P. 1
Paragraf Deskriptif

Paragraf Deskriptif

|Views: 957|Likes:
Published by Khoirunnisa Safitri

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Khoirunnisa Safitri on Feb 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

Menulis Paragraf Deskriptif

Disusun untuk memenuhi tugas mandiri Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Semester Genap Tahun 2011 Guru Pendamping : Ibrahim S.Pd Disusun ERLANGGA SAPUTRA Kelas XD

SMA Negeri 1 Pontianak Jalan Kalimantan Tahun 2011
1

1.STANDAR KOMPETENSI dan 2 1.STANDAR KOMPETENSI DASAR
1.Mengungkapkan

informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif,ekspo sisi)

2. Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf diskriptif

3

INDIKATOR
‡ Menunjukkan deskriptif; karakteristik paragraf menyusun

‡ Menentukan ide untuk paragraf deskriptif;

‡ Mengembangkan kerangka deskriptif berdasarkan ide; ‡ Menyunting paragraf deskriptif.
4

Menulis
Paragraf Deskriptif

5

Definisi
‡ Deskriptif adalah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri
(Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta 2008. Hal.9)
6

‡ Paragraf deskriptif adalah salah satu jenis paragraf yang melukiskan suatu objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, merasakan, mencium secara imajinatif apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dicium oleh penulis tentang objek yang dimaksud.

(http://id.wordpress.com/tag/bahasa-indonesia/ diakses : 08 September 2010)
7

‡ Paragraf deskriptif (dari bahasa Latin: describere: membuat gambaran; descriptio: pemerian, pembeberan, penggambaran) adalah paragraf yang isinya menggambarkan keadaan sesuatu atau suasana tertentu, atau yang isinya membeberkan hal orang, benda, keadaan, sifat, atau keadaan tertentu. (http://sunarno5.wordpress.com/wplogin.php diakses tanggal 08 September 2010)

8

CIRICIRI- CIRI PARAGRAF DESKRIPTIF
‡ menggambarkan atau melukiskan sesuatu ‡ penggambaran tersebut dilakukan sejelasjelasnya dengan melibatkan kesan indera ‡ membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri, mengalami sendiri atau melihat sendiri (http://www.wikimediafoundation.org/ diakses tanggal 08 September 2010)

9

LangkahLangkah- Langkah Menyusun Paragraf Deskriptif

10

‡ Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan ‡ Tentukan tujuan ‡ Mengumpulkan data dengan observasi atau mengamati objek yang akan dideskripsikan

11

y Menyusun data tersebut ke dalam

urutan yang baik(menyusun kerangka karangan) y Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan
(http://www.wikimediafoundation.org/ tanggal 08 September 2010) diakses

12

SASARAN DESKRIPTIF DESKRIPTIF

Menciptakan daya imajinasi / daya khayal pembaca, sehingga pembaca seakanakan melihat atau mengalami sendiri objek yang dideskripsikan.
13

CONTOH KERANGKA PARAGRAF DESKRIPTIF DESKRIPTIF
PU : Teman kami yang absen bernama Siska PP : 1. Postur tubuh gendut 2. Kulit halus dan putih bersih 3. Rambut lurus, sebahu, hitam, mengkilat 4. Berhidung mancung
14

CONTOH PARAGRAF DESKRIPTIF DESKRIPTIF
Hari ini teman kami yang absen karena sakit bernama Siska dengan nomor absen 20. Siska itu teman kami yang memiliki postur tubuh gendut. Dia memiliki kulit yang halus dengan warna putih bersih. Rambutnya lurus terurai sepanjang bahu dengan warna yang hitam mengkilat. Siska teman kami itu berhidung mancung seperti orang indo saja.

TAMBAHAN

PARAGRAF NARASI
y Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. y Narasi dapat berisi fakta atau fiksi. Contoh narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman. Contoh narasi yang berupa fiksi: novel, cerpen, cerbung, ataupun cergam.

PARAGRAF EKSPOSISI
‡ Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca. ‡ Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik.

PARAGRAF ARGUMENTASI
‡ Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

PARAGRAF PERSUASI
‡ Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.

SESI PERTANYAAN

Sekian Presentasi Kami

Terima Kasih Atas Perhatiannya

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->