P. 1
KELAINAN dan PENYAKIT PADA SISTEM EKSKRES1

KELAINAN dan PENYAKIT PADA SISTEM EKSKRES1

|Views: 1,058|Likes:
Published by Fathiyya Ulfa

More info:

Published by: Fathiyya Ulfa on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2013

pdf

text

original

KELAINAN PENYAKIT PADA SISTEM EKSKRESI

Kelainan dan penyakit yang menyerang sistem ekskresi dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya virus, bakteri, jamur. Efek samping obat atau pola makan yang tidak sehat. Beberapa penyakit pada sistem ekskresi antara lain sebagai berikut. 1. Albuminuria Albuminuria adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan urine penderita mengandung albumin. Albumin merupakan protein yang bermanfaat bagi manusia karena berfungsi untuk mencegah agar cairan tidak terlalu banyak keluar dari darah. Penyakit ini rnenyebabkan terlalu banyak albumin yang lolos dari saringan ginjal dan terbuang bersama urine. Penyakit ini antara lain disebabkan oleh kekurangan protein. penyakit ginjal. dan penyakit hati. 2. Hematuria Hematuria (kencing darah) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan urine penderita mengandung darah. Penyakit ini antara lain disebabkan oleh peradangan gnjal, batu ginjal, dan kanker kandung kemih. 3. Nefrolitiasis Nefrolitiasis (batu ginjal) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan adanya batu pada ginjal. saluran ginjal, atau kandung kemih. Batu ginjal pada umumnya mengandung garam kalsium ( zat kapur) antara lain kalsium oksalat, kalsium fosfat, atau campurannya. Batu ginjal terbentuk karena konsentrasi unsur-unsur tersebut dalam urine tinggi. yang dipercepat dengan infeksi dan penyumbatan pada ureter. Penyakit ini diobati dengan cara mengeluarkan batu ginjal. Apabila batu ginjal masih berukuran kecil, dapat dihancurkan dengan obat-obatan. Apabila batu ginjal sudah berukuran besar, harus dikeluarkan dengan tindakan operasi. Dengan kemajuan ilmu dan teknologi, batu ginjal dapat dihancurkan dengan gelombang suara yang berintensitas tinggi tanpa perlu tindakan operasi. 4. Nefritis Nefritis adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan peradangan ginjal. khususnya nefron. Proses peradangan biasanya berasal dari glomerulus, kemudian menyebar ke jaringan sekitarnya. Penyakit ini harus segera ditangani dokter. 5. Gagal Ginjal Gagal ginjal adalah ketidakmampuan, ginjal menjalankan fungsinya, akibatnya zat-zat yang seharusnya dapat dikeluarkan rnelalui ginjal menjadi tertumpuk di dalam darah. Salah satu contohnya adalah timbulnya uremia, yaitu peningkatan kadar urea di dalam darah. Kadar urea darah yang tinggi dapat menimbulkan keracunan dan mengakibatkan kematian. Gagal ginjal antara lain disebabkan oleh nefritis. Penyakit ini dapat diatasi dengan dua alternatif. Pertama melakukan dialisis ginjal (cuci darah) yang diIakukan secara rutin. Kedua dengan transplantasi (cangkok) ginjal dari donor. Cangkok ginjal dapat dilakukan jika ada kecocokan antara organ donor dan jaringan penderita sehingga tidak terjadi penolakan.

kemudian menghitam dan berbau busuk. menjaga kebersihan lingkungan. Baik batu ginjal maupunpun kencing batu dapat dihilangkan dengan pembedahan {operasi). bahkan kecokelatan seperti teh. atau penembakan dengan sinar laser. Beberapa hepatitis. Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksin hepatitis. Hepatitis Hepatitis adalah radang hati yang umumnya disebabkan oleh virus. Untuk mengatasi infeksi diperlukan antibiotik. dan pemberian obat-obatan penurun kadar glukosa darah. sampai transplantasi hati. 10. Penderita hepatitis mengalami perubahan warna kulit dan putih mata menjadi berwarna kuning. koma. pemulihan fungsi hati. Sirosis hati sering terjadi pada peminum alkohol. sirosis hati akan menimbulkan beberapa akibat. keracunan obat-obatan. Endapan ini dapat terjadi pada rongga ginjal atau dalam kantong kemih. 7.6. atau komplikasi hepatitis. Gagal ginjal . menghindari kontak langsung dengan penderita hepatitis dan tidak menggunakan jarum suntik untuk pemakaian lebih baik satu kali. pengobatan. Diabetes melitus pada orang dewasa dapat diatasi dengan mengatur diet. antara lain hepatitis A dan B. Kencing Batu Kencing batu disebabkan pembentukan endapan zat kapur (kalium) dalam ginjal. Kelebihan glukosa darah akan dikeluarkan bersama urine. Pengobatan sirosis hati ditujukan pada penyebab utamanya.1. Karena hati merupakan organ yang mempunyai banyak fungsi vital. Diabetes melitus pada anak diatasi dengan penyuntikan insulin secara rutin. dan kematian. Jika terbentuk di dalam kantong kemih disebut kencing batu. Diabetes Insipidus Diabetes insipidus adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan meningkatnya jumlah urine sampai 20-30 kali lipat karena kekurangan hormon antidiuretika (ADFI). 11. olahlaga. Sirosis Hati Sirosis hati adalah kelainan pada hati yang ditandai dengan timbulnya jaringan parut dan kerusakan sel-sel normal hati. Pada keadaan yang tidak tertolong bagian tubuh yang terkena gangren harus diamputasi. Gangren Gangren adalah kematian jaringan lunak yang disebabkan oleh gangguan pengaliran darah ke jaringan tersebut. Ganggren banyak terjadi pada penderita diabetes melitus dan aterosklerosis yang sudah lanjut. infeksi bakteri. Penyakit ini dapat diatasi dengan pemberian ADH sintetik. Jaringan yang terkena mula-mula menjadi kebiruan dan terasa dingin jika disentuh. antara lain gangguan kesadaran. 8. Diabetes Melitus Diabetes melitus (kencing manis) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan kadar glukosa darah melebihi normal karena kekurangean hormon insulin. Gangren sering terjadi di tangan dan kaki karena gangguan aliran darah. 9. Jika endapan terbentuk di dalam rongga ginjal disebut batu ginjal. Urine penderita pun berwarna kuning.

debu atau tekanan psiologis 17. 14.produk petroleum dan radiasi ionisasi.Asma/sesak napas kelainan yg di sebabkan oleh penyumbatan oleh saluran pernafasan yang di antaranya di sebabkan oleh alergi terhadap rambut. Kerusakan ini dapat di akibatkan oleh kadar urea dalam darah yang berlebihan atau kerusakan glomerulus.penyebab lain adlah terlalu banyak menghirub debu asbes.bulu.12. AIDS menuntut perhatian kita . Penyakit yang terkait dengan reproduksi secara langsung adalah penyakit yang ditularkan melalui alat reproduksi seperti penyakit AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) yang disebabkan oleh Virus HIV (Human Immune Deficiency Virus) dan penyakit kelamin yang lain.Gagal ginjal dapat di katakan kerusakan fungsional pada ginjal sehinggan gunjal tidak dapat mengeluarkan zat sisa metabolism. Uremia Gangguan system ekskresi yang di sebabkan oleh masuknya urea dan asam urine ke dalam darah 16. 13.Emphysema penyakit pembengkakan paru2 karena pembuluh darahnya terisi udara. 18. di mana kadar gula dalam darah terlalu tinggi. AIDS adalah penyakit mengerikan yang sampai saat ini sudah menular ke berbagai negara.kromium. Glukosuria Glukosuria adalah di temukan nya glukosa pada urine yang terjadi karena kerusakan pada tabung ginjal. KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI MANUSIA 1. Nefritis Nefritis merupakan kerusakan pada glomerulus akibat infeksi kuman 15. Kelainan ini juga bisa terjadi pada penderita diabetes mellitus.AIDS Faktor lain yang juga mempengaruhi kualitas penduduk adalah penyakit. Proses filtrasi penderita gagal ginjal tidak dapat di lakukan sehinggan tidak menghasilkan urine. sehingga sering disebut pandemi modern.Kanker paruparu gangguan yg di sebabkan oleh kebiasaan merokok.. Penularan AIDS ini baru disadari dalam masa modern ini.

