Algoritma dan Pemrograman 1

2. Definisi dan Simbol Flowchart

A. PENGERTIAN DASAR FLOWCHART Adalah Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma

Tujuan Membuat Flowchat : • • • Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas Menggunakan simbol-simbol standar

Dalam penulisan Flowchart dikenal dua model, yaitu Sistem Flowchart dan Program Flowchart
♣ System Flowchart : Yaitu : bagan Yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari

beberapa file di dalam media tertentu.
Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data.

Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan output.

Tidak

digunakan

untuk

menggambarkan

urutan

langkah

untuk

memecahkan masalah

Hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk

Definisi dan simbol Flowchart

1

Data jawaban ujian Koreksi Daftar Koreksi Data File utama ujian Tabel Siswa Periksa Ujian File siswa lulus Laporan Hasil Ujian Gambar 2.Algoritma dan Pemrograman 1 Contoh System Flowchart Keyboard CPU Disket VDU Gambar 1. Definisi dan simbol Flowchart 2 .

N Input Jml = 0 For K = 1 to N Proses Input Bil Jml = Jml + Bil Output Next K Print “Jumlah = “. menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci Start Start Input “Berapa data” . detail flowchart Definisi dan simbol Flowchart 3 . conceptual Flowchart End gbr 2. Jml End Gbr 1.Algoritma dan Pemrograman 1 ♣ Program Flowchart Yaitu: Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program. Dua jenis metode penggambaran program flowchart : 1) Conceptual flowchart. menggambarkan alur pemecahan masalah secara global 2) Detail flowchart.

♣ Flow Direction Symbols Simbol arus / flow.Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / prosedur 3) Input / Output symbols . berfungsi menyatakan sambungan dari proses ke proses lainnya dalam halaman yang sama Simbol offline connector.Algoritma dan Pemrograman 1 ♣ Simbol-simbol Flowchart Simbol-simbol yang di pakai dalam flowchart dibagi menjadi 3 kelompok : 1) – – 2) Flow direction symbols Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain Disebut juga connecting line Processing symbols .Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output. menyatakan sambungan dari proses ke proses lainnya dalam halaman yang berbeda Definisi dan simbol Flowchart 4 . yaitu menyatakan transmisi data dari satu lokasi ke lokasi lain Simbol connector. yaitu menyatakan jalannya arus suatu proses Simbol communication link.

Algoritma dan Pemrograman 1 ♣ Processing Symbols Simbol process. Menyatakan segal jenis operasi yang diproses dengan menggunakan suatu mesin yang mempunyai keyboard Simbol offline-storage. yaitu menujukkan suatu kondisi tertentu yang akan menghasilkan dua kemungkinan jawaban : ya / tidak Simbol predefined process. yaitu menyatakan permulaan atau akhir suatu program Simbol keying operation. yaitu menyatakan suatu tindakan (proses) yang tidak dilakukan oleh komputer Simbol decision. yaitu menyatakan penyediaan tempat penyimpanan suatu pengolahan untuk memberi harga awal Simbol terminal. menunjukkan bahwa data dalam simbol ini akan disimpan ke suatu media tertentu Simbol manual input. memasukkan data secara manual dengan menggunakan online keyboard Definisi dan simbol Flowchart 5 . yaitu menyatakan suatu tindakan (proses) yang dilakukan oleh komputer Simbol manual.

menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu Simbol magnetic tape. menyatakan input berasal dari dari disk atau output disimpan ke disk Simbol document. mencetak keluaran dalam layar monitor Definisi dan simbol Flowchart 6 .Algoritma dan Pemrograman 1 ♣ Input / Output Symbols Simbol proses input/output. menyatakan input berasal dari pita magnetis atau output disimpan ke pita magnetis Simbol disk storage. input atau menyatakan output tanpa tergantung jenis peralatannya Simbol punched card. mencetak keluaran dalam bentuk dokumen (melalui printer) Simbol display.

HIPO tidak dipakai untuk menunjukkan instruksi-instruksi program yang akan digunakan. yaitu sebagai berikut : a. ♣ DIAGRAM HIPO HIPO menggunakan tiga macam diagram untuk masing-masing tingkatannya. Tetapi kini HIPO juga telah digunakan sebagai alat bantu untuk merancang dan mendokumentasikan siklus pengembangan sistem ♣ SASARAN HIPO HIPO telah dirancang dan dikembangkan secara khusus untuk menggambarkan suatu struktur bertingkat guna memahami fungsi-fungsi dari modul-modul suatu sistem.Algoritma dan Pemrograman 1 HIPO (Hierarchy plus Input-Process-Output) Merupakan alat dokumentasi program yang dikembangkan dan didukung oleh IBM. proses yang akan dilakukan serta output yang diinginkan. Visual table of contents Diagram ini menggambarkan hubungan dari modul-modul dalam suatu sistem secara berjenjang Definisi dan simbol Flowchart 7 . disamping itu HIPO menyediakan penjelasan yang lengkap dari input yang akan digunakan. dan HIPO juga dirancang untuk menggambarkan modul-modul yang harus diselesaikan oleh pemrogram.

2 Lihat 2.Algoritma dan Pemrograman 1 Sistem Perustaka Entry Data 1.1.2.3 Hapus 1.3 Hapus 2.2.2 Lihat 1.3 Hapus 2.2.2 Lihat 1.2.3 Hapus 1.1.4 Tambah 2.1.1.4 Tambah 1.4 Definisi dan simbol Flowchart 8 .3.1 Edit 1.2.3 Pinjaman 2.1 Kembalian 2.1 Anggota 1.4 Tambah 1.1.0 Karyawan 1.1 Edit 2.2.1.2 Lihat 2.1.1 Edit 1.2.0 Pelayanan Sirkulasi Laporan Laporan 3.2 Lihat 1.1 Edit 1.3.2 Laporan Denda Laporan Pustaka Laporan Peminjam Tambah 1.2.1 Edit 2.1.2 Pustaka 1.4 Tambah 2.3.3.3 Hapus 1.

Detail Diagram Detail Diagram berisi elemen-elemen dasar dari paket yang menggambarkan secara rinci kerja dari fungsi atau modul Input Data Karyawan meliputi : NIP Nama Lengkap Tempat Tanggal Lahir Alamat Lengkap Golongan Jabatan Status Jumlah Anak Gaji Pokok Tunjangan - Process Masukkan Data Uji Data Uji Akhir Input Data Kesamaan - Output Kartu Identitas Daftar Karyawan Slip Gaji Pemberitahuan Kesamaan Data Pemberitahuan Kesalahan Data Kembali ke Menu Induk Definisi dan simbol Flowchart 9 . Overview diagrams Overview diagrams digunakan untuk menunjukkan secara garis besar hubungan dari input. proses dan output. Input Data Karyawan Process Memasukkan Data Output Kartu Identitas Daftar Karyawan Slip Gaji c. dimana bagian input menunjukkan item-item data yang akan digunakan oleh bagian proses berisi langkah-langkah yang menggambarkan kerja dari fungsi atau modul dan bagian output berisi hasil pemrosesan data.Algoritma dan Pemrograman 1 b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful