P. 1
Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga Endogen

Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga Endogen

|Views: 2,616|Likes:
Published by Adelia Stephanie

More info:

Published by: Adelia Stephanie on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga Endogen

Vulkanisme .

Magma adalah campuran batubatuan dalam bentuk cair. Aktivitas magma disebabkan oleh tingginya suhu magma dan banyaknya gas yang terkandung di dalamnya. liat.Gejala Vulkanisme Vulkanisme adalah peristiwa yang berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi. Kegiatan vulkanisme ini akan mengakibatkan retakan-retakan pada permukaan bumi yang menyebabkan aliran lava dari bagian dalam litosfer ke lapisan atasnya bahkan sampai ke permukaan bumi. dan sangat panas. .

Gunung api adalah tempat di permukaan bumi yang pernah atau masih mengeluarkan magma. dan sifat magma. ada tiga macam gunung api. luasnya dapur magma. yaitu : ‡ Gunung api maar ‡ Gunung api strato ‡ Gunung api perisai Kuat atau lemahnya gunung api tergantung dari tekanan gas. . Dilihat dari bentuk dan terjadinya. kedalaman dapur magma.

Hasil letusan ini berupa suatu lubang kawah yang landai. . Gunung ini terjadi karena suatu erupsi eksplosif yang berlangsung relatif singkat pada gunung api baru yang terbentuk.Gunung api maar Gunung api maar berbentuk seperti danau kecil (danau kawah).

kadang-kadang bentuknya tidak beraturan.Gunung api strato Gunung api strato bentuknya seperti kerucut. karena letusan terjadi sudah beberapa ratus kali. . sehingga membentuk suatu kerucut besar (raksasa). Tersusun dari batuan hasil letusan dengan tipe letusan berubah-ubah sehingga dapat menghasilkan susunan yang berlapislapis dari beberapa jenis batuan.

bentuknya akan berlereng landai. Tersusun dari batuan aliran lava yang pada saat diendapkan masih cair.Gunung api perisai Gunung api perisai bentuknya seperti perisai. sehingga tidak sempat membentuk suatu kerucut yang tinggi (curam). . Sudut kemiringan lereng antara 1 10 .

yaitu : ‡ Gunung aktif. ‡ Gunung mati. yaitu gunung yang masih bekerja yang kawahnya selalu mengeluarkan asap. yaitu gunung yang sudah tidak meletus lagi.Menurut aktivitasnya. . gempa. ‡ Gunung istirahat. dan letusan. gunung api dibagi menjadi tiga. yaitu gunung api yang sewaktu-waktu bisa meletus dan kemudian istirahat kembali.

Kaldera terjadi saat gunung api meletus dengan hebat dan sebagian dari puncak gunung api itu gugur. 3. Lakolit. Batolit. Kaldera. Kaldera adalah kawah kepundan yang amat besar. Batolit adalah magma yang menembus lapisan-lapisan batuan dan membeku di tengah jalan. Sill. 4. luas. Lakolit adalah magma yang masuk di antara batuan sedimen dan menekan ke atas sampai bagian atas cembung dan bagian bawah datar. . Sill adalah magma yang masuk di antara dua lapisan bahan sedimen dan membeku. 2.Bagian-bagian gunung api 1. dan bertebing curam.

Bahan-bahan yang dikeluarkan oleh tenaga vulkanisme .

debu. Sedangkan efflata antogen berasal dari magma sendiri atau disebut juga pyroclastic. efflata dibedakan atas : bom (batu-batu besar). . yaitu efflata allogen dan efflata antogen.Benda padat (efflata) Menurut asalnya. dan batu apung (batu yang penuh pori udara). Efflata allogen berasal dari batu-batuan sekitar pipa kawah yang ikut terlempar. efflata dibagi menjadi dua. Menurut ukuran. pasir. lapili (batu kerikil).

dan debu di puncak gunung yang bercampur dengan air hujan. yaitu batu. yaitu magma yang telah sampai di luar ‡ Lahar panas. pasir.Benda cair Benda cair yang dikeluarkan oleh tenaga vulkanisme antara lain : ‡ Lava. . Cairan ini mengalir dengan deras ke bawah melalui lereng dan jurang-jurang dan menyapu bersih semua yang dilaluinya. yaitu lumpur panas yang mengalir yang terbentuk dari magma yang bercampur air. ‡ Lahar dingin.

yaitu gas (H2S) yang keluar dari lunbang ‡ Fumarol. yaitu tempat yang mengeluarkan uap air ‡ Mofet. yaitu tempat yang mengeluarkan CO2 .Benda gas Benda gas yang dikeluarkan oleh tenaga vulkanisme antara lain : ‡ Solfatar.

yaitu sumber gas asam arang c) Sumber uap air .Peristiwa post vulkanis Peristiwa post vulkanis adalah peristiwa yang terdapat pada gunung berapi yang sudah mati atau yang telah meletus. Yang termasuk peristiwa post vulkanis adalah : ‡ Fumarol. yaitu sumber gas belerang b) Mofet. adalah sumber gas yang merupakan : a) Solfatar.

sampai satu minggu. . adalah mata air mineral yang biasanya panas. Mata air ini biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan. Ada yang memancar setiap jam. satu hari. khususnya penyakit kulit ‡ Geyser. Tinggi pancarannya dapat mencapai 10-100 meter. adalah mata air yang memancarkan air panas secara periodik.‡ Makdani.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->