AKREDITASI PROGRAM STUDI S1 TEKNIK SIPIL

BUKU IIIB BORANG INSTITUSI FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NUSA NIPA
MAUMERE 2010

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik, Universitas Nusa Nipa Maumere

1

DAFTAR ISI
Halaman STANDAR 1 STANDAR 2 STANDAR 3 STANDAR 4 STANDAR 5 STANDAR 6 STANDAR 7 VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN, DAN PENJAMINAN MUTU MAHASISWA DAN LULUSAN SUMBER DAYA MANUSIA KURIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK PEMBIAYAAN, SARANA DAN PRASARANA, SERTA SISTEM INFORMASI PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN KERJASAMA 4 7 15 18 21 30 35

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik, Universitas Nusa Nipa Maumere

2

DATA DAN INFORMASI

FAKULTAS TEKNIK
IDENTITAS Nama Perguruan Tinggi Alamat No. Telepon No. Faksimili Homepage dan E-Mail Nomor dan Tanggal SK Pendirian Institusi Pejabat yang Menerbitkan SK : Universitas Nusa Nipa Maumere : Jln.Kesehatan No.03, Kel.Beru, Kec. Alok,Kab. Sikka Maumere-Flores-NTT : 0382 (22388) : 0382 (22388) : : 26 Mei 2005 : Menteri Pendidikan Nasional

Identitas berikut ini mengenai Fakultas (yang bersangkutan dengan PS) dari Perguruan Tinggi : Nama Fakultas : Fakultas Teknik Alamat : Jln.Kesehatan No.03, Kel.Beru, Kec. Alok,Kab. Sikka Maumere-Flores-NTT No. Telepon No. Faksimili Homepage dan E-Mail Nomor dan Tanggal SK Pendirian Fakultas Pejabat yang Menerbitkan SK : (0382) 22388, 21129 : (0382) 22388, 21129 : : 03.Fak/Kep.YPT.NN/VI2005 tanggal: 01 Juni 2005 : Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa

Program studi yang dikelola oleh Fakultas Teknik : 1. Program Studi Teknik Informatika 2. Program Studi Teknik Sipil 3. Program Studi Teknik Arsitektur (Jenjang pendidikan S1) (Jenjang pendidikan S1) (Jenjang pendidikan S1)

Isian selanjutnya adalah informasi yang mencakup semua program studi dalam Fakultas Teknik

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik, Universitas Nusa Nipa Maumere

3

ST. MEM. ST. ST : 0827037601 : Anggota : : 02-05-2010 Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Yohanes Baptista Laba. ST. : 0808067401 : Ketua : : 02-05-2010 Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Nur Hadi.IDENTITAS PENGISI BORANG FAKULTAS TEKNIK Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Harry Janto Jepira. : 0815106901 : Anggota : : 02-05-2010 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. : 0809097901 : Sekertaris : : 02-05-2010 Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Firnimus Konstantinus. Universitas Nusa Nipa Maumere 4 .

3. dan sasaran serta strategi pencapaian Fakultas Teknik 1. Pendidikan : Mengembangkan Ilmu dan teknologi untuk mempersiapkan mahasiswa Teknik menjadi manusia yang berpikir analitis.1. Menumbuh kembangkan motivasi civitas akademika untuk melakukan penelitian. 1. MISI. Penelitian pengetahuan : Mengembangkan kekerapan penelitian di bidang Ilmu dan Teknologi yang terkait secara kontekstual ke arah tercapainya daya guna dan hasil guna.3 Tujuan 1.2 Misi 1. VISI. TUJUAN. 2.1. Meningkatkan kualitas penelitian untuk berkontribusi secara nyata dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu dan teknologi. Mengembangkan pendidikan di bidang teknik yang berkompetensi dan berdaya saing di tingkat nasional. dan mandiri melalui proses belajar mengajar yang terencana. teratur dan terjadwal. 1. 5. kreatif. tujuan. 3. 2.1 Visi Fakultas Teknik Universitas Nusa Nipa Maumere bertekad menjadi lembaga pendidikan terkemuka dalam pengembangan dan penyerbarluasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan sanggup memenuhi serta mengikuti perubahanperubahan cepat dari kebutuhan masyarakat baik lokal maupun regional pada tahun 2020. Universitas Nusa Nipa Maumere 5 . SASARAN SERTA STRATEGI PENCAPAIAN 1. Pengabdian Masyarakat : Mengembangkan kepekaan Civitas akademika untuk melakukan kegiatan yang memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab sosial perguruan tinggi pada masyarakat. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. 4. misi.1 Visi.1.STANDAR 1. Mengembangkan teknologi pembelajaran yang berbasis teknologi terkini.

8. Melakukan dan merevisi kurikulum pendidikan berbasis survei lapangan untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat terhadap lulusan sarjana teknik. 2. Melakukan pemuktahiran hasil penelitian yang telah ada rangka peningkatan kualitas penelitian. serta tingkat pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan tentang visi. 2. Melakukan monitoring dan evaluasi berkelanjutan dalam proses perkuliahan. 4.4 Sasaran dan strategi pencapaiannya Sasaran yang hendak dicapai oleh Fakultas Teknik adalah : 1.6. 6.1. 4. dan seminar. Mengembangkan dan meningkatkan kapasitas dosen melalui studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Universitas Nusa Nipa Maumere . 7. 1.peluang dana penelitian yang ada. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat secara berkala. 3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai pembelajaran bagi civitas akademika. 5. Menjalin kerja sama dengan program studi yang lain dan perguruan tinggi di tingkat nasional dan internasional. Melakukan monitoring dan mengevaluasi hasil pengabdian pada masyarakat berikutnya. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat setiap tahunnya. misi dan tujuan Fakultas/Sekolah Tinggi. 3. pelatihan. Strategi yang dilakukan untuk mencapai sasaran yang telah diuraikan di atas adalah: 1.2 Uraikan untuk perencanaan pengabdian pada masyarakat upaya penyebaran/sosialisai. praktikum. 1. 5. 6 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Memanfaatkan peluang . Meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung proses perkuliahan dan penelitian civitas akademika. Mengembangkan kompetensi. Menghasilkan lulusan sarjana teknik yang sanggup memenuhi tuntutan dunia kerja. Menyesuaikan sistem dan kebijakan pendukung penyelenggaraan pendidikan dalam pengembangan teknologi pembelajaran. pelaksanaan kerja praktek dan penyelesaian tugas akhir. workshop.

3. Pimpinan Fakultas menjelaskan kepada mahasiswa baru pada saat Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMARU) fakultas. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. misi dan tujuan Fakultas Teknik dengan cara : 1. Melakukan promosi dan sosialisasi melalui brosur fakultas dan program studi. 4. Pimpinan Fakultas menjelaskan ke seluruh civitas akademika Fakultas Teknik. Universitas Nusa Nipa Maumere 7 .Untuk memperkenalkan visi. 2. Mencantumkan dalam buku panduan sebagai materi pengenalan pada mahasiswa baru Fakultas Teknik.

Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Maumere untuk mendapatkan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Maumere. dan peran dalam program studi. serta Para Ketua Program Studi yang ada di Fakultas Teknik. sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi. dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas. B. SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMINAN MUTU 2. Fakultas Teknik dipimpin oleh Dekan dan dibantu oleh Pembantu Dekan I. perpustakaan.1 Sistem Tata Pamong Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama. Peraturan UNIPA menyediakan waktu kuliah 3 – 5 tahun untuk program D3 dan 5 – 7 tahun untuk program S1. Struktur Organisasi Fakultas Teknik Universitas Nusa Nipa Maumere merupakan bagian yang tak terpisahkan dari struktur organisasi Universitas Nusa Nipa. TATA PAMONG. dan studio). fungsi. KEPEMIMPINAN. dalam rangka menciptakan atmosfir akademik yang mendukung proses belajar mengajar. serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur. disosialisasikan. dilaksanakan. Dekan sebagai unsur pelaksana lingkungan akademik di Fakultas dipilih secara musyawarah oleh dosen di Fakultas Teknik. output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan. Sistem tata pamong (input. proses. Universitas Nusa Nipa Maumere 1) Batas Waktu Studi 8 . Suasana organisasi di Fakultas Teknik dapat dikatakan kondusif.STANDAR 2. maka yang bersangkutan harus segera berkonsultasi dengan pimpinan UNIPA. etika mahasiswa. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. tatacara pemilihan pimpinan. kemudian diajukan ke Rektorat untuk Atas pertimbangan Rektorat diajukan ke mendapatkan pertimbangan. etika tenaga kependidikan. etika dosen. laboratorium. A. Apabila sampai dengan batas waktu tersebut ada mahasiswa/i yang belum menyelesaikan studi dan mahasiswa/i belum melakukan cuti kuliah.II dan III.

00 yang tertuang seluruhnya dalam Transkrip Akademik.00 MASA STUDI S1 D3 11 – 14 8 – 10 s/d 10 s/d 7 11 – 14 8 – 10 s/d 10 s/d 7 11 – 14 8 – 10 s/d 10 s/d 7 • • • • Kelulusan ditetapkan Dekan dalam SK Yudisium lulus yang dilampiri Transkrip Akademik para lulusan SK tersebut dikirim kepada Rektor dan selanjutnya diproses dalam rangka persiapan wisuda dan penyelesaian ijasah.75 – 3. calon wisudawan harus memenuhi beberapa syarat : • Memenuhi semua kewajiban pendidikan akademik dan profesional yang diisyaratkan dalam mengikuti program pendidikan.50 – 4.50 – 4. • Menyelesaikan semua kewajiban administrasi dan keuangan yang diisyaratkan Universitas.49 3.74 2. Nilai D paling banyak satu dari seluruh mata kuliah yang ada. Dalam kartu tersebut mahsiswa/i mengisi matakuliahmatakuliah yang akan ditempuh dalam semester tersebut. Upacara Wisuda dilaksanakan dua kali setahun yaitu pada bulan September dan Maret.2) Persyaratan Untuk Mendapatkan Gelar Untuk mendapatkan gelar Sarjana Strata-1 seorang mahasiswa harus menyelesaikan 140-160 SKS dan D3 120 SKS dengan syarat : • Tidak mempunyai nilai E.00 3. IPK minimal 2. Agar dapat diwisuda. setiap mahasiswa/i mendapat selembar kartu rencana studi. Predikat kelulusan diatur sebagai berikut : PREDIKAT CUKUP MEMUASKAN MEMUASKAN SANGAT MEMUASKAN SANGAT MEMUASKAN CUM LAUDE IPK 2. Universitas Nusa Nipa Maumere 9 . setelah dikonsultasikan dengan pembimbing akademiknya.75 – 3.49 2. 3) Kartu Rencana Studi Dan Kartu Hasil Studi Pada awal semester.00 – 2. Untuk semester I dan II diberlakukan “sistem paket” di mana seluruh mahasiswa secara umum BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.00 – 2.74 2.

dengan konsekwensi keuangan yang berbeda. Tambah dan Mundur Mata Kuliah Setelah satu tahun kuliah seorang mahasiswa/i dapat membatalkan atau menambah matakuliah yang telah tercantum dalam kartu rencana studinya. Seorang mahasiswa/i UNIPA juga memegang selembar Kartu Transkrip yang berisikan semua matakuliah yang telah diambilnya selama kuliah. 4) Batal. pembatalan ini harus dengan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Mahasiswa yang dinyatakan belum lulus mata kuliah tertentu yang diprogramkan. tetapi tidak bisa menambah dari matakuliah tertentu. Mahasiswa/i bersangkutan akan mendapat nilai M untuk semua matakuliah tersebut dan kehilangan masa studi dari semester bersangkutan. melamar pekerjaan. Paling lambat 30 hari sesudah ujian semester berakhir. sedangkan untuk semester III dan seterusnya besarnya SKS yang ditempuh bergantung pada Indeks Prestasi Semester sebelumnya. Pembatalan dan atau penambahan matakuliah dilakukan selambat-lambatnya dua hari pertama pada minggu ke tiga dari semester yang sedang berjalan. Dalam transkrip tercantum nilai per matakuliah. Transkrip inilah yang diperlukan apabila mahasiswa/i pindah universitas. asalkan dilakukan dua minggu sebelum ujian tengah semester dimulai. belajar ke luar negeri dan lain-lain. dapat mengikuti ujian perbaikan pada ujian akhir semester berikutnya sebagai mata kuliah tunggakan. Penambahan dan persetujuan pembimbing akademik. tapi hanya dapat dilakukan pembatalan mata kuliah tertentu. Indeks Prestasi Semester dan Indeks Prestasi Kumulatif. dengan mengambil Kartu Hasil Studi (KHS) semester yang mencantumkan semua matakuliah yang telah diambil mahasiswa/i dalam semester itu beserta Nilai Indeks Prestasinya. Setelah hari kedua minggu ketiga.diharuskan mengambil 20 SKS tiap semesternya. Mahasiswa/i juga bisa mengundurkan diri dari seluruh matakuliah pada batas waktu. Universitas Nusa Nipa Maumere 10 . mahasiswa/i tidak dapat lagi mengadakan Batal–Tambah. mahasiswa/i memperoleh hasil evaluasi perkuliahannya.

Sesudah tanggal ini mahasiswa/i tidak dilayani lagi untuk permohonan cuti kuliah. Universitas Nusa Nipa Maumere 11 . Karena SKS berdasarkan perkuliahan yang kurun waktunya satu semester. mahasiswa/i masih boleh mengajukan permohonan cuti kuliah. diwajibkan untuk mengambil cuti kuliah. mahasiswa/i mengajukan permohonan kepada Rektor untuk mendapatkan persetujuan.000. Karena alasan-alasan berikut mahasiswa/i dinyatakan tidak lulus dan dapat diskors selama satu (1) semester dari UNIPA Maumere : • Kecurangan/penjiplakan dalam penulisan Karya Ilmiah (paper dan skripsi). Mahasiswa/i yang melakukan permohonan sampai dengan batas waktu ini hanya diwajibkan membayar uang pendaftaran semester dan iuran keluarga mahasiswa/i. Setelah batas waktu terakhir ini mahasiswa/i tidak diperkenankan lagi mengambil cuti kuliah.-.5) Cuti Kuliah Mahasiswa/i yang tidak akan mengikuti perkuliahan untuk satu semester atau lebih. 25. kecuali dengan alasan yang sangat kuat. namun dengan membayar uang denda sebesar Rp. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Untuk mendapatkan cuti kuliah. Dalam hal ini mahasiswa/i tidak terdaftar dalam semester bersangkutan. mahasiswa/i dapat meminta cuti dengan konsekwensi keuangan yang berbeda. dan persetujuan itu akan diteruskan kepada PUREK I. 6) Skors a. Mahasiswa/i yang tidak terdaftar selama satu semester atau lebih tanpa izin cuti. Mahasiswa/i yang telah mendaftarkan diri dan telah membayar semua persyaratannya. pada saat mendaftarkan diri kembali. uang kuliah pokok dan uang SKS sebesar 6 kredit untuk setiap semester di mana mahasiswa tersebut tidak terdaftar. maka UNIPA memberikan cuti kuliah maksimal 2 semester. dapat melakukan dengan cara-cara : Sampai dengan batas waktu Batal – Tambah atau batas waktu mundur. diwajibkan untuk membayar uang pendaftaran. tetapi kemudian terpaksa mengambil cuti kuliah. Cuti kuliah lebih dari 2 semester tidak diberikan. Pengajuan permohonan cuti kuliah paling lambat dua minggu setelah perkuliahan dimulai. Setelah dua minggu dari batas waktu di atas sampai dengan dua minggu sebelum ujian tengah semester.

maka mereka tetap mendapat sanksi skors selama 1 (satu) tahun. • Apabila peristiwa itu terjadi pada mahasiswa/i Fakultas Ilmu – Ilmu kesehatan semester I dan II. Apabila mahasiswa/i yang bersangkutan selama masa skors dikeluarkan dari UNIPA. penghasutan dan pengeroyokan. dan terjadi pada mahasiswa/i Fakultas-Fakultas lain di lingkup Unipa. d. Universitas Nusa Nipa Maumere 12 . maka mahasiswa/i dapat dinyatakan gugur apabila : melanggar aturan. Masa skors mengurangi masa studi. Apabila mereka mendiamkan atau menyembunyikan peristiwa itu. bekerjasama.• • Kecurangan dalam ujian (menyontek. • Mahasiswa/i yang mengalami peristiwa tersebut wajib melaporkan kepada Dekan dan atau Ketua Program Studi untuk urusan sanksi skors selama 1 (satu) tahun. 7) Mahasiswa/i Gugur Demi peningkatan disiplin dan mutu akademik di UNIPA Maumere. namun pada akhirnya peristiwa itu bisa terbongkar. Khusus untuk mahasiswa/i yang ”hamil” dan ”menghamili” di luar Nikah : • Apabila peristiwa itu terjadi pada mahasiswa/i Fakultas Ilmu – Ilmu kesehatan baik pada semester III sampai VI (D3 Keperawatan) maupun pada semester III – VIII (S1 Keperawatan). dan membocorkan soal-soal ujian). dan tindakan kriminal lainnya. b. Mahasiswa/i yang melakukan tindakan anarkis dan provokatif. Mahasiswa/i yang di-skors hanya dapat diterima kembali dengan persetujuan Rektor UNIPA Maumere. meskipun mereka telah membawa surat nikah. sehingga mereka bisa melanjutkan kuliahnya di UNIPA. c. maka mereka akan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. maka mahasiswa/i bersangkutan dikeluarkan dari UNIPA. Manipulasi data absensi. maka mereka diskors selama 1 (satu) tahun untuk menyelesaikan masalahnya sampai pada akhirnya mereka kembali dengan membawa surat nikah sebagai bukti. akan dikenakan sanksi skors selama 1 (satu) tahun atau dikeluarkan dari UNIPA. membuat gangguan dan keonaran di Kampus UNIPA.

dalam penulisan karya Ilmiah (paper dan skripsi) dan kecurangan dalam ujian sebanyak dua kali. Diberhentikan secara tidak hormat karena tindakan indisipliner atau Diberhentikan secara tidak hormat karena melakukan kecurangan amoral. IPK minimal 3 (tiga) semester awal tidak mencapai 2. Mahasiswa/i cuti kuliah dapat diterima kembali dengan mendaftarkan diri pada saat pendaftaran. 8) Mahasiswa/i Aktif Kembali Mahasiswa/i yang tidak terdaftar sebagai mahasiswa/i pada satu atau beberapa semester sebelumnya. Memberikan pertimbangan kepada mahasiswa/i dalam memilih mata kuliah yang diambil untuk semester yang akan berlangsung. dapat aktif kembali apabila Rektor UNIPA Maumere bersedia menerimanya. Pembimbing akademik adalah salah seorang dosen yang ditunjuk dan ditugaskan untuk membantu mahasiswa/i dalam merencanakan program studinya. Perhitungan IPK berdasarkan nilai semester I. II dan semester III. c. yang absennya bukan karena indisipliner. Melewati batas maksimum waktu belajar (S1) 14 semester dan (D III) 10 semester. serta secara khusus berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan pengelolaan proses belajarnya di bawah bimbingan seorang dosen Pembimbing Akademik (PA). dari semua mata kuliah wajib yang terdaftar dan mata kuliah pilihan/seminar yang diambil. 9) Pembimbing Akademik Pembimbingan mahasiswa adalah bantuan kepada setiap mahasiswa di luar proses belajar mahasiswa dari awal hingga akhir masa studinya. evaluasi dan tindak lanjut oleh mahasiswa sendiri yang sulit melakukan hal-hal itu tanpa bimbingan dari orang yang berpengalaman. dan tidak pula mendapat izin cuti kuliah atau izin mundur.a. b. membantu BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Bimbingan itu mencakup antara lain : a.00. sehingga mahasiswa/i dapat meyelesaikan studinya dalam waktu sesingkat mungkin. melaksanakan rencana tersebut. Tugas para pembimbing akademik adalah mengarahkan mahasiswa/i dalam menyusun rencana studinya. dengan membayar keuangan yang telah ditetapkan dalam Bab III. Universitas Nusa Nipa Maumere 13 . d.

Membantu mahasiswa dalam melaksanakan rencana studinya serta mengidentifikasi dan memecahkan masalah baik akademik maupun non akademik yang menghambat kelancaran studi mahasiswa sepanjang semester secara berkala. • Memberi ususl kepada Ketua Program Studi tentang sanksi akademik. Tata Tertib Pemilihan Pimpinan Tata Tertib pemilihan Pimpinan di Fakultas Teknik ditetapkan oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa sebagai pengelola. • Memanfaatkan pelayanan PA sebaik-baiknya dan mematuhi segala ketentuan yang berkaitan dengan pembimbingan demi kelancaran dan keberhasilan studinya. ETIKA DOSEN BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. nasihat. • Menandatangani KRS dan KHS mahasiswa. b. pertimbangan. d. Membantu mahasiswa dalam urusan cuti akademiknya. C. Mengikuti perkembangan studi mahasiswa/i yang dibimbing untuk memberikan bantuan dalam memecahkan masalah tertentu. Pembimbing akademik berwewenang : • Mengoreksi kesalahan yang dibuat mahasiswa dalam pengisian KRS. • Memberi sanksi akademik berupa peringatan kepada mahasiswa apabila prestasi akademiknya merosot atau pelanggaran akademik lainnya. Universitas Nusa Nipa Maumere 14 .mahasiswa/i menyusun studi semesteran pada awal semester sesuai dengan ketentuan yang berlaku. • Bersikap terbuka dalam menyampaikan masalah dan menerima saran. B. Memberikan pertimbangan kepada mahasiswa/i yang berada di bawah bimbingannya tentang banyaknya jumlah kredit yang akan diambil. c. dan peringatan dari PA. Dalam pembimbingan akademik. perolehan beasiswa sesuai dengan syarat yang berlaku. mahasiswa berkewajiban : • Disiplin waktu dan bersikap kooperatif dengan PA-nya. e.

3. mahasiswa memiliki sikap dan tanggung jawab moral untuk meningkatkan mutu Universitas Nusa Nipa ke depan. Sebagai sebuah profesi. E. D. 4. mahasiswa memiliki tanggung jawab sosial dalam kehidupan bersama serta memiliki tanggung jawab sosial dalam kehidupan bersama serta memiliki kebebasan akademik yang memiliki kebebasan mimbar akademik dan otonomi keilmuan yakni kebebasan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengembangan ilmu pngetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab dan mandiri. Sebagai warga masyarakat dunia. tekun menuntut ilmu pengetahuan dan menerapkan teknologi demi kepentingan masyarakat dan masa depannya yang lebih baik. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab baik atas dasar prinsip-prinsip tanggung jawab sosial maupun tanggung jawab moral dan akhlak. Sebagai salah satu komponen Civitas Academica. 2. 5. Dosen memiliki tanggung jawab moral untuk mengembangkan mutu UNIPA ke depan dengan mengutamakan kepentingan seluruh Civitas Academica pada umumnya dan kepentingan dosen khususnya. Bentuk tanggung jawab moral mahasiswa diwujudkan melalui sikap dan usaha nyata dalam menjaga nama baik lembaga. 2. juga mengutamakan pelayanan khusus kepada mahasiswa (peserta didik) dan masyarakat luas melalui pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 3. mahasiswa memiliki hak dan kewajiban yang harus diwujudkan secara adil. Tugas pokok profesi Dosen adalah melaksanakan pendidikan dan pengajaran. Etika Mahasiswa 1. Pelayanan dan Teknologi serta menerapkannya demi kepentingan mahasiswa dan masyarakat luas. serasi dan seimbang.1. Sebagai anggota masyarakat kampus. Etika Tenaga Kependidikan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. 4. dosen memiliki hak dan kewajiban yang harus diwujudkan secara adil dan seimbang. Dosen adalah sebuah profesi yang dengan keahliannya selain memenuhi kebutuhannya. Universitas Nusa Nipa Maumere 15 .

karyawan administratif memiliki hak dan kewajiban yang harus diaktualisasikan secara adil. Sistim Penghargaan dan sangsi I. oleh karenanya etos kerja menjadi tuntutan dasar dalam pelaksanaan tugasnya. 3. karyawan administratif di lingkungan UNIPA memiliki tanggung jawab moral mengembangkan mutu Universitas Nusa Nipa. karyawan administratif mengandalkan ketrampilannya untuk memenuhi kebutuhan dan pengembangan dirinya serta senantisa mengutamakan pelayanan administratif demi peningkatan mutu Universitas Nusa Nipa. yang telah diselesaikan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Sebagai salah satu unsur Civitas Academica. kepada mahasiswa yang berprestasi akademik rendah. yaitu minimal 12 sks per semester. serasi dan seimbang. Pemberlakuan sanksi akademik terhadap mahasiswa yang berprestasi akademik rendah dilaksanakan pada akhir semester. (b) Pemberitahuan untuk alih program. Sebagai komponen masyarakat ilmiah. Sebagai sebuah profesi. 2. (c) Wajib putus studi. Prestasi Akademik Yang Rendah adalah prestasi akademik yang ditandai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di bawah batas lulus (= 2. Pelayanan administratif karyawan di lingkungan UNIPA ditujukan secara langsung dan tidak langsung untuk kepentingan sendiri. atau lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sanksi Akademik adalah tindak pemberian hukuman yang bersifat akademis berupa : (a) Peringatan / teguran. Ketentuan Umum a. Universitas Nusa Nipa Maumere 16 . 4.00) dan / atau satuan kredit semester yang dicapai (sks) di bawah batas minimal yang dipersyaratkan pada setiap semester yang sudah diselesaikan mahasiswa. II. Pemberlakuan Sanksi Akademik 1.1. F. b. 5.

Pada akhir semester 14 jenjang S-1 dan semester 10 jenjang D-3 diberikan sanksi wajib putus studi kepada mahasiswa yang tidak mencapai seluruh beban kredit yang telah ditetapkan dan / atau tidak lulus pada batas maksimum masa studi ini dengan IPK di bawah 2. d. dipandang perlu bahwa mahasiswa menandatangani surat pernyataan bersedia menerima sanksi akademik. 3 diberi peringatan atau teguran pertama. Pada akhir semester 11 s/d 13 jenjang S-1 dan semester 8 dan 9 jenjang D-3. b.mahasiswa berdasarkan prestasi akademik yang tercantum di dalam Kartu Hasil Studi (KHS) dan sebelum semester berikut dimulai melalui evaluasi semester. Penandatanganan surat pernyataan sebagaimana dimaksud pada pasal ini dilakukan pada awal masa studi mahasiswa baru. Guna menanamkan kesadaran mahasiswa akan adanya peraturan ini dengan demikian memetik manfaat daripadanya. dalam hal lainnya tetap diberikan / teguran sesuai dengan kebutuhan hingga tiga kali sebelum sanksi lain diberikan. 2. Secara rinci pemberlakuan sanksi akademik sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1 diatur sebagai berikut : a. kedua dan / atau ketiga sesuai dengan kebutuhan. hanya dapat diberikan sanksi peringatan / teguran sesuai dengan kebutuhan. III. diberikan sanksi wajib putus studi apabila peringatan / teguran sudah diberikan sampai tiga kali. Dekan dan Pimpinan Universitas serta arsip mahasiswa sendiri. Universitas Nusa Nipa Maumere 17 . apabila prestasi pada 4 semester sebelumnya memenuhi syarat lulus namun telah tiga kali mendapat peringatan / teguran terhitung sejak semester 1. Pernyataan Kesediaan Mahasiswa Menerima Sanksi Akademik 1. Sanksi Peringatan / Teguran BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. dengan menggunakan formulir yang disiapkan untuk itu rangkap 5 untuk disampaikan kepada dosen Pembimbing Akademik.00. Pada akhir semester 5 s/d 10 untuk jenjang S-1 dan semester 5 s/d 7 jenjang D-3 diberikan sanksi wajib alih program. Pada akhir semester 4. apabila prestasi akademiknya rendah. Ketua Program Studi. e. 2. c. 2. Pada akhir semester 1. IV.

Sanksi Wajib Putus Studi Atas usul Dekan.1. 3. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. tidak termasuk peringatan / teguran pada semester 11 s/d 13 untuk S-1 atau semester 8 dan 9 untuk D-3. VI. mahasiswa tersebut mengajukan permohonan alih program pendidikan kepada pihak-pihak terkait sesuai dengan ketentuan dalam Pedoman Alih Program Pendidikan. Sanksi Akademik Lainnya Selain sanksi akademik teguran / peringatan. 2. Sanksi Wajib Alih Program 1. wajib alih program studi. dan wajib putus studi tersebut di atas. V. VII. Sanksi peringatan/teguran diberikan oleh Pembimbing Akademik (PA) mahasiswa yang bersangkutan dan ditandatangani Ketua Program Studi dalam rangkap 5 (lima) yang ditujukan kepada mahasiswa tersebut dengan tembusan kepada Pimpinan Universitas dan Fakultas serta Ketua Program Studi dan arsip pembimbing akademik dengan menggunakan formulir yang disiapkan. yaitu . Atas dasar sanksi wajib alih program itu. sesuai dengan kebutuhan. sanksi wajib putus studi diberikan oleh Rektor kepada mahasiswa pada akhir semester 4 apabila sudah tiga kali diberi peringatan / teguran. 2. dan pada akhir semester 10 jenjang D-3 dan semester 14 jenjang S-1 yang ditujukan kepada mahasiswa yang bersangkutan dan tembusan kepada Pimpinan Fakultas dan Ketua Program Studi yang mengusulkan serta arsip universitas. apabila sanksi peringatan sudah diberikan sampai 3 (tiga) kali dan pada akhir semester 4 prestasi akademik mahasiswa tersebut tidak merosot/rendah baik dari segi IPK maupun dari segi sksd. Universitas Nusa Nipa Maumere 18 . Sanksi wajib alih program diberikan kepada mahasiswa diakhir semester 5 s/d 10 jenjang S-1 dan semester 5 s/d 7 jenjang D-3. Sanksi wajib alih program dilaksanakan atas usul Pembimbing Akademik dalam bentuk surat keterangan yang diajukan kepada Ketua Program Studi dengan tembusan kepada Pimpinan Universitas dan Fakultas serta arsip Program Studi dan Dosen Pembimbing Akademik. terdapat pula sanksi akademik lainnya. Sanksi peringatan / teguran diberikan sebanyak-banyaknya sampai 3 kali terhitung sejak pertama kali terdapat indikasi rendahnya prestasi akademik seseorang mahasiswa hingga semester 10 untuk jenjang S-1 atau semester 7 untuk jenjang D-3.

pemberlakuan sanksi akademik ini diharapkan menjadi stimulus sehingga mahasiswa berusaha sungguh-sungguh untuk : a. Bagi mahasiswa. c. Bagi para dosen. karya tulis). b. Memotivasi dirinya dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik dengan tekun. 2. b. d. konsisten dan konsekuen sesuai dengan peraturan-peraturan akademik yang berlaku. Universitas Nusa Nipa Maumere 19 . pelaksanaan proses belajar mengajar. Merencanakan dan menetapkan beban studi pada setiap semester dalam Kartu Rencana Studi (KRS) sesuai dengan kemampuan.a. b. Sanksi akademik tidak boleh mengikuti UTS dan / atau UAS. Konsekuensi Pemberlakuan Sanksi Akademik 1. Memanfaatkan jasa pelayanan dosen mata kuliah dan dosen dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi pembimbing akademik serta kesempatan dan fasilitas akademik (termasuk perpustakaan) akademik. Sanksi akademik yang berkaitan dengan praktikum di laboratorium atau praktikum lapangan / kerja praktek yang diatur setiap fakultas / program studi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 3. evaluasi dan tindak lanjut. guna menghindari kegagalan prestasi akademik dalam IPK dan / atau sksd pada setiap akhir semester. yang meliputi persiapan kuliah. Senantiasa meningkatkan kinerja dan keahlian dalam disiplin ilmu masingmasing guna meningkatkan mutu pelayanan kepada mahasiswa. Terus menerus membina dan meningkatkan dedikasi dan disiplin dalam proses belajar mengajar baik dalam kegiatan tatap muka maupun kegiatan terstruktur dan mandiri sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. VIII. berlakunya peraturan ini diharapkan menjadi pendorong dan pedoman untuk : BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Bagi para dosen pembimbing akademik. c. Sanksi wajib cuti dan wajib putus studi karena pelanggaran kode etik Sanksi yang berkaitan dengan penyelesaian tugas akhir (skripsi atau mahasiswa atau kecurangan akademik. berlakunya peraturan ini diharapkan menjadi pemicu dan pemacu kinerja para dosen untuk : a.

Bagi para pimpinan Fakultas : a. termasuk persentase kehadiran dalam tatap muka. Pimpinan program studi berkewajiban melaksanakan rapat dengan para dosen dan mahasiswa. dalam sistem penilaian dosen terhadap hasil belajar mahasiswa. dan tidak membolehkan mahasiswa. yakni awal. Dengan tertib melaksanakan administrasi pembimbingan akademik dan sanksi akademik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.a. tengah dan akhir semester agar setiap masalah yang timbul 20 . untuk mengikuti ujian akhir semester (UAS) itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Koordinasi dan Cara Kerja Fakultas/Sekolah Tinggi Gambarkan struktur organisasi Fakultas/Sekolah Tinggi serta tugas/fungsi dari tiap unit yang ada. masing-masing minimal segera dipantau dan dituntaskan. c. Pimpinan fakultas dan program studi berkewajiban memantau dan mengawasi disiplin mengajar dosen. Melakukan konsultasi dengan mahasiswa secara berkala dan terjadwal sebelum. 4. 5. c. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. selama dan sesudah masa kuliah pada setiap semester secara berkelompok atau perseorangan guna membahas berbagai kesulitan yang dihadapi mahasiswa atau sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang dilayani. Bagi Civitas Academica UNIPA : Bagi semua warga UNIPA sangat diharapkan agar mematuhi dan melaksanakan kelender akademik yang sudah ditetapkan oleh Universitas secara konsisten. termasuk tiga kali evaluasi belajar serta pelaksanaan peraturan ini secara konsisten dan konsekuensi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mencegah penetapan beban studi yang menyimpang dari ketentuan yang ada atau yang melampaui kemampuan mahasiswa yang dibimbing. yang kehadiran tatap mukanya kurang dari 80 % kehadiran dosen karena ijin atau alpa. b. Dalam 5 tahun terakhir ini semua warga UNIPA pada umumnya mematuhi dan melaksanakan kalender akademik yang sudah ditetapkan 0leh universitas yang terdapat dalam Buku Panduan Universitas secara konsisten 2. Universitas Nusa Nipa Maumere tiga kali setiap semester. Pimpinan program studi berkewajiban membatalkan ujian akhir semester (UAS) untuk mata kuliah.2 Struktur Organisasi. b.

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Universitas Nusa Nipa Maumere 21 .

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Universitas Nusa Nipa Maumere 22 .

Melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. yaitu sejumlah personil memangku jabatan fungsional sebagai tenaga kependidikan Tugas Kelompok Dosen : a. Memberikan pendidikan dan pengajaran kepada mahasiswa b. ketua program studi dibantu oleh: 1. Dalam bidang akademik : Mengkoordinasikan pelaksanaan Tri Dharma PT b. Memimpin pelaksanaan tugas administrasi umum. Program studi adalah unsur pelaksana akademik dari fakultas dalam bidang studi tertentu yang dipimpin oleh ketua program yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada dekan. Kelompok dosen. Melakukan kegiatan pembinaan mahasiswa. Dalam Bidang Administrasi dan Keuangan : Mengkoordinasikan pelaksanaan kegatan administrasi umum. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Melaksanakan urusan ketatausahaan dan kerumah-tanggaan fakultas. Dalam melaksanakan tugasnya. c. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam sebagian atau salah satu cabang ilmu. Tugas dan Fungsi Ketua Program Studi a. 2. Tugas Pelaksana Administrasi : 1.kepegawaian. mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran. Dalam Bidang Kemahasiswaan: Mengkoordinasikan dan pelaksanaan kegemaran pembinaan. Sekretaris program mempunyai tugas membantu ketua program di dalam melaksanakan tugas harian 2.kesejaahteraan.keuangan dan perlengkapan. Universitas Nusa Nipa Maumere 23 . b.minat mahasiswa. c. kepegawaian.pengembangan.Tugas dan Fungsi Dekan antara lain : a. Pimpinan program studi adalah ketua program.

3. maupun disampaikan secara personal atau informal. Dengan demikian kreatifitas dan inovasi yang dikembangkan para bawahan maupun dosen dan mahasiswa dapat tertampung dan tersalurkan sedemikian rupa. Hubungan kelembagaan dan personal antara Fakultas. Dalam akuntanbilitas pelaksanaan tugas juga telah terbangun dengan baik. Universitas Nusa Nipa Maumere 24 . Peran Rektor dan Dekan sekedar menjadi fasilitator dari komponen lain di bawahnya. evaluasi dan pemanfaatan program rutin maupun pengembangan selalu melibatkan berbagai pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan program tersebut utamanya dosen dan mahasiswa. Memelihara ketertiban. kemahasiswaan dan alumni. keamanan dan kebersihan di lingkungan fakultas. dengan catatan tidak mengganggu koridor umum Pembangunan dan pembentukan mengorbankan pihak lain. yang telah disepakati bersama. dosen dan mahasiswa terjalin sedemikian rupa sehingga bila ada satu dan lain hal yang sekiranya belum dilaksanakan sebagaimana yanag telah disepakati bersama dapat disampaikan secara formal dalam rapat yang secara reguler dilaksanakan.3 Kepemimpinan Sistim Kepemimpinan dan Pengalihan ( Deputizing) serta Akuntabilitas Pelaksanaan Tugas : Kepemimpinan yang dikembangkan di Universitas Nusa Nipa pada umumnya menganut pola kepemimpinan partisipatif (kolektif kolegial) Hal sama pula dikembangkan di Fakultas Teknik. perlengkapan akademik.keuangan. pola kerja secara team–work difasilitasi Fakultas Teknik lebih sedemikian rupa sehingga kebersamaan dapat terbangun tanpa harus Kepemimpinan mengedepankan kepemimpinan partisipatif artinya peran Dekan tidak bersifat Top Down. pelaksanaan. Manajemen Partisipatif ini mendapat respon yang cukup berarti dari kelomok dosen maupun para mahasiswa. Seorang bawahan yang telah diberi kepercayaan dan kewenangan untuk BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Berbagai perencanaan. 2. Model kepemimpinan tersebut dalam prakteknya pucuk pimpinan (baik Rektor maupun Dekan) tidak dominan dalam mengambil semua peran dan kebijakan. Ketua Program Studi.

Fakultas Teknik dikelola oleh Dekan. Universitas Nusa Nipa Maumere kadang-kadang beban pekerjaan dirasakan cukup tinggi. Pengelolaan Fakultas Teknik meliputi : 1.perbaikan proses belajar mengajar). serta operasi internal dan eksternal. leading.Misi.melaksanakan suatu kegiataan. Berbagai perencanaan. Efisiensi dan Efektiftas Kepemimpinan Kepemimpinan Fakultas Teknik lebih mengedepankan kepemimpinan partisipatif. misi. evaluasi dan pemanfaatan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. maka keterlibatan para Ketua Program Studi dan dosen secara personal maupun kelompok ternyata mampu bekerja dengan baik. tujuan dan sasaran Fakultas.Sasaran dan Tujuan Program : Untuk mencapai visi. Jelaskan sistem pengelolaan Fakultas/Sekolah Tinggi serta ketersediaan Renstra dan Renop. artinya peran pimpinan program studi tidak bersifat top down. 2. pengupayakan pengembangan program penelitian dan pengembangan sistim pengabdian masyarakat. namun dalam pelaksanaan kegiatan yang bersifat pengembangan. peningkatan kualitas program akademik (kurikulum. Perencanaan Program Jangka Panjang (Renstra) dan Monitoring Pelaksanaan sesuai dengan Visi. Perencanaa dan Pengembangan program tahunan di buat oleh fakultas sebelum tahun anggaran berjalan berakhir dan sebelum di usulkan ke universitas terlebih dahulu diminta pertibangan para ketua program studi dan kelompok dosen. Namun kesemuanya itu dapat tanpa mengorbakan kegiatan utama 25 . walaupun dilaksanakan sebagaimana mestinya masing-masing pihak. Dalam pelaksanaan kegiatan rutin. perencanaan dan pengembangan fakultas selalu mengacu pada Renstra universitas . peningkatan softskill dan lifeskill mahasiswa dan peningkatan sistim informasi manajemen. controlling.4 Sistem Pengelolaan Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning. staffing. setelah selesainya pelaksanaan kegiatan tersebut harus melaporkan kegiatan tersebut pada pemberi tugas/pimpinan. organizing. Secara umum perencanaan dan pengembangan fakultas meliputi: peningkatan akses dan komitmen masyarakat.

Disamping itu setiap akhir semester fungsinya adakan evaluasi terhadap dosen dalam melaksanakan peran dan masing-masing dengan cara menyebarkaan kuestioner diinformasikan kepada mahasiswa. Universitas Nusa Nipa Maumere 26 . Akhir. Konsultasi kepada para dosen dan dibuat sebagai dasar dalam perencanaan dan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Hasil dari kuestioner tersebut pelaksanaan kegiatan mendatang Sejalan dengan tujuan program studi. Hubungan kelembagaan dan personal antara Dekan. Modul. Evaluasi Program dan Pelacakan Lulusan Untuk mengendalikan mutu proses pembelajaran dan kegiatan lainnya pada program studi ini telah memperbaharui kurikulum yang didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. Ketua Program Studi. 2. Manajemen partisipatif ini mendapat respon yang cukup berarti dari kelompok dosen maupun para mahasiswa. Buku Pedoman Tugas Studi dan lainnya . Untuk itu pelacakan terhadap lulusan dilakukandengan cara melakukan survai terhadap lulusan pada berbagai instansi pemerintah maupun swasta. dosen dan mahasiswa terjalin sedemikian rupa sehingga bila ada satu dan lain hal yang sekiranya belum dilaksanakan sebagaimana yang telah disepakati bersama dapat disampaikan secara formal dalam rapat yang secara reguler dilaksanakan maupun disampaikan secara personal atau informal. evaluasi hasil akhir juga dilakukan pada kemampuaan daya serap lulusan terhadap kesempatan kerja.232/U/2000 tentang Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian hasil Belajar Mahasiswa. Beberapa hal sebagaimana disebut diatas di buat sebagai pegangan /pedoman dalam melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan. Buku Pedoman Akademik. Namun demikian improvisasi-improvisasi dari pejabat struktural dan para di dosen tetap masih diperbolehkan sepanjang untuk pengembangan dan pelayanan terhadap user. SAP.program rutin maupun pengembangan selalu melibatkan berbagai pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan program tersebut terutama dosen dan mahasiswa.

serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik dari berbagai golongan masyarakat yang berbeda baik secara sosial. 3) peningkatan mutu pelayanan. dan pengembangan model pendidikan program in service. Bentuk-bentuk lainnya dapat dilakukan selama hal itu dibutuhkan masyarakat. pelatihan bagi karyawan dan dosen serta BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. dan 4) penguatan unit-unit yang ada dalam pembentukkan brand image. Universitas Nusa Nipa Maumere 27 . gender. Peningkatan mutu pelayanan terhadap stakeholder dilakukan dengan beberapa cara yaitu adanya SOP yang jelas. Upaya peningkatan akses masyarakat meliputi kegiatan pengembangan program studi dan fakultas yang market driven. Perencanaan dan Pengembangan Program . lokasi tempat tinggal dan tingkat kemampuan intelektual serta kondisi fisik. Perencanaan dan Pengembangan yang dilakukan terfokus pada enam hal : A. Peningkatan promosi ditujukan untuk meningkatkan jumlah pendaftar SPMB dan pembukaan jalur khusus. Upaya peningkatan komitmen masyarakat dituangkan ke dalam empat kegiatan yaitu: 1) peningkatan kerjasama dengan stakeholder. Teknik. Kerjasama juga dijalin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi. Kerjasama ini lebih ditekankan kepada banyaknya mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan dosen di bidang tridarma perguruan tinggi. Peningkatan Akses dan Komitmen Masyarakat Pemerataan dan perluasan akses pendidikan diarahkan pada upaya memperluas daya tampung UNIPA dengan prioritas nasional.3. Kebijakan ini ditujukan untuk peningkatkan kapasitas penduduk Indonesia untuk dapat belajar sepanjang hayat dalam rangka peningkatan daya saing bangsa di era global. penataan struktur organisasi. Perencanaan dan pengembangan Fakultas Teknik berpedoman pada RENSTRA yang ditetapkan oleh Universitas Nusa Nipa Maumere . 2) peningkatan promosi untuk meningkatkan brand equity. Pengembangan model pendidikan program in service diutamakan agar masyarakat yang telah bekerja tetapi ingin melanjutkan pendidikannya atau meningkatkan kemampuan/kompetensinya untuk mendukung tugas mereka.

7) optimalisasi dan standarisasi laboratorium. Cara cara ini diharapkan kualitas PBM di UNIPA khususnya Fakultas Teknik secara bertahap mampu bersaing dengan perguruan tinggi swata lain di Indonesia. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Untuk mencapai hal tersebut maka diadakan pelatihan PBM. Diharapkan program ICT ini dapat dilaksanakan mulai tahun 2010. Pengajuan proposal ICT kepada Dikti akan dilakukan pada tahun 2009. 8) peningkatan sarana dan parasarana program akademik. Universitas Nusa Nipa Maumere 28 . yaitu: 1) pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. program Hibah Pengajaran pada setiap block grant. 2) peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen. 25% dosen mengikuti kegiatan ilmiah. 5) pengembangan inovasi proses belajar mengajar. 3) pengembangan pembelajaran berbasis ICT. 5% dosen mengembangkan bahan ajar e-learning. Peningkatan Kualitas Program Akademik Program strategis peningkatan kualitas program akademik dituangkan ke dalam 8 macam kegiatan.penyusunan data base. dan pelatihan manajemen bagi pengelola di semua unit. 6) peningkatan kapasitas lembaga untuk meraih program hibah kompetisi. Pengembangan pembelajaran berbasis ICT bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan inovasi PBM. Dengan benchmarking. Pengembangan inovasi PBM dilakukan dengan memotivasi dosen untuk menggali inovasi-inovasi PBM yang sesuai dengan matakuliah yang diampunya. Penguatan unit-unit dilakukan dengan strukturisasi unit-unit di lingkungan UNIPA. Diharapkan pada tahun 2011 sebanyak 70% kurikulum program studi telah sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. dan 20% dosen menjadi anggota organisasi profesi. Kegiatan kedua bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen. penerapan SOP. B. Pada tahun 2011 diharapkan skor TOEFL dosen baru = 500. 30% dosen muda studi lanjut ke S2. Benchamarking PBM meliputi benchmarking matakuliah dan kurikulum. Kegiatan pertama bertujuan untuk mensinkronkan kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja. 80% dosen muda telah mengikuti pelatihan metodologi pembelajaran. diharapkan matakuliah dan kurikulum yang dihasilkan oleh UNIPA setara dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. 4) benchmarking proses belajar mengajar. Sasaran ICT pada tahun 2010 adalah 20% dosen telah dilatih e-learning.

dosen dimotivasi untuk selalu merevisi buku ajar atau bahan ajarnya sesuai dengan perkembangan iptek. peningkatan kualitas dan kuantitas insentif dan research award. dengan kegiatan antara lain penetapan program unggulan. c) klasifikasi penelitian. peningkatan motivasi dan partisipasi sivitas akademika. penentuan arah. Muara dari kegiatan PBM adalah menghasilkan lulusan yang baik. Penetapan program unggulan dimaksudkan untuk menentukan arah penelitian yang tepat sasaran dengan menyusun program-program unggulan serta membentuk pusat-pusat penelitian yang kredibel untuk mengimplementasikan program sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Mengupayakan dan mengembangkan program Penelitian Di bidang penelitian program strategis yang akan dilaksanakan adalah peningkatan kualitas penelitian. maka logis jika sarana dan prasarana program akademik baik berupa fisik maupun non-fisik perlu ditingkatkan pula. maka perlu adanya perbaikkan pedoman sistem monitoring dan evaluasi serta perbaikan pelaksanaannya. IPK tinggi dan lulus tepat waktu. sehingga mampu bersaing di pasar kerja baik di tingkat lokal. Idealnya. Untuk mendukung peningkatan daya tampung UNIPA. Indikator utama bahwa mutu lulusan baik antara lain adalah masa tunggu lulusan untuk memperoleh kerja pendek. Untuk selalu memacu prestasi dosen. Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan laboratorium UNIPA menerapkan resource sharing system. serta e) tersedianya kerangka kebijakan unggulan penelitian.Selain itu. Universitas Nusa Nipa Maumere . agenda penelitian beserta implementasinya. pengembangan penelitian berbasis potensi dan kebutuhan masyarakat. semua dosen mempunyai academic plan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan tridarma perguruan tinggi. Sasaran yang ingin dicapai antara lain a) terinventarisasinya kegiatan penelitian unggulan yang disesuaikan kebutuhan stakeholder. regional maupun internasional. C. d) studi kelayakan pendirian pusat-pusat pengabdian. nasional. optimalisasi peer group dan peningkatan profesionalisme penelitian. b) tersedia dan terimplementasikannya standar prosedur operasional pelaksanaan penelitian. sivitas akademika dalam Peningkatan motivasi dan penelitian dengan 29 partisipasi sivitas akademika bertujuan untuk meningkatkan minat melaksanakan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.

Peningkatan penelitian berbasis potensi sumberdaya alam tropis . pelatihan. sehingga penelitian yang dihasilkan mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. D. b) tersedia dan terimplementasikannya standar prosedur operasional pelaksanaan pengabdian pada masyarakat. Hasil-hasil penelitian tersebut selain bermanfaat bagi sivitas akademika juga dapat didesiminasikan ke stakeholder untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Penetapan program unggulan dimaksudkan untuk menentukan arah pengabdian yang tepat sasaran dengan menyusun program-program unggulan serta membentuk pusat-pusat pengabdian yang kredibel untuk mengimplementasikan program sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Sasaran yang ingin dicapai antara lain a) terinventarisasinya kegiatan pengabdian pada masyarakat unggulan yang disesuaikan kebutuhan stakeholder. c) klasifikasi pengabdian. bedah proposal guna BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. pelatihan. penentuan arah. wilayah pesisir. Pengembangan Sistem Pengabdian kepada Masyarakat Di bidang pengabdian masyarakat program strategis yang akan dilaksanakan masyarakat. adalah dengan peningkatan kegiatan kualitas lain pengabdian penetapan pada antara program unggulan. Universitas Nusa Nipa Maumere 30 . Peningkatan motivasi dan partisipasi civitas akademika bertujuan untuk meningkatkan minat civitas akademika dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan menitikberatkan pada penguasaan metodologi pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui sosialisasi. serta e) tersedianya kerangka kebijakan unggulan pengabdian pada masyarakat. dan kebutuhan masyarakat bertujuan agar penelitian yang dilaksanakan dapat ditindaklanjuti menjadi pengabdian kepada masyarakat. peningkatan motivasi dan partisipasi sivitas akademika. potensi dan kebutuhan masyarakat. d) studi kelayakan pendirian pusat-pusat pengabdian. Dalam pelaksanaan penelitian diharapkan terjadi peningkatan keterlibatan dosen dan mahasiswa. agenda pengabdian berserta implementasinya. bedah proposal guna meningkatkan kualitas proposal yang akan dikirim.menintikberatkan pada penguasaan metodologi pelaksanaan kegiatan penelitian melalui sosialisasi. pengembangan pengabdian masyarakat berbasis penelitian.

sehingga kepribadian dan kemampuannya bermutu. dan jasa administrasi. Kelima jasa tersebut merupakan keterpaduan yang bulat yang disebut jasa kependidikan PT. jasa ekstra kurikuler. Jasa kependidikan ini melalui proses-proses pemroduksian dan penyajiannnya dibudidayakan dalam diri para pelanggan primer (mahasiswa) selama masa studi. E. terutama dunia kerja. jasa pengabdian pada masyarakat. 31 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. yaitu jasa kurikuler. Kesempatan pendidikan keahlian. sehingga mutu pengabdian sangat sesuai dengan harapan masyarakat. dalam arti sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian diharapkan hasil pengabdian tersebut mampu memberikan pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat. potensi wilayah dan kebutuhan masyarakat bertujuan agar pengabdian masyarakat yang dilaksanakan berdasarkan hasil-hasil penelitian. Universitas Nusa Nipa Maumere . Hasil-hasil pengabdian tersebut selain bermanfaat bagi sivitas akademika juga dapat didesiminasikan ke stakeholder untuk direplekasikan di tempat lain yang mempunyai karakter potensi wilayah yang secara relatif sama. Peningkatan masyarakat berbasis penelitian. Dalam pelaksanaan pengabdian keterlibatan pada dosen masyarakat dan diharapkan terjadi peningkatan pengabdian mahasiswa. karena sesungguhnya dia terbentuk bukan hanya oleh PT tetapi juga oleh faktor-faktor lain seperti potensi mahasiswa sendiri dan masyarakat serta lingkungan keluarga. Peningkatan Softskill dan Lifeskill Mahasiswa Perguruan Tinggi bermutu merupakan lembaga pendidikan tinggi yang terkelola secara efektif dan efisien sehingga mampu menghasilkan jasa-jasa kependidikan yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan para pelanggannya. Sedangkan lulusan adalah produk parsial. Hasil-hasil pengabdian ini akan dipublikasikan ke jurnal pengabdian. keterampilan dan profesi harus besar dan merata dikaitkan dengan sentra-sentra pengembangan Teknik industri.meningkatkan kualitas proposal yang akan dikirim. Produk jasa perguruan tinggi mencakup lima dasar jasa. jasa penelitian. Mutu dan relevansi pendidikan tercermin dari kemampuan membentuk kecakapan (competencies) lulusan agar dapat menjadi pekerja produktif dengan upah yang lebih tinggi.

