P. 1
Kewarganegaraan - Klasifikasi Hukum

Kewarganegaraan - Klasifikasi Hukum

|Views: 1,408|Likes:

More info:

Published by: rickettsii rickettsia on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2013

pdf

text

original

Klasifikasi Hukum

Dari beberapa jenis hukum yang berbeda, ada tiga klasifikasi utama hukum:

Hukum Pidana dan Perdata
Hukum pidana adalah hukum yang berada di bawah kuasa pemerintah untuk mendakwa seseorang karena melakukan suatu tindkan kriminal atau kejahatan. Bias a dikatakan bahwa tugas ini juga dierikan kepada publik secara keseluruhan. Hukum perdata secara khusus memperhatikan kewajiban yang dimiliki oleh suatu pihak tertentu yang harus diberikan pada pihak lainnya. Hukum ini diterapkan ketika salah satu pihak menggugat atau menunut pihak lainnya, karena pihak kedua tersebut tidak dapat memenuhi memenuhi suatu tugas atau kewajiban hukum yang harus diberikan kepada pihak pertama. (untuk masalah ini, pemerintah bisa diposisikan sebagai suatu pihak khusus yang dapat mendapat tuntutan masyarakat; sebagai contoh, sebuah kota dapat menuntut atau ditutntut oleh kontraktor kontruksi). Hukuman kejahatan (seperti penjara atau denda) akan berbeda dengan ganjaran bagi masyarakat (seperti merusak uang atau pembebasan yang adil).

Hukum Substantip dan Prosedural
Hukum Substantif mengatur hak-hak serta tugas seseorang dalam segala tindkan dan perilakunya di asyarakat. Sedangkan Hukum Prosedural mengendalikan/mengontrol perilaku dari badan pemerintah (terutama pengadilan) sebagai badan yang mendirikan dan mendorong aturan-aturan hukum substantif. Sebuah undang-undang atas kejahatan melakukan pembunuhan, sebagai contoh, adalah termasuh aturan hukum substantif. Tetapi aturan yang menerangkan peruatan percobaan tindak kejahatan adalah termasuk prosedural.

Hukum Publik dan Hukum Privasi.
Hukum Publik adalah menyangkut kekuatan pemerintah dan mengatur hubungan antara pemerintah dengan pihak tertentu. Contohnya adalah termasuk hukum perundang-undangan, hukum peraturan pemerintah, dan hukum kriminal/pidana. Sedangkan hukum privasi/khusus menciptakan sebuah kerangka aturan hukum yang dapat membuat pihak tertentu mepunyai kemampuan mengatur hak-hak dan tugas/kewajiban yang harus diberikan dan dikerjakan oleh masing-masing pihak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->