METODE PENELITIAN KUALITATIF

A. PENDAHULUAN Peneliti hendaknya menentukan metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitiannya, beberapa macam bentuk metode penelitian terdiri dari: penelitian historis (historical research), penelitian Deskriptif ( descriptive research), penelitian korelasional ( correlational research), penelitian kausal komparatif (causal comparative research), penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan (action research). Dari beberapa bentuk metode penelitian diatas, salah sat unya akan dibahas dengan rinci dalam artikel ini. Penelitian yang dimaksud adalah penelitian kualitatif. Penelitian biasanya selalu dimulai dengan suatu perencanaan yang seksama yang mengikuti serentetan petunjuk yang disusun secara logis dan sistematis sehingga hasilnya dapat mewakili kondisi -kondisi yang sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Kerangka penelitian yang jelas akan memberikan banyak kemudahan memecahkan masalah yang diteliti dan mempermudah deteksi jika terdapat kekurangan atau kesalaha n dalam penelitian. Penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistic kontekstual melalui pengumpulan d ata dari latar alami dengan mema nfaatkan diri peneliti sebagai instrument kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses d an makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Oleh kerena itu, laporan penelitin kualitat if disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendala m serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh keotentikan.

Temuan±temuan penelitian. Summary Penjelasan secara ringkas keseluruhan unsur yang ada dalam penelitian kualitatif. Analisis temuan± temuan penelitian. dan bukan kesan selintas pen eliti apalagi hasil karangan atau manipulasi peneliti itu sendiri. Hasil temuan memerlukan pembahasan lebih lanjut dan penafsiran lebih dalam untuk menemukan makna di balik fakta. b. . Dalam melakukan pembahasan terhadap te muantemuan penelitian. Abstrak. Judul.B. ditulis sesingkat mungkin tetapi mencakup keseluruhan apa yang tertulis di dalam laporan penelitian. Sementara kajian pustaka menyajikan tentang studi-studi terdahulu dalam konteks fenomena dan masalah yang sama atau serupa. e. f. juga dapat merangsang minat dan selera orang lain untuk membacanya. c. Penulisan judul sedapat mungkin menghindari berbagai tafsiran yang bermacam-macam dan tidak bias makna. perspektif teori menyajikan tentang teori yang digunakan sebagai perpektif baik dalam membantu merumuskan fokus kajian penelitian maupun dalam melakukan analisis data atau membahas temuan-temuan penelitian. d. menyajikan seluruh temuan penelitian yang diorganisasikan secara rinci dan sistematis sesuai urutan pokok masalah atau fokus kajian penelitian. singkat dan jelas serta mengisyaratkan fenomena dan fokus kajian penelitian. yaitu: a. Perspektif teoritis dan kajian pustaka. peneliti harus kembali mencermati secara kritis dan hati hati terhadap perspektif teoritis yang digunakan. menyajikan secara rinci metode yang digunakan dalam proses penelitian. Abstrak penelitian selain sangat berguna untuk membantu pembaca memahami dengan cepat hasil penelitian. Temuan -temuan penelitian yang disajikan dalam laporan penelitian merupakan serangkaian fakta yang sudah direduksi secara cermat dan sistematis. Metode yang digunakan.

Biografi Penelitian biografi adalah studi tentang individu dan pengalamannya yang dituliskan kembali dengan mengumpulkan dokumen dan arsip -arsip. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap turning point moment atau epipani yaitu pengalaman menarik yang sangat mempengaruhi atau mengubah hidup seseorang. Etnografi adalah sebuah proses dan . Situasi di mana individu saling berhubungan. Menurut Creswell (1998:54) Pendekatan fenomenologi menunda semua penilaian tentang sikap yang alami sa mpai ditemukan dasar tertentu. tujuan pendekatan grounded theor adalah untuk menghasilkan atau menemukan suatu teori yang berhubungan dengan situasi tertentu . Konsep epoche menjadi pusat dimana peneliti menyusun dan mengelompokkan dugaan awal tentang fenomena untuk mengerti tentang apa yang dikatakan oleh responden. sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji. Grounded theor Walaupun suatu studi pendekatan menekankan arti dari suatu pengalaman untuk sejumlah individu. yaitu: 1. kebiasaan. bertindak. dan cara hidup. Inti dari pendekatan grounded theor adalah pengembangan suatu teori yang berhubungan erat kepada konteks peristiwa dipelajari . Konsep epoche adalah membedakan wilayah data (subjek) dengan interpretasi peneliti. 4.Jenis-jenis penelitian kualitatif Penelitian kualitatif memiliki 5 jenis penelitian. peneliti menguji kelompok tersebut dan mempelajari pola perilaku. 3. atau terlibat dalam suatu proses sebagai respon terhadap suatu peristiwa. Penundaan ini biasa disebut epoche (jangka waktu). Etnograf Etnografi adalah uraian dan penafsiran suatu buda ya atau sistem kelompok social. 2. Fenomenologi Penelitian fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Peneliti menginterpretasi subjek seper ti subjek tersebut memposisikan dirinya sendiri.

Focus Group Discussion (FGD). Beberapa bentuk analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu: biografi. Teknik analisa data dalam penelitian kualitatif didasarkan pada pendekatan yan g digunakan.hasil dari sebuah penelitian. kasus yang dipelajari berupa program. Oleh karena itu. Banyak hasil penelitian kualitatif diragukan kebenarannya karena beberapa hal. Dependability (apakah penelitian mengacu pada kekonsistenan peneliti dalam mengumpulkan data. yaitu subjektivitas peneliti merupakan hal yang dominan dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam kualitatif. dan menyertakan berbagai sumber informasi. Penelitian ini diba tasi oleh waktu dan tempat. dan sumber data kualitatif yang kurang credible akan mempengaruhi hasil akurasi penelitian. Sebaga i proses. observasi. studi kasus. yaitu: wawancara. yaitu: kredibilitas (apakah proses dan hasil penelitian dapat diterima atau dipercaya). dan interaksi dalam kelompok. Grounded Theor. . etnografi melibatkan pengamatan yang cukup panjang terhadap suatu kelompok. dan menggunakan konsep-konsep ketika membuat interpretasi untuk menarik kesimpulan). atau individu. dimana dalam pengamatan tersebut peneliti terlibat dalam keseharian hidup responden atau melalui wawancara satu per satu dengan anggota kelompok tersebut. Studi kasus Penelitian studi kasus adalah studi yang mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan terperinci. dan konfirmabilitas (apakah hasil penelitian dapat dibuktikan kebenarannya dimana hasil penelitian sesuai dengan data yang dikumpulkan dan dicantumkan dalam laporan lapangan. Transferabilitas (apakah hasil penelitian ini daapat diterapkan pada situasi yang lain). bahasa. memiliki pengambilan data yang mendalam. membentuk. peristiwa. aktivitas. Peneliti mempelajari arti atau makna dari setiap perilaku. dibutuhkan beberapa cara menentukan keabsahan data. 5. dokumen. Fenomenologi. alat penelitian yang diandalkan adalah wawancara dan observasi mengandung banyak kelemahan ketika dilakukan secara terbuka dan apalagi tanpa kontrol.

untuk mengembangkan teori. untuk mengetahui makna yang tersembunyi. Penelitian ini lebih menekankan pada makna dan terikat nilai. Judul Abstrak Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Gambar Bab I Pendahuluan Konteks Penelitian Fokus Kajian Penelitian Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Bab II Perspektif Teoritis dan Kajian Pustaka Bab III Metode Penelitian Pendekatan Batasan Istilah Unit Analisis Deskripsi Setting Penelitian Pengumpulan Data Analisis Data Keabsahan data Bab IV Hasil dan pembahasan BabVI Kesimpulan dan saran Daftar pustaka Lampiran . Penelitian kualitatif digunakan jika masalah belum jelas. Oleh karena itu. peneliti harus memiliki bekal teori dan wawasan yang luas jadi bisa bertanya. menganalisis. untuk memastikan kebenaran data.C. peneliti adalah instrumen kunci. Dalam penelitian kualitatif. Pembahasan Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan. dan mengkonstruksi obyek yang diteliti menjadi lebih jelas. dan meneliti sejarah perkembangan. Sistematika penelitian kualitatif seperti . untuk memahami interaksi sosial.

Studi Kasus. berikut langkah -langkah analisis data pada studi fenomologi. . berikut langkah -langkah analisis data pada studi biograf. dan membuat laporan pengalaman setiap partisipan. dan menyiapkan secara naratif. Fenomenologi. dan membaca keseluruhan kisah kemudian diresuksi dan diberi kode. membaca keseluruhan informasi dan memberi kode. yaitu: mengorganisir data. Grounded theor. membaca keseluruhan informasi dan member i kode. Biograf. berikut langkah-langkah analisis data pada studu kasus. dimana bentuk analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu: Biograf. langkah-langkah analisis data pada study grounded theor. Fenomologi. Studi kasus. jenis ± jenis penelitian.Grounded theor. yaitu: mengorganisir file pengalaman objektif tentang hidup responden sepert i tahap perjalanan hidup dan pengalaman. metode pengumpulan data.Dalam artikel penelitian kualitatif ini hanya membahas lebih rinci dari sistematika penelitian kualitatif diatas. teknik analisis data. yaitu: peneliti memulai mengorganisasikan semua data atau gambaran menyeluruh tentang fenomena pengalaman yang telah dikumpulkan. yaitu: mengorganisir informasi.

Bentuk analisis data dalam penelitian kualitatif. untuk memastikan kebenaran data. yaitu: Biografi. Dokumen. dan Studi Kasus. untuk mengembangkan teori.D. 2. dan Focus Group Discussion(FGD). Penelitian kualitatif digunakan jika masalah be lum jelas. Fenomenologi. Penelitian kualitatif memiliki 5 jenis penelitian yaitu: Biografi. dan meneliti sejarah perkembangan. untuk mengetahui makna yang tersembunyi. . Kesimpulan Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa: 1. Grounded theor. 3. untuk memahami interaksi sosial. Fenomologi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful