P. 1
Geografi - Kamus Geografi

Geografi - Kamus Geografi

|Views: 512|Likes:
Kamus geografi kecil
Kamus geografi kecil

More info:

Published by: rickettsii rickettsia on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2012

pdf

text

original

TUGAS PORTOFOLIO

KAMUS GEOGRAFI
KELAS X SEMESETER 2

A
o

Abrasi adalah proses pengikisan oleh tenaga gelombang lautdan arus laut yang bersifat merusak.

o

Atmosfer adalah lapisan gas yang meliputi sebuah planet termasuk bumi dari permukaan planet tersebut sampai ke luar angkasa.

B
o

Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara .

C
o

Cliff adalah lereng dengan dinding bagian atas menggantung karena dinding bagian bawah terlah terkikis oleh gelombang air laut.

D
o

Daur Hidrologi adalah suatu peristiwa yang selalu berulang dari urutan tahap yang dilalui air dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer.

E F
o

Flood Plain adalah daerah yang sering tergenang air pada waktu banjir dan berupa daratan ketika air surut.

G
o

Glasiologi adalah ilmu yan mempelajari tentang es.

H
o o

Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang air. Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di muka bumi. o Horizon Tanah adalah proses pembentukan tanah sebagai tubuh alam yang terdiri dari lapisan-lapisan.

I
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca dalam waktu yang panjang. o Isobar adalah garis-garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai tekanan udara yang sama.
o

J K L
¢ £ ¥¤ ¡ £

o o

Lito f r adalah bagian te luar dari kulit bumi atau planet. Lemb h S g i adalah sebuah lembah yang terbentuk dari air yang mengalir.

M
o

Meander adalah tikungan liku liku yang berada di sungai.

o

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmos er khususnya untuk pengolahan tentang prakiraan cuaca.

N O
§

o o

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang laut. Ozon adalah lapisan atmos er bumi yang berada pada ketinggian 19 sampai 48 km.

P
¨

o o

Pl t onik adalah batuan yang terbentuk dari pembekuan magma yang berlangsung perlahan-lahan ketika masih berada jauh di dalam kulit bumi. Profil a nah adalah penampang vertical tanah yang dimulai dari permukaan tanah sampai lapisan induk dalam tanah
©

¦

 

Q R S
o

Sedimentary Rock adalah batuan yang terbentuk dari sedimentasi material di permukaan bumi. o Sungai adalah jalan air alami.

T
o

Tanah Kapur/ Renzina adalah tanah yang terjadi dari bahan induk kapur (batu endapan) dan telah mengalami laterisasi lemah. o Tanah Podzol/Andosol adalah tanah yang terbentuk karena rendahnya pengaruh dari luar dan curah hujan tinggi dengan sifat mudah basah serta berwarna kuning dan kuning kelabu.

o o o o o o

Tanah Vulkanis adalah tanah yang terbentuk dari lapukan materi gunung berapiyang subur dan mengandung zat hara yang sangat tinggi. Tekstur Tanah adalah tingkat kehalusan tanahyang terjadi karena adanya perbedaa n komposisi fraksi pasir debu dan liat yang terkandung dalam tanah. Tenaga Eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi dan menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Terarosa/Meditarian adalah tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan kapur. Termograf adalah alat untuk membaca suhu.

U
o

Ultraviolet adalah cahaya yang memiliki gelombang atau radiasi elektromagnetik

V
o

Vulkanik adalah system cairan fliuda panas yang memanjang dari kedalaman 10 km dari permukaan bumi

W X Y Z

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->