P. 1
Biologi - Percobaan Kacang Hijau

Biologi - Percobaan Kacang Hijau

|Views: 2,751|Likes:
Laporan praktikum kacang hijau dengan berbagai media
Laporan praktikum kacang hijau dengan berbagai media

More info:

Published by: rickettsii rickettsia on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2012

pdf

text

original

dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklz xcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasd Proposal Biologi fghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzx cvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopa

sdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjkl zxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwert yuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklz xcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasd fghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzx cvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmr
Penelitian Kacang Hijau dengan Susu, Sirop dan Air

A. Latar Belakang
Ingin mencari tahu mana yang terbaik, diantara susu, sirop, dan air biasa. Mana yang lebih baik diantara ke-tiga itu untuk tumbuhan. Apa benar selama ini susu adalah minuman yang sehat bagi manusia? Bagaimana hasil nya jika susu diberikan untuk tumbuhan? Apa perbedaanya dengan sirop dan air biasa? Maka dari itu, dilakukanlah percobaan ini untuk mengetahui hasilnya.

B. Tujuan
Untuk mengetahui apa yang terjadi dan apa perbedaan bila biji kacang hijau ditumbuhi dengan air susu, air sirop, dan air biasa.

C. Manfaat
Dengan ini kita bisa membuktikan mana yang terbaik untuk tumbuhan, apakah air yang banyak kandungan kalsiumnya? Atau air yang banyak kandungan gulanya? Atau air yang mengandung mineral saja tanpa campuran apapun? Jika sudah terbukti mana yang lebih baik, hal ini bisa menjadi inovasi baru jika kita ingin tumbuhan tumbuh dengan baik. Dan ini bisa menjadi asupan makanan yang baik bagi tumbuhan.

D. Dasar Teori
Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Klasifikasi ilmiah Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Ordo Famili Genus : : : : : Magnoliophyta Magnoliopsida Fabales Fabaceae Vigna V. radiata

Spesies :

E. Hipotesis
Menurut saya tetaplah susu yang paling baik, karena sirop banyak mengandung gula, air biasa hanya mengandung mineral. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang lengkap. Selain air, susu mengandung protein, karbohid lemak, rat, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah memadai. Manfaat susu merupakan hasil dari interaksi molekul-molukel yang terkandung di dalamnya.

F. Alat dan Bahan
1. 2. 3. 4. 5. 6 wadah untuk menempatkan kacang hijau 60 butir atau lebih biji kacang hijau Kapas yang dibasahi air sirop (air biasa dicampur sirop Kartika ) Kapas yang dibasahi susu (susu UHT Ultra Milk) Kapas yang dibasahi air biasa

G. Cara Kerja 
   

6 wadah tersebut, setiap 2 wadah di beri tulisan Air Sirop , Susu . Air sebagai tanda. Lalu kapas yang sudah dibasahi itu, masukan ke dalam wadah sesuai dengan kategorinya. Setelah itu tabur kan 10 atau lebih biji kacang hijau di masing-masing wadah. Simpan 6 wadah itu ditempat yang terkena sinar matahari. Lalu amati perkembangan kecambah kacang hijau tersebut, selama 4 hari.

H. Data Pengamatan
Dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2009

Hari & Tanggal Hari ke 1, 11-Oktober

Hari ke 2, 12 Oktober

Hari ke 3, 13 Oktober

Hari ke 4, 14 Oktober

Kategori Air Sirop Susu Air Sirop Susu Air Sirop Susu Air Sirop Susu

Keterangan Mulai tumbuh kecambah kecil Tidak tumbuh apa-apa Tidak tumbuh apa-apa Tumbuh setinggi ± 1cm Tumbuh kecambah kecil Tidak tumbuh apa-apa Mulai tumbuh ± 10cm Munculnya bintik-bintik jamur Keseluruhan kapas terdapat jamur Mulai tumbuh ± 18cm Jamur sudah bermunculan dikapas Jamur menyelimuti kapas

I. Analisis Data
Dari data pengamatan diatas, terbukti bahwa selama ini air adalah asupan yang bagus untuk tumbuhan. Dilihat dari pertumbuhannya, air yang menghasilkan pertumbuhan yang paling bagus. Kategori air juga tumbuh tinggi dengan cepat, akan tetapi susu mulai tumbuh jamur karena susu tidak bisa dibiarkan diluar dalam keadaan suhu yang panas, makajika dibiarkan diluar akan menjadi basi dan tumbuh lah jamur. Sirop sempat tumbuh kecambah kecil, akan tetapi tak bertahan lama.

J. Pembahasan
Dari analisis data diatas, terbukti bahwa selama ini air adalah asupan yang bagus untuk tumbuhan. Sirop bukanlah kategori yang bagus, karena sirop mengandung sedikit air walaupun ia mengandung gula yang banyak. Hal ini disebabkan tumbuhan tidak butuh gula, akan tetapi ia menghasilkan gula. Tidak semua kandungan air tetap ada di sirop. Lalu susu, walau susu mengadung banyak vitamin seperti yang dikatakan pada hipotesis saya. Akan tetapi tidak semua kandungan diterima dengan baik oleh tumbuhan, bahkan tak bisa diterima.Kandungan air yang ada di susu juga sedikit. Maka dari itu di kategori susu, biji kacang hijau tidak mengalami pertumbuhan.

Berikut adalah beberapa faktor utama yang menentukan laju fotosintesis: 1. Intensitas cahaya Laju fotosintesis maksimum ketika banyak cahaya. 2. Konsentrasi karbon dioksida Semakin banyak karbon dioksida di udara, makin banyak jumlah bahan yang dapt digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis. 3. Suhu Enzim-enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya dapat bekerja pada suhu optimalnya. Umumnya laju fotosintensis meningkat seiring dengan meningkatnya suhu hingga batas toleransi enzim. 4. Kadar air Kekurangan air atau kekeringan menyebabkan stomata menutup, menghambat penyerapan karbon dioksida sehingga mengurangi laju fotosintesis. 5. Kadar fotosintat (hasil fotosintesis) Jika kadar fotosintat seperti karbohidrat berkurang, laju fotosintesis akan naik. Bila kadar fotosintat bertambah atau bahkan sampai jenuh, laju fotosintesis akan berkurang. 6. Tahap pertumbuhan Penelitian menunjukkan bahwa laju fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang sedang berkecambah ketimbang tumbuhan dewasa. Hal ini mungkin dikarenakan tumbuhan berkecambah memerlukan lebih banyak energi dan makanan untuk tumbuh.

K. Kesimpulan
Semakin banyak mengandung air semakin cepat penyerapan karbon dioksida dan mempercepat laju fotosintesis pada tumbuhan. Sirop dan susu bukan lah asupan yang baik.

L. Kepustakaan
http://cahyandariwr.blog.friendster.com/ http://wikipedia.com/

M. Lampiran Gambar
a. Air

b.

Sirop

c. Susu

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->