Cairan yang dapat menularkan HIV adalah darah. 3.Gonorhoea ( Kencing Nanah) Gonorhoea adalah penyakit infeksi yang menyerang pada alat kelamin (genitalia). Penyaki ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. serta keputihan berwarna kuning hijau pada wanita. Virus ini juga sensitif terhadap panas dan tidak kuat hidup pada suhu di atas 60 derajat celsius. dan vagina. cairan vagina. Belum ditemukan vaksin pencegahnya. cairan vagina.Gangguan Menstruasi menstruasi terdiri amenore sekunder. Belum ada obat yang betul-betul dapat diandalkan. dan air mata konsentrasinya tidak cukup tinggi untuk menularkan HIV. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual. air mata. Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal. 3. Gejala penyakit ini adalah rasa sakit dan keluar nanah pada saat kencing. Untuk dapat tertular. Kondisi yang diperlukan untuk penularan HIV adalah HIV harus masuk ke dalam aliran darah. kemudian menimbulkan kerusakan pada organ tersebut. dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin. Penyakit ini dapat menyebar dan menyerang organ-organ tubuh lainnya. Amenore sekunder adalah atas tidak atau tidak amenore primer dan terjadinya manarkhe tanpa perkembangan terjadinya menstruasi . cairan sperma. cairan sperma. 2. Penularan terjadi jika ada salah satu dari cairan tadi mengandung virus HIV. HIV sangat rapuh dan cepat mati di luar tubuh manusia. penularan oleh ibu pada janin melalui plasenta. biasanya pada daerah sekitar kelamin. darah. Pada daerah tersebut kemudian timbul beberapa lepuh kecil-kecil. maka jumlah virus HIV harus cukup banyak. sehingga makin banyak orang yang tertular AIDS. Penyebarannya sangat cepat dan tidak diketahui. anus. Hanya saja pada keringat. Penyakit herpes sulit sekali sembuh dan sering kambuh setelah beberapa bulan/tahun.Sifilis Sifilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. HIV terdapat di hampir seluruh cairan tubuh manusia seperti keringat. pedih. selanjutnya lepuh menjadi pecah dan menimbulkan luka. Amenore primer adalah (menstruasi) sampai usia 17 tahun dengan seksual sekunder. transfusi darah.semua karena: 1. yang menyerang kulit di daerah genitalia luar. Penyakit ini dapat menyebabkan kebuataan pada bayi yang baru lahir. Semua orang bisa terkena AIDS. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual atau hubungan badaniah yang intim (ciuman). air ludah. 4. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual dan dapat pula ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya. air ludah.Herpes Simplex Genitalis Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex tipe II.Bayi juga dapat tertular penyakit ini melalui proses persalinan. Gejala awal penyakit ini adalah borok pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh. 2. 5. 4.

11. 8. Biasanya dapat berupa rasa pegal pada panggul. dan tidak adanya tandatanda kepriaan. oviduk. laparoskopi. Kanker ovarium gejalanya tidak jelas. Penanganannya dengan pengangkatan uterus. Kriptorkidisme Merupakan kegagalan dari satu atau kedua testis untuk turun dari rongga abdomen ke dalam scrotum pada waktu bayi.Kanker Genitalia Kanker genitalia pada wanita dapat terjadi pada vagina. perubahan fungsi saluran pencernaan.selama 3 – 6 bulan atau lebih pada orang yang telah mengalami siklus menstruasi. atau mengalami pendarahan vagina abnormal. Penanganannya dengan pemberian obat-obatan. sepertiga bagian atas vagina. serviks. Gejalanya berupa nyeri perut.Endometriosis Endometriosis adalah keadaan di mana jaringan endometrium terdapat di luar rahim. Ureplasma urealyticum. Penangannya dapat dilakukan dengan pemberian hormon human chorionic gonadotropin untuk merangsang testoteron. 6. Infeksi ini menyerang wanita usia produktif terutama yang menikah. seperti hormon androgen dan estrogen. Pengobatannya dengan kemoterapi dan bedah laser. Kanker serviks terjadi bila pertumbuhan sel-sel yang abnormal di seluruh lapisan epitel serviks. Penyebabnya adalah Chlamydia trachomatis. Kanker vagina tidak diketahui penyebabnya. . atau bedah laser. 9. oviduk. dan ovarium. dan nyeri pada saat menstruasi. pinggang terasa sakit. atau jalur di luar rahim.Hipogenisme Merupakan penurunan fungsi testis yang disebabkan oleh gangguan interaksi hormon. atau virus herpes. Gangguan ini menyebabkan infertilitas. 10. impotensi. Jika tidak ditangani akan menyebabkan sulit terjadinya kehamilan. Penanganannya dapat dilakukan dengan terapi hormon. yaitu dapat tumbuh di sekitar ovarium. 7.Infeksi Vagina Gejalanya berupa keputihan dan timbul gatal-gatal.Uritritis Peradangan uretra dengan gejala rasa gatal pada penis dan sering buang air kecil. Penanganannya dengan kemoterapi dan pembedahan. Penyebabnya adalah akibat hubungan kelamin. mungkin karena iritasi yang disebabkan oleh virus. ovarium. dan kelenjar limfa panggul.

Prostatitis Merupakan peradangan prostat. 4. Escherichia coli ataupun bukan bakteri. Penyakit polio dapat dihindari dengan imunisasi polio. 3. 2. Anak –anak yang biasanya menderita polio setelah dewasa. yaitu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak berupa sentakan otak yang hebat sehingga timbul kejang-kejang dan mengelaurkan busa dari mulutnya. . 6. 14. Hydrocphalus. Hal ini disebakan oleh mengecilnya otot (atropi). Penyebabnya adalah E. Gegar otak penyakit yang disebabkan benturan pada kepala. tumor otak dan trauma kepala. infeksi selaput otak. Neuritis yaitu penyakit gangguan pada saraf tepi yang disebabkan adanya peradangan. Penyakit hydrocphelus antara lain karena kelainan struktur otak sejak lahir. KELAINAN PADA MANUSIA SISTEM SYARAF 1. sakit kepala.dan akhirnya mengalami kelumpuhan. Epilepsi dapat menyerang orang yang menderita tumor otak. Gejala yang dirasakan berupa rasa demam.Orikitis merupakan peradangan pada testis yang disebabkan oleh virus parotitis. Epilepsi. 5. kakinya biasnaya berbeda ukurannya. Meningitis. keracunan atau karena ada tekanan.cedera otak.12. infeksi otak dan penderita cacat otak bawaan.Epidimitis Merupakan infeksi yang sering terjadi pada saluran reproduksi pria. Virus polio ini sering menyerang anak-anak balita. yaitu penyakit akibat radang pada bagian seaput otak (meningen) yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Jika terjadi pada pria dewasa dapat menyebabkan infertilitas. kelainan dan atau penyakit akibat pembesaran kepala karena terjadinya penimbunan secara akif cairan otak di dalam bilik otak.Polio penyakit yang disebabkan oleh infeksi vius pada sumsum tulang belakang. Penyebabnya adalah bakteri 13. coli dan Chlamydia.

suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada tulang rawan telinga yang dibarengi dengan pendarahan internal serta pertumbuhan jaringan telinga yang berlebihan (sehingga telinga tampak berumbai laksana bunga kol). Kelainan ini diakibatkan oleh hilangnya aurikel dan kanal auditori sejak lahir. Pada keadaan ini. Perikondritis bisa terjadi akibat: . Dokter akan membuang serumen dengan cara menyemburnya secara perlahan dengan menggunakan air hangat (irigasi). Jika terdapat perforasi gendang telinga. Kadang nanah menyebabkan terputusnya aliran darah ke kartilago. sedangkan untuk infeksi yang lebih berat .gigitan serangga .Othematoma Pada beberapa kasus kelainan pada telinga terjadi kelainan yang disebut othematoma atau popular dengan sebutan ‘telinga bunga kol’. nyeri serta tuli yang bersifat sementara.7.pemecahan bisul dengan sengaja. menyebabkan kerusakan pada kartilago dan pada akhirnya menyebabkan kelainan bentuk telinga. Keadaan ini mengakibatkan sel-sel saraf di sekitar pembuluh darah tidak memperoleh cukup oksigen sehingga mati. Nanah akan terkumpul diantara kartilago dan lapisan jaringan ikat di sekitarnya (perikondrium). air bisa masuk ke telinga tengah dan kemungkinan akan memperburuk infeksi. maka tidak dilakukan irigasi. Meskipun bersifat merusak dan menahun. tetapi perikondritis cenderung hanya menyebabkan gejalagejala yang ringan. Untuk membuang nanahnya. Penderita dapat mempunyai masalah dengan pengucpan gerakan atau ingatannya.Penyumbatan Kotoran telinga (serumen) bisa menyumbat saluran telinga dan menyebabkan gatal-gatal.Perikondritis Perikondritis adalah suatu infeksi pada tulang rawan (kartilago) telinga luar. terjadi perforasi gendang telinga atau terdapat infeksi telinga yang berulang. Dampak penyumbatan ini tergantung letak terjadinya penyumbatan. Biasanya tidak digunakan pelarut serumen karena bisa menimbulkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit saluran telinga. KELAINAN PADA SISTEM INDRA 1. dan tidak mampu melarutkan serumen secara adekuat. (encharta ensiklopedi) 2. Untuk infeksi yang lebih ringan diberikan antibiotik per-oral. Tetapi jika dari telinga keluar nanah. Stroke yaitu kerusakan otak akibat pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah dalam otak. dibuat sayatan sehingga darah bisa kembali mengalir ke kartilago. serumen dibuang dengan menggunakan alat yang tumpul atau dengan alat penghisap. 3.cedera .

Betina yang hamil bersarang dalam lapisan tanduk dari epidermis. Keadaan ini merupakan penyakit fungsional yang cenderung diwariskan. yaitu rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung. 5.EKSEMA INFANTIL dan MASA KANAK-KANAK Eksema merupakan istilah yang menguraikan setiap dematosis inflamatoar yang khas dengan adanya eritema. pada akhir sarang ini terdapat tempat pinjal. papula. cairan.diberikan dalam bentuk suntikan. Berwarna merah salmon dipengaruhi oleh tumpukan sisik keperakan. Inflamasi disebabkan oleh beberapa iritan dalam tubuh yang menimbulkan erupsi. krusta dan skuama pada berbagai fase resolusi. Keadaan ini melibatkan epidermis dan lapisan vaskuler kulit. pada genitalia dan pada muka bayi. lutut dan kulit kepala.SINUS (SINUSITIS) Sinusitis merupakan peradangan sinus. Masing-masing lesi berbatas jelas. (medicastore) 4. antara jarijari. Kasus yang ringan hanya terdapat eritema dan skuama tetepi seringkali terdapat vesikula dan keadaan basah (weeping wells). 8. Sarang ditemukan pada lipatan.PSORIASIS Diagnosis dengan inspeksi tidak sukar. Terutama mengenai siku-siku. vesikula. Pemilihan antibiotik berdasarkan beratnya infeksi dan bakteri penyebabnya. stres emosi tampaknya juga terdari sebagai faktor predisposisi. tetapi dapat terjadi dimanapun. Sarang tampak sebagai garis putih dengan tepi yang tidak teratur.AKNE Akne merupakan penyakit dari folikel sebasea yaitu folikel yang mempunyai glandula sebasea yang banyak dan tidak mempunyai bulu. Di sini ia bertelur beberapa butir setiap hari yang menetas mengeluarkan banyak pinjal muda yang makan dalam orifisium dari glandula skretoris. yang gawat dan biasanya terjadi dalam waktu menahun (kronis). Kondisi ini dapat dicetuskan oleh infeksi seperti tonsilitis .SCABIES Scabies disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabiei. 6. 7. Ini berasal dari kapiler. Arpertura dari .

glandula sebasea terblokir oleh sumbat tanduk (blackheads) dan terdapat retensi dari sebum yang diubah oleh organisme yang menimbulkan inflamasi pada jaringan sekitarnya. vertigo. Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh selsel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. dan berkurang pendengaran. cukup tidur dan olah raga. gegar otak. dan punggung. atau orang tua. Eksim Eksim merupakan penyakit kulit yang akut atau kronis. Keadaan ini menimbulkan pembentukan pustul dan abses yang menyebabkan parut. debu. dan alergi.Labirintitis Labirintitis merupakan gangguan pada labirin dalam telinga. Skabies Skabies disebut pula “seven-year itch”. baik anak-anak. 10. Daki. mual. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi.html) Telinga 13. Cara pencegahan timbulnya jerawat yang paling mudah yaitu makan makanan yang seimbang. serta rajin menjaga kebersihan kulit. Jerawat biasanya menyerang bagian wajah. Pemijitan jerawat secara tidak benar perlu kamu hindari. Penyakit tersebut disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (Sarvoptes scabies) dan dapat menular pada orang lain. Jerawat Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. remaja.com/kathryn-erbe-photos-0/otitis-media-image. . Penyakit tersebut umumnya dialami anakanak masa remaja. Penyakit tersebut menyebabkan kulit menjadi kering. 12. dada atas. sebab hal tersebut dapat menyebabkan infeksi. dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat. Gejalanya antara lain telinga berdengung. kemerah-merahan. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintik kemerahan yang disertai gatal. Biang keringat Biang keringat dapat mengenai siapa saja. 11. muntah. Tetettelinga telingate (http://cae2k. dan bersisik. Kondisi ini mempengaruhi remaja muda sehingga menyebabkan perasaan malu dan tidak senang. Bekas jerawat dapat menimbulkan bopeng. gatal-gatal. 9.

OTITIS EKSTERNA Otitis eksterna adalah suatu infeksi pada saluran telinga. sehingga mengganggu transmisi suara ke koklea.Rabun dekat (hipermetropi)kelainan mata menggunkan kacamata berlensa cembung.Presbiopi:penderita tidak dapat melihat benda yang jaraknya sangat jauh dan tidak bisa membaca dengan jarak pandang yang normal (20-30cm). 15.Rabun jauh atau miopi: tidak dapat melihat dengan jauh bendabenda yang jauh letaknya dapat ditolong dngan kaca mata berlensa cekung(lensa negative) 19. Mata 17.Astigmatisma : penderita astigmatisma tidak dapat membedakan garis-garis tegak lurus dan mendatar pada saat-saat bersamaan.cacat mata ini ditolong dengan menggunakan kaca mata silinder.Tuli Tuli atau tuna rungu ialah kehilangan kemampuan untuk dapat mendengar. 18. Tuli dapat dibedakan menjadi dua macam. Otitis eksterna seringkali disebut sebagai telinga perenang (swimmer's ear). Infeksi ini bisa menyerang seluruh saluran (otitis eksterna generalisata) atau hanya pada daerah tertentu sebagai bisul (furunkel). 16. 20.PERIKONDRITIS Perikondritis adalah suatu infeksi pada tulang rawan (kartilago) telinga luar. Tuli saraf terjadi bila terdapat kerusakan syaraf pendengaran atau kerusakan pada koklea khususnya pada organ korti.14.penderita ditolong dengan kca mat berlensa rangkap. yaitu tuli konduktif dan tuli saraf. Tuli konduktif terjadi disebabkan oleh menumpuknya kotoran telinga di saluran pendengaran. dapat di tolong .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->