BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Dari dulu hingga sekarang komunikasi jarak jauh dianggap sangat penting terutama pada saat perang di Eropa abad 18. Karena zaman dahulu belum ada alat komunikasi jarak jauh modern, maka informasi disampaikan melalui kode-kode seperti tanda lampu (1775), sinyal asap (1588), dan teleskop dan kode semapore (1794) yang disebut telegraf optik. Melihat kesulitan ini serta didukung adanya penemuan-penemuan oleh Volta tentang baterai (1800), Oersted tentang pengaruh arus listrik terhadap magnet (1820), dan Sturgeon tentang elektromagnet (1825), muncullah telegraf listrik temuan Morse pada tahun 1830.

1.2 MASALAH
Hingga sekitar tahun 1800an, komunikasi dirasakan sangat susah. Untuk menyampaikan pesan kepada orang lain yang berada di tempat lain, manusia membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun agar pesan tersebut dapat sampai ke tempat tujuan. Hal yang sama dirasakan oleh Morse. Saat ia tinggal di London, Morse sering mengirim surat kepada ibunya. Dia merasakan lamanya surat sampai ke tujuan. Kemudian pada Oktober 1832 ketika Morse berlayar dari Eropa ke Amerika, dia mendengar tentang penemuan terbaru tentang elektromagnet (yang baru ditemukan) dan terpikirlah olehnya untuk membuat telegraf listrik. Namun dia mengalami kesulitan karena keterbatasan kemampuannya dan pengetahuannya dalam bidang listrik dan magnet.

1.3 MANFAAT
Dengan ditemukannya telegraf, keterbatasan dalam penyampaian pesan jarak jauh dapat diatasi. Pengiriman dan penerimaan informasi mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya melalui telegraf. Penemuan ini juga memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa rintangan jarak dan waktu.

1.4 BATASAN DAN ASUMSI
Dalam pembuatan makalah ini, kelompok kami hanya akan membahas tentang Telegraf listrik temuan Morse mulai dari latar belakang mengapa tercipta Telegraf hingga ilmu-ilmu dasar dan ilmuwan-ilmuwan yang mendukung cara kerja telegraf serta perkembangannya.

1

Fresnel. Melihat kejadian tersebut. Kontribusinya dalam bidang Fisika. Pada tahun 1800. Volta wafat pada tahun 1827. Namanya diabadikan sebagai nama satuan arus listrik pada sistem satuan internasional (Ampere). Perbedaan potensial ini kemudian dikenal dengan istilah voltase (Volt = V ). dan Kimia sangat besar.2 TEORI AMPERE o BIOGRAFI PENEMU Andre Marie Ampere seorang fisikawan. Volta berhasil menemukan baterai atau tumpukan Volta. Ketika kedua kawat tersebut terhubung membentuk rangkaian. terjadilah arus pendek (muncul bunga api). Sifat penghantar dari suatu bahan disebut hambatan jenis ρ. Dinyatakan dalam persamaan : ρ=E/J 2 . Perbedaan potensial ini disebabkan oleh reaksi kimia antara cairan asam (H2SO4) dengan elektroda seng dan tembaga. Kemudian. dan Oersted. Tetapi pada umur 14 tahun ia mengatakan ingin menjadi ahli fisika dan pada umur 29 tahun akhirnya ia menjadi guru fisika. Penemuan alat ini menyebabkan ia diangkat menjadi anggota Royal Society dan diberi hadiah Medali Copley. yaitu alat untuk menghasilkan muatan listrik dengan jalan induksi yang kini lebih dikenal dengan nama kondensator atau kapasitor. Karena penemuannya ini. salah satu mulut wadah dicelupkan dengan plat tembaga dan plat seng pada mulut wadah satunya. Volta melakukan percobaan dengan memanfaatkan wadah yang diisi dengan cairan asam (H2SO4). Volta dianggap terbelakang karena baru dapat berbicara pada umur 4 tahun. Penemuan Volta ini kemudian dijadikan landasan pembuatan baterai. dan kimiawan Perancis ini lahir di Lyon 20 Januari 1775. Guru dan rekan-rekan kerjanya adalah para pakar ilmuwan seperti Euler. o KONSEP dan FORMULA Pada tahun 1800. Matematika. Didapat persamaan : I= q/t Sedangkan rapat arusnya didapat persamaan : J=I/A Kuat arus listrik dalam suatu penghantar juga bergantung pada kuat medan listrik (E) di dalam penghantar tersebut. ia diangkat ssebagai guru besar di Universitas Pavia.BAB II LANDASAN TEORI 2. o KONSEP DAN FORMULA Kontribusinya dalam bidang Fisika adalah perumusan teori tentang listrik dinamik. Bernoulli. Lalu.1 TEORI VOLTA o BIOGRAFI PENEMU Alesandro Volta lahir tanggal 18 Februari 1745 di Como. Pada awalnya. pada ujung plat tembaga dipasang kawat dari logam dan dihubungkan dengan kawat yang terhubung pada plat seng. Volta merupakan penemu elektrofikus. tempat ia membuat alat yang berhubungan dengan listrik statis. *elemen Volta 2. Ampere mendefinisikan bahwa pada suatu rangkaian listrik yang disebut arus listrik adalah muatan listrik yang bergerak pada suatu penghantar dalam satuan waktu tertentu. Volta menyimpulkan bahwa arus listrik dapat mengalir karena adanya perbedaan potensial. matematikawan. Italia.

3 TEORI OHM o BIOGRAFI PENEMU Fisikawan dan matematikawan ini dilahirkan di Erlangen. Fenomena ini menjadi titik awal pengungkapan adanya keterkaitan yang erat antar listrik dengan magnet secara timbal balik.4 TEORI OERSTED o BIOGRAFI PENEMU Hans Christian Oersted dikenal sebagai fisikawan dan kimiawan yang merumuskan prinsipprinsip dasar hubungan listrik dengan magnet. dan ’R’ melambangkan besarnya hambatan. Maka dari teori tersebut didapat persamaan: V = I. Hukum ini menjadi salah satu dasar dalam bidang kelistrikan. Ia menemukan adanya penyimpangan jarum jam kompas saat didekatkan dengan kawat berarus listrik. panjang kawat penghantar. Lacroix. Laplace.10-6ohm. Sementara itu.000ft = 12in dan D = 0. Denmark 14 Agustus 1777. Simon Ohm mengemukakan bahwa ”Besarnya arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian bergantung pada besarnya tegangan dan hambatan pada rangkaian tersebut. Pendidikan tingginya diselesaikan di Universitas Copenhagen dalam bidang farmasi dan fisika. o KONSEP dan FORMULA Tahun 1827. Oersted dilahirkan di Rudkobing. Lagrange. Dari pengamatan dan percobaannya diperoleh bahwa besar arus pada kawat sebanding dengan besar penyimpangan pada magnet tetapi berbanding terbalik dengan jarak magnet terhadap kawat. Biot. Berdasarkan hal itu. dan Fresnel. George Simon Ohm menghasilkan teori tentang kelistrikan yang dikenal dengan nama hukum Ohm.67 X 10-6 X 12 = 1. Poisson. Ohm sempat kuliah di Universitas Erlangen lalu ia menjadi guru matematika di Swiss.in dan L = 1. 3 . ia memulai percobaannya sendiri dalam bidang kelistrikan. Nama Oersted sendiri kemudian diabadikan sebagai nama satuan intensitas medan magnet dalam sistem cgs. Tingkat doktoral diraihnya tahun 1799 dan pada tahun 1806 ia menjadi profesor bidang fisika dan kimia di universitas tersebut. Ia mempelajari teori-teori matematikawan seperti Euler. dapat disimpulkan bahwa garis gaya dalam medan magnet dapat dipengaruhi oleh medan listrik. Jerman 16 Maret 1789.00785sq.2. Kemudian ia melakukan percobaan dengan meletakkan kompas yang memiliki jarum magnet lalu didekatkan dengan kawat berarus listrik. o KONSEP dan FORMULA Oersted melakukan pengamatan pada jarum kompas saat berada disekitar medan listrik. Didapat persamaan: R = ρ.02 Ohm 0. Fourier. ternyata jarum tersebut mengalami penyimpangan.” Besarnya arus listrik dituli dengan lambang ’A’ (Ampere).in) R = 0.R Hambatan itu sendiri ditentukan oleh besarnya arus listrik. Selain itu. setelah ia mempelajari.00785 Maka bila kita menghubungkan resitor dengan baterai 2 Volt didapat I = V/R = 2/1 = 2 Ampere 2. teori dan penemuan-penemuan Oersted dalam bidang listrik magnet.67. Dasar matematikanya yang kuat membuat teorinya dalam bidang kelistrikan memiliki dasar matematika yang akurat.1 in.(A=πD2/4=0. dan hambatan jenis dari kawat penghantar. dia tetap mempelajari matematika tingkat lanjut secara privat. Legendre.L A Dengan ρ sebesar 0.

Gale. sedangkan L. Pesan yang disampaikan hanya berupa simbol titik dan garis yang melambangkan huruf. ia bersama pelukis lainnya mendirikan National Academy dan Morse menjadi presiden pertamanya. ia mendapat bantuan dana dari A. profesornya menyarankannya untuk mengikuti sebuah kontes karena melihat model Hercules yang dibuat Morse dari tanah liat. 2. Namun. Untuk masalah model.G. ia hanya membuatmya dengan bahan-bahan kasar. Suatu saat Henry melihat sebuah elektromagnet rancangan Sturgeon (1825) yang merupakan penemuan baru dan membuat Henry bertekad untuk membuat hal yang sana namun dengan jauh lebih kuat. Oleh karena itu sesuai dengan karya Sturgeon ia membungkus kabel-kabel listrik yang dialiri arus listrik di sekitar inti batang besi yang berbentuk tapal kuda. 2. Morse melakukan perbaikan. o KONSEP dan FORMULA Setelah mendengar tentang adanya elektromagnet yang baru ditemukan.*Arus listrik mempengaruhi kedudukan jarum magnet. Simbol-simbol ini. New York dan pada tahun 1800. Saat ia menjadi asistan Beck ia mendapat kesempatan untuk membuat percobaan di bidang fisika dan kimia. Pada Oktober 1832. orang yang memahami teori Henry. Massachusetts. muncul dalam benak Morse konsep telegraf elektrik. ketika ia berada di kapal untuk kembali ke Eropa. 4 . Setelah itu. ia menjadi asisten Dr. Morse lebih tertarik pada menggambar.Vail. Hal ini menginspirasi Morse untuk membuat alat pengiriman pesan jarak jauh dengan menggunakan kabel yang disebut telegraf. Simbol-simbol ini kemudian disebut ”Sandi Morse. ia mendengar tentang penemuan terbaru dalam hal elektromagnetik. itulah nama lengkap Morse. Sejak kecil. tetap saja ia merasa lebih nyaman bila menggambar. Romeyn Beck.” Karena keterbatasan dalam bidang listrik dan magnet serta kekurangan dana. Henry berprinsip dengan tegangan kecil dapat menghasilkan arus listrik sebesar-besarnya. Sejak saat itulah ia mulail menekuni dunia lukis secara serius. T. o KONSEP dan FORMULA Dalam pembuatan karyanya. Pada akhirnya. jam tua untuk menggerakkan kertasuntuk-merekam matriks (titik dan garis). Dalam pameran di Skotland. baterai buatan sendiri. luar kota dari Boston. juga dapat dipakai dalam bentuk suara sebagai alat komunikasi melalui radio sekitar tahun 1890an. selain dapat dipakai dalam bentuk cetak. angka. Henry menunjukkan bagaimana sebuah baterai dengan tegangan kecil dapat menghasilkan medan magnet yang kuat. Penemuannya ini menjadi awal dari telegraf praktis. Pesan yang diterima berupa garis dan titik dikenal sebagai sandi Morse yang kemudian dijadikan standar di seluruh dunia. seorang doctor dalam bidang obat-obatan dan kepala sekolah di Albany Academy. ia memamerkan karya pertamanya. kemudian menjadi guru bahasa di Albany. Untuk menentukan arah medan magnetik dari sebuah kawat berarus listrik dapat digunakan kaidah tangan kanan yaitu arah ibu jari menunjukkan arah arus listrik dan arah lipatan jari-jari yang lainnya menunjukkan arah putaran garis-garis medan magnetnya. Dia mulai tertarik dengan perkembangan terbaru tentang kelistrikan saat berada di bangku kuliah. Kesimpulan yang didapat Oersted dari pengamatan ini adalah bahwa disekitar kawat berarus listrik akan timbul medan magnet yang besar dan arah medan magnet itu bergantung pada besar dan arah arus listrik yang mengalir pada suatu kawat penghantar. Ia dilahirkan pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown. dan tanda baca. Kemudian. Simbol-simbol ini dijelaskan dengan kamus angka & kata karangan Morse.5 TEORI HENRY o BIOGRAFI PENEMU Joseph Henry mengawali karirnya sebagai penjaga toko perhiasan.6 TEORI MORSE o BIOGRAFI PENEMU Samuel Finley Breese Morse. Morse berhasil memenangkan medali emas. Selain itu Henry menyadari untuk medan magnet yang kuat dengan menaikkan arus listrik dan menambah jumlah kumparan. Dari hasil pemikirannya tersebut diciptakanlah elektromagnet pertama kali dari besi berbentuk tapal kuda yang dipenuhi dengan lilitan kumparan.

Dengan begitu sinyal dapat dikirim melalui kabel sejauh 10 mil. *Kamus sandi Morse 5 .memberikan wawasan bahwa untuk mengoperasikan sebuah telegraf jarak jauh diperlukan kumparan yang banyak serta rapat hingga 100 lilitan dan arus listrik yang besar dengan meningkatkan tegangan baterai.

sehingga I = V / 9R. R / 9. Henry membuat sebuah elektromagnet seperti milik William Sturgeon yang ia lihat desainnya pada tahun 1825.2 SINTESIS Kemampuan Morse untuk mengimajinasikan pengirim. Pada rangkaian seri. kabel 10 mil pun tidak mustahil untuk digunakan. setelah arus masuk ke kabel penerima yang dililit ke besi tapal kuda maka magnet akan menarik bolpoin ke kertas. Ternyata. sehingga I = 9 V / R. maka arus lebih besar. dan jam tua untuk menggerakkan kertas yang dimana titik atau garis akan direkam. Padahal. Cara kerja telegraf adalah dengan menekan switch contact dari pengirim dan arus terhubung dari sumber listrik diteruskan oleh kabel. apabila memakai kabel panjang. jika sebentar maka akan terbentuk titik. Penyimpangan jarum magnet dari kedudukan seimbang disebabkan oleh adanya aliran arus listrik astau lebih tepat adanya muatan listrik yang bergerak dan menimbulkan medan magnet. dia menstimulasikan di tahun 1830. Seperti yang dikemukakan oleh Ampere. Masalahnya. Akhirnya. 6 . jarum magnet tersebut mengalami penyimpangan. dℓ = μo i Kemudian. Hukum Ampere digunakan sebagai hukum dasar. 9R. Sedangkan pada rangkaian paralel. Apabila resistor-resistor dalam suatu rangkaian diparalelkan.1 ANALISIS Tahun 1820. Sehingga. Misalnya ada 9 resistor. 3.3 DESAIN Desain telegraf yang pertama dibuat morse sangat sederhana. Morse membuat telegraf tersebut dari bahan-bahan kasar seperti penyangga kanvas tua untuk menyangganya. Hal ini disebabkan oleh gampangnya arus dari sumberdaya DC menurun atau bahkan mendekati 0 saat melewati kawat atau kabel yang sangat pajang. yang dimaksud sebagai arus listrik adalah muatan listrik yang bergerak per satuan waktu. 3. Gale (profesor yang pernah bekerja dengan Henry) menyadari hal itu. Oersted menyelidiki pergerakan jarum magnet yang berada dekat dengan kawat konduktor elektrik. Karena miskin. merupakan salah satu kunci sukses ia untuk menciptakan telegraf. Untungnya. telegraf rancangan dia hanya memiliki sedikit lilitan kabel pada elektromagnetnya dan sumberdaya listriknya juga kecil. baterai buatan sendiri. V = I . hambatannya kecil sehingga arusnya menjadi besar. Keadaan ini berlangsung tergantung berapa lama kita menekan switch contact pada pengirim. Di dalam percobaannya inilah Henry menjelaskan bahwa bagaimana elektromagnet dengan voltase kecil dapat menghasilkan gaya magnet yang besar. Bagaimana caranya bisa begitu? Henry menganalogikannya dengan resistor. Morse dan Gale pun bekerjasama. Sehingga magnet seberat 21 pon dapat mengangkat benda 750 pon. Apabila diserikan. jika lama maka akan terbentuk garis. gaya listrik yang dihasilkan akan kecil. V = I . dan bentuknya diubah menjadi bentuk diferensial yang dinyatakan sebagai berikut: Ф B. Kumparan ibarat resistor. dan penerima. Apabila kumparan diparalelkan. kabel. hambatannya besar sehingga arusnya kecil. dari teori-teori tersebut. Lilitan pada elektromagnet dibuat menjadi 100 lilitan dan sumberdaya listrik juga ditingkatkan.BAB III PROSES KEREKAYASAAN 3.

misalnya telepon. Sebelumnya orang berpikir bahwa tidak mungkin melakukan komunikasi melalui kabel. Hal ini dapat menimbulkan : • Kecenderungan tidak mengenal karakter orang lain. seorang pemuda yang memiliki ketrampilan mekanik dan keluarganya memiliki perusahaan pengolah besi.3 DAMPAK Penemuan telegraf elektrik telah membawa dampak yang besar dalam kehidupan dan cara berpikir orang-orang pada saat itu. seorang profesor sains dari universitas New York. baterai buatan sendiri. • Memudahkan komunikasi pada sistem transportasi kereta api sehingga menghindarkan kecelakaan. untuk menghindari kecelakaan dalam sistem kereta api rel tunggal. untuk menyampaikan suatu pesan manusia membutuhkan waktu yang lama sampai berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Morse mengajukan paten untuk telegraf barunya pada tahun 1837. orang mulai berpikir untuk mengembangkan alat komunikasi dengan kabel yang lebih baik dan lebih praktis daripada telegraf elektrik sehingga akhirnya orang dapat menikmati kemudahan dalam komunikasi seperti saat ini. Morse melakukan perbaikan dan pengembangan. Pada awal Morse menciptakan telegraf elektrik. termasuk sebuah sandi yang terdiri dari matriks untuk mewakili angka-angka.1 KINERJA Penemuan telegraf elektrik oleh Morse membawa kemajuan yang signifikan dalam bidang telekomunikasi. 4. • Orang jarang bertatap muka. dan seperangkat jenis gigi gergaji untuk mengirim sinyal. Hal ini menimbulkan orang cenderung tidak mengenal orang lain karena mereka hanya berkomunikasi lewat telegraf. 4. Dengan ditemukannya telegraf elektrik. Hal ini membuat jadwal kereta api seringkali tidak tepat. sebuah kereta api harus menunggu kereta api dari arah yang berlawanan untuk lewat. telegraf elektrik ciptaan Morse telah membuktikan hal tersebut dapat dilakukan. Sebelumnya. Namun. mengirim dan menerima pesan dapat dilakukan dalam waktu yang hampir bersamaan sehingga jadwal kereta api juga dapat lebih baik karena posisi kereta api dapat diberitakan dengan jelas lewat telegraf. sebuah kamus untuk mengubah angka-angka tersebut menjadi kata-kata.4 PERBAIKAN DAN PENGEMBANGAN Dalam proses penciptaan telegraf elektrik.2 MANFAAT Manfaat telegraf elektrik antara lain: • Membuat komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. untuk berkomunikasi jarak jauh manusia menggunakan kode-kode yang disampaikan lewat asap atau semaphore. • Menjadi dasar ditemukannya alat komunikasi yang lebih modern. dia tidak memiliki cukup uang sehingga dia membuat model telegraf dengan menggunakan bahan-bahan kasar seperti penyangga kanvas tua untuk mendirikannya. membantunya untuk membuat model telegraf yang lebih baik. Kemudian. dan jam tua untuk menggerakkan kertas-untuk-merekam matriks. • Terlihat perbedaan dalam tingkat perekonomian. Dengan bantuan dari kedua partnernya tersebut. Pada saat itu.BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4. memberikan saran-saran kepadanya seperti bagaimana cara meingkatkan voltase dengan cara meningkatkan gulungan di sekitar elektromagnet. Sebelum telegraf elektrik ditemukan. Kemudian. Selain mendatangkan manfaat yang besar dalam bidang komunikasi. Selain itu penemuan telegraf telegraf juga membawa kemajuan di bidang transportasi. • Sebagai awal dari sistem komunikasi modern. Lalu Alfred Vail. Leonard Gale. • Sosialisasi kurang. Morse mendapatkan dua orang partner yang membantunya mengembangkan telegrafnya. 4. pada tahun 1837. adanya telegraf elektrik juga membawa dampak negatif terhadap manusia dalam bidang sosial. Telegraf elektrik memungkinkan orang dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus datang atau bertatap muka dengan orang tersebut. terutama transportasi kereta api. 7 .