Pengembangan Integritas Antara Kegiatan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler Keberagaman terdapat pada semua komponen suatu sistem. Rencana kegiatan strategis lainnya adalah memberikan kemampuan dasar kepada para lulusan dalam bidang teknologi informasi. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah terciptanya BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Peningkatan Kualitas Penalaran. Kebijakan strategis dan sasaran yang disusun dalam rangka mencapai tujuan ini adalah disusunnya rencana-rencana kegiatan-kegiatan pelatihan untuk pengembangan keilmuan sesuai minat dan bakat bagi mahasiswa. terutama pada manusia (SDM). Maka kegiatan strategis ini menjadi sangat penting peranannya bagi penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. misalnya terdapat keberagaman dalam tingkat keberhasilan mahasiswa karena kemampuan dan keadaan yang berbedabeda. dan kemampuan menulis karya ilmiah. peningkatan kemampuan berbahasa inggris baik secara lisan dan tulisan bagi mahasiswa. merupakan kebijakan strategis bagi peserta didik (mahasiswa) dimana pendidikan ini akan memberikan kompetensi yang dapat dijadikan modal untuk usaha mandiri atau bekerja.pendayagunaan iptek. minat dan bakat mahasiswa. dan peningkatan kecakapan hidup yang sesuai dengan prinsip belajar sepanjang hayat. khususnya pengusaaan program aplikasi Microsoft office. Minat Dan Bakat Mahasiswa Tujuan dari kegiatan program ini adalah meningkatkan kualitas penalaran. Untuk mencapai mutu dan relevansi pendidikan ini. 2. Keilmuan. maka dicantumkan program strategis “Peningkatan Softskill dan Lifeskill Mahasiswa” di dalam rencana strategis UNIPA 2008-2013. Universitas Nusa Nipa Maumere 32 . Pendidikan lifeskill (kecakapan hidup). Dalam proses pembelajaran. keilmuan. Salah satu tolok ukur adalah lulusan mempunyai skor TOEFL minimum 400. Untuk mencapai program strategis ini disusunlah kegiatan-kegiatan sebagai berikut: 1.

sosial. membina hubungan untuk menunjang popularitas. etika. tahun 2013 adalah 60% mahasiswa memahami nilai. dan kemandirian harus dibudayakan pada lingkungan kampus. sehinga jika mereka terjun kemasyarakat menjadi seorang intelek yang tangguh. dapat dipercaya. 3. sikap dan moral akademis. Oleh karena itu setiap pengajar (dosen) harus bisa menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa didalam pembelajarannya. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Kemandirian dan Kreativitas Modernisasi dalam kehidupan manusia merupakan akselerasi perubahan kehidupannya. kepemimpinan dan keberhasilan antar pribadi. Sosial. Rasa percaya diri pada mahasiswa sangat menolong mahasiswa itu untuk dapat belajar dengan lebih berhasil. Sikap kejujuran dan menghargai karya orang lain. sosial. Sasaran jangka panjang. Untuk menciptakan lulusan yang dirindukan kehadirannya oleh masyarakat maka disusunlah Renstra yang bertujuan meningkatkan perilaku positif mahasiswa dalam akademik. dan dirindukan kehadirannya. yakni mengenali emosi orang lain. Untuk itu sikap akademik. kemandirian dan kreativitas. Kemajuan teknologi sebagai produk kecerdasan intelektual menempatkan posisi kecerdasan intelektual menjadi sangat strategis dalam modernisasi. Pada umumnya beranggapan bahwa jika seseorang memiliki kecerdasan intelektual (KI) yang tinggi maka yang bersangkutan akan lebih sukses dalam karier atau kehidupan dimana mereka bekerja.kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di setiap program studi. Masyarakat kampus (civitas akademika) harus juga berempati. kemandirian dan kreativitas. Peningkatan Pembudayaan Sikap Akademik. Setiap pengajar juga harus bisa menanamkan pemahaman kepada para mahasiswanya tentang keuntungankeuntungan kerja sama dan kerugian-kerugian dari persaingan. Perguruan Tinggi sebagai kumpulan dari orang-orang yang memiliki kecerdasan intelektual di atas rata-rata harus mengenali diri secara sadar atas kemampuan yang dimilikinya. sosial. Universitas Nusa Nipa Maumere 33 .

4) pengembangan pola komunikasi dengan stakeholder internal dan eksternal. dan penerapan merit system. semua pimpinan. 3) peningkatan kinerja pengelola sistem informasi dalam memanfaatkan teknologi informatika. Untuk meningkatkan layanan informasi bagi stakeholder. 5) pengelolaan informasi secara efektif dan efisien. Perbaikkan sistem pengelolaan tridarma perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi. maka perlu dikembangkan pola komunikasi yang memberikan keuntungan atau mampu memecahkan masalah bagi pihak-pihak yang melakukan kerjasama. pengembangan sistem monitoring dan evaluasi di setiap unit. Database diperlukan untuk semua aktivitas di universitas. block grant maupun yang bersifat kerjasama. Universitas Nusa Nipa Maumere .F. Peningkatan Sistem Informasi Manajemen Program strategis peningkatan sistem informasi manajemen akan dilakukan melalui 9 kegiatan yaitu: 1) Perbaikkan sistem pengelolaan tridarma perguruan tinggi. Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. karyawan. Untuk meningkatkan saling pengertian dan kerjasama. mendorong semua unit untuk mempunyai sistem perencanaan dan garis besar rencana yang baik. 8) peningkatan efisiensi kelembagaan. 7) pengembangan sistem informasi keuangan. dan dosen yang diberi wewenang dalam pengelolaan informasi perlu dilatih. 6) peningkatan efisiensi sistem informasi berbasis teknologi informasi. Peningkatan akses informasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja pelayanan internal dan eksternal. Kegiatan ketiga sasaran utama yang dituju adalah penataan database. maka dibutuhkan pengelolaan informasi yang efektif dan efisien Untuk mencapai hal tersebut. Sasaran kegiatan ini meliputi restrukturisasi organisasi. dan memiliki semua pedoman yang diperlukan bagi pengelolaan administrasi dan kerjasama dan kemitraan. sehingga 34 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. fakultas dan unit-unit lainnya termasuk di dalamnya penyusunan proposal-proposal baik yang rutin. 2) peningkatan akses informasi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pada tahap awal akan dilakukan pelatihan bagi pengelola informasi di semua unit kerja. dan 9) pengembangan tata kearsipan.

ini Untuk kegiatan tridarma perguruan tinggi telah mempunyai sistem yang meningkatkan akuntabilitas keuangan perlu dikembangkan sistem keuangan. Kelautan dan Perikanan. Selama lima tahun ke depan mantap informasi dan memuaskan Sistem sebagian informasi besar diharapkan pelayanan stakeholder. sehingga penggunaan keuangan dapat dipertanggungjawabkan baik kepada publik internal maupun publik eksternal. Pada tingkat Fakultas telah terjalin kerjasama dengan : Fakultas Ilmu Sosial. mengajar di Prodi  Bersama-sama menyelenggarakan Kegiatan KKN-PPM Tahun 2009. Universitas Nusa Nipa Maumere 35 . 4. Teknik. Kesehatan.mereka lebih terampil dalam memberikan layanan informasi kepada stakeholder. DIII Bahasa dan Fakultas Teknik Akutansi. Kerjasama dan Kemitraan Dalam rangka memperkuat keberadaan Fakultas Teknik diperlukan kerjasama baik pada tingkat universitas maupun fakultas. Ilmu Sosial .Pertanian dan UPT Bahasa Inggris.  Ketersediaan Restra dan Renop : Renstra Fakultas Ekonnomi Tahun 2008 – 2013 dan Renop Fakultas Teknik dibuat dengan mengacu pada Renstra Universitas Nusa Nipa Maumere. Bersama-sama melakukan kegiatan OSMARU dari tahun 2005-2009. dalam bentuk :  Dengan menggunakan tenaga Dosen Fak. yang jelas dan terukur. Tahap awal kegiatan adalah merancang dan membangun sistem untuk memperlancar arus komunikasi dan informasi baik yang berupa kegiatan tridarma perguruan tinggi maupun kegiatan penunjangnya. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses komunikasi dan informasi. keuangan kemudian diterapkan dan mempunyai sistem monev. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Pembuatan Renstra dan Renop Fakultas Teknik dilaksanakan setelah Renstra dan Renop Universitas dibuat sehingga dapat dijadikan acuan/pedoman dalam pembuatannya.

Proses jaminan mutu program studi dan lembaga perguruan tinggi sebagaimana dikemukakan di atas memberikan dampak yang menguntungkan terhadap pengalaman belajar mahasiswa dan dosen terutama tidak hanya penguasaan teoritis tetapi juga pengalaman 36 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Penjaminan mutu akademik juga ditunjukan pada proses bimbingan skripsi Program Studi.5 Sistem Penjaminan Mutu Fakultas/Sekolah Tinggi 1.2. kemampuan dan kriteria ini mencakup evaluasi tahun berjalan yaitu evaluasi tiap semester. Fakultas Teknik telah menetapkan kriteria penilaian. 3. maka program studi mendatangkan para praktisi setiap tahun. Universitas Nusa Nipa Maumere . Peningkatan jumlah dosen dilakukan melalui proses seleksi yang ketat sesuai dengan kualifikasi yang dipersyaratkan dengan tetap mengacu pada pencapaian rasio antara jumlah mahasiswa dengan jumlah dosen. Dalam rangka untuk memberikan wacana khususnya kondisi praktis di lapangan kepada para mahasiswa dan dosen. Jaminan mutu diberikan dalam bentuk peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga pengajar dan tenaga administrasi serta peningkatan mutu proses. Dampak Proses Penjaminan Mutu Terhadap Pengalaman dan Mutu Hasil Belajar Mahasiswa. hal ini dimaksudkan agar proses bimbingan berjalan sesuai dengan rencana program. Hasil evaluasi menunjukan adanya korelasi positif antara keluhan mahasiswa pada setiap dialog ketua program studi dengan evaluasi yang dilakukan oleh fakultas. Untuk menjamin keseragaman mutu. Pengelolaan Mutu secara Internal pada Fakultas Jaminan mutu fakultas dan lembaga terus menerus diberikan secara berkelanjutan sesuai dengan kemajuan IPTEKS. 2. Hubungan dengan Penjaminan Mutu pada Tingkat Lembaga Inisiatif Fakultas Teknik dalam pengendalian mutu akademik diperkuat dengan model evaluasi akademik yang dilakukan oleh fakultas untuk mengetahui seberapa besar kualitas didalam mengajar pada semester tersebut. keberhasilan mahasiswa.

perbaikan proses belajar mengajar. Selain itu pihak lembaga dan personal dosen mengembangkan kerja sama dengan berbagai lembaga diluar kampus. Kerjasama dan Kemitraan Instansi terkait dalam Pengendalian Mutu Pengembangan program yang dilakukan dengan cara selalu merevisi kurikulum dan SAP. Universitas Nusa Nipa Maumere 37 .praktis. Evaluasi Internal Sistim kerja yang telah dievaluasi selanjutnya diinformasikan ke program studi untuk ditindaklanjuti materi ke dosen yang metode bersangkutan mengajar guna penyempurnaan perkuliahan. 5. 4. maupun pelaksanaan proses belajar mengajar yang bersifat two way traffic comunication yang berorientasi pada strategi pembelajaran yang partisipatif dan konstruktif. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.

Penyebaran yaitu para calon mahasiswa diseleksi dengan cara menjawab soal yang telah disiapkan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru. kunjungan ke SMU. Calon Mahasiswa mendaftar serta membawa semua kelengkapan persyaratan pendaftaran 2. Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat. selanjutnya calon mahasiswa mengikuti test tulis. Mimbar Geraja.1 Mahasiswa 3.. Universitas Nusa Nipa Maumere 38 . BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Setelah lulus seleksi administrasi. Bahasa Indonesia. 5. equitas wilayah. Rekrutmen Mahasiswa Raw input merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kualitas lulusan yang dihasilkan oleh Fakultas Teknik Universitas Nusa Nipa Maumere. Matematika. proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi. Materi utama dalam seleksi tersebut yaitu Penalaran. Bahasa Inggris. Calon mahasiswa melakukan Heregistrasi sebagai mahasiswa baru pada fakultas Teknik setelah dinyatakan lulus dari seleksi. kemampuan Teknik dan jender). Calon mahasiswa mengikuti seleksi penerimaan melalui seleksi administrasi 3. Seleksi diaksanakan secara serentak dalam lingkup UNIPA. Penerimaan mahasiswa baru secara singkat dapat dikelompokan yaitu : (USM) secaraa Seleksi Ujian Saringan Masuk Radio.STANDAR 3. MAHASISWA DAN LULUSAN 3. Sistim seleksi mahasiswa baru telah diatur dalam buku pedoman universitas dan buku panduan fakultas Teknik. Proses penerimaan mahasiswa fakultas Teknik diawali dengan kegiatan promosi dan sosialisasi penerimaan.1. 1. Proses Pengenalan dunia kampus dan bidang akademik kemahasiswaan dilakukan di tingkat fakultas dan program studi untuk mengenalkan kepada calon mahasiswa tentang prospek lulusan bagi setiap program studi. Pengumuman hasil test diumumkan seminggu kemudian. Media penyampaian informasi yag digunakan brosur.1 Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa Baru dan Efektivitasnya Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya. 4. Ujian saringan masuk dilaksanakan sampai 3 gelombang.

3. 1.2 Tuliskan data mahasiswa reguler dan mahasiswa transfer untuk masing-masing program studi S1 pada TS (tahun akademik penuh yang terakhir) di Fakultas/Sekolah Tinggi sesuai dengan mengikuti format tabel berikut:
No. (1) (2) Hal (3) Jumlah Mahasiswa pada PS: Tek. Tek. Tek. Arsitektur Informatika Sipil (6) (4) (5) (7) Total Mahasiswa pada Fakultas (8)

1

Program reguler

2

Program nonreguler

1. Mhs. baru bukan transfer 2. Mhs. baru transfer Total mhs. reguler 1. Mhs. baru bukan transfer 2. Mhs. baru transfer Total mhs. nonreguler

360 360 -

92 1 93

56 56

508 1 509

-

-

-

Catatan: (1) Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus). (2) Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu. (3) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.

3.1.3 Uraikan alasan/pertimbangan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam menerima mahasiswa transfer. Jelaskan pula alasan mahasiswa melakukan transfer.

Fakultas Teknik UNIPA Maumere menerima mahasiswa transfer dengan pertimbangan bahwa dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka banyak pegawai dengan lulusan Diploma III yang akan melanjutkan ke jenjang Strata I. Fakultas melihat peluang tersebut dan menanggapi permintaan dari instansi maupun personal.
3. 2 Lulusan Tuliskan rata-rata masa studi dan rata-rata IPK lulusan selama tiga tahun terakhir dari mahasiswa reguler bukan transfer untuk tiap program studi S1 yang dikelola oleh Fakultas/Sekolah Tinggi dengan mengikuti format tabel berikut: No.
(1)

Program Studi
(2)

Rata-rata masa studi (tahun)
(3)

Rata-rata IPK lulusan
(4)

1 2 3

Teknik Informatika Teknik Sipil Teknik Arsitektur Rata-rata di Fakultas

4 4 4 4

3,16 2,96 0 3.12

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik, Universitas Nusa Nipa Maumere

39

Uraikan pandangan Fakultas/Sekolah Tinggi tentang rata-rata masa studi dan ratarata IPK lulusan, yang mencakup aspek : kewajaran, upaya pengembangan, dan upaya peningkatan mutu. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.

Pandangan Fakutas :
1. Rata-Rata Masa Studi : Rata-Rata masa

studi mahasiswa Fakultas

Teknik selama 5 tahun karena :
a. Program Studi Teknik Informatka : Jumah Mahasiswa sebanyak

71 Mahasiswa dan telah lulus dengan masa studi 4 tahun sebanyak 8 0rang (11,26%)
b. Program Studi Teknik Sipil : Jumlah mahasiswa sebanyak 18

mahasiswa dan telah lulus dengan masa studi 4 tahun sebanyak 3 mahasiswa (17%) c. Program Studi Teknik Arsitektur : Belum ada lulusan Rata-rata IPK Lulusan : Rata –rata IPK lulusan Fakultas Teknik adalah :3,12 Keadaan seperti ini dapat dikatakan/disimpulkan bahwa :
  

Rata-rata IPK lulusan ini sangat wajar dan memuaskan. proses belajar mengajar selama 4 tahun terakhir ini berjalan baik. Rencana kedepan: peningkatan kualifikasi pendidikan dosen, peningkatan kehadiran dosen dan mahasiswa. Kendala-Kendala yang dihadapi : Kendala yang dihadapi Fakultas Teknik :  Referensi buku di perpustakaan masih kurang

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik, Universitas Nusa Nipa Maumere

40

STANDAR 4. SUMBER DAYA MANUSIA
4.1 Dosen Tetap

Dosen tetap dalam borang akreditasi BAN-PT adalah dosen yang diangkat dan ditempatkan sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutan; termasuk dosen penugasan Kopertis, dan dosen yayasan pada PTS dalam bidang yang relevan dengan keahlian bidang studinya. Seorang dosen hanya dapat menjadi dosen tetap pada satu perguruan tinggi, dan mempunyai penugasan kerja minimum 20 jam/minggu. Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok, yaitu: 1. dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS 2. dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS 4.1.1 Tuliskan jumlah dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan masingmasing PS di lingkungan Fakultas/Sekolah Tinggi, berdasarkan jabatan fungsional dan pendidikan tertinggi, dengan mengikuti format tabel berikut:
No . (1) Jumlah Dosen Tetap yang bertugas pada Program Studi: Tek. Tek. Arsitektur Tek. Sipil Informatika (5) (3) (4) (6) Total di Fakultas (7)

Hal

(2)

A 1 2 3 4 B 1 2 3

Jabatan Fungsional : Asisten Ahli Lektor Lektor Kepala Guru Besar/Profesor TOTAL Pendidikan Tertinggi : S1 S2/Profesi/Sp-1 S3/Sp-2 TOTAL

7 7 12 2 14

4

6

17

4 5 3 8

6 4 2 6

17 21 7 28

4.1.2 Tuliskan banyaknya penggantian dan perekrutan serta pengembangan dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi pada Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
No. (1) Hal (2) Tek. Informatika (3) Tek. Sipil (4) Tek. Arsitektur (5) (6) Total di Fakultas (7)

1 2 3 4

Banyaknya dosen pensiun/berhenti Banyaknya perekrutan dosen baru Banyaknya dosen tugas belajar S2/Sp-1 Banyaknya dosen tugas belajar S3/Sp-2

3 4 -

2 1 -

1 -

5 6 -

BAN-PT: Borang Fakultas Teknik, Universitas Nusa Nipa Maumere

41

 Pandangan tentang butir 4.1.1. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.2 Aspek Kecukupan : Jumlah dosen tetap Fakultas Teknik masih sangat kurang. yang mencakup aspek: kecukupan. kualifikasi. Universitas Nusa Nipa Maumere 42 .1 Aspek Kecukupan : Masih banyak dosen yang belum memiliki jabatan fungsional dosen.1.3 Uraikan pandangan Fakultas/Sekolah Tinggi tentang data pada butir 4. khususnya dosen dengan kualifikasi pendidikan S2 Program Studi Informatika belum ada. dan pengembangan karir. Aspek Kualifikasi : Kulifikasi pendidikan dosen masih rendah dalam arti masih banyak dosen tetap yang S1 Aspek Pengembangan Karir : Telah dikirimnya empat dosen dari Teknik infomatika dan satu orang dari Teknik Sipil di tahun 2010 ini untuk melanjutkan tugas belajar S2 (magister)  4. Jelaskan kendala yang ada dalam pengembangan tenaga kependidikan.1.4. Pandangan tentang butir 4.1. Aspek Pengembangan Karier : Ada kesempatan yang diberikan oleh Universitas bagi para dosen untuk mengurus jabatan fungsional dosen. dan kualifikasi.2 Tenaga kependidikan Jenis Tenaga Kependidikan (2) Pustakawan * Laboran/ Teknisi/ Analis/ Operator/ Programer Administrasi Lainnya : … Total S3 (3) Jumlah Tenaga Kependidikan di Fakultas/Sekolah Tinggi dengan Pendidikan Terakhir S2 S1 D4 D3 D2 D1 SMA/SMK (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 2 3 1 6 11 3 4 No. Aspek Kualifikasi : Jabatan fungsional dosen baru mencapai Jabatan Asisten Ahli.2. (1) 1 2 3 4 * Hanya yang memiliki pendidikan formal dalam bidang perpustakaan Uraikan pandangan Fakultas tentang data di atas yang mencakup aspek: kecukupan. Jelaskan kendala yang ada dalam pengembangan tenaga dosen tetap.1 dan 4.

berupa pelatihan yang diadakan oleh intern universitas. karena pengembangannya masih Pengisian Program EBSBED. Segala pekerjaan administrasi masih bisa dikerjakan dan diselesaikan dengan dua tenaga administrasi. yaitu : Pelatihan Komputer.Aspek Kecukupan : Dengan adanya 6 orang tenaga administrasi . selama ini Fakultas Teknik merasa cukup mengingat beban kerja dan jumlah mahasaiswa yang belum terlalu banyak. Pelatihan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Universitas Nusa Nipa Maumere 43 . Kendala yang dihadapi dalam pengembangan tenaga administrasi : Selama ini belum ada kendala yang dihadapi dalam pengembangan tenaga kependidkan .

Kurikulum yang ada pada Fakultas Teknik disusun oleh Ketua Program Studi masing-masing pandangan. Sebelum menyusun kurikulum dekan memberikan berguna sebagai masukan bagi ketua program studi dalam menyusun kurikulum. Dari Teaching ke Learning Dari mekanik ke analitik Dari konvensional menuju kreatif dan inovatif cakupan dan kedalaman materi. Kurikulum yang sudah disusun oleh ketua program studi sebelum diserahkan ke Wakil Rektor Bidang Akademik diserahkan dulu ke dekan untuk mendapat persetujuan. PEMBELAJARAN DAN SUASANA AKADEMIK 5. mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. penilaian kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan sumber daya pendidikan serta pengembangan kurikulum program studi di Fakultas Teknik – Universitas Nusa Nipa Maumere. ARAH PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA FAKULTAS TEKNIK BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.STANDAR 5. pengorganisasian yang     Kurikulum Fakultas Teknik dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan. dan telaan yang bersama dengan Dekan (konsultasi dengan dekan).1 Kurikulum Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum untuk program studi yang dikelola. Universitas Nusa Nipa Maumere 44 . Kurukulum Berbasisi Kompetensi ini diperlukan karena ingin mengubah penekanan pendidikan dari:  Konten ke Kompetensi (dari apa yang harus diajarkan ke bagaimana mahasiswa belajar) Dari pencapaian pengetahuan sesaat ke pencapaian kompetensi sebagai hasil belajar yang menyeluruh dan optimal. Kurikulum merupakan salah satu masukan alat yang sangat penting dan sangat menentukan proses serta mutu pendidikan. Kurikulum yang disusun di Fakultas yang Teknik UNIPA adalah dan Kurukulum pengaturan Berbasis tentang Kompetensi merupakan rencana kompetensi serta hasil belajar yang harus dicapai mahasiswa. KURIKULUM.

Kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan pemakai (user). sehingga diharapkan akan lebih dapat mengadaptasi (adaptable) dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan pasar. Manfaat yang dirasakan dengan keterlibatan Dekan : 1) Memberikan kontribusi bagi perbaikan kurikulum inti dan institusional 2) Dapat memberikan nilai tambah (value added) bagi lulusan di Fakultas Teknik UNIPA. 2) Memberikan bekal pengetahuan Teknik sehingga lulusan mampu mengembangkan serta menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ketua Program Studi memberikan edaran kepada semua Dosen Program BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. 2.1. 1. Pendekatan kurikulum berbasis kompetensi (competence based approach) menggantikan pendekatan kurikulum berbasis muatan (content based approach).2 Pembelajaran Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi dalam memonitor dan mengevaluasi pembelajaran. 4. diharapkan pemerintah dan masyarakat. Sebelum perkuliahan semester dimulai. 3. Realisasi Silabus dan SAP sudah disiapkan oleh Ketua Program Studi . yang lebih leluasa dikembangkan. TUJUAN MENYUSUN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI FAKULTAS TEKNIK 1) Menyusun KBK program studi agar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan mahir/terampil bidang ilmu Teknik yang mampu memecahkan permasalahan-permasalahan Teknik. Materi Perkuliahan Mekanisme Monotoring dan Evaluasi Silabus dan SAP dilakukan oleh Ketua Program Studi. Kurikulum sebagai dasar penyelenggaraan pendidikan. Kurikulum kurikulum yang diberikan akan semakin kecil isi (content) kurikulum intinya dan semakin besar kurikulum institusionalnya. 5. Universitas Nusa Nipa Maumere 45 .

untuk memperbaiki sistem pengajaran dan penyampaian SAP setiap semester. Ketau Program Studi mengevaluasi secara keseluruhan realisasi SAP setiap dosen pada mata kuliah tertentu. Universitas Nusa Nipa Maumere 46 . Responden yang dipilih adalah sampel dari setiap kelas pada setiap angkatan dengan menggunakan sistem BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. SAP ini tidak dicocokkan setiap minggu karena ada kemungkinan perubahan penyampaian materi perkuliahan. Ketua Program Studi akan memberikan peringatan dan informasi kepada dosen yang bersangkutan. tetapi pada waktu tertentu secara informal kepada dosen yang bersangkutan. Setiap akhir semester.Studi untuk menyerahkan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Fakultas membentuk tim untuk melakukan evaluasi kegiatan kuliah dengan membuat kuesioner. Ketua Program Studi melaporkan hasil evaluasi Akademik. Evaluasi perkuliahan setiap akhir semester dan persiapan perkuliahan pada awal semester dilakukan oleh Dekan setiap semester ganjil dan semester genap dengan mengadakan rapat persiapan perkuliahan dan rapat evaluasi perkuliahan. SAP yang diserahkan oleh dosen ke Program Studi kemudian diketik ulang dan dilampirkan pada presensi kehadiran mahasiswa. Yang merancang mekanisme penelaahan dan evaluasi SAP adalah Ketua Program Studi. Oleh karena itu evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah materi yang direncanakan dalam satu semester tersebut sudah disampaikan seluruhnya. Sekretaris Program Studi memberikan informasi kepada Ketua Program Studi. Ringkasan SAP yang disajikan dalam Formulir Realisasi kemudian dilaporkan kepada Ketua Program Studi. Pada presensi kehadiran mahasiswa sudah ditempelkan Formulir Realisasi SAP. Ketua Program Studi menentukan mekanisme penelaahan dan evaluasi SAP berkoordinasi dengan Dekan . Jika ada kepada dekan dan Wakil Rektor Bagian yang tidak menyampaikan materi dosen perkuliahan sesuai dengan SAP yang dibuat. Ketua Program Studi melakukan evaluasi secara keseluruhan tidak setiap semester. Hal ini dikarenakan ada perubahan penyampaian materi pada minggu tertentu bisa disampaikan materi minggu yang lain.

kesesuaian dan kecukupan sarana dan prasarana perkuliahan sehingga terjadi umpan balik yang sinergis antara peserta didik. teknisi. untuk menegaskan SAP karena dimungkinkan perubahan sesuai dengan perkembangan IPTEKS serta aturan perkuliahan. dekan mengadakan evaluasi kehadiran mahasiswa. sistem penyampaian materi kuliah. Buku Absen kehadiran dosen ini pada akhir bulan ditandatangani oleh dekan sekaligus memonitor persentase kehadiran dosen. tenaga laboratorium. Standar mutu lulusan terus dipantau dan dievaluasi baik terhadap mahasiswa itu sendiri maupun terhadap dosen dan sistem pelayanan. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Program studi secara periodik sebelum perkuliahan awal semester dimulai melakukan koordinasi dengan kelompok dosen. dan tingkat kepuasan mahasiswa selama mengikuti proses pendidikan. indeks prestasi kumulatif yang dicapai dibandingkan dengan standar pasar kerja. dosen. Dari hasil evaluasi ini akan dibuat tindak lanjutnya.acak. Khusus dosen tetap setiap hari mengikuti aturan dari Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa(7 jam kerja) dan wajib mengisi absen kehadiran setiap hari di fakultas. 3. Evaluasi ini dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada para mahasiswa khusus mengenai pelaksanaan pembelajaran. Hasil pembelajaran menunjukkan perkembangan yang positif dilihat dari rasio antara mahasiswa yang masuk dengan yang keluar. Monitoring kehadiran Kehadiran Dosen Untuk memonitor kehadiran dosen dalam perkuliahan yaitu setiap dosen baik dosen tetap maupun tidak tetap mengabsen daftar hadir mengajar di buku absen mengajar dosen yang sudak disediakan di Fakultas Teknik. waktu penyelesaian studi. Kehadiran Mahasiswa Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan dimonitoring dengan absen yang dosen. Pada akhir semester dalam rapat evaluasi akhir semester. penyelenggara Program Studi dan lembaga. tenaga administrasi. Universitas Nusa Nipa Maumere ditandatangani oleh mahasiswa atau di absen sendiri oleh 47 . 2. pustakawan.

Pada periode tertentu diadakan kuliah tamu oleh praktisi dunia usaha dan penyelenggaraan pelatihan oleh Program studi. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.Hasil umpan balik ini disampaikan setiap awal semester yaitu pada saat pembukaan perkuliahan. (iv) pasar tenaga kerja yang terus membuka peluang kesempatan kerja bagi para lulusan. Daftar Hadir Mahasiswa Kuliah. Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas Teknik baik pada Pendidikan. 5. aktivitas pembelajaran dan pencapaian hasil yang diharapkan. (3) dukungan dana. Mekanisme pelaksanaan untuk Pedidikan. (ii) infrastruktur yang makin baik dan lengkap. Buku Pedoman dan Pengendalian Proses Belajar Mengajar. (iii) ketenagaan yang makin sesuai dan cukup baik dilihat dari sisi jumlah dan kualitasnya. Dokumentasi perkuliahan dilakukan dalam Kontrol Satuan Acara Perkuliahan. Hal ini ditunjukkan oleh (i) makin mandirinya aspek pembiayaan walaupun hampir seluruhnya bersumber dari mahasiswa. baik bagi dosen maupun mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. keberlanjutan penyelenggaraan Fakultas Teknik Universitas Nusa Nipa Maumere relatif mantap. dan Daftar Hadir Dosen Mengajar. terutama dalam: (1) Kebijakan tentang suasana akademik. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.3 Suasana Akademik Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi dalam mendorong suasana akademik yang kondusif. Dilihat dari sisi ketersediaan masukan. yaitu setiap awal semester Ketua PS merencanakan penawaran mata kuliah dan menentukan dosen koordinator. diarahkan untuk mewujudkan suasana akademis yang dapat menciptakan suasana kondusif. Dosen koordinator dapat mengambil Silabi pada Ketua PS dan menyusun Satuan Acara Perkuliahan dengan mengacu pada SAP yang telah disediakan oleh ketua program studi. dan (4) kegiatan akademik di dalam dan di luar kelas. Universitas Nusa Nipa Maumere 48 . dengan telah berkoordinasi kepada Dekan. Perkuliahan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) dirancang sebanyak 16 kali setiap semester. Buku Pedoman Penyusunan dan Pembimbingan Skripsi. (2) penyediaan prasarana dan sarana. Pedoman pelaksanaan dan pengendalian Proses Belajar Mengajar (PBM) menggunakan Buku Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan.

mahasiswa dalam penelitian dapat memperoleh sumber data yang dapat diakses melalui internet di laboratorium komputer program studi teknik informatika . Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sebagai suatu rancangan kurikulum di PS akuntansi yang telah diberlakukan pada tahun 2009. Untuk menyelesaikan skripsi. dan sejenisnya. nilai tugas. Tahap pertama pembekalan untuk pemahaman KBK bagi semua dekan dan ketua program studi yang dikirim dari masing-masing PS. test. Universitas Nusa Nipa Maumere 49 . Ujian tidak terjadwal dilakukan oleh dosen pengampu berupa tugas. Apabila mata kulah hanya memberlakukan UTS dan UAS maka nilai akhir mata kuliah tersebut dihiitung 40% untuk UTS dan 60% utuk UAS. Evaluasi PBM dilakukan setiap akhir kepada mahasiswa serta dialok semester melalui pengisian kuesioner antara mahasiswa perwakilan kelas dengan jurusan dan fakultas. Masa studi mahasiswa S-1 penyelesaiannya rerata 5 tahun. Kuliah umum dengan mendatangkan praktisi masih jarang. telah disiapkan penyusunannya oleh tim yang dibentuk oleh Ketua PS. Nilai mentah meliputi ujian tertulis. Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan sedikitnya 75% agar dapat mengikuti ujian. satuan acara perkuliahan (menyesuaikan dengan Silabi dan SAP dari PS) dan aturan penilaian yang dinformasikan kepada mahasiswa. Apabila selain UTS dan UAS diberikan tugas dan tes lain maka prosentase penilaian akhir mata kuliah tersebut adalah 50% untuk UAS. Tahap kedua menyerahkan rancangan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Pelaksanaan ujian terjadwal dikoordinir oleh Fakultas. Dosen juga diwajibkan mengganti perkuliahan apabila berhalangan hadir di kesempatan yang lain. Persiapan sebelumnya yang telah dilakukan oleh Jurusan adalah dosen yang mengikuti pelatihan penyusunan pembekalan berbasis penyusunan kurikulum oleh Wakil Rektor Bidang Akademik serta wakil dari kurikulum Kompetensi di Kopertis Wilayah VIII Denpasar.Pada setiap awal pertemuan kuliah. Di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik dilaksanakan secara menyeluruh penyiapan KBK di seluruh PS pada semua Fakultas di lingkungan Universitas Nusa Nipa Maumere. dan keaktifan. yang meliputi Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Evaluasi belajar dilakukan dengan ujian terjadwal dan ujian tidak terjadwal. setiap dosen diwajibkan membuat silabus. 30% untuk UTS dan 20% untuk test dan tugas.

pelatihan kemampuan mengajar bagi dosen melalui workshop untuk penyegaran. Peran Fakultas dalam mendukung suasana akademik yaitu 1) Upaya yang dilakukan dalam mewujudkan visi dan misi di Fakultas Teknik • berdasarkan Dimensi Makna Perguruan Tinggi: Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan dengan proses perkuliahan dengan teratur dan 1. lembaga swasta dan masyarakat.kurikulum yang telah direkonstruksi berdasarkan KBK ke wakil Rektor Bidang Akademik. Dimensi Keilmuan teknologi terstruktur.diskusi dan pemecahan masalah Teknik baik dalam kelas maupun penelitian di instansi pemerintahan. 2. Depkop. sistimatis dengan membuat : latihan kasus . BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Damandiri dan lembaga lain). Dimensi Pendidikan  Peningkatkan Sumber Daya Manusia dan kompetensi para dosen di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menyesuaikan program universitas dan yayasan dalam bentuk studi lanjut bagi para dosen. • Mewajibkan para dosen membuat Silabus dan SAP yang sesuai dengan kurikulum setiap Prodi dan diserahkan ke fakultas sebagai arsip. Pelaksanaannya dikoordinir oleh PUSLITABMAS UNIPA Maumere. Universitas Nusa Nipa Maumere 50 . Mekanisme pengembangan Penelitian bagi para dosen telah mengalami banyak kemajuan dengan bimbingan Ketua Pusat Penelitian dan bagi para Pengabdian Masyarakat (PUSLITABMAS UNIPA) Mekanisme pengembangan Pengabdian Masyarakat dosen mempunyai kesempatan yang berarti untuk memperoleh proyek atau jenis penelitian dari pihak eksternal (Dikti. • Merangsang para mahasiswa untuk berpikir secara kritis. • Membuat seminar di fakultas dengan nara sumber baik di dalam universitas maupun di luar universitas • Mengadakan keja sama dan diskusi ilmiah dengan universitas terdekat.

 Menerapkan Disiplin baik bagi para dosen dan mahasiswa dalam pendidikan dan pengajaran. Universitas Nusa Nipa Maumere kerja sama fakultas dengan instansi pemerintahan yang terkait dan lembaga swasta.  Mengadakan Natal/Halal bihalal dan Paska bersama di Fakultas. Dimensi Korporasi  Memperkenalkan produk perguruan tinggi yaitu Fakultas Teknik pada masyarakat agar dikenal dan dibeli melaui promosi dengan melibaykan mahasiswa sehingga sekurang-kurangnya dapat mencapai break even point dalam penyelenggaraan perguruan tinggi di fakultas. 51 . 3. antara dosen dengan karyawan.  Menanamkan pada mahasiswa akan budaya baca. Dimensi Sosial  Menerapkan kerja sama dan koordinasi yang baik antara universitas dengan fakultas.  Melakukan penelitian ilmiah secara tim.  Menyiapkan mahasiswa untuk mengambil tanggungjawab di dalam masyarakat dengan latihan berorganisasi dan berwirausaha.  Evaluasi akhir tahun perkuliahan bagi para dosen Fakultas Teknik dan membuat program / rencana kerja dan strategi fakultas untuk tahun yang akan datang. Dimensi Etis BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.  Membuat diskusi bersama seluruh dosen dan mahasiswa di fakultas.media cetak dan internet. antara dosen dengan mahasiswa.  Membangun 5.seminar-seminar yang berhubungan dengan disiplin ilmu Teknik. dengan menggunakan fasilitas perpustakan . 4.  Mengadakan pertemuan rutin bagi dosen fakultas Teknik. antara fakultas dengan program studi.

 Menciptakan kreativitas baik dosen maupun mahasiswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode etika yang dapat merubah prilaku.  Membimbing dan mendidik mahasiswa ke arah pembentukan kepribadian.nyaman dan sesuai dengan rencana akademik. Dukungan dana Dana yang ada dalam Fakultas sumbernya adalah dari Yayasan Pendidikan Tinggi namun apabila ada kegiatan atau kebutuhan di Fakultas Teknik. pengadaan komputer. Kegiatan akademik di dalam dan di luar kelas Fakultas Teknik mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilakukan di program studi maupun senat mahasiswa fakultas sejauh kegiatan tersebut sesuai dengan Renstra dan Renop Fakultas yang mendukung program perkuliahan dan pengembangan dosen dan mahasiswa. insani terpelajar yang mandiri dan bertanggungjawab. i. pengadaan LCD sebanyak 7 buah dan pemindahan ruang kantor dan ruang dosen yang lebih luas dan memadai. penabahan kursi kuliah. 2) Penyediaan prasarana dan sarana. Universitas Nusa Nipa Maumere 52 . Dalam menciptakan suasana akademik yang baik . maka dekan berupaya untuk mengajukan bantuan dana dari pihak universitas dan yayasan guna mendukung kegiatan akademik di Fakultas Teknik. penambahan meja dan kursi dosen. BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Dalam dua tahun terakhir ini Fakultas mendapat : Penambahan dua ruang kuliah. ii. maka fakultas selalu berupaya untuk mengusulkan penambahan prasarana dan sarana ke universitas untuk kelancaran dan kenyamanan perkuliahan di Fakultas Teknik.  Menanamkan pada dosen dan mahasiswa tanggungjawab moral pada proses perkuliahan.

5 475.41% 1. PEMBIAYAAN.61% 28.1 Pembiayaan 6. Universitas Nusa Nipa Maumere 53 .04 1.8 150 43.169.045.657.83% 8.63% 2.66% 329.20 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.63% 17.06 226.08 Penggunaan dana: Jumlah Dana dalam Juta Rupiah dan Persentase No.3 194.7 15 469. SARANA DAN PRASARANA SERTA SISTEM INFORMASI 6.17% 1.24% 594 30 51.STANDAR 6.94% 522 30 28. Informatika Tek.74 1.14 316.1 210 180 54. Arsitektur Jumlah Dana (juta rupiah) TS-2 (3) TS-1 (4) TS (5) 1 2 3 1.76 665 291.1.7 60 329.5 30 316.79% 19.68% 47.89% Penggunaan dana untuk penyelenggaraan kegiatan Tridarma per program studi: No.6 297 235 72. (1) Jenis Penggunaan (2) Rp (3) TS-2 % (4) Rp (5) TS-1 % (6) Rp (7) TS % (8) 1 2 3 4 5 6 7 Pendidikan Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat Investasi prasarana Investasi sarana Investasi SDM Lain-lain 334 30 19.2 14 318.2 800 149.97% 1.64 45 30 800 20 301.5 125 40.58 1.48 45 30 20 314. Sipil Tek.7 15 1. (1) Nama Program Studi (2) Tek.7 800 108.6 339.08 45 30 800 315.107.54% 5.92% 2.452.1 Tuliskan jumlah dana termasuk gaji yang diterima di Fakultas/Sekolah Tinggi selama tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut: Sumber Dana (1) Jenis Dana (2) TS-2 (3) Jumlah dana (juta rupiah) TS-1 (4) TS (5) PT sendiri Yayasan Diknas Sumber lain Total SPP Dana Pembangunan Dana praktikum Her registrasi Biaya Operasional Biaya Penelitian Dana Hibah Bersaing UP3-PKL PKL dan KKN TPI 210 202.94% 8.7 25 21.

