P. 1
Jenis-Jenis Sosialisasi

Jenis-Jenis Sosialisasi

|Views: 1,127|Likes:
Published by Fifa34

More info:

Published by: Fifa34 on Feb 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

By : Afif Tribawono H.

SMANSA CIANJUR

pertemanan atau sifatnya tidak resmi. . Sosialisasi berdasar tipenya terbagi atas : a) Sosialisasi formal. b) Sosialisasi informal. yaitu sosialisasi yang dilakukan melalui lembaga-lembaga berwenang menurut ketentuan negara atau melalui lembaga-lembaga yang dibentuk menurut undang-undang dan peraturan pemerintah yang berlaku. yaitu sosialisasi yang bersifat kekeluargaan.1.

Sosialisasi berdasar bentuknya terbagi atas : a) Sosialisasi primer. paman atau pun paman dan bibi. guru. kakek. ibu. merupakan sosialisasi lanjutan untuk memperkenalkan individu ke lingkungan di luar keluarga. . teman bermain. misalnya dari ayah. kakak. b) Sosialisasi sekunder. Misalnya lingkungan sekolah dan warga masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggal. bapak-bapak dan ibu-ibu tetangga tempat tinggal.2. yaitu sosialisasi paling awal yang diterima individu dari lingkungan sosial terdekatnya. Umumnya agen sosialisasi adalah anggota keluarga . nenek. Agen sosialisasi bisa teman sekolah.

b) Sosialisasi partisipasif. yaitu sosialisasi di mana anak diberi hadiah ketika berperilaku baik.3. . menekankan pada keikutsertaan individu dalam proses sosial. yaitu sosialisasi yang menekankan penggunaan hukuman terhadap kesalahan yang dilakukan individu dalam rangka menjalani kehidupan di masyarakatnya. Sosialisasi berdasarkan polanya terbagi atas : a) Sosialisasi represif.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->