} heteron {lain} hupo {dibawah} ton ouranon {langit} to {yang} dedomenon {telah diberikan} en {diantara} anthrôpois {manusia-manusia} en hô {yang olehnya} dei {harus} sôthênai {diselamatkan} hêmas {kita} Filipi 2:10 LAI TB. supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi. and things under the earth. yaitu pernyataan bahwa Kristus lebih tinggi daripada para malaikat. and things in earth.

Kata-kata yang dikutip adalah bukan berasal dari para nabi atau para memazmur manusiawi.5. ηινι γαπ ειπεν ποηε ηυν αγγελυν ςιορ μος ει ζς εγυ ζημεπον γεγεννηκα ζε και παλιν εγυ εζομαι αςηυ ειρ παηεπα και αςηορ εζηαι μοι ειρ ςιον Translit. 1. Ibrani 1:5 LAI TB. interlinear.141 dab). 3. Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya. Thou art my Son. Josephus (Antiquities. Karena itu penulis Kitab Ibrani ini menunjukkan keunggulan Kristus diatas malaikat-malaikat. and he shall be to me a Son? TR. For unto which of the angels said he at any time. Bahwa Perjanjian Lama memiliki penerapan langsung dan wibawa yang menentukan bagi orang-orang yang memiliki kepercayaan kepada Yesus Sang Mesias (Kristus) 2. Hal ini dilakukannya dengan mengemukakan tujuh kutipan dari Perjanjian Lama. xv. untuk mengukuhkan berita yang dibawanya (bandingkan Ibrani 1:1-4). dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" KJV. Sekarang menjadi mungkin bagi semua umat manusia yang sudah mengenal pernyataan terakhir didalam Yesus Kristus untuk melihat lebih dalam kata-kata Perjanjian Lama itu dalam suatu arti dan mutu yang menunjuk kepada Kristus.3) dan Philo (On Dreams. I will be to him a Father. Metode itu mengandung : 1. Testamen of Dan 6:2. tini {kepada siapakah} gar {karena} eipen {Ia bersabda} pote {pernah} tôn aggelôn {dari malaikat-malaikat} huios {Anak} mou {Ku} ei {adalah} 36 . this day have I begotten thee? And again.pernyataan Allah kepada umatNya (bisa dirujuk dari literatur mereka yang tercatat dalam Jubilees 1:29. Seluruh metodenya adalah penting sekali. melainkan pernyataan langsung dari Allah.

Kita kaji ayatnya : Mazmur 2:7 (kutipan pertama ) Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN. Sang Anak lebih unggul daripada malaikat : 1. Dan kata-kata yang diucapkan mengenai Salomo pada Kitab 2 Samuel 7:14 dikenakan kepada Yesus Kristus yang Putra bahkan lebih berlaku untukNya. Sang Anak mempunyai nama yang jauh lebih indah (lihat penjelasan ayat 4) yang olehnya keunggulan Kristus atas malaikat diukur. sehingga kedua ayat tsb. Didalam Mazmur 2:7 sebuah perayan tahunan (ayat 5a) diadakan untuk berbicara tentang Kristus. sebab Kristus adalah antitipenya. Suatu kenyataan yang berlaku sepanjang surat Ibrani ini dalam penafsiran tipologis sang penulis. Didalam 2 ayat tersebut makna aslinya diberi arti yang lebih mulia atau lebih tinggi.su {Engkau} egô {Aku} sêmeron {hari ini} gegennêka {telah melahirkan} se {Engkau} kai {dan} palin {selanjutnya} egô {Aku} esomai {akan menjadi} autô {bagi Dia} eis {sebagai} patera {Bapa} kai {dan} autos {Ia} estai {akan menjadi} moi {bagiKu} eis {sebagai} huion {Anak} Ayat 5. KeadaanNya sebagai Manusia-Allah yang ditinggikan (kutipan dari Mazmur 2:7. 2 Samuel 7:14 mengandung kedua gagasan itu). Bandingkan dengan Kisah 13:33 37 . mengandung arti tipologis. Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini. Karena keadaanNya yang kekal sebagai Allah 2. Pemakaian tipologis didalam hal ini benar.

Janji kedua. interlinear. Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia. 2 Samuel 7:14 (kutipan kedua) Aku akan menjadi Bapanya. Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia. dan ia akan menjadi anak-Ku. kutipan dari Mazmur 2:7 ini diterapkan secara khusus kepada kebangkitan Kristus. hotan {pada waktu} de {lalu} palin {lagi/ selanjutnya} eisagagê {Ia membawa masuk} ton prôtotokon {(Anak) sulung (Nya)} eis {kedalam} tên 38 . TR. Apabila ia melakukan kesalahan. sekarang Ia ditinggikan agar berada sebagai Anak (yang sulung diantara banyak saudara. keturunan mereka. And again. Ibrani 1:6-7 1:6 LAI TB. he saith. Sebagai hasilnya.telah digenapi Allah kepada kita. seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini. yaitu janji kepada Daud tentang benihnya." KJV. peristiwa tipologis itu dipenuhi didalam Yesus Kristus dengan cara yang tidak pernah ada. maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. οηαν δε παλιν ειζαγαγη ηον ππυηοηοκον ειρ ηην οικοςμενην λεγει και πποζκςνηζαηυζαν αςηυ πανηερ αγγελοι θεος Translit. tidak mungkin ada. And let all the angels of God worship him. Ia bykan hanya Anak berdasarkan keilahianNya. Roma 8:29) berdasarkan kemanusiaanNya. when he bringeth in the firstbegotten into the world. dengan membangkitkan Yesus. Dalam Kisah 13:33. dipenuhi dalam diri Salomo.

And of the angels he saith. TR. και ππορ μεν ηοςρ αγγελοςρ λεγει ο ποιυν ηοςρ αγγελοςρ αςηος πνεςμαηα και ηοςρ λειηοςπγοςρ αςηος πςπορ θλογα Translit. Who maketh his angels spirits. kai {adapun} pros {tentang} men tous aggelous {malaikatmalaikat} legei {Ia berkata} ho {(Dia yang)} poiôn {membuat} tous aggelous {malaikat} autou {Nya} pneumata {(menjadi) angin} kai {dan} tous leitourgous {pelayan-pelayan} autou {Nya} puros {api} phloga {(menjadi) nyala} Mulai ayat 6 ini dan seterusnya. yang sebagai Pembuat jalan-keselamatan yang besar sudah membukan jalan untuk banyak orang untuk masuk sebagai anak-anak ke dalam kemulian (Ibrani 2:10). interlinear. sebagai Anak TunggalBapa yang sudah ada sebelum alam semesta dijadikan dan sebagai Tuhan atas segala ciptaan (Mazmur 89:27). Mazmur 97:7 TUHAN adalah Raja 97:1 TUHAN adalah Raja! Biarlah bumi bersorak-sorak. Kemuliaan Anak Allah ini diuraikan dengan mengutip beberapa ayat dari Kitab Mazmur dimana hak dan kedudukan Sang Anak dibandingkan dengan kedudukan malaikat." KJV. pertama. sebagai yang Sulung dari antara yang mati.15. Dinyatakan bahwa Ia adalah "Yang Sulung" dalam arti rangkap (bandingkan dengan Kolose 1. and his ministers a flame of fire. Ia.18 ) .oikoumenên {dunia} legei {Ia berkata} kai {dan} proskunêsatôsan {harus menyembah} autô {Dia} pantes {semua} aggeloi {Malaikat-malaikat} theou {Allah} 1:7 LAI TB Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikatmalaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api. dinyatakan hak-hak Anak Allah. biarlah banyak pulau bersukacita! 39 .

97:2 Awan dan kekelaman ada sekeliling Dia, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya. 97:3 Api menjalar di hadapan-Nya, dan menghanguskan para lawan-Nya sekeliling. 97:4 Kilat-kilat-Nya menerangi dunia, bumi melihatnya dan gemetar. 97:5 Gunung-gunung luluh seperti lilin di hadapan TUHAN, di hadapan Tuhan seluruh bumi. 97:6 Langit memberitakan keadilan-Nya, dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.

97:7 LAI TB, Semua orang yang beribadah kepada patung akan mendapat malu, orang yang memegahkan diri karena berhala-berhala; segala allah sujud menyembah kepadaNya. KJV, Confounded be all they that serve graven images, that boast themselves of idols: worship him, all ye gods. Hebrew, ‫יבשו כל עבדי פסל המתהללים באלילים השתחוו לו כל אלהים׃‬ Translit, YEVOSHU KOL-OVDEI FESEL HAMITHALLIM BA'ELILIM

HISHTAKHAVU-LO KOL-ELOHIM LXX Translit, aischunthêtôsan pantes hoi proskunountes tois gluptois hoi egkauchômenoi en {dengan} tois eidôlois auton proskunêsate {menyembah} autô {Dia} pantes {segala} aggeloi {malaikat-malaikat} autou {-Nya} (kutipan ketiga)

97:8 Sion mendengarnya dan bersukacita, puteri-puteri Yehuda bersorak-sorak, oleh karena penghukuman-Mu, ya TUHAN. 97:9 Sebab Engkaulah, ya TUHAN, Yang Mahatinggi di atas seluruh bumi, Engkau sangat dimuliakan di atas segala allah.

40

97:10 Hai orang-orang yang mengasihi TUHAN, bencilah kejahatan! Dia, yang memelihara nyawa orang-orang yang dikasihi-Nya, akan melepaskan mereka dari tangan orang-orang fasik. 97:11 Terang sudah terbit bagi orang benar, dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati. 97:12 Bersukacitalah karena TUHAN, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi nama-Nya yang kudus.

Mazmur 97:7, dalam bahasa Ibrani kata "KOL-ELOHIM - segala allah" atau "oknum yang berkuasa" bisa menunjuk kepada malaikat-malaikat, seperti dalam terjemahan Septuaginta dimana "KOL-ELOHIM" disini diterjemahkan menjadi "πανηερ αγγελοι αςηος – pantes aggeloi autou" (semua malaikat-malaikatNya), sesuai dengan maksud pemazmur. Bahwa ayat dari kitab Mazmur yang dikutip tersebut menceritakan tentang hari Kiamat jelas dari Mazmur 97:3-5. pada kedatanganNya yang kedua kali Ia akan disembah semua malaikat. Pemazmur selain berbicara mengenai malaikat yang menyembah Kristus Sang Putra (Mazmur 97:7), juga berbicara tentang adanya pancaran kemuliaan (Mazmur 97:6) yang sesuai dengan "cahaya kemuliaan" yang telah ditulis dalam Ibrani 1:3.

Kemudian tema ini dikembangkan, pada Ibrani 1:7 ini disajikan dua konsep, sebagai berikut. : 1. Bahwa malaikat adalah merupakan makhluk yang diciptakan atau berkedudukan lebih rendah dari yang mencipta yaitu Yesus Kristus. 2. Bahwa malaikat adalah pelayan yang melayani, sedangkan Yesus Kristus memerintah.

Secara harfiah ayat 7 ini dapat ditafsirkan bahwa malaikatNya itu dapat diubah 41

menjadi bagai dan api sesuai kemauan penciptanya. Memang ada kepercayaan seperti itu dalam sastra Yahudi, tertulis dalam Mazmur 104:4 menyajikan bukti subordinasi para malaikat :

Mazmur 104:4 (kutipan keempat) LAI TB, yang membuat angin sebagai suruhan-suruhan-Mu, dan api yang menyala sebagai pelayan-pelayan-Mu, KJV, Who maketh his angels spirits; his ministers a flaming fire:

Hebrew, ‫עשה מלאכיו רוחות משרתיו אש להט׃‬ Translit, OSEH MALAKHAV RKHOT MESHARTAV ESH LOHET

Dengan demikian pengertian bahwa malaikat menyembah Kristus, adalah karena mereka (para malaikat itu) adalah bawahanNya.

Ibrani 1:8,9 1:8 LAI TB, Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran. KJV, But unto the Son he saith, Thy throne, O God, is for ever and ever: a sceptre of righteousness is the sceptre of thy kingdom. TR, ππορ δε ηον ςιον ο θπονορ ζος ο θεορ ειρ ηον αιυνα ηος αιυνορ παβδορ εςθςηηηορ η παβδορ ηηρ βαζιλειαρ ζος Translit. interlinear, pros {tentang} de {tetapi} ton huion {Anak} ho thronos {takhta} sou {Mu} ho theos {ya Allah} eis ton aiôna tou aiônos {selama-lamanya} rabdos {(adalah) tingkat} euthutêtos {kebenaran/keadilan} hê tês rabdos {tingkat (kekuasaan atas)} tês basileias {Kerajaan} sou {Mu}

42

45:6 Thy throne. Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan." KJV. and hated iniquity. êgapêsas {Engkau mencintai} dikaiosunên {keadilan} kai {dan} emisêsas {membenci} anomian {pelanggar hukum} dia touto {sebab itu} echrisen {telah mengurapi} se {Engkau} ho theos {ya Allah} ho theos {Allah} sou {-Mu} elaion {(dengan) minyak} agalliaseôs {kesukaan2} para {melebihi} tous metochous {teman-teman} sou {Mu} Kristus disebut sebagai Allah dan sebagai Raja. melebihi teman-teman sekutu-Mu. sebab itu Allah. O God. dan pemerintahanNya bersifat abadi. Thou hast loved righteousness. Bagian ini merupakan kutipan dari : Mazmur 45:7-8 (kutipan kelima) 45:7 LAI TB Takhtamu kepunyaan Allah. therefore God. Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan. ‫כסאך אלהים עולם ועד שבט מישר שבט מלכותך׃‬ Translit. even thy God. tetap untuk seterusnya dan selamanya. interlinear. is for ever and ever: the sceptre of thy kingdom is a right sceptre. Hebrew. ηγαπηζαρ δικαιοζςνην και εμιζηζαρ ανομιαν δια ηοςηο εσπιζεν ζε ο θεορ ο θεορ ζος ελαιον αγαλλιαζευρ παπα ηοςρ μεηοσοςρ ζος Translit. hath anointed thee with the oil of gladness above thy fellows. dan tongkat kerajaanmu adalah tongkat kebenaran. KISAKHA {takhtaMu} ELOHIM {ya Allah} OLAM {abadi} 43 . disini "Anak Daud" yang lebih besar sedang memerintah sebagai Raja. atau sebagai yang berdaulat. Sebagaimana disajikan di dalam Perjanjian Lama dengan Daud. interlinear.1:9 LAI TB. TR. KJV.

dan Kebencian akan kefasikan. and hatest wickedness: therefore God.VA'ED {dan seterusnya} SHEVET {tongkat dari} MISHOR {kebenaran} SHEVET{tongkat dari} MALKHUTEKHA{KerajaanMu} 45:8 LAI TB Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan. Allahmu. interlinear. AHAVTA {Engkai mencintai} TSEDEK {keadilan} VATISNA {dan Engkau membenci} RESHA {kefasikan} AL-KEN {sebab itu} MESHAKHAKHA {Ia mengurapiMu} ELOHIM {Allah} ELOHEIKHA {AllahMu} SHEMEN {dengan minyak} SASHO'ON {dengan kesukaan} MEKHAVEREIKHA {lebih dari sekutu-sekutumu} Mazmur 45:7. ya Allah". 45:7 Thou lovest righteousness. lebih baik diterjemahkan sesuai bahasa Ibraninya "TakhtaMu. hath anointed thee with the oil of gladness above thy fellows. Didalam menduduki kedudukan mulia dan terhormat ini. telah mengurapi engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan. sedangkan para malaikat-Nya disebut pelayan. melebihi teman-teman sekutumu. kutipan ini membuktikan bahwa Anak Allah sangat dimuliakan (sebagai Dia yang bertakhta). Keadilan. Ciri dari kepemimpinanNya Kebenaran. Sifat-sifat ini hanya mungkin dimiliki oleh suatu pemerintah yang benar. Kristus melebihi atau unggul terhadap segala bentuk kekuasaan yang lain. Hebrew. dan secara khusus terhadap malaikat. yang diterjemahkan oleh LAI "Takhtamu kepunyaan Allah". KJV. ‫אהבת צדק ותשנא רשע על כן משחך אלהים אלהיך שמן ששון מחבריך׃‬ Translit. Allah telah mengurapi Kristus (sebagai yang diurapi) dengan 44 . thy God. Didalam kedudukan ini. Yang jelas. sebab itu Allah.

μεηοσοι γαπ γεγοναμεν ηος σπιζηος εανπεπ ηην απσην ηηρ ςποζηαζευρ μεσπι ηελοςρ βεβαιαν καηαζσυμεν Translit. asalkan kita teguh berpegang kepada iman kita : Ibrani 3:14 LAI TB. yang akan mendirikan pemerintahannya atas suatu wilayah yang baru dikuasainya. metochoi {yang ikut serta/ teman sekutu} gar {karena} gegonamen {kita telah menjadi} tou christou {dari kristus} eanper {jika menang} tên archên {yang semula} tês hupostaseôs {pada keyakinan} mechri {sampai} telous {akhir} bebaian {teguh} kataschômen {kita berpegang} Persyaratan "teguh berpegang". TR. Kemudian penulis Ibrani melanjutkan kutipan ini sampai ia mencapai istilah "temanteman sekutuMu" (Yunani "μετοχοι – metochoi"). Tuhan Yesus menyebut hal itu dalam Lukas 22:26.14 dimana dijelaskan bahwa kita adalah "metochoi-Nya". For we are made partakers of Christ. KJV. melainkan untuk memperoleh upah. Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus. bukan persyaratan untuk pengampunan.pengurapan kemenangan. 28. Seorang raja. yang menunjukkan bahwa Dialah Pemenang yang memerintah selama-lamanya. asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula. juga dalam Matius 25:14-30. 45 . Buktinya adalah dalam Ibrani 3. Istilah "μετοχοι – metochoi" ini berarti "yang mendapat bagian dalam sesuatu" yang didalamnya bermakna "mendapat bagian dalam kemenangan dari Kristus Sang Raja". biasanya akan mengumpulkan beberapa temanteman setia (sekutunya) yang cakap untuk membantu dia dalam pemerintahannya. if we hold the beginning of our confidence stedfast unto the end. interlinear.

tetapi Engkau tetap ada. Thou.perumpamaan tentang talenta. dan langit adalah buatan tangan-Mu. They shall perish. And. Tetapi dalam Ibrani 1:9 ini dikatakan bahwa kesukaanNya melebihi kesukaan teman-teman sekutuNya yang mengelilingiNya. in the beginning hast laid the foundation of the earth. dan seperti persalinan mereka akan diubah. interlinear. KJV. and the heavens are the works of thine hands: TR. kai {dan} su {Engkau kat {pada} archas {permulaan} kurie {ya Tuhan} tên gên {bumi} ethemeliôsas {telah meletakkan dasar} kai {dan} erga {hasilhasil bekerja} tôn cheirôn {tangan-tangan (yangberkuasa)} sou {Mu} eisin {adalah} hoi ouranoi {(segala) langit} 1:11 LAI TB. ya Tuhan. Lord. interlinear. juga menggambarkan tentang kebiasaan ini. Semuanya itu akan binasa. autoi {mereka} apolountai {akan menjadi hilang} su {Engkau} de {tetapi} diameneis {tetap ada} kai {dan} pantes {semua} hôs {seperti} imation {pakaian} palaiôthêsontai {akan menjadi usang} 1:12 LAI TB. dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian. Ibrani 1:10-12 1:10 LAI TB Dan: "Pada mulanya. dan tahun-tahun-Mu tidak 46 . και ζς καη απσαρ κςπιε ηην γην εθεμελιυζαρ και επγα ηυν σειπυν ζος ειζιν οι οςπανοι Translit. Engkau telah meletakkan dasar bumi. KJV. seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka. and they all shall wax old as doth a garment. TR. tetapi Engkau tetap sama. but thou remainest. αςηοι απολοςνηαι ζς δε διαμενειρ και πανηερ υρ ιμαηιον παλαιυθηζονηαι Translit.

interlinear. And as a vesture shalt thou fold them up. and thy years shall not fail. dan mereka berubah. yang tidak berubah. 47 . dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan. bahwa bertentangan dengan makhlukmakhluk yang disiptakan. TR. kai {dan} hôsei {seperti} peribolaion {jubah/ mantel} elixeis {Engkau akan menggulung} autous {mereka} kai {dan} allagêsontai {mereka akan diubahkan} su {Engkau} de {tetapi} ho autos {yang sama} ei {terus adalah} kai {dan} ta etê {tahun-tahun} sou {Mu} ouk {tidak} ekleipsousin {akan berakhir} Ibrani 1: mengutip dari Mazmur 102:26-28. seperti jubah Engkau akan mengubah mereka." KJV. και υζει πεπιβολαιον ελιξειρ αςηοςρ και αλλαγηζονηαι ζς δε ο αςηορ ει και ηα εηη ζος οςκ εκλειτοςζιν Translit. tetapi Engkau tetap ada.berkesudahan. 102:28 tetapi Engkau tetap sama. Mazmur 102:14. dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian. dan langit adalah buatan tanganMu. Kristus adalah Sang Pencipta.16. Tuhan (Kurios) yang berdaulat. hari Kemenangan Anak Allah. (kutipan keenam) Kutipan keenam ini menunjukan. Anda perlu mengetahui bahwa Mazmur ini menekankan hari kiamat. and they shall be changed: but thou art the same.17 dan 23 menyatakan bahwa Mazmue 102 ini menceritakan kedatangan Kristus yang kedua : Mazmur 102:14-29 102:26 Dahulu sudah Kauletakkan dasar bumi. 102:27 Semuanya itu akan binasa.

dam KerajaanNya tidak akan goyah. Dalam Ibrani 12:26-29 tema ini dikembangkan dengan mengatakan bahwa karena kita menerima Kerajaan yang tidak tergoncangkan. interlinear. Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani. Teman-teman sekutuNya akan menyertai Dia dalam KerajaanNya. sent forth to minister for them who shall be heirs of salvation? 48 . But to which of the angels said he at any time. until I make thine enemies thy footstool? TR. pros {kepada} tina {siapakah} de {lalu} tôn aggelôn {dari malaikat-malaikat} eirêken {Ia bersabda} pote {pernah} kathou {duduklah} ek {di} dexiôn {sebelah kaman} mou {Ku} heôs an {sampai} thô tous {Aku membuat} echthrous {musuh-musuh} sou {Mu} hupopodion {tumpuan kaki} tôn podôn {kakikaki} sou {Mu} 1:14 LAI TB. yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan? KJV.Kesimpulan dari Ibrani 1:8-12 ini adalah bahwa : Kristus duduk diatas takhta yang tidak akan goyah. maka kita patut mengucap syukur dan "beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepadaNya". Are they not all ministering spirits. Sit on my right hand. Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku. sekalipun langit dan bumi akan binasa. ππορ ηινα δε ηυν αγγελυν ειπηκεν ποηε καθος εκ δεξιυν μος ευρ αν θυ ηοςρ εσθποςρ ζος ςποποδιον ηυν ποδυν ζος Translit. Ibrani 1:13-14 Puncak perbandingannya 1:13 LAI TB. dan mereka akan aman dalam KerajaanNya. sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?" KJV.

Mazmur 110:1 ini sering sekali dikutip oleh penulis Ibrani ini. LEDAVID MIZMOR NEUM YHVH LE'ADONI SHEV LIMINI AD-ASHIT OIVEIKHA HADOM LERAGLEIKHA Ayat 13. tapi juga karena ap yang sekarang dilakukan oleh Allah bangiNya sebagai Manusia yang ditinggikan atau Mesias yang dinakkan ke takhta dengan pengharapan yang pasti akan ekmenangan yang sempurna : Mazmur 110:1 (kutipan ketujuh) LAI TB. interlinear. Seluruh surat 49 . bukan hanya karena keadaanNya sebagai Allah." KJV : The LORD said unto my Lord. Hebrew.4) Kristus unggul atas malaikat. Sit thou at my right hand. sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu. until I make thine enemies thy footstool. Dia akan terus duduk dipuncak kemenanganNya. ‫לרגליך׃‬ ‫הדם‬ ‫איביך‬ ‫אשית‬ ‫עד‬ ‫לימיני‬ ‫שב‬ ‫לאדני‬ ‫יהוה‬ ‫נאם‬ ‫מזמור‬ ‫לדוד‬ Translit. ouchi {bukankah} pantes {semua} eisin {mereka adalah} leitourgika {yang melayani} pneumata {roh-roh} eis {untuk} diakonian {pelayanan} apostellomena {yang diutus} dia {bagi} tous {orang-orang yang} mellontas {pasti akan} klêronomein {mewarisi} sôtêrian {keselamatan} Akhirnya. seperti ditunjukkan dalam kutipan ketujuh ini (bandingkan dengan Ibrani 1:3. οςσι πανηερ ειζιν λειηοςπγικα πνεςμαηα ειρ διακονιαν αποζηελλομενα δια ηοςρ μελλονηαρ κληπονομειν ζυηηπιαν Translit.TR. Mazmur Daud. yaitu ketika musuh-musuhNya dijadikan tumpuhan kakiNya. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku.. Berbeda dengan para malaikat yang tidak pernah disuruh duduk di sebelah kanan Allah. Kristus kini duduk disitu sebagai penguasa dan Raja.

Pelayanan mereka merupakan pelayanan suci dan melayani manusia. p 7-14 The Wycliffe Commentary.sôtêria" (keselamatan). Tersirat bahwa pelayanan malaikat ini masih berlanjut terus. Amin! Sumber : Dave Hagelberg. Tafsiran Ibrani dari bahasa Yunani. yaitu dengan pengantaraan Yesus Kristus. Vol 3. p. kata "ζυηηπια . dan peranan orang-orang yang beriman kepadaNya juga sudah dinyatakan. 2003. "Mereka yang harus mewarisi keselamatan". dan jelas sekali bahwa cara terakhir. dimana Allah sendiri yang inkaransi (menjadi manusia) itu jauh lebih baik daripada cara terdahulu (dengan pengantaraan para nabi dan malaikat). kemudian. atau orang-orang saleh. Tetapi selain perbandingan yang mendasar ini kemenangan Yesus Kristus sebagai Raja sudah dinyatakan. Kata yang diterjemahkan "memperoleh" dalam terjemahan LAI TB adalah kata Yunani "κληπονομυ – klêronomeô" (harfiah "mewarisi"). Semua malaikat bertugas melayani. Kalam Hidup. Allah Bapa 50 . Penutup : Ibrani pasal 1 menyatakan perbedaan saluran-saluran berita. Ayat 14. Haleluyah. Jadi malaikat adalah makhluk roh yang melayani orang-orang yang harus memperoleh keselamatan. 928-932.Ibrani menjelaskan betapa pentingnya kemenangan yang diperoleh Sang Raja ini bagi para pembacanya. hukum dan jalan keselamatan dari Allah.

siapakah yang disebut Anak Manusia yang duduk di sebelah kanan Yang MAHA KUASA di Mat 26: 64 dan Markus 14:62? 26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Jika Yesus adalah Allah sejati.8. di mana Kristus ada. Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi. “Kristus yang duduk di sebelah kanan Allah”? Masa Yesus duduk di sebelah Yesus? 3:1 Karena itu." 14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia. katanya: "Apakah Engkau Mesias. Akan tetapi. Anak dari Yang Terpuji?" 51 . mengapa Kolose 3:1 menulis. kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus. Yesus Kristus atau Kristus Yesus duduk di sebelah kanan Allah Bapa YESUS DI SEBELAH KANAN ALLAH Markus 14:61-62 14:61 Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit. duduk di sebelah kanan Allah." Anak Manusia= Yesus 9. dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit. Aku berkata kepadamu. carilah perkara yang di atas. Jika Yesus adalah Allah Yang Mahakuasa.

Ia menjawab "Akulah Dia" (Yunani.KJV. o de {LALU} iêsous {YESUS} eipen {BERKATA} egô eimi {AKULAH DIA} kai {DAN} opsesthe {KAMU AKAN MELIHAT} ton uion {ANAK} tou anthrôpou {MANUSIA} kathêmenon {DUDUK} ek {DI} dexiôn {KANAN} tês dunameôs {YANG MAHAKUASA} kai {DAN} erchomenon {DATANG} meta {DENGAN} tôn nephelôn {AWAN-AWAN} tou ouranou {DI LANGIT} Bandingkan dengan Matius 26:63-64. Dalam sidang tersebut. dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit. and answered nothing. and coming in the clouds of heaven. Translit. Mazmur 89:27). Mesias telah ditetapkan untuk disebut sebagai Anak Allah (Mazmur 2:7. jawaban yang diberikan Yesus dinyatakan sebagai "penghujatan". And Jesus said. Sebab dalam pemahaman orang Yahudi. Yesus tidak bermaksud secara spontan menyebut diriNya adalah Mesias. Interlinear. tetapi menjawab pertanyaan Imam Besar itu. 52 ." KJV. the Son of the Blessed? Translit. Lukas 22:67-70 Imam Besar. Again the high priest asked him. dalam pengadilan terhadap Yesus di Mahkamah Agama bertanya kepada Yesus "apakah Ia Anak Allah (ia menggunakan istilah 'Yang Terpuji' sebagai pengganti Nama Allah). Art thou the Christ. But he held his peace. o de {TETAPI} esiôpa {TETAP DIAM} kai {DAN} ouden {SAMA SEKALI TIDAK} apekrinato {MENJAWAB} palin {LAGI} o archiereus {IMAM BESAR} epêrôta {BERTANYA} auton {DIA} kai {DAN} legei {BERKATA} autô {KEPADANYA} su {ENGKAU} ei {ADALAH} o christos {MESIAS} o uios {ANAK} tou {DARI} eulogêtou {YANG TERPUJI?} 14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia. and said unto him. egô eimi ). Interlinear. I am: and ye shall see the Son of man sitting on the right hand of power.

Aku ada.Secara jelas Markus menulis "egô eimi". Dengan demikian Yesus menjawab pertanyaan Imam Besar. Dan selanjutnya Yesus menjawab "dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit. Kata "kanan" sering digunakan oleh orang-orang Yahudi sebagai simbol kekuasaan. Ungkapan "disebelah kanan" (kenapa tidak disebelah kiri." KJV : The LORD said unto my Lord. LEDAVID MIZMOR NEUM YHVH LE'ADONI SHEV LIMINI AD-ASHIT OIVEIKHA HADOM LERAGLEIKHA "Duduk di sebelah kanan" adalah suatu ungkapan alegoris. 53 .". Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku. Ucapan "egô eimi" Yunani (Ibrani ANI HU . Sit thou at my right hand. Yang mengacu pada pemahaman Yahudi tentang "Mesias" dari Kitab : Mazmur 110:1 Mazmur Daud. dimana alternative jawaban selain "Ya" adalah menjawab dengan kata-kata yang dipakai oleh Imam Besar itu sendiri. Matius dan Lukas mengerti Jawaban-Nya dengan mengacu pada tulisan mereka "engkau telah mengatakannya" (Matius 26:64) atau "Kamu sendiri mengatakannya bahwa Akulah ('egô eimi') Anak Allah" (Lukas 22:70). Maka "Duduk di sebelah kanan Allah" dalam ayat-ayat diatas adalah lambang dari kekuasaan Yesus sebagai pemegang otoritas keallahan sejati. Translit. sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu. mempunyai muatan yang lebih dalam. until I make thine enemies thy footstool. Akulah Dia). belakang atau depan) adalah : "Diam dalam Kerajaan Sorga" (bahasa Tradisi Yahudi. mengkiaskan sisi kanan adalah kebaikan atau kemuliaan ). karena kata ini bisa bermakna "kata ilahian" .

'" Translit. Dalam pengharapan mesianik Yahudi. VAYOMAR YEHOVAH MISINAI BA VEZARAKH MISEIR LAMO HOFI'A MEHAR PARAN VEATA MERIVVOT KODESH MIMINO ESHDAT LAMO Kita dapat melacak latar belakang teologinya dari penghayatan Yudaisme tentang Allah dan Messias-Nya yang akan datang.LATAR BELAKANG PENGHAYATAN YAHUDI : Kata "kanan" dalam penghayatan Yahudi dipakai dalam mengungkapkan kebaikan atau kemuliaan. menghancurkan musuh. tangan kanan-Mu. TUHAN. salah satu gelar Mesias (Ibrani 'MASYIAKH'. Sebagaimana disebutkan dalam Mazmur 110:1 yang berbunyi: "NE'UM YHVH 54 . mulia karena kekuasaan-Mu. Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus. "Tu(h)an". NATITA YEMINKHA TIVLAEMO ARETS Ulangan 33:2 "Berkatalah ia: 'TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir. kita kaji ayat-ayat dibawah ini : Keluaran 15:6 "Tangan kanan-Mu. di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala. Yunani 'CHRISTOS') akan datang adalah 'ADONAI' (Ibrani) atau 'KURIOS' (Yunani). YEMINKHA YEHOVAH NEDARI BAKO'AKH YEMINKHA YEHOVAH Keluaran 15:12 "Engkau mengulurkan tangan kanan-Mu. TUHAN." Translit." Translit. bumipun menelan mereka.

Karena itu Yesus telah bersabda: "Segala kuasa di surga maupun di bumi telah dilimpahkan kepada-Ku" (Matius 28:20). "Duduk-lah di sebelah kanan-Ku. sekalipun tidak persis sama. 55 . mereka tetap membiarkan empat huruf suci itu dalam Taurat dengan membacanya HA-SHEM (Sang Nama) atau membacanya dengan ADONAI (Yunani: KURIOS." Menghubungkan Mazmur 110 dengan Mesias tidak hanya tradisi Kristen. "proper name") Allah dalam bahasa Ibrani: YHVH (transiterasi: YEHOVAH). bahwa YHVH sendiri yang memanggil Mesias sebagai ADONAI dan akan menempatkan Mesias di sebelah kanan-Nya. Pemahaman Yahudi inilah yang melatarbelakangi khotbah Petrus dalam Kisah Para Rasul 2:36 bahwa Allah sendirilah yang telah menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus. Misalnya. Makna pelimpahan kekuasaan dalam Matius 28:20 ini. tetapi sudah diawali lebih dulu oleh tulisan-tulisan para rabbi (ulama Yahudi) sebelum zaman Yesus ataupun zaman sesudahnya. Arab: RABB atau Inggris: LORD). melainkan sebagai rabbi (Penguasa) sesuai dengan pengharapan Yahudi. Aram: MARA. Bagaimanakah makna lebih lanjut gelar ADONAI bagi Mesias tersebut? Tradisi Yahudi tidak berani mengeja Nama Diri (ismu dzat. Tafsiran ini selain dijumpai Yalkut Shimoni (Tehilim 110). Firman-Nya sendiri yang nuzul ke dunia. "Tuhan" di sini bukan dalam makna ilah selain Allah. tercatat juga dalam Nedarim 32b dan Sanhedrin 108b. Pada akhirnya Allah sendiri memberikan gelar itu kepada Yesus sebagai Mesias. Sebagai gantinya. seperti ungkapan Rabbi Yodan yang mengajar atas nama rabbi Ahan bar Haninan.LE'ADONI SHEV LIMINI" Yakni : "Firman YHVH (TUHAN) kepada ADONAI (Tuanku).

Dalam bahasa Inggris ada pula istilah "Invisible Hand" yang artinya: bantuan atau pertolongan secara kasat mata atau mujizat. Mengapa? Ungkapan simbolik ini muncul dalam kaitan dengan pola bangunan Bait Suci (Ibrani: Beyt hammiqdash di mana istana raja-raja keturunan Raja Daud berada di sebelah selatan ruang Mahakudus (devir) Bait Allah yang menghadap ke timur. dalam Mazmur 110:1 bermakna bahwa kekuasaan yang diberikan kepada Raja Mesias itu kekal selamalamanya.s. Gelar yang menurut harapan mesianik Yahudi akan diterapkan bagi Raja Mesias ini juga berhubungan erat dengan ungkapan "duduk di sebelah kanan Allah". Jadi. Istilah (dalam bahasa kiasan) dalam masyarakat pun kita ada istilah "Tangan Kanan" yang artinya: "Kepercayaan" --> 'dia itu tangan-kanan owner perusahaan ini'. ali Imran 3:45. Kisah Para Rasul 2:11).sejajar dengan ungkapan Alquran: (Q. Penerapan gelar ADONAI bagi Sang Mesias berarti melalui Mesias-Nya Allah menyatakan keTuhanan-Nya. seorang terkemuka di dunia dan di akhirat "). artinya dia itu adalah orang kepercayaan. firman "SHEV LIMINI" (duduklah di sebelah kanan-Ku). "Al Masih Isa putra Maryam. Jadi jangan terjebak kata-kata. Allah menghendaki takhta raja Mesias itu kekal selamanya. Maksudnya. 56 . Dalam makna itulah. Ini berarti istana Daud berada "di sebelah kanan" ruang mahakudus yang melambangkan kehadiran Allah. Yesus bi-idzinillah (dengan izin Allah) bergelar "Tuhan (RABBI/ADONAI) dan Mesias (AL-MASIH/ MASYIAKH)" (lihat. Kata disini 'kanan' tidak bermakna harfiah.

di tempat yang tinggi. duduk di sebelah kanan Allah. os {YANG} ôn {ADALAH} apaugasma {CAHAYA/PANTULAN} tês doxês {DARI KEMULIAAN} kai {DAN} charaktêr {GAMBAR YANG PERSIS} tês upostaseôs {DARI HAKIKAT} autou {NYA} pherôn {MENOPANG} te {DAN} ta panta {SEGALA} tô rêmati {DENGAN SABDA} tês dunameôs {YANG PENUH KUASA} autou {NYA} di {OLEH} eautou {(dirinya sendiri)} katharismon {PENGHAPUSAN} poiêsamenos {SETELAH MENGADAKAN} tôn amartiôn {DOSA-DOSA} êmôn {KITA} ekathisen {DUDUK} en {DI} dexia {KANAN} tês megalôsunês {YANG MAHABESAR} en upsêlois {DI (Surga) YANG TINGGI} Ibrani 8:1 57 . kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus. Translit. sebagai berikut : Kolose 3:1 Karena itu. Translit. carilah perkara yang di atas. yang menyatakan Yesus "disebelah kanan". Interlinear. ei {JIKA} oun {KARENA ITU} sunêgerthête {KAMU DIBANGKITKAN BERSAMA} tô christô {DENGAN KRISTUS} ta {hal-hal} anô {yang diatas} zêteite {CARILAH} ou {DIMANA} o christos {KRISTUS} estin en{DI} dexia {KANAN} tou theou {ALLAH} kathêmenos {DUDUK} Ibrani 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan.Ayat-ayat lain dalam Perjanjian Baru. Interlinear. Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar. di mana Kristus ada. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa.

Translit.Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian. Interlinear. Interlinear. Translit. Translit. Interlinear. dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan. kephalaion {INTI} de {ADAPUN} epi {BERDASARKAN} tois {hal-hal yang} legomenois {DEKATAKAN} toiouton {DEMIKIAN} echomen {KITA MEMPUNYAI} archierea {IMAM BESAR} os {YANG} ekathisen {DUDUK} en {DI} dexia {SEBELAH KANAN} tou thronou {TAKHTA} tês megalôsunês {YANG MAHABESAR} en tois ouranois {DI SURGA} Ibrani 10:12 Tetapi Ia. aphorôntes {PANDANGLAH} eis {KEPADA} ton tês pisteôs {DENGAN IMAN} archêgon {IMAM} kai {DAN} teleiôtên {PENYEMPURNA} iêsoun {YESUS} os {YANG} anti {GANTI/UNTUK} tês {YANG} prokeimenês {ADA DI DEPAN/ DITENTUKAN} autô {DIA/BAGI DIA} charas {KEBAHAGIAAN} upemeinen {TEKUN MENANGGUNG} stauron {SALIB} 58 . yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia. yang memimpin kita dalam iman. autos {(Imam) INI} de mian uper {DILAIN PIHAK HANYA SATU} amartiôn {MENGHAPUS DOSA-DOSA} prosenegkas {TELAH MENYEMBAHKAN} thusian {KURBAN} eis to diênekes {UNTUK SELAMALAMANYA} ekathisen {DUDUK} en dexia {DISEBELAH KANAN} tou theou {ALLAH} Ibrani 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus. yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga. setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa. Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah.

iman Kristiani adalah politeisme. bagaimana mungkin Ia (Yesus) anaknya (Daud) pula? 59 . Daud menyebut Dia (Yesus) Tuannya (ADONAI).aischunês {PENGALAMAN DIPERMALUKAN} kataphronêsas {(dengan) MENGABAIKAN} en {DI} dexia {SEBELAH KANAN} te {DAN} tou thronou {TAKHTA} tou theou {ALLAH} ekathisen {TELAH DUDUK} I Petrus 3:22 yang duduk di sebelah kanan Allah. kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya. setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat. Translit. dan bukan sosok fisik seperti kita sekarang ini. os {YANG} estin {BERADA} en {DI} dexia {SEBELAH KANAN} tou theou {ALLAH} poreutheis {TELAH PERGI} eis ouranon {KE SURGA} upotagentôn {TUNDUK} autô {KEPADANYA} aggelôn {MALAIKATMALAIKAT} kai {DAN} exousiôn {PENGUASA-PENGUASA} kai {DAN} dunameôn {KUASA-KUASA} Karena Allah adalah ROH dalam Yohanes 4:24 Yesus berkata : Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia. bahkan dalam Perjanjian Lama sering di gambarkan sebagai cahaya terang dan tidak bisa kita lihat dengan mata. harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran. Maka ungkapan "Yesus duduk di sebelah kanan Allah" bukan berarti ada 2 allah. atau diartikan 'ada dua person yaitu Allah dan Yesus'." Dengan wujud multidimensi dan Maha Hadir. LEBIH LANJUT TENTANG MAZMUR 110:1 . Interlinear. Ayat-ayat diatas sering dipakai sebagai penyerangan kepada iman Kristiani bahwa.

bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" 22:46 Tidak ada seorang pun yang dapat menjawab-Nya. ketika ia berkata: 22:44 TUHAN telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku.Menjawab hal tersebut. lihat Markus 12:35-37. sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Dalam Mazmur 110:1. bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya. Maka jelas disini Sang Mesias itu kedudukannya lebih tinggi daripada Daud. Daud menunjuk kepada Mesias sebagai "Tuanku". Daud adalah penulis Kitab Mazmur. Yesus bertanya kepada mereka. Lukas 20:41-44. sehingga sebutan "Anak Daud" bukanlah sebutan yang layak untuk Mesias (ayat 45). dibawah ilham Roh yang berisikan pernyataan kenabian mengenai masa depan (nubuat). dan sejak hari itu tidak ada seorang pun juga yang berani menanyakan sesuatu kepada-Nya." 22:43 Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian. 60 . kita kaji perikop dalam Matius 22:41-46 demikian : MATIUS 22:41-46 Hubungan antara Yesus dan Daud 22:41 Ketika orang-orang Farisi sedang berkumpul. 22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya. Mesias. Pertanyaan Yesus lebih lanjut dalam ayat 43-44 mengandaikan bahwa (sebagaimana yang diyakini orang-orang Yahudi pada zaman-Nya). Yesus bertanya mengenai pandangan orang Farisi terhadap Mesias. Mereka menjawab secara benar bahwa Mesias adalah anak Daud (ayat 42). kata-Nya: 22:42 "Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud.

mengapa di Matius 24:36 dan Markus 13:32 dia tidak tahu kapan dia harus datang lagi ke dunia? Matius 24:36 61 . 10. yaitu Pribadi pemegang otoritas ke-Allah-an sejati. akhirnya bisa mengerti dan faham akan konteks yang dipertanyakan Yesus itu.hína ginoóskoosin sé tón mónon aleethinón Theón kaí hón apésteilas Ieesoún Christón Allah Bapa. Kalau Yesus itu Allah sejati. Sehingga ketika Yesus kembali dalam kemuliaanNya. siapa yang dimaksud Yesus di Yohanes 17:3 dengan “satu-satunya Allah yang Benar” yang mengutus Yesus? John 17:3 Haútee dé estin hee aioónios zooeé-. Bahwa Sang Mesias yang lahir dari Roh Allah. Dia adalah Allah yang "kenosis" atau "merendahkan diriNya" mengambil rupa seorang hamba dan menjadi serupa dengan manusia (Filipi 2:6-8 ). sehingga Ia-pun disebut "Anak Daud" (Keturunan Daud).Tetapi atas pertanyaan Yesus pada ayat 45 ini tidak bisa dijawab oleh orang-orang Farisi itu. Amin. lahir dari anak dara Maria seorang keturunan dari Daud melalui Natan (Lukas 3:31). Namun kita sebagai orang percaya. Ia digambarkan dalam ungkapkan alegoris sesuai pemahaman orang Yahudi "Kristus (Mesias) duduk di sebelah kanan Allah". Yang mengutus Yesus adalah Allah Bapa 11. Kalau Yesus itu Allah sejati.

" Tidak ditulis di sana AKU TIDAK TAHU.”Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu. karena terkunci di dalam rencana Bapa. Alkitab memakai dua kata sekaligus yang menunjuk ‖hari dan saat‖ yaitu Kronos dan Kairos. Hanya waktunya "hari itu" sajalah yang tidak pasti. Yesus menyebut Allah Bapa 13. Ungkapan ini termasuk bagian dari eskatologi Alkitab yang memerlukan pembahasan tersendiri. TUAN segala tuan yang TIDAK TAKLUK PADA MAUT (tidak bisa mati). dan ungkapan di atas hanya sekedar menekankan bahwa "hari itu" tak diduga-duga. 12. Sebagai manusia. dalam batas-batas penjadian daging yang Ia terima dengan sukarela. tidak ikut memiliki rahasia itu. sedemikian rupa sehingga sekalipun Anak. Kalau Yesus itu Allah sejati. dan Anakpun tidak. Menurut Paulus di 1 Timotius 6:14-16. hanya Bapa sendiri. Penggunaan ungkapan "Anak" tanpa kata-kata lain ini menentang pandangan. Untuk waktu kedatangan Yesus kembali untuk kedua kalinya. Kalau Yesus adalah Allah sejati. melainkan ANAK PUN TIDAK karena ada perbedaan fungsi dan jabatan. Jadi kedatangan Yesus tidak didugaduga. bahwa Yesus tidak memungkin memandang diri-Nya sendiri sebagai Anak Allah yang khas. kok ia takluk pada maut dan mati selama 3 hari? Lalu 62 . lantas Allah mana yang dipanggil-panggilnya di Markus 15:34? Eli. Yesus tidak tahu tentang "hari itu" namun sebagai Allah tentu saja Ia mengetahuinya. kedatangan Yesus akan ditentukan oleh PENGUASA yang SATU-SATUNYA. malaikat-malaikat di sorga tidak. sewaktu-waktu bisa saja datang. Raja segala Raja. Eloi. karena Yesus bisa datang kapan saja. Eli atau Eloi. maka ada kata Berjaga-jagalah Senantiasa.

Yesus tidak mati. namun sebagai Allah Anak Yesus tidak bisa mati (Dia Allah). dalam 3 hari kematian tubuh manusia Yesus. Raja segala Raja yang TIDAK TAKLUK PADA MAUT (tidak dapat mati). Yesus (Allah Anak) pergi ke dunia orang mati dan menyampaikan berita kemenanganNya dan mengingatkan akan Penghukuman yang akan diterima para malaikat yang berdosa (yang Jatuh). Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. yang menentukan kedatangan Yesus itu? Yang Mati adalah Tubuh manusia Yesus. hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. Yesus Kristus adalah Raja segala raja dan Tuan segala tuan. siapa yang dimaksud ”Allah yang membangkitkan Yesus dan meninggikan Yesus di Kisah Para Rasul 5:3031 itu?” Allah Bapa Kis 5:30-31 30 Ho Theós toón patéroon heemoón eégeiren Ieesoún hón humeís diecheirísasthe kremásantes epí xúlou 63 . 6:15 yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia. namun yang mati adalah Manusia Yesus. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.siapa Penguasa. Jadi sebagai Allah Sejati. 6:16 Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut. 14. 6:14 Turutilah perintah ini. dengan tidak bercacat dan tidak bercela. Kalau Yesus itu Allah sejati. bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorang pun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia.

31 Toúton ho Theós Archeegón kaí Sooteéra húpsoosen teé dexiá autoú toú doúnai metánoian toó Israeél kaí áfesin hamartioón 15. Kalau Yesus itu Allah sejati, lalu siapa ”Malaikat Perjanjian” menurut Maleakhi 3:1 itu?

Yesus Kristus dalam bentuk Teofani/Christofani (Penampakan Yesus=Allah Anak dalam Perjanjian Lama dalam bentuk seorang Malaikat)

3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam.

16. Kalau Yesus itu Allah sejati, lalu siapa Saksi yang Setia (Wahyu 1:5) yang bergelar ”Amin” (2 Kor 1:20), ”permulaan CIPTAAN Allah” di Wahyu 3:14?

Yesus bergelar AMIN, Saksi Yang Setia (Baca juga Wahyu 19 : 11-16 ) 19:11 Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil. 19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.

64

19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah." 19:14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. 19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa. 19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

Wahyu 3:14 kata permulaan lebih tepat dalam konteks ayat ini diterjemahkan dengan Sumber dari ciptaan Allah (Baca Tafsiran Kitab Wahyu Dave Hagelberg) Jadi semua menunjuk kepada Yesus= Allah Anak

Permulaan dari Ciptaan Allah
Wahyu 3:14 Kepada jemaat di Laodikia 3:14 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: 3:15 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. 3:17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, 3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, 65

supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. 3:19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. 3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan BapaKu di atas takhta-Nya. 3:22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Wahyu 3:14 LAI TB, "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: KJV, And unto the angel of the church of the Laodiceans write; These things saith the Amen, the faithful and true witness, the beginning of the creation of God; TR, και ηυ αγγελυ ηηρ εκκληζιαρ λαοδικευν γπατον ηαδε λεγει ο αμην ο μαπηςρ ο πιζηορ και αληθινορ η αρχη ηηρ κηιζευρ ηος θεος Translit. interlidear, kai {adapun} tô aggelô {kepada malaikat} tês {di} ekklêsias {jemaat} laodikeôn {laodikia} grapson {tuliskanlah} tade {(hal-hal) ini} legei {menyabdakan} ho {Sang} amên {Amin} ho martus {Saksi/ Martir} ho pistos {Yang Setia} kai {dab} alêthinos {benar} hê archê {sumber/permulaan/penguasa} tês ktiseôs {ciptaan} tou theou {Allah}

Kunci pengertiannya mudah saja : 66

power. . Atau Sumber dari ciptaan. Kajian lanjut : "Permulaan dari ciptaan". Atau Prinsip yang menyebabkan suatu ciptaan. (at the."Permulaan dari ciptaan" adalah 'Sesuatu' yang menyebabkan suatu ciptaan. Pada mulanya adalah Firman. Supaya tidak membingungkan. principality. rule. εν αρχη ην ο λογορ και ο λογορ ην ππορ ηον θεον και θεορ ην ο λογορ Translit Interlinear. TR. KJV. en {pada} archê {permulaan} ên {ada} ho logos {Firman. principle. the) first (estate).} Khusus tentang frasa terakhir "dan Firman itu adalah Allah": "και θεορ ην ο λογορ" "kai theos ên ho logos" dan – Allah – Dia adalah – Firman itu and – God – was – the Word 67 . lebih baik diterjemahkan 'prinsip' atau 'sumber' ciptaan. Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.arche" pada ayat ini : Yohanes 1:1 LAI TB. and the Word was with God. Leksikon Yunani beginning..} kai {dan} theos {Allah} ên {(Dia) adalah} ho {itu} logos {Firman. and the Word was God.arche". Perhatikan kata Yunani : "απση . magistrate. In the beginning was the Word..} kai {dan} ho {itu} logos {Firman} ên pros ton {bersama} theon {Allah. corner. Silahkan kaji kata "απση ."Permulaan dari ciptaan" bukanlah "ciptaan yang permulaan".

and without him was not any thing made that was made. TR. Yohanes 1:1 ini menunjuk : "Permulaannya" (Yunani. Kolose 1:16 68 . All things were made by him. oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya. Rasul Yohanes meneruskan ayat ini (paralel dengan Wahyu 3:14) sebagai berikut : Yohanes 1:3 LAI TB. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. KJV. tanpa Firman tidak ada suatu pun ada. bandingkan dengan ayat-ayat ini : Mazmur 33:6 "Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan. maka semuanya jadi. πανηα δι αςηος εγενεηο και συπιρ αςηος εγενεηο οςδε εν ο γεγονεν Translit. Dia memberi perintah. Sang Firman itu adalah Allah.arche") adalah Firman.Penerjemahan dibalikkan menjadi "Firman itu adalah Allah" karena 'ho logos' adalah subyek dengan artikel 'ho' di depannya. maka semuanya ada. Urutan kalimat dalam bahasa Yunani tidak seperti bahasa Indonesia ataupun Inggris." Mazmur 33:9 Sebab Dia berfirman. "απση . interlinear. panta {segala (sesuatu)} di {melalui} autou {Dia} egeneto {dijadikan} kai {dan} chôris {tanpa} autou {Dia} egeneto {dijadikan} oude en {tidak satupun} ho gegonen {(apa) yang telah jadi} Sang Firman adalah Allah. bahwa musti subyek baru predikat.

karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu. Kesuksesan secara ragawi/material tidak menjamin keselamatan yang kekal. Laodike. tentu saja kota ini sibuk. yang ada di sorga dan yang ada di bumi. serta berwarna hitam keungu-unguan. 69 . Dengan kehebatan perdagangan dan kemakmurannya. Jelas bahwa Sang Firman (Ho Logos) adalah sumber dari segala ciptaan. dan Laodikia ini juga tersohor karena mutu sekolah kedokterannya. Ada tiga ciri khas kota ini yang membuatnya terkenal dimana-mana yaitu sebagai penghasil bulu domba yang lembut. tidak seharusnya mereka melupakan Tuhan Sang Pencipta. segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Dua dokter dari kota ini. yang membanggakan dirinya sendiri. maupun penguasa. Wahyu 3:14 memuliakan Kristus selaku Sang Pencipta atas makhluk-makhluk yang congkak dan kerdil. Ayat ini merupakan pendahuluan dari surat Kristus kepada Jemaat di Laodikia. baik singgasana. Zeuxis dan Aleksander Filalethes dikenal prestasi medis mereka dengan diproduksinya salep mata dan salep telinga. Ia adalah prinsip dari segala ciptaan. Kota Laodikia didirikan oleh Antiokhus II dari Siria untuk istrinya. Dan Laodikia ini sangat makmur karena kota ini adalah salah satu pusat kegiatan perbankan. Perikop ini (Wahyu 3:14-22) menuliskan celaan kepada suatu Jemaat yang tak ada bandingnya dalam PB selaku ungkapan jijik dari Kristus. mengkilap. Secara keseluruhan surat ini mengingatkan kembali bahwa mereka hanyalah "ciptaan". maupun kerajaan. baik pemerintah. ramai. Menjadi awal tegoran kepada 'ciptaan' yang telah menyombongkan dirinya atas kesuksesan dan kemakmuran yang dimilikinya. Laodikia berkembang menjadi kota yang besar. Kita akan bahas secara keseluruhan perikopnya : Pendahuluan surat ini menunjuk hakikat Sang Pencipta dan ciptaan yang diciptakanNya. dan terkenal. yang kelihatan dan yang tidak kelihatan.

Dari ke-7 jemaat yang disinggung dalam kitab Wahyu ini. Hal ini dapat mengambarkan situasi Gereja pada masa sekarang dimana mereka yang merasa kaya. 'supper')} met {bersama} autou {-nya} kai {dan} autos {ia} met {bersama} emou {Aku} 70 . dan ia bersama-sama dengan Aku. tidak perlu bersandar kepada Tuhan.Jemaat Laodikia adalah jemaat yang besar. I stand at the door. Aku berdiri di muka pintu dan mengetok. I will come in to him. Behold. Namun keadaan menjijikkan dari orang-orang laodikia ini tidaklah mengilangkan kasih Kristus kepada mereka. Translit interlinear. Lihat. namun kelebihan-kelebihan yang membanggakan ini membuat mereka lupa. and knock: if any man hear my voice. and open the door. Undangan ramah dari Kristus-pun diberikan : Wahyu 3:20 LAI TB. Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia. and will sup with him. jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu. jemaat Laodikia adalah gambaran Kristen yang lahiriah (Wahyu 3: 17). and he with me. idou {perhatikan} estêka {Aku berdiri} epi {didepan} tên thuran {pintu} kai {dan} krouô {Aku terus mengetuk} ean {jikalau} tis {ada orang} akousê {mendengar} tês phônês {suara} mou {-Ku} kai {dan} anoixê {membuka} tên thuran {pintu} kai {lalu} eiseleusomai {Aku akan datang} pros {kepada} auton {dia} kai {lalu} deipnêsô {Aku akan makan (malam. hanya jemaat Laodikia yang dinamai "jemaat yang menyedihkan". ungkapan-ungkapan pedas kepada mereka hanyalah ungkapan akibat dari kasih sayang yang mendalam yang akan membawa mereka kepada pertobatan. KJV.

orang yang menjabat sebagai 'penguasa' gereja/ 'pemilik' gereja sebagai "kurios". Jemaat Tuhan adalah orang-orang yang 'sudah percaya' kepada Tuhan Yesus. asset sebagai "kurios". Kata yang dipakai dalam ayat di atas adalah "makan-malam" (Yunani. Jemaat Tuhan belum tentu sudah benar-benar menempatkan Yesus Kristus sebagai Tuan/Lord (Kurios). Dan dalam suasana seperti ini kita bisa lebih memahami Dia dan menikmati Dia. sehingga Tuhanlah yang melayani jemaat-Nya. Namun. Ini tentu saja mempunyai makna sendiri. Ia mengetuk (dan terus mengetuk) menunggu dibukakan. Yesus menyatakan ingin masuk ke dalam pintu hati jemaatNya dan disambung dengan kalimat 'Ia akan makan bersama umatNya jika sudah dibukakan'. Zaman dahulu maupun sekarang. Dalam kehidupan kita bisa kita jadikan contoh. bukan sarapan dan bukan makan siang. 71 . Kurios yang sesungguhnya. Persekutuan inilah yang didambakan Yesus Kristus kepada kita. bukan kepada Yesus Kristus – Tuhan – Tuan diatas segala tuan. Ia senantiasa menyediakan waktu bagi kita untuk mengenal-Nya dalam persekutuan jamuan makan-malam yang akrab. Namun. Ia tak pernah memaksa. mujizat sebagai "kurios". dalam suasana makan-malam itu terdapat persekutuan yang indah karena kita tidak diburu waktu karena banyaknya kegiatan dari pagi hingga sore hari. "deipneo"). tapi hal ini sebatas kata "diakui ada". betapa kitapun kadang lebih menganggap bisnis sebagai "kurios". Sang Tuan ini sangat sopan.Digambarkan Tuhan Yesus 'menunggu' dibukakan pintu. pendeta sebagai "kurios". Bahkan ibadah kita dalam Gereja sering tertuju hal-hal tersebut. Tuhan dianggap sebatas pemberi berkat saja. Tetapi pada kenyataannya betapa jemaat-Nya ini seringkali walaupun dimulut mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan. Orang bisa melakukan makan-malam dengan waktu yang lebih panjang. orang akan sarapan dan makan siang dengan waktu yang terbatas. berkat sebagai "kurios". Yesus Kristus. entertainment sebagai "kurios".

Kalau Yesus itu Allah sejati dan bapanya Yesus juga Allah. namun banyak ayat yang mengindikasikan adanya Allah Tritunggal atau Trinitas dalam Peristiwa Christofani kepada Gideon. ”YAHWEH Elohim. untuk mengambil bagian dalam takhta yang dalam kuasa-Nya. pemerintahan abadi di Yerusalem baru. Bapa atau Yesus? Dalam PL. Yesus Kristen membuat kepercayaan Kristen menjadi istimewa dan unik. Yesus Kristus inilah yang memberikan identitas kepada kekristenan. sebab umat Kristen percaya kepada satu pribadi yang memiliki dua sifat dasar: Allah dan manusia. suatu kesempatan yang melebihi ke-enam jemaat sebelumnya. 17. dan sekaligus membedakan umat Kristen dengan agama atau kepercayaan yang lain. Meskipun surat ini ditujukan kepada Jemaat tertentu. dan Wahyu 22:5. bila ia bertekun hingga akhir. Lalu bagaimana arti Ulangan 6:4. Penggenapan janji ini digambarkan dalam Wahyu 20:4-6 yakni Kerajaan 1000 tahun. ibarat Alexander menjadi Alex) yang berarti YHVH adalah keselamatan. Yakub. 72 . Hagar.Inilah undangan Kristus bagi jemaat-Nya yang hampir murtad ini. Bangsa Israel hanya mengenal YAHWEH= Allah Bapa. dll. baik peringatan maupun janji-janji keselamatan dapat diterapkan kepada semua orang Kristen. demikian jugalah Tuhan Yesus akan mengundang dia. berarti ada dua Allah. YAHWEH Ekhad”? Siapa yang disebut YAHWEH. yakni menunjuk kepada Kristus sebagai Juruselamat. YESUS YHVH Nama Yesus berasal dari bahasa Ibrani "Yehôsyûa'" atau "Yêsyûa'" transliterasi lain menyederhanakannya dengan aksara Yeshua saja (Ibrani-Aramaik. Sama seperti orang percaya meminta Kristus untuk tinggal bersama dia. Simson.

"Allah -.Di dalam teologi. sedangkan naskah Textus Receptus menulis 'theos ephanerôthê en sarki'." 1 Timotius 3:16.'" kai omologoumenôs mega estin to tês eusebeias mustêrion os theos ephanerôthê en sarki edikaiôthê en pneumati ôphthê aggelois ekêruchthê en ethnesin episteuthê en kosmô anelêmphthê anelêphthê en doxê LAI menerjemahkan "Dia. diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. diangkat dalam kemuliaan.Dia dinyatakan -. "Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: 'Dia. dibenarkan dalam Roh. yang dipercayai di dalam dunia. yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia.daging". Yeshua Ha-Mashiah (Yesus Kristus) adalah YHVH yang datang sebagai manusia ―lahir dalam daging‖. dua sifat dasar Allah dan manusia disebut sebagai fakta 'theantropis' (bahasa Yunani: 'Theos' berarti Allah dan 'anthropos' berarti manusia) Yesus Kristus. Yeshua (Yesus) adalah YHVH dalam daging Kolose 2:9 "Sebab dalam Dialah (Yesus). yang menampakkan diriNya kepada malaikat-malaikat.dalam -. Maka Yesus Kristus adalah TUHAN (Plilipi 2:11. berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan keAllah-an. yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia". Roma 10:9) Philipi 2:11 73 .

sesuai dengan Kitab Suci. Nama (atau gelar) dari YHVH dari TANAKH IBRANI yang di-cross referensikan dengan Nama (atau gelar) dari Yeshua yang terdapat dalam terjemahan B’rit Chadashah 74 . mengatakan : 15:3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu. Bapa Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu. keselamatan hanya pada kepercayaan bahwa Yeshua/YHVH disalib sebagai kapparah (atonement/ganti) dari dosa-dosa anda. yaitu apa yang telah kuterima sendiri. sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. 1 Korintus 15:3-4." bagi kemuliaan Allah. pada hari yang ketiga.dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan. 15:4 bahwa Ia telah dikuburkan. dan bahwa Ia telah dibangkitkan. dan percaya dalam hatimu. bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati. maka kamu akan diselamatkan Kedua ayat diatas bersaksi bahwa Dia adalah Adonai – atau YHVH – Rujukan Perjanjian Baru. ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita. Tidak ada Perantara lain yang menghubungkan kepada Bapa." (Kisah 4:12) Di bawah ini penjelasan. bahwa Yesus adalah Tuhan. sesuai dengan Kitab Suci. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia.

7:16.God/ Allah YHVH : Kejadian 1:1. Amsal 16:4 YESHUA : Kolose 1:15-17. Ibrani 1:3. Keluaran 3:4. Zakharia. 45:15. 9:6. Kisah 5:31 Redeemer/ Penebus YHVH : Yesaya 41:14. Yesaya. Ulangan 4:34. 7. Kolose 1:14. 1 Timotius 6:15 75 . Yesaya 64:8. 60:16. Titus 2:13. Yohanes 1:1.9. 7. Ayub 19:25. Hosea 13:4. Ibrani 1:8. 15. Ibrani 9:12 Almighty/ Mahakuasa YHVH : Kejadian 17:1 YESHUA : 1:7-8. Roma 9:5. 2:5-11 Lord of Lords/ Tuhan segala tuhan YHVH : Ulangan 10:17 YESHUA : Wahyu 17:17. 1 Raja-Raja 8:23. 13:7. 5:24. Philipi. Wahyu 4:11. 14. 19:16. etc. Mazmur 49:8 YESHUA : Lukas 1:68. 2:7. 5:6. Roma 3:24. 3:16. Pilipi 2:5-11 Creator/ Pencipta YHVH : Kejadian 1:1. Bilangan 22:22. Yohanes 5:18. Efesus 1:7.1012 Savior/ Juru Selamat : YHVH : Yesaya 43:11. 49:26. Yesaya 9:6-7 YESHUA : Lukas 2:11. Ibrani 1:8. 44:24. John 1:1-14. 9:38. 21. Mazmur 45:6. YESHUA : 1 Tim.

King of Kings/ Raja segala raja YHVH : Daniel 2:47 YESHUA : Wahyu 19:16 Judge/ Hakim YHVH : Mikha 5:1. Yesaya.4 YESHUA : 1 Korintus 10:4 Husband/ Suami/ Mempelai Laki-laki YHVH : Yeremia 31:32 YESHUA : 2 Korintus 11:2 King of Israel/ Raja Israel YHVH : Yesaya 44:6. 14.7. 1 Korintus 2:8 Rock/ Batu Karang YHVH : 18:31. Yesaya 40:5 YESHUA : Yohanes 1:1-3. 32:3. Zakharia 9:9 76 . I Samuel 2:10 YESHUA : Yohanes 5:22. Deut. 33:22. Kejadian 14:2. Kisah 10:42 LORD of all/ TUHAN dari semua orang YHVH : Kejadian 2:4. Ulangan 4:29 YESHUA : Kisah 10:36 LORD of Glory/ TUHAN Raja Kemuliaan YHVH : Mazmur 24:8.

Mazmur 90:2 YESHUA : Matius 2:6 Pre-Existent One/ Yang ada sebelum semuanya ada YHVH : Keluaran 3:14 YESHUA : Yohanes 8:56-9 Omnipresent One/ Mahahadir YHVH : 1 Raja-raja 8:27 YESHUA : Matt. Markus 1:24 Eternal One/ Kekal YHVH : Mikha 5:2.YESHUA : Yohanes 1:49. Yesaya 43:15 YESHUA : Kisah 3:14. Matius 2:2 Prince/ Raja YHVH : Yesaya 9:6 YESHUA : Ibrani 2:10 Holy One/ Mahakudus YHVH : Yesaya 41:14. 28:20 The Only God/ Allah satu-satunya YHVH : 1 Tawarikh 29:11 YESHUA : Wahyu 4:11 Shepherd/ Gembala 77 .

Mazmur 68:19. Galatia 3:11 Son of God/ Anak Allah YHVH : Mazmur . 11. 21:6. Amsal. Mazmur 79:9 YESHUA : Yohanes 1:12. Matius 22:44 78 . 45:6.16 Only Savior/ Juru Selamat satu-satunya YHVH : Yesaya 12:2. Kisah 4:12 Aleph and Tav/ Yang Awal dan Yang Akhir YHVH : Yesaya 41:4. Zakharia 9:9. 110. 2:2-9. 48:12 YESHUA : Wahyu 1:8. 30:4 YESHUA : Ibrani 1:8-9.YHVH : 23:1 YESHUA : 10:11. 44:6. Yohanes 2:9. Filipi 2:10 Confession Saves/ yang mengaku diselamatkan YHVH : Yoel 2:32 YESHUA : Roma 10:9-13 Faith in Him Saves/ Iman kepadaNya menyelamatkan YHVH : Habakuk 2:4 YESHUA : Roma 1:17. Yeremia 3:23. 22:13 Every knee shall bow/ Semua lutut bertelut YHVH : Yesaya 45:23 YESHUA : Roma 14:11.

8:12 Terhormat/ Honored YHVH : Mazmur 30:1 YESHUA : Yohanes 5:23-4 Pierced One/ Yang tertikam YHVH : Zakharia 12:10 79 . 1 Tawarikh 28:9 YESHUA : Wahyu. 2:23 Lahir dari Perawan / Virgin Born YHVH : Yesaya 7:14 YESHUA : Matius 1:23 Akulah Dia/ I AM YHVH : Yesaya 43:10 YESHUA : Yohanes 8:24 Singa dari Yehuda/ Lion of Judah YHVH : Kejadian 49:9.Yang menyelidiki hati/ Searcher of hearts YHVH : Yeremia 17:10. Hosea 5:14 YESHUA : Wahyu 5:5 Terang yang sesungguhnya/ True Light YHVH : Mazmur 27:1 YESHUA : Yohanes 1:9.

maka Yesus Kristus layak bergelar TUHAN. barangsiapa tidak memiliki Anak.8 Mari kita selidiki dengan seksama pada ayat-ayat diatas. Yesus Kristus adalah YHVH Perjanjian Lama Pembahasan kali ini adalah ucapan-ucapan “egô eimi” Yunani (Ibrani ANI HU. ada banyak bukti bahwa Yeshua Ha-Mashiah identik dengan TUHAN (YHVH) dalam Tanakh Ibrani. 1 Yohanes 5:12 Barangsiapa memiliki Anak. melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak (Yeshua). ia juga tidak menghormati Bapa (YHVH). dipuji dan ditinggikan sebagai YHVH Yohanes 5 22-23 5:22 Bapa tidak menghakimi siapa pun.YESHUA : Yohanes 19:34-37 Batu sentuhan/Batu Sandungan / Stone of Stumbling YHVH : Yesaya 8:13-4 YESHUA : 1 Petrus 2:7. ia tidak memiliki hidup. 5:23 supaya semua orang menghormati Anak (Yeshua) sama seperti mereka menghormati Bapa (YHVH). Barangsiapa tidak menghormati Anak (Yeshua). ia memiliki hidup. yang mengutus Dia. Ucapan-ucapan yang dimaksud adalah “egô 80 . Akulah Dia) dalam Injil Yohanes dengan sengaja mengacu pada ucapan-ucapan yang serupa dalam Kitab Yesaya dan demikian menyamakan Yesus Kristus dengan YHVH Perjanjian Lama. Aku ada.

bahwa Akulah Dia dan tahu." Ucapan itu dalam Injil Yohanes tidak hanya mempergunakan nama yang hanya dapat dipergunakan oleh YHVH. melainkan mengacu juga kepada konteks dari beberapa ayat dalam Yesaya yang menegaskan hak YHVH untuk menyelamatkan Israel. "Karena itu tadi Aku berkata kepadamu. "eipon oun humin hoti apothaneisthe en tais hamartiais humôn ean gar mê pisteusête hoti egô eimi apothaneisthe en tais hamartiais humôn" INTERLINEAR : ""eipon {berkata} oun {oleh karena itu} humin {kepadamu} hoti {bahwa} apothaneisthe {kamu akan mati} en {dalam} tais hamartiais {dosa} humôn {mu} ean {jika} gar {karena} mê {tidak} pisteusête {percaya} hoti {bahwa} egô 81 . Dia-lah YHVH satu-satunya dan tidak ada ilah lain di hadapan-NYA. bahwa Akulah Dia. kamu akan mati dalam dosamu.eimi” yang tidak memiliki predikat termasuk segala ucapan “egô eimi” yang tidak diikuti dengan kiasan seperti "Roti Hidup" atau "Gembala Yang baik. Para ahli yang meneliti Injil Yohanes sudah lama menyadari bahwa penggunakan ANI HU . melainkan juga cara merumuskan ucapan ini dalam Injil Yohanes mengacu pada perikop-perikop dalam Kitab Yesaya yang membuat arti ucapan Yesus Kristus lebih jelas lagi. Sebab. dalam kitab Yesaya sejajar dengan “egô eimi” dalam Injil Yohanes. ternyata bukan hanya kata-kata “egô eimi” saja. Yohanes 8:24. Yesus Kristus memberlakukan bagi diri-NYA kata-kata yang mula-mula diucapkan oleh YHVH dalam konfrontasi dengan ilah-ilah asing. bahwa kamu akan mati dalam dosamu. Ungkapan percaya." Stephanus Textus Receptus. sebab jikalau kamu tidak percaya. Menurut Injil Yohanes. Dari bukti yang ada. bahwa Akulah Dia mengingatkan pembaca akan ucapan-ucapan dalam Perjanjian Lama yang dihubungkan secara khusus dengan pengetahuan dan kepercayaan akan YHVH.

{ AKUE} eimi{ ADA} apothaneisthe {kamu akan mati} en {dalam} tais hamartiais {dosa} humôn" {-mu}" – The Orthodox Jewish Brit Chadasha, "I said, therefore, to you that you will go to your MAVET in your AVEROS, for if you do not have EMUNAH that ANI HU, , you will die in your CHATTA'IM."

Yohanes 8:28, "Maka kata Yesus: 'Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.'" Stephanus Textus Receptus, "eipen oun autois ho iêsous hotan hupsôsête ton huion tou anthrôpou tote gnôsesthe hoti egô eimi kai ap hemautou poiô ouden alla kathôs edidaxen me ho patêr mou tauta lalô" INTERLINEAR : " eipen {berkata} oun {oleh karena itu} autois {kepada mereka} ho iêsous {Yesus} hotan {ketika} hupsôsête {kamu sudah meninggikan} ton huion {Anak} tou anthrôpou {Manusia} tote {pada waktu itu} gnôsesthe {kamu akan mengetahui} hoti {bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} kai {dan} ap {dari} hemautou {diri-Ku sendiri} poiô {Aku berbuat} ouden {tidak suatupun} alla {melainkan} kathôs {seperti} edidaxen {sudah mengajarkan} me {Aku} ho patêr {Bapa} mou {-Ku} tauta {hal-hal ini} lalô {Aku berbicara}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha, "Therefore, Rebbe, Melech HaMoshiach said to them, 'When you perform the HAGBA of the BEN HAADAM, you will have DA'AS that ANI HU , and from myself I do nothing, but as HAAV of me taught me, these things I speak."

82

Kata-kata yang menyertai ucapan “egô eimi” dalam Injil Yohanes juga mengacu pada latar belakangnya dalam Kitab Yesaya. Yesaya memberi latar belakang utama dari ucapan “egô eimi” dalam Injil Yohanes. Bukan hanya kata-kata dari rumusan itu yang mengarahkan perhatian pembaca kepada Kitab Yesaya, melainkan juga perumusannya. Perhatikan struktur dua ayat berikut ini yang maknanya mungkin lebih dari sekedar mengatakan bahwa Yesus adalah Kristus.

Yesaya 52:6, "Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!" Ben Asher Morphological Hebrew Text, "LAKEN {oleh karena itu} YEDA {akan mengenal} AMI {umat-Ku} SYEMI {namaKu} LAKEN {oleh karena itu} BAYOM {pada hari} HAHU {itu} KI- ANI HU, {sebab AKU-lah DIA} HAMEDABER {yang berbicara} HINENI {lihatlah}"

Stephanus Textus Receptus, "dia touto gnôsetai ho laos mou to onoma mou en tê hêmera ekeinê hoti egô eimi autos ho lalôn pareimi"INTERLINEAR : " dia {oleh} touto {itu} gnôsetai {akan mengenal} ho laos {umat} mou {-Ku} to onoma {nama} mou {-Ku} en {pada} tê hêmera {hari} ekeinê {itu} hoti {bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} autos {Dia} ho {yang} lalôn {berbicara} pareimi {lihatlah}"

Yohanes 4:26, "Kata Yesus kepadanya: 'Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.'" Stephanus Textus Receptus, "legei autê ho iêsous egô eimi ho lalôn soi" INTERLINEAR : " legei {berkata} autê {kepadanya} ho iêsous {Yesus} egô {AKU} eimi {ADA} ho {yang} lalôn {berbicara} soi {denganmu}" 83

The Orthodox Jewish Brit Chadasha, "Yehoshua says to her, 'ANI HU , the one speaking to you.'"

Dengan menyatakan Akulah Dia (egô eimi), Yesus Kristus mengucapkan katakata YHWH yang akan digenapi pada waktu Ia datang kelak untuk menebus Zion.

Yohanes 8:18, "Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." Stephanus Textus Receptus, "egô eimi ho marturôn peri emautou kai marturei peri emou ho pemthas me patêr" INTERLINEAR : " egô {AKU} eimi {ADA} ho {yang} marturôn {bersaksi} peri {tentang} emautou {diri-Ku sendiri} kai {dan} marturei {bersaksi} peri {tentang} emou {Aku} ho {yang} pemthas {mengutus} me {Aku} patêr {Bapa}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha, " ANI HU the one giving solemn EDUT about myself and the One having sent me, HAAV , gives solemn EDUT about me."

Kita mulai dengan ucapan Yesus Kristus bahwa Dialah yang bersaksi tentang diri-NYA sendiri (egô eimi ho marturôn peri emautou). Ucapan ini sangat mungkin mencerminkan kata-kata dari Yesaya 43:10 dan juga apa yang dikatakan tentang seorang saksi dalam Ulangan 19:15.

Yesaya 43:10, "'Kamu inilah saksi-saksi-Ku,' demikianlah firman TUHAN, 'dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada 84

lagi. "Aku bersaksi tentang diriKu". Sama seperti dalam 4:26. Sama seperti ucapan “egô eimi” dalam Yohanes 4:26. maka Ia dapat mengatakan saja egô marturô yang lebih sederhana dari egô eimi marturôn peri emautou. keanehan itu mungkin disebabkan 85 . "genesthe moi martures kagô martus legei kurios ho theos kai ho pais hon exelexamên hina gnôte kai pisteusête kai sunête hoti egô eimi emprosthen mou ouk egeneto allos theos kai met eme ouk estai" INTERLINEAR : " genesthe {menjadi} moi {-Ku} martures {saksi-saksi} kagô {dan Ku} martus {saksi} legei {firman} kurios {Tuhan} ho theos {Allah} kai {dan} ho pais {hamba} hon {yang} exelexamên {Aku sudah memilih} hina {supaya} gnôte {mengetahui} kai {dan} pisteusête {percaya} kai {dan} sunête {mengerti} hoti {bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} emprosthen {sebelum} mou {Aku} ouk {tidak} egeneto {menjadi} allos {yang lain} theos {Allah} kai {dan} met {selain} eme {Aku} ouk {tidak} estai {ada}" Kemiripan Yohanes 8:18 dan 4:26 barangkali dimaksudkan untuk mengingatkan pembaca tentang apa yang dikatakan oleh Yesus Kristus dalam ayat pertama itu. " ATEM {kamu} EDAY {saksi-saksi-Ku} NE'UM-YHVH {firman TUHAN} VE'AVDI {dan abdi-Ku} ASYER {yang} BAKHARTI {Aku sudah memilih} LEMA'AN {supaya} TED'U {kamu mengetahui} VETA'AMINU {dan kamu percaya} LI {kepada-Ku} VETAVINU {dan kamu mengerti} KI-ANI {karena AKULAH} HU {DIA} LEFANAY {sebelum Aku} LO-NOTSAR {tidak dibentuk} EL {Allah} VE'AKHARAY {dan lain dari Aku} LO {tidak} YIHYEH {ada}" Stephanus Textus Receptus. perumusannya dalam 8:18 sangat aneh. Jika Yesus Kristus ingin berkata.'" Ben Asher Morphological Text.

tidak seperti dalam 4:26 tidak terdapat kesejajaran bentuk bagi 8:18 dalam Septuaginta. karena di situ tidak ada peranan YHVH sebagai saksi. Pemakaian Perjanjian Lama secara demikian lebih cocok dengan cara memakai ucapan “egô eimi” lengkap dengan predikat -. Tetapi karena "Hamba-Ku" (avdi) disamakan dengan Israel di tempat lain. dan HambaNya. jadi tepatlah terjemahan "Kamu inilah saksi-saksi-Ku. 'dan hamba-Ku Hamasyiakh yang berkenan kepada-Ku. Teks Ibrani dari Yesaya 43:10 tampaknya menyamakan Israel dengan Hamba Tuhan sebagai seorang saksi.penggunaan bahan latar belakang oleh Yohanes. Targum Yahudi menulis. Dalam Septuaginta Yesaya 43:10 berbicara tentang tiga saksi: "orang-orang yang disapa. padahal Israel berbentuk jamak. demikian pula hamba yang dipilih-Nya. supaya kamu dapat mengetahui dan percaya di hadapan-Ku dan mengerti bahwa Akulah Dia'". sebab hamba itu berbentuk tunggal. Lebih dahulu (Yesaya 43:9). bukan teks Masora. firman TUHAN." Tampaknya tidak mungkin Yohanes mengikuti teks Ibrani dari ayat ini. maka tidak mungkin demikian halnya. Tetapi. bukan hanya satu seperti teks Masora. YHVH juga adalah saksi. Jika sebutan Yesus Kristus terhadap dirinya sebagai saksi. tetapi bukan YHVH melainkan Kristus yang merupakan saksi kedua. demikianlah firman TUHAN.misalnya "Akulah [“egô eimi”] terang 86 . Yohanes tampaknya memakai tradisi yang serupa dengan Septuaginta. dan karena itu tidak ada kesejajaran Yesus Kristus dan Bapa yang keduanya bersaksi dalam Yohanes. maka bukan “egô eimi” melainkan kata-kata di sekitarnya yang membuat maknanya jelas dalam Injil Yohanes. YHVH berseru kepada Israel untuk menjadi saksi bagi Dia. dan hamba-Ku yang telah Kupilih. ketiganya memberi kesaksian tentang keunikan YHVH orang Ibrani." Ada kemungkinan hamba Tuhan adalah saksi yang tersendiri. Yesus Kristus mengambil peran saksi dari nats dalam kitab Yesaya tersebut dan menerapkannya kepada diri-Nya sendiri. merupakan kutipan Yesaya 43:10. "'Kamulah saksi'. YHVH sendiri. Dalam Targum ayat itu menyebut dua saksi.

Ben Asher Morphological Hebrew Text: "ANI {Aku} YHVH {TUHAH} QRATIKA {sudah memanggil engkau} VETSEDEQ {dalam kebenaran} VE'AKHZEQ {dan memegang} BEYADEKA {pada tanganmu} VE'ETSORKA {dan menjaga engkau} VE'ETENKA {dan memberi engkau} LIVRIT {untuk menjadi perjanjian} AM {orang banyak} LE'OR {untuk menjadi terang} QOYIM {bangsa-bangsa} LIFQOAKH {untuk membuka} EYNAYIM {mata} IVEROT {orang-orang buta} LEHOTSI {untuk membawa keluar} MIMASGER {dari dalam penjara} ASIR {orang-orang hukuman} MIBEYT {dari rumah} KELE {penjara} YOSYVEY {mereka yang duduk} KHOSYEK {dalam kegelapan}" Septuaginta. egô eimi secara eksplisit digunakan untuk menerapkan gagasan Perjanjian Lama kepada Yesus Kristus dan ini merupakan preseden bagi pemakaian ungkapan itu dalam Yohanes 8:18. ."egô kurios ho theos ekalesa se en dikaiosunê kai kratêsô tês kheiros sou kai eniskhusô se kai edôka se eis diathêkên genous eis phôs ethnôn anoixai ophthalmous tuphlôn exagagein ek desmôn dedemenous kai ex oikou phulakês kathêmenous en skotei" INTERLINEAR : " egô {Aku} kurios {Tuhan} ho theos {Allah} ekalesa {sudah memanggil} se {engkau} en {dalam} dikaiosunê {kebenaran} kai {dan} kratêsô {memegang} tês kheiros {tangan} sou {-mu} kai {dan} eniskhusô {menguatkan} se {engkau} kai {dan} edôka {memberi} se {engkau} eis {kepada}diathêkên {perjanjian} genous {orang banyak} eis {kepada} phôs {terang} ethnôn {bangsabangsa} anoixai {membuka} ophthalmous {mata} tuphlôn {orang-orang buta} 87 . Yohanes 8:12 -. YHVH berbicara tentang sifat hamba yang dipilih-Nya dan yang dipanggil-Nya untuk menjadi saksi bagi Dia.dunia". Dalam Kitab Yesaya.dari dengan ucapan yang tidak mempunyai predikat. Dalam Yohanes 6:35.

Sebagai orang yang menjadi terang untuk bangsa-bangsa. Dalam kitab Yesaya YHWH memanggil dunia untuk mendengar dan bersaksi. Jika bangsabangsa tidak bisa mengemukakan saksi-saksi mereka sendiri. hamba YHWH harus bersaksi tentang Dia. Menarik untuk diperhatikan bahwa orang Yahudi menuduh Yesus Kristus mengemukakan kesaksian yang tidak benar (ouk estin alêthês. Ia mengambil alih tugas yang dipercayakan kepada Hamba itu dalam kitab Yesaya. Yesus Kristus menyamakan diri dengan 88 .exagagein {mengeluarkan} ek {dari} desmôn {penjara} dedemenous {orang-orang hukuman} kai {dan} ex {dari} oikou {rumah} phulakês {penjara} kathêmenous {mereka yang tinggal} en {dalam} skotei {kegelapan}" Dalam Yesaya 43:8-13 pentingnya kesaksian dihubungkan dengan egô eimi atau ANI HU yang diucapkan oleh YHWH dan juga keseluruhannya diarahkan kepada pemindahan kebutaan umat dan keselamatan bangsa-bangsa. sebab hamba yang dipilih itu ditugaskan untuk bersaksi dan membawa terang. 'emet. Yesus Kristus memenuhi tugas seorang hamba dan karena itu kesaksian-Nya itu benar. Teks Yunani dari Yesaya menyebutkan bahwa YHVH akan bersaksi tentang Hamba itu. Benar demikian ( alêthês. ho pais hon exelexamên). Karena itu ketika Yesus Kristus mengatakan bahwa Ia bersaksi. Peran Yesus Kristus sebagai saksi yang sah mulai dibicarakan dalam Injil Yohanes ketika Ia berkata bahwa Dia adalah Terang Dunia yang akan memberi terang hidup kepada mereka yang mengikutiNya (Yohanes 8:12-13). Hal yang sama terungkap dalam pernyataan Yesus Kristus. Dalam Injil Yohanes. "Bapa yang mengutus aku" ( ho pemthas me patêr) sejajar dengan "hamba yang Kupilih" (ve'avdi asyer bakharti. Yesaya 43:9). seperti Bapa bersaksi tentang Yesus Kristus dalam Injil Yohanes. biarlah mereka mendengarkan apa yang dikatakan YHWH dan mengakui kesaksian YHWH benar. Pernyataan Yesus Kristus tentang diri-Nya sebagai terang dunia juga didasarkan pada perikop dalam kitab Yesaya. Yohanes 8:13).

' Jawab mereka: 'Dia menjadi saksi. 1 Samuel 12:5. orang yang diurapi} autou {-Nya} sêmeron {hari ini} en {pada} tautê {ini} tê hêmera {hari} hoti {bahwa} oukh {tidak} eurêkate {dijumpai} en {pada} kheiri {tangan} mou {-ku} outhen{suatu pun} kai {dan} eipan {mereka berkata} martus {menjadi saksi}" 89 ."kai eipen samouêl pros ton laon martus kurios en humin kai martus khristos autou sêmeron en tautê tê hêmera hoti oukh eurêkate en kheiri mou outhen kai eipan martus" INTERLINEAR : " kai {dan} eipen {berkata} samouêl {Samuel} pros {kepada} ton laon {orang banyak} martus {menjadi saksi} kurios {Tuhan} en {kepada} humin {kamu} kai {dan} martus {menjadi saksi} khristos {Kristus. Hal yang sama dijumpai dalam 1 Samuel 12:5 di mana Septuaginta mengikuti teks Ibrani. bahwa kamu tidak mendapat apa-apa dalam tanganku.Israel tatkala Ia menyebut diri-Nya sebagai pokok anggur yang benar (Yohanes 15:1. "Lalu berkatalah ia kepada mereka: 'TUHAN menjadi saksi kepada kamu. orang yang diurapi-Nya} HAYOM {hari} HAZEH {ini} KI {karena} LO {tidak} METSATEM {menemukan} BEYADI {pada tanganku} ME'UMAH {sesuatu} VAYOMER {dan mereka berkata} ED {menjadi saksi}" Septuaginta.'" Ben Asher Morphological Hebrew Text: "VAYOMER {dan ia berkata} ALEYHEM {kepada mereka} ED {menjadi saksi} YHVH {TUHAN} BAKEM {kepadamu} VE'ED {dan menjadi saksi} MESYIKHO {MesiasNya. 5). Menurut Yohanes 8:18. Bapa dan Yesus Kristus sama-sama menggenapi apa yang dikatakan Yesaya dan juga menggenapi -. dan orang yang diurapi-Nyapun menjadi saksi pada hari ini.apa yang diminta sebagai syarat yang benar menurut Ulangan 19:15.secara tidak langsung -. .

Mengingat adanya hal-hal lain yang serupa antara Yohanes 8 dan Yesaya 42-43. tiada ilah atau manusia yang dapat menghalangi karya-Nya. Di sini monotheisme Yesaya kelihatan sejelas-jelasnya. Yang diurapi) dan bersaksi bersama-sama dengan Bapa. 90 . Yesus Kristus mengemban tugas bersaksi yang disebutkan dalam Yesaya 43:10 dan dengan demikian secara tak langsung Ia bersaksi juga tentang kuasa untuk menyelamatkan yang dimiliki oleh YHVH saja. sama seperti orang yang diurapi itu bersaksi untuk membela Samuel. Hamba itu memberi kesaksian tentang pernyataan YHVH yang menyatakan diri-Nya sebagai Allah dan Juruselamat satu-satunya. lebih mungkin bila nats dari Kitab Yesaya dilihat sebagai latar belakang terhadap pernyataan Yesus Kristus tersebut. Israel dapat bersaksi tentang kuasa dan kebebasan-Nya. kita dapat mempertanyakan apa isi kesaksian hamba itu? Di sinilah latar belakang dari ucapan egô eimi dan ucapan-ucapan yang serupa dalam Yohanes 8:24 dan 28 menyentuh soal pluralisme. Hanya YHVH saja yang menghakimi dan menyelamatkan. Pernyataan Yesus Kristus tentang diriNya sebagai saksi boleh jadi berasal dari Perjanjian Lama. Yesus dapat bersaksi tentang diri-Nya dan tidak usah memanggil dua saksi seperti yang dilakukan oleh Samuel. Bila benar pernyataan Yesus Kristus tentang diri-Nya sendiri sebagai saksi. mengacu kepada kesaksian hamba Tuhan dalam Yesaya 43:10.Dalam Yohanes 8:18. karena Israel telah mengalami kuasa dan kebebasan itu dalam sejarah mereka. Yesus dilihat sebagai khristos (Kristus. Tidak dapat dipastikan apakah keserupaan antara kedua ayat tersebut dapat membuktikan bahwa dalam Yohanes 8 Yesus dilihat sebagai Kristus. Israel dapat bersaksi bahwa hanya YHVH saja Allah. Sebagai Kristus. bahwa Ia kekal. Ucapan egô eimi berikut dalam Yohanes 8 menegaskan hanya Yesus Kristus adalah YHVH dan Dia saja yang menyelamatkan. Dengan menyebut diri-Nya sebagai egô eimi Yesus Kristus juga menyatakan secara tak langsung bahwa keselamatan itu terjadi melalui diri-Nya sendiri.

bahwa Akulah Dia. you will die in your CHATTA'IM.Yohanes 8:24." Stephanus Textus Receptus. sebab jikalau kamu tidak percaya. barulah kamu tahu. bahwa Akulah Dia. "eipen oun autois ho iêsous hotan hupsôsête ton huion tou anthrôpou tote gnôsesthe hoti egô eimi kai ap hemautou poiô ouden alla kathôs edidaxen me ho patêr mou tauta lalô" INTERLINEAR : ""eipen {berkata} oun {oleh karena itu} autois {kepada mereka} ho iêsous {Yesus} hotan {ketika} hupsôsête {kamu sudah meninggikan} ton huion {Anak} tou anthrôpou {Manusia} tote {pada waktu itu} gnôsesthe {kamu akan 91 . for if you do not have EMUNAH that ANI HU ." Yohanes 8:28. kamu akan mati dalam dosamu. "Karena itu tadi Aku berkata kepadamu. tetapi Aku berbicara tentang hal-hal. – "eipon oun humin hoti apothaneisthe en tais hamartiais humôn ean gar mê pisteusête hoti egô eimi apothaneisthe en tais hamartiais humôn" INTERLINEAR : " eipon {berkata} oun {oleh karena itu} humin {kepadamu} hoti {bahwa} apothaneisthe {kamu akan mati} en {dalam} tais hamartiais {dosa} humôn {mu} ean {jika} gar {karena} mê {tidak} pisteusête {percaya} hoti {bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} apothaneisthe {kamu akan mati} en {dalam} tais hamartiais {dosa} humôn {-mu}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha. sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku. bahwa kamu akan mati dalam dosamu. "Maka kata Yesus: 'Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia.'" Stephanus Textus Receptus. "I said. to you that you will go to your MAVET in your AVEROS. therefore. dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri.

Orang yang memperkenalkan diri dengan rumusan ini hendak menyatakan sesuatu yang penting dan unik tentang "aku"-nya. Yang penting dalam kedua ayat ini ialah tentang tahu (Yunani ginosko. "Therefore. Perkataan egô eimi yang terdapat dalam kitab Yesaya dan Injil Yohanes tanpa predikat -.mengetahui} hoti {bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} kai {dan} ap {dari} hemautou {diri-Ku sendiri} poiô {Aku berbuat} ouden {tidak suatupun} alla {melainkan} kathôs {seperti} edidaxen {sudah mengajarkan} me {Aku} ho patêr {Bapa} mou {-Ku} tauta {hal-hal ini} lalô {Aku berbicara}" – The Orthodox Jewish Brit Chadasha. Melech HaMoshiach said to them.supaya jelas artinya. Ibrani emunah) bahwa egô eimi .misalnya "Aku adalah Gembala" (egô eimi ho poimên) -.tidak mempunyai arti secara mandiri dalam bahasa Yunani." Dalam ayat 18.yang eksplisit atau implisit -. but as HAAV of me taught me. you will have DA'AS that ANI HU . Rebbe. Akulah Dia (egô eimi) menyatakan tugas Yesus Kristus. "Siapakah Engkau?". Ungkapan egô eimi secara harfiah berarti Aku adalah dan dari segi tata bahasa belumlah lengkap dan masih membutuhkan predikat -. Pertanyaan ini menunjukkan bahwa mereka pun memahami jika mereka tidak mau mati dalam dosa mereka. Menanggapi pernyataan Yesus Kristus tentang diri-Nya itu. Jadi konteks perkataan itu harus menentukan artinya bahkan dalam 92 . orang Yahudi bertanya. 'When you perform the HAGBA of the BEN HAADAM. tetapi ayat 24 dan 28 terutama menyebut tentang jati diri-Nya. Tetapi dalam ayat 24 dan 28 tidak terdapat suatu predikat yang melengkapi frasa egô eimi tersebut agar menjadi jelas siapa Yesus Kristus. maka mereka harus mengenal Yesus Kristus. these things I speak. and from myself I do nothing. Ibrani da'at) atau percaya (Yunani pisteuô.

memang betul dari segi tata bahasa. melainkan perumusan kata-kata yang menyertai ucapan itu. Kedua frasa tahu bahwa dan percaya bahwa yang dikaitkan dengan egô eimi tampaknya mencerminkan bagian kedua dari Yesaya 43:10. khususnya "pengagungan" dan "pemuliaan". Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk. yang memberi kunci untuk menafsirnya. namun usulan ini sulit diterima karena akan mengaburkan hubungan ayat 24 dan 28. Sifat orang Yahudi yang ingin memperlengkapi ucapan itu dengan suatu predikat. Yesaya 43:10. Ada yang mengusulkan agar Yesus Kristus disamakan dengan Anak Manusia.' demikianlah firman TUHAN. "'Kamu inilah saksi-saksi-Ku.Perjanjian Lama. Dalam Yohanes 9:35-37 tersirat kesaksian Yesus Kristus tentang diri-Nya tetapi egô eimi tidak dikatakan secara langsung. supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti. Seperti sebelumnya. Aku adalah Dia.'" Ben Asher Morphological Text. 'dan hamba-Ku yang telah Kupilih. dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. "Siapakah Engkau?" Kembali terjemahan Kitab Yesaya dalam Septuaginta merupakan kunci untuk memahami kedua ucapan Akulah Dia dan juga ucapan dalam Yohanes 13:19. bahwa Aku tetap Dia. lagi pula Yesus Kristus tidak pernah berkata secara langsung "Akulah Anak Manusia". bukan kata-kata egô eimi sendiri. sedangkan pemakaian egô eimi berdiri sendiri. Barangkali Yohanes juga tahu bahwa Yesus Kristus hanya memakai gelar "Anak Manusia" dalam bentuk orang ketiga. 93 . Arti egô eimi sama dengan ANI HU yaitu Akulah senantiasa sama. Selanjutnya gelar "Anak Manusia" itu dikaitkan dengan serangkaian gagasan. gelar-gelar itu dipakai di sini sesudah kata kerja hupsoô.

Septuaginta hampir sama dengan teks Ibrani. sehingga kata-kata tersebut dapat ditafsirkan dalam terang tulisan Yesaya. Kata-kata Yesus Kristus dalam Yohanes 8 memang sengaja mirip dengan katakata YHVH dalam Yesaya 43.'" Stephanus Textus Receptus. Namun perlu diperhatikan. Pembaca yang telah melihat hubungan antara kata-kata Yesus Kristus dalam Yohanes 4:26 dan kata-kata Yesaya 52:6 dapat melihat pula acuan lain kepada ayat itu dalam kombinasi kata kerja mengetahui dan ungkapan egô eimi. gnôte kai pisteusête kai sunête hoti egô eimi. TED'U VETA'AMINU LI VETAVINU KI. Tampaknya Yohanes mengikuti teks Septuaginta di sini. dalam teks Ibrani dikatakan. Yohanes 4:26. bahwa Aku tetap Dia (ANI HU)"."ATEM {kamu} EDAY {saksi-saksi-Ku} NE'UM-YHWH {firman TUHAN} VE'AVDI {dan abdi-Ku} ASYER {yang} BAKHARTI {Aku sudah memilih} LEMA'AN {supaya} TED'U {kamu mengetahui} VETA'AMINU {dan kamu percaya} LI {kepada-Ku} VETAVINU {dan kamu mengerti} KI-ANI {karena AKULAH} HU {DIA} LEFANAY {sebelum Aku} LO-NOTSAR {tidak dibentuk} EL {Allah} VE'AKHARAY {dan lain dari Aku} LO {tidak} YIHYEH {ada}" Septuaginta. . "tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti. egô eimi TRANSLITERASI : egô {AKU} eimi {ADA} emprosthen {sebelum} mou {Aku} ouk {tidak} egeneto {menjadi} allos {yang lain} theos {Allah} kai {dan} met {selain} eme {Aku} ouk {tidak} estai {ada}" Dalam bagian kedua Yesaya 43:10. "Kata Yesus kepadanya: 'Akulah Dia."legei autê ho iêsous egô eimi ho lalôn soi" 94 . yang sedang berkata-kata dengan engkau.ANI HU.

'ANI HU . "LAKEN {oleh karena itu} YEDA {akan mengenal} AMI {umat-Ku} SYEMI {namaKu} LAKEN {oleh karena itu} BAYOM {pada hari} HAHU {itu} ANI HU {sebab AKU-lah DIA} HAMEDABER {yang berbicara} HINENI {lihatlah}" Septuaginta. yang dapat mengabarkan kepada kita hal-hal yang dahulu? Biarlah mereka membawa saksisaksinya. Dalam kitab Yesaya. "Biarlah berhimpun bersama-sama segala bangsa-bangsa. namun nats dalam Yohanes 8 mengacu kepada Yesaya 43:10. biarlah orang mendengarnya dan berkata: 'Benar 95 . egô eimi INTERLINEAR :" egô {AKU} eimi {ADA} autos {Dia} ho {yang} lalôn {berbicara} pareimi" {lihatlah}" Walaupun ada acuan tak langsung kepada ayat ini. "Yehoshua says to her. "Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara.INTERLINEAR : "legei {berkata} autê {kepadanya} ho iêsous {Yesus} egô {AKU} eimi {ADA} ho {yang} lalôn {berbicara} soi {denganmu}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha.'" Yesaya 52:6. ya Aku!" Ben Asher Morphological Hebrew Text. Yesaya 43:9. YHVH akan diadili di hadapan bangsa-bangsa untuk menunjukkan hanya Dia Allah. Ada beberapa tema yang terdapat dalam kedua perikop itu. Karena itu Ia membutuhkan kesaksian yang benar. dan biarlah berkumpul suku suku bangsa! Siapakah di antara mereka yang dapat memberitahukan hal-hal ini. the one speaking to you. supaya mereka nyata benar.

bukan kepada dirinya sendiri. Percaya berada di antara tahu dan mengerti. Karena itu yang dimaksudkan bukanlah pengetahuan yang membawa kepada kepercayaan atau yang terletak pada kepercayaan. Seorang saksi biasanya berperan untuk memberi penjelasan kepada orang lain. "supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti. Tujuan dari kesaksian Israel ialah LEMA'AN TED'U VETA'AMINU LI VETAVINU KI. "KOL-HAGOYIM {semua bangsa} NIQBETSU {berkumpul} YAKHDAV {bersamasama} VEYA'ASFU {dan berhimpun} LE'UMIM {orang-orang} MI {dari} VAHEM {mereka} YAGID {memberitakan} ZOT {ini} VERISYONOT {dan hal-hal yang dahulu} YASYMI'UNU {memperlihatkan} YITNU {biarlah membawa} EDEYHEM {saksi-saksi mereka} VEYITSDAQU {dan menguji} VEYISYME'U {dan biarlah mereka mendengar} VEYOMERU {dan berkata} EMET {itu benar}" INTERLINEAR : " panta {semua} ta ethnê {bangsa} sunêkhthêsan {berkumpul} ama {bersama-sama} kai {dan} sunakhthêsontai {berkerumun} arkhontes {para pemimpin} ex {dari} autôn {mereka} tis {siapa} anaggelei {memberitakan} tauta {ini} hê ta ex {dari} arkhês {terdahulu} tis {siapa} anaggelei {memberitakan} humin {kepadamu} agagetôsan {membawa} tous marturas {saksi-saksi} autôn {mereka} kai {dan} dikaiôthêtôsan {membenarkan} kai {dan} eipatôsan {berkata} alêthê {benar}" Begitu juga kesaksian Yesus Kristus ditantang oleh lawan-lawan-Nya yang menganggap Yesus Kristus tidak berhak menyebut diri-Nya Terang Dunia. Mereka mengatakan. bahwa Aku tetap Dia" (Yesaya 43:10). kesaksian-Nya tidak benar (Yohanes 8:13).demikian!'" Ben Asher Morphological Hebrew Text. Untuk mengetahui maksud kata-kata ini kita harus mengesampingkan konsep modern tentang pengetahuan.ANI HU hina gnôte kai pisteusête kai sunête hoti egô eimi. Kedua pandangan ini kurang mengerti ayat tersebut. seperti yang mungkin kita pikirkan. 96 .

tatkala mereka meninggikan Anak Manusia.'" Stephanus Textus Receptus. .Namun sekalipun tidak cocok dengan konteksnya. Melech HaMoshiach said to them. pengetahuan itu akan dinyatakan kepada mereka. bahwa Akulah Dia. dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri. these things I speak. yakni agar orangorang buangan yang mendengarnya yakin akan kuasa YHVH yang unik." 97 . and from myself I do nothing. tetapi Aku berbicara tentang hal-hal. Ucapan Yesus Kristus egô eimi juga menyangkut soal tahu dan percaya. Rebbe."eipen oun autois ho iêsous hotan hupsôsête ton huion tou anthrôpou tote gnôsesthe hoti egô eimi kai ap hemautou poiô ouden alla kathôs edidaxen me ho patêr mou tauta lalô" " eipen {berkata} oun {oleh karena itu} autois {kepada mereka} ho iêsous {Yesus} hotan {ketika} hupsôsête {kamu sudah meninggikan} ton huion {Anak} tou anthrôpou {Manusia} tote {pada waktu itu} gnôsesthe {kamu akan mengetahui} hoti {bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} kai {dan} ap {dari} hemautou {diri-Ku sendiri} poiô {Aku berbuat} ouden {tidak suatupun} alla {melainkan} kathôs{seperti} edidaxen {sudah mengajarkan} me {Aku} ho patêr {Bapa} mou {-Ku} tauta {hal-hal ini} lalô {Aku berbicara}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha. but as HAAV of me taught me. barulah kamu tahu. Yohanes 8:28. walaupun Ia memperingatkan para penentang-Nya akan akibat ketidakpercayaan mereka. Yesaya di sini menegaskan tujuan sesungguhnya dari perikop ini dan bahkan dari seluruh karyanya. "Maka kata Yesus: 'Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia. you will have DA'AS that ANI HU. 'When you perform the HAGBA of the BEN HAADAM. Dalam Injil Yohanes. "Therefore. sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

yang tuli sekalipun ada telinganya!" Ben Asher Morphological Hebrew Text. Dalam Kitab Yesaya. sedang dalam Injil Yohanes Yesus Kristus bersaksi bersama-sama dengan Bapa sehingga Ia tidak memerlukan saksi-saksi lain. "HOTSI {bawalah} AM-IVER {bangsa yang buta} VE'EYNAYIM {dan mata} YESY {mempunyai} VEKHERSYIM {dan tuli} VE'OZNAYIM {dan telinga} LAMO {ada padanya}" Septuaginta. Dalam Kitab Yesaya. Kemungkinan ini hanya menekankan bahwa Yohanes hampir pasti bergantung kepada pemikiran Yesaya dalam mengerti siapakah Yesus Kristus itu. . Ada juga perbedaan pemakaian istilah-istilah dalam Kitab Yesaya dan dalam Injil Yohanes.Yohanes 8:28 ini merujuk kepada Yesaya 52:13-53:12 yang berbicara tentang peninggian Hamba yang menderita sebagai contoh yang diikuti Yohanes dalam memakai kata hupsoô yang berganda. "Biarlah orang membawa tampil bangsa yang buta sekalipun ada matanya. YHVH memanggil para pendengar-Nya untuk bersaksi bahwa kesaksian-Nya adalah benar. saksi tersebut digambarkan sebagai bangsa yang buta dan tuli."kai exêgagon laon tuphlon kai ophthalmoi eisin hôsautôs tuphloi kai kôphoi ta ôta ekhontes" INTERLINEAR : " kai {dan} exêgagon {membawa} laon {bangsa} tuphlon {yang buta} kai {dan} ophthalmoi {mata} eisin {adalah} hôsautôs {demikian juga} tuphloi {yang buta} kai {dan} kôphoi {tuli} ta {yang} ôta {telinga} ekhontes {mempunyai}" 98 . Yesaya 43:8.

Sebaliknya. dalam Injil Yohanes bukan Yesus Kristus. 'dan hamba-Ku yang telah Kupilih. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk. Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. Kita diberitahukan dengan kata-kata singkat yang hampir tidak dapat diterjemahkan bahwa inilah Aku atau Akulah Dia." Ben Asher Morphological Hebrew Text. dan predikat itu harus ditentukan dari konteks. "'Kamu inilah saksi-saksi-Ku. supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti. Inilah seruan yang diucapkan dalam perjumpaan pribadi yang artinya senantiasa bergantung kepada konteks yang bersangkutan. "ATEM {kamu} EDAY {saksi-saksi-Ku} NE'UM-YHVH {firman TUHAN} VE'AVDI {dan hamba-Ku} ASYER {yang} BAKHARTI {telah Kupilih} LEMA'AN {harus} TED'U {mengetahui} VETA'AMINU {dan percaya} LI {kepada-Ku} VETAVINU {dan mengerti} KI-ANI {sebab Aku} HU {Dia} LEFANAY {sebelum Aku} LO-NOTSAR {tidak ada dibentuk} EL {ilah} VE'AKHARAY {dan setelah Aku} LO {tidak} YIHYEH {ada} ANOKI {Aku} ANOKI {Aku} YHVH {TUHAN} VE'AYIN {dan tidak ada} MIBIL'ADEY {selain Aku} MOSYI {juruselamat}" 99 . dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. Dalam Kitab Yesaya. melainkan orang Farisi. Yesaya 43:10-11. maka bukanlah kebetulan bahwa tanda dan perdebatan yang terjadi mengambil tema kebutaan yang juga terdapat dalam Yesaya 42:18-20 (bandingkan dengan Yohanes 9:39-41). sama seperti kata-kata Yunani egô eimi. dalam pidato peradilan pernyataan ini merupakan dukungan terhadap kesaksian yang diberikan.Jika benar Yohanes 8 dilatarbelakangi oleh Yesaya 42-43. tidak ada arti tanpa predikat. bahwa Aku tetap Dia.' demikianlah firman TUHAN. kata-kata Ibrani ANI HU . YHVH menyatakan diri-Nya sebagai Juruselamat Israel yang satu-satunya. yang disebut buta.

Dengan kata lain. kedua ungkapan ini tampaknya identik. di dalam Dialah akan kelihatan keselamatan dari YHVH itu.Septuaginta. egô eimi INTERLINEAR : " dia {oleh} touto {itu} gnôsetai {akan mengenal} ho laos {umat} mou {-Ku} to onoma {nama} mou {-Ku} en {pada} tê hêmera {hari} ekeinê {itu} hoti 100 . dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku". Yesaya 52:6. Yesus Kristus mengutip katakata yang menyebut hak YHVH saja untuk menyelamatkan Israel dan Ia menyebut diri-Nya demikian. ya Aku!" Ben Asher Morphological Hebrew Text. egô eimi INTERLINEAR : {bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} emprosthen {sebelum} mou {Aku} ouk {tidak} egeneto {menjadi} allos {yang lain} theos {Allah} kai {dan} met {selain} eme {Aku} ouk {tidak} estai {ada} egô {Aku} ho theos {Allah} kai {dan} ouk {tidak} estin {ada} parex {di luar} emou {Aku} sôzôn {juruselamat}" Konteks inilah yang menyentuh soal pluralisme. "LAKEN {oleh karena itu} YEDA {akan mengenal} AMI {umat-Ku} SYEMI {namaKu} LAKEN {oleh karena itu} BAYOM {pada hari} HAHU {itu} KI-ANI-HU {sebab AKU-lah DIA} HAMEDABER {yang berbicara} HINENI {lihatlah}" Septuaginta. "Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara. Patut diperhatikan. Akulah Allah. Akulah TUHAN. Pada saat Anak Manusia ditinggikan di atas salib. orang Yahudi akan tahu bahwa ANOKI ANOKI YHWH VE'AYIN MIBIL'ADEY MOSYI. dalam ayat ini dan lebih jelas lagi dalam ayat di bawah ini bahwa frasa ANI HU sejajar dengan frasa ANI YHVH. "Aku. Septuaginta menerjemahkan egô ho theos.

Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri. mereka akan diselamatkan dari kematian yang demikian. dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. engkau menyusahi Aku dengan kesalahanmu. "Engkau tidak membeli tebu wangi bagi-Ku dengan uang atau mengenyangkan Aku dengan lemak korban sembelihanmu. ucapan-ucapan Akulah Dia ini terdapat dalam konteks pengampunan dosa. Aku.{bahwa} egô {AKU} eimi {ADA} autos {Dia} ho {yang} lalôn {berbicara} pareimi {lihatlah}" Jika orang Yahudi yang tidak percaya kepada Akulah Dia itu akan mati dalam dosa-dosanya. Yesaya 43:24-25. Dalam terjemahan ayat-ayat ini dalam Septuaginta ungkapan egô eimi itu terdapat dua kali." Ben Asher Morphological Hebrew Text. Jadi dapat dikatakan. "LO-QANITA {engkau tidak membeli} LI {bagi-Ku} VAKESEF {dengan uang} QANEH {tebu wangi} VEKHELEV {dan lemak} ZVAKHEYKA {korbanmu} LO {tidak} HIRVITANI {memuaskan Aku} AK {tetapi} HE'EVADETANI {melayani Aku} BEKHATOTEYKA {dengan dosa-dosamu} HOGATANI {menyusahkan aku} BA'AVONTEYKA {dengan kesalahanmu} ANOKI {Aku} ANOKI {Aku} HU {Dia} MOKHEH {menghapus} FESYA'EYKA {pemberontakanmu} LEMA'ANI {untuk Aku sendiri} VEKHATOTEYKA {dan dosa-dosamu} LO {tidak} EZKOR {mengingat}" TRANSLITERASI : " oude {tidak} ektêsô {membeli} moi {aku} arguriou {uang} thumiama {ukupan} oude {tidak} to stear {lemak} tôn thusiôn {korban} sou {-mu} epethumêsa {menginginkan} alla {melainkan} en {dalam} tais hamartiais {dosa-dosa} 101 . maka kita dapat menyimpulkan bahwa bila mereka percaya. Hubungan ucapan egô eimi dan masalah dosa memberi kesan bahwa ucapan Akulah Dia dalam Yohanes 8:24 mengacu kepada Yesaya 43:24-25. Tetapi engkau memberati Aku dengan dosamu.

sou {-mu} kai {dan} en {dalam} tais adikiais {kesalahan} sou {-mu} proestên sou egô {AKU} eimi {ADA} egô {AKU} eimi {ADA} ho {yang} exaleiphôn {menghapuskan} tas anomias {pelanggaran} sou {-mu} kai {dan} ou mê {tidak} mnêsthêsomai {mengingat}" Bentuk penyelamatan yang lebih umum tersirat dalam latar belakang kata-kata Yesus Kristus dalam Yohanes 8:24. 46:4. Bila 102 . Tetapi mereka harus percaya kepada Dia. Ucapan Akulah Dia dari kitab Yesaya ini membuat jelas peringatan Yesus Kristus bahwa orang Yahudi akan mati dalam dosa mereka. 43:10. karena Dialah yang menghapus dosa mereka dan tidak mengingat-ingat pelanggaran mereka. maka implikasi-implikasi yang sama dapat dikaitkan dengan ucapan Akulah Dia dalam Yohanes 8:28. Jika ucapan Yesus Kristus Akulah Dia dalam Yohanes 8:24 mengacu pada ayat-ayat dalam Yesaya ini dan juga kepada Yesaya 43:10." Dalam ayat-ayat berikutnya YHVH berseru supaya umat-Nya mengingat Dia (Yesaya 43:26) dan memperingatkan mereka akan hukuman yang didatangkan-Nya atas orang yang berbuat dosa terdahulu. 13. yang membangkitkan Koresy untuk mengalahkan Babel. Sekarang kita mendengar ucapan Yesus Kristus yang sama dalam keadaan yang sejajar. Yang dimaksud penyelamatan yang berhubungan dengan semua perkataan Akulah Dia (Yesaya 41:4. dan yang akan memulihkan kemakmuran Israel. 48:12) yang didalamnya YHVH adalah yang menciptakan segala sesuatu. karena dalam kitab Yesaya ucapan itu terdapat dalam konteks beban dosa yang ditaruh oleh orang Yahudi pada YHVH. yakni YHVH yang menciptakan segala sesuatu melalui firman-Nya adalah yang menyelamatkan manusia melalui kehidupan YHVH yang menjadi manusia tersebut. Jadi kita dapat menafsirkan ucapan itu sebagai "Akulah Dia dan melalui Aku dilaksanakan penyelamatan. Seluruh kuasa-Nya dipusatkan pada penyelamatan terhadap umat-Nya. 25.

bahwa implikasi latar belakangnya mempengaruhi tafsiran Yohanes 13:19 maupun ucapan Akulah Dia yang mengakhiri Yohanes 8. pada saat Yesus Kristus ditinggikan oleh orang Yahudi. "Rebbe. OMEIN. Dalam bagian ini tidak akan dibicarakan pemakaian egô eimi dalam Yohanes 13:19. – "eipen autois ho iêsous amên amên legô humin prin abraam genesthai egô eimi" INTERLINEAR : " eipen {berkata} autois {kepada mereka} ho iêsous {Yesus} amên {Amin} amên {Amin} legô {Aku berkata} humin {kepadamu} prin {sebelum} abraam {Abraham} genesthai {menjadi} egô {AKU} eimi {ADA}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha. akan nyata bahwa Dialah orang yang menghapus pelanggaran dan tidak mengingat-ingat dosa lagi. before Avraham came into being.Yesus Kristus berkata egô eimi Ia menyamakan diri-Nya dengan YHVH yang mengampuni orang berdosa. I say to you. "Bapa leluhurmu yang pertama sudah berdosa" (Yesaya 43:27) dan humeis oun ho heôrakate para tô patri humôn poieite. bahwa Akulah Dia di sini memperoleh maknanya dari pemakaian kata-kata tersebut dalam Yohanes 8:24." 103 . Dengan kata lain. Melech HaMoshiach said to them. 'OMEIN. "kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari Bapamu" (Yohanes 8:38). ANI HU . Tetapi mereka yang tidak percaya akan mati dalam dosa mereka.'" Stephanus Textus Receptus. Yohanes 8:58. hoi pateres humôn prôtoi. Ada persesuaian antara kata-kata AVIKHA HARISYON KHATA. 28. sesungguhnya sebelum Abraham jadi. "Kata Yesus kepada mereka: 'Aku berkata kepadamu. Tetapi jelas bahwa frasa percaya. Interaksi antara segala ucapan Akulah Dia dalam Injil Yohanes mengisyaratkan. Aku telah ada .

namun Ia menyamakan diri-Nya dengan YHVH. Masalah jati diri Yesus Kristus juga menimbulkan pertanyaan dalam Yohanes 8:57 yang langsung memicu jawaban egô eimi ini. Karena itu ucapan tersebut dapat digolongkan kepada kategori "memberi sifat". melainkan sebagai perkembangan khusus dari acuanacuan yang berkaitan dengan ucapan-ucapan lain dalam Yohanes 8. Ini diperkuat oleh kenyataan bahwa orang Yahudi ingin melempari Dia. mengingatkan kita akan kontras yang serupa dalam pendahuluan Injil Yohanes. Karena itu ucapan egô eimi ini langsung menyangkut sifat hakiki-Nya selaku YHVH. Memang Yesus Kristus tidak secara langsung menyebut diri-Nya sebagai orang yang dinantikan itu. melainkan juga keberadaan itu tetap berlaku. "Dengan siapakah engkau samakan diri-Mu?" (Yohanes 8:53). Kontras antara genethai dan eimi dalam ucapan ini. Dengan demikian. kata kerja eimi lebih ditekankan daripada kata ganti egô. sehingga tidak termasuk kategori "pernyataan". Kontras ini berarti. Yesus Kristus mengucapkan egô eimi bukan hanya untuk menyatakan bahwa Ia telah ada sebelum Abraham. Ketika mereka hendak melempari Dia lagi mereka menyebut alasannya yaitu "karena engkau sekalipun hanya seorang manusia saja. Ucapan ini merupakan klimaks pembicaraan tentang jati diri Yesus Kristus dan merupakan jawaban atas pertanyaan "Adakah engkau lebih besar daripada bapa kita Abraham yang telah mati!". Mungkin ucapan egô eimi dalam Yohanes 8:58 sebaiknya tidak dianggap sebagai acuan langsung kepada salah satu ucapan dalam kitab Yesaya. menyamakan diri-Mu dengan Allah" (Yohanes 10:33). dalam Yohanes 8:58.LAI menerjemahkan egô eimi dalam ayat ini sebagai Aku telah ada. yakni Ia sudah ada sebelum menjadi manusia dan tidak seperti Abraham. Kita dapat menelusuri hubungan-hubungan lain yang ada antara Yesaya 42-43 dan ucapan egô 104 . Dapat dikatakan bahwa kata-kata ini menerangkan orang yang bagaimana Yesus Kristus itu. Ucapan egô eimi juga merupakan tanggapan terhadap pertanyaan.

sehingga ketiganya harus mengikuti bentuk yang dipakai dalam Yohanes 8:58 dan bukan bentuk kedua ayat lainnya yang sering diterjemahkan dengan cara yang bermakna ganda. 28 dan 58 bersifat "mutlak" -. Dalam kitab Yesaya. Orang-orang Yahudi dapat memahami makna perkataan-Nya. Struktur Yohanes 8 tampaknya menunjukkan bahwa kita musti menyadari adanya interaksi antara segala frasa egô eimi dalam perdebatan dengan orang Yahudi ini. menjadi terdapat dalam ayat yang sama dengan egô eimi. kata kerja ginomai. frasa egô eimi dalam ayat terakhir ini memaksa pembaca memahami kata-kata Yesus Kristus sebagai penyataan bahwa Ia adalah YHVH. Targum Yesaya juga menyebutkan Abraham dalam konteks ini. Ia bukan hanya memakai katakata YHWH.mereka mengambil batu untuk melempari Dia -. Kata egô eimi adalah pengucapan nama YHVH dan istilah itu dipakai secara konsisten.eimi yang terakhir dalam Yohanes 8 ini. Pembaca yang memahami Yohanes 8:24 dan 28 sebagai acuan kepada penyataan YHVH yang bersifat eksklusif akan menyadari bahwa ucapan Yesus Kristus tersebut memang demikian maksudnya. Reaksi orang Yahudi -.tidak mempunyai predikat --. sehingga hubungan antara keduanya tidak meyakinkan. tetapi mereka tidak mau mengakui kesaksianNya benar. Jelaslah. Dengan memakai kata-kata yang sama -. Ketiga pemakaian egô eimi dalam Yohanes 8:24. Yesus Kristus menyatakan bahwa Ia sudah ada sebelum Abraham ada. Dalam terjemaian Septuaginta dari Yesaya 43:10. Ada empat implikasi dari latar belakang ucapan egô eimi dalam kitab Yesaya menyangkut pluralisme agama sedangkan ucapan-ucapan egô eimi dalam Injil 105 .egô eimi --. Karena itu mereka hendak melempari Yesus Kristus. melainkan menyamakan diri-Nya dengan YHVH.menguatkan pendapat bahwa Yesus Kristus menyamakan diri-Nya dengan YHVH pada saat Ia mengucapkan egô eimi pada bagian sebelumnya dalam Yohanes 8. kedua kata kerja itu tidak dikontraskan. Sebenarnya ini nyata juga dari bentuk ucapan terakhir ini yang berbeda sedikit dari bentuk ucapan egô eimi lainnya dalam Yohanes 8.

Jika ada orang lain yang mengungkapkan katakata ini." Yang menarik. Yesaya di sini memakai sepatah kata saya (ANI) untuk menyatakan Aku ada. Perkataan ini senantiasa diucapkan oleh YHWH saja dan dikaitkan erat dengan ungkapan lain yang dipakai oleh YHVH untuk menyatakan diri-Nya. Salah satu contoh untuk ini terdapat dalam ayat di bawah ini yaitu mengutip kesombongan Babel. Frasa ANI HU dalam Yesaya senantiasa diucapkan oleh YHWH. Yesaya 43:7. sekali-kali tiada aku akan duduk janda atau mengetahui ketiadaan anak. kita bandingkan dengan Terjemahan Lama. Jelaslah ia memperhadapkan pernyataan Babel itu denganANI 106 . Ada pula enam ciri khas penggunaan ANI HU dalam Yesaya dan kita akan memusatkan perhatian pada empat dari keenam ciri tersebut untuk memperlihatkan kesejajaran ciri-ciri itu dengan frasa egô eimi dalam Injil Yohanes. "Maka sekarang dengarlah ini. maka seorangpun tiada yang lebih daripada-Ku. "Oleh sebab itu. mencoba menyamakan dirinya dengan YHVH. dengarlah ini. hai orang yang hidup bermanja-manja. Pertama. khususnya dengan frasa ANI YHVH. maka ia menyombongkan dirinya. atau menggantikan-Nya. Lembaga Alkitab membuang kata-kata Aku ada sebelum ungkapan "Tiada yang lain di sampingku!".Yohanes sangat relevan bagi masalah inkarnasi YHVH. hai engkau yang berlezat! yang duduk dengan sentosa serta berkata dalam hatimu begini: Aku yang demikian ini. Pernyataan ini hanya dapat diucapkan oleh YHVH sendiri. yang dudukduduk dengan tenang. perkataan ANI HU adalah ucapan khas YHVH. yang berkata dalam hatimu: '(ANI) Tiada yang lain di sampingku! Aku tidak akan jadi janda dan tidak akan menjadi punah!" Entah kenapa.

yang terdahulu.. Semua ini menunjukkan bahwa Yesaya memakai frase ANI HU sebagai bentuk singkat dari ungkapan lain. namun ia tidak membiarkan seorang pun kecuali YHVH memakai frase tersebut. dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. "'Kamu inilah saksi-saksi-Ku. ANI HU ( Aku tetap Dia) diikuti dengan frasa ANOKI EL ( Akulah Allah) dalam ayat 9.' demikianlah firman TUHAN. TUHAN. bahwa Aku tetap Dia. Akulah TUHAN Allahmu dan dalam Yesaya 46:4.HUyang diucapkan YHVH. Dalam Yesaya 48:12. misalnya Yesaya 41:4. Dengan frase singkat itu ia meringkaskan segala sesuatu yang terkandung dalam ungkapan yang lebih panjang." – "MI-FA'AL VE'ASAH QORE HADOROT MEROSY ANI YHVH RISYON VE'ETAKHARONIM ANI HU' Yesaya 43:10. Aku. frase ini ANOKI ANOKI HU (Akulah. frase ANI HU (Akulah Dia) kadang-kadang muncul dalam bentuk ANI YHWH (Akulah TUHAN) atau KI-ANI HU (Aku tetap Dia). frasa ini terdapat dalam kalimat yang hampir sama dengan kalimat dalam Yesaya 41:4 yang memakai kedua frase ANI YHVH dan ANI HU. supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti. "Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan. 13. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk. khususnya dari Akulah YHVH. Akulah yang .'" 107 . Kutipan dari ayat-ayat di atas: Yesaya 41:4. Dalam Yesaya 51:12. ) muncul dalam konteks yang sama dengan frase ANOKI YHVH ELOHEYKA. dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga. 43:10. Kita perhatikan. 'dan hamba-Ku yang telah Kupilih..

" Yesaya 48:12. "Sampai masa tuamu Aku (ANI) tetap Dia (HU) dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. "Juga seterusnya Aku (ANI) tetap Dia (HU). Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus. dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama (ANI-HU). hai Yakub.. Yesus Kristus menyebut diri-Nya sendiri dengan suatu ungkapan dalam Kitab Yesaya yang hanya digunakan untuk Allah sendiri. siapakah yang dapat mencegahnya?" Yesaya 46:4. Memang frase egô eimi tidak hanya dipakai oleh Yesus Kristus saja dalam Injil Yohanes. Akulah yang terdahulu. Aku melakukannya." – "ANOKI ANOKI HU MENAKHEMKEM MI-AT VATIR'I ME'ENOSY YAMUT UMIBEN-ADAM KHATSIR YINATEN" Sangat mengesankan. Namun cara Yesus Kristus memakai ungkapan itu begitu erat menyamakan diri-Nya 108 . Akulah yang menghibur kamu. dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku."ATEM EDAY NE'UM-YHWH VE'AVDI ASYER BAKHARTI LEMA'AN TED'U VETA'AMINU LI VETAVINU KI-ANI HU LEFANAY LO-NOTSAR EL VE'AKHARAY LO YIHYEH" Yesaya 43:13. Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu. "Akulah. "Dengarkanlah Aku. Siapakah engkau maka engkau takut terhadap manusia yang memang akan mati. terhadap anak manusia yang dibuang seperti rumput. Akulah juga yang terkemudian!" Yesaya 51:12.

Dari segi kristologi Yohanes. Perkataan prin abraam genesthai egô eimi dalam Yohanes 8:58 yang membuat orang Yahudi marah sekali masih sangat dibenci oleh orang Yahudi dan orang Islam masa kini. melainkan sebaliknya: Firman yang pada mulanya bersama-sama dengan YHVH. bukan karena apa yang YHVH lakukan melalui Dia sebagai manusia.dengan karya penyelamatan YHWH. menjadi daging. setidak-tidaknya 109 . Karena dalam Injil Yohanes. melainkan karena Ia sendiri adalah YHVH. dan adalah YHVH telah menjadi manusia ( sarx egeneto. Demikianlah penilaian orang Yahudi terhadap ucapan Yesus Kristus. maka setidak-tidaknya itu berarti bahwa jemaat penganut ajaran Yohanes memandang kata-kata itu bukan hanya sebagai pengakuan mereka saja. Yesus Kristus adalah unik. maka orang itu menyombongkan diri secara keterlaluan. melainkan sebagai kebenaran mengenai jati diri Yesus Kristus. Reaksi ini menegaskan kepada pembaca bahwa orang Yahudi itu memahami kata-kata dalam Yohanes 8:58 dengan cara yang sama. sehingga mereka hendak melempari Dia dengan batu. karena kata-kata itu menyamakan hakikat Yesus Kristus dengan hakikat YHVH. Mereka menolak keras pandangan bahwa YHVH menjadi manusia. Yohanes 8:58 berbicara tentang kodrat ilahi Yesus Kristus yang ada sebelum Abraham ada. Tetapi dari aspek Injil Yohanes. sehingga egô eimi itu searti dengan ucapan "Aku dan Bapa adalah satu" (Yohanes 10:30). Karena itu jika ada orang yang mengutip frase tersebut dalam konteks seperti itu dan menyebut dirinya demikian. Orang Yahudi memahami bahwa dengan berkata demikian Yesus Kristus menyamakan diri-Nya dengan YHVH (Yohanes 10:33). Yohanes 1:14). bukanlah Yesus Kristus yang menyamakan diri-Nya dengan YHVH. seseorang yang menyamakan diri dengan YHVH dianggap menghujat YHVH. bahkan menyiratkan Dia adalah YHVH sendiri. kata-kata tersebut diucapkan oleh Yesus Kristus. Dalam kitab Yesaya frase ANI HU diucapkan YHVH untuk menyatakan hakNya yang eksklusif atas umat-Nya.

melainkan sungguh-sungguh makna Yesus Kristus sendiri. atau gagasan. dan diam di antara kita. "Firman itu telah menjadi manusia. Seandainya Anak tidak datang dan diam di antara manusia. atau kiasan yang tidak diterapkan secara harfiah kepada sesuatu tetapi yang mengundang sikap tertentu dari para pendengar. maka Bapa tidak akan dinyatakan. dan kita telah melihat kemuliaan-Nya. Gelar ini merupakan suatu gagasan mitologis yang dikenakan kepada Yesus Kristus. tetapi juga mengabaikan bahwa jemaat penganut Yohanes meyakini hakikat Yesus Kristus sama dengan YHVH."kai ho logos sarx egeneto kai eskênôsen en hêmin kai etheasametha tên doxan autou doxan hôs monogenous para patros plêrês kharitos kai alêtheias" 110 . Beberapa ahli berpendapat bahwa kata-kata ini hanya mencerminkan pengakuan iman jemaat Kristen mula-mula. Yohanes 1:14. Mitos adalah cerita yang tidak benar secara harfiah. Secara harfiah tidak benar bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah yang menjadi manusia karena kata-kata itu tidak mempunyai arti harfiah. Acuan kepada ANI HU dalam Kitab Yesaya menyangkut penyamaan diri Yesus Kristus dengan perkataan. Ini adalah pendapat beberapa ahli tersebut di atas.Yesus Kristus menyatakan bahwa Dia adalah sama dengan YHVH itu sendiri. fungsinya sama dengan kedudukan seorang raja yang dianggap sebagai anak dewa di dunia kuno. inkarnasi bukanlah mitos dan tidak hanya menyatakan apa yang mereka lihat tentang YHVH dalam diri Yesus Kristus." Stephanus Textus Receptus. yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa. . Firman menjadi manusia bukan hanya suatu tafsiran tentang makna Yesus Kristus. Pendapat ini tidak hanya menyangkal kebenaran kata-kata itu sebagai kesaksian tentang Yesus Kristus. karya. dan hakikat YHVH. penuh kasih karunia dan kebenaran. Bagi penulis Injil Yohanes.

it is he. Penyamaan Yesus 111 . It is ELOHIM the BEN YACHID. the one being in the KHEYK of HAAV."theon oudeis heôraken pôpote ho monogenês huios ho ôn eis ton kolpon tou patros ekeinos exêgêsato" INTERLINEAR :" "theon {Allah} oudeis {tidak seorang pun} heôraken {sudah melihat} pôpote {pada waktu apa saja} ho {yang} monogenês {satu-satunya} huios {Ben} ho {yang} ôn {ada} eis {di} ton kolpon {pangkuan} tou patros {Bapa} ekeinos {Dia} exêgêsato {telah menyatakan}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha. and we gazed upon his KAVOD. this one is HASHEM'S definitive DERUSH. "And the DVAR HASHEM took on GUFANIYUT and made his MISHKAN among us. Dialah yang menyatakan-Nya. melainkan karena Ia adalah Firman yang ada pada mulanya ada bersama-sama dengan YHVH. "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah. "No one has ever seen HASHEM. tetapi Anak Tunggal Allah. Singkatnya. full of HASHEM'S CHESED and EMES. . yang ada di pangkuan Bapa." Bagi Yohanes. Anak itu dapat menyatakan Bapa bukan hanya karena Ia ada dalam pangkuan Bapa." Stephanus Textus Receptus. the SHECHINAH of the BEN YACHID from ELOHIM HAAV. Ia adalah YHVH." Yohanes 1:18.INTERLINEAR : " kai {dan} ho logos {Firman} sarx {daging} egeneto {menjadi} kai {dan} eskênôsen {tinggal} en {di antara} hêmin {kita} kai {dan} etheasametha {kita melihat} tên doxan {kemuliaan} autou {-Nya} doxan {kemuliaan} hôs {seperti} monogenous {satu-satunya} para {dari} patros {Bapa} plêrês {penuh} kharitos {kasih karunia} kai {dan} alêtheias {kebenaran}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha.

Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada." Stephanus Textus Receptus. . Penyamaan ini merupakan dasar kristologi Yohanes. "maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan AnakNya." Filipi 2:6. Bahkan pengecualiaan ini juga tidak benar seluruhnya mengingat apa yang dikatakan dalam ayat-ayat berikut ini: Ibrani 1:2. merupakan dasar bagi pemakaian ucapan egô eimi yang dikemukakan di atas. Pendapat ini keliru jika kita bandingkan dengan Yohanes 1:1 dan 1:14 kecuali bila yang dimaksudkan ialah bahwa inkarnasi tidak diungkapkan dalam Alkitab sebagai rumusan pengakuan Gereja. Ada yang mengatakan bahwa inkarnasi tidak langsung dinyatakan dalam Alkitab."ep eskhatôn tôn hêmerôn toutôn elalêsen hêmin en huiô hon ethêken klêronomon pantôn di hou kai tous aiônas epoiêsen" INTERLINEAR : " ep {pada} eskhatôn {terakhir} tôn hêmerôn {hari-hari} toutôn {ini} elalêsen {telah berbicara} hêmin {kepada kita} en {dalam} huiô {Anak} hon {yang} ethêken {Dia telah menetapkan} klêronomon {ahli waris} pantôn {segala sesuatu} di {oleh} hou {Dia} kai {dan} tous aiônas {dunia} epoiêsen {Dia menjadikan}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha. 112 . YORESH KOL. whom He appointed BECHOR of the BECHORAH.Kristus dengan YHVH secara hakiki (ontologis). through whom also HASHEM BARAH ES HASHOMAYIM V'ES HAARETZ. "At the KETZ HAYAMIM HASHEM spoke to us by HABEN.

did not regard being equal with G-d as a thing to be seized. "who.juga tidak menegaskan ajaran tentang inkarnasi yang diterima pada abadabad kemudian. dan Yesus Kristus menerima pengakuan itu (Yohanes 20:28). Mereka menghubungkan historisitas Injil Yohanes dengan keabsahannya sebagai dasar ajaran Kristen. ini berarti implikasiimplikasi Injil Yohanes bagi ajaran Kristen mungkin berbeda sekarang dengan apa yang dipahami oleh jemaat Kristen mula-mula. dalam bagian akhir Injil Yohanes. tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Mengingat Yohanes mengemukakan suatu kristologis ontologis -menyangkut hakekat Kristus -. Yang membuat mereka berpendapat demikian adalah kedua pernyataan Yesus Kristus: Ia satu dengan Bapa dan Dia ada sebelum Abraham. Ada yang memahami Injil Yohanes "dengan cara yang tidak historis belaka".yang paling mendekati ajaran ini -." Ada pula yang mengatakan bahwa injil yang keempat -. Thomas mengaku Yesus Kristus sebagai ho kurios mou kai ho theos mou. Dengan demikian secara tidak langsung mengakui bahwa otoritas ajaran Kristen berhubungan erat dengan historisitas." Stephanus Textus Receptus."yang walaupun dalam rupa Allah.mungkin mereka mengusulkan agar Injil Yohanes jangan dipandang sebagai catatan historis atas dasar kepercayaan sendiri bahwa Yesus Kristus bukanlah Anak Allah. 113 . Bagi mereka. ADONI AND ELOHAI "Ya Tuhanku dan Allahku"."hos en morphê theou huparkhôn oukh harpagmon hêgêsato to einai isa theô" INTERLINEAR : " hos {yang} en {adalah} morphê {rupa} theou {Allah} huparkhôn {menjadi} oukh {tidak} harpagmon {merampas} hêgêsato {menganggap} to einai {adalah} isa {sama dengan} theô {Allah}" The Orthodox Jewish Brit Chadasha. . Sebaliknya. though existing in the DEMUT of the mode of being of ELOHIM. apalagi sebagai YHVH.

Jika kita telaah lebih lanjut Yesaya 41:4 yang telah dua kali dikutip di atas. Ia akan tetap sebagai Allah ketika generasi manusia yang terakhir berakhir. ucapan-ucapan egô eimi dalam Injil Yohanes sengaja mengacu kepada ucapan-ucapan yang serupa dalam Kitab Yesaya. Di atas telah dikemukakan bahwa pertama. pernyataan demikian itu tidak terbayangkan. bukan hanya bersifat fungsional. Dengan ucapan-ucapan egô eimi Yesus Kristus mengungkapkan sesuatu yang hanya boleh diungkapkan oleh YHVH. dan Ia juga adalah Yang Awal.Ini menandakan bahwa mereka memahami implikasi kristologi Yohanes. tetapi juga mengambil alih suatu frase.21-22. perkataan egô eimi atau ANI HU senantiasa diucapkan oleh YHWH saja dan dikaitkan erat dengan ungkapan lain yang dipakai oleh YHVH untuk menyatakan diri-Nya. melainkan justru membuktikan kesamaan hakekat Yesus Kristus dan hakekat YHVH. hal itu belum pernah dinyatakan begitu jelas 114 . yang menyisihkan ilah-ilah lain. Hanya YHVH saja yang tidak mempunyai silsilah (Yesaya 43:10). frase ANI HU mempunyai makna bahwa hanya YHVH saja Allah. sejak awal sejarah YHVH berkarya. 46:9). Kedua. Seperti yang dikemukakan di atas. Bahkan dalam sejarah agama Israel. Penegasan tentang monotheisme yang menyisihkan ilah-ilah lain merupakan tema besar Yesaya yang diungkapkan dengan berbagai cara.18. Ini didukung oleh kenyataan bahwa ucapan-ucapan Yesus Kristus dalam Injil Yohanes sering mengambil bentuk yang mengingatkan ucapan-ucapan YHVH dalam kitab Yesaya. Dalam agama politheis. Perlu diperhatikan. Secara eksplisit Yesaya menegaskan. 45:5. YHVH adalah juga Yang Akhir. Kata-kata Yesus Kristus bukan penyombongkan diri. Yesus Kristus bukan hanya disamakan dengan YHVH.6. Agama Babel dan agama-agama lain dari Timur Tengah tidak mempunyai pernyataan seperti itu. tidak ada ilah kecuali YHVH (Yesaya 44:6. yang bersifat hakiki (ontologis). kontras dengan ilah-ilah yang disembah bangsa-bangsa lain.8. Ia tidak diturunkan dari ilah-ilah lain sebagaimana ilah-ilah Babel merupakan keturunan dari ilah-ilah sebelumnya.

tidak ada orang lain yang dapat memakai gelar-gelar itu. tetapi Dia adalah pintu dan barangsiapa yang masuk melalui Dia akan selamat (Yohanes 10:8-9). Namun mereka menganggap Injil Yohanes ditulis di Efesus menjelang akhir abad pertama. ucapan-ucapan egô eimi dalam Injil Yohanes menyatakan bahwa Allah adalah Yang satu-satunya. Perkataan "kamu akan mati dalam dosamu" (Yohanes 8:24) menunjukkan hanya Yesus Kristus yang dapat mengampuni dosa dan pengampunan itu terjadi hanya melalui kepercayaan kepada Dia yang adalah YHVH. Ia memakai gagasan dari Perjanjian Lama ketika Ia menyatakan diri-Nya sebagai Gembala Yang Baik dan Pokok Anggur yang Benar. Seperti yang diperlihatkan dari perikop-perikop lain. huru-hara di Efesus terjadi karena mereka yang berpaling kepada Kristus tidak menyembah lagi ilah-ilah seperti Artemis. tetap saja tidak ada tempat dalam kerajaan Roma. Seandainya Injil Yohanes tidak ditulis di Efesus.seperti dalam Kitab Yesaya. Menurut Kisah Para Rasul 19. Ada yang menolak teologi seperti ini dengan alasan bahwa agama Kristen pada masa kini harus berhadapan dengan agamaagama lain. Sama seperti ucapan-ucapan ANI HU dalam kitab Yesaya. bukankah hanya YHVH yang dapat mengampuni dosa? Bahasa seperti itu dan khususnya dalam rumusannya menurut Pengakuan Iman Nicea. Yesus Kristus mengatakan. ANI HU dipakai oleh Yesaya khusus untuk menyatakan keyakinan bahwa YHVH-lah Allah satu-satunya. berarti Allah dapat dikenal dan ditanggapi hanya melalui Yesus Kristus dan dengan demikian segala hidup keagamaan di luar kepercayaan Yahudi-Kristen berada di luar lingkungan penyelamatan oleh Allah. 115 . Dialah jalan satu-satunya bagi mereka yang mau datang kepada Bapa (Yohanes 14:6). Semua orang yang datang sebelum Dia adalah pencuri dan perampok. Ini tampak dari pernyataan Yesus Kristus dalam ucapan-ucapan egô eimi yang diikuti dengan predikat.

Yohanes tidak memandang Yesus Kristus sebagai semacam ilah yang mengambil-alih kedudukan ilah-ilah lain di Efesus dan Asia Kecil. Yesaya menggambarkan YHVH menyebut diri-Nya sebagai ANI HU . kecuali mungkin di Palestina. sebab raja Babel telah menghancurkan Bait YHVH di Yerusalem. Yohanes menggambarkan Kristus sebagai seorang yang menyebut diri-Nya sendiri dengan kata-kata yang hanya dipakai untuk YHVH. lalu membawa banyak orang Israel ke pembuangan. Bagi Yesaya. Aku tetap Dia. bukan ilah-ilah bangsa-bangsa lain. juga menggambarkan YHVH sebagai Tuhan atas sejarah. 46:5-13. justru sebaliknya. kepercayaan kepada Allah sebagai YHVH atas sejarah berkaitan dengan pernyataan bahwa hanya Dia saja Allah. Frasa ANI HU di samping diucapkan oleh YHVH saja dan menyatakan bahwa hanya YHVH saja sebagai Allah. Dalam konteks yang memerlukan pemulihan iman ini. maka Injil Yohanes ditujukan kepada Gereja yang sudah biasa berhadapan dengan agama-agama lain dalam situasi yang hampir sama dengan masa kini.di mana Gereja Kristen mula-mula dapat memisahkan diri dari agama-agama lain. banyak orang menganggap YHVH tidak berdaya. Keyakinan akan kuasa YHVH atas sejarah ini dinyatakan secara khusus dalam keyakinan sang nabi bahwa YHVH akan segera menebus Israel dan memulangkan mereka pulang ke tanah air mereka. Ia meyakinkan mereka bahwa YHVH akan segera membawa mereka kembali ke negeri mereka. padahal logos merupakan istilah yang langsung menyatakan kesamaan hakekat Yesus Kristus dengan YHVH. yaitu YHVH saja Allah satu-satunya. Jika ini benar. Salah satu tugas Yesaya adalah menguatkan iman orang-orang buangan di Babel. mereka yang membantah hal ini justru memakai istilah logos untuk Kristus yang diciptakan oleh imajinasi mereka. 116 . Gagasan-gagasan ini terjadi dalam beberapa perikop misalnya Yesaya 44:6-8. Ia sadar. karena itu merupakan seruan untuk percaya kepada Dia sebagai penebus Israel. Yang ironis. yaitu Injil Yohanes ditulis di Efesus.

Yesus Kristus sendiri yang menghapus dosa. Secara sama mereka ini menyatakan bahwa pertemuan dengan Yesus Kristus senantiasa dapat menjadi titik balik dalam kehidupan seseorang. dalam Injil Yohanes. Dengan cara memakai egô eimi ini. Yohanes 1:23). Yohanes 4:26) dengan sengaja mengacu kepada saat ketika YHVH akan menebus Yerusalem dan secara tidak langsung menyamakan Yesus Kristus dengan penebusan itu. dan juga tidak membicarakan masalah salib Kristus dalam teologi mereka. ucapan ini. Menurut konteksnya dalam kitab Yesaya. sebab hanya Dia yang bersatu dengan Bapa. sama seperti ucapan ANI HU. dan disalibkan. Ada yang mengemukakan bahwa kita tidak perlu lagi memandang Yesus Kristus sebagai inkarnasi YHVH. suatu krisis 117 . mereka akan sadar. Bagaimana pun juga. egô eimi ho lalôn soi ("Akulah Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau". Yohanes 13:19) dalam peristiwa-peristiwa sesudah Yesus Kristus dikhianati oleh Yudas Iskariot. jalan itu dipersiapkan bagi Yesus Kristus.Seperti yang dikemukakan di atas. Akan tetapi. Manakala para pengikut dan penentang Yesus Kristus melihat bagaimana Ia dikhianati. sama seperti dalam Yesaya telah digenapi dalam sebuah peristiwa sejarah. justru inkarnasi serta salib itulah yang membuat agama Kristen unik. Penyamaan diri Yesus Kristus dengan YHVH dalam penyaliban dan pengkhianatan merupakan masalah bagi para penganut pluralisme agama. Dialah YHVH itu. menderita. dengan menyebut diri-Nya dengan kata-kata YHVH. Yohanes juga ingin membuat para pembacanya percaya. berbicara mengenai persiapan bagi kedatangan YHVH. ucapan-ucapan egô eimi dalam Injil Yohanes. Murid-murid Yesus Kristus akan percaya hoti egô eimi ("bahwa Akulah Dia". Murid-murid-Nya menyadari. Padahal. euthunate tên hodon kuriou (Luruskanlah jalan Tuhan! . Menarik juga Yohanes Pembaptis menyebutkan tugasnya sebagai penggenapan kata-kata Alkitab. ucapan Yesus Kristus.

Dari salib Ia berseru. yaitu dengan menyerahkan nyawa-Nya sendiri bagi mereka. ketidakadilan. Yohanes 19:30).melainkan juga tentang suatu peristiwa historis yang dapat menyelamatkan orang Yahudi sehingga mereka tidak mati dalam dosa mereka. Ada pula yang juga menganut suatu teologi tanpa inkarnasi mencoba mengartikan salib dengan mengakui perlunya salib untuk mengalahkan kejahatan. Yunani: tetelestai (Sudah selesai. salib merupakan puncak kehidupan Yesus Kristus. penderitaan. YHVH secara menentukan memungkinkan penyelamatan manusia. YHVH terlibat dalam realitas keberadaan manusia. di dalam Yesus Kristus. Dalam peristiwa ini Yesus Kristus sebagai gembala benar-benar mempertaruhkan diri dalam menjaga domba-domba-Nya. Dalam Injil Yohanes. kekejaman. Dengan demikian mereka menyingkirkan keyakinan agama Kristen bahwa dalam Yesus Kristus. dan kematian yang biasa untuk keberadaan tersebut. dan dosa melalui meditasi terhadap cerita tentang YHVH yang tersalib. atau apa yang dihukum dalam pertemuan ini. Mereka menciptakan suatu tokoh Yesus Kristus yang dapat diterima oleh segala agama. Tetapi mereka yang berpikiran demikian tidak menjelaskan.penyelamatan atau penghukuman. Mereka mengusulkan agar inkarnasi dianggap sebagai mitos. Tampaknya pertemuan tersebut tidak terjadi sebagai bagian dari karya penebusan yang menentukan. dengan mengalami kompromi. penderitaan. orang tersebut diselamatkan dari apa. pencobaan. seperti dalam teologi Kristen orthodoks. NISYLAM. Mereka ini pula menyimpulkan bahwa Yesus Kristus hendaknya dilihat sebagai panutan orang percaya. penyakit. Namun penyamaan hakekat Yesus Kristus dengan hakekat YHVH yang dinyatakan dalam ucapan-ucapan egô eimi tidak hanya berbicara tentang empati YHVH dengan manusia dalam penderitaannya. dan dengan demikian mereka justru menciptakan suatu mitos yang tidak didasarkan pada bukti historis mengenai Yesus Kristus dari Nazaret dan yang tidak berpengaruh bagi sejarah. Ucapan-ucapan egô eimi menghubungkan penyamaan diri Yesus Kristus dengan YHVH dalam kitab Yesaya dengan peninggian-Nya di atas salib (Yohanes 118 .

Yesaya mengaitkan fraseANI HU dengan kepercayaan kepada YHVH Pencipta. Ia tidak hanya menyamakan diri dengan YHVH Israel yang esa dan sejati. Bagi Yesaya. Ketika Yesus Kristus berkata. Memang ucapan-ucapan egô eimi tidak berbicara langsung tentang peranan Yesus Kristus sebagai pencipta. Nubuat-nubuat itu menggambarkan saat. Orang Yahudi akan diselamatkan dari kematian karena dosa-dosa mereka bila mereka percaya bahwa Yesus Kristus adalah YHVH itu sendiri (Yohanes 8:24). tetapi juga menyatakan bahwa hari penyelamatan itu sedang digenapi dalam Dia. percaya akan YHVH sebagai penebus Israel berkaitan erat dengan percaya kepada Dia sebagai pencipta dunia. Yohanes menyatakan bahwa Yesus 119 . Penyamaan hakekat Yesus Kristus dengan hakekat YHVH kelihatan paling jelas ketika Ia berkata dalam Yohanes 8:28 bahwa Ia telah ada sebelum dunia diciptakan. namun mungkin saja gagasan ini tersirat dalam latar belakang frase ini menurut Kitab Yesaya. Sebagai rangkuman.8:28). Dengan demikian ia menunjukkan bahwa selain maknanya yang lain. Ada yang menyatakan bahwa gambaran Yohanes tentang Yesus Kristus bukanlah demikian. dapat dikatakan. ketika YHVH sendiri akan menebus umat-Nya dan membawa mereka pulang ke negeri mereka sendiri. Yesus Kristus mengatakan bahwa nubuat-nubuat itu digenapi dalam diri-Nya sendiri. frase tentang penyataan diri YHVH itu juga menggambarkan YHVH sebagai pencipta dunia. Jika ucapan-ucapan egô eimi Yesus Kristus memang sengaja mengacu kepada nubuat-nubuat dalam Yesaya 42-43. Ilah-ilah Babel tidak dapat berbuat demikian. YHVH saja yang dapat berbuat demikian. Dalam kata-kata ayat inilah Yesus Kristus terutama menyamakan diri-Nya sendiri dengan logos dalam pendahuluan Injil Yohanes. maka dapat dikatakan pula. melalui frase egô eimi Yohanes memperlihatkan Yesus Kristus sebagai penggenapan nubuat-nubuat Yesaya. egô eimi seperti yang terdapat dalam kitab Yesaya. karena Dialah Pencipta dan juga YHVH atas sejarah. Oleh logos Bapa menjadikan dunia. Menurut pandangan ini.

sekalipun mungkin saja mereka juga akan dikucilkan. melainkan Yesus Kristus sendiri yang menyamakan diri-Nya dengan YHVH. mereka justru mengecam gereja dan menganggapnya telalu sombong karena menyamakan Yesus Kristus dengan YHVH yang satu-satunya itu. selama ada pengikut-pengikut Tuhan Yesus Kristus dalam dunia. baru kemudian Dia disembah sebagai YHVH. bukan sebaliknya. para penganut pluralisme agama tidak ingin mengecam Yesus Kristus "historis" yang menyebut diri-Nya seperti itu. Selingan : 120 . Dengan demikian. masih menjadi batu sandungan bagi para penganut pluralisme agama yang membaca Injil Yohanes pada saat ini. sekali lagi Yesus Kristus yang dilukiskan dalam Injil Yohanes itu harus "menghilang dan meninggalkan Bait YHVH" (Yohanes 8:59). Yesus Kristus yang digambarkan Yohanes akan terus menjawab kebutuhan mereka yang buta sejak lahir. bahkan menganjurkan agar Injil Yohanes tidak dipakai lagi untuk berbicara tentang ajaran Kristen. Menurut mereka. Sekalipun demikian. Bedanya. yang tidak memuat catatan historis tentang kata-kata Yesus Kristus. Jelaslah kata-kata yang merupakan batu sandungan untuk para pendengar Yesus Kristus. Ungkapan ini pula yang menyebabkan mereka menganjurkan agar Injil Yohanes tidak dianggap bersifat sejarah. pastilah Ia tetap menjadi terang dunia (Yohanes 9:5).Kristus terlebih dahulu menyatakan diri-Nya sama dengan YHVH. Pada masa kini. implikasi-implikasi kristologi Yohanes jelas bertentangan dengan ajarannya sendiri. Injil Yohanes hendaknya dipandang sebagai tulisan orang Kristen kemudian hari. agama Kristen tidak lagi akan menafsirkan inkarnasi secara harfiah. Yohanes tidak mengatakan bahwa Yesus Kristus hanya diakui atau disembah sama dengan YHVH. Justru ungkapan inilah yang menimbulkan pertentangan antara mereka sendiri. Sebab menurut mereka. mereka berharap. sebab sudah diputuskan bahwa mereka yang mengaku Yesus sebagai YHVH dan Kristus dikucilkan (Yohanes 9:22).

―Yeshua is Lord. nama ini tidak dijumpai di dalam Perjanjian Baru karena Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani. Therefore I make known to you that no man speaking by God‘s Spirit says. Translit." KJV. I make known to you that there is no one by the spirit of Eloah and says that Yeshua is accursed.‖ but by the Holy Spirit. yang digunakan oleh kalangan Yudaisme Mesianik. bahwa tidak ada seorangpun yang berkatakata oleh Roh Allah. adalah nama pribadi Sang Khalik di Perjanjian Lama. Because of this. Dalam cuplikan HRV. sedangkan YHVH berasal dari bahasa Ibrani. Hebrew Roots Version of New Testament. Versi Siria (terjemahan manuskrip Yunani ke dalam bahasa Aram) menandai khusus kata Yunani 'kurios' yang ditujukan kepada Sang Khalik. sebagai berikut: 1 Korintus 12:3 "Karena itu aku mau meyakinkan kamu. selain oleh Roh Kudus.‖ No one can say. ―Yeshua is accursed. Paulus mengarahkan kembali pengertian ini dan dijelaskan dalam : 121 . HRV (The Hebraic-Roots Version/ Kitab Suci kalangan Yahudi Mesianik). yang dapat mengaku: 'Yesus adalah Tuhan'.Yesus adalah YHWH dalam terjemahan HRV : YHVH atau YHWH. dapat berkata: 'Terkutuklah Yesus!' dan tidak ada seorangpun. And neither is a man able to say that YHWH is Yeshua except by Ruach HaKodesh. dio gnôrizô humin hoti oudeis en pneumati theou lalôn legei anathema iêsoun kai oudeis dunatai eipein kurion iêsoun ei mê en pneumati hagiô Roh Kudus (Ruach HaKodesh) yaitu Roh Allah-lah yang memberikan pengertian dan dorongan bagi seseorang untuk mengerti bahwa Yesus itu TUHAN. bahwa ada kata 'kurios' yang ditujukan kepada Yesus Kristus ditandai khusus sebagai YHWH.

the first man. manusia kedua berasal dari sorga. earthy. a quickening spirit. kemudian barulah datang yang rohaniah. Translit. outôs kai gegraptai egeneto ho prôtos anthrôpos adam eis psuchên zôsan ho eschatos adam eis pneuma zôopoioun 15:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah. 15:46 Howbeit that was not first which is spiritual. the second man is the Lord from heaven. became a living nefesh. 122 . Translit. 15:45 And so it is written. tetapi yang alamiah. and afterward that which is spiritual. Adam menjadi makhluk yang hidup". The Hebraic-Roots Version. 15:47 The first man is of the earth. and the last Adam. 15:45 So it is also written. tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan. The first man Adam was made a living soul. Translit. Adam. the last Adam was made a quickening spirit. ho prôtos anthrôpos ek gês choikos o deuteros anthrôpos ho kurios ex ouranou Menarik juga untuk kita bandingkan 2 terjemahan sebagai berikut : King James Version. but that which is natural. all ou prôton to pneumatikon alla to psuchikon epeita to pneumatikon 15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani.1 Korintus 15:45-47 15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama.

tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. maka orang-orang mungkin bisa saja mempersoalkan terjemahannya. I am Jehovah: Translit. bagaimanapun HRV adalah "terjemahan" bukan bahasa Asli dimana Kitab 1 Korintus ditulis. and unto Jacob. Selanjutnya dibawah ini akan kita kaji ayat-ayat lain secara tekstual yang menunjukkan bahwa Yesus menyatakan dirinya adalah YHVH. 123 . Yesus menyatakan diri sebagai YHVH Dalam Perjanjian Lama. Dalam Alkitab terjemahan bahasa Indonesia ditulis sebagai TUHAN (kata 'tuhan' dengan huruf besar semua). I am the LORD: ASV. VAYEDABER ELOHIM EL-MOSHEH VAYOMER ELAV ANI YEHOVAH 6:2 Aku telah menampakkan diri kepada Abraham. but by my name JEHOVAH was I not known to them. And God spake unto Moses. Tuhan menyatakan nama-Nya sebagai YHWH atau (YEHOVAH). The second man was YHWH from heaven. Misalnya dalam: Keluaran 6: 1-2 (2-3) 6:1 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN. Namun. and said unto him. And God spake unto Moses. by the name of God Almighty. unto Isaac. and said unto him. KJV. Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa.15:46 But the spiritual was not first but the natural and then the spiritual. And I appeared unto Abraham. 15:47 The first son of man was dust that was from the earth. KJV.

tidak ada Allah selain dari pada-Ku. Thus saith Jehovah. ASV. and his redeemer the LORD of hosts.ASV. semesta alam} 'ANI {Aku} RI'SHON {yang pertama} VA'ANI {dan Aku} 'AKHARON {yang terakhir} UMIBAL'ADAI {dan selain daripada-Ku} 'EIN {tidak ada} 'ELOHIM {Allah} Yesaya 42:8 Aku ini TUHAN. Thus saith the LORD the King of Israel. KOH-'AMAR {demikian firman} YEHOVÂH {TUHAN} MELEKH-YISRA'ÊL {raja Israel} VEGO'ALO {dan penebusnya} YEHOVÂH {TUHAN} TSEVA'OT {dari para pasukan. YHVH adalah satu-satunya Tuhan. and besides me there is no God. VA'ERA EL-AVRAHAM EL-YITSKHAK VE'EL-YA'AKOV BE'EL SHADAI USHEMI YEHOVAH LO NODATI LAHEM Orang Yahudi menganggap nama YHVH (Terjemahan LAI. Translit. "TUHAN") begitu suci. Yesaya menulis sebagai berikut : Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN. selain itu adalah berhala atau tuhan yang palsu. and I am the last. and his Redeemer. Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung. 124 . I am the first. and beside me there is no God. and I appeared unto Abraham. unto Isaac. itulah nama-Ku. and unto Jacob. the King of Israel. and I am the last. as God Almighty. yang tidak akan membagikan nama maupun kemulian-Nya kepada yang lain. Translit Interlinear. but by my name Jehovah I was not known to them. KJV. Jehovah of hosts: I am the first. Raja dan Penebus Israel. YHVH adalah Tuhan yang cemburu. sehingga mereka tidak berani mengucapkannya. TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian.

Yohanes 10:11 125 . neither my praise unto graven images. ya oleh karena Aku sendiri. For mine own sake. Translit. ANI YEHOVAH HU SHEMI UKHEVODI LE'AKHER LO-ETEN UTEHILATI LAPSILIM Yesaya 48:11 Aku akan melakukannya oleh karena Aku. sedangkan Perjanjian Lama mengatakan. that is my name. neither my praise to graven images. Yehezkiel 34:31). Translit. and my glory will I not give to another.KJV. ' Akulah gembala yang baik'(Yohanes 10:11). Yang menarik adalah perkataan-perkataan Yesus dan tindakan-tindakan-Nya membuat orang Yahudi abad pertama mengambil batu menuduh Yesus menghujat (menyamakan diri-Nya dengan TUHAN). I am the LORD: that is my name: and my glory will I not give to another. hormat dan kemuliaan-Nya kepada yang lain. sebab masakan nama-Ku akan dinajiskan? Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain! KJV. 'TUHAN adalah gembalaku'(Mazmur 23:1. even for mine own sake. will I do it: for how should my name be polluted? and I will not give my glory unto another. ASV. Beberapa perkataan Yesus yang menarik dipelajari: Yesus mengatakan. LEMA'ANI LEMA'ANI E'ESE KI EKH YEKHAL UKHEVODI LE'AKHER LO-ETEN YHVH tidak akan membagikan nama. I am Jehovah.

Translit. KJV. I shall not want. demikianlah firman Tuhan ALLAH. domba gembalaan-Ku. the sheep of my pasture. and I am your God. 126 . And ye my flock. Perjanjian Lama mengatakan TUHAN adalah hakim segala bangsa (Yoel 3:12). KJV. takkan kekurangan aku.Akulah gembala yang baik. Translit. the flock of my pasture. Translit. ASV. egô eimi ho poimên ho kalos ho poimên ho kalos tên psuchên autou tithêsin Huper tôn probatôn Bandingkan dengan : Yehezkiel 34:31 Kamu adalah domba-domba-Ku. TUHAN adalah gembalaku. Jehovah is my shepherd. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi dombadombanya. VE'ATEN TSONI TSON MARITI ADAM ATEM ANI ELOHEIKHEM NE'UM YEHOVAH ELOHIM Mazmur 23:1 Mazmur Daud. are men. I shall not want. And ye my sheep. are men. ASV. dan Aku adalah Allahmu. saith the Lord GOD. I am the good shepherd: the good shepherd giveth his life for the sheep. saith the Lord Jehovah. Matius 25:31). The LORD is my shepherd. and I am your God." KJV. MIZMOR LEDAVID YEHOVAH ROHI LO EKHSAR Yesus menyatakan Dia adalah hakim atas segala bangsa (Yohanes 5:27.

KJV. and all the holy angels with him. karena Ia adalah Anak Manusia. KJV. Matius 25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersamasama dengan Dia. When the Son of man shall come in his glory. and come up to the valley of Jehoshaphat: for there will I sit to judge all the heathen round about. 'Akulah terang dunia' (Yohanes 8:12). maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya KJV. Perjanjian Lama mengatakan ''TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu" (Yesaya 60:19). Let the heathen be wakened. then shall he sit upon the throne of his glory: Bandingkan dengan : Yoel 3:12 3:12 Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat. Yohanes 8:12 127 . because he is the Son of man. And hath given him authority to execute judgment also. Translit.Yohanes 5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi. VEKIBATSTI ET-KOL-HAGOYIM IMAM SHAM VEHORADTIM AL-AMI EL-EMEK YEHOSHAFAT VENISHPATTI VENAKHALATI YISRA'EL ASHER PIZRU VAGOYIM VE'ET-ARTSI KHILEKU Yesus mengatakan. sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru.

barangsiapa mengikut Aku. LO-YIHYE-LAKH OD HASHEMESH LE'OR YOMAM ULENOGA HAYARE'AKH LO-YA'IR LAKH VEHAYA-LAKH YEHOVAH LE'OR OLAM VELOHAYIKH LETIFARTEKH Yesus berdoa kepada Bapa untuk berbagi kemuliaan kekal-Nya. and thy God thy glory. glorify thou me with thine own self with the glory which I had with thee before the world was." KJV. ya Bapa. neither for brightness shall the moon give light unto thee: but Jehovah will be unto thee an everlasting light. tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu. KJV.Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak. saying. KJV. but shall have the light of life. The sun shall be no more thy light by day. bandingkan dengan : Yesaya 60:19 Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari. kata-Nya: "Akulah terang dunia. And now. I am the light of the world: he that followeth me shall not walk in darkness. : Yohanes 17:5 Oleh sebab itu. permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. Then spake Jesus again unto them. Translit. O Father. The sun shall be no more thy light by day. melainkan ia akan mempunyai terang hidup. ASV. 128 . and thy God thy glory. ia tidak akan berjalan dalam kegelapan. neither for brightness shall the moon give light unto thee: but the LORD shall be unto thee an everlasting light.

saying unto me. Yesaya 48:12 "Dengarkanlah Aku. Thus saith the LORD the King of Israel. O Jacob and Israel. dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama. 129 . and I am the last. Jehovah of hosts: I am the first. and besides me there is no God. tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati. hai Yakub. tidak ada Allah selain dari pada-Ku. I am the first.'" KJV. And he laid his right hand upon me. ASV. tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku. the King of Israel. Translit . I fell at his feet as dead. And when I saw him. KOH-'AMAR YEHOVAH MELEKH-YISRA'EL VEGO'ALO YEHOVAH TSEVA'OT 'ANI RI'SHON VA'ANI 'AKHARON UMIBAL'ADAI 'EIN 'ELOHIM.Yesus mengatakan Dia adalah yang pertama dan yang akhir (Wahyu 1:17). and I am the last. I am the first and the last: Interlinear: egô {Aku} eimi {Adalah} ho prôtos {Yang Awal} kai {dan} ho eschatos {Yang Akhir} Bandingkan dengan : Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN. my called. Akulah yang terdahulu. Raja dan Penebus Israel. Fear not.' KJV. and beside me there is no God. I am the first. and his redeemer the LORD of hosts. TUHAN semesta alam: 'Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian. I also am the last. Wahyu 1:17 Ketika aku melihat Dia. Akulah juga yang terkemudian!" KJV. sama seperti YHVH dalam Perjanjian Lama (Yesaya 44:6). Thus saith Jehovah. lalu berkata: 'Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir. I am he. Hearken unto me. and his Redeemer.

But that ye may know that the Son of man hath power on earth to forgive sins. Ini menyebabkan mereka mengambil batu hendak melempari Yesus. verily. I say unto you. Aku telah ada. (he saith to the sick of the palsy. suatu pekerjaan yang hanya bisa dilakukan Allah. Before Abraham was.) 130 . I am.Translit. SHEMA' 'ELAI YA'AKOV VEYISRA'EL MEKORA'I ANI-HU 'ANI RI'SYON 'AF 'ANI 'AKHARON" Pernyataan keilahian Yesus sangat jelas di Yohanes 8:58 : Kata Yesus kepada mereka: 'Aku berkata kepadamu. Dalam beberapa peristiwa Yesus menyatakan diri-Nya sama dengan Tuhan dengan cara yang lain misal dalam memberikan pengampunan dosa. Orang Yahudi tanpa ragu-ragu mengerti maksud perkataan ini . Yesus melakukan mujizat sekaligus memberikan pengampunan dosa: Markus 2:10-11 2:10 Tetapi supaya kamu tahu. bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -. Jesus said unto them.' KJV. Mereka tahu bahwa Yesus tidak hanya menyatakan keberadaan-Nya sebelum Abraham.berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: KJV. eipen {berkata} autois {kepada mereka} ho iêsous {Yesus} amên {sesungguhnya} amên {sesungguhnya} legô {Aku berkata} humin {kepadamu} prin {sebelum} abraam {Abraham} genesthai {ada/ menjadi/ eksis (lahir)} egô {Aku} eimi {Ada}. tetapi Yesus juga menyatakan sama dengan Tuhan. Translit Interlinear. sesungguhnya sebelum Abraham jadi. Verily.

demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendakiNya.2:11 "Kepadamu Kukatakan. and go thy way into thine house. Barangsiapa tidak menghormati Anak. and quickeneth them. Yesus mengatakan bahwa 'supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa' : Yohanes 5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. bangunlah. 131 . and take up thy bed. KJV. Yesus juga menyatakan bahwa Dia mempunyai kuasa kehidupan. The hour is coming. bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah. I say unto you. angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" KJV. dan mereka yang mendengarnya. and now is. 5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba. Verily.25 5:21 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya. I say unto thee. Yohanes 5:21. verily. yang mengutus Dia. when the dead shall hear the voice of the Son of God: and they that hear shall live. Arise. KJV. kuasa yang hanya dimiliki TUHAN saja. ia juga tidak menghormati Bapa. even so the Son quickeneth whom he will. akan hidup. For as the Father raiseth up the dead.

18. dia bersama-sama dengan Allah Bapa dan Allah Roh Kudus. Jelas sekali. berarti ada dua pribadi Allah. ”Akulah YAHWEH. 'percayalah kepada Allah. percayalah juga kepada-Ku. 132 . Dan pernyataan-pernyataan yang dikutip dalam ayat-ayat diatas menunjukkan bahwa Yesus menyatakan diriNya adalah YHVH sendiri. adalah Allah Yang Esa namun terdiri dari 3 Pribadi (Bapa. Let not your heart be troubled: ye believe in God. That all men should honour the Son. Jadi menyembah Allah selain Allah Tritunggal itu yang tidak boleh. Amin. percayalah juga kepada-Ku' : Yohanes 14:1 "Janganlah gelisah hatimu. even as they honour the Father. 19.KJV. lalu apa maksud Ulangan 20:1-3. Dalam kategori yang sama Yesus mendorong murid-murid-Nya. jangan ada Allah lain di hadapan-Ku”? Ingat Allah yang disembah Orang Kristen sebagai Umat percaya. Kalau Yesus itu Allah sejati dan Bapanya Yesus juga Allah. Ketiga Pribadi Allah ini adalah Allah Yang Benar. ketiganya adalah SATU. Yeremia 10:10 ”YAHWEH adalah Allah yang Benar”. percayalah kepada Allah. Anak dan Roh Kudus). Kalau Yesus itu juga Allah. Allahmu. believe also in me. Yesus tanpa meninggalkan keraguan. He that honoureth not the Son honoureth not the Father which hath sent him. menyatakan diri-Nya sejajar dengan Allah. KJV. Yesus itu Allah yang benar atau bukan? Yesus adalah Allah Anak.

sedangkan menurut Wahyu 3:14 Yesus itu adalah ciptaan Allah. yang diciptakan adalah Tubuh Manusia Yesus Kristus (Pribadi Manusia dalam Daging ditambahkan kepada Allah Anak. masalahnya. Jadi Allah Anak = Yesus Kristus. atau Berkiblat ke monoteisme Yahudi sebagai bangsa keturunan Yakub yang beriman kepada Allah yang ESA. yaitu YAHWEH? 133 . namun kedua sebutan ini menunjuk kepada Yesus Kristus. Ayat Wahyu 3:14 sudah dijelaskan di atas. Bagaimana menerangkan hal itu? Yesus adalah Sumber dari Ciptaan Allah.20. Namun keduanya menunjuk kepada Pribadi Allah Anak=Yesus 22. yang ada dengan sendirinya. sedangkan akar iman Alkitab adalah monoteisme Yahudi (Allah itu ESA/Tauhid) yang dikabarkan sejak Nabi Musa sampai rasul-rasul Yesus. sehingga jadi Manusia seutuhnya lewat peristiwa Kelahiran). yang mana yang benar: Berkiblat ke tradisi pikir Yunani yang melahirkan ajaran Trinitas dan menjadikan Yesus sebagai Allah Sejati. Nah. Samakah istilah Anak Allah dengan Allah Anak? (Samakah Anak Dokter dengan Dokter Anak???) Ada beda pengertian antara Allah Anak dan Anak Allah. Di Alkitab yang ada hanya sebutan Yesus sebagai „Anak Allah‟. 21. Doktrin Trinitas (Tritunggal) lahir 16 abad yang lalu dari tradisi pikir Yunani yang menyembah banyak dewa (politeistik). sama seperti ada beda pengertian antara Yesus kristus dan Kristus Yesus. YAHWEH artinya “ehyeh asher ehyeh”. tidak diciptakan. TIDAK DICIPTAKAN.

jadi ada hal-hal yang berhubungan dengan Filsafat Yunani dalam Injil Yohanes. Semakin dari PL menuju ke PB semakin jelas tentang adanya Allah Tritunggal. Baca Tafsiran ayat Yohanes 1:1 di awal buku ini.Allah dalam Perjanjian Lama memang tidak tegas menyatakan Diri-Nya adalah Allah Tritunggal/Trinitas. namun jelas berbeda dengan konsep Politheisme. namun indikasi adanya Allah Tritunggal atau Trinitas sudah ada. Allah memperkenalkan Diri-Nya secara progresif. Injil Yohanes ditujukan untuk memenangkan jiwa atau untuk memberitakan Injil kepada Orang Yunani. 134 .

D.KASUS VI APA BENAR YESUS TIDAK PERNAH MATI? Gagasan bahwa Yesus tidak pernah benar-benar mati muncul pada tulisan di abad ketujuh. Karl Venturini. atau Ia telah diberi obat yang membuatnya kelihatan mati. Mereka menjelaskan bahwa Yesus telah diberi suatu cairan di suatu bunga karang ketika tergantung di atas salib (Markus 15:36) dan bahwa Pilatus kelihatan terkejut akan betapa cepatnya Yesus mati (Markus 15:44). Karl Barth..D. dan bahwa selanjutnya Ia dihidupkan kembali oleh udara kubur yang sejuk dan lembab. Di situ dikatakan bahwa Yesus melarikan diri ke India. tetapi sekedar suatu kesadaran kembali yang kebetulan. dan kubur-Nya kosong karena Ia masih terus hidup. Wawancara dengan Alexander Metherell. PH. Pada permulaan abad ke-19. dan yang lain-lainnya mencoba menjelaskan Kebangkitan dengan mengemukakan gagasan bahwa Yesus hanya pingsan karena kepayahan di atas kayu salib. Apa yang sebenarnya terjadi saat Penyaliban? Apa penyebab kematian Yesus? Adakah cara yang mungkin bagi-Nya untuk bertahan hidup dari siksaan ini? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat dibantu diselesaikan dengan bukti medis. Ia memperoleh sertifikat dalam diagnosis dari The American Board of Radiology dan 135 . pemunculan Yesus kembali bukanlah suatu kebangkitan mukjizat. kata mereka. Konsekuensinya. Bahkan sampai saat ini terdapat sebuah makam keramat yang dianggap makam Yesus di Srinagar. Kashmir. M. Metherell adalah seseorang dengan gelar medis dari University of Miami di Florida dan gelar doktor dalam bidang teknik dari University of Bristol di Inggris.

kulit-Nya menjadi amat sangat sensitif. Dalam Lukas 22:44 menceritakan bahwa Ia mulai meneteskan keringat darah pada keadaan ini. Karena Ia mengetahui beratnya penderitaan yang akan Ia pikul. Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke Taman Getsemani. and Blood Institute of the National Institutes of Health of Bethesda. Ini adalah suatu kondisi medis yang dikenal dengan hematidrosis. Ini terjadi karena tekanan psikologis yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan kulit menjadi amat sangat rapuh ketika Yesus dicambuk oleh serdadu Roma keesokan harinya. Bukankah ini hanyalah imajinasi yang terlalu fiktif? Tidak sama sekali. dan editor lima buku ilmiah dan telah membuat tulisan-tulisan yang diterbitkan mulai dari Aerospace Medicine sampai Scientific American. Kegelisahan yang hebat menyebabkan terlepasnya zat-zat kimia yang memecahkan kapiler-kapiler dalam kelenjar-kelenjar keringat. selama proses itu Ia mengantisipasi datangnya peristiwa-peristiwa pada hari berikutnya. Di sana Ia berdoa semalam-malaman. dan keringat yang keluar disertai dengan darah. 136 . Metherell adalah mantan ilmuwan riset yang mengajar di The University of California. Maryland. sungguh wajar jika Ia mengalami tekanan psikologis yang sangat besar. Penyiksaan Sebelum Penyaliban Dapatkah Anda melukiskan suatu gambaran tentang apa yang terjadi pada Yesus? Itu dimulai setelah Perjamuan Terakhir.menjadi konsultan bagi The National Heart. Nah. Akibatnya terjadi pendarahan dalam kelenjarkelenjar ini. Lung. Ia berpenampilan sesuai dengan perannya sebagai seorang otoritas medis terkemuka. Analisis cerdasnya atas konstraksi muskular telah diterbitkan dalam The Physiologist dan Biophysics Journal.

Setidaknya. Si Korban akan mengalami kesakitan hebat dan keguncangan karena efek-efek kehilangan sejumlah besar darah (hipovolemik). Tekanan darah turun. tetapi seringkali lebih banyak daripada itu. 137 . tergantung pada suasana hati Si Serdadu yang melaksanakan pukulan. menyebabkan pingsan. luka koyakan akan tercabik sampai ke otot-otot kerangka di bawahnya dan menghasilkan goresan-goresan daging berdarah yang gemetar. pantat. Orang itu menjadi sangat haus sewaktu tubuhnya sangat membutuhkan cairan untuk menggantikan volume darah yang hilang. biasanya terdiri dari 39 cambukan. sangat dalam. 4. yang akan pecah terbuka akibat pukulan selanjutnya. Ginjal berhenti menghasilkan urin untuk mempertahankan volume darah yang masih tinggal. 3. dan isi perut si korban terlihat". Punggung yang dipukul itu akan menjadi tercabik-cabik. Itu akan sangat mengerikan. 2. Si Serdadu akan menggunakan cemeti dari kepangan tali kulit dengan bola-bola logam yang dijalin ke dalamnya. urat-urat. Jantung berdetak cepat untuk mencoba memompa darah yang tidak ada di sana. "Pembuluh-pembuluh si penderita terbuka telanjang. bola-bola ini akan menyebabkan memar atau lebam yang dalam. Banyak orang akan mati dari pemukulan semacam ini. Seorang sejarawan abad ketiga bernama Eusebius menggambarkan pencambukan dengan mengatakan. dan otot-otot. Ini mengakibatkan 4 hal: 1. yang akan mengiris daging dengan hebat. Dan cemeti itu juga memiliki potonganpotongan duri tajam. sehingga sebagian dari tulang belakang kadangkala terlihat akibat irisan yang dalam. Pencemetian itu akan ditimpakan ke segala arah: dari bahu turun ke punggung. bahkan sebelum mereka disalibkan. dan bagian belakang kaki.Pencambukan Roma dikenal sangat brutal. Ketika cemeti itu menghantam daging. Selagi pencambukan berlanjut.

pada saat ketika sedikit cuka diberikan kepada-Nya. Selanjutnya kita membaca bahwa Yesus berkata. bahkan sebelum paku-paku ditancapkan menembus kedua tangan dan kaki-Nya. Paku ini ditancapkan menembus pergelangan tangan. kedua tangan-Nya akan dipakukan dalam posisi terentang ke batang kayu horizontal. dan serdadu Roma memerintahkan Simon untuk memikul salib-Nya. Akhirnya Yesus tak sadarkan diri. Kesakitan apa yang akan ditimbulkannya? 138 . sudah pasti Yesus berada dalam kondisi kritis. Yesus berada dalam keguncangan karena kehilangan sejumlah besar darah ketika Ia berjalan terhuyung-huyung ke lokasi hukuman mati di Kalvari.Apakah Anda melihat bukti ini dari catatan-catatan Injil? Ya. 'Aku haus'. sangat pasti. memikul batang kayu salib yang horizontal. Ini adalah urat syaraf terbesar yang menuju ke tangan. Ini adalah posisi kokoh yang akan mengunci posisi tangan. Dan penting untuk dipahami bahwa paku itu akan menembus ke tempat di mana urat syaraf tengah berada. dan itu akan diremukkan oleh paku yang diketokkan ke dalamnya. Orang-orang Roma biasanya menggunakan paku besar yang panjangnya 5 sampai 7 inci dan meruncing ke suatu ujung yang tajam. Penderitaan Salib Apa yang terjadi ketika Ia tiba di lokasi Penyaliban? Ia akan dibaringkan. Karena efek-efek mengerikan dari pemukulan ini.

139 .Apakah Anda pernah merasakan rasa sakit ketika Anda membenturkan siku Anda dan memukul tulang ujung siku Anda? Itu sebenarnya urat syaraf lain. orang itu kemudian akan dapat relaks dan menarik nafas lagi. Alasannya adalah bahwa tekanan-tekanan pada otot-otot dan diafragma membuat dada berada pada posisi menarik nafas. paku akan merobek kaki. Setelah dapat menarik nafas. dan orang itu tidak akan mampu mengangkat diri dan bernafas lagi. urat syaraf di kedua kaki-Nya akan remuk. selagi balok salib dipasangkan ke tiang vertikal. agar dapat menghembuskan nafas. Efek itu akan mirip dengan apa yang Yesus alami. lalu akhirnya mengunci posisi terhadap tulang-tulang tumit kaki. Ketika melakukan itu. ia mengalami apa yang disebut asidosis pernafasan. dan di sana akan terasa jenis kesakitan yang sama. Kesakitannya sama sekali tak tertahankan. Pada keadaan seperti ini Yesus dinaikkan. Ketika nafas orang itu semakin perlahan. secara harafiah itu di luar kata-kata untuk menjelaskannya. orang itu harus mendorong kedua kakinya agar tekanan pada otot-otot dapat dihilangkan untuk sesaat. disebut urat syaraf ulna. Penyebab Kematian Penyaliban pada intinya adalah kematian perlahan yang diakibatkan oleh asfiksiasi (sesak nafas karena kekurangan oksigen dalam darah). menggesekkan punggungnya yang berdarah ke kayu salib yang kasar. bayangkan mengambil sebuah tang dan memeras dan meremukkan urat syaraf itu. Sekali lagi. Ini akan berlangsung terus dan terus sampai kepayahan. karbondioksida dalam darah larut sebagai asam karbonik. Yah. dan kemudian paku-paku ditancapkan menembus kedua kaki Yesus. Akan sangat menyakitkan bila tanpa sengaja Anda memukulnya. ekali lagi ia harus mendorong tubuhnya naik untuk menghembuskan nafas.

Kemudian Ia mati akibat berhentinya detak jantung. seperti yang dijelaskan saksi mata Yohanes dalam Injilnya (Yohanes 19:34). Dengan jantung-Nya yang berdetak tak menentu.menyebabkan keasaman darah meningkat. para pemimpin Yahudi tentunya ingin segera mengakhiri ini sebelum matahari tenggelam. Ini akan terlihat sebagai cairan jernih. ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku". Bahkan sebelum Ia mati. Ini akan mencegahnya dari mengangkat diri dengan kakinya. Ini akhirnya mengakibatkan detak jantung yang tidak teratur. keguncangan karena kehilangan sejumlah besar darah akan menyebabkan jantung berdebar kencang terus-menerus. Serdadu-serdadu Roma akan menggunakan gagang baja dari tombak Roma untuk menghancurkan tulang-tulang kaki bagian bawah Si Korban. seperti air. Tombak itu menembus paru-paru kanan dan ke jantung. sejumlah cairan dalam membran-membran sekitar jantung dan juga sekitar paru-paru keluar. yakni ketika Ia berkata. sehingga dapat bernafas. dan dengan datangnya hari Sabat dan Paskah. yang akan menyebabkan: kegagalan jantung serta terkumpulnya cairan dalam membran-membran di sekitar jantung dan juga sekitar paru-paru. Mengapa mereka melakukan itu? Mereka ingin mempercepat kematian. mereka menegaskannya dengan menusukkan sebuah tombak ke pinggang kananNya. dan hampir yakin bahwa Yesus telah mati. jadi ketika tombak itu ditarik keluar. "Ya Bapa. diikuti dengan banyak darah. Mengapa hai ini penting? Karena ketika serdadu Roma datang. Tulang-tulang-Nya Tidak Dipatahkan Injil-injil berkata bahwa para serdadu mematahkan kaki kedua penjahat yang disalibkan Yesus. Yesus berada dalam saat-saat kematian-Nya. dan 140 .

kematian akibat sesak nafas kekurangan oksigen dalam darah akan terjadi dalam beberapa menit. jadi mereka memiliki dorongan besar untuk memastikan bahwa setiap korban telah mati ketika ia diturunkan dari salib. dan itu tidak sulit untuk mengetahuinya. mereka adalah ahli dalam membunuh orang karena itu adalah tugas mereka. Ia tidak mungkin mempura-purakan kematian-Nya. Disamping itu. jika seorang tahanan berhasil melarikan diri. Mereka tahu tanpa keraguan sedikitpun kapan seseorang mati. tombak yang dihunjamkan ke jantungnya akan menetapkan kematian-Nya. apakah pernyataan mereka tentang kematian Yesus dapat dipercaya? Para serdadu Roma memang tidak pergi ke sekolah medis/pengobatan. dan mereka melakukannya dengan baik. karena Anda tidak mungkin mempura-purakan ketidakmampuan bernafas untuk waktu yang lama. Perjanjian Baru menjelaskan kepada kita bahwa kaki-kaki Yesus tidak dipatahkah karena para serdadu telah menyatakan bahwa Ia telah mati. Disamping itu. Tetapi ingat. Ini menggenapi Perjanjian Lama tentang Mesias. yaitu bahwa tulang-tulang-Nya tidak akan dipatahkan (Mazmur 34:21). Argumen Terakhir Adakah cara apapun yang memungkinkan Yesus bisa bertahan hidup dari penderitaan salib ini? Sama sekali tidak ada. Dan serdadu-serdadu 141 . bahkan sebelum penyaliban dimulai. dan mereka hanya menggunakan tombak untuk memastikannya. Para serdadu Roma adalah orang yang tidak ahli dalam hal pengobatan/medis. Ingatlah bahwa Ia sudah berada dalam keguncangan akibat kehilangan banyak darah. serdadu-serdadu yang bertanggung jawab itu sendiri akan dibunuh.

sehingga orang-orang Roma membebaskan warga negara mereka sendiri dari itu. dengan menjadi pengganti kita dan menanggung hukuman maut yang layak kita terima karena pemberontakan kita terhadap Tuhan. Pertanyaan Bagi Hati Yesus dengan sengaja melangkah ke dalam tangan-tangan lawan-Nya. Itu adalah khayalan tanpa dasar. Ia tidak mempertahankan diri-Nya saat persidangan. yaitu KASIH. suatu bentuk penyiksaaan yang memalukan dan memilukan. Jadi bila Anda bertanya apa yang memotivasi Dia. akan saya beritahu bahwa itu tidak mungkin. jawabannya dapat diringkas dalam satu kata. Ia tidak menolak penangkapan. Kesimpulan Yesus tidak mungkin bertahan hidup dari siksaan salib. suatu bentuk kekejian yang begitu keji.Roma tidak akan mengambil resiko kematian sendiri dengan membiarkan-Nya pergi dalam keadaan hidup. kecuali untuk kasus-kasus pengkhianatan besar. Jadi bila seseorang mengajukan gagasan kepada Anda bahwa Yesus sekedar pingsan di atas kayu salib. 142 . dan Ia bersedia melewati semuanya itu. Apa yang mungkin memotivasi seseorang untuk bersedia menanggung penghukuman semacam ini? Yesus tahu apa yang akan terjadi. karena itu merupakan satu-satunya cara Ia dapat menebus kita. Itu merupakan misi-Nya yang sepenuhnya ketika Ia datang ke bumi. Jelas bahwa Ia bersedia mengajukan diri-Nya untuk mengalami penyaliban.

Kesimpulan-kesimpulan Metherell konsisten dengan penemuan dokter-dokter lain yang dengan teliti mempelajari hal ini. William D. Untuk direnungkan Di hadapan Allah.. Pembuktian Atas Kebenaran Kristus. penafsiran-penafsiran yang didasarkan pada asumsi bahwa Yesus tidak mati di atas salib bertentangan dengan pengetahuan medis modern". Yesus telah menanggung hukuman dosa yang seharusnya Saudara terima. Batam Center. F: 021-74709281 143 . Edwards. "Jelas. dalam The Journal of the America Medical Association menyimpulkan. Maukah Saudara menerima penggantian hukuman ini? Maukah Saudara menerima Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan? Sumber : Lee Strobel. Saudara bisa selamat dari hukuman Tuhan. Jika Saudara menerima penggantian hukuman ini. Saudara tidak bisa menyelamatkan diri Saudara sendiri. Di antara mereka adalah Dr. Sesuai dengan itu.. Ia telah menerima hukuman yang seharusnya Saudara tanggung. bobot bukti historis dan medis menunjukkan Yesus telah mati sebelum pinggangnya dilukai. Penerbit Gospel Press.. PO BOX 238. Saudara adalah orang yang berdosa yang harus menghadap pengadilan Allah dan harus menerima hukuman kekal karena dosa-dosa yang Saudara lakukan. 29432. yang artikelnya pada tahun 1986.

144 . namun Mikhael sang malaikat tidak berani menghakimi Iblis. KASUS IX YESUS. Namun kesimpulan Frans Donald bahwa Yesus=Mikhael adalah Salah Besar. dan lain-lain. penulis tidak akan membahasnya. CIPTAAN YANG TERKEMUKA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT Penulis tidak sepakat dengan perkataan Yesus adalah Ciptaan. Malaikat Perjanjian. Penghulu Malaikat. Perjanjian Baru dalam kitab Yudas. SANG ”MALAIKAT PERJANJIAN” Allah Anak atau Tuhan Yesus dalam Perjanjian Lama sering disebut Malaikat Allah. hanya menghardik Iblis. Dalam hal ini penulis sepakat.KASUS VII YESUS YANG MATI & BANGKIT. Iblis bertengkar dengan Mikhael. KASUS VIII YESUS ANAK ALLAH. Frans Donald mengutip ayat-ayat Alquran dalam judul kasus VIII. Malaikat TUHAN. Untuk itu. MENJADI WAKIL ALLAH SEBAGAI HAKIM ADIL AKHIR ZAMAN Yesus ADALAH HAKIM Yang Adil pada AKHIR ZAMAN.

Michael the Archangel is perhaps the highest of all the angels. but still only an angel. Michael the Archangel is a powerful angel. Hebrews 1:5-8 draws a clear distinction between Jesus and the angels. Michael the Archangel. He is not God. Jesus rebukes Satan. What are archangels? Is Michael the only archangel?" 145 . ―For to which of the angels did God ever say. Michael the Archangel calls on the Lord to rebuke Satan." But about the Son He says. "He makes his angels winds. "You are my Son. "Let all God's angels worship Him. but Jesus is THE Son of God (Hebrews 1:8." In speaking of the angels He says. In Jude verse 9. will last for ever and ever. Matthew 4:3-6). Jesus is God incarnate (John 1:1. The clear distinction in the power and authority of Michael and Jesus can be seen in comparing Matthew 4:10 and Jude verse 9. He says. The angels are called sons of God (Genesis 6:24. 2:1. menghakimi Iblis. though. and He will be my Son"? And again. Michael is the only angel in the Bible who is designated ―the Archangel‖ (Jude verse 9). his servants flames of fire.‖ Angels worship Jesus. today I have become your Father"? Or again.14). The Bible nowhere identifies Jesus as Michael (or any other angel for that matter). dan ayat-ayat lain. Is Jesus Michael the Archangel?" Jesus is not Michael the Archangel. "I will be His Father.Jika Yesus=Malaikat Mikhael. In Matthew 4:10. 38:7). "Your throne. dan lain-lain karena Yesus adalah Allah. tidak mungkin Yesus akan berani berkata seperti “Enyahlah Iblis (Matius 4:10)”. is only an angel. and righteousness will be the scepter of your kingdom. O God. Yesus pasti berani mengusir Iblis. Job 1:6. when God brings His firstborn into the world.

but said." Jude verse 9. However." not "the voice of AN archangel. with the voice of the archangel and with the trumpet call of God. However." This possibly indicates that there are more than one archangel. "For the Lord Himself will come down from heaven. Even if there are multiple archangels. it is best not to presume upon the Word of God by declaring other angels as archangels. with a loud command. 12:8)." which would allow for the possibility of there being more than one archangel. "The Lord rebuke you!" The word "archangel" comes from a Greek word meaning "chief angel. 2 Samuel 24:16. 146 . when he was disputing with the devil about the body of Moses. 3:1. Zechariah 1:12. The angel of the Lord speaks as God. 1 Thessalonians 4:16. Daniel 10:13 describes Michael as "one of the chief princes. did not dare to bring a slanderous accusation against him. identifies Himself with God. Judges 2:1-4. "But even the archangel Michael. it seems that Michael is the chief among them. Who / What is the angel of the Lord?" The precise identity of the "angel of the Lord is not specifically given in the Bible." and Daniel 12:1 identifies Michael as "the great prince who protects. because it places Michael on the same level as the other "chief princes." It refers to an angel who seems to be the leader of other angels. 13:3-22. 5:23. 22:11-18. there are many important "clues" as to his identity. Michael is the only angel identified as an archangel (Jude verse 9). 1 Thessalonians uses the singular to identify "the voice of THE archangel." Daniel 10:21 describes Michael the archangel as "your prince. 21: 17-18." So.The word "archangel" occurs in only two verses of the Bible. In several of these appearances. and exercises the responsibilities of God (Genesis 16:7-12. Exodus 3:2. while it is possible that there are multiple archangels. and the dead in Christ will rise first. 6:11-24.

or an appearance of God the Father. This leads some to conclude that the angel of the Lord represented appearances of Jesus before His incarnation in human form. Whatever the case. It is interesting to note that appearances of the angel of the Lord cease after the incarnation of Christ." Therefore. it is clear that the angel of the Lord is a theophany. it is highly likely that the phrase ―the angel of the Lord‖ identifies an appearance of God.those who saw the angel of the Lord feared for their lives because they had "seen the Lord. that is an appearance of God in physical form. whether the angel of the Lord was a pre-incarnate appearance of Christ. 147 .

karena suatu keesaan tidak sama dengan suatu satuan. Akan tetapi. Namun. Bahwa sifat-dasar Allah tidak dapat dipisah-pisahkan atau dibagi diberitahukan oleh Ulangan 6:4. 1 Korintus 8:4-6. Zakharia 14:9). 1 Raja-Raja 8:60. Allah itu bukan saja ESA. Keesaan Allah menyatakan secara tidak langsung bahwa ketiga oknum trinitas bukanlah hakikat-hakikat yang terpisah di dalam hakikat ilahi itu.KEESAAN DAN KETRITUNGGALAN ALLAH KEESAAN ALLAH Keesaan Allah berati bahwa hanya ada satu Allah saja dan bahwa sifat-dasar atau watak Allah tidak dapat dipisah-pisahkan atau dibagi. Allah itu sederhana. bebas dari segala bentuk paduan. Yohanes 17:3. Yakobus 2:19). Bahwa Allah itu esa adanya merupakan kebenaran sejati Perjanjian Lama (Ulangan 4:35. Tuhan itu esa!‖ (bandingkan dengan Markus 12:29. hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita. Banyak sekali sekte dan bidat Kristen yang tidak lagi menganut iman Kristen yang lazim karena mereka tidak menerima ajaran tiga oknum satu hakikat. manusia merupakan suatu paduan karena manusia memiliki bagian yang jasmaniah dan bagian yang rohaniah. 39. menurut angka Ia hanya satu. keesaan ini tidak inkonsisten dengan konsep ketritunggalan. 1 Timotius 2:5). Hanya ada satu saja oknum yang terbatas dan sempurna. ‖Dengarlah. Tetapi Allah itu roh adanya sehingga tak dapat diurai seperti itu. Allah tidak terdiri atas bagianbagian tertentu atau dapat diuraikan menjadi bagian-bagian tertentu. Dia adalah satu-satinya Allah. Keesaan Allah memberikan peluang bagi adanya perbedaan-perbedaan pribadi di dalam sifat-dasar ilahi. sekalipun pada saat yang sama tetap diakui bahwa sifat-dasar ilahi itu secara matematis dan kekal tetap satu. oleh karena itu Allah unik adanya (Keluaran 15:11. 148 . Kebenaran yang sama juga sering diajarkan dalam Perjanjian Baru (Markus 12:29-32. Suatu satuan ditandai oleh sifat tunggal. Memikirkan dua atau lebih oknum yang tidak terbatas tidaklah masuk akal dan tidak dapat dibayangkan. Yesaya 45:5-6).

sehingga. Satu-satunya kesatuan antara ketiga Allah ini. Tiga oknum ini dapat dikatakan sebagai tiga kepribadian Allah. Akal manusia mungkin dapat menunjukkan kepada kita keesaan Allah. istilah ‖trinitas‖ atau tritunggal berarti bahwa ada tiga oknum kekal dalam hakikat ilahi yang satu itu.. Ketiga pribadi Allah Tritunggal itu sehakikat. Allah Anak. yang masing-masing dikenal sebagai Allah Bapa.kita memuja keesaan utuh dalam Trinitas dan Trinitas dalam keesaan. nampaknya pertama kali dipakai oleh teofilus dari Antiokhia (wafat tahun 181 M).KETRITUNGGALAN ALLAH Ajaran Trinitas atau ketritunggalan Allah bukanlah suatu kebenaran yang diperoleh melalui akal budi atau yang dikenal dengan istilah teologi natural. kita membedakan antara tiga pribadi. trinitas. Allah tritunggal merupakan suatu keesaan hakikat maupun keesaan maksud dan tujuan. ‖Ketiga pribadi ilahi ini sama kekal dan sama kedudukan satu dengan yang lain. tetapi suatu kebenaran yang dapat diketahui melalui penyataan atau wahyu.‖ Syahadat ini selanjutnya mengatakan. Kita menyembah Allah tritunggal. Syahadat Athanasius mengungkapkan keyakinana akan tritunggal ini sebagai berikut. dan Allah Roh Kudus. Bentuk Yunaninya. tetapi istilah ini dipakai sejak awal di dalam gereja. Sabelianisme mengakui ketritunggalan 149 .‖ Ajaran tentang Tritunggal ini harus dibedakan dari pandangan Triteisme dan Sabelianisme. Sekalipun istilah ‖trinitas‖ tidak ada dalam Alkitab. ‖Kita menyembah satu Allah dalam ke-Tritunggalan dan ke-Tritunggalan dalam keesaan. Satu-satunya keesaan yang diakui oleh golongan ini ialah keesaan maksud dan tujuan. pertama kali dipakai oleh Tertulianus (wafat + tahun 220 M). sedangkan bentuk latinnya. Triteisme tidak dapat menerima keesaan hakikat Allah dan beranggapan bahwa ada tiga Allah yang berbeda. tetapi kita tidak memisahkan hakikatnya.. trias. tetapi ajaran tentang trinitas langsung berasal dari penyataan yang khusus. Dalam teologi Kristen.

ajaran tentang tritunggal Allah adalah suatu rahasi yang besar sekali. Ajaran semacam ini sebenarnya merupakan penolakan terhada ajaran Tritunggal. namun tidak menerima ketritunggalan sifat. Ajaran Kristen tentang tritunggal. Seakan-akan ajaran ini merupakan sautu teka-teki intelektual yang sulit dipecahkan atau bahkan merupakan suatu kontradiksi. Bentuk jamak ini 150 . namun tidak kurang isyarat mengenai adanya berbagai pribadi dalam keAllahan.penyataan. seorang putra. sekalipun hal ini tidak dapat dikatakan dengan pasti. Sabelianisme mengajarkan Tritunggal Modalitas yang berebda dari Tritunggal Ontologis. 11:7) ketika menunjuk kepada diri-Nya sendiri. demikian juga tidak kurag bahwa pribadi-pribadi ini merupakan satu ketritunggalan. 11:7. Sabelianisme mengajarkan bahwa Allah sebagai Bapa. Nama Allah yang dipakai dalam ayatayat ini ialah Elohim yaitu sebuah istilah jamak yang mungkin saja menyiratkan perihal jamak. Modalisme yang dinuat oleh Sabelianisme ini mengajarkan adanya tiga aspek tabiat Allah. Apa yang telah disingkapkan oleh Allah tentang ajaran ini dalam Firman-Nya? PETUNJUK-PETUNJUK AWAL DALAM PERJANJIAN LAMA Sekalipun hal yang terutama ditekankan dalam Perjanjian Lama adalah keesaan Allah. segabaimana halnya seorang laki-laki bisa menjadi seorang ayah. dan seorang laki-laki. tetapi tiga pemeranan atau tiga hubungan dalam satu pribadi. Menarik untuk dicatat bahwa Allah berkali-kali memakai kata ganti jamak (Kejadian 1:26. adalah Pencipta dan pemberi hukum. betapapun misteriusnya. Dengan kata lain. dan sebagai Roh Kudus. Allah yang sama itu menjelma untuk menunaikan tugas penebus. tetapi hasil penyataan Allah sendiri. sebagai Anak. Karena pandangan ini tidak mengakuai adanya tiga pribadi dalam satu hakikat. tetap Allah yang sama namun yang kini mengerjakan pembaharuan dan pengudusan. 3:22. bukanlah hasil pemikiran berspekulasi. Harus diakui. Yesaya 6:8) serta kata kerja jamak (Kejadian 1:26.

Mazmur 51:13.. 18) dan Anak-Nya yang sulung (Ibrani 1:6). Hagai 2:4-5). Kejadian 19:24 berbunyi ‖ Kemudian TUHAN menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora. Kejadian 1:1 berbunyi. ‖. ‖. Kristus tidak menjadi Anak Allah yang kekal pada saat penjelmaan atau inkarnasi-Nya. ‗Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia‘‖ (Kejadian 6:3.dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Dia adalah Anak Allah sebelum Ia diberikan (Yesaya 9:5). ―Berfirmanlah Tuhan. tetapi juga Anak Tunggal Allah (Yohanes 3:16.barangkali dipakai untuk mengungkapkan kesungguhan dan bukan mengungkapkan perihal jamak. berasal dari TUHAN [Allah]. Mazmur 2:7 berbunyi ‖ Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini. 3..‖ Yesus tidak saja disebut Anak Allah (Roma 1:4). Yesaya 63:9-10). Tuhan dibeda-bedakan dari Tuhan (Allah). II Timotius 1:18). 151 . ‖Tuhan Allah mengutus aku dengan Roh-Nya‖ (Yesaya 48:16 bandingkan dengan Mazmur 45:7-8. Roh jelas juga dibedakan dari Allah Bapa. ‖Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Allah Anak yang berbicara dengan perantaraan Nabi Yesaya mengatakan.Yang permulaannya sudah sejak purbakala.‖ sedangkan Hosea 1:7 menyatakan ‖ Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan menyelamatkan mereka demi TUHAN. bandingkan juga Bilangan 27:18. Allah Anak dibeda-bedakan dari Allah Bapa. dari langit. Allah mereka‖ (bandingkan dengan Zakharia 3:2. sejak dahulu kala. Petunjuk-petunjuk yang lebih tegas bahwa keadaan jamak ini merupakan suatu Trinitas dapat ditemukan dalam kenyataan-kenyataan berikut: 1.‖ Lalu ayat 2 berbunyi.. 2..‖ Perhatikan juga ayat berikut.‖ (Mikha 5:1b). Yesaya 40:13.

terhadap dakwaan Iblis (Zakharia 3:1-2). Malaikat Tuhan ini membunuh 185. ‖Perjanjian Lama dengan jelas mengantisipasi datangnya penyataan yang lebih lengkap tentang trinitas dalam Perjanjian Baru‖ (Berkhof. yaitu ‖Malaikat Tuhan‖ di seluruh Perjanjian Lama. Yakub (Kejadian 31:11-13). Manoah (Hakim-Hakim 13:2-25). 6:26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. dan merupakan satu dari tiga tamu Abraham (Kejadian 18). merupakan petunjuk khusus kepada pribadi kedua dalam ke-Allahan sebelum penjelmaan-Nya. Systematic Theology. Malaikat Tuhan ini disamakan dengan Tuhan. Israel (Keluaran 14:19). membela Yosua. disebutnya ―Kudus‖ sebanyak tiga kali dalam Yesaya 6:3 dapat dianggap sebagai isyarat mengenai Tritunggal (Bandingkan Wahyu 4:8) sebagaimana pula Berkat Lipat Tiga dalam Bilangan 6:24-26 ―6:24 TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau. Gideon (Hakim-Hakim 6:11-23). Abraham (Kejadian 22:11-18). Berdasarkan isyarat-isyarat di atas tentang Trinitas dalam PL. imam besar.4. namun berbeda dengan Tuhan. kami menyimpulkan bersama Berkhof. 6:25 TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia. Elia (I Raja-Raja 19:5-7). berdiri di antara pohon-pohon murad dalam penglihatan Zakharia (1:11). p 86) AJARAN PERJANJIAN BARU 152 .‖ Istilah yang sering dipakai. dan daud (I Tawarikh 21:15-17). Ia menampakkan diri kepada Hagar (Kejadian 16:7-14). Bileam (Bilangan 22:22-35). Musa (Keluaran 3:2-5). Penampilan-Nya dalam Perjanjian Lama ini merupakan pertanda dari kedatangan-Nya sebagai manusia di kemudian hari.000 orang Asyur (II Raja-Raja 19:35).

Efesus 1:3-14. Kristus memiliki lima sifat yang secara khas dan jelas adalah ilahi: Kekal. Para murid ditugaskan untuk membaptis orang dalam nama Bapa. Memang Yesus adalah manusia yang paling luhur. Ajaran tentang keilahian Kristus sangat penting bagi iman Kristen. Membaca Perjanjian Baru sepntas kilas akan menunjukkan bahwa Allah Bapa banyak kali dikenal sebagai Allah (Yohanes 6:27. Kenyataan ini dapat dibuktikan dengan dua cara: melalui pernyataan-pernyataan dan kiasan-kiasan umum dan dengan menunjukkan bahwa ada tiga pribadi ke-Allahan yang diakui sebagai Allah. Yesus berdoa agar Bapa mengutus seorang Penolong yang lain (Yohanes 14:16). 3:18. dan Wahyu 1:4-5). Galatia 1:1). 2. Pernyataan-pernyataan dan kiasan-kiasan umum. 22:42). Bapa dikenal sebagai Allah. dan tidak berubah. a. Anak dan Roh Kudus (Matius 28:19). 1. Roh turun ke atas-Nya dan suara Allah terdengar dari surga serta menyatakan Yesus sebagai Anak yang dikasihi-Nya (Matius 3:1617). 153 . Perjanjian Baru menunjukkan bahwa Dia adalah Allah dengan berbagai cara. doa berkat rasuli mempersatukan ketiga oknum Tritunggal tersebut (II Korintus 13:13). Mahahadir. Anak dikenal sebagai Allah. Mahatahu.Ajaran tentang Trinitas diuraikan dengan lebih jelas dalam Perjanjian Baru daripada Perjanjian Lama. 3. Beberapa kali ketiga pribadi Tritunggal ditampilkan bersama dan nampaknya setaraf satu dengan yang lain. ‖Apakah pendapatmu tentang Kristus‖ merupakan pertanyaan utama dalam kehidupan setiap orang Kristen (Matius 16:15. Mahakuasa. I Petrus 1:2. Lagi pula. Ketiga pribadi dalam Tritunggal itu bergabung bersama-sama dalam melaksanakan pekerjaan Mereka (I Korintus 12:4-6. Roma 1:7. namun Ia jelas jauh lebih besar daripada manusia biasa. Pada saat Yesus dibaptis. Sifat-sifat Ilahi.

serta keadaan dan akhirnya zaman ini (Matius 24.. Ia mengenal Bapa dengan sangat akrab dan tak seorang pun yang dapat mengenal Bapa seperti itu (matius 11:27). Beberapa contoh tentang kemahatahuan-Nya diuraikan dalam kitab-kitab Injil. Ia merasa heran atas ketidakpercayaan orang Israel (Markus 6:6). Yesus tahu segala sesuatu (Yohanes 16:30. sebelum Abraham (Yoh 8:58). Yesus itu mahahadir. Memang harus diakui ada beberapa pernyataan Yesus yang seakan-akan menunjukkan bahwa Ia tidak mahatahu. Ibrani 1:11-12. waktu dan cara-Nya meninggalkan dunia ini (Matius 16:21.‖ (Kolose 1:15). 24). Sesungguhnya. 13:1). Ia berada di surga sekalipun sedang berada di bumi (Yohanes 3:13) dan berada di bumi ketika Ia di surga (Matius 18:20. bandingkan dengan I Yohanes 1:1) dan sebenarnya. 21:17). dan bahkan sebelum dunia dijadikan (Yohanes 17:5. Ia sudah ada bukan saja sebelum Yohanes pembaptis (Yoh 1:15). ia mengetahui riwayat hidup wanita Samaria itu (Yohanes 4:29). Ia tetap ada (Yesaya 9:5-6. Yesus itu mahatahu. lebih utama dari segala yang diciptakan. Hidup yang diberikan Bapa kepada-Nya merupakan suatu proses yang kekal (Yohanes 5:26. Dan mengenai masa depan. yang sudah ada ‖pada mulanya‖ (Yohanes 1:1. melainkan Dialah ‖.25). Yesus itu kekal. 13:8). Ia juga mengetahui siapa yang akan mengkhianati-Nya (Yohanes 6:70-71). 11:17). dan tercatat pula bahwa Ia mendekati sebatang pohon ara dengan harapan untuk mendapatkan buah ara 154 . ―sejak dahulu kala‖ (Mikha 5:1). di dalam Dia ‖tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan‖ (kolose 2:3). Yohanes 12:33.. 3. 28:20). Ia mengetahui apa yang ada di dalam hati manusia (Yohanes 2:24-25). Yesus tidak mengetahui saat Ia akan datang untuk kedua kalinya (Markus 13:32).yang sulung. Ia memenuhi segala sesuatu (Efesus 1:23). bandingkan Yohanes 1:4). 2. pikiran manusia (Lukas 6:8..1..

11:25). Yesus itu mahakuasa 5. 4. Di masa yang akan datang. 13:8). Markus 5:35-43. Jabatan-jabatan ilahi. Allah bapa tidak mengizinkan-Nya memakai kemahatahuan-Nya dalam kasus-kasus tersebut. Pekerjaan tersebut adalah pekerjaan ilahi ( II Petrus 3:5-7). 45. Pastilah. Kolose 1:16. Yesus tidak memakai sifat-sifat ilahi-Nya sekehendak hati-Nya. Hak-hak istimewa Allah. Ibrani 1:10) serta penopang segala sesuatu yang ada (Kolose 1:17. Yesus adalah Pencipta (Yohanes 1:3. 18:18 dan Yohanes 20:23 dengan Kisah 8:20-22 dan I Yohanes 1:9). Ia akan membangkitkan orang mati pada hari Kebangkitan (Yohanes 5:25-29. janji serta diri-Nya sendiri. kenyataan ini tidak mencegah kemungkinan bahwa Ia dapat memberikan beberapa manifestasi lainnya. mereka akan 155 .pada pohon itu (Markus 11:13). b. Kristus mengampuni dosa (Matius 9:2. 6:39-40. ataupun membatasi beberapa perintah dan tujuan-Nya kepada masa dan orang tertentu saja. mereka akan dibangkitkan dari tubuh yang busuk dan dari kematian. semua orang kudus-Nya akan dibangkitkan. Sekalipun demikian. sekarang Yesus tahu saat kedatangan-Nya untuk kedua kalinya. Tidak ada satu orang murid pun yang berani mengatakan bahwa ia memiliki wewenang ini (bandingkan matius 16:19. Lukas 7:4748). Hal ini berlaku bagi semua rencana. Ibrani 1:3). Kebangkitan ini akan berbeda sifatnya dengan kebangkitan tiga orang mati yang dilakukan-Nya ketika Ia di bumi (Lukas 7:12-16. c. Yohanes 11:38-44). Tidak ada hal yang kebetulan ataupun hukum alam yang menciptakan alam semesta atau menopang alam semesta. Namun. Yesus tidak berubah (Ibrani 1:12. haruslah diingat bahwa pada masa Ia merendahkan diri-Nya. 6.

dan orang fasik yang sudah mati (kisah 10. jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam 'nama' ('ONOMA') Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Iblis (Kejadian 3:15). Apa yang dalam PL dikatakan mengenai yehova juga dikatakan mengenai Kristus dalam Perjanjian Baru. binatang itu beserta para pengikutnya (Wahyu 19:15. II Korintus 5:10). dan mereka akan dibangkitkan oleh kuasa Roh Kudus. Ia disamakan dengan Yehova dari Perjanjian Lama. I Petrus 4:5). Ia adalah pencipta (Mazmur 102:26-28) Tidak ada kata Trinitas/Tritunggal dalam Alkitab. 19-20) dan bangsa-bangsa (Matius 25:31-32. d.42. Ia akan menghakimi (Yohanes 5:22) orang-orang percaya (Roma 14:10." 156 . "Karena itu pergilah.bangkit dan takkan mati lagi. Kisah 17:31). tetapi para bapa Gereja mulamula merumuskannya dengan dasar Alkitabiah : Contoh ayat yang menjadi dasar Paham Trinitas : Matius 28:19. II Timotius 4:1. apa yang dimaksud dengan Trinitas (Tritunggal) ? JAWAB : Memahami ketritunggalan sama halnya dengan memahami hakekat Allah itu sendiri. Dan akhirnya. Meskipun kata ‗TRINITAS‘ tidak ada dalam Alkitab. Mustahil kita percaya kepada Allah tanpa memahami hakekat-Nya yang meskipun tidak terbatas tetapi berkenan memberikan penyataan tentang diri-Nya di dalam Alkitab sesuai dengan kemampuan akal kita yang terbatas.

" – 157 . dan Roh Kudus. bukan dengan ‗ONOMATA‘ bentuk jamak.Bapa dan Anak dan Roh Kudus. "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. 'ONOMATA' Bapa. 'ONOMATON' Datif. 'ONOMA' Jamak: Nominatif. 'ONOMATA' Genitif. oleh kalangan non kristiani dipandang seolah-olah 3 person atau bahkan politheisme (3 Allah). Text bahasa aslinya adalah demikian : "POREUTHENTES OUN MATHETEUSATE PANTA TA ETHNE BAPTIZONTES AUTOUS EIS TO 'ONOMA' TOU PATROS KAI TOU HUIOU KAI TOU HAGIOU PNEUMATOS" Perubahan bentuk kata 'ONOMA': Tunggal: Nominatif. 'ONOMA' Genitif. 'ONOMATI' Akusatif. Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan ‗ONOMA‘ bentuk tunggal. 'ONOMATOS' Datif. Anak. 'ONOMASIN' Akusatif. masing-masing bukanlah "nama". Konsep ini tidak bertentangan dengan TANAKH IBRANI : Salah satu contoh ayat : Kejadian 1:1.

"Dengarlah. "baptislah mereka dalam nama"--> 'ONOMA' (single). Alkitab mengajar dengan jelas bahwa Allah itu Esa : Ulangan 6:4. hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya. Arti dari paham ini ialah bahwa Allah itu satu adanya. TUHAN itu esa!" SYEMA' {dengarlah} YISRÂ'ÊL {wahai Israel} YHVH {baca: 'ADONÂY. Tuhan Allah kita. Monoteisme jelas sekali dalam kata-kataNya. HO DE {dan} IÊSOUS {Yesus} APEKRITHÊ {Dia menjawab} AUTÔ {kepadanya} HOTI {bahwa} PRÔTÊ {pertama} PASÔN {dari segala} TÔN ENTOLÔN {perintahperintah} AKOUE {dengarlah engkau} ISRAÊL {Israel} KURIOS {Tuhan} HO THEOS {Allah} HÊMÔN {kita} KURIOS {Tuhan} HEIS {satu} ESTIN {Dia adalah} Paham Trinitas sama sekali tidak berarti adanya tiga allah sebagaimana yang dibayangkan secara salah oleh beberapa kalangan. Tuhan itu esa. "Karena itu pergilah. Yesus tidak berkata baptislah 158 . hai orang Israel. jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" (Matius 28:19)."BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {(Dia) menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}" Kata Allah dalam bahasa Ibrani 'ELOHIM menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal. TUHAN) 'ELOHÊYNU {Allah kita} YHVH {baca: 'ADONÂY. esa} Yesus sendiri menekankan pentingnya ajaran Kitab Suci ini tentang ke-Esa-an Allah : Markus 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah. TUHAN} 'EKHÂD {satu. hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita.

mereka dalam nama-nama 'ONOMATA' (plural) Bapa. yang satunya dibedakan dengan yang lain. dan Roh Kudus. Kata Allah dalam bahasa Ibrani 'ELOHIM menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal. yaitu golongan Farisi. Banyak doktrin-doktrin Katolik yang dirumuskan kembali oleh kalangan Protestan bahkan ada yang ditentang habis-habisan. berbeda pula dengan Calvin. Ia telah mendapat pelajaran dari Gamaliel yang 159 . Anak. Saya meyakini keesaan Allah yang multi-kompleks. Allah Bapa. Paulus adalah orang Ibrani asli dan pengikut aliran paling keras. tapi juga memberi kebanggaan yang besar. 'ONOMA' TOU PATROS KAI TOU HUIOU KAI TOU HAGIOU PNEUMATOS" (lihat penjelasan diatas) Allah yang Esa bukan berarti Allah seperti seonggok batu. Saat itu Gereja mengakui Allah Tritunggal tetapi tidak memberi penjelasan secara teologis. saat itu dirumuskan tentang Allah Tritunggal. Dalam abad-abad sesudah Konsili di Nikea itu pergumulan tentang perumusan Tritunggal masih belum mencapai kata sepakat yang memuaskan segala pihak. yang bersama-sama disembah dan dimuliakan. Hal ini bukan hanya memberi dampak yang mendalam atasnya. hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks. Namun Keesaan dipaparkan dengan jelas dalam kata-kataNya. Rumusan Calvin adalah persona atau pribadi Allah Tritunggal sebagai suatu hal yang berdiri sendiri di dalam kehidupan ilahi. bahkan cenderung membingungkan. karena sifat-sifat ilahi yang khas ilahi semata-mata. Ajaran Allah Tritunggal dirumuskan dalam Konsili di Nikea tahun 325 Masehi. misalnya Bapa adalah Allah namun Bapa berbeda dengan Anak meskipun Anak adalah Allah pula. PAULUS DAN TRINITAS Ajaran Allah Tritunggal (Trinitas) adalah produk era Katolik. Rumusan Tritunggal menurut Augustinus berbeda dengan Thomas Aquinas. Anak dan Roh Kudus.

bahwa aku telah hidup sebagai seorang Farisi menurut mazhab yang paling keras dalam agama kita. seperti yang dikenal Paulus itu. Namun agama Yahudi adalah pencarian tentang pembenaran. teristimewa di luar Yudea. Sebab banyak dari bahan yang dimiliki tentang agama Yahudi diambil dari sumber-sumber yang kemudian. seperti yang disaksikan oleh Gulungan-gulungan Laut Mati. Ia tahu bahwa pembenaran oleh amal tidak mungkin. Agama Yahudi pada hakekatnya adalah agama legalistis dalam pendekatannya. Lagi pula dalam ajaran Yahudi sendiri terdapat pengaruh-pengaruh Helenisme. dan telah berkembang lebih maju daripada kebanyakan temannya sezaman dalam soal agama Yahudi. "Sudah lama mereka mengenal aku dan sekiranya mereka mau. yang tidak menawarkan alat-alat yang cocok untuk mendapatkan kebenaran itu. karena ia sendiri telah mengalaminya sebagai hal yang tidak mungkin. tanpa menunjuk kepada ketegangan-ketegangan yang ada dalam pikiran Paulus sebelum ia bertobat. menghadapi banyak kesukaran. Barangkali 160 . Bahwa Paulus dikecewakan sekali di bawah sistem itu terang dari sikapnya. dan tidak ada sistem keagamaan yang akan pernah dapat memuaskan jiwa Paulus. Tapi bentuk-bentuknya yang lebih maju baru timbul pada zaman yang lebih kemudian daripada zaman Paulus.masyhur itu." Tiap usaha untuk merumuskan bagaimana sifat yang sebenarnya dari agama Yahudi pada abad pertama. Tidak mungkin untuk menghargai beberapa dari corak yang menguasai teologia Paulus. Kisah Para Rasul 26:5. Bahkan juga di Palestina sendiri muncul kecenderungankecenderungan yang menampakkan beberapa sinkretisme di antara gagasan Yahudi dan Helenisme. Agama Yahudi yang dikuasai para rabi memang gamblang memiliki banyak akar yang kuat pada abad pertama. mereka dapat memberi kesaksian. jika ia menunjuk kepada pengalamannya yang telah lalu.

" epeiper heis ho theos hos dikaiôsei peritomên ek pisteôs kai akrobustian dia tês pisteôs 1 Korintus 8:4. "Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa (oudeis theos heteros ei mê heis). Sebagai Yahudi. namun pada hakekatnya caranya menggunakan Kitab-kitab Perjanjian Lama adalah cara Yahudi. Paulus banyak berhutang kepada warisan Yahudinya. Tapi Paulus melihat pernyataan Allah pada perbuatan-perbuatan-Nya dalam sejarah. yang menafsirkan sejarah Alkitab secara alegoris. Roma 3:30. Allah didekatkan di dalam Yesus Kristus. tapi dalam teologia Kristen Paulus tidak ada persoalan tentang Allah yang jauh.inilah (lebih daripada konsep tunggal lain yang mana pun). yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman.‖ 1 Korintus 8:6. "Artinya. kalau ada satu Allah. Sekalipun dalam banyak hal ia memakai naskah Septuaginta (LXX). Lebih dari itu ia memiliki keyakinan tentang kekudusan Allah. yaitu Bapa. yang disumbangkan oleh latar belakang Yahudinya pada perkembangan teologia Paulus. Suatu corak lain dari pendekatan keagamaan Paulus adalah besarnya pengaruh Perjanjian Lama atas dia. "namun bagi kita hanya ada satu Allah saja. Tapi tidak dapat diragukan bahwa bagi konsepsinya yang mulia tentang Allah. yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup. Dalam hal ini bertentangan dengan Filo dari Alexandria. yaitu Yesus 161 . Dalam agama Yahudi kepercayaan ini memimpin kepada transendentalisme. Paulus kuat kepercayaannya kepada Allah yang satu dan benar. maupun orang-orang tak bersunat juga karena iman. dan satu Tuhan saja.

"Seorang pengantara bukan hanya mewakili satu orang saja. Pandangannya tentang Allah tinggi. tapi ia tidak mengikuti kesalahan orang Yahudi sezamannya. Paulus tidak pernah dapat melepaskan diri dari gagasan. Pandangan itu pada hakekatnya juga sama dengan yang terdapat dalam ajaran Yesus. Ia tahu benar kasih Allah di dalam Kristus dan tidak pernah jemu untuk mengucapkan hal itu. Yesus Kristus sendiri senantiasa berpatokan kepada Perjanjian Lama sedangkan monotheisme adalah dasar dan inti Perjanjian Lama." Pandangan Paulus tentang Allah dipengaruhi sekali oleh Perjanjian Lama dan oleh kepercayaan Yahudi yang konsekuen. Klimaks Perjanjian Lama adalah Allah sendiri yang telah turun ke bumi untuk melaksanakan penyelamatan dunia dalam rupa Mesias yang ilahi. yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia." all hêmin heis theos ho patêr ex ou ta panta kai hêmeis eis auton kai heis kurios iêsous khristos di ou ta panta kai hêmeis di autou Galatia 3:20. yang menjadikan Allah jauh sekali (transendentalisme). dibenarkan dalam Roh. 1 Timotius 3:16. Konsepnya tentang Allah dikuasai oleh gagasan tentang kasih karunia. yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat. Perjanjian Lama tidak menulis bahwa Allah yang Esa terdiri atas tiga pribadi yang berbeda.Kristus. yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. bahwa seluruh proses keselamatan itu adalah inisiatif Allah dan tidak tergantung pada usaha manusia. diberitakan di antara bangsa-bangsa 162 . sedangkan Allah adalah satu (theos heis estin). yaitu kebaikan Allah yang bukan berdasarkan kelayakan manusia. tangan Tuhan. Manusia Ilahi. "Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia (naskah Yunani: Allah).

“Kamu sama dengan Firaun itu sendiri” (Kej. sesuatu yang Yesus kenyataannya berkata demikian pada Yohanes 5:17. Yesus menggunakan kuasa dan otoritas Tuhan di atas bumi. 44:18).” Kita percaya bahwa Yohanes 5:18 harus ditangani seperti ayat lain yang menyebutkan persamaan (equal). 1. Sebagai contoh.” dan menyusun “satu dzat” hanya disebabkan mereka disebut “sama. sama dengan Firaun. yang dulu menggunakan otoritas dan kuasa Firaun. Ketika Kristus berkata bahwa Tuhan adalah Bapanya. Paul menulis tentang orang-orang yang ingin dipertimbangkan “sama dengan kami” (2 Kor. 11:12). Dengan teliti arsip mengenai yang Yesus sedang berkata bahwa Tuhan adalah Bapanya. Farisi dengan tepat menafsirkan bahwa itu berarti bahwa ia mempunyai otoritas Tuhan di atas bumi. Yehuda berkata kepada dia. atau bahwa ia adalah “Tuhan Putra. Orang-orang di dalam waktu dan kultur Alkitab mengetahui bahwa anak-anak sering membawa otoritas keluarga." theos ephanerôthê en sarki KESETARAAN YESUS DAN BAPA Yohanes 5:18b Tetapi juga karena ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapanya sendiri dan dengan demikian menyamakan dirinya dengan Allah. putra seorang raja mempunyai otoritas. ini adalah fakta bahwa ia bukan Tuhan itu sendiri. 3. Ayat ini tidak mendukung Tritunggal.yang tidak mengenal Allah.” Itu telah jelas bahwa otoritas Yesus datang dari Bapa. 2. Tidak ada Kristian yang percaya bahwa Yusuf dan Firaun atau Paul dan lawannya adalah “satu substansi. yang bukan bahwa ia sendiri Tuhan. 163 . yang dipercayai di dalam dunia. sehingga “sama” dengan Tuhan dengan cara yang sama Yusuf. Sebagai contoh. ketika Yusuf sedang menguasai Mesir di bawah Firaun. Konsep orang-orang menjadi “sama” ditemukan di beberapa tempat di dalam Alkitab. diangkat dalam kemuliaan.

menjadikan diri-Nya sendiri identik dengan Allah TUNGGAL Nominatif Maskulin isos Feminin isê Netral ison Genitif Maskulin isou Feminin isês Netral isou Datif Maskulin isô Feminin isê Netral isô Akusatif Maskulin ison 164 . Translit. dia touto oun mallon ezêtoun auton hoi ioudaioi apokteinai hoti ou monon eluen to sabbaton alla kai patera idion elegen ton theon ison heauton poiôn tô theô ison heauton poiôn tô theô.Jawab : Yohanes 5:18b Tetapi juga karena ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapanya sendiri dan dengan demikian menyamakan dirinya dengan Allah.

Feminin isên Netral ison JAMAK Nominatif Maskulin isou Feminin isai Netral isa Genitif Maskulin isôn Feminin isôn Netral isôn Datif Maskulin isois Feminin isais Netral isois Akusatif Maskulin isous Feminin isas Netral isa 1. Orang-orang di dalam waktu dan kultur Alkitab mengetahui bahwa anak-anak sering membawa otoritas keluarga. Ketika Kristus berkata bahwa Tuhan adalah Bapanya. Sebagai contoh. putra seorang raja mempunyai otoritas. 165 .

Yehuda berkata kepada dia. Konsep orang-orang menjadi “sama” ditemukan di beberapa tempat di dalam Alkitab. sesuatu yang Yesus kenyataannya berkata demikian pada Yohanes 5:17. ketika Yusuf sedang menguasai Mesir di bawah Firaun. 2. izinkanlah kiranya hambamu ini mengucapkan sepatah kata kepada tuanku dan janganlah kiranya bangkit amarahmu terhadap hambamu ini. sebab tuanku adalah seperti Firaun sendiri. “Kamu sama dengan Firaun itu sendiri” (Kej. 44:18). 166 . yang bukan bahwa ia sendiri Tuhan. Sebagai contoh. Jawab: Yohanes 5:18 ini tidak membicarakan Tritunggal. Tuduhan : 3. atau bahwa ia adalah “Tuhan Putra. tetapi perikop Yohanes 5:18 plus ayat-ayat sebelum dan sesudahnya menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Allah. tidak ada unsur Roh Kudus disebutkan di situ. Ayat ini tidak mendukung Tritunggal. VAYIGASY 'ÊLÂV YEHÛDÂH VAYO'MER BÎ 'ADONÎ YEDABER-NÂ' 'AVDEKHA DÂVÂR BE'ÂZENÊY 'ADONÎ VE'AL-YIKHAR 'APEKHA BE'AVDEKHA KÎ KHÂMÔKHA KEFAR'OH. Translit. ini adalah fakta bahwa ia bukan Tuhan itu sendiri. Jawab : Kejadian 44:18 Lalu tampillah Yehuda mendekatinya dan berkata: "Mohon bicara tuanku. Dengan teliti arsip mengenai yang Yesus sedang berkata bahwa Tuhan adalah Bapanya.” Itu telah jelas bahwa otoritas Yesus datang dari Bapa.Farisi dengan tepat menafsirkan bahwa itu berarti bahwa ia mempunyai otoritas Tuhan di atas bumi.

‖ dan menyusun ―satu dzat‖ hanya disebabkan mereka disebut ―sama. Jawab : 2 Korintus 11:12 Tetapi apa yang kulakukan. Tuduhan : Paulus menulis tentang orang-orang yang ingin dipertimbangkan “sama dengan kami” (2 Kor. Tuduhan : Tidak ada Kristian yang percaya bahwa Yusuf dan Firaun atau Paul dan lawannya adalah ―satu substansi. dengan. Ungkapan KÎ KHÂMÔKHA KEFAR'OH. terjemahan Tanakh Ibrani ke dalam bahasa Yunani menerjemahkannya dengan HOTI SU EI META PHARAÔ. tuanku adalah seperti Firaun sendiri. menggunakan preposisi META. Septuaginta. identik.LXX. tidak menggunakan kata dengan makna isos seperti Yohanes 5:18. bukan isos. Paulus menggunakan kata Yunani kathos. Yunani) kami dalam hal yang dapat dimegahkan.‖ Kita percaya bahwa Yohanes 5:18 harus ditangani seperti ayat lain yang menyebutkan persamaan (equal). akan tetap kulakukan untuk mencegah mereka yang mencari kesempatan guna menyatakan. eggisas de autô ioudas eipen deomai kurie lalêsatô ho pais sou rhêma enantion sou kai mê thumôthês tô paidi sou hoti su ei meta pharaô Bahasa Ibrani Perjanjian Lama berbeda dengan bahasa Yunani Perjanjian Baru karena tidak ada dua bahasa yang persis sama. bahwa mereka sama dengan (kathos. seperti. 11:12). Yesus menggunakan kuasa dan otoritas Tuhan di atas 167 .

hos en morphê theou huparkhôn oukh harpagmon êgêsato to einai isa theô Wahyu 21:16 Kota itu bentuknya empat persegi. bahkan persamaan hakekat. Pahami dulu kata equal dalam bahasa aslinya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia.-isos) dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. tidak menganggap kesetaraan (. kai hê polis tetragônos keitai kai to mêkos autês tosouton estin hoson kai to platos kai emetrêsen tên polin tô kalamô epi stadiôn dôdeka khiliadôn to mêkos kai to platos kai to hupsos autês isa estin Maka Kata Yunani isos merujuk kepada persamaan kuantitas dan kualitas. panjangnya sama dengan lebarnya. Filipi 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah. yang dulu menggunakan otoritas dan kuasa Firaun. Translit. panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama (isos).bumi. sama dengan Firaun. bahwa Yesus Kristus adalah Allah. Translit.s. equal. sehingga ―sama‖ dengan Tuhan dengan cara yang sama Yusuf. Jawab : Ayat-ayat yang dikutip sama sekali tidak berhubungan dengan isos.. niscaya Anda bakal kaget. 168 .

(Injil Matius 24:11) Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan. dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari padaKu. dan mengusir setan demi nama-Mu. bukankah kami bernubuat demi nama-Mu. tetapi celakalah orang yang mengadakannya. lalu ia dilemparkan ke dalam laut. dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini. ampunilah dia. Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. dan jikalau ia menyesal. (Injil Lukas 17:1-2) 169 . Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya. Tuhan. seruan Yesus kepada PARA NABI PALSU) Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan.Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan. Untuk itu. kamu sekalian pembuat kejahatan!" (Injil Matius 7:22-23.PENUTUP AWAS AJARAN SESAT! Begitu banyak ajaran sesat yang telah ada sejak dari zaman Yesus sampai pada saat ini. tegorlah dia. Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa. melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. peringatan yang sama pun penulis kutip: Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Ketika mempelajari topik ini kita perlu ingat bahwa kata ―Tritunggal (Trinitas)‖ tidak digunakan dalam Alkitab. yaitu Allah yang terdiri dari tiga Pribadi yang berada bersama dalam kekekalan. Alkitab mengajarkan bahwa Bapa adalah Allah. karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau. Tritunggal adalah konsep yang tidak mungkin dapat dimengerti secara penuh oleh manusia apalagi untuk dijelaskan. Meskipun kita memahami beberapa hal mengenai hubungan antar Pribadi dalam Tritunggal. Tritunggal berarti satu Allah yang terdiri dari tiga Pribadi. Yesus adalah Allah. Timotius yang tentunya juga ditujukan bagi setiap orang Kristen: ”Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Haruslah dimengerti bahwa ini TIDAK berarti ada tiga Allah. Alkitab juga mengajarkan bahwa hanya ada satu Allah.” (I Timotius 4: 16) Apa ajaran Alkitab mengenai Tritunggal? Hal yang paling sulit dalam konsep Kristiani mengenai Tritunggal adalah tidak adanya penjelasan yang cukup untuk itu.Perhatikan juga Nasihat dan Perintah Rasul Paulus kepada anak rohaninya. Namun demikian. Bertekunlah dalam semuanya itu. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan ketritunggalan Allah. Allah jauh lebih besar dan agung dari kita karena itu jangan berharap bahwa kita dapat memahami Dia secara penuh. Tidak ada salahnya 170 . dan Roh Kudus adalah Allah. pada akhirnya kita tetap tidak dapat mengerti secara keseluruhan. tidak berarti bahwa Tritunggal tidak benar atau bukan berdasarkan ajaran Alkitab.

kata ―Elohim‖ adalah dalam bentuk jamak. Abraham adalah kakek dari Yakub. Bandingkan Yesaya 61:1 dengan Lukas 4:14-19 untuk melihat bahwa yang berbicara adalah Anak. Setelah pendahuluan ini. Dalam Bahasa Inggris hanya ada dua bentuk kata. Matius 3:16-17 menggambarkan peristiwa pembaptisan Yesus. bentuk dual digunakan untuk hal-hal yang berpasangan. telinga dan tangan. Lebih gampang mengucapkan ―Tritunggal‖ atau ―Trinitas‖ daripada mengatakan ―Allah yang Esa yang terdiri dari tiga Pribadi yang berada bersama dalam kekekalan. Kata ―Elohim‖ dan kata ganti ―kita‖ adalah dalam bentuk jamak. seperti mata. coba pertimbangkan: kata kakek juga tidak ada dalam Alkitab walaupun kita tahu bahwa dalam Alkitab ada banyak kakek. 2 Korintus 13:14. 1 Timotius 2:5 2) Tritunggal terdiri dari tiga Pribadi: Kejadian 1:1. kata jamak ―kita‖ yang digunakan. Apa yang penting adalah bahwa konsep yang DIWAKILI oleh kata ―Tritunggal‖ ada dalam Alkitab. 1 Korintus 8:4. tunggal dan jamak. 11:7. pemahaman Bahasa Ibrani sangatlah menolong.‖ Jikalau Anda keberatan dengan ini. Dalam peristiwa ini kelihatan bahwa Allah Roh Kudus turun ke atas Allah Anak sementara pada saat bersamaan Allah Bapa menyatakan bagaimana Dia 171 . Dalam Kejadian 1:26. Jadi jangan kandas pada istilah ―Tritunggal‖ itu sendiri. Dalam Kejadian 1:1. 11:7 dan Yesaya 6:8. 48:16. Matius 3:16-17. 3:22. Matius 28:19. kita akan melihat ayat-ayat Alkitab yang mendiskusikan Tritunggal. Dalam Bahasa Ibrani. Anak. Untuk ayat-ayat dari Perjanjian Lama. 61:1. 3:22. Dalam Yesaya 48:16 dan 61:1 sang Anak berbicara dan merujuk pada Bapa dan Roh Kudus. Dalam Bahasa Ibrani ada tiga macam bentuk kata: tunggal.menggunakan istilah Tritunggal atau Trinitas walaupun istilah ini tidak ditemukan dalam Alkitab. Galatia 3:20. dual dan jamak. 1) Allah itu Esa: Ulangan 6:4. Roh Kudus).jelas lebih dari dua – dan menunjuk pada tiga atau lebih dari tiga (Bapa. Dual HANYA digunakan untuk dua. 1:26. Yesaya 6:8.

dan Anak tunduk (subordinasi) kepada Bapa.Sang Bapa. dan khususnya Yohanes 16:13-14. 1 Yohanes 4:14. Roh Kudus dibedakan dari ―TUHAN‖ (Bilangan 27:18) dan dari ―Allah‖ (Mazmur 51:12-14). Ini mungkin adalah bagian dari Allah yang tidak terbatas yang tidak dapat dimengerti oleh pikiran kita yang terbatas. 1 Korintus 3:16 (Yang mendiami adalah Roh Kudus – Roma 8:9. yaitu Roh Kudus. 14. Dalam Perjanjian Lama. 14:26. Roh Kudus adalah Allah: Kisah Rasul 5:3-4. Mengenai Anak. Yohanes 14:16-17. Ibrani 1:8. Roma 1:7. Yohanes 5:36. Hosea 1:4). Kisah Rasul 2:1-4). Yesus berbicara kepada Bapa tentang mengutus Sang Penolong. . Kolose 2:9. 172 . Yohanes 5:20. Yohanes 14:16-17. 15:26. 3) Pribadi-Pribadi dalam Tritunggal dibedakan dari satu dengan yang lainnya dalam berbagai ayat. Roma 9:5. 16:7. ―TUHAN‖ berbeda dari ―Tuhan‖ (Kejadian 19:24. Anak adalah Allah: Yohanes 1:1. Bapa adalah Allah: Yohanes 6:27. Matius 28:19 dan 2 Korintus 13:14 adalah contoh mengenai tiga Pribadi berbeda dalam Tritunggal. Mengenai Roh Kudus lihat Yohanes 14:16. Yohanes 20:21. Apakah Dia berbicara kepada diri sendiri? Tidak. 5) Subordinasi dalam Tritunggal: Alkitab memperlihatkan bahwa Roh Kudus tunduk (subordinasi) kepada Bapa dan Anak. Ini adalah relasi internal dan tidak mengurangi atau membatalkan keillahian dari setiap Pribadi dalam Tritunggal. 12. Perhatikan pula saatsaat lain dalam kitab-kitab Injil ketika Yesus berbicara kepada Bapa.berkenan dengan sang Anak. Amsal 30:2-4). TUHAN memiliki ―Anak‖ (Mazmur 2:7. Dia berbicara kepada Pribadi lainnya dalam Tritunggal. Dalam Perjanjian Baru. 1 Petrus 1:2. Allah Anak dibedakan dari Allah Bapa (Mazmur 45:7-8. lihat Lukas 22:42. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus tidak memandang diriNya sebagai Bapa atau Roh Kudus. 4) Setiap Pribadi dalam Tritunggal adalah Allah. Ibrani 1:8-9).

Bapa. dan pekerjaan-pekerjaan Yesus (Yesaya 61:1. Yohanes 16:12-15. Yohanes 4:42). walaupun ilustrasi-ilustrasi ini memberi gambaran mengenai Tritunggal. Kolose 1:1617). dan 3) keselamatan (Yohanes 3:6. Anak dan Roh Kudus bukanlah bentuk-bentuk dari Allah. Matius 11:27. Bapa MEMULAI semua ini. setiap Pribadi itu adalah Allah. Ilustrasi yang menggunakan air sedikit lebih bagus dalam menjelaskan Tritunggal. 3) keselamatan (2 Korintus 5:19. Telur (atau apel) tidak tepat karena kulit telur. Allah yang tidak terbatas 173 . putih telur dan kuning telur. 14:10). Anak dan Roh Kudus bukanlah bagian dari Allah namun setiap mereka adalah Allah. semua adalah bagian dari telur dan bukan secara sendirinya telur. Yohanes 16:12-15. Kisah Rasul 10:38). Matius 11:27. Ayub 26:13. Efesus 3:5. Titus 3:5. Yohanes 1:3. Bapa. namun tetap tidak cukup. 2 Petrus 1:21). Wahyu 1:1). Tidak ada ilustrasi-ilustrasi yang sering dipakai yang dapat dengan akurat menjelaskan Tritunggal. uap dan es adalah bentuk-bentuk dari air. c) keselamatan (Yohanes 3:16-17). Cairan. 2) pewahyuan illahi (Yohanes 1:1. Yohanes 1:3. b) pewahyuan illahi (Yohanes 1:1. Dengan demikian. 2) pewahyuan illahi (Yohanes 16:12-15. Bapa melakukan semua ini dengan kuasa Roh Kudus. Wahyu 1:1). gambaran yang diberikan tidak selalu akurat. 1 Petrus 1:2). Roh Kudus adalah alat yang dipakai Bapa untuk melakukan karya-karya berikut ini: 1) penciptaan dan memelihara alam semesta (Kejadian 1:2. Bapa melakukan semua ini melalui Anak yang berfungsi sebagai Agen Allah. Anak adalah agen yang melalui-Nya Bapa melakukan karya-karya sbb: 1) penciptaan dan memelihara alam semesta (1 Korintus 8:6. Mazmur 104:30).(6) Pekerjaan dari setiap Pribadi dalam Tritunggal: Bapa adalah Sumber utama atau Penyebab utama dari a) alam semesta (1 Korintus 8:6. dan d) pekerjaan Yesus sebagai manusia (Yohanes 5:17. Matius 1:21. Kolose 1:1617).

mempersembahkan binatang dan mengambil bagian dalam upacara pemujaan yang aneh. Kedua kelompok ini 174 . Dalam soal agama. ajaran sesat adalah kelompok yang mengajarkan sesuatu yang akan membuat orang tidak dapat diselamatkan jika dia percaya pada pengajaran itu. ajaran sesat adalah kelompok yang mengklaim sebagai Kristen namun menolak kebenaran dasar dari keKristenan yang Alkitabiah. Apa definisi ajaran sesat? Dalam pikiran kita. Dua pengajaran yang paling umum dari ajaran sesat adalah bahwa Yesus bukan Allah dan bahwa keselamatan bukan hanya berdasarkan iman. Penyangkalan terhadap keselamatan berdasarkan iman semata-mata mengakibatkan keselamatan dicapai melalui perbuatan kita – sesuatu yang secara tegas dan konsisten ditolak oleh Alkitab. Definisi keKristenan mengenai ajaran sesat adalah kelompok religi yang menyangkal satu atau lebih dasar-dasar kebenaran Alkitab. Dua contoh ajaran sesat yang paling ternama adalah Saksi Yehowa dan Mormon. cobalah fokuskan diri pada kebesaran Allah dan bahwa Dia jauh lebih agung dari kita. alangkah dalamnya kekayaan. kita sering berpikir bahwa ajaran sesat adalah kelompok pemuja Setan. Daripada menfokuskan diri pada Tritunggal. siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?‖ (Roma 11:33-34). Penyangkalan terhadap keilahian Kristus mengakibatkan kematian Kristus tidak cukup untuk membayar hutang dosa kita. Atau dalam istilah yang lebih sederhana. jahat dan sadis.tidak dapat digambarkan secara penuh dengan ilustrasi yang terbatas. hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! Sebab. ―O. Dalam kenyataannya kebanyakan ajaran sesat kelihatan tidak ada salahnya.

22:13. Contoh dari ayat-ayat Alkitab yang mengajarkan keillahian Kristus dapat dilipatgandakan (lihat Wahyu 1:17. ―Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita‖ dan menunjuk bahwa sebelum Yesus berinkarnasi. para muridNya juga mengakui keillahian Kristus. Namun karena mereka menolak keilahian Kristus dan keselamatan hanya berdasarkan iman membuat mereka memenuhi kriteria ajaran sesat. Banyak penganut Saksi Yehowa. Mormon dan ajaran-ajaran sesat lainnya adalah ―orang-orang baik‖ yang dengan sungguh-sungguh mencari Tuhan dan dengan tulus percaya bahwa mereka memiliki kebenaran. ―Tuhanku dan Allahku!‖ (Yohanes 20:28). bandingkan Mazmur 130:4. tetap untuk seterusnya dan selamanya‖ (Ibrani 1:8). Berhubungan erat dengan klaim yang terakhir ini. 175 . Harapan dan doa kita adalah banyak orang yang terlibat dalam ajaran-ajaran sesat ―Kristiani‖ akan dapat melihat kebenaran dan ditarik pada kebenaran keselamatan di dalam Yesus Kristus. Kolose 3:13. Yohanes mengatakan. ―Pada mulanya adalah Firman. 1 Korintus 10:4.mengaku Kristen. Yeremia 31:34). Saksi Yehowa dan Mormon percaya pada banyak hal yang sesuai dengan dan/atau yang mirip dengan apa yang diajarkan Alkitab. Yesus sudah ada dalam ―rupa Allah‖ (Filipi 2:5-8). Mereka mengklaim bahwa Yesus memiliki kuasa untuk mengampuni dosa. Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman [Yesus] itu adalah Allah‖ (Yohanes 1:1). Yesus juga disebut sebagai yang akan ―menghakimi orang yang hidup dan yang mati‖ (2 Timotius 4:1). Penulis Ibrani mengatakan tentang Yesus. namun keduanya menyangkali kedua doktrin dasar yang disebutkan di atas. ya Allah. 1 Petrus 2:6-8. sesuatu yang hanya dapat dilakukan oleh Tuhan karena dosa adalah melawan Tuhan (Kisah Rasul 5:31. Apakah keillahian Kristus bersifat Alkitabiah? Selain Yesus secara spesifik mengklaim diri-Nya sebagai Allah. Thomas berseru kepada Yesus. "Takhta-Mu. 2:8. Paulus menyebut Yesus.

Perbuatan-perbuatan yang hanya dapat dilakukan dikerjakan oleh Yesus. Jikalau Kristus tidak bersifat illahi. Yesus juga diberikan gelar-gelar yang hanya diberikan kepada Yahweh (nama resmi Allah) dalam Perjanjian Lama. ―Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah. Wahyu 1:7). Dia juga menciptakan dan memelihara alam semesta (yohanes 1:2. Dalam Zakharia 12:10 Yahweh berkata "dan mereka akan memandang kepada dia [Bahasa Inggris: ―kepadaKu‖] yang telah mereka tikam. Point ini bahkan menjadi lebih kuat ketika kita mengingat bahwa Yahweh mengatakan bahwa Dia sendirian ketika menciptakan 176 . Ibrani 13:20). Yesus disebut Imanuel (―Allah beserta kita‖ dalam Matius 1). maka Yesus adalah Yahweh. 95:1. Jikalau Yahweh adalah yang ditikam dan dipandang. 11:38-44) dan mengampuni dosa (Kisah Rasul 5:31. Gelar ―Penebus‖ dari Perjanjian Lama (Mazmur 130:7. Wahyu 5:9). Efesus 1:2). dan Yesus adalah yang ditikam dan dipandang. Lebih lanjut. Paulus menafsirkan Yesaya 45:22-23 dengan menerapkannya kepada Yesus dalam Filipi 2:10-11. Hosea 13:14) digunakan untuk Yesus dalam Perjanjian Baru (Titus 2:13. Bapa kita. 1 Petrus 5:4. Nama Yesus disandingkan kembali dengan nama Yahweh dalam perintah Yesus untuk membaptis ―dalam nama [bentuk tunggal] Bapa dan Anak dan Roh Kudus‖ (Matius 28:19. Yesus bukan hanya membangkitkan orang mati (Yohanes 5:21. dan dari Tuhan Yesus Kristus‖ (Galatia 1:3. Kolose 1:16-17). 13:38). ini adalah suatu penghujatan. Dalam Wahyu Yohanes berkata bahwa segenap ciptaan memuji Kristus (sang Anak Domba) – berarti Yesus bukanlah bagian dari ciptaan.bandingkan Mazmur 18:2. namun salah satu dari ayat-ayat ini sudah cukup untuk menunjukkan bahwa Yesus dipandang sebagai Allah oleh para pengikutNya. ihat pula 2 Korintus 13:14).‖ Namun Perjanjian Baru menerapkan ayat ini kepada penyaliban Yesus (Yohanes 19:37. nama Yesus digunakan bersama-sama dengan nama Yahweh dalam doa.

Lukas 7:1115. Markus 1:40-42). Sangat berbeda dengan mitos-mitos mengenai mati dan bangkitnya dewa-dewa dalam agama-agama kafir. Dia dikuburkan 3. mahahadir (Matius 18:20. Yesus sendiri bangkit dari antara orang mati. 177 . Menurut Dr. 4. Gary Habermas paling sedikit ada dua belas fakta sejarah yang harus diakui bahkan oleh sarjana-sarjana bukan Kristen: 1. Beberapa dari mujizat Yesus antara lain: mengubah air menjadi anggur (Yohanes 2:7). dan tidak ada klaim lain yang mendapat konfirmasi dari luar Alkitab yang sedemikian banyaknya. mahatahu (Matius 16:21). mahakuasa (Yohanes 11:38-44). 5. Markus 5:35). orang lumpuh (Markus 2:3). melipatgandakan benda-benda fisik (Yohanes 6:11). Kubur Yesus ditemukan (atau katanya ditemukan) dalam keadaan kosong beberapa hari kemudian. Yesus memiliki atribut-atribut yang hanya dimiliki oleh Allah: kekekalan (Yohanes 8:58). Kristus membuktikan klaimNya dengan banyak mujizat dan bahkan dengan bangkit dari antara orang mati. menyembuhkan orang buta (Yohanes 9:7). KematianNya menyebabkan murid-muridnya kecewa dan putus asa. Selanjutnya. Para murid percaya bahwa mereka melihat Yesus yang bangkit. dan orang yang sakit (Matius 9:35. berjalan di atas air (Matius 14:25). tidak ada yang sebanding dengan kebangkitan dalam agama-agama lain. Lebih dari itu. bahkan membangkitkan orang mati (Yohanes 11:43-44. 28:20).(Yesata 44:24). Yesus mati dengan disalibkan 2. Mengaku diri sebagai Allah dan membodohi orang untuk percaya bahwa Dia benar-benar adalah Allah sama sekali berbeda dengan membuktikan diri bahwa Dia adalah Allah.

pembohong-pembohong tidak akan mau menjadi martir. Sebagai hasilnya. Tidak ada penjelasan lebih baik mengenai kerelaan para murid untuk mati secara menggenaskan demi iman mereka selain dari kebangkitan. seorang skeptik. bertobat setelah mengalami pengalaman yang dia percayai sebagai penampakan dari Yesus yang bangkit. Pertama-tama. 7. gereja lahir dan bertumbuh. apa keuntungannya bagi mereka? KeKristenan bukan hal yang populer pada waktu itu dan mereka tidak akan memperoleh keuntungan secara keuangan. Berita ini diberitakan di Yerusalem. Yakobus. 11. Betul banyak orang yang mati untuk kebohongan yang mereka kira benar. musuh dari keKristenan. penguburan. 10.6. namun tidak ada orang yang bersedia mati untuk apa yang mereka ketahui sebagai tidak benar. bertobat ketika dia percaya bahwa dia melihat Yesus yang bangkit. kebangkitan dan penampakan Yesus (1 Korintus 15:5). saudara Yesus. hanya beberapa dari daftar ini yang dibutuhkan untuk membuktikan kebangkitan dan injil: kematian Yesus. Para kritikus mengakui bahwa para murid mengklaim bahwa mereka melihat Yesus yang bangkit. 12. Baik tipu muslihat maupun halusinasi tidak dapat mengubah orang sebagaimana yang dapat dilakukan oleh kebangkitan. Sekalipun ada beberapa teori yang mampu menjelaskan satu atau dua fakta-fakta di atas. Berita ini adalah inti pemberitaan dari gereja mula-mula 8. 9. Setelahnya. Kedua. para murid berubah dari ragu-ragu menjadi orang-orang percaya yang berani. Bahkan jikalau ada orang yang menolak daftar yang terinci ini. 178 . hanya kebangkitan yang dapat menjelaskan semuanya. Hari kebangkitan (hari Minggu) menggantikan hari Sabat (hari Sabtu) sebagai hari utama untuk beribadah. Paulus.

Keduaduanya memandang Allah sebagai Yang Berdaulat. Orang-orang Islam memandang konsep ini sebagai penghujatan terbesar.Kesimpulan: Kristus mengklaim bahwa Dia adalah Yahweh. benar. Apakah orang Kristen dan Islam menyembah Allah yang sama?" Jawaban terhadap pertanyaan ini bergantung kepada apa yang dimaksud dengan ‖Allah yang sama. orang-orang Kristen dan Islam menyembah Allah yang sama. benar. Allah telah menjadi manusia sehingga Dia 179 . Mahahadir. termasuk kebangkitan yang mengubah dunia. pemurah dan penuh rahmat. namun Allah yang sejati. Walaupun kaum Muslimin memandang Allah sebagai Allah yang memiliki atribut kasih. Mahakuasa. Kristus membuktikan klaim-Nya bahwa Dia adalah Allah melalui mujizat-mujizat. Kepercayaan terhadap Allah yang berinkarnasi dalam Pribadi Yesus Kristus adalah sangat mendasar dalam kepercayaan Kristen mengenai Allah. dalam pengertian ini. ya. perbedaan paling menyolok dalam pandangan Islam dan Kristen mengenai Allah adalah konsep inkarnasi. Pada saat yang sama ada perbedaan-perbedaan penting antara pandangan Kristen dan Islam terhadap Allah. Kaum Muslimin tidak pernah dapat menerima pemikiran bahwa Allah mau mnejadi manusia untuk mati bagi dosa-dosa dunia ini. adil.‖ Tidak dapat disangkal bahwa pandangan Islam terhadap Allah dan pandangan Kristen terhadap Allah memiliki banyak kesamaan. bukan hanya dewa. Allah tidak mengungkapkan atribut-atribut ini sebagaimana Allah Kristen. Tidak ada hipotesa lain yang dapat menjelaskan fakta-fakta ini. Mahatahu. Namun demikian. Dia adalah Allah. suci. para pengikut-Nya (orang-orang Yahudi yang takut kepada penyembahan berhala) percaya kepadaNya dan menyebut Dia sebagai Allah. Orang-orang Kristen percaya bahwa Allah telah menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus. Jadi. Baik Islam maupun Kristen percaya kepada Allah yang esa yang adalah Pencipta segalanya.

sehingga Dia dapat menyediakan keselamatan. Hanya dengan menjadi manusia.dapat berempati dengan manusia. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita. (2 Korintus 5:21) 180 . Ada perbedaan-perbedaan yang sangat krusial antara konsep Kristen dan Islam mengenai Allah. dan yang lebih penting. oleh karena Kristus telah mati untuk kita. Barangkali pertanyaan yang lebih baik adalah. ketika kita masih berdosa. pengampunan dosa. supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. Kita percaya bahwa Kristen memiliki pandangan yang benar terhadap Allah karena tidak akan bisa ada keselamatan kecuali kalau dosa dibayar lunas. Jadi apakah orang-orang Kristen dan Islam menyembah Allah yang sama? Ya dan tidak. Allah dapat mati untuk dosa kita dan melunasi hutang dosa kita (Roma 5:8. (Roma 5:8) Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita. Hanya Allah yang dapat membayar harga seperti itu. 2 Korintus 5:21). ‖Apakah orang-orang Kristen dan Islam sama-sama memiliki pengertian yang benar tentang seperti apakah Allah itu?‖ Jawabannya jelas adalah tidak.

)‘ atau ‗Sebelum Masehi (S. Jadi kalau begitu. Padahal sebenarnya tahun 0 Sebelum Masehi dan/atau tahun 0 Masehi itu tidak pernah ada. tahun berapakah Yesus lahir? Sebagian orang yang lain berpegang bahwa tahun 4 Sebelum Masehi adalah tahun kelahiran Yesus. dengan pemikiran kalau dalam bahasa Inggris ada sebutan ‗Before Christ (B.NATAL 25 DESEMBER PERAYAAN KELAHIRAN YESUS ATAU DOGMATRADISI DARI ROMAWI? Dua Puluh Lima Desember Tanpa terasa satu bilangan tahun lagi hampir kita lewati dan masukkan dalam gudang kenangan.)‘ untuk menyebut tahun-tahun sebelum kelahiran Yesus dan ‗Anno Domini (A. Berbagai pergumulan dan sejumlah anugerah telah kita nikmati.D.M. Sejauh manakah kita mengenal akan tanggal yang selalu diperingati sebagai hari Natal itu? Tahun Kelahiran Yesus Kita dan penanggalan internasional setiap tahun selalu menempatkan hari Natal pada tanggal 25 bulan Desember. dan menceritakan kepada anak Sekolah Minggu kita itulah tanggal kelahiran Yesus. Tahun yang baru telah siap menyambut kita dengan segala kerumitan dan kebahagiaan di dalamnya.C. Memasuki bulan Desember. 181 .)’ atau ‗Masehi (M)‘ untuk tahun sesudahnya. segenap orang Kristen dan gereja sibuk mempersiapkan diri untuk memperingati hari Natal. Sebagian orang (termasuk salah satu media massa yang terbit di Jakarta baru-baru ini). maka mereka menganggap Yesus lahir tepat pada tahun 0 Masehi.

yang berarti ‗sejak berdirinya kota‘. Yesus kembali dari pengungsian (lihat Matius 2:19-20). yang hidup dari tahun 73-4 Sebelum Masehi. pada jaman Raja Herodes ……‖ adalah Herodes Agung. atas perintah Kaisar Justinian. Raja Herodes inilah yang menyebabkan Yesus diungsikan ke Mesir. Baru setelah kematiannya. Dan menurut dugaan yang lazim. seorang rahib bernama Dionisius Exigius membuat kalender baru. Kekeliruan ini sudah tidak dapat diperbaiki lagi. singkatan dari Ab Urbe Condita. Tetapi di kemudian hari barulah diketahui bahwa ia membuat kekeliruan hitung.M.? Pada jaman itu. Benarkah Yesus Lahir Tahun 5 s. bahwa Yesus dilahirkan sekurang-kurangnya beberapa tahun atau bulan sebelum 4 S. yang dimulai dari kelahiran Yesus. Dan sampai sekarang kita pun sudah terlanjur menggunakan tahun hasil perhitungan Dionisius itu. seorang ahli sejarah yang hidup pada tahun 37-100 Masehi (jadi tidak terlalu jauh dari masa kehidupan Yesus). kelahiran Yesus adalah antara tahun 8 dan tahun 5 s. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan. Kemudian pada abad ke-6. dapat diketahui bahwa Herodes yang disebutkan dalam Matius 2:1 ―……….M. yang sebetulnya empat atau lima tahun terlambat dari kenyataan kelahiran Yesus.M. 182 . Tahun Romawi disebut AUC.Mengapa bisa begitu? Bukankah digunakannya tahun ‗Masehi‘ adalah untuk memisahkan tahun sebelum dan sesudah kelahiran Yesus? Menurut catatan Flavius Josephus. tahun dalam kekaisaran Romawi dihitung dari tahun berdirinya kota Roma. Ia menempatkan kelahiran Yesus pada tahun 753 AUC. Ia mengganti perhitungan tahun Romawi dengan tahun Masehi. padahal seharusnya pada tahun 749 atau 747 AUC.

yang berarti bulan Desember adalah musim dingin. Baru sekitar abad ke-3. Tanggal yang digunakan adalah 6 Januari. hampir sejajar dengan Jepang. Dan hingga sekarang. umat Kristen di Mesir mulai merayakan Natal. dan tanggal yang dipilih adalah 25 Desember. merayakan ulang tahun hanyalah kelaziman orang kafir. 183 . maka kita akan menemukan bahwa Israel terletak di sebelah utara garis khatulistiwa. Tetapi itu pun bukan merupakan suatu kepastian. Pemilihan tanggal tersebut adalah untuk memberi isi yang baru kepada perayaan kafir yang menyambut kembalinya matahari ke belahan bumi bagian utara. Mengapa Kita Tidak Punya Tanggal Kelahiran Yesus yang Pasti? Pada jaman itu. bertepatan dengan suatu hari raya umum. Dan gereja pada jaman itu tidak merayakan kelahiran Yesus melainkan kebangkitan-Nya. Gereja di Roma baru mulai merayakan Natal pada akhir abad ke-4. yaitu tanggal 20 Mei.gembalagembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam‖? Hal ini menunjukkan bahwa kelahiran Yesus pasti bukanlah pada bulan Desember.Lalu Bagaimana dengan Bulan Kelahiran-Nya? Apabila kita melihat di peta. Natal dirayakan setiap tanggal 25 Desember oleh hampir semua gereja. Bagaimana dengan catatan Injil yang menjelaskan tentang para gembala pada malam kelahiran Yesus dalam Lukas 2:8 ―…. Tidak lama kemudian kebiasaan merayakan Natal pada tanggal 25 Desember itu pun ditiru oleh gereja-gereja di tempat lain. Satusatunya ulang tahun yang kita baca di Perjanjian Baru adalah ulang tahun Herodes Antipas (lihat Matius 14:6). Seseorang bernama Klemens dari Alexandria membuat perhitungan bahwa Yesus dilahirkan pada tanggal 25 Pachon.

yaitu merayakan Natal pada tanggal 20 Mei saja? Dengan segala kerendahhatian dan tidak ada maksud untuk menggurui. kasih dan anugerah-Nya selalu baru dan terlimpah setiap hari. Kenapa kita harus menggunakan tanggal yang kebenarannyapun masih diragukan? 2. namun itu pun belum pasti benar. 13. tepatnya pada tanggal 25 Desember. jadilah pagi.Atau perhitungan satu hari yang kita pakai sekarang. kenapa kita harus menetapkan tanggal perayaan sendiri. yang akhirnya justru akan melupakan bahwa rahmat. dst ―… jadilah petang. yang berubah dari catatan perhitungan satu hari yang Allah berikan (lihat Kejadian 1:5. Perhitungan Klemens menyebutkan bahwa Yesus dilahirkan pada tanggal 20 Mei. itulah hari …. bukan ditentukan oleh tanggal tertentu tetapi oleh hari. karena hal ini menunjukkan bahwa Allah tidak mengijinkan orang untuk lebih mengutamakan atau lebih tepatnya mengkeramatkan tanggal tertentu lebih daripada yang lain. yang lain daripada yang lain? 3. 8.Anak Sekolah Minggu yang kritis mungkin akan bertanya: Jika demikian kenapa kita tidak menghitung ulang atau mengikuti perhitungan Klemens. yaitu pagi-malam. Sebagai perbandingan kita dapat melihat bahwa peringatan akan Kematian Kristus atau Paskah.‖) 184 . berikut adalah beberapa hal yang saya bisa bagikan dan barangkali bisa dijadikan contoh jawaban atas pertanyaan semacam itu: 1. Kekeliruan perhitungan ini pastilah ada campur tangan dan atas ijin Allah. Secara umum. Natal dirayakan pada bulan Desember. sudah berlangsung selama berabad-abad.

Isterinya juga berasal dari keturunan Harun. Anda dapat memulai dari ayat ini. raja Yudea. ditekankan dan diajarkan dalam perayaan Natal adalah hadiah atau komitmen apa yang akan kita berikan sebagai persembahan kepada Kristus.. Diambil dari berbagai sumberRobby Indarjono. Bukankah kenyataannya selama ini juga sudah berlangsung." 185 . Kesalahan tanggal dalam merayakan hari Natal. adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Lukas 1:5. Mahasiswa Institut Reformed TANGGAL BERAPA YESUS LAHIR ? Ada yang menyelidiki bahwa Yesus Kristus lahir sekitar bulan September atau Oktober (bertepatan dengan hari raya Tabernakel/ SUKKOT). "Pada zaman Herodes.4. Jika Anda ingin menyelidiki.. agar tidak membuat mereka justru menjadi bingung dan akhirnya kehilangan arti/makna yang sesungguhnya dari inkarnasi Kristus ke dunia ini. tidak akan berpengaruh terhadap iman kepercayaan dan keselamatan kita. Yang lebih utama dan terutama harus dipikirkan. bahwa banyak gereja yang melaksanakan perayaan Natal tidak tepat pada tanggal 25 Desember? 5. pada saat kita memperingati hari kelahiran-Nya? Jadi sekarang kreatifitas guru dan waktu (usia) yang tepat diperlukan untuk mengajarkan hal ini kepada anak-anak Sekolah Minggu. namanya Elisabet.

menjadi imam dari rombongan Abia.. "Beberapa lama kemudian Elisabet. Akibatnya ia baru pulang ke rumah untuk menemui isterinya pada awal minggu kedua bulan Juni. Jadi Zakaria bertugas pada pertengahan Mei.. isterinya.. Lukas 1:36. kakak ipar Maria ibu Yesus. suami Elisabet. Tiap rombongan bertugas rutin satu minggu. sanakmu itu. Zakaria harus menetap di Bait Suci untuk tambahan dua minggu. yang disebut mandul 186 . Tetapi karena hari raya Syavuot (Pentakosta) jatuh pada akhir Mei dan semua imam diminta bertugas bersama..Kemudian.. Selanjutnya. Jadwal tugas imam ditetapkan menurut kalender keagamaan yang dimulai dengan bulan Nisan yaitu pertengahan Maret. 1 Tawarikh 24:10. Menurut 1Tawarikh 24:10 rombongan Abia mendapat urutan ke-8 dalam tugas di Bait Suci. katanya:" Akhirnya. dua kali dalam setahun. yang kedelapan pada Abia. "Dan sesungguhnya.. Lukas 1:24. "yang ketujuh pada Hakos. iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia. mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri. Elisabet." KETERANGAN : Injil Lukas 1:5 mencatat bahwa Zakaria.

Menurut kalender international (Gregorian). dan Tabernakel. 187 . Pentakosta. pada tahun 2005 tanggal 15 Tishri 5766 jatuh pada October 18. didasarkan dari hal-hal berikut ini : Imamat 23 menetapkan 7 HARI RAYA untuk diperingati dan dirayakan pada waktu tertentu setiap tahun.itu. Walaupun Yesus dikandung dari Roh Kudus (Lukas 1:35). yaitu Firman Tuhan yang untuk sementara waktu datang ke planet bumi dalam wujud manusia. Buah Sulung. malaikat Gabriel datang kepada Maria.A. 1997.. Roti Tidak Beragi. R. Pada saat Elisabet hamil 6 bulan. Pendamaian. "The Return of the Messiah"). Setiap hari raya mengungkapkan satu segi kehidupan Yesus. Pendapat Yesus lahir bertepatan dengan hari raya Tabernakel (Sukkot). Ini berarti menurut ketentuan Taurat tanggal kelahiran Yeshua HaMashiach (Yesus Kristus) jatuh pada tanggal 15 Tishri menurut kalender Yahudi. Hari-hari raya tersebut meliputi Paskah. Maria mulai mengandung saat itu (Lukas 1:36). Sangkakala. Yesus dilahirkan pada akhir bulan September atau awal Oktober dan saat itulah orang Yahudi merayakan hari raya Tabernakel (Honorof. sedangkan pada tahun 2006 jatuh pada tanggal 7 Oktober. yaitu pertengahan Desember." KETERANGAN : Elisabet mulai hamil pertengahan Juni (Lukas 1:24). Semuanya itu adalah hari-hari raya TUHAN. Hari raya Tabernakel (Sukkot) setiap tahun pada tanggal 15 bulan Tishri dan dirayakan selama satu minggu. 2005 yang lalu.

Tabernakel (SUKKOT) atau hari raya pondok daun: Yesus akan memerintah sebagai Raja Damai dalam Kerajaan 1000 Tahun. Sangkakala (ROSY HASYANAH): Yesus adalah Mempelai Pria yang menjemput Mempelai Perempuan (Gereja) dalam Pengangkatan Gereja (rapture). Hal ini membentuk suatu pola. pada hari raya yang ke-7 yaitu hari raya Tabernakel. Pentakosta (SYAVUOT): Yesus adalah Pembaptis dengan Roh Kudus. bandingkan Yohanes 19:14) 2. Buah Sulung (SFIRAT HA'OMER): Yesus adalah Buah Sulung kebangkitan dari kematian. maka hari raya terakhir menunjuk pada 188 . tetapi adakah petunjuk tentang hari kelahiran-Nya? Tentu saja. Ia tidak berdosa karena ragi menyatakan dosa. (Imamat 23:10-11) 4. (Imamat 23:27) 7. kalau hari raya pertama menunjuk pada kematian-Nya. Pengangkatan Gereja dan Kedatangan-Nya yang kedua telah dinubuatkan dalam 7 Hari Raya itu. Paskah (PESAKH): Yesus adalah domba Paskah kita. semua segi kehidupan Yesus yang penting sudah dan akan diungkapkan. Roti tidak Beragi (KHAG HAMATSOT): Yesus adalah Roti Hidup.Bahwa 7 hari raya tersebut merupakan nubuatan tentang Mesias yang semuanya digenapi secara utuh oleh Yesus dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Inilah hari kematian-Nya (Imamat 23:5. (Imamat 23:6) 3. (Imamat 23:24) 6. Roti tidak Beragi yang turun dari surga. Pendamaian (YOM KIPPUR): Yesus adalah Mesias orang Yahudi yang datang kedua kalinya. (Imamat 23:34) Dalam 7 hari raya tersebut. (Imamat 23:15-16) 5. Kematian dan kebangkitan-Nya telah dinubuatkan dalam Taurat.

Kelahiran-Nya mulai dirayakan setelah kaisar Roma yang bernama Konstantin (285-337) menyatakan diri menjadi pemeluk Kristen. Dalam suasana itulah. Ini merupakan petunjuk bahwa Terang Dunia itu sedang datang menerangi bangsa-bangsa yang masih berada dalam kegelapan dosa. maka pada hari raya ke-7 menunjuk pada kedatangan-Nya yang pertama. dewa matahari dianggap telah lahir kembali dan mereka bergembira-ria sambil tukar-menukar hadiah. kalau hari raya ke-6 menunjuk pada kedatangan-Nya yang kedua. Saat itu Bait Suci bagaikan bermandikan cahaya.kelahiran-Nya. di Serambi Wanita dipasang 4 kandil pada empat penjuru seakan-akan ingin menerangi bangsa-bangsa. malaikat datang kepada para gembala di padang bersama kawanan domba mereka dan berkata. "Jangan takut karena sesungguhnya aku memberitakan kesukaan besar bagi seluruh bangsa" (Lukas 2:10). Ketetapan untuk mengkonversikan 25 Desember menjadi hari raya Nasrani dengan menjadikannya sebagai hari kelahiran Yesus dilakukan oleh Paus Julius I pada pertengahan abad 4 di kota Roma (Worldwide Church of God. (Dikutip dari Yohannes/Biblika) Kalau begitu. Hari raya Tabernakel (Sukkot) merupakan hari raya yang paling meriah di antara ke-7 hari raya dan disebut juga sebagai Festival Cahaya. Sudah menjadi tradisi setiap 25 Desember penduduk kota Roma merayakan pesta besar yang disebut Saturnalia Romawi untuk menyambut kembalinya matahari ke belahan bumi utara setelah mencapai garis balik selatan. Ketika siang hari menjadi lebih panjang. 1985 "The Plain Truth 189 . mengapa dunia merayakan kelahiran Yesus pada 25 Desember? Kelahiran Yesus tidak pernah dirayakan sampai tahun 336. Hari raya Tabernakel juga merupakan suatu masa raya yang penuh sukacita.

Dengan mengacu pada taksiran Herodes bahwa bayi yang baru lahir itu tidak lebih dari 2 tahun usianya. Kelahiran Yesus jelas harus terjadi sebelum kematian Raja Herodes Agung yang ingin membunuhnya dengan memerintahkan pembunuhan semua bayi berumur di bawah 2 tahun di Betlehem (Matius 2:16). Namun pendapat ini tidak sesuai dengan catatan sejarah yang sudah ada sebelumnya. mengatakan bahwa sesaat sebelum Herodes meninggal telah terjadi gerhana bulan yang menurut para pakar perbintangan terjadi pada 13 Maret tahun 4 sebelum Masehi (Antiquities of the Jews. walaupun banyak yang mengetahui bahwa itu bukan tanggal yang sesungguhnya. sejarawan Yahudi abad pertama.About Christmas"). C. 1995 "Bridges for Peace"). XVII. maka taksiran intelektual tahun kelahiran Yesus sekitar tahun 4-5 sebelum Masehi. BAGAIMANA DENGAN PERHITUNGAN TAHUNNYA? Pernah ada pendapat dari seorang Imam Italia Dionysius Exiguus yang hidup di abad 6 mengakibatkan kelahiran menetapkan bahwa tahun kelahiran Yesus adalah tahun 1 Masehi. 190 . vi. Setelah itu secara tidak resmi umat Kristiani menerima 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus. 167). Ketetapan tersebut tidak dapat diterima oleh gereja-gereja di Yerusalem yang menolaknya sampai abad 6 (Wagner. Flavius Josephus (37-100).

jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku. hari perhentian. Dalam Alkitab tidak ada indikasi bahwa memelihara hari Sabat dilakukan pada zaman Adam sampai Musa. dan TUHAN berseru dari gunung itu kepadanya: "Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir. Sekalipun berhentinya Allah bekerja pada hari ke tujuh (Kejadian 2:3) memberi pertanda untuk hukum mengenai Sabat di kemudian hari.KASUS VI HARI IBADAH YANG SESUAI KITAB SUCI TAURAT.‖ (Keluaran 19:3-5). maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa. tidak ada catatan Alkitab mengenai Sabat sebelum umat Israel meninggalkan Mesir. AL QURAN Orang Israel merayakan hari Sabat pada hari Sabtu sebagai hari ketujuh. Darimana asal-usul orang Kristen beribadah dari hari Sabtu berubah menjadi hari Minggu? Atas dasar apa adanya perubahan ini? Apakah orang-orang Kristen merayakan hari Sabat?" Sering dikatakan bahwa ‖Allah menetapkan Sabat di Eden‖ karena hubungan antara Sabat dan penciptaan dalam Keluaran 20:11. ―Lalu naiklah Musa menghadap Allah. sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. INJIL. Jadi sekarang. Firman Tuhan jelas bahwa memperingati Sabat adalah tanda khusus antara Allah dan Israel. dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku. 191 .

Bilangan 15:32-35). Dalam Ulangan 5 Musa mengulangi sepuluh hukum kepada generasi yang baru dari bangsa Israel. 15. menjadi perjanjian kekal. Perhatikan kata itulah sebabnya. tidak boleh menyalakan api (Keluaran 35:3). memerintahkan engkau merayakan hari Sabat‖ (Ulangan 5:15). Di sini. 9. Yohanes 20:19. Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung. namun supaya mereka mengingat perbudakan mereka di Mesir dan pembebasan dari Tuhan. Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya. bahwa engkaupun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN. Allahmu. Markus 16:9. dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat. dan tidak boleh membuat orang lain bekerja (Ulangan 5:14)." (Keluaran 31:16-17). ―Sebab haruslah kauingat. selalu adalah hari pertama dalam minggu itu (Matius 28:1.―Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat. Perhatikan peraturan untuk memelihara Sabat: Seseorang yang berada di bawah hukum Sabat tidak boleh meninggalkan rumahnya pada hari Sabat (Keluaran 16:29). selalu adalah untuk maksud penginjilan kepada orang192 . dengan merayakan sabat. 10. setelah memerintahkan untuk memperingati Sabat dalam ayat 12-14. 26). 13. itulah sebabnya TUHAN. Orang yang melanggar Sabat dijatuhi hukuman mati (Keluaran 31:15. sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi. turun-temurun. Satu-satunya waktu di mana Sabat disebut dari Kisah Rasul sampai Wahyu. Lukas 24:1. 2). Perjanjian Baru memperlihatkan empat hal penting kepada kita: 1) Setiap kali Tuhan Yesus menampakkan diri dalam tubuh kebangkitanNya dan harinya disebut. Musa memberikan alasan mengapa Sabat diberikan kepada bangsa Israel. Maksud Allah dalam memberi Sabat kepada orang-orang Israel bukan supaya mereka dapat mengingat penciptaan.

Dan 4) sebagai ganti menasihatkan ketaatan pada hari Sabat. Memperhatikan lebih lanjut point ke 4 di atas akan memperlihatkan bahwa tidak ada kewajiban bagi orang-orang Kristen Perjanjian Baru untuk memelihara Sabat. ―Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam 193 . sedang wujudnya ialah Kristus‖ (Kolose 2:1617). tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita‖ (Kolose 2:14). supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat‖ (1 Korintus 9:20). hanya satu kali Sabat disebutkan setelah Paulus mulai menfokuskan diri pada orang-orang kafir. dan juga memperlihatkan bahwa hari Minggu sebagai hari ‖Sabat Kristen‖ tidaklah Alkitabiah. ―Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain" (Kisah 18:6) Sabat tidak pernah lagi disinggung. tapi untuk memenangkan dan menyelamatkan yang terhilang. semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang. bulan baru ataupun hari Sabat. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat.orang Yahudi dan biasanya berlokasi di sinagog (Kisah Rasul 13-18). Sabat orang Yahudi telah dihapuskan di atas salib ketika Kristus ―menghapuskan surat hutang. Paulus tidak pergi ke sinagog untuk bersekutu dan membangun orang-orang suci. sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat. Sebagaimana didiskusikan sebelumnya. ― Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi. Paulus menulis. 3) Begitu Paulus mengatakan. bagianbagian lain dari Pejanjian Baru justru mengindikasikan sebaliknya (termasuk satu kekecualiaan pada point ke 3 yang ditemukan dalam Kolose 2:16). Ide ini diulangi lebih dari satu kali dalam Perjanjian Baru: ―Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain.

ada ayat-ayat yang dengan jelas menyebut hari pertama dalam minggu itu. bukan Sabtu. Pada hari apakah gereja mulamula berkumpul untuk beribadah? Alkitab tidak pernah menyebut orang-orang percaya berkumpul untuk bersekutu atau beribadah pada hari Sabat (Sabtu) manapun. Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu. bulan-bulan. bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah. atau lebih baik. bukan kepada gereja. masa-masa yang tetap dan tahun-tahun‖ (Galatia 4:9-10). Dan siapa tidak makan. dan ia juga mengucap syukur kepada Allah‖ (Roma 14:5-6). ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan. Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu. Secara historis.D. sebab ia mengucap syukur kepada Allah. adalah hari di mana biasanya orang-orang Kristen berkumpul di gereja. ia melakukannya untuk Tuhan. ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti‖ (Kisah 20:7). ―Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah. Kisah Rasul 20:7 menjelaskan bahwa ―Pada hari pertama dalam minggu itu. Minggu. bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu. Ada beberapa yang mengklaim bahwa perintah dari Konstantinus pada A. Namun demikian. Dalam 1 Korintus 16:2 Paulus menasihati orang-orang percaya di Korintus ―Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing—sesuai dengan apa yang kamu peroleh—menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah‖ (1 Korintus 16:2). Contohnya. 321 ―mengubah‖ Sabat dari hari Sabtu ke hari Minggu.hatinya sendiri. dan kebiasaan ini dapat ditelusuri kembali sampai abad pertama. Karena Paulus menyebut persembahan ini sebagai ‖pelayanan‖ dalam 2 Korintus 9:12. pengumpulan ini pastilah berhubungan dengan ibadah Minggu dari jemaat Kristen. dan orang-orang Kristen bebas dari 194 . ia melakukannya untuk Tuhan. Hari Sabat diberikan kepada Israel. Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama. sesudah kamu dikenal Allah.

hari Minggu. Rasul Paulus mengatakan bahwa masing-masing orang Kristen harus memutuskan apakah akan beristirahat pada hari Sabat. hari Tuhan (Wahyu 1:10) memperingati ciptaan baru di mana Kristus adalah Pemimpin kita yang sudah bangkit. tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja.belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26. Hari pertama dalam minggu itu. Orang Kristen tidak perlu memelihara Sabat – baik itu Sabtu ataupun Minggu. 195 . ―Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain. Kita tidak perlu mengikuti Sabat dari Musa – beristirahat. Roma 6:14). bukan hanya pada hari Sabtu atau Minggu. namun kita sekarang bebas mengikuti Kristus yang bangkit – melayani. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri‖ (Roma 14:5) Kita beribadah kepada Tuhan setiap hari.

Jogjakarta: Universitas Sanata Dharma. Donald. 2001. Tritunggal yang Kudus: Sebuah Pendekatan Historis.J. Cetakan XII. Cetakan Kedua. Wesley. 2001.1996. Cetakan IX. Frans. Jakarta: Graphe. 2004. Cetakan Kedua. 2006. Bandung: Kalam Hidup. Hagelberg. Surabaya: Bukti Zaitun. The Scofield Reference Bible The Holy Bible. Suhento. C. New York: Oxford. Kristus Kehidupan dan PelayananNya. Tafsiran Kitab Wahyu Dari Bahasa Yunani. ___________.DAFTAR PUSTAKA Archer. Malang: Gandum Mas. Geisler. Thomas. Kasus Besar Yang Keliru. Bandung: Lembaga Literatur Baptis. J. 1945. Jogjakarta: Andi Offset. 1997. 196 . Allah. Dave. 2001. Encyclopedia Bible Difficulties: Hal-Hal Yang Sulit Dalam Alkitab. Scofield. 2007. 2004. Jusuf Bijak. Allah dalam Alkitab & Al Quran. Charles C. Frank M. Liauw. 2006. Jogjakarta: Andi Offset. 2006. Boyd. S. 2001. Dasar Yang Teguh.I. Esra Alfred. Hagelberg. Saleh. Norman. Tafsiran Injil Yohanes Dari Bahasa Yunani (3 jilid). Borobudur Publishing. Teologis dan Filosofis. Ryrie. Soru. Sesembahan yang sama atau berbeda? Semarang: Sadar Publications. Ron Brooks. Pokok-Pokok Iman Kristiani: Sharing Iman Seorang Kristiani dalam Dialog Antar Agama. Dave. Malang: Gandum Mas. Brill. Teologi Dasar I. Ketika Alkitab Dipertanyakan. Gleason L. 2002. Jogjakarta: Andi Offset. Michel. Jogjakarta: Andi Offset. Doktrin Alkitab Alkitabiah. Malaikat dan Setan.

Bandung: Kalam Hidup. Henry C. Kebenaran-Kebenaran Dasar Iman Kristen. 2003.C. Cetakan Pertama. 1993.Sproul. 1997. Walvoord. Malang: SAAT. John F. Malang: Gandum Mas. Cetakan Kedua. Thiessen. R. Pedoman Lengkap Nubuat Alkitab. GLORIA Hal 30 edisi 322 GLORIA 320 HAL 30 316 HAL 30 306 HAL 25 197 . Teologi Sistematika.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->