Dengan kondisi jumlah mahasiswa Fakultas Teknik yang ada maka sarana pada saat sekarang cukup memadai.6.2 Tuliskan sarana tambahan untuk meningkatkan mutu penyelenggarakan program Tridarma PT pada semua program studi yang dikelola dalam tiga tahun terakhir. Universitas Nusa Nipa Maumere . dengan mengikuti format tabel berikut: Jenis Sarana Tambahan (2) Peralatan Praktikum Investasi sarana selama tiga tahun terakhir (juta Rp) (3) 85 Rencana investasi sarana dalam lima tahun mendatang Nilai Investasi (juta Rp) (4) 150 Sumber Dana (5) Yayasan Nusa Nipa 54 No. • Kendala yang Dihadapi : Dosen-dosen FakultasTeknik belum optimal memanfaatkan dana-dana penelitian yang ada karena para Dosen masih mempriotitaskan pada Proses Belajar Mengajar.2 Uraikan pendapat pimpinan Fakultas/Sekolah Tinggi tentang perolehan dana pada butir 6. tetapi pada tahun-tahun mendatang perlu adanya penambahan sarana mengingat animo masyarakat terhadap Fakultas Teknik semakin meningkat.2 Sarana 6.2. Uraikan pula rencana investasi untuk sarana dalam lima tahun mendatang. • Upaya Pengembangan yang dilakukan Fakultas Teknik adalah peningkatan jumlah mahasiswa dan mencari sumber dana dari sumber lain khususnya dana penelitian Dosen dan mahasiswa.1 Uraikan penilaian Fakultas/Sekolah Tinggi tentang sarana untuk menjamin penyelenggaraan program Tridarma PT yang bermutu tinggi.2.1. Uraikan kendala yang dihadapi dalam penambahan sarana. • Dari Aspek Kecukupan Pimpinan Fakultas berpendapat bahwa dana yang diperoleh cukup baik karena keseluruhan dana dapat digunakan untuk mendukung kelancaran Kegiatan di Fakultas Teknik. (1) 1 2 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.1. 6. 6. Uraian ini mencakup aspek: kecukupan/ketersediaan/akses dan kewajaran serta rencana pengembangan dalam lima tahun mendatang. yang mencakup aspek: kecukupan dan upaya pengembangannya.1.

tetapi pada tahun-tahun mendatang perlu adanya penambahan prasarana mengingat animo masyarakat terhadap Fakultas Teknik semakin meningkat. dengan mengikuti format tabel berikut: Investasi prasarana selama tiga tahun terakhir (juta Rp) (3) 150 100 150 Rencana investasi prasarana dalam lima tahun mendatang Nilai Investasi (juta Rp) (4) 200 150 300 Sumber Dana (5) Hibah Kompetensi Yayasan Pemdidikan Tinggi Nusa Nipa Yayasan Pemdidikan Tinggi Nusa Nipa No.4 Sistem Informasi 6.1 Jelaskan sistem informasi manajemen dan fasilitas ICT (Information and Communication Technology) yang digunakan Fakultas/Sekolah Tinggi untuk proses penyelenggaraan akademik dan administrasi (misalkan SIAKAD. (1) 1 2 3 Jenis Prasarana Tambahan (2) Laboratorium Mekanika Tanah Studio Arsitek Laboratorium Komputer 6.3.4. Dengan kondisi jumlah mahasiswa Fakultas Teknik yang ada maka prasarana pada saat sekarang cukup memadai. khususnya yang digunakan untuk program-program studi. Universitas Nusa Nipa Maumere 55 . Uraian ini mencakup aspek: kecukupan dan kewajaran serta rencana pengembangan dalam lima tahun mendatang. SIMFA.3. 6.3 Prasarana 6. SIMPEG dan sejenisnya). termasuk distanceBAN-PT: Borang Fakultas Teknik. 6. Uraikan kendala yang dihadapi dalam penambahan prasarana. Uraikan pula rencana investasi untuk prasarana dalam lima tahun mendatang. SIMAWA. SIMKEU.Perencanaan investasi dalam lima tahun yang akan datang lebih difocuskan pada peralatan praktikum di laboratorium dengan menganalisa kekurangan pada setiap program studi.1 Uraikan penilaian Fakultas/Sekolah Tinggi tentang prasarana yang telah dimiliki.2 Sebutkan prasarana tambahan untuk semua program studi yang dikelola dalam tiga tahun terakhir.

2 Beri tanda √ pada kolom yang sesuai dengan aksesibilitas tiap jenis data. Kartu Rencana Studi (KRS) 3.4. Universitas Nusa Nipa Maumere . Transkrip akademik 6. Rencana pengembangan system informasi jangka panjang dilakukan melalui Sembilan kegiatan 1. Pegawai 9. Keuangan 10. yang operasionalnya dilakukan oleh Enam staf TU fakultas. buletin). misalnya pengisian EBSBED. Penyebaran informasi atau kebijakan difakultas biasanya dilakukan dengan menggunakan surat menyurat. faksimili. E-Mail dan media elektronik lainnya.4 Uraikan rencana pengembangan sistem informasi jangka panjang dan upaya pencapaiannya.4. Lulusan 7. 6. Saat ini fakultas teknik UNIPA memiliki sistem informasi akademik terkomputerisasi yang mengelola data administrasi akademik dari tiga Program Studi yang ada secara stand alone.sms. Inventaris 11. Nilai mata kuliah 5. Jelaskan pemanfaatannya dalam proses pengambilan keputusan dalam pengembangan institusi. Dosen 8. 56 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. dengan mengikuti format tabel berikut. 2.learning.4.3 Jelaskan upaya penyebaran informasi/kebijakan untuk sivitas akademika di Fakultas/ Sekolah Tinggi (misalnya melalui surat. peningkatan akses informasi. peningkatan kinerja pengelola sistem informasi dalam memanfaatkan teknologi informatika. Pembayaran SPP 12. Perbaikkan sistem pengelolaan tridarma perguruan tinggi. 6. Jadwal mata kuliah 4. Mahasiswa 2. sistem informasi akademik yang ada sudah mencukupi kebutuhan operasional sehari-hari. Jenis Data Secara Manual Sistem Pengelolaan Data Dengan Komputer Dengan Komputer Melalui Jaringan Tanpa Jaringan Lokal (LAN) Dengan Komputer Melalui Jaringan Luas (WAN) (1) 1. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi. mailing list. Perpustakaan Lainnya … (2) (3) √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ (4) (5) √ 6. email. Selama ini. 3.

pengelolaan informasi secara efektif dan efisien. peningkatan efisiensi kelembagaan. dan 9. pengembangan pola komunikasi dengan stakeholder internal dan eksternal. pengembangan tata kearsipan BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. pengembangan sistem informasi keuangan. 6. Universitas Nusa Nipa Maumere 57 . 5. 7.4. 8. peningkatan efisiensi sistem informasi berbasis teknologi informasi.

kecukupan. Nama Program Studi (juta Rp) (1) (2) TS-2 (3) TS-1 (4) TS (5) TS-2 (6) TS-1 (7) TS (8) 1 2 3 Teknik Informatika Teknik Sipil Teknik Arsitektur Total - 2 3 2 7 2 5 1 8 - 5 7.5 2.5 Catatan: Kegiatan yang dilakukan bersama oleh dua PS atau lebih sebaiknya dicatat sebagai kegiatan PS yang relevansinya paling dekat. 4.5 5 17. 1 Penelitian 7. terimplementasikannya penentuan prosedur pelaksanaan penelitian. dalam perspektif: kesesuaian dengan Visi dan Misi. dsb. Uraikan pula kendalakendala yang dihadapi. penelitian.1. 7. studi kelayakan pendirian pusat-pusat pengabdian. 2 Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat (termasuk masyarakat industri.1.1 Tuliskan jumlah dan dana penelitian yang dilakukan oleh masing-masing PS di lingkungan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut: Total Dana Penelitian Jumlah Judul Penelitian No.1. kewajaran. terinventarisasinya 2. arah.5 19. PENELITIAN. agenda penelitian implementasinya.5 5 12. Upaya pengembangan dan peningkatan mutu Program penelitian pada Fakultas Teknik 1. klasifikasi dan kegiatan penelitian unggulan standar yang disesuaikan operasional beserta kebutuhan stakeholder.1. pemerintah.) BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.2 Uraikan pandangan pimpinan Fakultas/Sekolah Tinggi tentang data pada butir 7. serta 5. PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 7. Pimpinan Fakultas melihat bahwa Jumlah dan dana penelitian yang dilakukan oleh Dosen-dosen dan mahasiswa di Fakultas Teknik masih belum cukup dan wajar karena dosen-dosen FakultasTeknik belum optimal memanfaatkan danadana penelitian yang ada karena para Dosen masih mempriotitaskan pada Proses Belajar Mengajar dan beban mengajar dosen masih sangat tinggi. tersedia 3.STANDAR 7. tersedianya kerangka kebijakan unggulan penelitian 7. upaya pengembangan dan peningkatan mutu. Universitas Nusa Nipa Maumere 58 .

(1) Nama Instansi (2) Jenis Kegiatan (3) Kurun Waktu Kerja Sama Mulai Berakhir (4) (5) Manfaat yang Telah Diperoleh (6) 1 Kantor Dinas Koperasi UKM Kerja Praktek Januari Januari 59 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. 2.2. 7. 4.6 33.2 Uraikan pandangan Fakultas/Sekolah Tinggi tentang data pada butir 7.7.1 Tuliskan jumlah dan dana kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh masing-masing PS di lingkungan Fakultas dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut: Jumlah Judul Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat TS-2 (3) TS-1 (4) TS (5) No. 7. tersedia dan terimplementasikannya standar prosedur operasional pelaksanaan pengabdian pada masyarakat.2 201 86 14. kecukupan. Upaya pengembangan dan peningkatan mutu program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Fakultas Teknik adalah : 1. studi kelayakan pendirian pusat-pusat pengabdian. tersedianya kerangka kebijakan unggulan pengabdian pada masyarakat. Jumlah dan dana kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Teknik cukup dan wajar. sesuai dengan kondisi dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik. terinventarisasinya kegiatan pengabdian pada masyarakat unggulan yang disesuaikan kebutuhan stakeholder.2.3. Universitas Nusa Nipa Maumere .1 Tuliskan instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama* dengan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir. agenda pengabdian berserta implementasinya.7 Catatan: Kegiatan yang dilakukan bersama oleh dua PS atau lebih agar dicatat sebagai kegiatan PS yang relevansinya paling dekat.7 164 96 54. No. Nama Program Studi (1) (2) Total Dana Kegiatan Pelayanan/ Pengabdian kepada Masyarakat (juta Rp) TS-2 (6) TS-1 (7) TS (8) 1 2 3 Teknik Informatika Teknik Sipil Teknik Arsitektur 2 3 2 4 2 2 4 6 4 194. klasifikasi pengabdian.2. penentuan arah. 3.5 90. serta 5. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi. kewajaran. upaya pengembangan dan peningkatan mutu.1 dalam perspektif: kesesuaian dengan Visi dan Misi.3 Kegiatan Kerjasama dengan Instansi Lain 7.

Pembangunan dan Penanaman Modal Derah SMPK Bina Wireawan Maumere Kantor Dinas Koperasi UKM Kab Sikka Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kab Sikka Dinas Pekerjaan Umum Kerja Praktek Kerja Praktek Kerja Praktek Kerja Praktek Kerja Praktek Kerja Praktek Kerja Praktek 2008 Januari 2008 Januari 2008 Januari 2008 Januari 2008 Januari 2008 Januari 2008 2006 2009 Januari 2009 Januari 2009 Januari 2009 Januari 2009 Januari 2009 Januari 2009 Mahasiswa dapat terjun langsung ke lapangan dan perkantoran untuk mengaplikasi ilmu yang diperoleh serta menganalisis masalah yang terjadi di dunia kerja Mata Kuliah Praktikum dapat dilaksanakan di Lab.3. PU Catatan : (*) dokumen pendukung disediakan pada saat visitasi 7. No. - - - - - Catatan : (*) dokumen pendukung disediakan pada saat visitasi BAN-PT: Borang Fakultas Teknik.2 3 4 5 6 7 8 Kab Sikka Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kab Sikka Kantor Camat Lela Kantor Badan Perencanaan.2 Tuliskan instansi luar negeri yang menjalin kerjasama* dengan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir. Universitas Nusa Nipa Maumere 60 . (1) Nama Instansi (2) Jenis Kegiatan (3) Kurun Waktu Kerja Sama Mulai Berakhir (4) (5) Manfaat yang telah diperoleh (6) 1 2 3 Dst.

1. B. Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi dalam negeri Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi luar negeri 4 5 6 7 8 9 10 5.4 7.1 Keterangan Dokumen SOP yang terkait dengan tata pamong. Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang. Laporan keuangan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir. Daftar software yang berlisensi.1 Keterangan Fotokopi SK pendirian Fakultas/Sekolah Tinggi Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi. Universitas Nusa Nipa Maumere 61 .1 2.1 7.1 6.3. Hasil penelitian (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang.5 3. LAMPIRAN YANG HARUS DISEDIAKAN FAKULTAS/SEKOLAH TINGGI PADA SAAT VISITASI No. LAMPIRAN YANG HARUS DIKIRIM BERSAMA BORANG YANG DIISI FAKULTAS/SEKOLAH TINGGI No.2 BAN-PT: Borang Fakultas Teknik. 1 2 Nomor Butir 1.2.1.1.3.1 7.DAFTAR LAMPIRAN A.1 6. Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/ Sekolah Tinggi Dokumen sistem penerimaan mahasiswa baru yang mencakup: (1) Kebijakan penerimaan mahasiswa baru (2) kriteria penerimaan mahasiswa baru (3) prosedur penerimaan mahasiswa baru (4) instrumen penerimaan mahasiswa baru (5) sistem pengambilan keputusan Dokumen yang terkait dengan penyusunan dan pengembangan kurikulum. 1 2 3 Nomor Butir 2.1 7. petunjuk pemanfaatan SIM.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful