P. 1
Merokok di Kalangan Remaja

Merokok di Kalangan Remaja

|Views: 1,223|Likes:
Published by Ira Lestari

More info:

Published by: Ira Lestari on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

Merokok di Kalangan Remaja Merokok di Kalangan Remaja BAB I Pendahuluan 1.

1 Latar Belakang Latar belakang pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut: 1.1.1 Merupakan tugas dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia 1.1.2 Banyaknya remaja yang sudah ketergantungan akan rokok. 1.1.3 Merokok dirasa sangat membahayakan bagi si perokok aktif maupun bagi perokok pasif. 1.2 Rumusan Masalah 1.2.1 Apa saja zat yang terkandung dalam rokok? 1.2.2 Mengapa para remaja merokok? 1.2.3 Apa bahaya yang ditimbulkan dari merokok? 1.2.4 Bagaimana solusi agar para remaja berhenti merokok?

terutama dilakukan di depan kelompoknya karena mereka sangat tertarik kepada kelompok sebayanyaatau dengan kata lain terikat dengan kelompoknya. Penyebab Remaja Merokok 1. 1999:294). dimana orang tua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya dan memberikan hukuman fisik yang keras lebih mudah untuk menjadi perokok dibanding anak-anak muda yang berasal dari lingkungan rumah tangga yang bahagia (Baer & Corado dalam Atkinson.BAB II Pembahasan A. Hal ini sejalan dengan kegiatan merokok yang dilakukan oleh remaja yang biasanya dilakukan didepan orang lain. Berbagai kandungan zat yang terdapat di dalam rokok memberikan dampak negatif bagi tubuh penghisapnya. Pengaruh 0rangtua Salah satu temuan tentang remaja perokok adalah bahwa anak-anak muda yang berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia. namun dilain pihak dapat menimbulkan dampak buruk bagi si perokok sendiri maupun orang orang disekitarnya. dan menganggap perbuatannya tersebut tidak melanggar norma ( permissive beliefs/ fasilitative) (Joewana. untuk menghilangkan kekecewaan (reliefing beliefs). Kebiasaan merokok dianggap dapat memberikan kenikmatan bagi si perokok. REMAJA DAN ROKOK Di masa modern ini. Pengantar psikologi. 2004). . Beberapa motivasi yang melatarbelakangi seseorang merokok adalah untuk mendapat pengakuan (anticipatory beliefs). merokok merupakan suatu pemandangan yang sangat tidak asing.

1999).2. pertama remaja tadi terpengaruh oleh teman-temannya atau bahkan temanteman remaja tersebut dipengaruhi oleh diri remaja tersebut yang akhirnya mereka semua menjadi perokok. Orang yang memiliki skor tinggi pada berbagai tes konformitas sosial lebih mudah menjadi pengguna dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor yang rendah (Atkinson. membuat remaja seringkali terpicu untuk mengikuti perilaku seperti yang ada dalam iklan tersebut. Buletin RSKO. Pengaruh teman. tahun IX. membebaskan diri dari kebosanan. Diantara remaja perokok terdapat 87% mempunyai sekurang-kurangnya satu atau lebih sahabat yang perokok begitu pula dengan remaja non perokok (Al Bachri.1991). . Faktor Kepribadian. Berbagai fakta mengungkapkan bahwa semakin banyak remaja merokok maka semakin besar kemungkinan teman-temannya adalah perokok juga dan demikian sebaliknya. 4. Namun satu sifat kepribadian yang bersifat prediktif pada pengguna obat-obatan (termasuk rokok) ialah konformitas sosial. Dari fakta tersebut ada dua kemungkinan yang terjadi. Pengaruh Iklan. Orang mencoba untuk merokok karena alasan ingin tahu atau ingin melepaskan diri dari rasa sakit fisik atau jiwa. Melihat iklan di media massa dan elektronik yang menampilkan gambaran bahwa perokok adalah lambang kejantanan atau glamour. 1991) 3. (Mari Juniarti.

saluran darah. Bahan seperti benzopyrene yaitu sejenis policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) yang telah lama disahkan sebagai agen yang memulakan proses kejadian kanser dan merusak sel paru-paru. mulut. yaitu bermula dari hidung. nikotin membuat pemakainya kecanduan. . sampai ke saluran kencing dan pundi kencing. jantung. kelamin. saluran pernafasan.B Zat yang Terkandung dalam Rokok Setiap batang rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih 4 000 bahan kimia beracun yang membahayakan bagi kesehatan bahkan akan membawa pada kematian. Adapun bahan kimia yang beracun itu diantaranya adalah sebagai berikut: 1 Tar : mengandung sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanser (karsinogen). Apabila racun rokok itu memasuki tubuh manusia ataupun hewan. 2 Karbon Monoksida (CO) : Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen. 3 Nikotin : Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah. akan menimbulkan kerusakan pada setiap organ disepanjang yang dilewati asap rokok. tekak. paru-paru.

Efek merokok bisa dirasakan langsung maupun tidak langsung. Hal inilah yang menyebabkan perokok sangat sulit meninggalkan rokok karena sudah ketergantungan pada nikotin.C. Perilaku terus merokok di antara kaum muda ini biasanya melalui tahap-tahap persiapan sampai ke coba-coba. Kerugian yang ditimbulkan rokok sangat banyak bagi kesehatan. Hasil survey menunjukkan jumlah perokok pemula di kalangan remaja berusia 13-15 tahun mencapai angka 26. sedangkan pada remaja perempuan mencapai 2. masih saja banyak orang yang tetap memilih untuk menikmatinya. selanjutnya menjadi perokok tetap dan akhirnya menjadi ketagihan nikotin. dampak kesehatannya akan semakin besar. Zat ini sendiri mampu memberikan efek ketenangan. Tapi sayangnya. Selain hak anak terampas. daya piker serasa lebih cemerlang. Hasilnya. Kepulan asap rokok ini ternyata tak hanya membuat mabuk kepayang orang usia dewasa. Pada awalnya. dampak kesehatan yang akan dirasakan tentu semakin berbahaya bagi remaja. Rokok merupakan faktor berdampak besar pada kesehatan . peningkatan ini terjadi karena gencarnya iklan rokok.Bahaya Merokok Mengisap sebatang rokok menimbulkan kenikmatan tersendiri. kata Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait. papar peneliti Global Youth Tobacco Survei Dr Tjandra Yoga Aditama SpP MHA DTM&HDTCE. papar dokter spesialis paru dari RS Persahabatan Jakarta Dr Achmad Hudoyo SpP. Remaja belasan tahun yang mulai merokok tidak menyadari sifat ketagihan nikotin.3%. Meningkatnya cairan kimia seperti dopamine akan menimbulkan rangsangan rasa senang sekaligus keinginan mencari rokok lagi. baik di dalam maupun di luar ruangan. Hasil survey tersebut sangat memprihatinkan karena mencakup hak hidup anak. dari proses coba-coba sampai ketergantungan berat pada nikotin berlangsung dalam waktu satu tahun atau kurang. dan mampu menekan rasa lapar. Semakin dini mengisap. Hal ini terkait dengan efek yang dirasakan dari merokok. Hak hidup terampas. Dari angka tersebut didapatkan perbandingan pravelensi merokok pada remaja laki-laki usia 13-15 tahun 24. Meski bahaya terhadap kesehatan mengintai. Sebuah survey yang dilakukan Global Youth Tobacco memaparkan hasil yang mencengangkan.8%. seolah tak sebanding dengan kenikmatan yang dirasakan. zat yang terdapat dalam rokok. Dia menambahkan.5%. Karena nikotin di dalam rokok akan mempengaruhi susunan saraf yang mampu merangsang pembentukan seperti dopamine. perokok akan merasa lebih tenang.

peningkatan asma. Keluarnya enzim ini mampu merusak sifat elastis paru-paru dan gelembung alveoli. perut dan pankreas 5 Merusakan dinding arteri dan akan merusak organ berkaitan. Banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan dari asap rokkok. tegas dokter yang juga praktek di RS Pondok Indah ini. Jika sel-sel filia rusak mengakibatkan dahak menumpuk sehingga mudah sekali terkena infeksi. kekejangan otot kaki 8 Serangan penyakit jantung . serta menunda gangguan kesehatan. Dalam asap rokok terdapat 4.paru. ujarnya. diantaranya adalah sebagai berikut: 1 Menyebabkan penyakit Bronkitis 2 Menyebabkan penyakit Emfisima 3 Menyebabkan penyakit Paru-paru 4 Menyebabkan penyakit di bagian esofogus. Akibatnya perokok akan merasakan sesak napas yang berkepanjangan. serangan jantung dan stroke. Racun dan karsinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu terjadinya kanker. Sel-sel filia bertugas melancarkan aliran dahak keluar. sakit kepala.000 zat kimia berbahaya untuk kesehatan. Hudoyo mengingatkan. 6 Menyebabkan simptom kebas pada kaki dan jari 7 Menyebabkan migrain. Dua diantaranya adalah nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik.9 Menyebabkan kemandulan . Selain kanker. Menghentikan kebiasaan akan menurunkan risiko terserang penyakit yang berkaitan dengan tembakau. perokok akan berisiko mengalami emfisema (paruparu kehilangan elastisitas dan gelembung alveoli rusak). Saat merokok. asap rokok akan merangsang mengeluarkan enzim elastase. pedih ulu hati. Merokok juga akan mengganggu sel-sel filia di dalam saluran pernapasan. Perokok juga berisiko mengidap penyakit bronchitis kronik (batuk terus-menerus). Menghentikan kebiasan merokok secara dini penting artinya untuk memperbaiki kesehatan perokok sendiri. dan peningkatan karbon monoksida dalam darah.

Adapun zat yang sangat berbahaya terkandung dalam rokok adalah tar. bukan tidak mungkin jika kebiasaan merokok pada remaja akan berkurang.2. nikotin dan karbon monoksida. 4 Buat nota peringatan 5 Katakan pada diri anda. 3 Yakinkan diri untuk yidak merokok. . BAB III Penutup Kesimpulan Kita ketahui bahwa rokok mengandung ribuan bahan kimia yang dapat menimbulkan berbagai penyakit bahkan menimbulkan kematian. Merokok sangat merugikan. Aku bukan perokok 6 Tumpukan pada hari ini 7 Sentiasa berfikiran positif 8 Dapatkan sokongan 9 Lawan keinginan untuk merokok 10 Gunakan terapi atau rawatan yang sesuai Dengan melakukan hal-hal di bawah ini. 2 Diberikan pengetahuan tentang bahaya merokok oleh pihak sekolah maupun di luar sekolah. diantaranya: 1 Tetapkan niat untuk berhenti merokok. ada beberapa solusi untuk menekan angka merokok. Saran Setelah kita membahas tentang kebiasaan merokok di kalangan remaja. baik untuk si perokok ataupun yang menghisap asap rokok.

bahaya merokok di kalanagan pelajar .blogspot.google.roland.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA www. 2011 .go. 2011 . bahaya rokok www. bahaya merokok di kalangan remaja www.com.id.com 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->