Perkembangan fisik dan psikis Menurut Sarlito (1994, hlm.

51-52) perubahan fisik yang terjadi pada remaja antara lain: a. Pada wanita
yPertumbuhan tulang (badan menjadi tinggi). yPertumbuhan payudara. yTumbuh bulu di kemaluan dan ketiak. yMencapai pertumbuhan tinggi badan yang maksimal setiap tahun. yMengalami haid (menarche)

b. Pada laki-laki
yPertumbuhan tulang. yTestis. yTumbuh bulu pada kemaluan, ketiak, dan bulu halus pada wajah. yTerjadi perubahan suara. yTumbuh bulu di dada. yMengalami ejakulasi (keluarnya air mani).

Perkembangan intelegensi. Perkembangan intelegensi pada masa remaja adalah mulai dapat berfikir abstrak dan hipotesis. Dengan demikian, remaja sudah dapat memperkirakan apa yang mungkin terjadi. Remaja sudaha dapat mengambil kesimpulan mengenai suatu hal, untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi. b. Perkembangan peran sosial. Perkembangan peran sosial yang dialami oleh remaja dapat dilihat dari keinginannya untuk mandiri dan identitas diri. Perkembangan peran sosial remaja banyak dipengaruhi oleh faktor dari luar (teman, media massa, media elektronik). c. Perkembangan peran seksual. Perkembangna peran seksual remaja berkaitan dengan mempelajari peran sesuai dengna jenis kelamin terhadap jenis kelamin lain. remaja mulai mempunyai rasa tertarik pada lawan jenis. d. Perkembangan peran religi.

Agama yang dianut oleh remaja adalah suatu cara untuk memenuhi kebutuhan akan moral dan religi. Terwujudnya penyesuaian diri pada perkembangan psikis yang maksimal pada remaja dapat membantuk menumbuhkan identitas dirinya menuju kedewasaan dan kepribadian yang matang.Moral dan religi merupakan bagian yang cukup penting dalam jiwa remaja. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful