P. 1
SENI

SENI

|Views: 1,100|Likes:
Published by 'Maulana Hawary'

More info:

Published by: 'Maulana Hawary' on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2015

pdf

text

original

1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang masalah Di zaman sekarang ini seni memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan IPTEK. Kita tidak bisa terlepas dari yang namanya seni, tanpa adanya seni hidup kita tidak akan indah, karena seni merupakan hal pendukung terbentuknya keindahan. Misalnya saja rumah, tanpa adanya rasa keindahan, maka rumah yang kita huni sekarang ini akan bermodel kuno. Begitu juga dengan tekhnologi yang sekarang ini berkembang, pasti didukung dengan adanya seni. Contohnya adalah motor, motor zaman dulu dengan yang sekarang pasti mempunyai model yang berbeda. Pastinya yang sekarang lebih bagus dari pada yang dulu. 1.2 Perumusan masalah Menjelaskan pengertian seni, cabang ± cabang dari seni, fungsi seni, dan manfaat seni. 1.3 Maksud dan tujuan Adapun maksud dan tujuan pembuatan makalah ini adalah: 1. Sebagai pedoman dalam mempelajari seni 2. Untuk mendalami tentang seni 3. Mengetahui seni yang ada di Nusantara

2

BAB II

2.1. PENGERTIAN SENI

Istilah seni pada mulanya berasal dari kata Ars (latin) atau Art (Inggris) yang artinya kemahiran. Ada juga yang mengatakan kata seni berasal dari bahasa belanda yang artinya genius atau jenius. Sementara kata seni dalam bahasa Indonesia berasal dari kata sangsekerta yang berarti pemujaan. Dalam bahasa tradisional jawa, seni artinya Rawit pekerjaan yang rumit ± rumit / kecil

1. Pengertian menurut para ahli budaya a. Drs. Popo Iskandar berpendapat, seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat / berkelompok. b. Ahdian karta miharja, seni adalah kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya. c. Ki Hajar Dewantara, seni adalah «.segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, hingga menggerakan jiwa perasaan manusia. d. Plato dan Reuseau berpendapat, seni adalah hasil peniruan dari alam dengan segala seginya

puisi. pantomim dll. yaitu seni yang di nikmati lewat telinga. seni patung. Seni penglihatan (Visual Art). yaitu bentuk seni yang berpedoman pada suatu aturan / kaidah secara turun temurun. yaitu bentuk seni yang telah mendapat pengaruh dari barat yang mengolah kaidah sebelumnya. yaitu seni yang lahir dari bentuk kebudayaan yang paling awal dan belum mendapat pengaruh dari luar. contoh. contoh. seni film. e. Seni modern.2. yaitu: a. b. dll.3 2. yaitu seni yang dinikmati lewat mata. film. terdiri dari: 1) Seni Primitif. c. yaitu seni yang dinikmati lewat mata dan telinga. seni musik. Seni pendengaran (Auditory Art). CABANG ± CABANG SENI Seni berdasarkan bentuk pengungkapannya dibedakan menjadi 2 cabang. Seni penglihatan dan pendengaran (Audiotory Visual Art). prosa dll. contoh seni Tari. d. . Tari. 2) Seni klasik. Seni Tradisional. yaitu seni yang telah mengalami perkembangan dan penyempurnaan.

kemampuan memahami dan membuat patung. serta kemampuan memahami dan berkarya atau membuat sarana multimedia. garis dan bentuk. kerajinan tangan. grafis. kemampuan memahami dan berkarya grafis . Seni rupa. a.kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan. yaitu seni yang mengungkapkan melalui media bahan. Terminologi in pada dasarnya telah ditetapkan sebagai kecakapan seseorang yang mampu menguasai bidang kerupawanan. dan multimedia. kriya. patung.4 Seni sebagai media pengungkapan terbagi atas 5 cabang yaitu. Ilusi tentang wujud dapat diserap dan dirasakan ke dalam klasifikasi bentuk seperti telah disebut pada bagian atas. lukis. Kompetensi dasar yang harus dicapai bidang seni rupa adalah meliputi kemampuan memahami dan berkarya lukis. Seni Rupa menjadi salah satu bagian cabang seni yang secara performatif mempresentasikan wujud yang kasat mata. Representasi bentuk seni rupa dipertimbangkan secara sinergis melalui perhelatan media yang . Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan memanfaatkan unsur rupa sebagai salah satu wujud yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar. cat (pewarna). Seni rupa telah mengakar mulai zaman animisme dan dinamisme hingga jaman melenium.

5 digunakan sebagai dasar perwujudan rupa. berhubungan dengan unsur cabang kesenian. Warna. 2) seni rupa Tri ± Matra. patung.cabang seni rupa yaitu: . terkadang menyebut unsur rupa berbeda. Contohnya: seni patung seni kerajinan. Raut. seni bangunan .Berdasarkan bentuknya yaitu terdiri dari: 1) seni rupa Dwi matra. Untuk kepentingan analisis atau kritik seni pembahasan unsur Seni Rupa atau lebih lazim disebut sebagai Unsur Rupa atau Unsur Desain memang perlu dilakukan beberapa sumber. Secara kontekstual seni rupa merupakan wujud mediasi bentuk kasat mata yang dekat ke arah perlambang gambar.Berdasarkan nilai dan tujuannya terdiri dari : 1) Seni murni (Fine Art). lukis. yaitu karya seni yang diwujudkan pada bidang dua dimensi yang hanya dapat dinikmati hanya dengan satu arah pandangan saja. seni musik dll . akan tetapi dapat ditarik kesimpulan pada dasarnya unsur rupa adalah Garis. Cabang . seni patung. gambar dan grafis. yaitu karya seni yang semata ± mata hanya untuk dinikmati nilai seninya secara langsung seperti seni lukis. yaitu karya seni yang diwujudkan pada benda yang bisa kita nikmati hasilnya dari berbagai arah pandangan. kerajinan tangan kriya dan multimedia. Ruang dan Gelap Terang. seni Tari. Tekstur. Contohnya seni lukis.

6 2) Seni pakai (Applied Art) yaitu karya seni yang memiliki nilai praktis yang dapat dipergunakan untuk kepentingan hidup sehari ± hari. drum. melodi dan notasi musik serta kecerdasan musikal yang memungkinkan seseorang dapat beradaptasi dengan perangkat musik secara cepat. Di sisi lain. serta kemampuan memahami dan membuat multimedia. melodi dan notasi musik merupakan wujud sarana yang diajarkan. peralatan rumah tangga dan lain ± lain b. yaitu seni yang diungkapkan melalui media bunyi ± bunyian atau suara. Karakter musik instrumen dapat berbentuk alat musik Barat dan alat musik Nusantara/tradisional. Seni musik. kemampuan memahami dan membuat notasi. Jenis alat musik Barat antara lain terdiri dari piano. gitar. seksopon. gamelan. kecapi. Media seni musik adalah vokal dan instrumen. Jenis alat musik tradisional antara lain terdiri dari seruling. . pemahaman pengetahuan musik mencakup harmoni. dan kolintang serta arumba. Kompetensi dasar yang harus dicapai dalam mempelajari seni musik meliputi kemampuan memahami dan berkarya musik. contohnya. rebana. Unsur lain dalam bentuk harmoni. angklung. Unsur bunyi adalah elemen utama seni musik. Seni musik yang lebih mempromosikan unsur bunyi sebagai medium dasar musik lebih memiliki proporsi pada bunyi yang teratur. dan terompet. senjata. flute. serta praktik dasar maupun mahir dalam banyak alat atau instrumen secara terampil. sintetiserr. kemampuan mengaransemen. gambang kromong. pakaian. musik elektronik.

dibutuhkan pemaknaan artikulasi penataan musik terhadap cara penyampaian makna musik untuk dapat dimengerti oleh penonton. melodi maupun harmoni. Seni musik tumbuh-kembang sejak zaman Renaissance hingga abad milenium. Seni musik banyak berkembang pada komunitas masyarakat yang memiliki aliran klasik. Oleh sebab itu. Bunyi sebagai media ungkap menjadi salah satu alat komunikasi dalam menginternalisasikan makna bunyi ke dalam penerjemahan kuantum dari pikiran aranjer(penata musik) ke penonton. Dengan demikian makna penataan musik semakin mudah dipahami. dan fluonsis dengan memetakan perkembangan musik melalui bunyi-bunyian yang tidak berirama dan bernada. yaitu musik yang dinyanyikan dengan suara manusia 2) Musik istrumental. interval.Berdasarkan fungsinya terdiri: . Cabang ± cabang seni musik yaitu: . ekspresionis. dimengerti dan menjadi media komunikasi antara penata musik dengan penghayat musiknya. Secara progresif aliran musik yang berkembang pada saat ini lebih ke arah musik yang memiliki tonasi. dan harmoni secara varian. eksperimentalis. yaitu musik yang menggunakan alat yang bergetar 3) Musik campuran. Seni musik lebih transparan dalam bentuk hasil karyanya.Berdasarkan bentuknya terdiri : 1) Musik vokal. serta paduan bunyi yang menjurus kepada eksperimental bunyi secara harafiah tanpa ritme. yaitu musik perpaduan antara vokal dan instrumental .7 bunyi yang berirama.

8 1) Musik untuk upacara. Symponi. Longser. Media ungkap tari adalah gerak.Berdasarkan bentuknya terdiri dari: 1) Musik Tradisional. Konset dll c. Gerak tari merupakan gerak yang diperhalus dan diberi unsur estetis. Calung. Keindahan tari terletak pada bentuk kepuasan. Sebagai penyesuaian abad modern. contohnya. Ronggeng Gunung. di sisi lain diharapkan memiliki kepekaan memahami aspek-aspek tari dan aspek keindahan secara teknis. Seni Tari. contohnya Pencak Silat dan benjang dll 3) Musik untuk hiburan: contohnya Ogel. Kemampuan memahami an berkarya tari (koreografi) adalah keterampilan khusus berhubungan dengan kepekaan koreografi. Kompetensi dasar dalam mempelajari seni tari mencakup praktik dasar dan mahir dalam penguasaan gerak tari meliputi tari tradisional maupun tari garapan. Degung 2) Musik Modern. kebahagiaan. kemampuan memahami arah dan tujuan koreografer dalam konsep koreografi kelompok. Tarling dll . kemampuan memahami dan membuat perangkat multimedia hubungannya dengan tari . yaitu media seni yang diungkapkan melalui media gerakan tubuh. peraga dan penikmat atau penonton. Gerak dalam tari berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreografer. baik dari koreografer. contohnya. contohnya: Degung Tanjidor dll 2) Musik untuk bela diri. Angklung.

Peran dan fungsi tarian yang begitu penting hingga kini pada puncak kesenian daerah menjadi simbol dan puncak tari sebagai budaya di daerah yang bersangkutan.Seni tari memerlukan media gerak.di mana tarian tersebut berasal. Bentuk tarian dari zaman prasejarah hingga zaman modern. Gerak murni atau wantah tidak memiliki maksud-maksud tertentu. produk dari zaman tertentu membantu sejarah kehidupan tarian untuk dapat tumbuh-kembang hingga akhir zaman. tradisional maupun nontradisional. Perwujudan ekspresi budaya melalui gerak yang dijiwai serta diikat nilai-nilai budaya menjadi patokan dasar atau standar ukur tari untuk dikaji menjadi bentuk tari-tarian daerah di Indonesia. Seni tari mewariskan bentuk-bentuk tradisi maupun nontradisi.Seni tari banyak dipengaruhi oleh kepercayaan dinamisme dan animisme. maka gerakan tari semakin halus. sejak zaman dulu tarian sudah memiliki peran fungsi yang sentral dalam kehidupan beragama. Jenis tari yang telah menjadi puncak budaya daerah sangat erat untuk dijadikan sebagai tarian yang diunggulkan daerah. dibutuhkan adanya kehidupan sosial dan spiritual masyarakat pendukungnya. . estetis. Sebagai salah satu unsur terpenting kesenian di Indonesia dalam wujud performa gerak. Oleh sebab itu. Gerak maknawi memiliki makna maksud-maksud tertentu dan apabila dibangun dengan unsur keindahan. Peran tari dalam upacara terkait dengan cara dan tujuan yang terkait dalam prosesi suatu upacara keagamanaan atau ritual.9 adalah bentuk penyesuaian sumber daya manusia dalam adaptasinya dengan teknologi. dan geraknya memiliki bangunan ekspresi bentuk yang diungkapkan manusia untuk dinikmati. Beraneka ragam tari-tarian yang diwarisi masyarakat daerah di Indonesia baik yang sakral maupun yang sekuler.

guru-guru tari yang profesional. Tari Kelana (Jawa) . seni tari tradisional pada akhirnya mewariskan seni pertunjukan baru dan inovatif melalui dramatari prembun. Pada masyarakat modern yang dinamis ini. Tayub (Jateng) 3) Tari Pertunjukan. contohnya Tari Topeng (Sunda) Tari TRUNAJAYA (Bali). Oleh sebab itu. contoh. Tari Saman (Aceh) 5) Tari pendidikan (terutama di Taman Kanak Kanak). contoh. contohnya: Tari Jaipong (Sunda). beberapa hal harus diperhatikan menyangkut penguasaan teknik tari agar dapat memenuhi syarat sebagai penari yang profesional. hingga sendratari jenis kesenian yang lahir pada zaman modern. contohnya Tari Dodot (Banten).Berdasarkan fungsinya terdiri dari: 1) Tari upacara (pemujaan/adat). Cabang ± cabang seni Tari yaitu: . Dalam perkembangannya. contohnya.Berdasarkan jumlah pelakunya 1) Tari tunggal.10 Sifat²fungsi magis-ritual yang dipengaruhi kepercayaan animisme dinamisme mampu menjadi kekuatan sentral dalam setiap upacara keagamaan. dan pemikir-pemikir yang mampu merumuskan masa depan tari secara proporsional. Tari Ksatria dan Tari Pesona 4) Tari Terapi (untuk penyembuhan). Tari Ayam Sambung . Tari Sampiung (Rancakalong) dan Tari kengkong 2) Tari Hiburan (Tari pergaulan). kehadiran seni tari memerlukan hadirnya penari yang baik.

Tari Payung dan Serampang Dua Belas (Sumatra). contoh. bunyi/suara dan rupa (merupakan seni multimedia). contoh.Tari Tanpa Lakon. contoh. gerak.Tari Berlakon Kreasi Baru: Jaka Tarub. Seni Teater. Tari Bungko (Sunda). Senai sastra. Wayang Wong (Jawa). Tari Lenggong (Bali) 4) Tari Berempat. . yaitu seni yang diungkapkan melalui media kata.Tari Berlakon (Drama Tari). Serimpi (Jawa) 5) Tari Masal/Kelompok (lebih dari 5 penari). contoh. yaitu seni yang diungkapkan melalui media kata dan bahasa. yang termasuk dalam kategori Sastra adalah: * Novel * Cerita/cerpen (tertulis/lisan) * Syair * Kaligrafi e. Tari Rudet (sunda) . Jaipong (Sunda) 3) Tari Bertiga. Sangkuriang dll d. Tari Blancir (Jawa). Topeng . Seni Sastra adalah semua jenis tulisan yang memiliki makna atau keindahan tertentu. terbagi atas: .11 2) Tari berpasangan.

diksi. Longser 2) Teater klasik. Kemampuan memahami dan membuat sarana dan prasarana perlengkapan berbasis multimedia adalah pendekatan aktual yang harus dikuasai seorang dramawan dalam kaitannya dengan penyajian teater berbasis teknologi. contohnya Lenong. Cara atau teknik ini lebih mengutamakan terciptanya casting.Berdasarkan naskahnya terdiri dari: . Wayang Kulit dll 3) Teater transisi/peralihan. yaitu: . Di sisi lain. contohnya: Wayang Golek. pengaturan laring dan faring secara konsisten adalah bagian penting dari penjelmaan profesi yang harus dimiliki. Ludruk. kemampuan memahami berperan di bidang casting kemampuan memahami dan membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat tambahan dalam membidangi seni teater. contohnya: Teater Pelangi dan Teater Monserrat . Srimulat 4) Teater modern. kemampuan memahami dan membuat naskah. Cabang ± cabang seni Teater. pembawaan. Seni teater juga sebagai bagian integral kesenian memiliki media ungkap suara dalam wujud pemeranan. intonasi. contohnya Stambul.Berdasarkan bentuknya terdiri atas: 1) Teater Tradisional.12 Kompetensi dasar bidang seni teater mencakup kemampuan memahami dan berkarya teater. kemampuan memahami untuk berperan di luar dirinya adalah penguasaan khusus yang harus dikuasai secara teknis dalam berkarya teater.

contohnya cerita Sangkuriang 2) Teater Komedi. contohnya Kapai ± Kapai karya Aripin C Noor .13 1) Teater Tragedi. contohnya : Bunga Rumah Makan karya Utuy Tatang Sontany 3) Teater Absur.

minum. Mereka menciptakan bentuk-bentuk yang enak dipandang dan ini merupakan kenikmatan. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik Secara fisik. Semua keperluan tersebut berkembang dari yang sangat sederhana sampai kepada yang lebih sempurna. Seni sebagai pemenuhan kebutuhan emosional Manusia dalam hidupnya selalu dikejar-kejar oleh kebutuhan untuk bernafas. Begiti seterusnyahingga manusia disebut makhluk berbudaya. a. seperti dari gangguan binatang dan gangguan cuaca. akan memiliki efek samping sampai taraf yang membahayakan. dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang menuntut untuk segera dipenuhi. Manusia sejak lahir memerlukan perlindungan khusus dari gangguan alam. yaitu kebutuhan fisik dan kebutuhan emosional. manusia adalah makhluk lemah dibandingkan dengan makhluk lain. Kebutuhan individu dibagi menjadi dua. b.3. FUNGSI SENI 1. makan. Pencipta bentuk-bentuk baru untuk benda pakai disebut desainer dan hasilnya disebut desain. . seniman sangat berperan. Untuk memenuhi kebutuhan fisik itu. Seni sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Individu.14 2. Jika tidak.

15 Apakah emosi merupakan tuntutan yang perlu dipenuhi? Jawaban yang pasti dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. sedangkan penikmat karya seni yang bukan seniman berekspresi pasif. penyair dalam puisi. luapan perasaan bisa disebut sebagai ekspresi. Mereka berekspresi secara aktif. 2. Karya seni berfungsi sosial juka karya seni itu berhubungan dengan orang lain. Pelukis berekspresi dalam bentuk lukisan. akan tetapi membuat orang itu menjadi mengerti sulit. karena setiap orang pada dasarnya suka terhadap hiburan yang menyenangkan. kesedihan. Dengan demikian kebutuhan emosional bagi seniman adalah seni. Fugsi Sosial Seni Manusia adalah makhluk sosial yang juga mementingkan orang lain selain dirinya dalam hidup bermasyarakat. Emosi adalah luapan perasaan yang berupa kegembiraan. kemarahan. Oleh . Pengertian sosial adalah manusia berhubungan satu sama lainnya." Seni adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk membuat mengerti pihal lain. dan koreografer dalam bentuk tarian. atau keharuan. Seni sebagai media penerangan Ada satu ungkapan yang berbunyi. komponis dalam bentuk lagu. Dalam seni. "Menerangkan itu mudah. Maka seni pun bermakna sosial. a.

atau wayang. Membaca Al-Quran. Dan semuanya kembali kepada sejauh mana apresiasi seseorang terhadap karya seni. terhibur setelah mendengar film yang bagus. Seni sebagai media hiburan Berekspresi merupakan peluapan perasaan atau emosi. Sedangkan pendidikan nonformal dapat dilakukan oleh pemerintah melalui film. Seni sebagai Komunikasi . d. Peluapan emosi yang menyenangkan dinamakan hiburan. Seni sebagai media agama Tidak ada suatu agama pun yang tidak memiliki nilai seni. Seorang seniman akan terhibur ketika berkaya dan akan lebih merasa terhibur jika karyanya dinyatakan berhasil. nasyid. Di sekolah. Seni sebagai media pendidikan Upaya pendidikan yang sudah umum dilakukan agar menyenangkan adalah seni. Misalnya poster. kaligrafi. permainan drama dapat diaplikasikan dalam pelajaran sejarah. lagu. e. terhibur setelah melihat lukisan yang menyentuh perasaannya.16 karena itu. arsitektur masjid adalah sebgai seni yang berhubungan dengan agama/ media dakwah. hampir setiap program pemerintah atau perusahaan selalu memakai seni sebagai alat. Demikian pula seseorang akan terhibur dengan mendengarkan musik. c. b. menyanyi dan bermain musik dipakai untuk memperhalus perasaan. marawis. nanyian rohani.

gagasan. misalnya terdapat pada musik kontemporer. Terapi musik telah terbukti mampu digunakan untuk menyembuhkan penyandang . kebijakan. hasil karya seni ini disebut seni guna atau seni terapan. karya seni yang dapat dipergunakan untuk perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dai gerabah dan rotan. dapat pula syair sebuah lagu yang mempunyai pesan. tidak bias dinikmati pendengar/pengunjung. sebaliknya jika dalam proses penciptaan seniman harus mempertimbangkan aspek kegunaan. Seni sebagai Artistik Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial. hanya bisa dinikmati para seniman dan komunitasnya. tari kontemporer. dan seni rupa kontemporer. jenis musik disesuaikan dengan latar belakang kehidupan pasien. poster. kritik sosial. Fungsi seni untuk kesehatan (Terapi) Pengobatan untuk penderita gangguan physic ataupun medis dapat distimulasi melalui terapi musik.17 Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti pesan. dan reklame. wayang kulit. wayang orang dan seni teater. Contoh : Kriya. g. dan memperkenalkan produk kepada masyarakat. drama komedi. Fungsi Guna (seni terapan) Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya kecuali sebagai media ekspresi disebut sebagai karya seni murni. f. h. Melalui media seni tertentu seperti.

Menurut Gregorian bahwa gamelan dapat mempertajam pikiran. gangguan psikologis trauma pada suatu kejadian.18 autisme. Menurut Siegel (1999) menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang menenangkan yang dapat merangsang sistem limbic jarikan neuron otak. dan lain-lain. .

kepekaan rasa. MANFAAT SENI Dengan Seni hidup akan menjadi indah. Manfaat seni rupa: Seni rupa bisa menggantikan 1000 lebih kata-kata hanya dengan sebuah visualisali yang dilihat mata. tetapi banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. Melalui seni yang berbudaya setiap orang dapat mengembangkan kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan berbagai cara dan media. manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari yaitu banyak pesan-pesan atau amanat-amanat yang tidak bisa diampaikan dengan kata-kata bisa disampaikan dengan visualisasi seni rupa. Itulah penggalan kata bijak yang biasa diungkapkan. kata-kata yang digantikan oleh sebuah visulisasi seni rupa biasanya berupa pesan yang disampaikan oleh seniman itu sendiri. Selain itu dengan menguasai Seni Budaya setiap orang dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual. dan ketrampilan guna menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan hasil karya seninya. .19 2.4. Sebenarnya manfaat seni yang berbudaya tidak hanya menjadikan hidup lebih indah. sehingga terciptalah karya kreativitas yang beradap. ekspresi.

musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antarmanusia karena musik merupakan bahasa universal yang mampu memadukan perbedaan. musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik ternyata bersifat terapeutik dan bersifat menyembuhkan. Karya sastra dapat memperkaya jiwa/emosi pembacanya melalui pengalaman hidup para tokoh dalam karya. menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan. Kedua. memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual. . 2. Karya sastra dapat membawa pembaca terhibur melalui berbagai kisahan yang disajikan pengarang mengenai kehidupan yang ditampilkan. mengatasi kecemasan. Keempat. sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress. Manfaat seni sastra 1.20 Manfaat seni musik: Pertama. musik dapat meningkatkan intelegensi karena rangsangan ritmis mampu meningkatkan fungsi kerja otak kita. Ketiga. Pembaca akan memperoleh pengalaman batin dari berbagai tafsiran terhadap kisah yang disajikan. musik bisa menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi.

Karya sastra dapat memperkaya pengetahuan intelektual pembaca dari gagasan. Karya sastra dapat digunakan untuk menjadi sarana penyampaian ajaran-ajaran yang bermanfaat bagi pembacanya. 5.21 3. Karya sastra dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan atau penelitian tentang keadaan sosial budaya masyarakat yang digambarkan dalam karya sastra tersebut dalam waktu tertentu. pemikiran. cita-cita. serta kehidupan masyarakat yang digambarkan dalam karya. 4. Di dalam karya sastra terdapat nilainilai tradisi budaya bangsa dari generasi ke generasi. . Karya sastra mengandung unsur pendidikan.

Cabang ± cabang seni Seni berdasarkan bentuk pengungkapannya dibedakan menjadi 2 cabang. dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. terdiri dari: 1) Seni Primitif 2) Seni klasik b. Senai sastra e. Seni Tradisional. Seni rupa b. Seni musik c. Seni penglihatan dan pendengaran (Audiotory Visual Art) Seni sebagai media pengungkapan terbagi atas 5 cabang yaitu. yaitu: a. Seni Teater .1 Kesimpulan Seni pada mulanya adalah proses dari manusia. Seni modern c. a. Seni penglihatan (Visual Art) d.22 BAB III PENUTUP 3. Seni pendengaran (Auditory Art) e. Seni Tari d.

Seni sebagai Artistik g. Seni sebagai media penerangan b. Seni sebagai media agama d. Fungsi seni untuk kesehatan (Terapi) . Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik b. Seni sebagai pemenuhan kebutuhan emosional 2. Fugsi Sosial Seni a. Seni sebagai Komunikasi f. a.23 FUNGSI SENI 1. Seni sebagai media pendidikan c. Fungsi Guna (seni terapan) h. Seni sebagai media hiburan e. Seni sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Individu.

2 Saran Perlunya mempelajari seni sejak dini agar budaya leluhur tidak punah oleh perkembangan zaman. Melalui seni yang berbudaya setiap orang dapat mengembangkan kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan berbagai cara dan media. Sebenarnya manfaat seni yang berbudaya tidak hanya menjadikan hidup lebih indah. Itulah penggalan kata bijak yang biasa diungkapkan.24 MANFAAT SENI Dengan Seni hidup akan menjadi indah. 3. ekspresi. dan ketrampilan guna menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan hasil karya seninya. Dan perlu diakakanya perlombaan seni agar bakat terasah. tetapi banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. sehingga terciptalah karya kreativitas yang beradap. . kepekaan rasa. Selain itu dengan menguasai Seni Budaya setiap orang dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual.

freejoomlas.html http://www.com/2009/06/cabang-cabang-seni.anakciremai.com/2008/06/wawasan-seni.php?option=com_content&task=view &id=14&Itemid=28 http://rheartlova.wikipedia.blogspot.andriyantodjail.org/wiki/Seni http://imajiku-diksi.com/index.25 DAFTAR PUSTAKA http://id.blogspot.html http://www.html .com/2008/05/fungsi-seni.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->