BAB 4 BUMI DAN BENDA LANGIT A.

Bumi
Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer. Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70 °C hingga 55 °C bergantung pada iklim setempat. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365,2425 hari. Bumi mempunyai massa seberat 59.760 milyar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Berat jenis Bumi (sekitar 5.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain, dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbondioksida, dan gas lain. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500 °C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi bumi, dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer. Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi. Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8.848 meter, dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637 meter, sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2.

Komposisi dan struktur
Bumi adalah sebuah planet kebumian, yang artinya terbuat dari batuan, berbeda dibandingkan gas raksasa seperti Jupiter. Planet ini adalah yang terbesar dari empat planet kebumian, dalam kedua arti, massa dan ukuran. Dari keempat planet kebumian, bumi juga memiliki kepadatan

gravitasi permukaan terbesar.tertinggi. Jadi kedua tenaga itulah yang membuat berbagai macam relief di muka bumi ini seperti yang kita tahu bahwa permukaan bumi yang kita huni ini terdiri atas berbagai bentukan seperti gunung. Karena satuan meter pada awalnya didefinisikan sebagai 1/10.000 jarak antara katulistiwa ke kutub utara melalui kota Paris.911 m di bawah permukaan laut). Proses alam endogen/tenaga endogen adalah tenaga bumi yang berasal dari dalam bumi.41% . Tenaga alam endogen bersifat membangun permukaan bumi ini.000. W. menyebabkan permukaan bumi menjadi tidak rata. Bentuk Putaran rotasi bumi pada poros utara-selatan yang berakibat terjadinya siang dan malam Bentuk planet Bumi sangat mirip dengan bulatan gepeng (oblate spheroid).848 m di atas permukaan laut) dan Palung Mariana (10. Prancis. sungai. Bumi juga merupakan satu-satunya planet kebumian yang memiliki lempeng tektonik yang aktif.000 km/ . dsb. Komposisi kimia Tabel Kerak oksida F. medan magnet terkuat dan rotasi paling cepat. Karena buncitan katulistiwa. bagian bumi yang terletak paling jauh dari titik tengah bumi sebenarnya adalah gunung Chimborazo di Ekuador. Lokal deviasi terbesar pada permukaan bumi adalah gunung Everest (8. atau kira-kira 40.71% Alumina Al2O3 15. Diameter rata-rata dari bulatan bumi adalah 12. sebuah bulatan yang tertekan ceper pada orientasi kutub-kutub yang menyebabkan buncitan pada bagian katulistiwa. lembah. Adanya bentukan-bentukan tersebut. Bentukan-bentukan tersebut dikenal sebagai relief bumi. Buncitan ini terjadi karena rotasi bumi. meski pada skala global. yang lebih mulus jika dibandingkan dengan toleransi sebuah bola biliar.17% dibanding bulatan sempurna (reference spheroid). Tenaga alam eksogen berasal dari luar bumi dan bersifat merusak. Bumi memiliki toleransi sekitar satu dari 584. variasi ini sangat kecil. bukit. Topografi lokal sedikit bervariasi dari bentuk bulatan ideal yang mulus. Clarke Senyawa Formula Komposisi Silika SiO2 59. 0.22%. atau 0. danau.742 km. menyebabkan ukuran diameter katulistiwa 43 km lebih besar dibandingkan diameter dari kutub ke kutub.

1%). Karena proses pemisahan massa. dan florin adalah kekecualian dan jumlahnya di dalam batuan biasanya kurang dari 1%.672 analisa berbagai jenis batuan.1%). Clarke memperhitungkan bahwa sekitar 47% kerak bumi terdiri dari oksigen.1%).80% 2. alumina.[10] Ahli geokimia F. kalsium (1. sulfur.22% Massa bumi kira-kira adalah 5. and aluminium (1. Clarke menyimpulkan bahwa 99. Konstituen lainnya hanya terjadi dalam jumlah yang kecil. silikon (15. kapur.55% 3. magnesium (13. yang membentuk silikat.22% 99. Kandungan utamanya adalah besi(32. klorin.36% 3. Batuan-batuan paling umum yang terdapat di kerak bumi hampir semuanya adalah oksida (oxides).kapur CaO Magnesia MgO Natrium oksida Na2O Besi(II) oksida FeO Kalium oksida K2O Besi(III) oksida Fe2O3 Air H2O Titanium dioksida TiO2 Fosfor pentaoksida P2O5 Total 4.5%). dan selebihnya kurang dari 1% unsur langka. W. bumi dapat dibagi menjadi lapisanlapisan sebagai berikut : y y y y Litosfir Astenosfir Mesosfir Inti Bumi bagian luar Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam.63% 1. Ini adalah sifat dasar dari berbagai mineral batuan beku yang paling umum. magnesia.8%).52% 2. bagian inti bumi dipercaya memiliki kandungan utama besi (88. [note 3] Lapisan bumi Menurut komposisi (jenis dari materialnya). dan 1. Berdasarkan perhitungan dari 1.2% selebihnya terdiri dari berbagai unsur-unsur langka.52% 0. sulfur (2.8%).4%). Bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut : y y y Kerak Bumi Mantel Bumi Inti Bumi Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya. potas dan soda. Fungsi utama silika adalah sebagai asam. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dan kedalaman antara 2900-4980 km.8%). Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900 °C y Inti Bumi bagian dalam .90% 4.98×1024 kg. nikel (1. Oksida-oksida utama adalah silika. dan sedikit nikel (5. oksida besi.22% batuan terdiri dari 11 oksida (lihat tabel kanan). oksigen (30.9%).9%).60% 0. sulfur (4.5%).

akan pas satu sama lain. Alfred Wegener. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. Lempeng Amerika. bila satu sama lain didekatkan. Bukti-bukti ini mendorong munculnya teori yang disebut teori tektonik lempeng (plate tectonic theory). Lempeng Pasifik meliputi seluruh lempeng di Lautan Pasifik. dan daerah pinggiran termasuk wilayah Indonesia bagian barat. meliputi lempeng Lautan Hindia serta subkontinen Hindia dan Australia bagian barat. akan pas seperti puzzle. Gambar :Permukaan bumi 200 juta tahun yang lalu dan sekarang . Para ahli menunjukkan bahwa lempeng litosfer (lapisan batuan di kerak dan mantel bumi) bergerak. dan setengah bagian barat Lautan Atlantik. setengah bagian timur Lautan Atlantik dan bagian barat Lautan Hindia. Pangea kemudian pecah dan pecahan benua tersebut kemudian saling memisah menjadi benua-benua seperti yang kita lihat sekarang. inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800 °C Perubahan Bentuk Permukaan Bumi Salah satu cara para ahli menjelaskan tentang keadaan permukaan bumi adalah melalui teori dan model. Peristiwa pergeseran benua terjadi karena adanya aktivitas tektonisme dari lempeng-lempeng tersebut. Wegener membuat suatu model benua tunggal yang sangat besar disebut Pangea. Wegener mengamati bahwa pantai Atlantik Amerika Selatan dan Afrika. Berdasarkan teorinya. Baru beberapa puluh tahun kemudian. Teori ini menyebutkan bahwa terdapat sekitar 6 lempeng utama dan beberapa lempeng kecil yang menyusun kerak bumi. Lempeng-lempeng utama dalam teori ini adalah sebagai berikut : y y y y y y Lempeng Eurasia. yaitu sekitar tahun 1960-an. meliputi Afrika. Lempeng Indo-Australia. Teori tektonik lempeng adalah teori penyempurnaan dari teori pergeseran benua. para ahli seismologi menunjukkan bukti yang mendukung teori Wegener. meliputi Amerika Utara. Banyak ilmuwan masa itu yang tidak dapat menerima teori Wegener karena tak terbayangkan benua yang sedemikian besar bergerak seperti hanyut. Model bumi menurut ahli ini dikenal dengan teori pergeseran benua (continental drift theory). meliputi Eropa. Wegener mengajukan teori bahwa benua di bumi pada awalnya adalah satu. seorang ahli meteorologi dan geofisika pada tahun 1915 mengemukakan suatu model bumi. Lempeng Atartika.Inti bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. Oleh karena itu. Amerika Selatan. Benua-benua di bumi pun bila saling didekatkan. yang menurut Wegener ada sekitar 300 juta tahun yang lalu. Lempeng Afrika. Asia. meliputi kontinen Antartika dan lempeng Lautan Antartika. namun kemudian saling terpisah akibat gerakan benua. Ahli geofisika juga menunjukkan data magnetik batuan bahwa benua-benua telah mengalami pergerakan memisah dengan jarak yang besar.

dan seisme atau gempa. Contoh dari plutonisme adalah sill. Sedangkan. gletser.Tektonisme adalah bagian dari tenaga geologi yang menyebabkan berbagai perubahan bentuk permukaan bumi. dan maar. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. strato. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung. Dan berdasarkan tipe letusannya. bukit atau pegunungan. hempasan gelombang laut. tumbuh-tumbuhan. kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air. Vincent. Contoh lain dari tenaga eksogen adalah pengikisan pantai. Ada pun siklus geologi yang berlangsung sepanjang masa. vulkanisme. gang. dll. b) Tenaga eksogen Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktivitas tektonisme atau vulkanisme. Vulkanisme dibagi lagi menjadi plutonisme dan vulkan. ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus. lakolit. bagian litosfer yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga jenis yaitu tektonisme. serta sedimentasi. Setiap saat air laut menerjang pantai yang akibatnya tanah dan batuannya terkikis dan terbawa oleh air. Tenaga geologi dapat dibedakan menjadi 2. yaitu : a) Tenaga endogen Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. . Peret. dibagi menjadi Hawai. St. siraman hujan. dan manusia. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Tanah dan batuan yang dibawa air tersebut kemudian diendapkan dan menyebabkan pantai menjadi dangkal. Merapi. Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan. Di daerah pegunungan bisa juga ditemukan sebuah bukit batu yang kian hari semakin kecil akibat tiupan angin. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin. Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan. tenaga vulkan sendiri dibagi lagi berdasarkan bentuk dan tipe letusannya. Air yaitu bisa berupa aliran air. yaitu perubahan suhu dan angin. Secara umum tenaga eksogen berasal dari 3 sumber. batholit. yaitu: y y y Atmosfer. gunung berapi dibedakan menjadi bentuk perisai. Organisme yaitu berupa jasad renik. hewan. dan sebagainya. dan Pelle. gletser atau dengan hanya grafitasi bumi. Vulcano. angin. Stromboli. Di permukaan laut. Berdasarkan bentuknya. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. pengikisan dan pengangkutan. sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi.

Kelompok tanah ini biasanya miskin mineral. Mineral ini membentuk partikel pembentuk tanah. Sebaliknya. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. pasokan mineral berasal dari aliran air atau hasil dekomposisi jaringan makhluk hidup. Pembentukan tanah (pedogenesis) Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme. Tanah organik cenderung memiliki keasaman tinggi karena mengandung beberapa asam organik (substansi humik) hasil dekomposisi berbagai bahan organik. Tubuh tanah terbentuk dari campuran bahan organik dan mineral. Tanah organik berwarna hitam dan merupakan pembentuk utama lahan gambut dan kelak dapat menjadi batu bara. tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak. menyebutkan bahwa tanah terbentuk dari bahan induk yang telah mengalami modifikasi/pelapukan akibat dinamika faktor iklim. Tanah non-organik didominasi oleh mineral. Tekstur tanah demikian ditentukan oleh komposisi tiga partikel pembentuk tanah: pasir. Setiap horizon menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika. Karakteristik Tubuh tanah (solum) tidak lain adalah batuan yang melapuk dan mengalami proses pembentukan lanjutan. membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Bagi sebagian besar hewan darat. dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut. Tanah organik dapat ditanami karena memiliki sifat fisik gembur (sarang) sehingga mampu menyimpan cukup air namun karena memiliki keasaman tinggi sebagian besar tanaman pangan akan memberikan hasil terbatas dan di bawah capaian optimum. Berdasarkan dinamika kelima faktor tersebut terbentuklah berbagai jenis tanah dan dapat dilakukan klasifikasi tanah. tanah memegang peranan penting sebagai penyimpan air dan menekan erosi. Usia tanah yang ditemukan saat ini tidak ada yang lebih tua daripada periode Tersier dan kebanyakan terbentuk dari masa Pleistosen. Komposisi tanah berbeda-beda pada satu lokasi dengan lokasi yang lain. kimia. Dari segi klimatologi. Tanah non-organik atau tanah mineral terbentuk dari batuan sehingga ia mengandung mineral. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. seorang pakar tanah asal Swiss yang bekerja di Amerika Serikat. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. organisme (termasuk manusia). Hans Jenny (1899-1992). dan relief permukaan bumi (topografi) seiring dengan berjalannya waktu.Tanah Tanah (bahasa Yunani: pedon. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon tanah. lanau . Ilmu yang mempelajari berbagai aspek mengenai tanah dikenal sebagai ilmu tanah. bahasa Latin: solum) adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. meskipun tanah sendiri juga dapat tererosi. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai [[pedogenesis]]. tanah organik (organosol/humosol) terbentuk dari pemadatan terhadap bahan organik yang terdegradasi. Air dan udara merupakan bagian dari tanah.

Struktur tanah tergantung dari imbangan ketiga faktor penyusun ini. dan lempung yang seimbang dikenal sebagai geluh (loam). Warna tanah kemerahan atau kekuningan biasanya disebabkan kandungan besi teroksidasi yang tinggi. Selain itu. Tanah tersusun dari tiga fasa: fasa padatan. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. tanah dapat memiliki lapisan-lapisan dengan perbedaan warna yang kontras sebagai akibat proses kimia (pengasaman) atau pencucian (leaching). mulai dari hitam kelam. coklat. merah bata.4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. . atau limbah. yaitu: melalui penguapan. fasa cair. muara) menuju laut. dan lempung. Tanah menjadi semakin liat apabila berlebihan lempung sehingga kekurangan makropori. Suasana aerobik/oksidatif menghasilkan warna yang seragam atau perubahan warna bertahap. penggunaan pestisida. tanah lempungan didominasi oleh lempung. Struktur tanah merupakan karakteristik fisik tanah yang terbentuk dari komposisi antara agregat (butir) tanah dan ruang antaragregat. Air dapat berwujud padatan (es). sedangkan suasana anaerobik/reduktif membawa pada pola warna yang bertotol-totol atau warna yang terkonsentrasi[1]. lanau. Tanah pasiran didominasi oleh pasir. hujan. warna yang berbeda terjadi karena pengaruh kondisi proses kimia pembentukannya. kuning. jingga.(debu). Selain di bumi. Tanah yang gembur (sarang) memiliki agregat yang cukup besar dengan makropori dan mikropori yang seimbang. belerang. zat kimia. baik karena pelapukan vegetasi maupun proses pengendapan di rawa-rawa. sungai. Ruang antaragregat disebut sebagai porus (jamak pori). hujan. sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars. dan lautan es. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. Tanah dengan komposisi pasir. Tanah berwarna hitam atau gelap seringkali menandakan kehadiran bahan organik yang tinggi. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air. meliputi mata air. Pencemaran tanah Pencemaran tanah terjadi akibat masuknya benda asing (misalnya senyawa kimia buatan manusia) ke tanah dan mengubah suasana/lingkungan asli tanah sehingga terjadi penurunan kualitas dalam fungsi tanah. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara sembarangan (illegal dumping). hingga putih. Warna gelap juga dapat disebabkan oleh kehadiran mangan. Struktur tanah baik bagi perakaran apabila pori berukuran besar (makropori) terisi udara dan pori berukuran kecil (mikropori) terisi air. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncakpuncak gunung). dan fasa gas. Fasa cair dan gas mengisi ruang antaragregat. dan nitrogen. kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak. Pencemaran dapat terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. Terdapat 1. Air Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi. Warna tanah sangat bervariasi. tetapi tidak di planet lain. uap air. muka air tawar. akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan. Warna tanah merupakan ciri utama yang paling mudah diingat orang. sungai. danau. dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. cairan (air) dan gas (uap air).

dan granit (yang sering dijadikan hiasan rumah). Akan tetapi karena daratan adalah bagian dari kulit bumi yang dapat kita amati langsung dengan dekat maka banyak hal-hal yang dapat pula kita ketahui dengan cepat dan jelas. Batuan-batuan di bumi (Jenis dan terbentuknya) Bagian luar bumi tertutupi oleh daratan dan lautan dimana bagian dari lautan lebih besar daripada bagian daratan. Batuan sediment klastik terbentuk melalui proses pengendapan dari material-material yang mengalami proses transportasi. . batuan sediment kimia. dan dacite Batuan sedimen Batuan sedimen atau sering disebut sedimentary rocks adalah batuan yang terbentuk akibat proses pembatuan atau lithifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian tertransportasi dan seterusnya terendapkan. Mereka adalah : batuan beku (igneous rocks). Biasanya batuan tersebut menjadi batuan pelindung (seal rocks) hidrokarbon dari migrasi. Salah satu diantaranya adalah kenyataan bahwa daratan tersusun oleh beberapa jenis batuan yang berbeda satu sama lain. batu pasir dan batu lempung. Contohnya batu konglomerat. Contoh batuan beku plutonik ini seperti gabro. Besar butir dari batuan sediment klastik bervariasi dari mulai ukuran lempung sampai ukuran bongkah. Sedangkan batuan beku vulkanik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang sangat cepat (misalnya akibat letusan gunung api) sehingga mineral penyusunnya lebih kecil. Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air. Batuan beku plutonik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang relatif lebih lambat sehingga mineral-mineral penyusunnya relatif besar. diorite. Berdasarkan teksturnya batuan beku ini bisa dibedakan lagi menjadi batuan beku plutonik dan vulkanik. dan batuan sediment organik. dan batuan metamorfosa/malihan (metamorphic rocks). andesit (yang sering dijadikan pondasi rumah). Contohnya adalah basalt. Perbedaan antara keduanya bisa dilihat dari besar mineral penyusun batuannya. Contohnya anhidrit dan batu garam (salt). Batuan sediment kimia terbentuk melalui proses presipitasi dari larutan.Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Batuan sediment ini bias digolongkan lagi menjadi beberapa bagian diantaranya batuan sediment klastik. monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik. batuan sediment (sedimentary rocks). Batuan beku Batuan beku atau sering disebut igneous rocks adalah batuan yang terbentuk dari satu atau beberapa mineral dan terbentuk akibat pembekuan dari magma. Dari jenisnya batuan-batuan tersebut dapat digolongkan menjadi 3 jenis golongan. Biasanya batuan tersebut menjadi batuan penyimpan hidrokarbon (reservoir rocks) atau bisa juga menjadi batuan induk sebagai penghasil hidrokarbon (source rocks). Batuan-batuan tersebut berbeda-beda materi penyusunnya dan berbeda pula proses terbentuknya.

waktu 365¼ atau satu tahun surya disebut kala revolusi bumi. Batuan metamorf Batuan metarif atau batuan malihan adalah batuan yang terbentuk akibat proses perubahan temperature dan/atau tekanan dari batuan yang telah ada sebelumnya. Kejadian alam dan proses geologi yang berlangsung sekarang inilah yang memberikan gambaran apa yang telah terjadi di masa lampau seperti diungkapkan oleh ahli geologi ³JAMES HUTTON´ dengan teorinya ³THE PRESENT IS THE KEY TO THE PAST´ Rotasi dan Revolusi Bumi Rotasi Bumi Rotasi Bumi merujuk pada gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya dan gerakan di orbitnya mengelilingi matahari. Akibat bertambahnya temperature dan/atau tekanan. Batuan ini biasanya menjadi batuan induk (source) atau batuan penyimpan (reservoir). yakni 365.Batuan sediment organik terbentuk dari gabungan sisa-sisa makhluk hidup. revolusi Bumi mengelilingi matahari tidak pas dengan gerakan Bumi pada sumbunya. Revolusi Bumi Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari.091 detik. Contoh batuan tersebut adalah batu sabak atau slate yang merupakan perubahan batu lempung. Dari sini kita memiliki tahun kabisat yang terjadi setiap 4 tahun sekali (kecuali pada hitungan seratus yang tidak dapat dibagi 400). Masa rotasi dalam kaitannya dengan matahari ialah 24 jam. Contohnya adalah batugamping terumbu. Batu kuarsit yang merupakan perubahan dari batu pasir. Gerakan melingkar mengelilingi matahari terjadi selama setahun. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼. Sehingga.Apabila semua batuan-batuan yang sebelumnya terpanaskan dan meleleh maka akan membentuk magma yang kemudian mengalami proses pendinginan kembali dan menjadi batuanbatuan baru lagi. batuan sebelumnya akan berubah tektur dan strukturnya sehingga membentuk batuan baru dengan tekstur dan struktur yang baru pula. Proses-proses tersebut berlangsung sepanjang waktu baik di masa lampau maupun masa yang akan datang. 56 menit dan 4. Batu marmer yang merupakan perubahan dari batu gamping. Masa rotasi Bumi pada sumbunya dalam dalam hubungannya dengan bintang ialah 23 jam.2425 hari. .

perubahan musim.724 mil). bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14. B. Matahari dikategorikan sebagai bintang kecil jenis G. sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. Kepadatan massa matahari adalah 1. Gaya tarik matahari kirakira 30 kali gaya tarik bumi. Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yang diyakini oleh ilmuwan. Matahari sebagai pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua.Ternyata poros bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23. Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya. gerak semu tahunan matahari. Di samping sebagai pusat peredaran. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya. Revolusi ini menimbulkan beberapa gejala alam yang berlangsung secara berulang tiap tahun diantaranya perbedaan lama siang dan malam. Sinar matahari menempuh masa delapan menit untuk sampai ke Bumi.000 mil. masing-masing fotosfer.Dewa Matahari dalam kepercayaan Hindu) adalah bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149. diameter matahari kira-kira 112 kalinya. Dibandingkan dengan bumi. Kuatnya pancaran sinar matahari dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan sensor mata dan mengakibatkan kebutaan.000 mil).000 juta tahun lalu.669. Matahari adalah suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul.6 miliar tahun lalu. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke permukaan Bumi yang dikenali sebagai konstan surya menyamai 1.370 watt per meter persegi setiap saat. Untuk terus bersinar. karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit. sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan sumbu rotasi.41 berbanding massa air. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar. matahari juga merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan tata surya. Garis tengah ekuatorialnya 864. Jarak matahari dari bumi Jarak matahari ke bumi adalah 149. serta kalender masehi.680.000 kilometer (93.026.50 terhadap matahari. kromosfer dan korona. dengan itu kehilangan empat juta ton massa setiap saat. dan perubahan penampakan rasi bintang. . matahari. yang terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton. Benda Langit Matahari Matahari atau juga disebut Surya (dari nama Dewa "Surya" . Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km. Matahari dipercayai terbentuk pada 4.000.000 kilometer (93.

889. Menurut JR Meyer. temperatur di permukaan matahari sekitar 6. .000 °C namun ada juga yang menyebutkan suhu permukaan sebesar 5. sinar infra-merah. prominensa berisikan plasma yang lebih dingin. Tanggal 26-27 September 2009 lalu. Prominensa terjadi di lapisan photosphere pada matahari dan bergerak keluar menuju korona matahari. seringkali berbentuk loop (putaran). terang yang mencuat keluar dari permukaan matahari. wahana ruang angkasa (Stereo A dan Stereo B) yang khusus memantau matahari merekam fenomena selama 30 jam ini. Matahari juga menghasilkan gelombang radio.500 °C. Terdapat julangan gas teramat panas yang dapat mencapai hingga beribu bahkan berjuta kilometer ke angkasa. Setiap putaran dan mempunyai gravitasi 27. Ahli lain. Massa di dalam prominensa berisikan material dengan berat hingga 100 miliar ton.9 kali gravitasi Bumi. yang terbesar yang pernah diobservasi terlihat pada tahun 1997 dengan panjang sekitar 350. sinar-X dan angin matahari yang merebak ke seluruh tata surya. Bumi terlindungi daripada angin matahari oleh medan magnet bumi. Ada pula yang menyebutkan temperatur di inti matahari kira kira sekitar 13. Bintik matahari itu menandakan kawasan yang "kurang panas" berbanding kawasan lain dan mencapai keluasan melebihi ukuran Bumi. Rotasi pada wilayah khatulistiwanya adalah sekitar 25 hari dan 35 hari pada wilayah kutub. Semburan matahari 'sun flare' ini dapat mengganggu gelombang komunikasi seperti radio. Terdapat bintik matahari yang muncul dari masa ke masa pada matahari yang disebabkan oleh perbedaan suhu di permukaan matahari. panas matahari berasal dari batu meteor yang berjatuhan dengan kecepatan tinggi pada permukaan matahari. Prominensa Lidah api yang ada di matahari atau juga disebut Prominensa merupakan bagian matahari yang sangat besar. Kadang-kala peredaran Bulan mengelilingi bumi menghalangi sinaran matahari yang sampai ke Bumi. Sedangkan menurut teori kontraksi H Helmholz. oleh itu mengakibatkan terjadinya gerhana matahari.000 °C.Suhu Menurut perhitungan para ahli.000 kilometer . Prominensa biasanya menjulur hingga ribuan kilometer. panas itu berasal dari menyusutnya bola gas. Perputaran Matahari Karena Matahari tidak berbentuk padat melainkan dalam bentuk plasma. sementara lapisan ozon pula melindungi Bumi daripada sinar ultra-violet dan sinar infra-merah.sekitar 28 kali diameter bumi. menyebabkan rotasinya lebih cepat di khatulistiwa daripada di kutub. Dr Bothe menyatakan bahwa panas tersebut berasal dari reaksi-reaksi termonuklir yang juga disebut reaksi hidrogen helium sintetis. Temperatur tertinggi terletak di bagian tengahnya yang diperkirakan tidak kurang dari 25 juta derajat Celsius namun disebutkan juga kalau suhu pada intinya 15 juta derajat Celsius. dinamakan plasma yang tidak begitu memperlihatkan cahayanya. Jika korona merupakan gas-gas yang telah diionisasikan menjadi sangat panas. gelombang ultra-violet. Jenis batuan atau logam apapun yang ada di Bumi ini akan lebur pada suhu setinggi itu. TV dan radar di Bumi dan mampu merusak satelit atau stasiun angkasa yang tidak terlindungi.

Hal ini menyebabkan Bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3. Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi Bumi tidak jatuh ke Bumi disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit Bulan mengelilingi bumi. Bergerak di antara gugusan-gugusan bintang.3 hari (periode orbit). Merupakan sumber energi (sinar panas). Bulan Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi. Energi pancaran matahari telah membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan. Bulan beredar mengelilingi Bumi sekali setiap 27. hal ini menyebabkan hanya satu sisi permukaan Bulan saja yang dapat diamati dari Bumi. pergerakan itu mengelilingi pusat galaksi. sedangkan massa Bulan hanya 0. Besarnya gaya sentrifugal Bulan adalah sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi Bumi dan Bulan. Banyak kawah yang terhasil di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid.Gerakan Matahari Matahari mempunyai dua macam gerakan sebagai berikut : y y Rotasi mengelilingi sumbunya. Jarak rata-rata Bumi-Bulan dari pusat ke pusat adalah 384.5 g/cm³). Tanpa matahari. Manfaat matahari y y y Matahari mempunyai fungsi yang sangat penting bagi bumi. Ketiadaan udara dan air di bulan menyebabkan . lamanya 25 1/2 hari satu kali putaran. Orbit sinkron menyebabkan kala rotasi sama dengan kala revolusinya.5 hari (periode sinodik). Energi yang terkandung dalam batu bara dan minyak bumi sebenarnya juga berasal dari matahari. Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya Matahari. matahari bergerak diantara gugusan bintang dengan kecepatan 20 km per detik. sulit dibayangkan kalau akan ada kehidupan di bumi. Ini berarti volume Bulan hanya sekitar 2 persen volume Bumi dan tarikan gravitasi di permukaannya sekitar 17 persen daripada tarikan gravitasi Bumi. dan merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Diameter Bulan adalah 3. membuat udara dan air di bumi bersirkulasi. Massa jenis Bulan (3. Mengontrol stabilitas peredaran bumi yang juga berarti mengontrol terjadinya siang dan malam. dan banyak hal lainnya. tahun serta mengontrol planet-planet lainnya.8cm/tahun.4 g/cm³) adalah lebih ringan dibanding massa jenis Bumi (5.403 km. tumbuhan bisa berfotosintesis. Selain berotasi.474 km. Di bulan tidak terdapat udara ataupun air. sekitar 30 kali diameter Bumi. Bulan berada dalam orbit sinkron dengan Bumi. Gerakan rotasi dapat dibuktikan dengan terlihat noda-noda hitam di bagian inti yang kadang-kadang berada di sebelah kanan dan kira-kira 2 minggu berada di sebelah kiri.012 massa Bumi.[1] sedikit lebih kecil dari seperempat diameter Bumi. dan variasi periodik dalam sistem Bumi-Bulan-Matahari bertanggungjawab atas terjadinya fase-fase Bulan yang berulang setiap 29.

tidak adanya pengikisan yang menyebabkan banyak kawah di bulan yang berusia jutaan tahun dan masih utuh. Fase bulan bulan mati bulan sabit bulan separuhbulan cembungbulan purnama bulan purnama bulan cembungbulan separuhbulan sabit bulan mati Asal usul Asal . Bumi terletak hampir segaris di antara Matahari dan Bulan. Bulan sebagai penanda waktu Bulan purnama adalah keadaan ketika Bulan nampak bulat sempurna dari Bumi. Kebalikannya adalah saat bulan mati. Pada saat itu. dan menghasilkan debu yang berjumlah sangat banyak dan mengorbit di sekeliling bumi dan akhirnya debu mengumpul menjadi bulan. hanya sebagian permukaan Bulan yang disinari Matahari yang terlihat dari Bumi. Di antara kawah terbesar adalah Clavius dengan diameter 230 kilometer dan sedalam 3. kesemua misi dilakukan pada 1959. tetapi ilmuan menemukan bukti besar bahwa Bulan berasal dari tubrukan bumi dengan planet kecil yang bernama theira sekitar 3 milyar tahun yang lalu. Ketidakadaan udara juga menyebabkan tidak ada bunyi dapat terdengar di Bulan.Matahari.[1] Program Apollo milik Amerika Serikat adalah satu-satunya misi berawak hingga kini. dan yang berhasil mengorbit Bulan adalah Luna 10. sehingga yang 'terlihat' dari Bumi adalah sisi belakang Bulan yang gelap.usul bulan tidak diketahui secara pasti. sehingga seluruh permukaan Bulan yang diterangi Matahari terlihat jelas dari arah Bumi. Pada saat itu. yakni pada saat posisi Bulan terhadap Bumi membentuk sudut tertentu terhadap garis Bumi . Wahana antariksa pertama yang berhasil melakukan pendaratan adalah Luna 9. Pada awalnya jarak bulan pada pertama kali . yaitu saat Bulan terletak pada hampir segaris di antara Matahari dan Bumi. alias tidak nampak apa-apa. Bulan adalah satu-satunya benda langit yang pernah didatangi dan didarati manusia. diambil oleh Luna 3.6 kilometer. dan foto pertama sisi jauh bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi. Luna 1. obyek buatan pertama yang membentur permukaan Bulan adalah Luna 2. keduanya dilakukan pada tahun 1966. Di antara kedua waktu itu terdapat keadaan bulan separuh dan bulan sabit. Obyek buatan pertama yang melintas dekat Bulan adalah wahana antariksa milik Uni Sovyet. yang melakukan enam pendaratan berawak antara 1969 dan 1972.

Uranus. Bulan. Saturnus. Jupiter/Yupiter. sebelum Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union = IAU) mengumumkan perubahan pada definisi "planet" sehingga seperti yang tersebut di atas. planet-planet anggota tata surya ada 9. Sedna. 7. Merkurius. Venus. y telah "membersihkan lingkungan" (clearing the neighborhood. Jupiter dan Saturnus. Hingga 24 Agustus 2006. Neptunus. dan. 6. planet dianggap sebagai representasi dewa di langit. Planet dari waktu ke waktu terlihat berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang yang satu ke rasi bintang yang lain.000 mil atau 15 kali lebih dekat dari jarak Bulan dengan Bumi sekarang. Namun pada zaman Yunani Kuno yang belum mengenal konsep heliosentris. UB 313. Dinamakan demikian karena berbeda dengan bintang biasa. Bumi. Mars. Merkurius Venus Bumi Mars Yupiter Saturnus Uranus Neptunus . Xena. Orcus. Dari hasil penelitian Bulan menjauh sekitar 3. dan Pluto. maka terdapat delapan planet dalam sistem Tata Surya: 1. 2. para ilmuwan sepakat untuk mengeluarkan Pluto dari daftar planet sehingga jumlah planet di tata surya menjadi hanya 8. maka dalam sistem Tata Surya terdapat delapan planet. Quaoar. Astronomi modern menghapus Matahari dan Bulan dari daftar karena tidak sesuai definisi yang berlaku sekarang. 3." Planet diambil dari kata dalam bahasa Yunani Asteres Planetai yang artinya Bintang Pengelana. 8. Namun. bahkan benda langit yang belakangan juga ditemukan sempat dianggap sebagai planet baru. Pluto.hanya sekitar 30. Ceres dan UB 313 kini berubah statusnya menjadi "planet kerdil/katai. yaitu Merkurius. Planet dalam tata surya Menurut IAU (Persatuan Astronomi Internasional) sesuai dengan defenisi yang baru. Perpindahan ini (pada masa sekarang) dapat dipahami karena planet beredar mengelilingi matahari. terdapat sembilan planet termasuk Pluto. Mars. y tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya. tanggal 26 Agustus 2006.8 cm per tahunnya. Pada saat itu yang dimaksud dengan planet adalah tujuh benda langit: Matahari. Planet Planet adalah benda langit yang memiliki ciri-ciri berikut: mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang. 5. seperti: Ceres. mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat). Sebelumnya. Venus. mengosongkan orbit agar tidak ditempati bendabenda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya y y Berdasarkan definisi di atas. 4.

Obyek-obyek seperti Ceres. Venus. terjadi banjir penemuan obyek-obyek sejenis Pluto di daerah yang relatif sama. IAU tetap mempertahankan statusnya selama kira-kira 70 tahun. tetapi karena masih lebih besar daripada semua asteroid yang diketahui. Pluto ditemukan. yang telah diklasifikasikan sebagai planet hingga hampir setengah abad. Seperti Ceres dan asteroid-asteroid pada masa sebelumnya. semua nama planet dialihkan menjadi nama-nama dewa mereka. berdasarkan pemungutan suara. planet mulai diterima sebagai sesuatu´ yang mengorbit Matahari. Saturnus. . Pada titik ini. Uranus dan Neptunus). yang pada awalnya terdiri dari tiga obyek. Kronos untuk Saturnus dan Aphrodite untuk Venus. Pada 1990-an dan awal 2000-an. Mars. Pluto ditemukan hanya sebagai benda kecil dalam sebuah populasi yang berjumlah ribuan. membuat hal ini semakin mengemuka. Bumi. sebuah obyek yang lebih masif daripada Pluto. Pyoroeis (berapi) untuk Mars. dan Bumi hanyalah sebuah planet. Pluto dan Eris. dan banjir penemuan baru tampaknya telah berakhir. dan jumlah planet´ menjadi bertambah dengan cepat di penghujung abad itu. Hal ini terjadi karena dahulu planet Venus yang muncul di pagi dan di sore hari dianggap sebagai dua objek yang berbeda. Pemantauan lebih jauh menemukan bahwa obyek tersebut ternyata jauh lebih kecil dari dugaan semula. Semakin banyak astronom yang meminta agar Pluto didefinisi ulang dari sebuah planet seiring bertambahnya penemuan obyek-obyek sejenis. Namun pada abad ke-20.Sejarah Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. ketiadaan definisi formal membuat "planet" dipahami sebagai benda 'besar' yang mengorbit Matahari. Zeus untuk Jupiter. menjadi benda yang bergerak mengelilingi Bumi. pengertian istilah planet´ berubah dari sesuatu´ yang bergerak melintasi langit (relatif terhadap latar belakang bintang-bintang yang tetap´). Phainon (Bersinar) untuk Saturnus. Pallas dan Vesta. Pada masa selanjutnya di mana kebudayaan Romawi menjadi lebih berjaya dibanding Yunani. Kebetulan dewa-dewa dalam mitologi Yunani mempunyai padanan dalam mitologi Romawi sehingga planet-planet tersebut dinamai dengan nama yang kita kenal sekarang. Mars. Jumlah planet dalam Tata Surya berkurang menjadi 8 benda besar yang berhasil membersihkan lingkungannya´ (Merkurius. Penemuan Eris. astronom mulai menyadari bahwa banyak penemuan terbaru tidak mirip dengan planet-planet tradisional. IAU membuat definisi planet yang baru. Setelah pengamatan-pengamatan awal mengarahkan pada dugaan bahwa Pluto berukuran lebih besar dari Bumi. dipublikasikan secara luas sebagai planet kesepuluh. Tidak ada keperluan untuk menetapkan batasbatas definisi karena ukuran antara asteroid dan planet begitu jauh berbeda. Akhirnya pada 24 Agustus 2006. Yupiter. dan sebuah kelas baru diciptakan. Khusus planet Venus memiliki dua nama yaitu Hesperos (bintang sore) dan Phosphoros (pembawa cahaya). Phaethon (berkilau) untuk Jupiter. kemudian diklasifikan dengan nama baru "asteroid". bangsa Yunani memberi nama Stilbon (cemerlang) untuk Planet Merkurius. dan tampaknya tidak eksis dalam populasi yang besar. Venus. Pada abad ke-4 SM. Hingga pertengahan abad ke-19. Yupiter dan Saturnus) telah dikenal sejak zaman dahulu karena mereka semua bisa dilihat dengan mata telanjang. Aristoteles memperkenalkan nama-nama dewa dalam mitologi untuk planetplanet ini. Ketika model heliosentrik mulai mendominasi pada abad ke-16. Hermes menjadi nama untuk Merkurius. Banyak bangsa di dunia ini memiliki nama sendiri untuk masing-masing planet (lihat tabel nama planet di bawah). IAU (yang baru saja dibentuk) menerima obyek tersebut sebagai planet. Ares untuk Mars. Ceres. Sejarah nama-nama planet Lima planet terdekat ke Matahari selain Bumi (Merkurius. yaitu planet katai. Selama 1800-an. semua obyek apa pun yang ditemukan mengitari Matahari didaftarkan sebagai planet. Pada abad ke-6 SM.

Planet ke-8 diberi nama Neptunus.2 ~4 16. Berdasarkan definisi ini. Mitologi Romawi sendiri tidak memiliki padanan untuk dewa Uranus. Pluto harus berubah statusnya dari planet menjadi planet katai karena Pluto belum mengosongkan daerah di sekitar orbitnya (Sabuk Kuiper). tradisi penamaan planet menggunakan nama dewa dalam mitologi Romawi masih berlanjut.Hingga masa sekarang.7 Makemake Plutoid Eris Piringan tersebar <2340 y Plutoid: Planet katai yang memiliki orbit di daerah trans-Neptunus . Namun demikian ketika planet ke-7 ditemukan. Anggota Berikut adalah daftar benda angkasa yang telah diberikan status "planet katai"[1]: Nama Ceres Pluto Haumea Kategori Asteroid Plutino Plutoid Diameter (km) Massa (1021 kg) 974 ± 3 2306 ± 20 1150 ± 250 1500 ± 400 0. mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya bukan merupakan satelit sebuah planet atau benda angkasa nonbintang lainnya Kategori "planet katai" ini diciptakan pada pertemuan Persatuan Astronomi Internasional pada 24 Agustus 2006.95 13. Planet Kerdil Planet katai atau planet kerdil (bahasa Inggris: dwarf planet) adalah sebutan bagi benda-benda langit dalam Tata Surya yang sesuai dengan ciri-ciri berikut: y y y y mengorbit mengelilingi matahari mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan benda tegar (rigid body) sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk ekuilibrium hidrostatik (bentuk hampir bulat) belum "membersihkan lingkungan" (clearing the neighborhood. Dinamakan Uranus karena Uranus adalah ayah dari |Kronos (Saturnus).05 4. dewa laut dalam mitologi Romawi. planet ini diberi nama Uranus yang merupakan nama dewa Yunani.

Ketika mendekati matahari. yang berarti "rambut panjang". Komet juga mengelilingi matahari. adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet. sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor. Beberapa komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengorbit matahari. Kala itu. Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda.Komet. tetapi lebih besar daripada meteoroid. Komet menampakkan koma ("ekor") sementara asteroid tidak. Komet terbentuk dari es dan debu. pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid. Asteroid pertama yang ditemukan adalah 1 Ceres. yang ditemukan pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Beberapa komet menempuh jarak lebih jauh di luar angkasa daripada planet. . Kata "komet" berasal dari bahasa Yunani. Panjang "ekor" komet dapat mencapai jutaan km. sehingga termasuk dalam sistem tata surya. asteroid disebut sebagai planetoid. Asteroid Asteroid. dan Meteor Komet Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis. Asteroid. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari matahari. Orang Jawa menyebutnya sebagai lintang kemukus karena memiliki ekor seperti buah kemukus yang telah dikeringkan. umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Istilah lainnya adalah bintang berekor yang tidak tidak tepat karena komet sama sekali bukan bintang.

350 memiliki nama resmi (trivia: kira-kira 650 di antara nama ini memerlukan tanda pengenal). 136. 2 Pallas (7%). menjadikan perkiraan ini menjadi 51%.9%). atau kurang lebih 4% dari massa bulan. 13. dengan diameter 900-1000 km. Massa seluruh asteroid Sabuk Utama diperkirakan sekitar 3. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan.376 planet kecil yang terdaftar. 1 Ceres bermassa 0. dan kini penemuan baru itu rata-rata sebanyak 5000 buah per bulannya.0-3. 2006. 511 Davida (1. dapat disebut sebagai bolide. dan 10 Hygiea (3%).2%).563 di antaranya memiliki orbit yang cukup dikenal sehingga bisa diberi nomor resmi yang permanen. Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi. Dari kesemuanya ini. Vesta merupakan asteroid sabuk paling utama yang kadang-kadnag terlihat oleh mata telanjang (pada beberapa kejadian yang cukup jarang. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater. keduanya memiliki diameter ~500 km. hanya menambah 3% dari massa totalna. Kemudian asteroid terpadat. Dua asteroid sabuk sistem tatasurya sebelah dalam yaitu 2 Pallas dan 4 Vesta.9 juta. lihat 99942 Apophis). Di antara planet-planet tersebut. . Kini diperkirakan bahwa asteroid yang berdiameter lebih dari 1 km dalam sistem tatasurya tatasurya berjumlah total antara 1. 4 Vesta (9%). 704 Interamnia (1. asteroid yang dekat dengan bumi dapat terlihat tanpa bantuan teknis. lazim disebut sebagai bintang jatuh. Astéroid terluas dapam sistem tatasurya sebelah dalam yaitu 1 Ceres. Dikatakan bahwa asteroid ida juga memiliki sebuah satelit yang bernama Dactyl. Jumlah asteroid berikutnya bertambah secara eksponensial walaupun massa masing-masing turun. planet kecil yang dinamai dengan nomor teratas (kecuali planet katai 136199 Eris serta 134340 Pluto) yaitu 129342 Ependes. lebih terang daripada penampakan Planet Venus. Pada 27 Agustus. sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer.0%). Meteor yang sangat terang. tiga seterusnya. dari total 339.1 hingga 1.Sudah sebanyak ratusan ribu asteroid di dalam tatasurya kita diketemukan.6×1021 kg. Meteor Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi. Nomor terbawah tetapi berupa planet kecil tak bernama yaitu (3360) 1981 VA. benda yang dihasilkan disebut meteorit.95×1021 kg. 32% dari totalnya. dan 3 Juno (0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful