P. 1
METODE KARYA WISATA

METODE KARYA WISATA

|Views: 307|Likes:
Published by Anang Dan Isti

More info:

Published by: Anang Dan Isti on Feb 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2014

pdf

text

original

METODE KARYA WISATA I.

Pengertian
y

Menurut Roestiyah (2001) Karya wisata ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil, toko serba ada, dan sebagainya.

y

Menurut Mulyasa (2005) Karya wisata adalah suatu perjalanan atau pesiar yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah.

y

Menurut Djamarah (2002) Karya wisata, merupakan cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pegadaian. Banyak istilah yang dipergunakan pada metode karya wisata ini, seperti widya wisata, study tour, dan sebagainya. Karya wisata ada yang dalam waktu singkat, dan ada pula yang dalam waktu beberapa hari atau waktu panjang. Metode karya wisata adalah suatu metode mengajar yang dirancang terlebih

dahulu oleh spendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan II. Tujuan metode karya wisata  siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari obyek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanya jawab mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, ataupun pengetahuan umum.  bisa melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, agar nantinya dapat mengambil kesimpulan, dan sekaligus dalam waktu yang sama ia bisa mempelajari beberapa mata pelajaran.

dan sistematis. Pelaksanaan karya wisata. model-model. Hal-hal yang perlu diperhatikan a. Mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah. Menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak. membagi tugas-tugas. Melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. pada waktu itu siswa mengadakan diskusi mengenai segala hal hasil karya wisata. pembagian siswa dalam kelompok. gambar. c. apakah terdapat kesulitan-kesulitan perjalanan atau kunjungan. menindaklanjuti hasil kegiatan karya wisata seperti membuat grafik. karya wisata dapat dilaksanakan.III. diagram. menyusun laporan atau paper yang memuat kesimpulan yang diperoleh. menghubungi pemimpin obyek yang akan dikunjungi untuk merundingkan segala sesuatunya. membuat laporan karyawisata dan catatan untuk bahan karya wisata yang akan datang. serta iklim yang kondusif. g. serta mengirim utusan. memberikan surat ucapan terima kasih kepada mereka yang telah membantu. Membuat dan mengembangkan program karya wisata secara logis. dimana guru perlu menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas. Langkah-langkah dalam pelaksanaan metode karya wisata 1. demikian pula tugastugas kelompok sesuai dengan tanggung jawabnya. f. e. penyusunan rencana yang masak. mempertimbangkan pemilihan teknik. mempersiapkan sarana. dimana pemimpin rombongan mengatur segalanya dibantu petugas-petugas lainnya. b. Akhir karya wisata. 3. Menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai paedagogis. IV. Menentukan sumber-sumber masyarakat sebagai sumber belajar mengajar. serta alat-alat lain dan sebagainya. memenuhi tata tertib yang telah ditentukan bersama. efek pembelajaran. . Persiapan. materi pelajaran. d. 2. serta memberi petunjuk bila perlu. dengan memperhatikan tujuan pembelajaran. Menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum. apakah sumber-sumber belajar dalam karyawisata menunjang dan sesuai dengan tuntutan kurikulum. mengawasi petugas-petugas pada setiap seksi. jika ya.

V. Informasi sebagai bahan pelajaran lebih luas dan actual . sedang unsur studinya menjadi terabaikan. c. Memerlukan koordinasi dengan guru-guru bidang studi lain agar tidak terjadi tumpang tindih waktu dan kegiatan selama karya wisata. f. Fasilitas yang diperlukan dan biaya yang diperlukan sulit untuk disediakan oleh siswa atau sekolah. Membuat apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di masyarakat. Pengajaran serupa ini dapat lebih merangsang kreativitas siswa d. Sulit mengatur siswa yang banyak dalam perjalanan dan mengarahkan mereka kepada kegiatan studi yang menjadi permasalahan. Memakan waktu bila lokasi yang dikunjungi jauh dari pusat latihan d. h. Karya wisata sering unsur rekreasi menjadi lebih prioritas daripada tujuan utama. Kekurangan metode karya wisata a. Biaya transportasi dan akomodasi mahal. c. Kelebihan metode karya wisata a. Sangat memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang b. Implementasi dalam pembelajaran di SD Lokasi wisata : Planetarium Standar Kompetensi : Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam Kompetensi Dasar tata surya : Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya . g. VI. Kadang-kadang sulit untuk mendapat ijin dari pimpinan kerja atau kantor yang akan dikunjungi e. Karya wisata memiliki prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran b. VII.

Indikator : 1. Roestiyah. 2005. E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Rineka Cipta. Siswa didampingi guru menentukan tempat tujuan. Siswa mampu menjelaskan susunan tata surya 3.live.00. siswa mencatat / mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi 6.spaces. Siswa mampu menyebutkan susunan tata surya 2. Pukul 20. Jakarta: Rineka Cipta. Siswa mampu membuat laporan individu mengenai tata surya Uraian Kegiatan : 1. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Siswa didampingi guru membuat rencana kegiatan selama kunjungan / pengamatan. Siswa didampingi guru membuat aturan selama kunjungan berlangsung 4. 2001.[online]. 3. Siswa membuat laporan hasil pengamatan VIII.com/blog/cns!669E85C7CBD2F075!946. Bandung: Remaja Rosdakarya. Internet. Daftar Pustaka Djamarah.Strategi Belajar Mengajar. 2. Tanggal 25 April 2010. Syaiful Bahri dan Aswan Zain.trak . Siswa didampingi guru melaksanakan kunjungan 5. http://yastaki56.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->