MODUL 2

PASAR KEUANGAN
Agus Zainul Arifin 1. Pengertian Pasar Keuangan Pasar keuangan adalah mekanisme dimana peminjam-peminjam dan yang meminjamkan bertemu dan melakukan jual beli instrumen keuangan. Pasar keuangan lebih merupakan suatu mekanisme yang menghubungkan tabungan kepada investor aktiva riil 2. a. Komponen pasar keuangan b. c. d. e. F. G. Bisnis Pemerintah Rumah tangga Bankir sekuritas Bankir jipotik Pertukaran sekuritas Pasar saham tidak resmi Rumah Tangga Bisnis Pemerintah Bank komersial Institusi tabungan Perusahaan asuransi Dana pensiun Perusahaan keuangan Dana mutual Instrumen Keuangan

Sektor investasi

Pialang keuangan

Pasar sekunder

Sektor tabungan

Perantara keuangan

Lembaga Keuangan

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB

Dr. Ir. Agus Zainul Arifin, MM MANAJEMEN KEUANGAN

Transfer dapat dilakukan melalui institusi investasi keuangan. Pasar uang adalah suatu kelompok pasar di mana instrumen kredit jangka pendek. Walaupun demikian. 2. Perusahaan memberikan surat-surat berharga tersebut kepada para investor. Transfer uang dan surat berharga secara langsung. Tipe Transfer Dana pada Pasar Keuangan 1. Pasar modal dalam arti sempit adalah suatu tempat yang terorganisasi di mana efek-efek diperdagangkan yang disebut Bursa Efek. Jangka waktu instrumen pasar uang biasanya jatuh tempo dalam waktu 1 tahun atau kurang. Jadi dana investor di bank diputarkan kembali dalam rangka meningkatkan kegiatan perekonomian.UMB Dr. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Pasar uang dengan pasar modal sering diartikan sama. yaitu perusahaan menjual saham dan obligasi secara langsung kepada investor tanpa melalui institusi keuangan lainnya. yang kemudian akan dijual kembali kepada investor. padahal kedua jenis pasar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. hal ini tidak memungkinkan menjual kembali kepada investor sebanyak yang dibayarkan. Perusahaan dan investor melakukan transaksi melalui bank dan tidak secara langsung. Fungsi Bursa Efek adalah menjaga komunitas pasar dan menciptakan harga efek yang wajar melalui mekanisme permintaan dan penawaran. yang umumnya berkualitas tinggi diperjualbelikan.3. yaitu perusahaan investor menyetorkan dana ke bank. Bursa efek (stock exchange) adalah suatu sistem yang terorganisasi yang mempertemukan penjual dan pembeli efek yang dilakukan baik secara langsung maupun dengan melalui wakil-wakilnya. dan investor membayar kepada perusahaan berupa uang. dan bank kembali memutarkan dana tersebut kepada nasabah lain yang akan meminjam (pemberian kredit). Transfer melalui financial intermediary. bank membeli dan hanya memegang surat-surat berharga tersebut dalam satu periode waktu tertentu. Definisi Pasar Modal menurut Kamus Pasar Uang dan Modal adalah pasar konkrit atau abstrak yang mempertemukan pihak yang menawarkan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . yaitu perusahaan menjual saham dan obligasi kepada bank investasi. karena 3. 2. Ir. Jenis-jenis pasar keuangan 1. Agus Zainul Arifin. 4.

saham preferen dan obligasi diperdagangkan. yaitu jangka satu tahun ke atas. Banker’s Acceptance h. Sertifikat Bank Indonesia (SBI) b. Bill of Exchange f. Call Money f. barang pertanian. Ir. Instrumen pasar keuangan Instrumen-instrumen pasar uang yang banyak ditransaksikan di berbagai negara dan diperdagangkan secara internasional antara lain meliputi: a. Commercial Paper e. Repurchase Agreement (Repos) g.UMB Dr. 3. Agus Zainul Arifin. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Instrumen derivatif berarti instrumen yang merupakan turunan dari jenis kekayaan lain (seperti harga minyak. Menurut David L. 5. Banker’s Acceptance (BA) e. Promissory Notes Pusat Pengembangan Bahan Ajar . pasar modal adalah pasar untuk dana jangka panjang di mana saham biasa. Commercial Paper (CP) c.dan yang memerlukan dana jangka panjang. Scott. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) c. harga emas. future contact dan swap. valuta asing. Derivatif berarti turunan. Negotiable Certificate of Deposits (CDs) d. Sertifikat Deposito d. Fed Funds (di Amerika Serikat) Instrumen yang dipergunakan di dalam pasar uang Indonesia saat ini antara lain: a. Treasury Bills (T-Bills) b. Saat ini pasar derivatif baru terbatas pada bursa berjangka dan pasar bebas surat berharga (Over the Counter/OTC). Repurchase Agreement g. Pasar derivatif Pasar derivatif merupakan bagian dari pasar modal. Instrumen derivatif yang paling populer adalah opsi. dengan tujuan untuk mengelola resiko. ataupun surat berharga seperti saham dan obligasi). Pasar derivatif menjual produk derivatif yang menjadi "turunan" dari produk yang dijual di pasar primer dan sekunder.

Ir. Karakteristik T-Bills: a. karena instrument pasar uang ini: a. T-Bills dijadikan sebagai cadangan likuiditas sekunder oleh lembaga-lembaga keuangan dan perusahaan-perusahaan e. T-Bills umumnya mempunyai jangka waktu jatuh tempo satu tahun atau kurang b. • Promes di mana penerbit berjanji akan membayar sejumlah uang tertentu pada saat jatuh tempo.UMB Dr. T-Bills tidak memberikan bunga secara langsung tetapi dijual atas dasar diskonto.TREASURY BILL (T-Bills) T-Bills merupakan instrument utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau Bank Sentral atas unjuk dengan jumlah tertentu yang akan dibayarkan kepada pemegang pada tanggal yang telah ditetapkan. dengan jumlah diskonto ditetapkan melalui proses pelelangan T-Bills dapat dijadikan sebagai sarana investasi. Agus Zainul Arifin. risiko terjadi kerugian sangat kecil COMMERCIAL PAPER (CP) Commercial paper merupakan • promes yang tidak disertai dengan jaminan (unsecured promissory notes) yang diterbitkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana jangka pendek dan dijual kepada investor dalam pasar uang. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . MM MANAJEMEN KEUANGAN . memiliki pasar sekunder c. T-Bills sangat mudah diperjualbelikan d. T-Bills dianggap instrumen yang sangat aman c. jangka waktu jatuh tempo CP berkisar mulai dari beberapa hari sampai 270 hari. Penerbitan CP dapat dilakukan secara langsung (direct placement) kepada investor ataupun secara tidak langsung ( indirect placement) dengan menggunakan jasa perantara. tidak berisiko b.

b. Karakteristik CD: a. Tidak perlu menyediakan jaminan c. SERTIFIKAT DEPOSITO (CD) Adalah Instrumen keuangan yang diterbitkan oleh suatu bank atas unjuk dan dinyatakan dalam suatu jumlah. Dapat dijual kembali (didiskontokan) tanpa perlu menunggu jatuh temponya. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Bagi perusahaan penerbit. CD merupakan deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperdagangkan. CP menawarkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan Sertifikat Deposito. Jangka waktu jatuh temponya lebih fleksibel. Kelemahan CP dilihat dari sisi investor dan issuer yaitu: a. sehingga biaya dana akan menjadi lebih murah). c. Agus Zainul Arifin. dapat diperpanjang atas persetujuan investor. c. c. CD dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan sebelum jangka waktu jatuh temponya melalui lembaga-lembaga keuangan lainnya. Tingkat bunga CP lebih rendah daripada prime rate (tingkat bunga kredit yang dikenakan perbankan kepada nasabah utamanya. Penerbitannya relative lebih murah karena hanya melibatkan penerbit dan investor d. Tingkat keamannya relatif tinggi karena penerbit CP umumnya perusahaan dengan rating yang tinggi. b. CP merupakan sumber dana jangka pendek sehingga perusahaan kurang leluasa untuk dijadikan sebagai modal investasi. CD diterbitkan oleh bank umum atas dasar diskonto (discounted basis). Deposito Berjangka atau Treasury Bills. Investor a. jangka waktu dan tingkat bunga tertentu.UMB Dr. Bagi investor CP merupakan instrumen yang tidak disertai dengan jaminan (unsecured promissory notes) b. Ir. Kemungkinan issuer melakukan rekayasa laporan keuangan untuk memperlihatkan keadaan likuiditas dan kemampuan perolehan labanya.Kelebihan Commercial Paper bagi penerbit (issuer) dan investor antara lain yaitu: Penerbit a. b. MM MANAJEMEN KEUANGAN .

Pernyataan bahwa penerbit mengikat diri untuk membayar sejumlah BANKER’S ACCEPTANCE (BA) Banker’s acceptance adalah time draft (wesel berjangka) yang ditarik oleh seorang eksportir atau importir atas suatu bank untuk membayar sejumlah barang atau untuk membeli valuta asing. Kata-kata “Sertifikat Deposito” dan “Dapat Diperdagangkan” dalam ukuran besar sehingga mudah terlihat. Agus Zainul Arifin. b. Nomor seri dan nomor urut c. Pada halaman belakang dicantumkan klausula yang sekurang-kurangnya menyatakan bahwa: a. Tanggal dan tempat penerbitan f. Karakteristik BA: Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Nilai nominal dalam Rupiah e. Ir. Penerbit menjamin sertifikat deposito dengan seluruh harta dan piutangnya. Pelunasan dilakukan pada tanggal jatuh tempo atau sesudahnya dengan menyerahkan kembali warkat sertifikat deposito. Tanda tangan Direksi atau pejabat yang berwenang dari penerbit i.UMB Dr. b. Tanda tangan pejabat dari kantor cabang di tempat CD diterbitkan 2. g. CD dapat diperjualbelikan dan dapat dipindahtangankan dengan cara penyerahan c. Nama dan tempat kedudukan penerbit d. Tingkat bunga atau diskonto uang tertentu dalam Rupiah pada tanggal dan tempat tertentu h.Formula untuk menghitung nilai tunai (proceeds) instrumen pasar uang lain yaitu: Nilai nominal x 360 360 + (tingkat diskonto x jumlah hari diskonto) Sesuai ketentuan Bank Indonesia warkat CD harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: 1. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Pada halaman depan sekurang-kurangnya dicantumkan: a.

Formula untuk menghitung transaksi jual beli BA dengan cara diskonto dapat menggunakan rumus berikut: Discount = Principal x Rate / 100 x Days to maturity / 365 Pusat Pengembangan Bahan Ajar . BA merupakan instrumen pasar uang yang berkualitas tinggi dan dapat diuangkan d. MM MANAJEMEN KEUANGAN Cash . Importer dapat menunda pembayarannya sesuai dengan jangka waktu credit line yang disepakati dengan bank c. Agus Zainul Arifin. Ir. Jangka waktu akseptasi biasanya berkisar 30 sampai 270 hari. dimana jangka waktu 90 hari yang paling umum c. Issuing bank yang memegang banker’s acceptance (didiskonto dari eksportir) merupakan instrumen keuangan yang sangat likuid yang dapat dijual sebelum jatuh tempo melalui dealer bila membutuhkan likuiditas. BA memberikan alternatif untuk memperoleh kredit b. Digunakan dalam perdagangan ekspor-impor Proses terciptanya Banker’s Acceptance: Bankers Acceptance Purchase or Importer of Goods Cash Goods shipped Seller or Eksporter of Goods Shipping documents Time draft accepted Assepting Bank Cash Matured acceptances Investor in Money Market Kelebihan banker’s acceptance: a.UMB Dr.a. Eksportir dapat menerima uangnnya segera tanpa penundaan b.

Tanggal dan tempat surat wesel ditarik g. Surat wesel yang ditarik oleh nasabah bank dan diaksep oleh bank dalam rangka pemberian kredit untuk membiayai kegiatan tertentu. Tanda tangan orang yang mengeluarkannya (penarik) Karakteristik bill of exchange: a. Ditinjau dari jenis transaksi dan warkatnya. Nama orang atau pihak lain yang ditunjuk untuk dilakukan pembayaran f.BILL OF EXCHANGE Bill of exchange atau wesel adalah suatu perintah tertulis tak bersyarat yang ditujukan oleh seseorang kepada pihak lainnya untuk membayar sejumlah uang pada saat diperlihatkan pada tanggal tertentu kepada penarik atau order atau pembawa. Ir. Surat sanggup yang diterbitkan oleh nasabah dalam rangka Surat sanggup yang diterbitkan oleh bank dalam rangka pinjaman penerimaan kredit dari bank untuk membiayai kegiatan tertentu. Suart wesel yang ditarik oleh suatu pihak dan diaksep oleh pihak lain dalam rangka transaksi tertentu. Surat wesel harus berisikan hal-hal berikut: a. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Dapat diperjualbelikan secara diskonto SURAT BERHARGA PASAR UANG (SBPU) Surat Berharga Pasar Uang adalah surat-surat berharga berjangka pendek yang dapat diperjualbelikan secara diskonto dengan Bank Indonesia atau lembaga diskonto yang ditunjuk oleh BI. Jangka waktu jatuh tempo umumnya berkisar 6 hari sampai 180 hari d. SBPU dapat dibagi sebagai berikut: Surat Sanggup (aksep/promes) yang dapat berupa: a. b.UMB Dr. Umumnya digunakan dalam perdagangan c. Penarik dan atau tertarik adalah nasabah bank. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Penetapan hari bayarnya d. Nama orang yang harus membayar (tertarik atau pembayar) c. Penetapan tempat di mana pembayaran harus dilakukan e. Surat Wesel yang dapat berupa: a. b. antarbank. Perintah tak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu b. Sifatnya likuid b. Agus Zainul Arifin.

diterbitkan oleh perusahaan untuk individual dan institusi investor. Level Coupon. sebuah perusahaan bisa melakukan lease asset daripada meminjam dan kemudian membeli asset tersebut.S. Banyaknya jenis instrumen keuangan. 3. JENIS-JENIS INSTRUMEN KEUANGAN Klasifikasi dasar instrumen keuangan meliputi tiga kategori utama. mata uang merupakan kewajiban yang ditebitkan oleh U. Kontrak-Kontrak Penetapan Harga Pusat Pengembangan Bahan Ajar . 2. diterbitkan oleh perusahaan untuk individual dan institusi investor. yaitu: 1.UMB Dr. didasarkan pada beberapa unsur pembentuk. Ir. diterbitkan oleh perusahaan untuk individual dan institutsi investor. adalah tanda kepemilikan atas suatu organisasi. merupakan janji untuk membayarkan kepada kreditur sejumlah uang tertentu ditambah dengan bunga pada tanggal-tanggal di masa depan yang telah ditentukan. COMMON STOCK (jangka waktu tidak terbatas). Amortisasi) 2. MM MANAJEMEN KEUANGAN . dan dengan menggunakan giro 90% transaksi komersial dilaksanakan. LEASES (jangka waktu umumnya 3 sampai 20 tahun). Agus Zainul Arifin. Bentuk-Bentuk Hutang. Uang. perbedaannya tidak absolute karena piutang-piutang yang dipegang oleh pemberi pinjaman juga dapat dijual. biasanya berupa saham. Ekuitas. Kupon bunga mengambang. Treasury dalam bentuk mata uang logam dan kertas.(Zero Coupon. PREFERRED STOCK (jangka waktu tidak terbatas). Hutang. sama dengan hutang. Operasi system bank komersial menghasilkan penciptaan giro.CORPORATE BONDS (jangka waktu sampai dengan 40 tahun). atas kesepakatan bersama. yaitu antara lain: 1. Instrumen-instrumen hutang dapat diperdagangkan secara bebas dalam pasar-pasar kredit atau ditahan oleh pemberi pinjaman.

b. dapat menjual saham yang bukan milik sendiri. Kontrak future . Agus Zainul Arifin.a. Dan selanjutnya kareng go public itu merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan secara khusus. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Ir.UMB Dr. suatu opsi memberi pemiliknya hak untuk membeli. Persyaratan dan proses go public Kata “go public” atau emisi dalam pembahasan pasarmodal sudah menjadi suatu istilah yang menyatu dan bahkan lebih dapat mudah dimengerti. 6. Secara menyeluruh proses go public dengan demikian melibatkan masyarakat luas. Kontrak Forward . Put: jual) 4. 3. maka perlu di pelajari pula bagaimana prosesnya. walaupun sebenarnya perlu dipelajari pengertiannya. (Call: beli/tarik. Posisi Long. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . c. Opsi. Posisi kepemilikan a. Kontrak Swap . PERSYARATAN GO PUBLIC Perusahaan yang akan go public menawarkan saham /obligasi (emiten) harus memenuhi persyaratan untuk mendapat izin menerbitkan saham / obligasi.mensyaratkan pembelian atau penjualan aktiva tertentu pada tanggal tertentu di masa depan dengan harga yang ditetapkan pada saat kontrak di buat. menarik atau menjual suatu aktiva pada akhir periode tertentu. berarti akan untung bila harga naik (dalam posisi memiliki) b. Posisi Short. yaitu dengan menerima penyertaan masyarakat dalam usahanya. mewajibkan dua pihak untuk menukarkan arus kas tertentu pada interval-interval waktu yang telah ditetapkan. Pada hakikatnya go public secara terjemahanny adalah proses perusehaan yang “go public atau pergi kemasyarakat” artinya perusahaan itu memasyarakatkan dirinya yaitu dengan jalan memberikan saran untuk masyarakat masuk dalam perusahaannya. baik dalam pemilikan maupun dalam penetapan kebijaksanaan pengelolahan perusahaannya. pembelian suatu kontrak futures mengharuskan pembelinya untuk membeli jumlah tertentu dengan harga pelaksanaan tertentu pada tanggal jatuh tempo kontrak.

2. Laporan keuangan telah di periksa oleh akuntan publik untuk 2 tahun buku terakhir dengan pernyataan pendapat setuju (unqualified opinion) untuk tahun terakhir. Mempunyai modal dasar sekurang-kurangnya Rp. Mempunyai modal besar sekurang-kurangnya Rp.UMB Dr. Badan usaha tersebut harus merupakan badan hukum perdata. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Agus Zainul Arifin. 100 juta dan setelah di setor penuh sekurang-kurangnya Rp. b. 4. Bertempat kedudukan di Indonesia 3. 100 juta selain nilai kelayakan bersih sekurang-kurangnya Rp. 3. 4. Dalam 2 tahun buku terakhir secara berturut-turut memperoleh laba dengan perbandingan laba bersih tahun terakhir dalam modal sendiri sekurang-kurangnya 10%. Persyaratan penertiban obligasi bagi bank dan lembaga keuangan Non-bank Pusat Pengembangan Bahan Ajar . selain bank dan lembaga keuangan Non-bank. Dalam (2) dua tahun buku terakhir secara berturut-turut memperoleh laba dengan ketentuan perbandingan antara laba dersih tahunan terakhir dan modal sendiri sekurang-kurangnya 10% (sepuluh persen) khusus bagi badan usaha yang bersifat mencari keuntungan. c. dan disetor penuh sekurang-kurangnya Rp. Persyaratan emisi saham 1. 500 juta. 100m juta.a. Bertempat kedudukan di Indonesia. yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia yang kegiatan usahanya terutama bertujuan mencari keuntungan dan badan lain yang di tunjuk oleh mentri keuangan. 25 juta. 5. Ir. 5. Badan hukum berbentuk perseroan terbatas 2. Persyaratan penerbitan obligasi bagi badan usaha selain bank dan lembaga keuangan Non-bank 1. Laporan keuangan telah di periksa oleh akuntan public/ direktorat akuntan negara untuk 2 (dua) tahun terakhir secara berturut-turut dengan pernyataan pendapat setuju ( unqualified opinion) untuk tahun terakhir.

1. Badan usaha adalah bank sebagaimana dimaksud dalam UU pokok perbankan No. 3. Dalam 2 (dua) tahun buku terakhir secara berturut-turut memperoleh laba dengan ketentuan perbandingan antara laba bersih tahun terakhir dan modal sendiri sekurang-kurangnya 10%. yaitu: a. serta nilai kekayaan bersih sekurang-kurangnya Rp. Ir. Guorantor adalah bank dan / lembaga keuangan bukan bank yang pelunasan kembali pinjaman pokok obligasi beserta bunganya.200 juta. Mempunyai modal dasar sekurang-kurangnya Rp. Agus Zainul Arifin. 250 juta dan telah disetor penuh sekurang-kurangnya Rp. 4. 2. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Laporan keuangan telah diperiksa oleh akuntan public/Direktorat akuntan negara untuk 2 (dua)tahun buku terakhir secara berturutturut dengan pernyataan pendapat setuju (unqualified opinion) untuk tahun buku terakhir. 3. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Kep. d. 4. 14 Tahun 1976 dan lembaga keuangan bukan bank sebagai mana tercantum dalam surat keputusan mentri keuangan No. 1 milyar. Selain itu warga negara / badan asing baik yang bertempat tinggal / berkedudukan di Indonesia maupun diluar negeri dapat membeli obligasi-obligasi tersebut.38/MK/IV/1972 Tanggal 18 januari 1982. Untuk bank harus menampilkan rekomendasi dari bank Indonesia mengenai obligasi yang dapat ditertibkan. PROSES GO PUBLIC ATAU EMISI Proses go public/ emisi yang meliputi seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh calon Emiten. 5. 2. Ketentuan pokok lainnya untuk penertiban obligasi 1. Setiap penawaran obligasi dijamin dengan kekayaan milik emiten dan apabila dipandang perlu dengan jaminan dari guarantor guna melunasi kembali pinjaman pokok maupun pembayaran bunga kepada pemegang obligasi.UMB Dr. Bertempat kedudukan di Indonesia.

7. arus dana yang akan masuk harus mudah dan pasti. MM MANAJEMEN KEUANGAN . besarnya jumlah saham yang akan di jual. go public perusahaan dengan perlu mengadakan penggabungan. rencana penggunaan dana yang masuk serta masalah-masalah (apabila ada) yang dihadapi perusahaan pada saat ini. perusahaan dapat mengajukan surat pernyataan kehendak ke Bap-pam. Pengajuan pernyataan kehendak (letter of intent) Segera setelah keinginan go public disepakati dalam RUPS. Dalam surat dimaksud disampaikan data-data umum mengenai perusahaan. restrukrurisasi misalnya marger/ Perusahaan-perusahaan dalam rangka penanaman modal harus terlebih dahulu memperoleh izin merger dari BKPM.UMB Dr. f. c. menyelenggarakan perubahan anggaran dasar berkaitan perubahan susunan permodalan kemungkinan pengolahan diselesaikan oleh emiten dan notaris untuk selanjutnya diproses melalui direktorat perdata department kehakiman. Proses Trading di Pasar Modal Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Pada suatu tanggal yang di sepakati bersama (paymentdate) dana tersebut akan di peroleh perusahaan dengan tidak bertanggung kepada laku tindakannya saham yang dijual. Laporan keuangan yang diaudit oleh akuntan publik Bagi perusahaan yang mau go public laporan keuangannya harus diaudit oleh akuntan publik minimal 2 tahun terakhir dan harus di sertai pendapat setuju tak bersyarat (unqualified opinion). g. Ir. Hubungan dengan badan badan koordinasi penanaman modal dan instansi teknis apabila perusahaan (khususnya PMA/PMDN) hendak memperluas usahanya/ ekspansi baik produk yang sudah ada maupun produk baru. Penunjukan penjamin emisi (underwriter) Dalam konsep pembelajaran. Agus Zainul Arifin. b. d. Perubahan anggaran dasar Untuk melakukan dan kegiatan go public perusahaan/ perusahaan emiten proses perlu ini. Kepastian ini akan terlaksana dengan hadirnya penjamin emisi. terlebih dahulu harus diajukan untuk mandapatkan persetujuan BKPM dan instansi teknis yang bersangkutan.Go public hanya mungkin apa bila ada kehendak para pemegang saham untuk menjual sebagian sahamnya atau menerbitkan saham baru yang akan dijual kepada masyarakat. Masalah-masalah lain yang perlu ditangani Ada kalanya sebelum organisasi. e.

UMB Dr. Undang-Undang mengharuskan pernyataan pendaftaran diajukan kepada Bapepam oleh emiten dari sekuritas. disebut pasar perdana . Underwriter harus mengecek ketepatan pernyataan dan kewajaran dari penawaran tersebut. MM MANAJEMEN KEUANGAN .Setiap perusahaan yang menawarkan sekuritasnya harus secara transparan tunduk pada Undang-Undang Pasar Modal. sifat dari resiko investasi yang berhubungan dengan sekuritas. Auction Process Pusat Pengembangan Bahan Ajar . latar belakang manajemen dilampiri dengan laporan keuangan. Issuer diberikan waktu beberapa hari untuk menerima atau menolak tawaran tersebut. Ir. Untuk menjual instrumen pasar modal diperlukan kegiatan penjaminan penjualan yang dikenal dengan nama underwriting. Pasar Perdana Pasar untuk memperdagangkan klaim finansial yang baru dikeluarkan. Brought Deal Lead underwriter mengajukan suatu tawaran (bid) untuk membeli sejumlah sekuritas tertentu dengan kupon dan jatuh tempo tertentu kepada issuer potensial. Jenis informasi yang dimuat dalam pendaftaran termasuk sifat jenis dari issuer. Bagian II memuat informasi yang tidak didistribusikan ke publik namun publik meminta dari Bapepam. Biaya mematuhi syarat keterbukaan ini cukup mahal bagi perusahaan kecil. Pengajuan pendaftaran pada Bapepam tidak berarti bahwa sekuritasnya tidak dapat ditawarkan kepada publik karena pernyataan pendaftaran tersebut harus mendapatkan persetujuan dari Bapepam Proses trading di pasar modal: 1. Jika tawaran diterima perusahaan underwriting telah membeli transaksi dan kemudian bisa menjual sekuritas untuk didistribusikan kepada klien mereka. sifat-sifat utama dari sekuritas. Kegiatan underwriting diatur oleh Bapepam berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal. Agus Zainul Arifin. Dalam Undang-Undang Pasar Modal disebutkan bahwa dalam menjual instrumen pasar modal harus memenuhi syarat keterbukaan. Bagian I adalah prospektus yang umumnya didistribusikan kepada publik sebagai penawaran sekuritas.dan pasar untuk memperdagangkan klailm finansial yang telah dikeluarkan sebelumnya disebut pasar sekunder. Pendaftaran dibagi menjadi dua bagian. 2.

Alternarif lain masingmasing bidder membayar bid-nya sendiri. Sindikasi yang menjukan yield terendah (biaya terendah bagi issuer) memenangkan seluruh issue. Contoh: suatu perusahaan ingin mengeluarkan obligasi Rp.UMB Dr. dan juga menunjukan potensi penerimaan investor terhadap penawaran baru di masa mendatang. Perdagangan periodik di pasar sekunder menunjukan kepada issuer konsesus terhadap nilai sekuritas atau secara tidak langsung kinerja dari perusahaan. 200 milyar. Alternatif lain adalah penawar menyatakan harga yang bersedia dibayar dan jumlah yang ingin yang dibeli. Untuk penentuan harga di bursa dapat dibedakan menjadi tiga jenis 1. Berkelanjutan (continuous) Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Jadi.(multiple price auction). Preemptive Right Memberikan hak kepada pemegang saham yang ada untuk membeli proporsi tertentu dari saham yang baru dikeluarkan dengan harga dibawah harga pasar. Ir. Perbedaan utama antara pasar primer dan pasar sekunder adalah bahwa dalam pasar sekunder. perusahaan dapat mengetahui berapa nilai yang diberikan investor pada sahamnya. Pasar Sekunder Pasar sekunder adalah pasar dimana asset finansial yang telah dikeluarkan di perdagangan. 3. Salah satu alternatif dimana semua competitive bidder akan membeli jumlah yang dialokasi sesuai dengan bid yield yang terendah (harga terendah yang menang). demikian juga issuer dapat mengikuti harga obligasinya serta suku bunga implisit yang diharapkan dan diminta oleh investor. Hal ini disebut dengan lelang harga majemuk.Ada dua bentuk auction proses. Sekuritas kemudian dialokasikan kepada bidders atas harga tawaran tertinggi ke harga tawaran yang paling rendah sampai seluruh issue dialokasikan. Berbagai underwriter akan membentuk sindikasi dan mengajukan tawaran pada issue. Informasi tersebut akan membantu investor menilai efektifitas penggunaan dana yang diperoleh dari kegiatan pasar primer sebelumnya. sekuritas hanya mendapatkan informasi mengenai harga (nilai sekuritasnya). Hal ini disebut lelang harga tunggal (single price auction). Harga yang dapat digunakan untuk membeli saham baru disebut dengan subscription price. Tetapi surat berharga yang telah beredar di pasar berpindah tangan dan dana mengalir dari pembeli ke penjual. Di pasar sekunder issuer. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Agus Zainul Arifin. issuer tidak menerima dana dari pembeli. yang pertama disebut underwriting tawaran kompetitif (competitive bidding underwritting).

Ir. 3.UMB Dr. Dengan kata lain. PROSES TRANSAKSI 1.Harga-harga 2. Proses transaksi dilakukan secara berkelanjutan/ Continuous auction atau yang dikenal dengan proses lelang berkelanjutan di pasar modal. Call market ditentukan secara terus-menerus di sepanjang hari perdagangan dimana pembeli dan penjual mengajukan order. Setelah Remote Trading Nasabah melakukan order Proses Order Verifikasi & Validasi Order Konfirmasi “Matched Order” ke Nasabah Proses Back Office Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Agus Zainul Arifin. 2. pelaku pasar melakukan suatu lelang untuk suatu saham. Dalam call market order-order dikelompokkan (batched) bersama untuk dilaksanakan secara simultan dengan harga yang sama. Lelang akan menentukan secara fix harga kliring pasar pada suatu hari tertentu di hari perdagangan. MM MANAJEMEN KEUANGAN Anggota Bursa (Perusahaan Efek) . Proses order di pasar modal dibedakan antara sebelum dan setelah remote trading: a. pada waktu-waktu tertentu di hari perdagangan. Lelang bisa lisan bisa tertulis. Sebelum Remote Trading Nasabah Melakukan Order Proses Order Verifikasi & Validasi Order Kirim Order ke Floor Trader Via Telp Anggota Bursa (Perusahaan Efek) Memasukan Order ke JATS Reconfirm ke AB Konfirm “Match Order” ke nasabah Proses Back Office Bursa Efek Jakarta Anggota Bursa (Perusahaan Efek) b. Campuran Menggunakan unsur-unsur continuous dan call market.

harus berhubungandengan perusahaan efek atau broker ( perusahaan efek yang menjadi anggota bursa efek). Agus Zainul Arifin.CARA BERTRANSAKSI  Secara prinsip dalam melakukan transaksi baik itu pembelian ataupun penjualan efek.UMB Dr. atas jasa tersebut maka Perusahaan Efekmendapatkan sejumlah fee/ komisi. pialang juga dapat menjadi Advisor nasabah/ investor mengenai rencana investasinya. Perusahaan efek memiliki wakilnya di perusahaan bursa atau yang biasa disebut PIALANG. MM MANAJEMEN KEUANGAN .  Pialang bekerja dalam rangka mengeksekusi order/ amanat transaksi baik jual/ beli dari nasabah / investor. Pesanan beli tersusun pada antrian yang terurut mulai dari harga tertinggi ( Prioritas Harga)  Pesanan Jual tersusun pada antrian yang terurut mulai dari harga Terendah Prioritas Harga)  Pesanan yang memiliki harga yang sama akan terurut mulai dari yang masuk terlebih dahulu (Prioritas Waktu) ( Pusat Pengembangan Bahan Ajar .  Selain itu. Ir. BAGAIMANA HARGA SAHAM TERBENTUK   Harga saham ditentukan oleh penawaran dan permintaan saham.

i. Akibatnya. Situasi penawaran dan permintaan ii. Perkiraan Inflasi Suku bunga akan datang yang diharapkan sama dengan suku bunga di depan. para peminjam memberikan reaksi yang berlawanan dengan para investor. Keuda. Peraturan pemerintah iii. Agus Zainul Arifin. Preferensi Likuiditas Obligasi jangka panjang harus memberikan hasil yang lebih banyak daripada obligasi jangka pendek. Faktor-faktor yang memperngaruhi tingkat suku bunga a.UMB Dr. Perusahaan bisnis pada umumnya lebih mengingikan hutang jangka panjang. investor bersedia menerima bunga yang rendah untuk surat berharga jangka pendek. pertama. Nilai tukar mata uang asing v. Oleh karena itu. investor akan memilih surat berharga jangka pendek karena surat tersebut lebih likuid. MM MANAJEMEN KEUANGAN . Ir. Tingkat defisit iv. perusahaan bersedia membayar bunga lebih tinggi untuk dana jangka panjang.Pembeli AB AB Pembeli Bursa MATCH 8. Tingkat aktivitas bisnis Pusat Pengembangan Bahan Ajar . b. karena dalam kondisi ketidakpastian. Alasannya adalah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful