P. 1
PKN KELAS 5 SD

PKN KELAS 5 SD

5.0

|Views: 13,857|Likes:
Published by Fatimah Azzahra

More info:

Published by: Fatimah Azzahra on Feb 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/16/2015

pdf

text

original

MULTIMEDIA LEARNING

PURNAWARMAN
14. Organisasi sekolah yang memiliki lambing berupa tunas kelapa adalah …. 15. Organisasi kepolisian merupakan salah satu contoh organisasi yang bergerak dalam bidang …. 16. Organisasi anggotanya adalah …. masyarakat terdiri atas yang ibu-ibu

Set

1
Essay

KEBEBASAN BERORGANISASI

1. Target yang harus dikerjakan dalam berorganisasi disebut …. 2. Organisasi usaha sekolah berada di …. kesehatan

3. Manusia … orang lain dalam menjalankan kehidupannya. 4. Organisasi pemerintahan tingkat terkecil adalah …. 5. Tujuan bersama dalam berorganisasi harus diwujudkan oleh …. 6. Panti asuhan merupakan contoh organisasi …. 7. Pemimpin organisasi dipilih oleh …. 8. Contoh organisasi pemuda tingkat RW adalah …. di

17. Hubungan kerja antar bagian dalam organisasi disebut …. 18. Sebutkan beberapa organisasi pemerintahan! 19. Apa yang organisasi? dimaksud contoh dengan

9. Setiap organisasi memiliki … yang harus ditaati oleh setiap anggotanya. 10. Perusahaan adalah organisasi yang memiliki motif …. 11. Manusia membutuhkan manusia lain maka manusia cenderung hidup …. 12. Perbedaan pemimpin dan anggota dalam organisasi adalah …. 13. Organisasi bersama. memerlukan …

20. Sebutkan cirri-ciri organisasi! 21. Sebutkan 5 manfaat berorganisasi! 22. Sebutkan ciri-ciri pemimpin yang baik! 23. Sebutkan 3 contoh organisasi di sekolah! 24. Jelaskan dan beri contoh tentang organisasi sosial! 25. Sebutkan dan jelaskan tiga unsur dalam organisasi!

1|PKN

Kelompok manisia yang hidup bersama 27. Memiliki ketua b. Organisasi keagamaan 33. Memiliki anggota c. Yang merupakan pengertian organisasi yang tepat adalah …. a. a. Adanya koordinasi yang baik 31. Organisasi kelas c. a. Organisasi informal d. Berikut ini adalah ciri-ciri organisasi yang baik. Organisasi berjalan efektif 29. Memiliki tujuan yang jelas dan nyata b. a. dibentuk . Tujua organisasi dapat tercapai b. Sebuah organisasi karena …. Memiliki minat yang berbeda c. kecuali …. Organisasi sosial b. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dimiliki organisasi. Hubungan kerja antar bagian dalam organisasi disebut …. kecuali …. maka …. Untuk menyaingi organisasi lain d. Memiliki pembagian tugas yang jelas d. Kelompok manusia yang saling bersaing untuk mencapai tujuan b. a. Memiliki tujuan yang sama Pilihan Ganda 26. RW 32. Organisasi yang bertujuan mencari keuntungan disebut …. OSIS b. Memiliki visi yang berbeda 30. Kelompok manusia yang diatur untuk bekerjasama dalam rangka mencapai tujuan bersama c. Pramuka d. Selalu mendengar diperintahkan pimpinan yang d. Memiliki tujuan sendiri-sendiri 28. Struktur organisasi 2|PKN d. Tujuan organisasi b. Berikut ini adalah organisai yang terdapat di sekolah.MULTIMEDIA LEARNING PURNAWARMAN a. Kelompok manusia yang memiliki tujuan yang sama dengan bekerja masing-masing d. Akan timbul saling antar sesama anggota percaya b. Organisasi sulit untuk mencapai tujuannya c. Adanya pembagian tugas yang jelas c. kecuali …. a. Apabila setia anggota organisasi bekerja masing-masing. Organisasi bisnis c. a.

Tugas organisasi d. anggota. maka yang dilakukan anggotanya adalah …. dan sekretaris c. Mengutamakan anggotanya c. Mengingatkan dengan baik-baik 36. mempunyai anggota b. menjadi wadah mengeluarkan pendapat d. dan tujuan 37. menjadi organisasi wadah belajar sebuah 34. Jika pemimpin melakukan kesalahan. Pura-pura tidak tahu b. memilih pengurus b. a. ketua. anggota. mempunyai dana dan gedung yang besar 39. Mengutamakan sendiri b. anggota. Membiarkan c. dan . wakil ketua c. bendahara b. a. a. keanggotaan b. ketua. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari organisasi. Tiga komponen penting dalam sebuah organisasi. Dalam mengambil keputusan sebaiknya pemimpin organisasi …. Pengurus organisasi yang bertugas mengurus masalah administrasi adalah …. Mendengarkan pendapat orang lain 35. Tujuan pembentukan organisasi adalah …. mempunyai identitas yang jelas pelaksanaan d. pengurus. ketua 40. a. memudahkan tujuan yang akan dicapai 38.MULTIMEDIA LEARNING c. sekretaris d. penasihat pengurus. adalah …. memiliki tujuan yang jelas c. a. adalah …. Membicarakannya anggota lain dengan d. administrasi 3|PKN mengurus d. Bendahara bertugas masalah …. a. Visi organisasi PURNAWARMAN d. dan b. sekretaris bendahara. a. Melalui musyawarah anggotanya pendapat pendapat dengan c.

Suatu bentuk hukuman yang diterima jika melanggar ketentuan yang berlaku disebut …. Dalam bermusyawarah 13. Keputusan dengan terbanyak disebut …. Set 2 11. 19. dengan 15. Sebutkan voting! 4 manfaat syarat dari 16. keuangan d. Jelaskan perbedaan antara musyawarah dengan voting! 20. saling …. Keputusan yang diambil dalam keputusan bersama harus …. Keputusan secara …. 18. Sebutkan 5 hal yang merupakan nilai-nilai dalam musyawarah! 3. Apa yang dimaksud musyawarah? 2. Kreatif dan memiliki inisiatif adalah sikap yang harus dimiliki oleh …. Bagaimana sikap kita terhadap orang yang pendapatnya kalah dengan pendapat kita? 6. kepengurusan PURNAWARMAN 8. 14.MULTIMEDIA LEARNING c. 10. Bagaimana sikapmu orang yang berbeda dengan kamu? terhadap pendapat dilakukan 5. Sikap apabila pendapat kita ditolak dalam rapat adalah …. 7. Pemungutan suara disebut juga …. Sebutkan 2 bernusyawarah! 4. Keputusan yang harus diambil dalam musyawarah harus …. bersama dilakukan harus KEPUTUSAN BERSAMA 12. Contoh hasil keputusan bersama adalah …. 17. suara Essay 1. Musyawarah berdasarkan asas …. 4|PKN . 9. Pernyataan setuju dari seluruh peserta musyawarah secara lisan disebut …. Pihak yang kalah dalam pemungutan suara harus melaksanakan keputusan bersama dengan ….

Mengapa hasil keputusan bersama harus dilaksanakan dengan ikhlas? 25. Voting b. Kepentingan golongan d. Bagaimana sikapmu terhadap hasil keputusan musyawarah? 22. Mufakat c. Musyawarah dan mufakat c. Berlapang dada d. Nilai yang harus tercermin dalam keputusan bersama adalah …. a. a. Memalingkan muka c. Kebersamaan 5|PKN . Aklamasi d. Keputusan yang dibuat sekolah tertuang dalam …. Kepentingan pribadi 27. Ketetapan sekolah 21. Kuorum 31. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan melalui musyawarah! 29. a. Musyawarah umum dan pemilihan d. Tuliskan 3 contoh peraturan tingkat pusat yang kamu ketahui! 24. a. Keputusan bersama b. Jumlah paling sedikit dari peserta musyawarah untuk bisa mengambil keputusan melalui pemungutan suara disebut …. a. Tata tertib c. Musyawarah Dua cara dalam mengambil keputusan bersama adalah …. a. Apakah artinya “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh” ? 23. Sikap yang paling baik terhadap orang yang berbeda pendapat dengan mu adalah …. Musyawarah dilakukan menetapkan …. Memusuhi b. Memaafkan untuk b. Undang-undang d. Tujuan masing-masing c.MULTIMEDIA LEARNING PURNAWARMAN 28. b. Musyawarah dan penyuapan 30. Musyawarah untuk mufakat dan pemungutan suara terbanyak Pilihan Ganda 26.

Kuorum b. Aklamasi 36. mencapai a. Mufakat c. Musyawarah b. Pemaksaan kehendak PURNAWARMAN b. Demonstrasi d. Voting d. maka dilakukan dengan cara …. Pemungutan suara terbanyak d. Voting d. Ditaati dan dilaksanakan b. Deklamasi c. Keputusan bersama dengan cara pemungutan suara disebut …. Sebagian besar anggota sudah menyatakan pendapatnya . Dilaksanakan sebagian 38. Keputusan yang sudah diambil dalam musyawarah harus …. Pempinan telah persetujuannya menyatakan menyatakan 32.MULTIMEDIA LEARNING b. Semua anggota sudah sepakat dengan keputusan yang dianggap paling baik 35. a. Pemilihan presiden merupakan salah satu contoh keputusan bersama yang dilakukan cara …. Diskusi dan dialog 33. Kekuasaan d. a. Penyataan setuju dari seluruh peserta musyawarah secara lisan disebut …. a. 6|PKN sesuai 34. Pimpinan telah pendapatnya c. a. Musyawarah telah mufakat bila …. a. Aklamasi 37. Apabila dengan musyawarah mufakat tidak dapat mengambil keputusan. Dilaksanakan yang dengan keinginan d. Perbedaan hak c. Proklamasi b. Pemilihan umum c. Hal yang tidak seharusnya dilakukan dalam bermusyawarah adalah …. Pemilihan umum b. Mufakat d. Ditaati tetapi tidak dilaksanakan c. Pemungutan suara terbanyak c.

Menyingkirkan mereka karena pasti tidak akan mnedukungnya 7|PKN . Kebenaran dan keadilan c. Polo terpilih. Tidak melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan kelas b.MULTIMEDIA LEARNING PURNAWARMAN a. Anggota yang pendapatnya kalah menerima dengan lapang dada terhadap suara terbanyak b. Menghargai orang lain 40. padat. a. Perbedaan hak d. Sikap Polo terhadap teman-teman yang tidak mendukungnya adalah …. kecuali …. Menyatakan pendapat dengan singkat. Berikut ini adalah nilai-nilai yang terdapat dalam musyawarah. a. Mendengar dan memperhatikan pendapat mereka untuk mngikuti kemauan Polo c. Kekeluargaan b. Melaksanakan keputusan musyawarah dengan penuh rasa tanggung jawab 39. Memaksakan pendapatnya kepada orang lain dengan cara member uang c. Dalam pemilihan ketua kelas. dan jelas d.

2. 3. Peraturan yang dibuat oleh Presiden untuk menjalankan undang-undang yang telah ditetapkan sebelumnya disebut …. Sikap memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa merupakan pengamalan Pancasila terutama sila ke …. 8|PKN .MULTIMEDIA LEARNING PURNAWARMAN Set LATIHAN UJIAN AKHIR SELOKAH 3 Essay 1. Wilayah Negara Indonesia terletak antara … LU dan … LS.

10. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat sebaiknya diselesaikan dengan cara …. Musyawaran mencapai …. 7. 19.MULTIMEDIA LEARNING PURNAWARMAN 4. Contoh musyawarah yang dilakukan dengan cara suara terbanyak (voting) adalah . Sebutkan perjanjian! bentuk-bentuk 24. 14. Siapa yang menandatangani tertulis? berhak perjanjian 9|PKN . 18. Dasar hukum kebebasan berorganisasi adalah UUD 1945 pasal …. Bergotong royong memperbaiki jalan kampong adalah bentuk peran serta mengabdi di lingkungan …. ia menjadi anggota pramuka …. Organisasi OSIS dibina oleh …. 9. 17. Tugas surat menyurat dan tulis menulis dalam berorganisasi dilakukan oleh …. yang bidang 16. 11. Organisasi yang mengurus kesehatan balita adalah …. bertujuan untuk 6. Jelaskan tiga bentuk yang ada di sekolah! organisasi 22. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di sekolah untuk mempererat persatuan dan kesatuan! 20.. Setiap peserta musyawarah mempunyai hak untuk …. 5. 13. Badan mitra sekolah yang beranggotakan wali murid dan tokoh masyarakan adalah …. Mengapa istilah memorandum jarang digunakan dalam kehidupan bermasyarakat? 25. 12. Korpri dan Dharmawanita merupakan bentuk organisasi ….. Sebutkan bentuk-bentuk keputusan bersama! 23. Kelompok kerjasama yang terdiri dari beberapa orang yang diadakan untuk tujuan bersama disebut ….. 8. 15. Organisasi sekolah kegiatannya dalam kemanusiaan yaitu …. Apa yang terjadi jika suatu Negara tidak dapat menemukan kebersamaan dari perbedaanperbedaan yang ada di rakyatnya? 21. Ratih berusia 12 tahun. Kita harus mengutamakan kepentingan bersama dari pada kepentingan ….

a. Melayani masyarakat 36. satu bangsa. 1990 b. Bagaimana cara menyampaikan usulan di dalam musyawarah? 28. Harus hidup rukun di atas perbedaan-perbedaan suku b. Mengelola usaha d. Tujuan bersama c. Salah satu ciri masyarakat Indonesia adalah memiliki … untuk kepentingan bersama. Terdiri dari satu bahasa. 1999 32. Memungut pajak c. Propinsi Timor Timur memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun …. 10 | P K N . Membenahi masyarakat b. Peraturan organisasi harus ditaati oleh …. Negara yang berdasarkan hukum yang ditetapkan oleh pemerintah b. Mengapa disetiap sekolah harus ada peraturan? 30. Negara yang aspirasi rakyat berdasarkan 26. 1997 d. Negara yang berdasarkan aturan untuk rakyat saja d. 1992 c. Sebutkan kepengurusan yang ada dalam sebuah organisasi! Pilihan Ganda 31. a. Sifat gotong royong d. a. Mencari teman 37. dan satu Negara 33. 35. Mencari keuntungan b. Sebutkan yang dimaksud bersikap demokrasi dalam mengambil keputusan rapat! 27. Tugas utama aparat pemerintah Desa/Kelurahan adalah …. Negara Indonesia adalah Negara hokum artinya …. Bersatu padu yang terdiri dari perbedaan dan persatuan c. Negara yang berdasarkan atas kekuasaan pemerintah c. Walaupun terdiri dari bermacam-macam suku Bangka tetapi tetap satu d. Sifat adu domba c. Sifat sombong b. Organisasi adalah kelompok kerjasama yang diadakan untuk …. Jelaskan maksud kebebasan yang bertanggungjawab! 29. Semboyang Bhineka Tunggal Ika memberikan makna kepada bangsa Indonesia yaitu …. Sifat mengalah 34. Membuatkan KTP d. a. a.MULTIMEDIA LEARNING PURNAWARMAN a.

namun harus ingat bahwa …. a. Kegiatan di masyarakat yang tidak perlu dimusyawarahkan adalah …. Tidak mau menang sendiri d. a. Keuangan dalam dikelola oleh …. Mempunyai pekerjaan tetap organisasi b. Semua anggota masyarakat 40. Membangun pos kamling d. Berpendidikan tinggi d. a. a. Ketua b. Mengakui kelebihan orang lain c. Contoh bersikap adil bermusyawarah adalah …. Pelajaran d. Laki-laki yang sudah bekerja c. Merayakan HUT RI 45. Pendapatmu pasti lebih baik b. Kebebasan yang kita miliki harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada …. Mufakat diperoleh setelah melalui proses …. Keluarga besar b. Warga desa berusia tujuh belas tahun atau lebih 42. Warga negara yang berorganisasi adalah …. Tuhan Yang Maha Esa c. a. Warga desa asli b. Berbicara c. Salah satu syarat warga dapat memilih kepala desa adalah …. Warga negara yang mempunyai uang 39. Semua warga negara PURNAWARMAN c. Dalam acara diskusi kamu berhak mengeluarkan pendapat. Bangsa dan negara d. a. bleh a. Selalu menepati janji 44. Ketua b. Pengurus c. Musyawarah 43. Temanmu mempunyai pendapat yang berbeda 11 | P K N . Bersama b. Membantu tetangga terkena musibah b. Tidak berat sebelah mengambil keputusan dalam dalam b. Anggota baru d. Memperbaiki rusak jembatan yang yang c.MULTIMEDIA LEARNING a. Warga bicara negara yang pandai d. Pembina c. a. Sekretaris d. Bendahara 41. Semua anggota 38.

Indri membantu mengerjakan ulangan teman 48. Hal yang tidak dibicarakan dalam musyawarah tersebut adalah …. Orang tua murid masyarakat dan tokoh 47. Besarnya uang saku peserta c. Anggota dari …. Guru dan perangkat desa b. Bebas berarti tidak ada batasan apapun 46. Orang tua murid dan pejabat negara c. Kepentingan golongan c. a. Kepala sekolah dan guru d. Vicha menyingkirkan pecahan kaca yang ada di tengah jalan b. Irma memberi pengemis uang kepada 50. Kendaraan digunakan yang akan d. Penugasan guru kelas d. Berikut ini contoh mengambil keputusan dengan cara pemungutan suara terbanyak adalah …. Salah satu bentuk perwujudan sikap tanggung jawab terhadap hasil musyawarah di masyarakat adalah …. Siswa kelas 5 bermusyawarah tentang acara pariwisata pada akhir tahun nanti.MULTIMEDIA LEARNING c. Kehendak pemimpin b. Tujuan pariwisata b. Waktu keberangkatan d. Kepentingan pribadi 12 | P K N . Pengangkatan kepala sekolah c. komite sekolah terdiri a. Menurut demokrasi Pancasila dalam mengambil keputusan harus mengutamakan …. Pemilihan anggota b. Kebebasan dibatasi kebebasan orang lain PURNAWARMAN oleh d. Pak Polo ikut bekerja bakti membersihkan lingkungan d. Pemilihan siswa teladan c. a. a. a. Musyawarah untuk mufakat 49.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->