P. 1
Latar Belakang Usaha Bakery

Latar Belakang Usaha Bakery

|Views: 2,737|Likes:
Published by Elysia Prameswari

More info:

Published by: Elysia Prameswari on Feb 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2014

pdf

text

original

Latar Belakang Usaha Bakery Bisnis Bakery sebenarnya bukanlah bisnis baru lagi di dunia perbisnisan.

Namun sampai saat ini masih memperlihatkan prospek yang cukup bagus. Bisnis Bakery juga banyak memberikan keuntungan, kita bisa melihat saat ini sangat banyak usaha Bakery dimana – mana, dengan berbagai macam nama produk, jenis produk yang dijual, yang membedakan dari usaha tersebut hanyalah kualitas dari masing – masing produk yang di jual. Pada toko bakery yang menjual bermacam – macam produk Bakery. Seperti Bakery cokelat, keju, tetapi yang membuat orang semakin tertarik ingin membeli produk tersebut adalah banyaknya varian rasa baru dari Bakery tersebut, misalnya saja mocca, abon, strawberry dll. Usaha bakery jaman sekarang juga sudah semakin berkembang, ia tidak hanya berjualan di toko saja, tetapi juga suatu usaha bakery sudah mempunyai kendaraan untuk menjual produknya seperti sepeda dan mobil yang bisa menjangkau pembeli secara langsung dan lebih memudahkan pembeli. Dengan adanya kendaraan untuk menjual produk Bakery tersebut, secara tidak langsung akan memberikan keuntungan yang lebih pada usaha rotu itu. Peluang usaha ini merupakan peluang usaha yang bagus untuk orang – orang yang memiliki jiwa usaha, ketekunan, kesabaran, strategi bisnis, dan kreatifitas. Tujuan ke Depan Usaha Bakery ini: Apabila usaha bakery kita dikemudian hari sudah memiliki nama yang dikenal oleh masayarakat secara luas, dengan cita rasa berkualitas tinggi dengan produk berbeda dengan bakery – bakery yang telah ada sekarang ini, serta keuangan yang mendukung, bukan hal yang sulit untuk membuka cabang – cabang diberbagai daerah strategis dipinggiran jalan yang mudah dijangkau maupun di mall – mall dan daerah – daerah pusat perbelanjaan elite, atau bahkan membuat café tersendiri dimana para pembeli bisa beristirahat santai sambil mencicipi bakery yang dapat dimakan ditempat dengan ditemani berbagai minuman yang dapat dipesan dalam menu yang tersedia sesuai dengan selera. Apa yang dibutuhkan dalam bisnis ini: Bisnis Bakery bisa dijadikan pilihan usaha, yang perlu diperhatikan dari usaha ini adalah: 1. modal.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Bakery: Keuntungan dari bisnis bakery ini adalah dari segi pendapatannya cukup besar. Kita harus pintar – pintar mencari tempat yang benar – benar pas memasarkannya agar produk kita dapat dikenal dan dikonsumsi dikalangan masyarakat. ataupun sebagai cemilan dimana pun berada. Yang kelima. gandum cenderung menurun. produk yang berkualitas dengan bahan yang berkualitas pula. Dalam menentukan harga jual juga jangan segan memberikan diskon atau pelayanan khusus untuk pemmbeli dalam jumlah besar agar secara pasti volume penjualan akan meningkat. dll. strategi yang baik. kalau dari produknya sendiri kita harus memperhatikan dari segi tampilan produk yaitu kemasannya. dengan banyaknya bisnis ini maka kita sadar bahwa semakin banyak pula saingan kita dalam memperoleh pelanggan. Apalagi. promosi produk kita dapat dilakukan dengan cara membuat selebaran. para pengusaha bisnis ini harus mmiliki ketekunan. Tetapi bisnis ini juga memiliki kerugian. 3. promosi. Bisnis bakery juga tidak akan pernah mati. mengikuti pameran kuliner untuk memperkenlkan produk kita. Dengan penentuan produk. Yang keempat. Selain dari kelima point diatas. harga jual. selain itu perputaran uang dalam bisnis ini lebih cepat karena makan hampir selalu dibayar tunai. kini biaya produksi tidak terlampau berat karena harga bahan baku. Jadi setelah semua biaya dihitung. 2. dan bisa dengan cepat menutup modal awal kita. kebersihan. penentuan harga jual Bisnis makanan atau lebih tepatnya bakery tergolong paling menguntungkan mulai dari 50 % hinggan 100%. kreatifitas agar nantinya akan mendapatkan hasil yang baik. tambahkan minimal 50% sebagai keuntungan dalam menghitung harga jualnya.Walaupun itu cukup besar tetapi keuntungan yang diperoleh dalam waktu singkat akan menutup modal. Apalagi misalnya ada suatu usaha bisnis yang memberikan pelayanan yang lebih baik dari pelayanan kita atau cita . Kita tahu bahwa bisnis ini sudah menjamur dimana – mana. cita rasa. Bakery bisa dibilang makanan pokok setelah nasi. itu akan bertujuan untuk meningkatkan nilai produk yang kita jual. memasarkan produk. dan tempat memasarkan produk kita. karena walau terjadi krisis pun konsumen membutukan makanan untuk kelangsungan hidupnya.

bahkan memiliki pelanggan tetap di berbagai komunitas. meningkatkan mutu. yang bisa mengenali berjuta rasa yang ada di dunia ini.rasa yang lebih enak. Hal itu dianggap karena menurunnya daya beli masyarkat. jadi kita harus jeli dalam menjalankan bisnis ini agar dapat berhasil dan kita juga harus tetap mempertahankan mutu dan kehegeinisan dari produk kita. ada baiknya seseorang memiliki atau menciptakan resep yang kreatif. karena tanpa rasa percaya diri yang cukup. Prospek Bisnis Bakery Prospek bisnis Bakery saat ini sudah cukup bagus. ada slogan bahwa 'rasa tidak pernah bohong'. mampu tampil di rak-rak berbagai toko kue dan mall. dan juga ia dapat mengetahui adanya perubahan rasa . Konsistensi akan kualitas Hal ini merupakan penentu keberlangsungan sebuah usaha. bahkan di bawah standar baik kualitas (rasa. Padahal kenyataannya. Sampai kapanpun bisnis Bakery tidak ada habisnya. Untuk mengatasi hal ini. penampilan dan kemasan). karena memiliki keunikan tersendiri. Jadi seorang Pengusaha Bisnis ini harus selalu memperhatiakan kualitas produknya. akan selalu merasa bahwa produk buatannya kalah baik dengan berbagai produk yang ada di pasaran. bahwa indera perasa manusia (lidah) sangatlah sensitif dan peka. Tapi menurut data badan pusat statistic ( BPS ) menyebutkan Pertumbuhan industri makanan dan minuman tahun 2009 diperkirakan hanya sekitar 10 % padahal tahun 2008 pertumbuhan industri makanan dan minuman mencapai 15 %. seperti yang kita ketahui. beda dari yang lain. bahwa daya beli mayarakat dapat ditingkatkan dengan inisiatif dan terbukanya peluang usaha . tetapi menurut Thomas Darmawan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia ( Gapmmi ). sehingga tidak perlu merasa minder dengan pesaing. 2. tidak ada salahnya jika kita memulai usaha ini. lezat dan pasti digemari banyak konsumen. Confident Rasa pede merupakan hal yang penting. banyak sekali produk yang bisa dikatakan biasa-biasa saja. maka para konsumen pasti akan cepat beralih. niscaya rasa percaya diri akan timbul dengan sendirinya. mungkin seorang yang sangat berbakat dan mampu menghasilkan berbagai kue yang berkualitas. tips lain yang sangat mudah dilakukan adalah banyak-banyak melakukan survey ke berbagai tempat dan toko dengan berbagai level. hal ini memang ada benarnya. Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bisnis Bakery ini: 1.

6. buat bak cuci piring/tangan tidak terlalu jauh dari ruang produksi. pelayanan yang baik akan menjadi penentu tingkat kepuasan ekstra yang didapatkan konsumen bila produk yang diberikan sudah sangat baik. Untuk menghindari ada benda-benda yang tidak diinginkan pada produk seperti rambut. konsistensi akan kualitas khususnya rasa. cara mensiasatinya adalah dengan memiliki penjadwalan yang teratur. 5. Pelayanan Pelayanan seperti halnya divisi pemasaran di berbagai bidang usaha bisa dikatakan sebagai ujung tombak bisnis. dimana semua orang menyukai dan memuji produk buatan Anda. namun bila produk memiliki banyak pesaing sejenis. ketus. sarung tangan. demikian pula dengan bisnis bakery. tingkatkan kecermatan pada setiap proses. fungsi alarm untuk reminder akan sangat berguna bagi berbagai aktivitas yang mendukung pemenuhan order secara ontime. noda pada kemasan. sebaliknya. Maka dari itu. potongan plastik. dan hal ini tentunya bukanlah sesuatu yang menguntungkan. apalagi jika produk memiliki ciri khas. 4. dan seterusnya. maka layanan yang baik bisa menjadi satu penentu keberhasilan dan return order dari konsumen. maupun dengan dukungan teknologi seperti pda. 3. baik secara konvensional dengan memo dan catatan. beri pemahaman pada staff/karyawan mengenai kebersihan secara berkala. dll. gunakan peralatan penunjang kebersihan seperti penutup kepala. perlu dipertahankan. walau produk berkualitas tinggi.dari sebuah merk kue yang sebelumnya pernah dikonsumsi. detail yang hendak kami tekankan adalah hal-hal kecil seperti kebersihan. Bila boleh mengambil contoh riil pada sebuah produsen brownies yang terkenal di kota kembang. Ontime dalam pemenuhan order Ketepatan waktu tentunya menjadi tuntutan bagi setiap konsumen. survey kami mengatakan bahwa 8 dari 10 pengunjung menyatakan komplain atas pelayanan yang diberikan. dalam hal ini. namun dengan pelayanan yang buruk sudah barang tentu akan menjadi bumerang bagi keberlangsungan usaha di masa mendatang. berilah contoh yang baik pada setiap kesempatan. dll. ada yang menganggap pelayanan arogan. inspeksi setiap produk yang baru jadi. namun . penampilan produk akhir. Aspek strategis Walaupun seseorang sangatlah berbakat dalam produksi. ataupun stepler. terlebih lagi bila pesanan merupakan kebutuhan untuk sebuah event ataupun seasonal gift. Fokus pada hal detail Banyak detail yang perlu diperhatikan dalam sebuah usaha bakery dan kue.

berita bagus bukan? Tentu saja. dalam artian jangan sampai kekurangan ataupun kehabisan sehingga menggunakan packaging tanpa identitas. selalu juga sediakan stock kartu nama baik di toko maupun tempat produksi dan dompet. 9. Meningkatkan kreatifitas sudah tentu menjadi tantangan dari setiap pebisnis di bidang bakery. sediakan backup berupa label atau stiker siap pakai. Memperhatikan Aspek Citra atau Merk Seperti yang diketengahkan pada artikel mengenai brand image. Maka dari itu. maka seseorang bisa mendapatkan ilham yang jauh lebih unik dan tidak terpikir oleh . tapi tentunya segala sesuatunya memerlukan pemikiran yang seksama dan pengalaman untuk hasil yang terbaik. pencatatan rugi laba yang memadai sudah sangat diperlukan bila skala usaha mulai meningkat. karena sewaktu-waktu akan diperlukan. 8. Perhatikan juga fasilitas di toko/outlet seperti fungsi penerangan (indoor & outdoor. Informasi yang dimaksud tidaklah selalu harus berhubungan dengan bakery. mengembangkan koneksi dan kerjasama pemasaran. tapi perhatikan pula peningkatan biaya dari pembelanjaan ataupun penggunaan bahan yang tidak terantisipasi sebelumnya. Saat ini informasi kian mudah untuk diperoleh. halhal 'sepele' ini bisa berdampak positif/negatif bagi keberlangsungan usaha. sediakan stok kemasan dan pendukungnya (yang telah tertera merk) yang memenuhi kebutuhan. Kreativitas Kreativitas makin hari makin dibutuhkan untuk keberhasilan setiap usaha. dan dari berbagai informasi inilah biasanya sumber dari kreativitas tersebut.amatlah perlu untuk perhitungkan aspek bisnis. Anda akan takjub akan laporan yang diperoleh setelah pembukuan (neraca & rugi laba) yang baik telah Anda lakukan. 7. termasuk billboard dan neon sign). melalui media apa saja. Budgeting dan pencatatan Bulan ini pendapatan Anda meningkat pesat. pelajari dan gunakan software keuangan sederhana yang dapat membantu pencatatan.. atau mintalah bantuan teman Anda yang menguasai pembukuan. dll. kapan berpromosi. budget yang dialokasikan. Sepintas tampak mudah. percayalah. pada prakteknya merk yang telah dibuat tentu saja harus dijaga dan diperhatikan penggunaannya. memberlakukan trik pemasaran seperti paket & discount untuk seasonal sale. terkadang dengan mencerna dan memadukan info yang tidak berkaitan dengan bakery. ataupun biaya lain-lain yang lupa tercatat dan salah pengalokasian. seperti halnya penentuan harga yang optimal sehingga keuntungan maksimal.

Makin banyak hal yang didelegasikan dengan baik (tentunya pada pihak yang kompeten). . kemana sebuah usaha akan dijalankan dan untuk tujuan apa. biasanya harus berguna dan memberi manfaat bagi orang banyak (selain untuk diri sendiri). 11. dll. efisiensi biaya. yaitu omzet.orang lainnya. Tetapi tetap saja dalam menjalankannya kita harus memiliki strategi yang baik dalam hal bisnis. Perlu diketahui bahwa kreativitas berasal dari sebuah sumber yang dapat diakses oleh setiap orang tanpa terkecuali. delegasi adalah kunci sukses dari keberhasilan dan keberlangsungan. tingkat penjualan. Delegasi Bagi usaha yang mulai berkembang. Visi Setiap usaha yang dilakukan akan berjalan dengan lebih baik bila disertai oleh visi yang tersusun dengan baik. 10. dan akhirnya ditunjang oleh policy. Dan perkembangan. dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Visi adalah target jangka panjang. ketekunan. yang kemudian dibantu oleh misi. yaitu peningkatan wawasan dari pelakunya. karena pada hakikatnya segala yang ada di dunia ini diharapkan untuk bertumbuh dan berkembang. Usaha kecil menengah atau UKM adalah salah satu usaha bisnis yang memiliki prospek yang cukup bagus untuk di jalankan. dansense of quality yang tidak terukur namun dapat terasakan eksistensinya pada diri setiap pelakunya. dll yang dapat diukur. keahlian. akhirnya owner akan dapat lebih berfokus pada pengembangan usaha dan kreativitas bagi produk baru dan inovatif. yang merupakan kebijakan jangka pendek yang akan ditempuh dalam waktu dekat (1-3 bulan) untuk menyokong misi dan akhirnya visi tersebut. Growth & development growth & development (pertumbuhan dan perkembangan). ketelitian. maka sebuah bisnispun akan baik bila berfokus pada pertumbuhan. KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan Berdasarkan permasalahan dan hasil penelitian diatas. sebab tidaklah mungkin segalanya dilakukan seorang diri. yang berupa target dalam jangka lebih pendek atau menengah yang lebih mudah untuk direalisasikan. 12. kreatifitas. maka akan makin besar peluang sebuah usaha untuk mengalami perkembangan.

kemampuan memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan memabntu mengembangkan usaha. memberi nasehat dan membantu menolong pada masa sulit. 2. Berani ambil resiko. 3. Pada fase awal sebuah usaha kepiawaian menjual merupakan kunci sukses. c. Bisnis bakery adalah salah satu bisnis UKM yang di pandang cukup menguntungkan. Piawai menjual. Selain itu. Berani gagal. . 5. setiap usaha akan selalu mempunyai resiko gagal dan bila itu terjadi bersiaplah dan hadapi.2. b. kreatif dan inovatif agar konsumen tertarik dan tidak akan berpaling ke produk lain. kita harus memilih tempat yang strategis untuk memasarkan produk kita . teman membantu mengembangkan usaha. Dalam hal pemasaran. Memperluas network. agar konsumen bisa mengenal produk kita. Saran Saran yang dapat disampaikan dari peneltian di atas adalah : 1. bisnis ini bisa menjadi pilihan masyarakat untuk menjalankan bisnis UKM. Bagi pebinis awal harus menyiapkan modal yang cukup. d. Dalam menjalankan bisnis terdapat kunci sukses usaha : a. Mendesain produk dengan baik. Promosi juga harus kita lakukan untuk melancarkan penjualan produk kita. sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. 4.

Tugas Kewirausahaan Usaha Bakery Nama : Elysia Prameswari .

Kelas : AK – G NRP : 0951283 Universitas Kristen Maranatha .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->